Select Page

Apakah anda tahu bagaimana cara menanam daun bawang sendiri dirumah? Daun bawang merupakan tanaman yang serba guna.

Tanaman daun bawang dapat tumbuh pada iklim apapun. Anda memiliki halaman yang luas, teras rumah yang kecil, ataupun hanya jendela yang mengarah ke sinar matahari yang cerah? Dengan ini anda dapat menanam daun bawang sendiri dirumah dengan tempat yang tidak terlalu luas.

Kalian dapat menikmati daun bawang yang sudah anda beli atau anda tanam sendiri sebagai campuran dalam olahan salad, sup, dan lainnya. Di zaman yang serba canggih ini, anda tidak perlu repot-repot lagi untuk memotong daun bawang dengan pisau. Karena zaman sekarang sudah banyak mesin pengiris bawang.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan langkah-langkah cara menanam daun bawang sendiri di rumah. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih lagi untuk membeli daun bawang di pasar. Berikut ulasannya untuk anda.

Langkah 1: Cara Menanam Daun Bawang dari Benih atau Bibit

Yang pertama cara menanam daun bawang adalah dengan cara menanam daun bawang mulai dari benihnya atau bibit.

A. Cara Menanam Daun Bawang dimulai dari Memilih Jenis Bawang

Sebelum kita masuk lebih jauh tentang cara menanam daun bawang, daun bawang merupakan tunas hijau yang sudah tumbuh sebelum umbi dari bawang mulai terbentuk. Pada dasarnya mereka adalah bawang yang masih hijau. Carilah bibit daun bawang, seperti spesies A.

Bawang perai jepang (Welsh onions), bawang merah, putih, atau bombay bisa di pilih sesuai favorit anda untuk ditanam.

  1. Jika anda jika anda tidak ingin menanam daun bawang dari benih, selanjutnya pilihlah bawang merah, putih atau siung bawang untuk ditanam. Biasanya terlihat seperti umbi-umbi kecil yang berakar dan diikat dengan karet gelang atau tali.
  2. Anda dapat memilih mana yang anda ingin untuk menjadi daun bawang saja atau umbi bawangnya untuk tumbuh.

B. Siapkanlah Area untuk Anda Menanam Daun Bawang

Cara menanam daun bawang selanjutnya terserah anda ingin menanam daun bawang di halaman rumah atau sekedar menanam di pot, yang penting tempatnya memiliki sinar matahari dan air yang cukup.

  1. Coba untuk gali tanah hingga 30 cm dan gunakan kompos, tepung darah, atau bahan organik lainnya untuk memperkaya tanah dengan nutrisi. Bertujuan untuk memastikan daun bawang tumbuh kuat serta sehat, dan terus memproduksi tunas selama musim tanam.
  2. Pastikan batu-batu, ranting-ranting dan rumput-rumput liar dibersihkan sebelum anda menggali dan mengerjakan tanahnya.
  3. Anda dapat menggali tanah menggunakan sapu taman jika Anda bekerja pada bidang kecil. Untuk area lebih besar, beli atau sewa kultivator untuk mempermudah pekerjaan.
  4. Kalau anda hanya ingin untuk menanam beberapa daun bawang, anda dapat mempersiapkan sebuah pot dengan tanah kaya kompos daripada menanamnya di tanah.

C. Mulai Menanam Bibit atau Siung Daun Bawang

Segera setelah tanahnya dapat digunakan. Cara menanam daun bawang selanjutnya adalah kita harus menunggu sekitar empat minggu sebelum musim semi berakhir. Setelah itu, saatnya kita untuk menanam bibit atau siung yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian, jika sudah disiapkan bibitnya, taburkan dengan banyak sedalam sekitar 1,5 cm dalam baris yang diberi jarak terpisah 0,3 m.

Dan jika anda hanya memiliki siung, tanam dengan sisi akar ke bawah, 5 cm terpisah sedalam 3 cm, dalam baris yang diberi jarak terpisah 0.3 m. Siram area tamannya secara menyeluruh.

  1. Bibit dari bawang akan mulai bertunas ketika tanahnya bersuhu diantara 65-86 derajat Fahrenheit (18,33 – 30 derajat Celsius). Hal ini akan perlu diperhatikan hingga sekitar satu bulan bagi bibit bawang untuk bertunas.
  2. Jika lingkungan anda beriklim dingin dengan musim semi yang terlambat, anda dapat mulai menanam bibit di dalam ruangan sekitar delapan minggu sebelum musim semi berakhir.
  3. Setelah itu, tanam bibit dalam biji yang sudah disiapkan di gambut sebagai pot permulaan dan jaga agar tetap tersiram.
  4. Lalu letakkan bibit yang sudah anda tanam pada ruangan hangat dan terkena cahaya selama periode bertunas. Jika tanah yang ada diluar cukup hangat untuk digunakan, pindahkan bibit ke taman atau pot lebih besar.

D. Selalu Rapikan Sekitar Tanaman Daun Bawang Jika Diperlukan

  1. Saat daun bawang anda sudah muncul tunas hijau, tentukan apakah akan membuangnya untuk memberikan lebih banyak ruang. Daun bawang tumbuh dengan baik dalam tandan, tapi untuk hasil paling baik tanaman yang sudah dewasa harus diberi jarak 6-9 cm terpisah.
  2. Lihat area tanam anda dan buang bibit yang jelek jika diperlukan.

E. Taburkan Sisa Tanaman Daun Bawang di Antara Bibit-bibit

  1. Tutupi tanah di sekitar bibit dengan potongan rumput, jerami pinus atau potongan halus kulit pohon. Ini bertujuan untuk menghalangi rumput liar yang tumbuh dan menjaga kelembapan tanah yang merata.
  2. Anda dapat melewati langkah ini jika anda menanam daun bawang dalam pot, karena rumput liar tidak akan menjadi masalah dan anda dapat lebih mudah mengontrol tingkat kelembapan.

F. Siram Tanaman Daun Bawang dengan Teratur

  1. Hal yang paling dibutuhkan daun bawang adalah kelembaban tanah yang merata selama musim tanam. Selalu, siram tanaman bawang anda dengan 3 cm air per minggu. Untuk pertumbuhan optimal, tanah tidak perlu basah, tapi perlu lembap.
  2. Sirami area tanam setiap beberapa hari atau ketika mulai terlihat kering dan berdebu.
  3. Salah satu cara untuk menentukan apakah bawang anda perlu disiram adalah dengan menguji kondisi tanah. Coba untuk memasukkan jari anda, hingga ruas jari kedua, pada bagian tanah yang dekat dengan tanamannya.
  4. Jika Anda merasa bahwa tanahnya kering, sirami. Kalau tanahnya terasa sudah cukup basah, tidak perlu khawatir untuk menyirami, dan ulangi lagi pengujian dalam beberapa hari. Ketika daerah anda sudah terkena hujan akhir-akhir ini, anda mungkin tidak perlu menyirami.

G. Mulai Panen Daun Bawang Anda Jika Sudah Cukup Besar

  1. Jika sudah mencapai tiga sampai empat minggu, tunas hijau akan sepanjang 15-20 cm dan sudah siap dimakan. Panen dengan menarik seluruh tanaman dari tanah. Tanamannya masih belum memiliki umbi yang terbentuk. Kedua bagian putih serta hijau daun bawang akan memiliki aroma dan rasa yang harum.
  2. Jika anda memilih beberapa tanaman untuk tumbuh menjadi bawang, biarkan saja mereka di tanah. Biasanya bagian bawah dari tanaman akan mulai membentuk umbi, yang akan siap dipanen.
  3. Dan kalau anda hanya ingin menggunakan daun bawangnya saja tapi tidak membutuhkan bagian putih yang dekat dengan akar, gunakan saja gunting untuk memotong bagian atas. Cukup sisakan 3-6 cm dan anda dapat memanennya terus ketika sudah mencapai 15-20 cm.
  4. Daun bawang akan memiliki rasa yang semakin kuat dengan semakin dewasanya tanaman.

Langkah 2: Cara Menanam Daun Bawang di Pot atau Polybag dalam Ruangan

cara menanam daun bawang di pot atau polybag

Cara menanam daun bawang yang kedua adalah dengan cara menggunakan media pot atau polybag.

Bahan-bahan yang Anda Perlu Siapkan Untuk Menanam Daun Bawang:

  • Siung atau bibit bawang
  • Tanah subur
  • Pot (preferensi masing-masing)
  • Pupuk kompos
  • Air bersih

A. Pilih Siung Daun Bawang yang Ingin Anda Tanam

Sebelum kita masuk ke cara menanam daun bawang di pot atau polybag, pilih siung bawang merah atau putih untuk ditanam. Cari saja di pasar atau tempat pembibitan yang ada di dekat rumah anda.

Biasanya terlihat seperti akar umbi yang diikat dengan tali atau karet gelang. Dengan jenis siung bawang apapun akan menghasilkan daun bawang bermutu, dan mereka semua tumbuh dengan baik di pot dalam ruangan.

B. Siapkan Pot yang Sudah Terisi Tanah Kompos

Daun bawang akan tumbuh dengan baik dalam tanah yang kaya akan kompos. Jadi, pilihlah tanah yang subur atau anda bisa menambahkan pupuk tambahan sebagai nutrisi tambahan. Sisakan beberapa cm antara tanah dan bibir pot.

Siram tanah terlebih dulu sebelum menanam. Pastikan pot yang anda gunakan memiliki saluran air yang bagus agar tanah tidak terlalu basah.

C. Mulai Tanam Siung Daun Bawang

  1. Tanam siung bawang pada kedalaman tanah kurang lebih 3 cm, arahkan sisi akar bawang ke bawah. Tekan secara lembut bagian atas tanahnya. Jangan lupa beri jarak antara bawang lainnya sekitar 5-6 cm agar ada sedikit ruang untuk akarnya tumbuh tanpa terganggu yang lain.
  2. Selalu siram bawang anda dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup.
  3. Daun bawang anda tanam di dalam ruangan kapan pun selama anda dapat menjaga kondisinya dengan benar.
  4. Bawang membutuhkan sinar matahari yang penuh, dan harus diletakkan pada jendela atau dimanapun tempat yang menerima sinar sepanjang hari.
  5. Selalu pastikan bahwa suhunya tidak turun di bawah titik beku.

D. Daun Bawang Siap Panen Ketika Sudah Berukuran 15-20 Cm

Sekitar beberapa minggu, bagian hijau yang anda inginkan akan muncul dan tumbuh. Baik anda mencabut langsung dari tanah atau gunting bagian hijaunya saja yang berada dibagian atas agar umbinya bisa tetap tumbuh. Jika anda memilih untuk meninggalkan umbinya di pot, setidaknya anda akan mendapatkan kesempatan panen satu kali lagi sebelum berhenti memproduksi.

Langkah 3: Cara Menanam Daun Bawang dalam Botol Kaca

cara menanam daun bawang

selanjutnya, cara menanam daun bawang adalah dengan cara menggunakan media botol kaca.

A. Simpan Umbi dari Daun Bawang

Biasanya anda akan membuang bagian putih dari daun bawang dan hanya menggunakan bagian hijaunya saja. Lain kali, simpanlah bagian putih dan akarnya dari daun bawang. Anda dapat menanam sendiri bagian putih yang ada akarnya daripada harus membuangnya dengan sia-sia. Setelah itu, anda dapat memproduksi daun bawang anda sendiri.

  1. Umbi dari daun bawang apapun itu sudah pasti dapat digunakan. Tapi, anda mungkin memiliki peluang dan hasil jika anda menggunakan daun bawang yang tumbuh di daerah anda. Dengan itu, anda pasti tahu bahwa mereka akan tumbuh baik pada iklim anda.
  2. Mulailah dengan daun bawang yang anda beli di pasar atau di petani.

B. Letakkan Umbi Daun Bawang dengan Akar Menghadap Bawah Botol Kaca

  1. Anda dapat menggunakan jenis botol kaca apapun. Pastikan selalu botol kaca yang anda gunakan bersih, dan tidak terkena cat. Ini bertujuan agar sinar matahari dapat masuk dengan mudah untuk menyinari bawang didalamanya.
  2. Masukkan sebanyak mungkin akar dari daun bawang yang anda ingingkan. Pastikan lagi akar dari bawang yang anda masukkan menghadap ke bagian bawah botol kaca. Hal tersebut bertujuan agar bagian hijaunya dapat tumbuh dan mencapai luar botol.

C. Tambahkan Air dan Sinar Matahari Pada Tanaman Daun Bawang

  1. Tambahkan air secukupnya hinggan menutupi bagian akar dari umbi bawang.
  2. Simpan botol yang sudah ada air dan bawangnya di tempat yang terkena sinar matahari. Dalam beberapa hari anda akan melihat akar dari bawang tadi mulai memanjang. Lalu, tunas hijau kecil akan muncul dan mulai tumbuh ke atas. Pastikan anda menjaga botol agar terisi air yang cukup untuk menutupi bagian putih dan akar bawang.

D. Mulai Panen Bagian Hijau Daun Bawang

Kalau cara menanam daun bawang anda sudah benar, maka daun bawang akan tumbuh mencapai 10-15 cm. Setelah itu daun bawang anda siap untuk dipanen. Keluarkan daun bawang dari dalam botol dan potong atau guntinglah sebanyak yang anda mau. Anda juga bisa menggunakan keseluruhannya jika anda mau.

Jika anda hanya membutuhkan beberapa potongan daun bawang, maka anda dapat memasukkan kembali akar dan umbi bawang ke dalam botol. Dan jika anda memasukkan kembali umbi dan akar bawang, umbi tersebut dapat melanjutkan pertumbuhannya untuk anda panen lagi selanjutnya.

Seharusnya anda dapat memanen bawang yang sama sebanyak 2-3 kali sebelum bawang yang anda tanam tersebut berhenti untuk tumbuh.

  1. Kalau anda memilih untuk menggunakan atau memasukkan kembali umbi bawangnya, jangan lupa untuk selalu mengganti airnya setiap minggu atau lebih. Ini bertujuan untuk menjaga daun bawang tersebut tetap tumbuh dengan baik dan segar.

Tips Cara Menanam Daun Bawang

Tips-tips Pertama:

  • Cara menanam daun bawang yang pertama yaitu mulailah untuk menanam bibit di dalam ruangan selama enam sampai delapan minggu sebelum musim tanam dimulai. Kemudian anda bisa memindahkannya ke tanah di luar.
  • Dan jika anda tidak tertarik untuk menanam daun bawang dari bibit, anda dapat membeli tanaman daun bawang yang sudah ditanam dari tempat penjual bunga atau tanaman.
  • Jika anda menanam bawang di dalam pot atau wadah apapun, jangan lupa untuk selalu menyiramnya dengan teratur. Karena tanah yang ada di dalam wadah atau pot biasanya akan lebih cepat kering.
  • Jikalau tidak disiram secara teratur maka akan ada kemungkinan daun bawang anda tidak tumbuh dengan baik atau bahkan mati.
  • Kalau anda menanam menggunakan umbi bawang, selalu sisakan 3 cm dari ujung akar ke atas guna ditanam kembali. Menanam kembali akan membuat anda selalu mempunyai pasokan daun bawang sendiri sampai akhirnya daun bawang tersebut berhenti tumbuh.

Tips-tips Kedua:

  • Bawang harus ditanam di tempat yang terkena sinar matahari penuh. Jika anda ingin merawat ekstra, selalu jaga keseimbangan pH tanah dikisaran 6,0 sampai 7,5. Hal ini akan membuat tanaman daun bawang anda akan tumbuh dengan optimal dan bagus.
  • Pastikan lagi wadah atau pot mempunyai lubang aliran air untuk keluar.
  • Jika wadah atau pot tidak ada lubang untuk aliran air, maka air akan menggenang di dalam pot. Ini dapat menyebabkan akar dari bawang yang anda tanam membusuk. Maka bawang yang anda tanam akan mati dan harus mengulang semuanya kembali.
  • Kalau anda menanam bawang tersebut di dalam botol, maka anda harus sering-sering untuk mengganti airnya. Gantilah airnya dalam waktu setiap minggu atau lebih agar bawang yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan segar.
  • Selalu pastikan untuk rutin membersihkan tanaman lain yang tumbuh di sekitar tanaman bawang jika anda tidak menanamnya di pot. Itu bertujuan agar bawang anda dapat tumbuh dengan baik dan mendapatkan nutrisi yang cukup.

Bagaimana menurut anda langkah-langkah cara menanam daun bawang yang sudah di jelaskan tadi? Mudah bukan? Semoga setelah ini anda dapat memproduksi daun bawang sendiri di rumah.

Mungkin setelah ini anda dapat mengurangi pengeluaran untuk bahan-bahan makanan karena sudah bisa menanam daun bawang sendiri. Perhatikan setiap langkahnya dengan baik dan benar ya, supaya tanaman daun bawang anda tumbuh dengan baik serta segar.

Itulah langkah-langkah dari cara menanam daun bawang sendiri di rumah yang bisa kita bagikan. Diharapkan anda mendapatkan ilmu yang bermanfaat setelah membaca artikel ini. Selamat mencoba!

× Whatsapp Kami!