Select Page

Tanaman sayuran Kubis memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Karena bermanfaat bagi tubuh itulah cara menanam kubis banyak pembudidayaan oleh petani di Indonesia.

Kubis adalah ini Cara menanam kubis–kubis banyak dilakukan oleh petani yang tinggal di daerah dataran tinggi. Budidaya kubis banyak dilakukan karena kubis kini diperjualbelikan di pasar-pasar yang ada di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Tanaman Kubis yang ada di Indonesia memiliki beberapa varietas. Diantaranya seperti varietas kubis berdaun kasar, kubis berwarna merah keunguan, kubis umbi, dan kubis bunga. Bagaimanakah cara membudidayakan tanaman kubis? Cara membudidayakan tanaman kubis adalah sebagai beirkut.

Syarat Tumbuh Tanaman Kubis

  • Tumbuh dengan baik pada ketinggian yang setinggi 800 md.pl. ke atas, curah hujan hujan cukup serta temperatur hawa 15 – 20 derajat celsius.
  • Menyukai tipe tanah yang gembur bertekstur mudah atau sarang dan ph 6-6,5. kubis mampu tumbuh sepanjang tahun.

Persiapan Tempat Menanam Kubis

  • olah lahan dengan cara di cangkul serta di bajak se dalam 20 – 35 cm
  • Berikanlah dolomit atau catatan kurang lebih dari 2 ton.
  • siapkan media persemaian yang terdiri dari campuran tanah yang sudah di campur pupuk kandang (kompos) halus dengan perbandingannya 1.1.
  • Benih kubis direndam dahulu dalam air hangat selama beberapa jam kemudian di angin- anginkan,
  • Sebarkan benih dengan merata serta teratur pada lahan semai kemudian tutup dengan daun pisang selama 3-4 hari
  • Lakukan penyiraman harus setiap hari rutin.
  • Persemaian di buka setiap pagi hingga pukul 10.00 serta sore harinya mulai jam 15.00
  • Amati bibi kubis yang di serang penyakit tepung berbulu ( perispora partisipasi ) atau ulat daun pada daun pertama dipetik serta dibuang daun yang terserang.

Jarak tanam

  • jarak tanam jarang (70×50 cm) atau jarak tanam rapat ( 60×50 cm)

Bibit

  • Bibit yang sudah berusia 3-4 minggu dan mempunyai 4-5 daun itu artinya siap dipindahkan ke lahan tanah.

Penyebaran

  • Penyebaran dasar diberikan 1 hari sebelum saat tanam dengan dosis 250 kg/ha tsp 50 kg/ha urea 175 kg/ha za serta 100 kg/ha kcl.
  • Penyebaran dasar dicampur kemudian diberikan di setiap lubang tanam yang sudah diberi pupuk kandang lalu ditutup kembali dengan tanah.

Cara budidaya kubis yang benar

  • Buat lubang tanam dengan tunggal sesuai jarak tanam
  • Temukan bibit yang segar dan sehat
  • Tanam bibit pada lubang tanam
  • Apabila bibit di semai pada bumbung daun pisang segera ditanam bersamaan bumbung-nya
  • bibit di semai pada polong plastik keluarkanlah bibit dari polong baru kemudian ditanam
  • semai dalam be dengan ambillah bibit serta tanahnya lebih dari 2-3 cm dari batang sedalam 5 cm dengan selot sistem putaran.
  • Sesudah di tanam siram bibit dengan air hingga basah
  • Kubis bisa ditumbangkannya dengan tomat cabai atau bawang merah dengan cara tanam 2 baris kubis tomat tomat ditanam 3 atau 5 minggu usai kubis di tanam.

cara menanam kubis

Frasa pembuatan kerop (0-49 hari)

  • Penyiraman dikerjakan setiap hari saat pagi atau sore hari
  • penyebaran susulan dikerjakan pada umur 28 hari dengan dosis 50 kg/ha area 175 kilo geram serta 100 kilo geram terkecuali.
  • Siangnya membasahi tanah yang kering biar basah dan biar cepat tumbuh
  • cara menanam kubis dan penempelan cabang atau tunas-tunas samping dikerjakan seakan barangkali agar pembentukan bunga se imbang
  • hama yang menyerang pada fase ini di antaranya ulat tanah agro-tis ipsilon hufn ulat daun kubis plutella xylostella ulat kerop kubis crocidolomia binotalis zell ulat kerop bergaris hellula undalis f.
  • Lakukan pengamatan setiap minggu sekali kepada hama-hama tersebut mulai kubis umur 13 hari populasi paling tinggi berlangsung pada awal musim kemarau
  • Cara pengendalian kumpulkan serta musnahkan dengan mekanik sanitasi lingkungan.
  • Tanaman muda yang mati dikarenakan penyakit rebah tanaman baru yang sehat imbuhkan natural glio pada lubang tanam.

Syarat Tumbuh

Kubis menghendaki tanah yang sarang dan tidak becek, gembur subur, banyak mengandung bahan organik serta memiliki pH sekitar 5,5 hingga 6,5. Walaupun relatif tahan terhadap suhu tinggi kubis ditanam di daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 400m dpl ke atas di daerah tropis.

Sebenarnya di dataran rendah juga bisa namun ukuran kerop akan kecil dan tanaman sangat rentan terhadap ulat pemakan daun Plutella.

Lahan Yang Sudah Siap Untuk Menanam kubis

Lahan yang akan digunakan untuk cara menanam kubis lebih baik dibersihkan lebih dahulu dari gulma atau tanaman mengganggu lainnya. Setelah itu tanah pada lahan digemburkan dengan cara dilingkungan atau dibajak dengan kedalaman sekitar 20 cm hingga 30 cm.

Selanjutnya, buatlah be dengan dengan ukuran lebar sekitar 1 meter, tinggi sekitar 20 cm – 30 cm dan panjang disesuaikan dengan lahan serta beri jarak antar be dengan sekitar 30 cm. Jika pH tanah kurang dari 5,5 maka lakukan pengaturan dengan menggunakan dolomit.

Pemukiman Dasar

Jenis pupuk yang digunakan untuk pemukiman dasar dapat berupa pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos dan juga pupuk kimia seperti TSP, KCL dan ZA. Pupuk tersebut diberikan dengan cara ditabur secara merata diatas be degan.

Pemberian pupuk kimia (perbandingan pencampurannya 2:2:1) bersamaan dengan pemberian pupuk organik. Setelah itu biarkan selama sekitar 2 hingga 3 minggu.

Pemasangan Mulsa Plastik

Sebelum dilakukan pemasangan mulsa, pastikan tanah dalam kondisi basah. Mulsa plastik yang digunakan disesuaikan dengan lebar setiap bedengan. Sebenarnya pemasangan mulsa ini tidak wajib dilakukan, namun jika dilakukan akan lebih udah melakukan pemeliharaan dan meminimalkan pertumbuhan gulma.

Cara menanam kubis

cara menanam kubis

Kubis di panen sesudah berusia 85-108 hari tanda-tanda kubis yang sudah di siapkan untuk di panen apabila pinggir daun kerop terluar di bagian atas kerop telah melengkung ke luar serta berwarna agak ungu kerop sisi dalam telah padat.

Pada waktu panen diikutsertakan dua helai daun hijau membuat perlindungan kerop jangan sempat berlangsung memar atau luka karena luka itu sakit.

Amati penyakit busuk lunak ( erwinia carotovora ) serta busuk hitam ( xanthomonas camprestris ) daun-daun kubis yang terinfeksi mesti dibuang.

Cacing pita pada tanaman kubis

Biasanya ada di dalam permukaan kubis cacing pita emang enggak kelihatan karena itu cacing pita terlihat kecil banget biasanya itu enggak ada yang liat kalau itu kelihatan walaupun dia banyak sekali.

Pada umumnya cacing pita ditemukan pada daging hewan seperti babi tetapi fakta-nya bisa juga bisa ditemukan di sayuran sehat seperti kubis dan kembang kol maka dari itu sebelum beli sayur kol/kubis di periksa lebih dahulu.

Menurut beberapa penelitian dilandasi dari tim-es ofm india mengkonsumsi sayuran mentah terutama untuk kubis dan kol nyatanya menjadi salah satu penyebab munculnya ini kepada cacing pita

Cacing dalam kubis dan kembang kol ini biasanya sulit terlihat karena tersembunyi nya lapisan kubis kembang kol, hewan kecil pada kubis dan kembang kol ini juga bisa bertahan hidup pada suhu tinggi karena telur cacing bercengangan keras.

Cacing

Jika kita tak sengaja menelannya, cacing ini tidak hanya berkembang biak di usus. Tetapi, cacing kecil ini juga bisa masuk ke otak melalui aliran darah.

Selain kubis dan kembang kol,cara menanam kubis cacing pita otak yang dikenal sebagai tani sodium ini juga bisa ditemukan pada kangkung serta brokoli.

Cacing pita seperti ini ketika dicerna akan menempelkan dirinya ke dinding usus dan menetaskan telur lalu berubah menjadi larva. Setelah telur menetas, cacing akan bergerak melalui aliran darah ke otak.

Hal ini menyebabkan cysticercosis yang bisa menyebar ke berbagai bagian tubuh termasuk hati dan otot. Ketika sudah masuk ke dalam otak, larva mulai mengiritasi daerah sekitarnya dan menghasilkan gejala sakit kepala, kelumpuhan hingga kejang.

Tahap paling parah, telur cacing bisa membentuk kista yang menyebabkan penyakit neurocysticercosis. Pada kondisi ini orang akan membutuhkan terapi intensif dan beberapa kasus bisa menyebabkan kematian.

Pada kembang kol ini emang termasuk yang sangat sulit dibersihkan Pilihlah bibit yang merupakan varietas unggul agar nantinya kubis yang dihasilkan akan berkualitas., meskipun sudah direbus hingga mendidih.

Cara menanam kubis yang efektif untuk menyingkirkannya, tambahkan kristal kalium permanganat ke dalam mangkuk berisi air dan rendam sayur dalam larutan ini.

Setelah 3-5 menit didiamkan, cuci sayuran Anda sampai bersih dengan air mengalir. Cara ini paling efektif untuk mengusir cacing, bakteri, parasit dan residu pestisida kimia.

Persiapan Kubis

Benih dapat diperoleh dengan membelinya di toko pertanian. Pilihlah bibit yang varietas lebih unggul agar nantinya kubis bisa dihasilkan lebih baik dan berkualitas. Setelah benih didapatkan, benih di-sterilisasi dengan cara direndam dalam larutan fungisida atau dengan air panas selama sekitar 15 hingga 30 menit.

Kemudian benih direndam dalam air selama sekitar 12 jam agar mempercepat perkecambahan, sembari perendaman lakukan pula pemilihan bibit. Benih yang mengapung dibuang dan yang tenggelam tetap direndam hingga berkecambah

Penyemaian Benih Kubis

Benih dapat di-semai dalam polong semai yang berukuran sekitar 6 cm x 8 cm atau 8 cm x 10 cm. Namun seminggu sebelumnya siapkan media tanam berupa campuran tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1. Media tanam yang telah siap.

selanjutnya dimasukkan dalam polong semai yang telah disiapkan, kemudian semai benih dalam polybag (dalam setiap polybag semai di semai 1 hingga 2 biji benih) lalu tutup kembali dengan tanah terus siram tipis dengan cara spray hingga basah serta dengan plastik mulsa.

Penyungkupan tersebut dilakukan agar benih tumbuh setrempak, biasanya benih akan berkecambah setelah 3 hingga 4 hari kemudian. Apabila benih telah berkecambah sekitar 80%, dan dibuka diganti dengan plastik bening. Bibit yang telah berumur 25 hingga 30 hari dapat dipindah tanamkan ke lahan tanam.

cara menanam kubis

Kapan Menanam Kubis Dalam Pot Pemula

  • Dapat tumbuh di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Namun kubis rata” ditanam di dataran tinggi.
  • Untuk daerah dataran rendah, kubis dapat tumbuh di daerah yang ketinggian 0-190 meter diatas permukaan laut.
  • Dapat tumbuh pada tanah yang memiliki pH tanah 5-6,4.
  • Suhu yang cocok untuk menanam kubis rata” di dataran tinggi bersuhu 19 derajat celsius. Sedangkan untuk daerah dataran rendah suhu yang cocok adalah 26,2-26,4 derajat celsius.
  • Curah hujan yang baik adalah lebih dari 250 milimeter per tahunnya.

Bagaimana cara menyemai benih Kubis Unggul

Sebelum ditanam, biji kecuali benih tanaman kubis harus di semai terlebih dahulu. Penyemaian benih dapat dilakukan dibedengan yang berukuran 200 cm x 500 cm. Cara menyediakannya sebagai berikut.

  • Persiapkan media tanam (pupuk kompos dan tanah) dengan perbandingan satu berbanding satu.
  • Keringkan be dengan selama tujuh hari dibawah sinar matahari.
  • Sebarkan benih diatas be dengan sampai rata.
  • Sebelum disebarkan, rendam benih di dalam air hangat selama setengah jam. Setelah itu barulah di-semai.
  • Setelah disebarkan, kemudian benih ditutup dengan menggunakan tanah tipis dan kemudian ditutup dengan menggunakan daun pisang.

Pembibitan benih kubis Paling mudah.

Setelah benih di semai, selanjutnya lakukanlah tahap pembibitan benih. Benih dapat dilakukan pembibitan pada saat berumur tujuh hari setelah di semai. Tepatnya pada saat benih sudah berkecambah. Cara melakukan pembibitan benih adalah sebagai berikut.

  • Sediakan poligami.
  • Sediakan media tanam (tanah dan pupuk kandang yang telah matang) dengan perbandingan satu berbanding satu.
  • Pindahkan kecambah yang ada di persemaian ke dalam polibag yang telah diisi dengan media tanam.
  • Setelah ditanam, selanjutnya pindahkan ke tempat persemaian kembali.

Rawatlah benih tersebut dengan cara disiram setiap pagi dan sore hari. Selain itu, bersihkan tanaman dari rumput-rumput liar agar tidak ada hama dan penyakit yang datang. Bibit dapat ditanam di lahan terbuka pada saat sudah berumur 21–28 hari setelah tanam.

Penanaman Bibit Kol

Setelah bibit sama lahan sudah siap , selanjutnya kita melakukan penanaman. Lubang tanam pada be dengan dibuat dengan cara terpisah dan disesuaikan dengan ukuran media semai.

Polong semai dilepaskan secara perlahan agar media semai nya tidak rusak, selanjutnya di masukkan dalam lubang tanam. Kemudian bibit disiram secukupnya, waktu penanaman yang baik dilakukan pada sore hari.

Penyiraman kubis

Saat masih awal masa penyiraman harus dilakukan dengan secara rutin setiap pagi dan sore hari, namun apabila turun hujan maka tidak perlu lakukan penyiraman. Setelah tanaman berumur sekitar 30 hari, penyiraman dilakukan dengan cara setiap 2 hingga 3 hari sekali atau disesuaikan dengan kondisi lahan.

Penyu-laman Tanaman

Sebelum tanaman berumur 2 minggu, jika ada tanaman yang mati atau tumbuh tidak normal maka lakukan penyu-laman atau penggantian tanaman yang mati atau yang tumbuh tidak normal tersebut dengan tanaman yang baru.

Pemupukan Susulan

Menggunakan pupuk urea, kl dan za dengan perbandingan 1 : 2 : . Pemukiman susulan pertama dilakukan saat tanaman berumur sekitar 25 hari dan pemupukan susulan berikutnya dilakukan setiap 10 hingga 15 hari sekali. Pemberian asupan tersebut dilakukan dengan cara di kocor.

Penyiangan Gulma

Jika ada tidak menggunakan mulsa, lakukan penyiangan gulma atau tanaman lainnya yang ada disekitar tanaman baik bedengan atau paritnya, jika anda menggunakan mulsa maka anda hanyaperlu melakukan penyiangan di bagian paritnya saja. Biasanya dalam 1 musim tanam, penyiangan dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali.

Penyakit pada tanaman kubis

Tanaman kubis bisa di serang oleh Ulat Plutella (Plutella xylostella L), Ulat Croci (Crocidolomia binotalis Zeller), Ulat tanah (Agrotis ypsilon Hufn), Kutu daun (Aphis brassicae), Ulat jengkal (Trichoplusiana sp.), Ulat Spodoptera spPenyakit Busuk hitam.

Penyebab Bakteri Xanthomonas campestris Dows), Busuk lunak (Penyebab Bakteri Erwinia carotovora Holland), dan Akar bengkak (peyebab Jamur Plasmodiophora brassicae Wor.). Pengendalian hama dan penyakit ini dapat dilakukan secara manual ataupun penggunaan bahan kimia.

Penyelesaian kubis

Kubis sudah dapat dipanen setelah berumur sekitar 60 hingga 90 hari atau lebih lama lagi setelah tanam tergantung varietas yang ditanam sehingga kubis sudah menjadi besar para petani akan memanen kubis itu terus di tawarkan kepada orang yang membutuhkannya.

Sekian dan terima kasih atas kunjungannya di artikel tentang cara menanam kubis yang sehat.

× Whatsapp Kami!