Select Page

kali ini saya akan membuat artikel tentang Cara budidaya kacang tanah merupakan tanaman jenis polong-polongan atau legum dari keluarga suku Fabaceae yang cara menanam kacang tanah ini sangat mudah.

Tumbuhan ini merupakan menjadi jenis kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai yang ada di Indonesia.Kacang ini sendiri berasal dari benua Amerika yang dapat tumbuh secara perdu setinggi kurang lebih 30 hingga 50 cm dengan bentuk daun kecil yang tersusun secara majemuk.

Tanaman jenis ini merupakan salah satu di antara dua jenis tanaman budidaya selain kacang bogor, Voandziea subterranea yang buahnya dapat mengalami pemasakan di bawah permukaan tanah. Apabila umur dari buah yang masih muda terkena cahaya, proses dalam pematangan biji dapat terganggu.

Cara Menanam Kacang Tanah

cara tanam kacang tanah

Lahan Yang Digunakan Untuk Cara Menanam Kacang Tanah

Untuk menerapkan cara menanam kacang tanah yang paling cocok adalah menanam tanaman di wilayah yang memiliki ketinggian antara 50 hingga 500 meter di atas permukaan laut.Dengan kata lain tanaman kacang tanah ini sangatlah cocok apabila ditanam di daerah dataran rendah yang memiliki suhu yang tinggi. oleh sebab itu, tanaman ini lebih cocok ditanam pada saat musim kemarau dibandingkan ditanam pada musim penghujan.

Namun, hal tersebut tidaklah menutup kemungkinan apabila tanaman kacang tanah ini tidak bisa ditanam diwilayah yang memiliki ketinggian hingga 1500 meter di atas permukaan laut.

Tapi, pada umumnya petani di Indonesia lebih memilih daerah dataran rendah untuk menerapkan cara menanam kacang tanah ini karena suhu yang stabil dan cocok untuk kelangsungan pertumbuhan dan perkembangannya.

Tidak hanya dari itu, tanaman kacang tanah ini sangat memerlukan sinar matahari secara penuh dalam membantu proses pertumbuhan dan perkembangannya agar ia dapat tumbuh dan berkembang secara baik dan sempurna juga berkualitas.

Dengan adanya sinar matahari dengan penuh, maka diharapkan tanaman kacang tanah ini dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik dan menghasilkan prouksi secara maksimal.

Iklim

Selain Anda harus memperhatikan lahan untuk sebagai media cara menanam kacang tanah, Anda juga perlu memperhatikan iklim dan cuaca pada saat menanam kacang tanah.Karena iklim dan cuaca juga sangatlah berpengaruh penting dalam pertumbuhan dan perkembangan kacang tanah yang Anda tanam sehingga menghasilkan hasil panen yang berkualitas dan memuaskan.

Perlu Anda ketahui, bahwa tanaman kacang tanah ini sangat cocok ditanam dengan iklim yang memiliki intensitas sedang alias tidak terlalu rendah, dan juga tidak terlalu tinggi.Jadi, tanaman kacang tanah sangat tidak cocok apabila ditanam dengan iklim yang ekstrim. Dengan kata lain, tanaman kacang tanah sangatlah cocok ditanam dengan daerah yang beriklim tropis.

Oleh sebaab itu kenapa negeri kita yang memiliki iklim tropis ini sangatlah cocok apabila digunakan sebagai penerapan cara menanam kacang tanah dibanding sayuran palawija lainnya.

Curah Hujan

Tak hanya pada faktor suhunya, bahkan curah hujan pun juga harus Anda perhitungan dalam cara menanam kacang tanah agar nantinya kacang tanah yang Anda tanam dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan maksimal.

Dengan adanya curah hujan yang sangat tinggi, maka tanaman kacang tanah yang Anda tanam akan sulit untuk melakukan penyerbukan. Sehingga hal tersebut dapat menghambat proses perkembangbiakan dari tanaman kacang Anda.

 pemilihan benih

cara budidaya kacang tanah

Benih yang baik akan menentukan hasil produksi dari kacang tanah, oleh karena itu pemilihan benih yang baik sangat di sarankan. Pertama, pilih benih kurang lebih berusia 100 hari atau sudah tua berwarna kehitaman. Saat benih di buka tidak ada selaput pada bagian dalam cangkangnya, lalu jemur selama 4-5 hari. Untuk kualitas yang lebih baik, maka lakukan penyimpanan benih selama 3-6 bulan, setelah itu benih siap untuk ditanam.

Kelembaban

Selain dapat menghambat penyerbukan dan perkembangbiakan pada kacang tanah, curah hujan yang tinggi juga dapat menyebabkan penghambatan pengakaran yang bisa saja terjadi pada tanaman kacang tanah.Dengan demikian, kacang tanah tersebut akan susah dalam mengambil air dari dalam tanah.

Apalagi pada saat Anda menanam kacang tanah di daerah yang kondisinya terlalu lembab.Hal ini tentu akan mempersulit dalam proses pertumbuhannya karena proses pengakaran pada tanaman kacang tanah akan terhambat.Sebenarnya yang dapat membuat kacang tanah tersebut terhambat adalah pertumbuhan dan perkembangannya bukan karena kelembaban dari tanah.

Melainkan dari jamur dan berbagai penyakit yang bisa saja menyerang tanaman, jamur dan berbagai penyakit tersebut dapat muncul karena adanya udara yang terlalu lembab di daerah tersebut.

Keadaan Tanah

Didalam cara menanam kacang tanah, Anda juga perlu memperhatikan kondisi tanah yang akan Anda gunakan sebagai media tanam pada kacang tanah kita.Jangan sampai Anda menggunakan tanah yang kurang cocok dan malah membuat tanaman kacang tanah Anda tidak dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kondisi tanah yang akan Anda gunakan sebagai media untuk cara menanam kacang tanah. Tanah yang sangat baik sebagai media atau cara menanam kacang tanah adalah tanah yang gembur.Tanah yang gembur ini merupakan tanah yang sangat baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman kacang tanah.

Hal ini disebabkan karena adanya unsur hara yang terkandung di antaranya adalah Pospat, Kalium, dan Nitrogen yang cukup.Sehingga kebutuhan nutrisi pada tanaman kacang tanah pun akan terpenuhi dari beberapa unsur hara didalam tanah tersebut.

Tingkat Keasaman

Adanya tekstur tanah yang gembur, dapat membuat tanaman kacang tanah yang Anda tanam akan dapat berkembang dengan baik dan tumbuh memanjang ke dalam tanah dengan leluasa. Selain itu, tanaman kacang tanah sangatlah cocok dengan tanah yang memiliki tingkat keasaman tanah sekitar 5 sampai 6,3 pH.

Unsur Ca

Apabila Anda menginginkan hasil secara maksimal dari budidaya kacang tanah ini sebenarnya cukup mudah. Cukup berikan unsur Ca pada tanah yang akan Anda gunakan sebagai media tanam kacang tanah.

Dengan Anda mensupply unsur Ca pada tanah yang akan Anda gunakan sebagai media cara tanam kacang tanah, akan membuat tanaman kacang tanah Anda dapat berbuah dengan maksimal dan baik. Hal ini dikarenakan unsur Ca dapat membantu proses produktivitas tanaman kacang tanah.

Dolomit Dan Kapur

Selain dari unsur Ca, Anda juga bisa memberinya dengan dolomit atau kapur pada tanah yang akan Anda gunakan. Namun, sebenarnya dolomit hanya dapat Anda gunakan ketika kondisi tanah tersebut memiliki tingkat keasaman yang tinggi alias kadar pH yang terlalu tinggi sehingga membuat tanaman kacang tanah ini dapat terhambat pertumbuhannya.

Nah, sedangkan kapur, bisa Anda gunakan apabila kondisi tanah yang anda gunakan memiliki kelembaban yang terlalu tinggi atau tanah yang terlalu basah. Dari kedua unsur tersebut dapat menetralkan dan menyesuaikan kondisi pada tanah yang sesuai dengan tanaman kacang tanah.

Unsur

Unsur lain yang bisa membantu pertumbuhahn dan perkembangan pada tanaman kacang tanah adalah unsur N. Memang kalau tanaman kacang tanah ini mempunyai bintil akar yang dimana bintil tersebut dapat digunakan sebagai tempat atau sarang para bakteri Rhizobium berkembang, yang mana bakteri-bakteri tersebut akan menghasilkan unsur N.

Maka dari itu dalam mengoptimalkan pertumbuhan tanaman kacang tanah, Anda juga memerlukan yang namanya unsur N ini. Sebenarnya, unsur N ini sangatlah dibutuhkan pada saat awal tahap menanam kacang tanah.

Jadi, ketika Anda akan menanam kacang tanah, sebaiknya Anda juga harus menyiapkan atau tambahan unsur N pada media tanam kacang tanah.

Apabila Anda sudah menambahkan unsur N pada media tanam kacang tanah ini, Anda bisa mengoptimalkan pertumbuhan kacang tanah ini hingga 85% lebih cepat dibandingkan tidak menambahkan unsur N sama sekali.

 Pengolahan Tanah Secara Organik

Didalam cara menanam kacang tanah, tidak ada salahnya apabila Anda mengelola tanah sebagai media tanam kacang tanah ini secara organik.

Dengan menggunakan cara organik, Anda dapat mendapatkan kacang tanah yang berkualitas organik dan akan lebih terlihat alami tanpa adanya bahan-bahan lain.

Berikut ini adalah cara serta tahapan dalam proses pengelolahan tanah secara organik:

  • Lakukan penggemburan tanah,
  • Taburkan kapur atau dolomit pada lahan atau tanah yang Anda gunakan,
  • Lakukan pemupukan awal yang dicampuri ke tanah,
  • Buatlah bedengan apabila tanah yang akan anda gunakan rawan akan adanya genangan air,
  • Penaburan benih dapat Anda lakukan dengan jarak 25 x 25 cm, dan
  • Lakukan penyiraman tanaman kacang tanah secara berkala.

Menaburkan Kapur atau Dolomit

cara budidaya kacang tanah

Setelah tanah untuk penanaman sudah tampak gembur, selanjutnya Anda bisa melakukan penaburan dolomite atau kapur pada tanah sebagai media tanam kacang tanah Anda.

Ingat apabila tingkat keasaman tanah tinggi, maka Anda bisa menaburkan kapur, dan apabila tanah terasa kelembabannya terlalu tinggi, maka Anda bisa menaburkan dolomit pada media tanah tersebut.

Dosis atau takaran untuk kapur atau dolomit, perhektar tanah dapat ditaburi sebanyak 2 ton.

Pemberantasan hama dan penyakit

Hama dan penyakit pada taman sering di jumpai pada berbagai tanaman, tak terkecuali kacang tanah. Hama seperti uret, ulat penggulung daun, dan ulat jengkrak, sering mengganggu tanaman ini. cara menanggulanginya dengan cara pergiliran tanaman , atau bisa dengan melakukan penyiangan secara insentif dan pembersihan gulma dengan rutin.

Sedangkan penyakit pada kacang tanah seperti layu, bercak, gapong, dan sclerotium bisa di atasi dengan cara melakukan sanitasi lingkungan , cabut tanaman yang berpenyakit agar tidak mengganggu tanaman lainnya. Dan pilih varietas yang tahan terhadap penyakit.

 Membuat Bedengan

Dalam cara menanam kacang tanah, Anda bisa menggunakan bedengan dan apabila Anda tidak menggunakannya pun juga tidak jadi masalah.

Karena pada dasarnya bedungan merupakan alat yang digunakan untuk mengantisipasi adanya genangan air yang berlebih. Jadi, Anda dapat tidak menggunakan bedengan apabila tanah dirasa tidak rawan akan genangan air.

Genangan air secara berlebihan dapat menghambat dari pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang tanah itu sendiri dan membuatnya memiliki buah yang kurang berkualitas. Apalagi tanaman kacang tanah sangatlah membutuhkan kondisi tanah yang basah agar dapat berkembang secara maksimal.

 Penyiraman

Dan apabila benih sudah Anda taburi semuanya, jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara rutin disetiap harinya. Penyiraman yang cocok untuk tanaman kacang tanah adalah pada saat pagi dan sore hari. karena pada waktu itulah sinar matahari tidak ada kontak langsung dengan tanaman.

Selain dari itu sinar matahari yang cukup sangat baik untuk pertumbuhan tanaman kacang tanah di masa penyiraman. pada umumnya tanaman kacang tanah akan mulai berkecambah atau tumbuh setelah berumur 4 sampai 7 hari setelah proses penanaman.

 Menggemburkan Tanah

Gemburkan lahan atau tanah sebagai media cara menanam kacang tanah terlebih dahulu agar kacang tanah dapat dibudidaya dengan kualitas yang unggul dan maksimal. Didalam upaya penggemburan tanah anda juga bisa menggunakan alat bantu berupa cangkul.

Selain menggunakan teknik mencangkul anda pun juga bisa menggunakan teknik membajak. Usahakan didalam teknik membajak atau menggemburkan tanah butiran tanah yang akan Anda gemburkan sampai menjadi lebih halus strukturnya.

 Pemupukan Awal

Didalam proses pemupukan awal anda juga bisa menggunakan pupuk kandang atau kompos.Pupuk yang cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang tanah adalah pupuk yang sudah matang. usahakan untuk dapat mendapatkan pupuk matang yang benar-benar murni.

Jadi carilah pupuk kandang atau pupuk kompos yang sudah matang di toko pertanian.Anda juga bisa dengan menambahkan dengan pupuk kandang yang telah terbuat dari kotoran hewan-hewan ternak seperti ayam, sapi, dan kambing.

Sebenarnya, Anda juga bisa memilih dari salah satu dari ketiga pupuk tersebut bahkan juga Anda juga dapat mencampurkan-nya dari ketiga pupuk tersebut yang masih mentah. Campuran pupuk-pupuk tersebut ke dalam tanah yang sudah Anda siapkan sebelumnya sebagai media untuk cara menanam kacang tanah.

 Penunggakan

Didalam upaya penerapan cara menanam kacang tanah, Anda juga  bisa menggunakan sistem penunggakan tanaman dengan ketentuan jarak antara 25 x 25 cm. anda bisa menaburi atau memberikan satu benih kacang tanah pada setiap lubang-nya. Jadi, apabila diperhitungkan, bahwa lahan yang luasnya 1 hektar, akan membutuhkan benih sebanyak kurang lebih 50 kg benih.

Pemanfaatan

cara menanam kacang tanah

Tanaman cara budidaya Kacang tanah bisa anda manfaatkan sebagai pakan ternak sedangkan bijinya bisa Anda manfaatkan sebagai sumber protein nabati minyak dan lain-lain. sebagai tanaman untuk budidaya, kacang tanah biasanya dipanen pada bijinya yang kaya akan protein dan lemak.

Biji dari kacang tanah ini dapat dimakan mentah, direbus , digoreng, atau bisa juga disangrai.di Amerika Serikat, biji kacang tanah biasa diproses menjadi semacam selai dan merupakan industri pangan yang cukup menguntungkan.produksi dari minyak kacang tanah dapat mencapai sekitar 10% pasaran minyak masak dunia pada tahun 2003 yang lalu menurut FAO.

Selain biasa dipanen biji atau polongnya, kacang tanah juga dapat dipanen hijauannya yang berupa batang dan daunnya sebagai makanan ternak atau digunakan untuk pupuk hijau.kacang tanah juga dikatakan juga mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah dari ancaman berbagai penyakit.

Dalam mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali dalam seminggu dilaporkan dapat mencegah serangan penyakit jantung.Kacang tanah dapat bekerja untuk meningkatkan kemampuan pompa jantung dan dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

 Panen

Kacang tanah sudah bisa Anda panen apabila kacang tanah Anda sudah mencapai usia sekitrar 90 hari setelah proses penanaman. Berikut ciri-ciri dari kacang tanah yang sudah siap untuk Anda panen.

  • Kacang tanah yang akan dipanen sudah mulai terasa keras atau mengeras.
  • Daun dari tanaman sudah mulai berwarna kuning dan mulai berguguran.
  • Anda juga bisa mengecek kacang tanah dengan mengambil secara acak, jika kacang tanah telah terisi penuh, maka kacang tanah siap untuk Anda panen.

Sekian dan terimakasih kunjungannya tentang artikel cara budidaya kacang tanah ini.

× Whatsapp Kami!