Mesin Pertanian https://mesinpertanian.id Jual Mesin Pertanian - Alat Pertanian Terbaru 2019 Tue, 08 Oct 2019 07:13:05 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.3 Budidaya Melon Dalam Polybag Yang Mudah di Pahami https://mesinpertanian.id/budidaya-melon-dalam-polybag/ Mon, 07 Oct 2019 09:36:17 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2440 Kali ini saya membuat artikel tentang cara budidaya melon dalam polybag sering disebut dengan taburan pot melon atau tanaman buah melon dalam pot. banyak dari pemula mengeluhkan jika budidaya melon dalam pot terbilang sulit. Resiko kegagalan sangat besar bahkan tidak sedikit melon yang ditanam tidak berkembang. namun sebenarnya masalah ini bisa diatasi jika perlakuan dan […]

The post Budidaya Melon Dalam Polybag Yang Mudah di Pahami appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Kali ini saya membuat artikel tentang cara budidaya melon dalam polybag sering disebut dengan taburan pot melon atau tanaman buah melon dalam pot. banyak dari pemula mengeluhkan jika budidaya melon dalam pot terbilang sulit.

Resiko kegagalan sangat besar bahkan tidak sedikit melon yang ditanam tidak berkembang. namun sebenarnya masalah ini bisa diatasi jika perlakuan dan perawatan dilakukan sesuai kebutuhan tanaman.

budidaya melon dalam polybag

Tanaman melon mirip dengan semangka, yaitu bercabang banyak namun bulu batangnya lebih halus. bunga melon berumah satu dan berkelamin tunggal. Ada pun bunga yang muncul pertama hingga kelima biasanya bunga jantan. tipe buah melon banyak sekali diantaranya ada yang berkulit kuning, putih ke kuningan dan hijau.

Namun berdasarkan kulitnya melon dapat dibagi menjadi tiga jenis yakni kulit terjaring tetapi tidak jelas dan kulit halus tanpa jaring. Semua buah melon berbiji banyak terkumpul dalam rongga buah yang diliputi lendir.

Jenis Melon

Jenis buah melon sangat beragam namun hanya 3 kultural yang populer membudidayakan yakni reticalatusinodorus dan cantalupensis.

  • Retic88tfalatus Jenis melon ini merupakan kultivar paling populer. Bentuknya membulat dengan kulit buah berwarna hijau dan teksturnya berjala seperti terlapisi jaring. Daging buah berwarna hijau muda hingga oranye.
  • Inodorus Jenis ini memiliki kulit buah yang mulus tidak berjala. Bentuknya membulat hingga lonjong. Warna kulit buah kuning hingga kuning pucat kehijauan. Warna dagingnya ada yang hijau, oranye hingga putih. Daging buah tidak beraroma.
  • Cantalupensis memiliki kulit buah yang bergelombang seperti labu, atau disebut berjuring. Daging buah berwarna kuning atau oranye aromanya sangat kuat. Blewah termasuk dalam jenis ini.

Tumbuhnya Tanaman Melon

Tumbuh di dataran menengah yang suhunya agak dingin yakni pada ketinggian tempat 300-l.000 m dpl. Kurang dari angka tersebut, pertumbuhan buah kurang maksimal.Lebih senang berada di daerah terbuka. Tanaman melon membutuhkan pemanasan selama 10 jam per hari.

Rata-rata suhu yang dikehendaki 25-30 dan kelembaban udara 70-80% dengan curah hujan 1500-2500 mm/tahun. Kualitas buah melon akan semakin lebih baik apabila terdapat perbedaan suhu siang dan malam cukup signifikan.

Bibit Melon untuk Taburan pot

Umumnya tanaman melon dijual hanya berupa benih yang dikemas plastik bukan berupa tanaman yang sudah tumbuh. Satu plastik berisi puluhan hingga ratusan benih tergantung pada harga dan besarnya kemasan. Benih ini bisa dibeli di toko bibit buah dan sayuran seperti di Sentra Tani.

Adapun cara menanam buah melon dalam pot adalah sebagai berikut :

Perlakuan Sebelum Menyemai Benih

  • Rendam benih di dalam air selama satu malam setelah itu peram benih pada suhu yang hangat selama 2 hari.
  • Siapkan media semai berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 5 : 1. Masukkan media tersebut ke dalam polybag atau pot kecil. Buat lubang tanam lalu masukkan benih melon dengan posisi ujung yang lancip berada di bawah Tutup lagi dengan media semai lalu siram.
  • Letakkan pot berisi benih di tempat yang memperoleh sinar matahari. namun buatkan pelindung dari plastik bening. Pelihara hingga bibit siap tanam yaitu telah memiliki 4-5 helai daun.

Memindahkan Bibit Melon dari Polybag ke Pot

  • persiapkan pot plastik berdiameter 30 cm atau lebih.
  • Siapkan juga media tanam berupa campuran tanah pupuk kandang pasir dan sekam bakar dengan perbandingan 4 : 2 : 1 : 1.
  • Media tanam tersebut ke dalam pot hingga ketinggian sekitar 5 cm dari bibir pot. tambahkan pupuk NPK sebanyak 50 gram dan furadan 3G sebanyak 20 gram di atasnya.
  • Masukkan bibit melon ke dalam media tanam secara hati-hati agar tidak merusak perakaran.
  • Pasang ajir sedini mungkin sebagai tempat untuk merambat tanaman. ajir bisa terbuat dari bambu, paralon, atau besi dengan ketinggian mencapai 1,5-2 meter.
  • Siram media agar media tanam menjadi lembab, lalu letakkan pot atau polybag di tempat yang memperoleh sinar matahari.
  • Jika tanaman sudah lebih besar lakukan repotting agar kebutuhan nutrisi tanaman bisa terjaga baik.

Syarat Tumbuh Tanaman Melon

Sebelum masuk kedalam cara menanam melon kami akan membahas sedikit syarat atau faktor pendorong tumbuh tanaman melon berikut ini:

1. Iklim

Pilih lokasi yang memiliki udara sejuk serta kering (25-30 derajat C ) karena tanaman melon tidak dapat tumbuh dengan baik bila lokasi bersuhu dibawah 18 derajat lalu pilih lokasi yang memiliki udara sedang karena jika lokasi yang anda pilih angin nya keras dapat merusak tanaman melon.

Selanjutnya pilih lokasi yang memiliki kelembagaan udara sedang karena jika lokasi yang pilih memiliki udara segar yang tinggi akan membuat tanaman melon lebih mudah terserang penyakit.

2. Tanah Atau Media Tanam

Tanah yang liat serta berpasir karena jenis tanah itu banyak mengandung zat hara sehingga pertumbuhan akar melon berlangsung cepat dan tanaman melon tidak menyukai tanah yang basah, lalu pilih tanah yang ber PH 5,8 – 7,2, selanjutnya ke tersedia air karena tanaman melon sangat memerlukan air dalam proses pelanturan zat makan dari tanah.

3. Lokasi Penanaman dan Ketinggian Lokasi

Tanaman akan tumbuh dengan baik atau optimal pada daerah yang memiliki ketinggian 300-900 dpl, jika lokasi yang anda pilih kurang atau lebih dari kisaran itu maka tanaman melon tidak dapat tumbuh dan berbuah secara optimal.

Panduan Cara Menanam Melon

Baiklah diatas tadi adalah syarat-syarat tumbuhnya tanaman melon setelah anda memahaminya kami akan melanjutkan ke tahap- tahap penanam melon yang akan dijelaskan dibawah ini:

1. Pemilihan Bibit 

Pada tahap pertama dalam cara menanam melon adalah pemilihan bibit karena dengan menanam bibit melon unggulan hasil yang akan dihasilkan tentu melon unggulan juga. Namun tahukah anda ada cara  memilih bibit melon baik dengan bibit melon yang tidak baik, kami akan jelaskan dibawah ini.

  • Pilihlah biji yang akan anda tanaman
  • Sebelum melakukan penanaman rendah terlebih dulu bibit melon dengan air diatonik untuk memastikan baik atau tidaknya
  • Setelah itu tunggu hingga 2 jam, lalu anda perhatikan jika ada bibit yang mengapung maka biji tersebut tidak baik tapi jika tenggelam semua maka bibit tersebut baik
  • Setelah itu pilih bibit melon yang tenggelam dan keringkan agar tidak berjamur

Jika anda sudah paham mengenai cara memilih bibit diatas, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai jenis bibit melon unggulan meliputi bibit orange meta, sunrise meta, mai 119, sky rocket.

2. Proses Penyemaian Bibit

Cara menanam melon selanjutnya adalah proses penyemaian, tujuan dari penyemaian adalah agar tanaman lebih mudah beradaptasi, tumbuh tanaman lebih maksimal, proses pengolahan dan perawatan calon tanaman lebih mudah. Jika anda masih bingung cara penyemaian bibit melon, kali ini kami akan menjelaskan langkah-langkah penyemaian bibit melon.

Penyemaian Bibit

  • Pilih tempat semai, bisa menggunakan polybag atau pot
  • Setelah itu siapkan media tanaman berupa tanah humus dan pupuk kandang kering
  • Lalu campur dengan rata tanah dan pupuk kandang kering dengan perbandingan 3:1 menggunakan cangkul
  • Langkah berikutnya masukan media tanaman kedalam tempat semaian pastikan jangan terlalu penuh
  • Selanjutnya taburkan bibit melon dan tutup menggunakan tanah dengan tipis
  • terus siram dengan air setiap agar proses pertumbuhan kecambah nya lebih cepat
  • Biasanya bibit melon yang baik dan proses penyemaian dilakukan dengan benar, bibit akan tunggu selama 2 minggu sejak awak penanaman.

3. Pengolahan Lahan Tanam

Pengolahan lahan adalah tahap ketiga dari cara menanam melon, sebelum melakukan pengolahan lahan hal yang perlu anda perhatikan adalah iklim tanah dan ketinggian lokasi karena ketiga hal tersebut yang bakal mempengaruhi tumbuh tanaman melon. Setelah 3 hal penting itu terpenuhi langsung saja kami akan membahas cara pengolahan lahan tanaman melon berikut ini.

Cara Pengolahan Lahan Tanam 

  • pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan berupa cangkul, sabit dan pupuk kandang kering
  • Lalu bersihkan lahan tanam dari hama mengganggu baik rumput, sisa tanaman yang tidak berguna mengunakan cangkul dan sabit
  • Sesudah lahan bersih mulailah proses pembajakan atau pengaburan tanah menggunakan cangkul dengan kedalam 40 cm. Pada langkah ini anda bisa menambahkan pupuk kandang kering agar lebih tercampur rata dengan perbandingan 3:1.
  • Jika lahan memiliki ph tanah dibawah 5 atau diatas 7, anda bisa melakukan pengaburan terlebih dulu dan setelah kapur ditaburkan biarkan selama 1-2 minggu
  • Langkah selanjutnya buat penutupan yang lebar 130 cm tinggi bedungan 50 dan panjang sesuaikan dengan kondisi lahan. setelah itu buat drainase disekitar pedengan dengan jarak 40 cm lalu buat juga lubang penanam melon di bedungan dengan jarak antar lubang 30-40 cm.
  • Setelah itu anda bisa menutup bedengan menggunakan plastik dan biarkan selama 1-2 minggu atau bisa sambil menunggu bibit siap ditanam dari tempat semai.
budidaya melon dalam polybag

4. Proses Penanam Melon

Menanam melon selanjutnya adalah proses pemindahan tanaman melon dari tempat semai ketempat lahan tanam. Namun sebelum itu pasti tanaman sudah berumur 2 minggu, sudah memiliki daun 2-3 helai, jika semua sudah terpenuhi anda bisa langsung melakukan proses penanam melon (dilakukan pada pagi hari).

Ambil tanaman melon dari tempat semai bersama tempat semai-nya baik itu baik di pot. Jika anda menggunakan polybag bisa langsung memasukkan tanaman melon kedalam lubang yang sudah disiapkan sebelumnya namun polybag harus dilepas agar akar tanaman melon berkembang dengan baik.

Namun kalian menggunakan pot maka keluarkan dulu tanaman bersama media tanam semai dilakukan dengan hati hati agar calon tanaman tidak rusak setelah keluar masuk kedalam lubang yang disiapkan sebelumnya.

Setelah selesai tutup kembali lubang menggunakan tanah dan bisa ditambah pupuk kandang kering. Lalu siram menggunakan air secukupnya.

5. Perawatan Tanaman Melon

Tahap penting berikutnya adalah proses perawatan walaupun sebenarnya tanaman melon tetap bisa tumbuh dan berbuah jika tidak mengalami perawatan.

budidaya melon dalam polybag
Kualitas buah tanaman yang dirawat dan tanaman melon yang tidak dirawat tentu beda, oleh karena itu kami sangat menganjurkan kepada anda untuk melakukan proses perawatan melon seperti dibawah ini.
  • Penyulaman

menggantikan tanaman melon yang mati dengan tanaman melon yang baru dilakukan pada tanaman melon yang berumur 1 minggu. Jika mengganti tanaman yang berumur lebih dari 1 minggu takutnya masa pertumbuhannya akan berbeda.

  • Penyiangan

pembersihan lahan tanam dari hama mengganggu baik rumput dan tanaman liar lainnya. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan tangan kosong dan bisa menggunakan sekop penyiapan dilakukan pada tanaman yang berumur 3-6 minggu.

  • Pemasangan Ajir

Pemasangan ajir adalah pemberian tumpangan untuk tanaman melon menggunakan bambu atau kayu tujuannya agar buah tidak bersentuhan dengan permukaan tanah. Pemasangan ajir dilakukan sebelum tanaman tumbuh besar.

  • Pemupukan

susulan diberikan pada tanaman yang berumur 1 minggu, pupuk yang dianjurkan berbentuk cair. Jika anda menggunakan pupuk kimia, maka proses tumpukan dilakukan sebanyak 6 kali.

6. Proses Panen

Ini adalah cara menanam melon yang terakhir adalah proses panen, setiap petani selalu menunggu yang namanya panen karena mereka bisa menikmati buah melon yang susah-susah ditanam selama kurang lebih 3 bulan.

Buah melon yang siap panen biasanya berumur 3 bulan sejak awal penanaman, lalu serat jala di permukaan kasar kulit berwarna hijau ke kuning-kuningan serta sudah mengeluarkan aroma wangi.

Proses pemetikan buah melon bisa menggunakan gunting atau pisau, yang perlu anda ingat adalah potong tangkai yang mengarah pada daun bukan tangkai yang mengarah pada buah.

Perawatan Harian

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan satu kali sehari, yakni pada pagi atau sore hari menggunakan gembor atau sprayer. Saat buah sudah terbentuk, penyiraman sebaiknya dikurangi menjadi 2-3 hari sekali. Penyiraman yang terlalu berlebih justru dapat mengundang penyakit.

  • Pemukiman

Setelah berumur 6-14 hari tanaman bisa diberi pupuk NPK 16-16-16 dengan dosis 10 gram per tanaman, diulangi setiap 14 hari. Berikan juga pupuk KNO3 dengan dosis 5 gram per tanaman setiap satu bulan sekali. sebelum diberikan, pupuk dilarutkan dalam 1 liter air. pemupukan sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 08.00 untuk menghindari penguapan berlebih.

  • Pengikatan

Tanaman yang sudah setinggi 40 cm sebaiknya diikatkan ke ajir. Tujuannya agar tanaman melon tidak rebah dan bisa merambat pada ajir tersebut. Jika tanaman semakin tinggi, maka pengikatan dilakukan lagi pada batang selanjutnya. jarak pengikatan pertama dengan pengikatan berikutnya sekitar 40 cm.

  • Pemotongan

Pada melon berbeda dengan pemotongan tanaman buah pada umumnya. pemotongan dilakukan ketika tanaman sudah setinggi 2 meter atau berumur satu bulan, tetapi belum berbunga. Berikut pemangkasan yang biasa dilakukan pada tanaman melon.

  • Pangkas tanaman pada ruas ke-20 atau ke-25, dihitung dari bawah.
  • Potong juga cabang yang tumbuh pada ruas 1-9. Pemotongan tidak menghilangkan seluruh cabang, tetapi tetap menyisakan sekitar dua helai daun pertama yang tumbuh.
  • Sebaliknya, cabang yang tumbuh pada ruas 10-13 tetap dipelihara.
  • Pemangkas sebaiknya dilakukan pada siang hari agar luka bekas potongan cepat mengering.

Pemilihan Bunga

Bunga yang tumbuh dari cabang nantinya tidak semua dipelihara. Hanya bunga yang muncul dari cabang 8-9 yang dipelihara. Pembuangan bunga dilakukan dengan cara motongnya menggunakan gunting steril.

Seleksi Buah dan Pengikatan

Biasanya, setelah 15 hari penyerbukan terjadi, akan tampak pentil atau calon buah. Untuk mendapatkan hasil yang ideal, buah yang muncul juga harus diseleksi.

Acuannya jika buah melon berasal dari varietas buah sedang, maka dalam tanaman dapat disisakan dua buah melon. Jarak kedua buah tersebut juga harus berjauhan. Sementara itu, jika varietas melon merupakan jenis besar, maka dalam satu tanaman hanya disisakan satu buah melon.

Pada melon, tidak hanya tanaman yang perlu diikat, tetapi buahnya juga. Perlakuan ini dilakukan agar tangkai tanaman tidak patah ketika buah melon tumbuh membesar. Bagian yang diikat adalah cabang tempat tumbuh buah yang posisinya horizontal. Pengikatan menggunakan sistem simpul atau sistem jangkar yang dikaitkan pada ajir.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pencegahan serangan hama dan penyakit juga bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan media tanam dan kebun. Gulma dan semak belukar disekitar tanaman dan kebun bisa menjadi sumber hama dan penyakit.

Bila taburan pot sudah terlanjur terserang hama atau penyakit langkah pertama bisa diberantas secara manual misalnya dengan memungut ulat yang menyerang atau memangkas dahan yang terkena penyakit.

Penyemprotan taburan pot dengan pestisida menjadi dilema, karena biasanya taburan pot ditanam di pekarangan yang dekat dengan pemukiman. Pestisida kimia tentunya akan sangat berbahaya dan mencemari lingkungan sekitar. Oleh karena itu, gunakan selalu pestisida organik.

Penyemprotan dilakukan pada pagi hari, ulangi setiap 4-5 hari kali atau sesuaikan dengan kondisi tanaman. Apabila sangat terpaksa, penyemprotan dengan pestisida kimia bisa dilakukan. Lakukan dengan hati-hati, baca aturan dan dosis pakainya secara seksama. Penyemprotan hendaknya dilakukan secara terbatas.

Tahap Pemanenan

Buah melon bisa dipanen ketika tanaman berumur kurang lebih 90 hari setelah tanam, ciri-ciri dari buah melon yang sudah siap dipanen antara lain buah sudah mengeluarkan aroma harum khas buah melon, serat jala yang terdapat pada permukaan kulit buah melon terlihat kasar dan juga jelas, terdapat retakan-retakan kecil pada kulit buah di sekitar tangkai, warna kulit hijau ke kuningan dan daun-daun tanaman sudah mulai mengering.

Demikian ulasan mengenai cara menanam buah melon dalam pot, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

The post Budidaya Melon Dalam Polybag Yang Mudah di Pahami appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Melon Yang Manis dan Bermanfaat Bagi Kita https://mesinpertanian.id/cara-menanam-melon/ Mon, 07 Oct 2019 09:35:29 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2405 kali ini saya akan membuat artikel tentang Cara menanam melon yang benar adalah dengan mempelajari karakteristik dari buah melon terlebih dahulu. Melon merupakan keluarga dekat dari semangka, dimana tumbuhnya merambat karena buahnya yang cukup besar, sehingga jika Anda ingin menanam di dalam pot misalnya, harus dengan bantuan penopang agar batang tanaman dapat memanjat. Melon akan tumbuh baik di […]

The post Cara Menanam Melon Yang Manis dan Bermanfaat Bagi Kita appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
kali ini saya akan membuat artikel tentang Cara menanam melon yang benar adalah dengan mempelajari karakteristik dari buah melon terlebih dahulu. Melon merupakan keluarga dekat dari semangka, dimana tumbuhnya merambat karena buahnya yang cukup besar, sehingga jika Anda ingin menanam di dalam pot misalnya, harus dengan bantuan penopang agar batang tanaman dapat memanjat.

Melon akan tumbuh baik di dataran tinggi sedang, sekitar 250-750 meter diatas permukaan laut. Suhu yang ideal adalah antara 23-30oC. Tidak terlalu dingin dan tidak pula terlalu panas. Jika ditanam diluar suhu tersebut, maka tanaman melon akan sangat sulit untuk tumbuh baik, seandainya berbuah pun, hasil buahnya akan kecil tidak seperti buah melon yang seharusnya.

Jenis Melon Unggulan

cara menanam melon

Ada 3 jenis buah melon yang sangat kami rekomendasikan untuk dibudidayakan. Diantaranya:

  • Reticalatus. Ciri utama dari jenis melon ini adalah warna buahnya hijau muda dihiasi juga warna oranye. Jenis ini paling banyak ditemukan di toko buah. Bentuknya bulat dan kulitnya kehijauan dengan tekstur yang mirip jaring.
  • Inodorus. Ciri utama jenis ini adalah bentuknya yang agak lonjong. Dengan warna kulit kuning pucat agak hijau. Dan daging yang berwana hijau, oranye keputihan tidak beraroma.
  • Cantalupensis. Jenis ini malah hampir mirip dengan buah blewah, dengan daging berwarna kuning dan kulitnya mirip labu, dengan aroma daging yang sangat kuat, dibanding dengan jenis melon yang lain.

Bibit Melon

Pada umumnya, membudidayakan melon pembibitannya diperbanyak secara generatif dari biji atau benih. Jika Anda ingin membudidayakan di lahan 1 hektar misalnya, benih yang Anda butuhkan setidaknya 500-700 gram biji benih melon.

Agar tumbuh dengan baik, biji melon harus direndam dahulu dengan air hangat selama 7 jam. Setelah direndam, siapkan kain basah untuk meniriskan biji tersebut. Tempatkan di tempat yang teduh selama 2 hari hingga biji berkecambah, perhatikan kain jangan sampai kekeringan. Percikan air secukupnya untuk menjaga kelembabannya.

Sementara Anda menunggu dua hari hingga berkecambah, siapkan polybag untuk tempat persemaian. Isi polybag dengan campuran kompos dan tanah dengan perbandingan 1:2. Atau bisa juga menggunakan pupuk kandang dengan tanah. Tetapi harus di ingat, pupuk kandang harus kering, agar terhindar dari hama penyakit.

Setelah bibit melon berkecambah, benamkan bibit pada polibag yang sudah disiapkan tadi  sedalam 1-2 cm saja, lalu tutup dengan pelingdung plastik agar terhindar dari panas matahari secara langsung, dan genangan air akibat hujan. Percikan air secara berkala untuk menjaga kelembabannya, tetapi jangan sampai terlalu basah.

Proses ini biasanya akan memakan waktu 10-14 hari, hingga bibit melon tumbuh 2 atau 3 helai daun. Jika sudah tumbuh daun, maka bibit melon sudah siap untuk dipindahkan ke media tanam yang Anda inginkan.

Persiapan Lahan dan Cara Menanam Melon

Sembari menunggu tumbuhnya daun, siapkan lahan penanaman terlebih dahulu. Cangkul tanah secara merata, agar media tanam terbebas dari batu atau apapun yang nantinya akan menganggu proses pertumbuhan akar tanaman melon.

Bentuklah bedengan agar nantinya jarak untuk tumbuhnya melon rapi dan sehat, tidak terganggu satu dengan yang lainnya. Jarak antar bedengan yang tepat sekitar 50-60 cm. Lebar bedengan 100-120, tinggi 30-50 cm, dan panjangnya 10-15 meter.

Ukurlah sesuai dengan lahan yang Anda miliki.Setelah lahan dipersiapkan, berikan kapur pertanian atau dolomit sebanyak 2 kg per meter untuk menjaga pH tanah. Biarkan hingga 3 hari.

Kemudian olahlah tanah dengan memberikan pupuk kandang sekitar 15 kg per 2 meter. Pastikan bahwa pupuk kandang sudah steril dan kering. Agar lebih gembur dan subur, tambahkan juga KCI, ZA dan SP-36, masing-masing 3 ons per meter.

Campurkan semua pupuk tersebut dengan tanah bedengan hingga merata, diamkan selama 3 hari, tutuplah lahan tanam dengan plastik mulsa berwarna hitam perak.

Penutupan dimaksudkan agar tanah dan pupuk dapat bercampur dengan sempurna tanpa ada gangguan hujan atau apapun yang dapat merusak lahan tanam. Warna hitam menghadap ke tanah dan warna perak di bagian luarnya. Buat lubang tanam di atas mulsa tersebut.

Dalam setiap bedengan terdapat dua baris lubang tanam dengan jarak antar baris 60 cm dan jarak antar lubang dalam satu baris 50-60 cm.Setelah semua siap, kini saatnya menanam bibit melon.

Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari agar bibit terhindar dari matahari yang terlalu terik, karena bibit perlu beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Tanam satu bibit Melon pada setiap lubang tanam. Siram dengan air secukupnya tetapi jangan sampai terlalu basah dan menimbulkan genangan.

cara menanam melon

Cara Merawat Melon yang Benar

a. Pemasangan Ajir

Ajir adalah bilang tongkat dari bambu yang berfungsi untuk menopang tanaman melon agar buah melon nantinya tidak bersentuhan dengan tanah. Selain itu ajir juga berfungsi untuk membantu tanaman berdiri tegak sehingga matahari dapat menyinari seluruh bagian tanaman, agar dapat tumbuh dengan sempurna.

Ajir yang harus disiapkan sepanjang 1,5 meter. Penancapannya setelah tanaman berumur 3 hari. Hal ini dimaksudkan agar penancapan ajir tidak merusak akar tanaman melon.

Tancapkan ajir tersebut pada lubang tanam secara menyerong, ujung atasnya condong ke arah dalam bedengan. Sehingga ajir-ajir tersebut saling bersilangan, membentuk huruf X. Kemudian siapkan bilah bambu yang lebih panjang dan letakkan secara horisontal diantara silangan ajir-ajir tersebut, ikat dengan tali rafia.

b. Penyiraman

Seperti halnya tanaman lain, tanaman Melon juga membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhannya. Siramlah secara teratur setiap sore hari hingga tanaman berumur satu minggu. Selanjutnya penyiraman dapat dilakukan 2 hari sekali.

Ketika musim hujan datang, Anda harus memastikan drainase dapat berfungsi dengan baik agar lahan tanam terhindar dari genangan air. Jika dibiarkan terlalu basah maka pertumbuhannya akan terganggu dan lebih parahnya tanaman akan layu dan mati.

c. Pemupukan Lanjutan

Setelah tanaman berumur satu minggu, pemupukan lanjutan diperlukan. Kami merekomendasikan pupuk organik siap pakai yang berbentuk cair dan juga telah kami sediakan di toko kami ataupun pupuk kimia buatan.

Pemupukan lanjutan diberikan sebanyak 6 kali setiap 7 hari sekali dengan dosis 200 ml per tanaman. Dalam masa pertumbuhan, perlu dilakukan pengendalian hama tanaman agar proses pertumbuhannya sempurna. Siapkan juga pestisida dengan penyemprotan khusus tanaman buah apabila hama mulai menyerang tanaman melon.

d. Pemanenan Buah Melon

Masa pertumbuhan hingga masa panen untuk buah melon biasanya memakan waktu hingga 3 bulan lamanya. Cara pemanenan adalah dengan menggunting tangkai buah seperti huruf T. Bagian yang di potong adalah yang mengarah pada daun bukan pada buah.

Pemanenan sebaiknya dilakukan setiap menjelang siang hari secara bertahap. Petik buah yang sudah benar-benar siap dipanen. Setelah pemanenan, rawat terus tanaman melon seperti biasa, hingga masa panen berikutnya tiba.

Demikian cara menanam melon yang benar. Semoga dapat membantu nda dalam melakukan budidaya melon yang sempurna. Jika ada hal yang kurang paham tentang cara menanam melon dan bibit tanaman melon, silahkan untuk lebih detail tentang produk Melon.

Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Melon

Pada tanaman melon tidak jauh berbeda dengan hama pada tanaman semangka dan keluarga Cucurbitaceae lainnya. Hama yang biasanya menyerang tanaman melon antara lain jangkrik/gangsir, penggerek daun, ulat grayak, ulat tanah, lalat buah, kutu kebul, aphids, trhips, dan kumbang daun. Hama – hama tersebut dapat dkendalikan dengan cara penyemprotan insektisida berbahan aktif abamectin.

Penyakit tanaman melon antara lain rebah semai, layu fusarium, layu bakteri, antraknosa, embun tepung, dan penyakit virus WMV (Water Melon Virus). Sedangkan penyakit yang paling berbahaya pada tanaman melon adalah layu fusarium.

Layu fusarium dapat menyerang tanaman melon secara keseluruhan dalam waktu yang singkat. Penyakit ini sering mengakibatkan kerugian besar bagi petani. Penyakit layu fusarium dapat menyebar dan menginfeksi pada ribuan tanaman dalam waktu yang relatif cepat.

Masa Panen dan Cara Panen Buah Melon

Buah melon dapat dipanen pada usia 65 – 70 HST. Buah yang sudah matang ditandai dengan ciri-ciri serat jala pada kulit terlihat jelas dan kasar. Permukaan kulit disekitar tangkai buah terlihat retak-retak, warna sedikit pucat dan sudah beraroma. Pemanenan dilakukan pada pagi hari setelah embun kering, antara jam 8 sampai jam 11.

Buah melon dipetik beserta tangkai buah, buah sebaiknya dipetik pada kematangan 90% agar tidak mudah rusak saat proses pendistribusiannya. Pemanenan dilakukan secara bertahap, yaitu dengan memilih buah yang sudah matang terlebih dahulu.

sekian dan terimakasih atas pengunjungnya tentang artikel cara menanam melon ini jangan lupa buka artikel yang lainnya ya dari saya.

The post Cara Menanam Melon Yang Manis dan Bermanfaat Bagi Kita appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Budidaya Melon Hidroponik Yang Mudah di Mengerti https://mesinpertanian.id/budidaya-melon-hidroponik/ Mon, 07 Oct 2019 09:34:50 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2450 kali ini saya membuat artikel tentang Budidaya melon hidroponik dapat dilakukan dengan memperhatikan proses pembibitan, persemaian, penanaman, pemberian nutrisi, pemeliharaan, hingga tanaman melon siap panen. Sebagaimana yang diketahui, tanaman melon merupakan tanaman musiman yang umumnya termasuk kategori tanaman merambat. Tanaman ini juga  tergolong tanaman yang mudah untuk dibudidayakan, dan peminatnya pun cukup banyak. Jadi, jika anda […]

The post Budidaya Melon Hidroponik Yang Mudah di Mengerti appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
kali ini saya membuat artikel tentang Budidaya melon hidroponik dapat dilakukan dengan memperhatikan proses pembibitan, persemaian, penanaman, pemberian nutrisi, pemeliharaan, hingga tanaman melon siap panen.

Sebagaimana yang diketahui, tanaman melon merupakan tanaman musiman yang umumnya termasuk kategori tanaman merambat. Tanaman ini juga  tergolong tanaman yang mudah untuk dibudidayakan, dan peminatnya pun cukup banyak.

Jadi, jika anda ingin mencoba untuk membudidayakan tanaman melon secara hidroponik, anda harus benar-benar memperhatikan pembibitannya, lahan yang digunakan, dan cara merawatnya.

Hal tersebut sangat berpengaruh untuk hasil panen yang melimpah. Terlebih lagi jika anda adalah seorang pemula dalam bidang budidaya melon hidroponik, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu teknik-teknik menanam melon hidroponik.

budidaya melon hidroponik
Memiliki lahan yang minim tidak berarti menghambat impian Anda untuk bisa mempunyai tanaman melon di rumah Anda. Metode menanam secara hidroponik bisa Anda andalkan asal memperhatikan teknik-teknik penanamannya dengan benar.

Teknik Persemaian Melon Hidroponik

Sebelum melakukan penanaman secara langsung pada media hidroponik, sebaiknya anda menyemai terlebih dahulu bibit melon yang akan ditanam.

Cara menyemai bibit melon bermacam-macam tergantung media semaian yang digunakan. Ada yang menggunakan media tisu basah, rockwool, sekam bakar, maupun cocopeat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan benih melon yang akan disemai, dan masukkan ke dalam air hangat. Benih yang bagus akan tenggelam ke dasar wadah air hangat, dan bibit yang tidak layak akan tetap terapung di permukaan air. Biarkan benih terendam dalam air hangat selama beberapa saat.
  • Jika benih melon sudah mulai pecah dan berkecambah, letakkan di bawah sinar matahari langsung, dan jemur selama kurang lebih 3-5 jam.
  • Kemudian, sebarkan benih melon yang telah dijemur pada lahan semai yang sudah digemburkan dan tunggu hingga tanaman tersebut tumbuh daunnya.
  • Setelah tanaman semai sudah memiliki 4-5 helai daun, pindahkan tanaman ke dalam media hidroponik yang telah disediakan, dan beri nutrisi berupa pupuk yang telah diencerkan.
  • Jika ingin pertumbuhan melon lebih cepat, ada baiknya jika Anda menggunakan media tanam hidroponik sistem NFT (Nutrient Film Technique) yang menggunakan sistem selokan. Penanaman hidroponik dengan sistem atau cara NFT telah disinggung pada artikel ini.

Rakitan Hidroponik

budidaya melon hidroponik
  • Ketika tanaman sudah menginjak usia remaja, pindahkan tanaman ke dalam media hidroponik sistem Dutch Bucket.Sistem dutch bucket ini dilakukan dengan memanfaatkan wadah yang lebih besar seperti ember yang di dalamnya berisi substrat media kering hydroton, perlite, batu apung atau zeolit. Terdapat lubang outlet yang terhubung dengan pipa menuju tandon. Lubang outlet tersebut merupakan media yang dialiri oleh air dan nutrisi cair yang dibutuhkan tanaman.
  • Siapkan juga tiang atau lanjaran untuk media perambatan dan jangan lupa untuk mengikat tanaman melon pada lanjaran tersebut karena pertumbuhan terjadi terus menerus setiap hari. Penggunaan lanjaran ini berfungsi untuk menopang tanaman melon agar terlihat rapi dan tidak bertabrakan satu sama lain.
  • Bunga jantan tanaman melon umumnya terletak di bagian batang. Adapun bunga betina terletak pada tunas yang tumbuh antara batang utama dan daun.
  • Lakukan pruning atau pemotongan pada beberapa bagian tunas. Umumnya, tunas yang dipertahankan adalah antara tunas ke-7 dan ke-9 yang umumnya muncul antara daun ke-11 hingga daun ke-14.
  • Bagi yang tidak menggunakan sistem greenhouse, tidak perlu mengawinkan bunga jantan dan bunga betina. Karena proses perkawinan dapat dilakukan oleh lebah.
  • Semua tunas di bawah 7 dan di atas 9 dipangkas. Meskipun sudah dilakukan pemotongan secara rutin, tunas-tunas tersebut pasti akan muncul dan muncul lagi. Oleh karena itu, anda perlu mengecek tanaman melon anda setiap hari dan pangkas tunas-tunas yang muncul lagi. Pemangkas tunas bertujuan agar pertumbuhan buah melon tidak terganggu.
  • Saat buah melon sudah tumbuh sebesar telur, pangkas daun-daun yang tumbuh pada tunas, dan sisakan 2 helai saja.
  • Lakukan toping saat sudah berbuah, dan sisa daun yang dipertahankan adalah 30 helai saja.
  • Saat tanaman melon sudah berjaring dan berusia kurang lebih 50 hari atau 2 bulan, melon yang pertumbuhannya baik sudah siap untuk dipanen.
budidaya melon hidroponik

Pemberian Nutrisi Bagi Melon Hidroponik

Perlu Anda ketahui bahwa pupuk untuk tanaman hidroponik tidak boleh sembarangan. Pemberian nutrisi berupa pupuk pada melon hidroponik dapat dilakukan sesuai fase pertumbuhan tanaman melon. Masing-masing fase memiliki takaran yang berbeda-beda dalam hal pemupukan.

  • Saat tanaman melon tumbuh daun 4 helai: nutrisi pemupukan yang diperlukan ± 400 ppm.
  • Saat tanaman melon dipindahkan dalam media tanam hidroponik hingga berusia 2 minggu: nutrisi pemupukan yang diperlukan ± 800 ppm.
  • Setelah lebih dari 2 minggu: naikkan dosis pemupukan menjadi 1000 ppm hingga menjelang tanaman berbunga.
  • berbunga: nutrisi yang diperlukan ±1200 ppm.
  • berbuah: nutrisi yang diperlukan menjadi 1500 ppm.
  • sudah berjaring: nutrisi yang diperlukan 1800 ppm hingga siap panen.

Demikianlah beberapa tips dan kiat-kiat untuk menjadi petani melon hidroponik dengan hasil yang melimpah. Lakukan step by step dengan teliti agar hasil panen yang diperoleh dapat lebih memuaskan. Selamat mencoba.

 Menyiapkan Perlengkapan Fertigasi

budidaya melon hidroponik

Sistem fertigasi merupakan salah satu sistem hidroponik yang paling baik karena bisa diaplikasikan untuk menanam hidroponik skala besar maupun skala kecil. Sistem fertigasi juga bisa diaplikasikan pada banyak jenis tanaman, terutama tanaman semusim berumur panjang.

Kelebihan lain dari sistem fertigasi adalah kemudahannya memasang instalasi serta peralatan yang bisa digunakan berulang-ulang. Perlengkapan sistem fertigasi yang dibutuhkan untuk melon hidroponik antara lain sebagai berikut ;

1). Tandon nutrisi : adalah wadah untuk menampung larutan nutrisi hidroponik
2). Pompa air : berfungsi untuk mengalirkan larutan nutrisi hidroponik dari tandon kemasing-masing pot/polybag melalui selang
3). Timer : berfungsi untuk mengatur frekuensi dan volume pemberian larutan nutrisi ketanaman
4). Selang/pipa induk : berfungsi untuk mengalirkan larutan nutrisi dari tandon ke selang pembagi
5). Selang pembagi : berfungsi untuk membagi aliran larutan nutrisi dari selang induk kesetiap baris tanaman
6). Selang fertigasi : berfungsi untuk mengalirkan larutan nutrisi dari selang pembagi kepolybag/pot
7). Stick fertigasi : berfungsi untuk mengatur tetesan larutan nutrisi ke media tanam. Stick fertigasi dipasang pada ujung selang fertigasi dan ditancapkan kemedia tanam.
8). Nepple : berfungsi untuk menghubungkan/menymbung selang fertigasi dengan selang pembagi

Catatan :

Selang/pipa induk ukurannya lebih besar dari selang pembagi dan diperlukan jika jumlah tanamannya banyak dengan jumlah barisan polybag lebih dari 1 baris. Jika hanya menanam 1 baris, selang/pipa bisa langsung dari pompa kebarisan tanaman. Selang/pipa yang digunakan adalah selang HDPE khusus untuk fertigasi atau menggunakan pipa PVC.

Memasang Instalasi Fertigasi

Setelah pengisian media tanam ke polybag/pot selesai dan perlengkapan fertigasi sudah lengkap, selanjutnya adalah memasang instalasi. Berikut ini langkah-langkah memasang instalasi fertigasi :

1). Pertama sekali susun polybag/pot dengan bentuk barisan memanjang.
2). Untuk menghemat penggunaan selang/pipa, polybag disusun 2 baris kiri dan kanan secara zig zag.
3). Selang/pipa diletakkan ditengah-tengah barisan polybag.
4). Letakkan tandon nutrisi pada tempat yang terlindung dari panas matahari.
5). Pasang timer dan pompa, kemudian pompa dihubungkan dengan pipa/selang yang ada ditengah barisan polybag
6). Pasang stick fertigasi pada ujung selang fertigasi.
7). Hubungkan selang fertigasi menggunakan nepple pada pipa/selang induk
8). Tancapkan stick fertigasi pada media tanam

Menyiapkan Benih dan Menyemai Benih Melon Hidroponik

Benih melon bisa diperoleh di toko pertanian atau di toko online. Jika hanya ingin menanam dalam jumlah sedikit / skala hobi lebih baik membeli benih di toko online. Penjual online biasanya melayani pembelian benih eceran yang sesuai dengan kebutuhan.

Benih melon sebenarnya bisa menggunakan benih melon yang sudah matang tetapi kualitasnya kurang baik. agar melon yang dihasilkan sesuai dengan harapan gunakan benih hibrida yang sudah teruji kualitasnya. banyak sekali varietas melon hibrida yang tersedia di pasaran pilih sesuai dengan keinginan anda.

Jika benih melon sudah tersedia segera semai benih sebelum ditanam caranya dengan merendam benih melon pada air hangat rendam selama kurang lebih 2 jam. bisa ditambahkan beberapa irisan bawang merah pada air rendaman untuk merangsang perkecambagan.

Setelah itu benih ditiriskan kemudian benih dibungkus dengan kertas tisu dan disimpan dalam kantong plastik hitam yang diikat rapat. Letakkan pada tempat yang hangat 2 hari kemudian biasanya benih sudah berkecambah.

Siapkan media semai, bisa menggunakan polybag kecil atau tray semai yang diisi dengan media semai arang sekam atau cocopeat. Lubangi media semai dan letakkan kecambah pada lubang tersebut dengan hati-hati. Letakkan pada tempat teduh yang terlindung dari hujan.

Setelah tumbuh kenalkan bibit dengan sinar matahari secara bertahap agar bibit kuat dan tidak etiolasi. Siram bibit dengan larutan nutrisi hidroponik ppm rendah (400 ppm) seperlunya. Tujuh atau sepuluh hari kemudian bibit sudah siap dipindah tanam kepolybag/pot.

Menanam Bibit Melon Hidroponik

Bibit melon sudah bisa dipindah tanam kepolybag/pot pada umur 7 – 10 hari setelah semai. Lubangi media tanam sesuai dengan ukuran media semai. Tanam bibit pada lubang tersebut, satu bibit satu polybag. Tekan-tekan sedikit media tanam disekitar bibit agar bibit kokoh.

Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari agar bibit tidak layu atau stres. Kemudian siram bibit dengan larutan nutrisi hidroponik secukupnya. Untuk penyiraman ini buat larutan nutrisi hidroponik ppm rendah, yaitu sekitar 400 – 500 ppm. Keesokan harinya penyiraman yang sekaligus pemberian nutrisi dilakukan dengan sistem fertigasi.

Pemberian Larutan Nutrisi Hidroponik

Dosis PPM larutan nutrisi hidroponik dari mulai tanam hingga panen berbeda-beda, semakin bertambah usia tanaman maka PPM yang dibutuhkan juga semakin tinggi. Berikut ini kebutuhan PPM nutrisi untuk tanaman melon hidroponik pada setiap fase pertumbuhannya ;

1). 0 – 7 hari setelah tanam : 500 ppm
2). 8 – 14 hari setelah tanam: 750 ppm
3). 15 – 21 hari setelah tanam: 1000 ppm
4). 22 – 28 hari setelah tanam: 1250 ppm
5). 29 – 35 hari setelah tanam : 1500 ppm
6). 36 hari dan seterusnya sampai panen 2000 ppm

Frekuensi Volume dan Waktu Pemberian Larutan Nutrisi Hidroponik

Tips Budidaya MELON HIDROPONIK di Pot atau Polybag

Agar tanaman melon hidroponik dapat tumbuh optimal dan berproduksi dengan baik, nutrisi harus diberikan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Frekuensi dan volume pemberian larutan nutrisi hidroponik disesuaikan dengan fase pertumbuhan tanaman melon.

Semakin bertambah umur tanaman, maka frekuensi dan volume larutan nutrisi yang diberikan juga semakin ditingkatkan. Berikut ini panduan dasar frekuensi, volume dan waktu pemberian larutan nutrisi untuk tanaman melon hidroponik ;

1). Nutrisi diberikan mulai jam 07.00 pagi – jam 05.00 sore
2). Pada awal pertumbuhan nutrisi diberikan sebanyak 600 ml/hari. Set timer agar pompa hidup dan mati secara otomatis 5 kali dalam sehari. Sekali hidup pompa timer diset untuk mengalirkan nutrisi sebanyak 100 ml. Artinya nutrisi diberikan setiap 2 jam sekali.
3). Setiap 1 minggu sekali tanaman diberikan air tanpa nutrisi selama 1 hari.
4). Jika turun hujan disiang hari, tingkatkan frekuensi dan volume pemberian larutan nutrisi untuk mengantisipasi hilangnya nutrisi oleh air hujan.
5). Tingkatkan frekuensi dan volume pemberian larutan nutrisi sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman.
6). Jika cuaca panas, siramkan air biasa sebanyak 300 – 500 ml / polybag disiang hari (sesuaikan dengan kebutuhan) agar tanaman tidak kekurangan air dan layu.

Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Melon Hidroponik

Selain nutrisi, tanaman melon hidroponik juga memerlukan pemeliharaan seperti tanaman pada umumnya. Kegiatan
pemeliharaan pada tanaman melon hidroponik antara lain sebagai berikut ;

1). Memasang ajir/lanjaran. Ajir / lanjaran segera dipasang setelah penanaman selesai, ajir bisa menggunakan bambu atau kayu.
2). Mengikat batang tanaman melon pada ajir yang sudah disediakan.
3). Mengecek pH larutan nutrisi dan media tanam secara berkala dan usahan pH tetap stabil. Jika pH turun naikkan dengan PH UP dan jika pH naik turunkan menggunakan PH DOWN.
4). Pemangkasan daun yang tua dan terserang penyakit.
5). Melakukan seleksi buah, buang bakal buah yang kurang bagus dan sisakan 2 -3 buah yang dipelihara dalam 1 pohon
6). Pengendalian hama dan penyakit tanaman melon.

Panduan Menanam MELON HIDROPONIK diatas merupakan panduan umum yang tidak baku. Anda bisa berinovasi dan
bereksperimen sendiri dalam mempraktekkannya. Anda juga bisa memodifikasi sendiri, baik sistem maupun perlengkapan serta peralatan yang diperlukan.

Semakin anda kreatif maka kemungkinan besar tanaman melon hidroponik yang anda tanam hasilnya akan semakin baik. Selamat mencoba menanam MELON HIDROPONIK sistem fertigasi dan semoga bermanfaa

The post Budidaya Melon Hidroponik Yang Mudah di Mengerti appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Semangka Yang Segar di Lahan Kalian https://mesinpertanian.id/cara-menanam-semangka-2/ Mon, 07 Oct 2019 09:34:06 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2478 Cara Menanam Semangka – Pada artikel kali ini kami akan mengulas tentang bagaimana cara budidaya semangka dengan cara yang praktis dan bisa menghasilkan buah yang melimpah. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu         Banyaknya kebutuhan masyarakat akan buah ini menjadikan sebuah peluang usaha baru. Ya, kamu bisa membudidayakan […]

The post Cara Menanam Semangka Yang Segar di Lahan Kalian appeared first on Mesin Pertanian.

]]>

Cara Menanam Semangka – Pada artikel kali ini kami akan mengulas tentang bagaimana cara budidaya semangka dengan cara yang praktis dan bisa menghasilkan buah yang melimpah. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu

Cara Menanam Semangka

 

 

 

 

Banyaknya kebutuhan masyarakat akan buah ini menjadikan sebuah peluang usaha baru. Ya, kamu bisa membudidayakan tanaman untuk meraih keuntungan yang lumayan tinggi. Untuk menanam semangka tidaklah terlalu sulit. Asal dalam merawat buah ini, kamu akan mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Ini kan? Buah dengan bentuk bulat atau lonjong ini sangat digemari oleh masyarakat. Selain memiliki rasa yang manis, semangka juga memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga bila kamu mengonsumsinya bisa menghilangkan rasa dahaga. Oleh karena itu banyak yang menggunakan buah ini sebagai hidangan untuk buka puasa.

Langkah-langkah Menanam Semangka

    • 1.1 Syarat Tumbuh Tanaman Semangka
    • 1.2 Pengolahan Lahan Tanam
    • 1.3 Persiapan Benih Semangka
    • 1.4 Cara Menanam Semangka
    • 1.5 Pemeliharaan Tanaman Semangka
    • 1.6 Panen Semangka

Cara Menanam Semangka

Tingginya permintaan pasar akan buah semangka sehingga peluang mendapatkan penghasilan dari budidaya buah ini sangat besar.

Tetapi untuk mendapatkan hasil maksimal dari budidaya tanaman ini kamu tentu harus mengetahui cara menanam semangka dengan baik dan benar. Oleh karena itu agar budidaya semangka yang kamu jalan bisa sukses kamu bisa mengikuti langkah-langkah menanam buah semangka di bawah ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Semangka

Tanaman semangka sangat cocok untuk lingkungan yang memiliki curah hujan sekitar 40 sampai 50 mm setiap bulannya. Selain itu buah semangka akan berkembang dengan baik bila ditanam di daerah dengan suhu sekitar 25 derajat celsius ketika siang hari. Selain itu daerah yang cocok untuk budidaya semangka adalah daerah yang kering dan cenderung miskin dengan uap air.

Oleh karena itu memilih daerah yang memenuhi kriteria di atas akan membantu kamu dalam memaksimalkan hasil budidaya tanaman semangka.Tanaman semangka cocok ditanam pada lahan yang tidak ada naungannya atau lahan terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung.

Karena kurangnya tanaman semangka akan berpengaruh terhadap perkembangan tanaman semangka. Selain itu kurangnya su7ply sinar matahari akan membuat proses pemanenan terhambat karena semangka membutuhkan waktu yang lama untuk matang sempurna.

Sedangkan kondisi tanah atau lahan tanaman semangka cocok untuk daerah yang gembur memiliki unsur hara yang tinggi. pH tanah tanaman semangka cocok pada kisaran 6 sampai 6,7. Jika kondisi tanah belum memenuhi kriteria tersebut sebaiknya dilakukan proses pengapuran sampai pH tanah sesuai.

Pengolahan Lahan Tanam

cara menanam semangka

Sebelum memindahkan bibit semangka pada lahan tanam terlebih dahulu dilakukan pembersihan media tanam. Usahakan agar lahan yang ditanami semangka bebas dari pengganggu seperti tanaman gulma, batu-batuan dan tanaman liar yang lain. Setelah lahan bersih baru buat bedengan supaya air yang ada di dalam tanah bisa mudah untuk dialirkan.

Tanaman semangka tidak terlalu menyukai lahan basah sehingga kamu perlu menjaga lahan agar tetap kering. Berbeda dengan tanaman lain untuk mendapat hasil yang maksimal usahakan kamu menambah unsur hara pada lahan yang akan digunakan untuk menanam.

Kamu bisa menggunakan pupuk organik atau pupuk kandang sebelum dilakukan proses penanaman. Bila kandungan unsur hara pada lahan sudah cukup kamu bisa mulai proses penanaman semangka. Langkah selanjutnya adalah dengan membuat lubang tanam pada bedengan dengan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm sedang untuk ke dalaman lubang tanam sampai 8 sampai 10 cm.

Lubang tanam ini sebaiknya dibuat seminggu sebelum proses penanaman. Agar tanaman bisa tumbuh dengan baik kamu bisa menambahkan pupuk dengan komposisi 4 kg, pupuk DS 28 gr, pupuk ZK 20 gr, serta pupuk ZA 15 gr.

Persiapan Benih Semangka

cara menanam semangka

Untuk menghasilkan tanaman yang bagus, tentu kamu harus menggunakan bibit yang bagus dan jenis bibit semangka yang bagus untuk dibudidayakan adalah dari jenis semangka hibrida impor. Jenis bibit tersebut memiliki dua tipe yakni tripoid dan haploid.

Jenis benis triploid biasanya memiliki ciri cangkang biji semangka cukup keras sehingga perlu di renggangkan karena cangkangnya. Sedangkan untuk jenis benih semangka haploid cukup mudah dibudidayakan karena cangkang bijinya tidak sekeras triploid.

Bila jenis bibit sudah dipilih selanjutnya adalah proses perendaman biji semangka. Setelah biji direnggangkan langsung direndam di dalam air dengan campuran air hangat, hormon tumbuh, bakterisida dan fungsida.

Biji direndam sekitar 30 menit saja kemudian biji tersebut diangkat dan ditiriskan sampai kering. Biji semangka telah siap untuk dicambahkan dan ditanam. Biasa bibit yang sudah disemaikan bisa dipindahkan ke lahan tanam ketika telah berusia sekitar 4 minggu.

Teknik Penanaman

Berikut adalah teknik penanaman tanaman semangka secara benar.

  • Setelah anda mendapatkan bibitnya, maka tinggal anda semai bibit tersebut pada lahan yang sudah disediakan. Agar lebih baik anda dapat menambahkan kandungan unsur hara pada tanah dengan menambahkan pupuk organik dan pupuk kandang. Lalu siramlah bibit tersebut setiap pagi dan sore hari hingga tumbuh tunas baru.
  • Jika pada awalnya anda menyemai bibit tersebut pada polybag, anda dapat memindahkannya ke media tanam di lahan yang sudah disiapkan sebelumnya setelah menginjak usia empat minggu.
  • Buatlah lubang pada lahan atau medai tanam yang telah anda siapkan sebelumnya dengan kedalaman sekitar 8 – 10 cm.
  • Sebelum melakukan penanaman pada media tanam, sebaiknya lubang tanam disiram menggunakan gembor agar lahan siap untuk menerima bibit.
  • Bibit semangka juga harus direndam dalu dengan larutan perangsang tumbuh. Larutan ini sangat berguna agar benih semangkakuat dan  tidak mudah terserang penyakit atau hama tanaman. Proses perendam membutuhkan waktu sekitar 5 – 10 menit.
  • Lalu langkah berikutnya, adalah memisahkan bibit semangka dari polybag ke lahan. Harus berhati-hati dalam melakukan langkah ini agar akar tidak rusak.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

 

Menyehatkan Jantung dan Tulang

Pertama adalah menyehatkan organ jantung dan tulang. Selain buah tomat, buah semangka telah menjadi salah satu buah yang sangat kaya akan kandungan likopen.

Zar likopen adalah sejenis karotenoid, salah satu jenis dari antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat serangan dari radikal bebas.  Lalu kemudian, likopen juga dapat melindungi tubuh dari serangan dan ancaman kolesterol jahat.

Semangka Kaya Likopen Sebagai Antioksidan

Selain buah jeruk dan jambu biji, buah semangka adalah sumber likopen yang sangat luar biasa. Seperti yang sudah dijelaskan, buah semangka kaya akan kandungan likopen. Selain untuk kesehatan organ jantung dan tulang, zat likopen berfungsi sebagai anti oksidan.

Kemampuan dari zat likopen sangat menakjubkan dalam menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh yang rapuh.

Menghindari Dehidrasi dan Kaya Serat

Buah semangka adalah salah satu buah yang mempunyai kandungan air yang sangat tinggi. Jadi tak heran jika buah ini sangat disukai di wilayah dengan iklim tropis dan menjadi buah favorit saat musim panas di negara yang mempunyai 4 musim.

Dikarenakan kandungan airnya yang sangat tinggi, manfaat buah semangka membuat seseorang terhindar dari ancaman dehidrasi, dan rasa dari air semangka tentu jauh lebih enak daripada air mineral biasa. Dan juga, serat yang terkandung dalam semangka akan sangat membantu kamu terhindar dari sembelit.

Mengatasi dan mencegah impoten

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat dari buah semangka sebagai obat kuat alami untuk para pria. Dengan mengonsumsi semangka dapat memberikan efek yang sama dengan obat seperti viagra, dan juga dapat mengobati impoten dan mencegah impoten.

Kelebihan dari buah semangka adalah tidak akan menimbulkan efek samping seperti yang sering terjadi jika seseorang mengonsumsi obat kuat, dikarenakan semangka adalah obat alami dari alam.

Kaya Vitamin dan Nutrisi

Semangka adalah buah yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Didalam 152 gram buah semangka akan bisa dalam mencukupi kebutuhan kandungan vitamin C harian tubuh sebanyak kurang lebih  20,4 persen, dan kebutuhan vitamin A 17,2 persen, potasium 7,8 persen dan magnesium 3,8 persen.

Cara Menanam Semangka

cara menanam semangka

Bila bibit yang disemai sudah berusia sekitar 4 minggu maka saatnya untuk memindahkan tanaman tersebut ke lahan tanam yang telah dipersiapkan sebelumnya. Sebelum bibit dipindahkan ke dalam bedengan sebaiknya lahan disiram air sampai meresap ke dalam tanah agar tanah lebih gembur dan untuk menjaga kelebaban lahan.

Setelah itu baru bibit semangka ditanam pada lubang yang telah dipersiapkan sebelumnya kemudian tutup kebali lubang tersebut dengan tanah tipis sampai ujung pangkal bibit semangka.

Pemeliharaan Tanaman Semangka

Agar semangka dihasilkan memiliki kuantitas dan kualitas yang baik tentu harus dilakukan perawatan rutin setiap harinya. Lakukan penyiraman rutin setiap hari pagi dan sore terutama ketika musim kemarau. Kelembaban lahan tanam harus selalu diperhatikan agar tanaman bisa tumbuh maksimal.

Selain penyiraman rutin perlu juga melakukan penyiangan untuk membersihkan lahan dari tanaman gulma atau rumput penganggu agar tidak mengambil kandungan unsur hara pada lahan tanam. Sehingga kebutuhan tanaman semangka bisa terpenuhi dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi perlu diberikan pupuk dengan jenis dan dosis tertentu.

Untuk menjaga kandungan unsur hara pada tanaman perlu diberikan pupuk NPK atau pupuk kandang yang dipermentasikan. Sebarkan pupuk tersebut pada lahan di sekitar tanaman semangka dengan jara dari lubang tanam lebih dari 10 cm.

Pengendalian Hama

Meskipun semangka termasuk mudah untuk dibudidayakan, tetapi kendala hama dan penyakit pada tanaman semangka cukup menjadi perhatian para pelaku budidaya semangka. Berikut adalah beberapa hama dan penyakit pada tanaman semangka dan bagaimana cara pengendaliannya:

  • Thrips merupakan hama dengan ciri-ciri berukuran tubuh kecil, memiliki ruas-ruas pada badan serta berwarna kuning kehitaman. Thrips biasa menyerang daun, bunga serta buah, yang mengakibatkan bunga mati dan berguguran. Cara pengendelian thrips dapat dilakukan dengan sanitasi pada lahan atau kebun, dan penyeprotan tanaman semangka menggunakan insektisida.
  • Ulat tanah merupakan salah satu hama yang paling sering merusak tanaman semangka, ulat tanah memiliki ciri-ciri warna tubuh kehitaman, panjang tubuh sekitar 2 – 5 cm dan merusak tanaman pada malam hari. Ulat tanah biasanya merusak akar dan tunas baru, sehingga tanaman semangka dengan cepat layu dan mati. Cara pengendalian ulat tanah salah satunya dengan melakukan penyemprotan pestisida sesuai dosis.
  • Layu Fusarium merupakan penyakit pada tanaman semangka penyebab terjadinya layu fusarium, adalah lingkungan yang lembab dan banyaknya tanaman pengganggu atau gulma di sekitar tanaman. Salah satu cara pengendalian layu fusarium dapat dilakukan dengan cara melakukan perendaman benih dengan cairain fungisida sebelum penanaman dan penyemprotan fungisida secara teratur.
  • Busuk Semai merupakan penyakit tanaman yang merusak batang dengan ciri-ciri batang benih berubah menjadi warna cokelat dan tanaman akan cepat mati. Pengendalian yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perendaman bibit semangka sebelum penanaman dengan menggunakan larutan Benlate dan Difolathan.

Setiap kita membudidayakan sesuatu tanaman, entah itu jagung, kedelai, semangka, dan tanaman organik lainnya, tentu kita tidak bisa menghindari sesuatu hal yang disebut dengan hama dan penyakit, kedua hal ini selalu muncul dan kita sebagai seorang pembudidaya harus dapat mengatasi hal ini, jika tidak, kita tidak akan mendapatkan hasil panen yang maksimal. Dibawah ini, kita akan mengetahui dan belajar mengenai hama-hama yang menyerang tanaman semangka.

1. Ulat Tanah

Hama jenis ini menyerang tanaman pada malam hari, sedangkan pada siang harinya bersembunyi di dalam tanah atau di balik mulsa PHP. Ulat tanah menyerang batang tanaman yang masih muda dengan cara memotongnya, sehingga sering dinamakan juga ulat pemotong.

2. Ulat Jengkal

Gejala serangan ulat ini ditandai pada tepi daun muda terdapat bekas gigitan serangga yang makin lama makin makin ke tengah hingga tersisa tulang daunnya. Cara untuk membasmi hama ini adalah dengan melakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif seperti sipermetrin, kartophidroklorida, atau dimehipo dengan dosis yang sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan obat.

3. Lalat Buah

Lalat betina dewasa menyerang tanaman semangka dengan cara memasukan telurnya ke bagian dalam buah, lalu kemudian telur yang ada berubah menjadi larva, larva-larva inilah yang akhirnya akan memakan buah semangka dari dalam sehingga buah akan menjadi busuk.

4. Layu Bakteri

Penyakit ini sangat sering merusak hasil tanaman, Serangannya disebabkan oleh bakteri. Upaya pengendalian yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kadar pH tanah, memusnahkan tanaman yang terkena serangan, melakukan penggiliran tanaman serta penyemprotan secara kimiawi menggunakan bakterisida dari golongan seperti antibiotik dengan bahan aktif kasugamisin, atau oksitetrasiklin dengan dosis sesuai pada kemasan.

5. Layu Fusarium

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit layu fusarium hampir sama dengan gejala layu bakteri, yang membedakan hanyalah dari penyebabnya. Layu fusarium disebabkan oleh serangan cendawan. Untuk upaya pengendalian yang dapat dilakukan antara lain dengan meningkatkan kadar pH tanah, dan memusnahkan tanaman yang terserang.

6. Busuk Phytophora

Penyakit ini menyerang semua bagian tanaman. Batang yang terserang ditandai dengan bercak coklat kehitaman dan kebasah-basahan. Serangan serius menyebabkan tanaman layu. Daun semangka yang terserang seperti tersiram air panas. Buah yang terserang ditandai dengan bercak kebasah-basahan yang menjadi coklat kehitaman dan lunak.

 Membuat Tanaman Semangka

Tanaman semangka membutuhkan perawatan yang optimal agar dapat tumbuh dengan smpurna. Berikut cara pemeliharaan tanaman semangka:

  • Lakukan penyiraman
    Lakukan pemyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari, terutama jika memasuki musim kemarau. Serta kelembaban lahan tanaman harus dijaga dengan baik agar semangka dapat tumbuh dengan maksimal.
  • Lakukan penyiangan
    yaitu proses membersihkan lahan agar terhindar dari serangan gulma ataupun rumput pengganggu agar kandungan unsur hara tidak direbut oleh gulma ataupun tanaman pengganggu, sehingga semangka dapat tumbuh dengan optimal.
  • Lakukan juga penjarangan dan penyulaman
    Penjarangan dilakukan apabila tanaman terlalu lebat, caranya dengan memangkas batang dan daun yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Sedangkan penyulaman dilakukan dengan cara mengganti bibit yang sudah mati atau rusak dengan bibit baru.

Panen Semangka

Usia semangka yang siap dipanen setiap daerahnya berbeda-beda, tergantung pada cuaca suatu daerah. Tapi semangka yang telah siap dipanen biasanya memiliki ciri-ciri daun buah sudah mulai layu, serta bila dipukul berbunyi puk (suara berat).

Semangka bisa dipanen setiap hari, jumlah buah yang dipanen bisa disesuaikan dengan permintaan pasar agar kondisi buah tetap terjaga. Untuk memanennya kamu bisa menggunakan gunting atau pisau untuk memotong bagian tangkai sekitar 3-5 cm dari pangkal buah.

Demikian tadi cara menanam semangka yang baik dan benar, semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

The post Cara Menanam Semangka Yang Segar di Lahan Kalian appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Merawat Tomat Yang Mudah di Sekitar Kalian https://mesinpertanian.id/cara-merawat-tomat/ Mon, 07 Oct 2019 09:33:31 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2485 Pada artikel kali ini, kita akan mengasih tau Cara Merawat Tomat, simak semua langkah-langkah dan ulasan yang ada di artikel ini, supaya tomat yang kalian budidaya-kan, mendapatkan hasil yang melimpah, dan menguntungkan. Tomat (Solanum lycopersicum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tanaman tomat ini sendiri memiliki […]

The post Cara Merawat Tomat Yang Mudah di Sekitar Kalian appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Pada artikel kali ini, kita akan mengasih tau Cara Merawat Tomat, simak semua langkah-langkah dan ulasan yang ada di artikel ini, supaya tomat yang kalian budidaya-kan, mendapatkan hasil yang melimpah, dan menguntungkan.

Tomat (Solanum lycopersicum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru.
Tanaman tomat ini sendiri memiliki siklus hidup yang lumayan singkat dan memiliki tinggi antara 1 sampai 3 meter. Buah tomat sendiri memiliki khasiat antara lain mencegah kanker, karena buah tomat pada warna merahnya banyak mengandung zat Lycopene.

Varietas Tomat

cara merawat tomat

1. Varietas Intan

Potensi hasil mencapai ±25 ton/ha. Buah berbentuk seperti apel, warna buah muda hijau muda, sedangkan warna buah tua jingga sampai merah dengan bobot per buah 50—75 g. Umur berbuah 70—80 hari setelah  semai dan panen seluruhnya 130—140 hari setelah semai. Toleran terhadap penyakit layu bakteri dan peka terhadap busuk daun. Cocok untuk dataran rendah.

2. Varietas Ratna

Potensi hasil mencapai ±20 ton/ha. warna buah muda putih polos dan warna buah tua jingga sampai merah dengan bobot per buah 35—45 g. Umur berbuah 70—80 hari setelah semai dan panen seluruhnya 130—140 hari setelah semai. Cukup tahan terhadap penyakit layu bakteri dan juga peka terhadap penyakit busuk daun. Cocok untuk dataran rendah maupun dataran tinggi.

3. Varietas Berlian

Varietas ini merupakan introduksi dari Taiwan dan berumur genjah. postur tanamannya pendek dan bersifat determinate. Bentuk buah bulat oval dan pada waktu muda berwarna hijau muda, sedangkan waktu masak berwarna merah sampai oranye. Ukuran buah sedang (43 g) serta tumbuh dengan di dataran tinggi atau medium. Potensi hasilnya 11—23 ton/ha.

4. Varietas Taiwan

Varietas ini di introduksi dari Taiwan. Tanaman ini mampu tumbuh tinggi. Ada dua jenis dari varietas ini, yaitu tomat taiwan besar dan tomat taiwan kecil.

Tomat besar dimanfaatkan  sebagai sayur, buah, dan bahan olahan makanan, seperti jus, sambal, dan saos. Sementara itu, tomat taiwan berukuran lebih kecil dan dimanfaatkan sebagai sayur, buah, dan beberapa bahan olahan. Namun, tomat taiwan kecil tidak cocok untuk digunakan sebagai bahan jus.

5. Varietas Mutiara

Varietas ini merupakan hasil persilangan dalam negeri dan berumur genjah. Postur tanaman sedang sampai agak tinggi serta bersifat determinate. Buahnya berbentuk oval dengan permukaan yang licin.

Buah muda berwarna putih kehijauan, sedangkan buah tua berwarna merah dan berukuran besar (75 g). Varietas ini tumbuh dengan baik di dataran rendah dan tinggi serta tahan terhadap layu bakteri dan busuk daun. Potensi hasilnya mencapai 40 ton/ha.

Cara Menanam Tomat dan Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

cara merawat tomat

 Melihat Iklim Tanaman Tomat

Tomat sendiri dapat tumbuh di daerah tropis maupun sub tropis. Jumlah curah hujan yang dikehendaki dan dibutuhkan dalam pelaksanaan budidaya tomat ini ialah sekitar 750-1.250 mm/tahun.

Keadaan tersebut berhubungan erat dengan ketersediaan air tanah bagi tanaman, terutama di daerah yang tidak terdapat irigasi teknis. Curah hujan yang tinggi juga dapat menghambat persarian. Kekurangan asupan sinar matahari dapat menyebabkan tanaman tomat mudah terserang penyakit, baik parasit maupun non parasit.

Sinar matahari berintensitas tinggi akan menghasilkan vitamin C dan karoten (provitamin A) yang lebih tinggi. Penyerapan terhadap unsur hara yang maksimal yang dilakukan oleh tanaman tomat akan dicapai maksimal apabila pencahayaan selama 12-14 jam/hari, sedangkan intensitas cahaya yang dikehendaki adalah 0,25mm, per jam.

Memperhatikan Suhu

Kisaran temperatur yang baik untuk pertumbuhan tanaman tomat ialah antara 20-27 derajat celsius. Jika temperatur berada di suhu yang lebih dari 30 derajat celcius atau kurang dari 10 derajat celsius, maka hal itu akan mengakibatkan terhambatnya pembentukan dari buah tomat.

Untuk negara yang mempunyai empat musim setiap tahunnya, biasanya saat membudidayakan tomat, menggunakan pemanas untuk mengatur suhu udara ketika musim dingin, udara panas dari heater tersebut disalurkan ke dalam green house melalui saluran berbentuk fleksibel berwarna putih.

Kelembaban Lahan

Kelembaban lahan yang cukup baik untuk pertumbuhan tanaman tomat adalah sekitar 25 %. Keadaan seperti ini akan merangsang pertumbuhan untuk tanaman tomat yang masih berusia muda karena, asimilasi karbondioksida menjadi lebih baik melalui stomata yang membuka lebih banyak. Akan tetapi, kelembaban relatif yang tinggi juga dapat merangsang mikro organisme mengganggu tanaman.

Media Tanam

Biasanya, tanaman seperti tomat bisa ditanam di segala jenis media tanah, mulai dari tanah berpasir sampai tanah yang berlempung berpasir yang  sangat subur, gembur, berporus, banyak mengandung bahan organik dan unsur hara, serta mudah untuk merembes-kan air. Tingkat kemasaman tanah (pH) yang sesuai untuk budidaya tomat ialah berkisar 5,0-7,0.

Akar dari tanaman tomat sangat rentan terhadap kekurangan oksigen. Oleh sebab itu, tanaman tomat tidak boleh sampai digenangi oleh air. Dalam pembudidayaan tanaman tomat sendiri, sebaiknya pilih lokasi yang topografi tanahnya datar sehingga tidak perlu dibuat teras-teras dan tanggul.

Cara Mengatur Ketinggian Lahan

Tomat sendiri dapat tumbuh di berbagai bentuk ketinggian lahan, baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah, tergantung dari varietasnya. Tomat yang paling sesuai untuk ditanam di dataran tinggi, adalah seperti varietas Kada, sedangkan untuk varietas yang sangat sesuai ditanam di dataran rendah, adalah varietas Intan, varietas Ratna, varietas LV, dan varietas CLN.

Selain itu juga, ada beberapa varietas tanaman tomat yang sangat cocok ditanam di dataran rendah maupun di dataran tinggi, antara lain varietas tomat GH 2, varietas tomat GH 4, varietas Berlian, dan varietas Mutiara.

Cara Menanam Tomat dan Pengenalan Terhadap Hama Penyakit yang Menyerang Tanaman Tomat

hama merawat tomat

Setiap kita membudidayakan sesuatu tanaman, entah itu jagung, kedelai, tomat, dan tanaman organik lainnya, tentu kita tidak bisa menghindari sesuatu hal yang disebut dengan hama dan penyakit, kedua hal ini selalu muncul dan kita sebagai seorang pembudidaya harus dapat mengatasi hal ini, jika tidak, kita tidak akan mendapatkan hasil panen yang maksimal. Dibawah ini, kita akan mengetahui dan belajar mengenai hama-hama yang menyerang tanaman tomat.

1. Hama Kutu Daun Thrips 

Ciri-ciri dari hama kutu daun thrips adalah memiliki panjang kurang lebih 1 mm dan memiliki warna kehitaman. Hama kutu daun thrips ini menyerang bagian daun pada tanaman tomat.

Hal ini mengakibatkan proses fotosintesis pada tanaman tomat akan terganggu karena proses fotosintesis terganggu atau bahkan bisa terhenti. Hama kutu daun thrips menghisap cairan pada daun tanaman.

Tanda-tanda dari serangan hama kutu daun thrips ini adalah daun tanaman tomat akan berubah warna menjadi putih. Serangan yang sudah sangat parah akan mengakibatkan daun menjadi kering dan lama kelamaan akan mati.

2. Ulat Buah Tomat

Hama ulat buah tomat ini menyerang pada bagian daun, bunga, dan buah tanaman tomat. Ciri-ciri dari hama ulat buah tomat ini adalah memiliki panjang tubuh sekitar 3 cm. Warna dari tubuh ulat ini adalah coklat hingga kehitaman. Tubuh dari ulat buah tomat ini diselubungi oleh bulu-bulu yang cukup halus.

Yang akan terjadi apabila jika ulat buah tomat ini menyerang salah satu bagian tanaman seperti, buah dari tomat adalah munculnya lubang yang mengelilingi buah tomat. Semakin lama buah tomat akan mengalami infeksi dan terjadi busuk lunak.

3. Hama Lalat Buah

Hama ini berukuran sekitar 8 mm dengan warna tubuh hijau kehitaman dan memiliki sayap tranparan. Sedangkan saat belatung muda berwarna putih dan kekuningan jika menjelang dewasa pada daging tomat. Tanaman tomat yang terserang hama lalat buah ini akan mengalami pembusukan dan terdapat belatung di dalamnya.

4. Layu Fusarium

Gejala  dari penyakit layu fusarium pada awal serangan adalah, dapat dilihat dengan adanya, tanaman yang secara tiba-tiba layu dan akan segar kembali pada sore hari dan saat pagi hari lalu akhirnya mati. Penyakit layu fusarium disebabkan oleh cendawan patogen Fusarium oxysporum. Jamur ini pada awalnya menyerang pada bagian akar dan lama kelamaan menyerang ke seluruh bagian tanaman.

5. Penyakit Busuk Buah

Ada dua macam jamur penyebab busuk buah pada tanaman tomat. Yang pertama adalah penyakit busuk buah pada tomat disebabkan oleh jamur jenis Thanatephorus cucumeris. Gejala yang terlihat adalah dengan adanya bercak kecil berwarna coklat pada buah tomat, lalu lama kelamaan membesar dan cekung, kemudian buah menjadi busuk lalu rontok.

Yang kedua adalah disebabkan oleh jmaur jenis Colletotrichum coccodes. Gejalanya adalah terdapat bercak kecil bulat dan berair, yang lama-lama menjadi cekung. Adanya bercak ungu pada pangkal buah dekat tangkai buah.

Cara Menanam Tomat

cara merawat tomatMemilih Bibit Tomat yang Lebuh Baik

Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila lahan berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Cara menanam tomat bisa juga dari biji/benih dan bisa juga melalui bibit. Menanam tomat dari biji (benih) sebaiknya pilihlah benih yang paling berkualitas (produksi tinggi dan tahan terhadap penyakit).

Benih tomat yang terbaik dapat diperoleh di toko-toko pertanian terdekat, dengan bermacam merk yang berbeda dan dari berbagai perusahaan benih yang berbeda pula. Sedangkan untuk bibit tomat dapat diperoleh di tempat-tempat pembibitan tomat yang khusus menjual bibit.

Pengolahan Tanah 

Pengolahan tanah dilakukan untuk menciptakan kondisi fisik, kimia dan biologis tanah menjadi lebih baik, membunuh gulma dan tanaman yang tidak diinginkan, meratakan tanah untuk memudahkan cara menanam tomat, mempersiapkan pengaturan irigasi dan drainase serta untuk menempatkan sisa-sisa tanaman (seresah) pada tempat yang sesuai agar proses dekomposisi berjalan dengan baik.

Pengolahan Tanah dapat dilakukan dengan cara dibajak atau dicangkul dengan kedalaman sebaiknya ±20 cm untuk membuat tekstur tanah lebih gembur dan membunuh pathogen tanah.

Setelah itu taburkan pupuk kandang sebanyak ±20 Ton per hektar atau tambahkan NPK sebanyak 100 g/m² di bedengan dan apabila tanah terlalu asam (<5,5), tambahkan dolomit atau kapur pertanian. Manfaat pengapuran selain menaikan pH tanah juga untuk memperbaiki struktur tanah. Dosisnya harus disesuaikan dengan tingkat pH tanah masing-masing.

Bibit Tomat

Setelah bibit  tanaman tomat tumbuh  dengan tinggi sekitar 10 cm dan berumur kurang lebih 3 minggu, tanaman tomat siap untuk dipindahkan dan ditanam di lahan yang telah disediakan. Kemudian setelah bibit tomat ditanam, siram dengan POC GDM agar tanaman tidak stress dan bisa langsung berkembang dengan baik.

Lalu lakukan proses tanam pada waktu sore hari agar bibit tomat tidak mudah layu. Lakukan pemasangan ajir sedini mungkin dengan jarak 10-20 cm dari batang agar akar tidak rusak.

Penyulaman

Melakukan penyulaman berfungsi untuk mengganti tanaman tomat yang gagal tumbuh, baik sakit atau rebah dikarenakan cuaca. setelah seminggu tomat ditanam. cabut tanaman yang terlihat tidak sehat (kuning/layu) atau mati. Ganti dengan bibit sisa penyemaian. Melakukan penyiangan dalam budidaya tomat biasanya dilakukan kurang lebih 3-4 kali selama musim tanam.

penyiangan

Pada area tanam yang ditutup mulsa penyiangan bisa lebih jarang lagi. ini sendiri bertujuan untuk mengangkat gulma yang ada di area lahan tanam. Pertumbuhan gulma akan menganggu tanaman, karena tanaman harus bersaing dalam mendapatkan nutrisi. Selain itu juga gulma juga mengundang hama dan penyakit yang bisa menyerang tanaman utama.

 Pemotongan

Pada tanaman tomat dilakukan setiap minggu. Melakukan pemangkasan tunas yang tumbuh pada ketiak daun harus segera agar tidak tumbuh menjadi batang, tunas muda bisa dilakukan dengan tangan.

Namun apabila batang sudah terlalu keras, sebaiknya gunakan pisau atau gunting. Untuk bisa mengatur ketinggian dari tanaman tomat, ujung dari tanaman bisa dipotong. Pemotongan ujung tanaman dilakukan setelah terlihat jumlah dompolan buah sekitar 5-7 buah.

Pemupukan Tambahan

Pada budidaya tomat organik, semprotkan pupuk organik cair yang mempunyai kandungan kalium tinggi pada saat tanaman akan berbunga dan berbuah (fase generatif).

Penyemprotan bisa dilakukan setiap minggu. Harus diperhatikan juga, pupuk organik cair harus diencerkan terlebih dahulu, 1 liter pupuk cair dengan 100 liter air. Penting untuk dicatat, konsentrasi pupuk organik cair tidak boleh melebihi 2%.

Kemudian, kita bisa menambahkan pupuk kandang atau kompos setelah cara merawat tomat tanaman berusia kurang lebih 2-3 minggu dengan dosis satu gengaman tangan per tanaman tomat.

Untuk budidaya tomat non-organik, pada usia satu minggu berikan campuran urea dan KCl dengan perbandingan 1:1 sebanyak 1-2 gram per tanaman. Lalu setelah umur 2-3 minggu berikan kembali pupuk urea dan pupuk KCl sebanyak 5 gram per tanaman tomat.

Cara merawat tomat apabila pada umur lebih dari 4 minggu tanaman tomat masih terlihat kurang memiliki gizi, berikanlah pupuk urea dan KCl sebanyak 7 garm per tanaman. Perhatikan, pemberian urea dan KCl jangan sampai mengenai tanaman karena bisa melukai tanaman tersebut. Berikan jarak 5-7 cm dari tanaman.

Melakukan Pemanenan

Tanaman tomat baru bisa dipanen setelah 60-100 hari, tergantung dari varietas yang ditanam. Penentuan waktu panen yang tepat berdasarkan umur tanaman kadang kala tidak harus efektif.

Sebaiknya gunakan pengamatan fisik terhadap tanaman. Buah tomat sudah bisa dikatakan siap panen apabila jika, kulit buah tomat berubah warna dari hijau menjadi kekuning-kuningan, bagian tepi daun yang menguning dan bagian batang mulai mengering.

Pemetikan buah tomat hendaknya dilakukan di pagi atau di sore hari karena, pada siang hari tanaman masih melakukan fotosintesis. Pada keadaan yang demikian penguapan sedang sangat tinggi-tingginya sehingga buah tomat yang dipetik akan cepat layu. Pemanenan tomat bisa dilakukan setiap 2-3 hari sekali.

Di Indonesia sendiri produktivitas tanaman tomat secara rata-rata mencapai 15,84 ton per hektar. Namun untuk varietas tertentu dan didaerah-daerah tertentu bisa mencapai 25-30 ton per hektar.

Itulah yang saya mengerti tentang cara merawat tomat kalau ada yang kurang ya maaf sekian dan terimakasih..

The post Cara Merawat Tomat Yang Mudah di Sekitar Kalian appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Budidaya Kacang Tanah Yang Benar Dan Caranya Sederhana https://mesinpertanian.id/cara-budidaya-kacang-tanah/ Fri, 04 Oct 2019 07:46:31 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2381 kali ini saya akan membuat artikel tentang Cara budidaya kacang tanah merupakan tanaman jenis polong-polongan atau legum dari keluarga suku Fabaceae yang cara menanam kacang tanah ini sangat mudah. Tumbuhan ini merupakan menjadi jenis kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai yang ada di Indonesia.Kacang ini sendiri berasal dari benua Amerika yang dapat tumbuh secara perdu setinggi kurang […]

The post Cara Budidaya Kacang Tanah Yang Benar Dan Caranya Sederhana appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
kali ini saya akan membuat artikel tentang Cara budidaya kacang tanah merupakan tanaman jenis polong-polongan atau legum dari keluarga suku Fabaceae yang cara menanam kacang tanah ini sangat mudah.

Tumbuhan ini merupakan menjadi jenis kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai yang ada di Indonesia.Kacang ini sendiri berasal dari benua Amerika yang dapat tumbuh secara perdu setinggi kurang lebih 30 hingga 50 cm dengan bentuk daun kecil yang tersusun secara majemuk.

Tanaman jenis ini merupakan salah satu di antara dua jenis tanaman budidaya selain kacang bogor, Voandziea subterranea yang buahnya dapat mengalami pemasakan di bawah permukaan tanah. Apabila umur dari buah yang masih muda terkena cahaya, proses dalam pematangan biji dapat terganggu.

Cara Menanam Kacang Tanah

cara tanam kacang tanah

Lahan Yang Digunakan Untuk Cara Menanam Kacang Tanah

Untuk menerapkan cara menanam kacang tanah yang paling cocok adalah menanam tanaman di wilayah yang memiliki ketinggian antara 50 hingga 500 meter di atas permukaan laut.Dengan kata lain tanaman kacang tanah ini sangatlah cocok apabila ditanam di daerah dataran rendah yang memiliki suhu yang tinggi. oleh sebab itu, tanaman ini lebih cocok ditanam pada saat musim kemarau dibandingkan ditanam pada musim penghujan.

Namun, hal tersebut tidaklah menutup kemungkinan apabila tanaman kacang tanah ini tidak bisa ditanam diwilayah yang memiliki ketinggian hingga 1500 meter di atas permukaan laut.

Tapi, pada umumnya petani di Indonesia lebih memilih daerah dataran rendah untuk menerapkan cara menanam kacang tanah ini karena suhu yang stabil dan cocok untuk kelangsungan pertumbuhan dan perkembangannya.

Tidak hanya dari itu, tanaman kacang tanah ini sangat memerlukan sinar matahari secara penuh dalam membantu proses pertumbuhan dan perkembangannya agar ia dapat tumbuh dan berkembang secara baik dan sempurna juga berkualitas.

Dengan adanya sinar matahari dengan penuh, maka diharapkan tanaman kacang tanah ini dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik dan menghasilkan prouksi secara maksimal.

Iklim

Selain Anda harus memperhatikan lahan untuk sebagai media cara menanam kacang tanah, Anda juga perlu memperhatikan iklim dan cuaca pada saat menanam kacang tanah.Karena iklim dan cuaca juga sangatlah berpengaruh penting dalam pertumbuhan dan perkembangan kacang tanah yang Anda tanam sehingga menghasilkan hasil panen yang berkualitas dan memuaskan.

Perlu Anda ketahui, bahwa tanaman kacang tanah ini sangat cocok ditanam dengan iklim yang memiliki intensitas sedang alias tidak terlalu rendah, dan juga tidak terlalu tinggi.Jadi, tanaman kacang tanah sangat tidak cocok apabila ditanam dengan iklim yang ekstrim. Dengan kata lain, tanaman kacang tanah sangatlah cocok ditanam dengan daerah yang beriklim tropis.

Oleh sebaab itu kenapa negeri kita yang memiliki iklim tropis ini sangatlah cocok apabila digunakan sebagai penerapan cara menanam kacang tanah dibanding sayuran palawija lainnya.

Curah Hujan

Tak hanya pada faktor suhunya, bahkan curah hujan pun juga harus Anda perhitungan dalam cara menanam kacang tanah agar nantinya kacang tanah yang Anda tanam dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan maksimal.

Dengan adanya curah hujan yang sangat tinggi, maka tanaman kacang tanah yang Anda tanam akan sulit untuk melakukan penyerbukan. Sehingga hal tersebut dapat menghambat proses perkembangbiakan dari tanaman kacang Anda.

 pemilihan benih

cara budidaya kacang tanah

Benih yang baik akan menentukan hasil produksi dari kacang tanah, oleh karena itu pemilihan benih yang baik sangat di sarankan. Pertama, pilih benih kurang lebih berusia 100 hari atau sudah tua berwarna kehitaman. Saat benih di buka tidak ada selaput pada bagian dalam cangkangnya, lalu jemur selama 4-5 hari. Untuk kualitas yang lebih baik, maka lakukan penyimpanan benih selama 3-6 bulan, setelah itu benih siap untuk ditanam.

Kelembaban

Selain dapat menghambat penyerbukan dan perkembangbiakan pada kacang tanah, curah hujan yang tinggi juga dapat menyebabkan penghambatan pengakaran yang bisa saja terjadi pada tanaman kacang tanah.Dengan demikian, kacang tanah tersebut akan susah dalam mengambil air dari dalam tanah.

Apalagi pada saat Anda menanam kacang tanah di daerah yang kondisinya terlalu lembab.Hal ini tentu akan mempersulit dalam proses pertumbuhannya karena proses pengakaran pada tanaman kacang tanah akan terhambat.Sebenarnya yang dapat membuat kacang tanah tersebut terhambat adalah pertumbuhan dan perkembangannya bukan karena kelembaban dari tanah.

Melainkan dari jamur dan berbagai penyakit yang bisa saja menyerang tanaman, jamur dan berbagai penyakit tersebut dapat muncul karena adanya udara yang terlalu lembab di daerah tersebut.

Keadaan Tanah

Didalam cara menanam kacang tanah, Anda juga perlu memperhatikan kondisi tanah yang akan Anda gunakan sebagai media tanam pada kacang tanah kita.Jangan sampai Anda menggunakan tanah yang kurang cocok dan malah membuat tanaman kacang tanah Anda tidak dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kondisi tanah yang akan Anda gunakan sebagai media untuk cara menanam kacang tanah. Tanah yang sangat baik sebagai media atau cara menanam kacang tanah adalah tanah yang gembur.Tanah yang gembur ini merupakan tanah yang sangat baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman kacang tanah.

Hal ini disebabkan karena adanya unsur hara yang terkandung di antaranya adalah Pospat, Kalium, dan Nitrogen yang cukup.Sehingga kebutuhan nutrisi pada tanaman kacang tanah pun akan terpenuhi dari beberapa unsur hara didalam tanah tersebut.

Tingkat Keasaman

Adanya tekstur tanah yang gembur, dapat membuat tanaman kacang tanah yang Anda tanam akan dapat berkembang dengan baik dan tumbuh memanjang ke dalam tanah dengan leluasa. Selain itu, tanaman kacang tanah sangatlah cocok dengan tanah yang memiliki tingkat keasaman tanah sekitar 5 sampai 6,3 pH.

Unsur Ca

Apabila Anda menginginkan hasil secara maksimal dari budidaya kacang tanah ini sebenarnya cukup mudah. Cukup berikan unsur Ca pada tanah yang akan Anda gunakan sebagai media tanam kacang tanah.

Dengan Anda mensupply unsur Ca pada tanah yang akan Anda gunakan sebagai media cara tanam kacang tanah, akan membuat tanaman kacang tanah Anda dapat berbuah dengan maksimal dan baik. Hal ini dikarenakan unsur Ca dapat membantu proses produktivitas tanaman kacang tanah.

Dolomit Dan Kapur

Selain dari unsur Ca, Anda juga bisa memberinya dengan dolomit atau kapur pada tanah yang akan Anda gunakan. Namun, sebenarnya dolomit hanya dapat Anda gunakan ketika kondisi tanah tersebut memiliki tingkat keasaman yang tinggi alias kadar pH yang terlalu tinggi sehingga membuat tanaman kacang tanah ini dapat terhambat pertumbuhannya.

Nah, sedangkan kapur, bisa Anda gunakan apabila kondisi tanah yang anda gunakan memiliki kelembaban yang terlalu tinggi atau tanah yang terlalu basah. Dari kedua unsur tersebut dapat menetralkan dan menyesuaikan kondisi pada tanah yang sesuai dengan tanaman kacang tanah.

Unsur

Unsur lain yang bisa membantu pertumbuhahn dan perkembangan pada tanaman kacang tanah adalah unsur N. Memang kalau tanaman kacang tanah ini mempunyai bintil akar yang dimana bintil tersebut dapat digunakan sebagai tempat atau sarang para bakteri Rhizobium berkembang, yang mana bakteri-bakteri tersebut akan menghasilkan unsur N.

Maka dari itu dalam mengoptimalkan pertumbuhan tanaman kacang tanah, Anda juga memerlukan yang namanya unsur N ini. Sebenarnya, unsur N ini sangatlah dibutuhkan pada saat awal tahap menanam kacang tanah.

Jadi, ketika Anda akan menanam kacang tanah, sebaiknya Anda juga harus menyiapkan atau tambahan unsur N pada media tanam kacang tanah.

Apabila Anda sudah menambahkan unsur N pada media tanam kacang tanah ini, Anda bisa mengoptimalkan pertumbuhan kacang tanah ini hingga 85% lebih cepat dibandingkan tidak menambahkan unsur N sama sekali.

 Pengolahan Tanah Secara Organik

Didalam cara menanam kacang tanah, tidak ada salahnya apabila Anda mengelola tanah sebagai media tanam kacang tanah ini secara organik.

Dengan menggunakan cara organik, Anda dapat mendapatkan kacang tanah yang berkualitas organik dan akan lebih terlihat alami tanpa adanya bahan-bahan lain.

Berikut ini adalah cara serta tahapan dalam proses pengelolahan tanah secara organik:

  • Lakukan penggemburan tanah,
  • Taburkan kapur atau dolomit pada lahan atau tanah yang Anda gunakan,
  • Lakukan pemupukan awal yang dicampuri ke tanah,
  • Buatlah bedengan apabila tanah yang akan anda gunakan rawan akan adanya genangan air,
  • Penaburan benih dapat Anda lakukan dengan jarak 25 x 25 cm, dan
  • Lakukan penyiraman tanaman kacang tanah secara berkala.

Menaburkan Kapur atau Dolomit

cara budidaya kacang tanah

Setelah tanah untuk penanaman sudah tampak gembur, selanjutnya Anda bisa melakukan penaburan dolomite atau kapur pada tanah sebagai media tanam kacang tanah Anda.

Ingat apabila tingkat keasaman tanah tinggi, maka Anda bisa menaburkan kapur, dan apabila tanah terasa kelembabannya terlalu tinggi, maka Anda bisa menaburkan dolomit pada media tanah tersebut.

Dosis atau takaran untuk kapur atau dolomit, perhektar tanah dapat ditaburi sebanyak 2 ton.

Pemberantasan hama dan penyakit

Hama dan penyakit pada taman sering di jumpai pada berbagai tanaman, tak terkecuali kacang tanah. Hama seperti uret, ulat penggulung daun, dan ulat jengkrak, sering mengganggu tanaman ini. cara menanggulanginya dengan cara pergiliran tanaman , atau bisa dengan melakukan penyiangan secara insentif dan pembersihan gulma dengan rutin.

Sedangkan penyakit pada kacang tanah seperti layu, bercak, gapong, dan sclerotium bisa di atasi dengan cara melakukan sanitasi lingkungan , cabut tanaman yang berpenyakit agar tidak mengganggu tanaman lainnya. Dan pilih varietas yang tahan terhadap penyakit.

 Membuat Bedengan

Dalam cara menanam kacang tanah, Anda bisa menggunakan bedengan dan apabila Anda tidak menggunakannya pun juga tidak jadi masalah.

Karena pada dasarnya bedungan merupakan alat yang digunakan untuk mengantisipasi adanya genangan air yang berlebih. Jadi, Anda dapat tidak menggunakan bedengan apabila tanah dirasa tidak rawan akan genangan air.

Genangan air secara berlebihan dapat menghambat dari pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang tanah itu sendiri dan membuatnya memiliki buah yang kurang berkualitas. Apalagi tanaman kacang tanah sangatlah membutuhkan kondisi tanah yang basah agar dapat berkembang secara maksimal.

 Penyiraman

Dan apabila benih sudah Anda taburi semuanya, jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara rutin disetiap harinya. Penyiraman yang cocok untuk tanaman kacang tanah adalah pada saat pagi dan sore hari. karena pada waktu itulah sinar matahari tidak ada kontak langsung dengan tanaman.

Selain dari itu sinar matahari yang cukup sangat baik untuk pertumbuhan tanaman kacang tanah di masa penyiraman. pada umumnya tanaman kacang tanah akan mulai berkecambah atau tumbuh setelah berumur 4 sampai 7 hari setelah proses penanaman.

 Menggemburkan Tanah

Gemburkan lahan atau tanah sebagai media cara menanam kacang tanah terlebih dahulu agar kacang tanah dapat dibudidaya dengan kualitas yang unggul dan maksimal. Didalam upaya penggemburan tanah anda juga bisa menggunakan alat bantu berupa cangkul.

Selain menggunakan teknik mencangkul anda pun juga bisa menggunakan teknik membajak. Usahakan didalam teknik membajak atau menggemburkan tanah butiran tanah yang akan Anda gemburkan sampai menjadi lebih halus strukturnya.

 Pemupukan Awal

Didalam proses pemupukan awal anda juga bisa menggunakan pupuk kandang atau kompos.Pupuk yang cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang tanah adalah pupuk yang sudah matang. usahakan untuk dapat mendapatkan pupuk matang yang benar-benar murni.

Jadi carilah pupuk kandang atau pupuk kompos yang sudah matang di toko pertanian.Anda juga bisa dengan menambahkan dengan pupuk kandang yang telah terbuat dari kotoran hewan-hewan ternak seperti ayam, sapi, dan kambing.

Sebenarnya, Anda juga bisa memilih dari salah satu dari ketiga pupuk tersebut bahkan juga Anda juga dapat mencampurkan-nya dari ketiga pupuk tersebut yang masih mentah. Campuran pupuk-pupuk tersebut ke dalam tanah yang sudah Anda siapkan sebelumnya sebagai media untuk cara menanam kacang tanah.

 Penunggakan

Didalam upaya penerapan cara menanam kacang tanah, Anda juga  bisa menggunakan sistem penunggakan tanaman dengan ketentuan jarak antara 25 x 25 cm. anda bisa menaburi atau memberikan satu benih kacang tanah pada setiap lubang-nya. Jadi, apabila diperhitungkan, bahwa lahan yang luasnya 1 hektar, akan membutuhkan benih sebanyak kurang lebih 50 kg benih.

Pemanfaatan

cara menanam kacang tanah

Tanaman cara budidaya Kacang tanah bisa anda manfaatkan sebagai pakan ternak sedangkan bijinya bisa Anda manfaatkan sebagai sumber protein nabati minyak dan lain-lain. sebagai tanaman untuk budidaya, kacang tanah biasanya dipanen pada bijinya yang kaya akan protein dan lemak.

Biji dari kacang tanah ini dapat dimakan mentah, direbus , digoreng, atau bisa juga disangrai.di Amerika Serikat, biji kacang tanah biasa diproses menjadi semacam selai dan merupakan industri pangan yang cukup menguntungkan.produksi dari minyak kacang tanah dapat mencapai sekitar 10% pasaran minyak masak dunia pada tahun 2003 yang lalu menurut FAO.

Selain biasa dipanen biji atau polongnya, kacang tanah juga dapat dipanen hijauannya yang berupa batang dan daunnya sebagai makanan ternak atau digunakan untuk pupuk hijau.kacang tanah juga dikatakan juga mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah dari ancaman berbagai penyakit.

Dalam mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali dalam seminggu dilaporkan dapat mencegah serangan penyakit jantung.Kacang tanah dapat bekerja untuk meningkatkan kemampuan pompa jantung dan dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

 Panen

Kacang tanah sudah bisa Anda panen apabila kacang tanah Anda sudah mencapai usia sekitrar 90 hari setelah proses penanaman. Berikut ciri-ciri dari kacang tanah yang sudah siap untuk Anda panen.

  • Kacang tanah yang akan dipanen sudah mulai terasa keras atau mengeras.
  • Daun dari tanaman sudah mulai berwarna kuning dan mulai berguguran.
  • Anda juga bisa mengecek kacang tanah dengan mengambil secara acak, jika kacang tanah telah terisi penuh, maka kacang tanah siap untuk Anda panen.

Sekian dan terimakasih kunjungannya tentang artikel cara budidaya kacang tanah ini.

The post Cara Budidaya Kacang Tanah Yang Benar Dan Caranya Sederhana appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Mesin Pengering Jagung Tercanggih https://mesinpertanian.id/mesin-pengering-jagung/ Mon, 30 Sep 2019 06:58:48 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2317 Secara garis besar ada dua jenis mesin pengering jagung utama. Salah satunya adalah pengering jagung aliran yang konkuren/bersamaan/sejalan, sedangkan jenis yang lain adalah pengering jagung dengan aliran campuran. Menurut garis lintang yang berbeda, pengguna harus memilih pengering jagung yang berbeda. Sebagai contoh, pengering aliran campuran cocok untuk biji-bijian kering dan tanaman penghasil minyak dengan lebih […]

The post Mesin Pengering Jagung Tercanggih appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Secara garis besar ada dua jenis mesin pengering jagung utama. Salah satunya adalah pengering jagung aliran yang konkuren/bersamaan/sejalan, sedangkan jenis yang lain adalah pengering jagung dengan aliran campuran.

Menurut garis lintang yang berbeda, pengguna harus memilih pengering jagung yang berbeda. Sebagai contoh, pengering aliran campuran cocok untuk biji-bijian kering dan tanaman penghasil minyak dengan lebih sedikit uap air di zona tropis.

Mengenal Mesin Pengering Jagung

Ruang lingkup pada aplikasi terhadap Jagung, prinsip kerja bagian penting pertama dari pengering jagung adalah tanur pemanas. Jenisnya seperti pengering dengan tungku pembakaran batu bara, tungku pembakaran bahan bakar, tungku pembakaran gas alam, dan pengering dengan tungku pembakaran bio-fuel.

Fungsi utama dari tungku ini adalah untuk pengering dengan udara panas sebagai media pengeringan.Dalam seluruh proses pengeringan biji-bijian mentah, pertama-tama akan mengisi wadah pengeringan dengan bijian, kemudian ledakan panas yang dihasilkan oleh tungku akan melalui intake udara dan memasuki bagian dalam mesin.

Mesin Pengering jagung antara lain ada yang menggunakan teknologi proses pengeringan suhu tinggi dan pengeringan suhu rendah multi-level segmen, yakni proses sebelum pengeringan terlebih dahulu jagung masuk ke bagian pendinginan dalam suhu penyimpanan untuk kemudian dilakukan sortasi guna memastikan kualitas jagung yang homogen, sehingga dalam pengeringan akan menghemat energi dan membuat tingkat kerusakan jagung menjadi minimal, yakni 3% atau kurang.

Model dan Proses Mesin Pengeringan Jagung

Jika ditilik dari kapasitas kinerjanya, maka ada beberapa model corn dryer yang mampu menghasilkan produk bijian kering dari 100 ton per hari hingga model pengering yang mampu berproduksi 1.000 ton per hari.

Saat mengeringkan biji jagung, penting untuk diingat bahwa retakan dan patahan pada jagung dapat menyebabkan banyak masalah, baik dalam penyimpanan maupun pemrosesan.Masalah utama yang terjadi dari pengeringan suhu tinggi dan kemudian pendinginan yang cepat dari butir jagung adalah stresscracking. Stres-retak adalah ketika patahan terjadi di endosperm jagung.

Kernel (inti bijian) yang retak-retak sering menyerap air terlalu cepat, sehingga lebih cenderung menjadi rusak dan semakin rentan terhadap kerusakan akibat serangan serangga dan jamur selama penyimpanan kering.

Prototipe Mobile Corn Dryer

Pada kasus Mesin Pengering Jagung yang dikembangkan atas kerjasama Kementrian Pertanian (Kementan) dengan PT Charoen Phokphan Indonesia (CPI) berupa prototipe Mobile Corn Dryer menjadi tambahan inovasi pada mesin pengering jagung yang memiliki kemampuan mobilitas yang tinggi, karena dapat beroperasi langsung jemput bola di tempat lahan produksi pertanian.

Pada klausal kerjasama itu diinformasikan, bahwa unit Mobile Corn Dryer tersebut menjadi hak penuh Kementan dalam memodifikasi dan memperbanyak unit yang nantinya berkonsentrasi di sentra-sentra jagung seluruh Indonesia secara mobile.

Tugas CPI adalah membantu menyerap hasil panen jika ada kelebihan jagung petani, sehingga dapat menepis kekhawatiran akan kualitas jagung yang buruk dan gagal saat pasca panen, serta tidak terserap.

Pengertian Jagung

Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak.

Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

Diagram Tanaman Jagung

Jagung merupakan tanaman model yang menari khususnya di bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini menjadi objek penelitian genetika yang intensif, dan membantu terbentuknya teknologi kultivar hibrida yang revolusioner.

Dari sisi fisiologi, tanaman ini tergolong tanaman C4 sehingga sangat efisien memanfaatkan sinar matahari. Dalam kajian agronomi, tanggapan jagung yang dramatis dan khas terhadap kekurangan atau keracunan unsur-unsur hara penting menjadikan jagung sebagai tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang disukai.

Mungkin kebanyakan orang Indonesia hanya mengenal 3 jenis Jagung yakni jagung manis, biasa, dan putren. Namun bila dikaji lebih dalam, ternyata jagung memiliki beragam jenis yang berasal dari beberapa negara. Berikut adalah ulasannya :

1.    Jagung Gigi Kuda (Dent Corn)

Memiliki ciri khas berupa lekukan di bagian tengah atau bagian atas biji. Bijinya berukuran besar yang terbagi dalam beberapa baris dan berwarna kuning, putih atau kadang-kadang berwarna lain, dan cocok dibuat menjadi tepung jagung.

Di Indonesia jenis jagung gigi kuda jarang ditanam karena tidak tahan terhadap hama bubuk. Sedangkan di Amerika, jenis jagung ini sering  dijadikan sebagai makanan ternak.

2.    Jagung Mutiara (Flint Corn)

Jenis jagung ini memiliki bentuk biji yang agak bulat dan ukurannya lebih kecil dari pada biji jagung gigi kuda. Warna biji bervariasi, yakni berwarna putih, kuning, dan ada juga yang merah. Jagung mutiara paling banyak ditanam di dunia. Di Amerika Serikat dan Argentina sebagian besar jagung mutiara digunakan untuk keperluan pakan ternak. Di Indonesia jagung ini dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi manusia dan juga pakan ternak.

3.    Jagung Manis (Sweet Corn)

Jagung manis ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuat sirup atau pemanis buatan. Di Indonesia jagung manis mulai banyak ditanam di berbagai daerah dan beberapa tahun terakhir ini menjadi mata dagang eksport ke pasar dunia.

Ciri khas jagung manis adalah biji-biji yang masih muda dan bercahaya berwarna jernih seperti kaca sedangkan biji yang telah masak dan kering akan menjadi berkerut. Jagung manis biasa diolah sebagai masakan seperti campuran Sayur Asem dan Sayur Bayam, Bakwan Jagung hingga Jagung Bakar

4.    Jagung Berondong (Pop Corn)

Ciri jagung berondong adalah bijinya kecil dan hampir seluruh endosperm merupakan bagian yang keras, sehingga jika dipanaskan dapat mengembang 10-30 kali volume asal. Jenis jagung ini dibedakan atas dua tipe yaitu rice popcorn yang bijinya pipih, meruncing, serta pear popcorn yang bijinya bulat. Jagung ini cocok dijadikan aneka makanan kecil.

5.    Jagung Pod (Pod Corn)

Jagung ini pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Ciri khas jagung ini adalah bijinya diselubungi oleh kelobot sehingga biji Pod corn seolah-olah tidak tampak.

6.    Jagung Ketan (Waxy Corn)

Jagung ketan biasanya disebut jagung pulen karena kadar amilo peptinnya tinggi. Bijinya kecil berwarna mengkilap seperti lilin dan zat patinya menyerupai tepung tapioka. Jagung ini berasal dari Asia dan memiliki ekonomis tinggi sebab dapat menggantikan kedudukan tepung tapioka dan bahan pengganti sagu serta cocok untuk bahan pakan ternak.

7.    Jagung Tepung  (Flour Corn)

Jenis jagung ini dikembangkan di Amerika Selatan. Ciri khas jagung tepung adalah hampir seluruh bijinya terdiri atas pati yang menyerupai tepung dan lunak, sehingga apabila terkena panas akan mudah pecah. Jenis jagung ini cocok diolah menjadi tepung maizena.

Sebelum mengetahui cara menanam jagung, anda harus mengetahui varietas jagung. Jagung memiliki beberapa varietas yang bisa ditanam oleh anda. contoh varietas tersebut adalah baby corn, jagung warna warni, jagung manis, jagung hibrida, dan lain – lainnya. Anda harus mengetahui varietas yang dimiliki oleh jagung sehingga anda tidak terlalu kesulitan dalam memilih bibi unggul untuk menghasilkan jagung yang berkualitas.

Demikianlah artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat.

The post Mesin Pengering Jagung Tercanggih appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh https://mesinpertanian.id/manfaat-jahe-merah/ Mon, 30 Sep 2019 04:22:00 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2325 Jahe merah merupakan tanaman yang hampir mirip dengan kunyit, tanaman ini biasanya di jadikan sebagai rempah-rempah yang sudah di kenal di seluruh belahan dunia. manfaat Jahe merah juga memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik itu di konsumsi untuk anak-anak bahkan sampai orang dewasa. Jahe merah memiliki 3 jenis yaitu  jahe emprit yang sangat cocok di […]

The post Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Jahe merah merupakan tanaman yang hampir mirip dengan kunyit, tanaman ini biasanya di jadikan sebagai rempah-rempah yang sudah di kenal di seluruh belahan dunia. manfaat Jahe merah juga memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik itu di konsumsi untuk anak-anak bahkan sampai orang dewasa.
Jahe merah memiliki 3 jenis yaitu  jahe emprit yang sangat cocok di jadikan ramuan obat dan berbagai jenis bumbu dapur untuk berbagai olahan.Manfaat jahe merah sama dengan jahe pada umumnya hanya saja berbeda warna pada jahe ini di dominasi oleh warna merah.
Tanaman ini sangat mudah di temukan di Indonesia baik itu di desa maupun di kota dan tersebar di berbagai daerah misalnya seperti Aceh, Lampung, Jawa tengah, Jawa barat, Gorontalo, Ternate dan masih banyak lagi.
Hal itu dikarenakan Indonesia memiliki tanah yang subur dan gembur. Hal itu membuat banyak orang yang membudidayakan jahe merah ini, hal itu dikarenakan memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia.

Manfaat Jahe Merah dan Tips Mengkonsumsi

manfaat jahe merah

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi mual, batuk, hingga penyakit-penyakit serius lainnya. Namun, tahukah Anda manfaat jahe merah? Tidak seperti jahe pada umumnya, manfaat jahe merah memiliki warna merah karena kandungan antosianin pada kulitnya

Apa Itu Jahe Merah?

Perlu diketahui, nama latin jahe adalah Zingiber officinale. Secara umum, ada tiga jenis jahe yang banyak digunakan di Indonesia, yaitu jahe putih atau jahe emprit, jahe gajah atau jahe putih besar, dan jahe merah.

Jahe putih dan jahe gajah memiliki kandungan zat dan cita rasa pedas yang hampir mirip, yang membedakan adalah ukurannya, dimana jahe gajah memiliki ukuran yang lebih besar. Keduanya umum digunakan sebagai bumbu atau rempah masakan dan minuman.

Sedangkan jahe merah merupakan jenis jahe yang lebih lazim digunakan sebagai bahan baku obat-obatan.

Perbedaan Mendasar Jahe Merah Dengan Jahe Lainnya

Salah satu keunggulan yang ada pada jahe merah dibanding jenis jahe lainnya adalah:

  • Mempunyai rasa pedas yang dihasilkan dari zat keton zingeron yang lebih banyak dari jahe putih atau jahe gajah.
  • Memiliki kandungan serat yang lebih kecil, mirip jahe putih, ketimbang jahe gajah.
  • Mengandung minyak atsiri dengan kandungan paling besar, yaitu hampir 4% dari total berat kering.

Dengan keunggulan tersebut jahe merah lebih banyak memiliki kandungan zat dan fitonutrien ketimbang dua jenis jahe lainnya. Tak heran manfaat jahe merah banyak diolah menjadi bahan baku minyak jahe dan obat.

Kegunaan Jahe Untuk Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan zat gizi, fitonutrien dan minyak atsiri yang ada pada jahe merah lebih unggul ketimbang dua jenis jahe lainnya.

Secara otomatis, tentu hal tersebut membuat fungsi dasar yang sudah ada pada jahe, yaitu kandungan antioksidan, antiemetik, hingga antibakteri dan peradangan, lebih maksimal kadarnya pada jahe merah.

Berdasarkan sebuah studi, berikut manfaat jahe merah yang bisa didapatkan tubuh, antara lain:

  1. Memiliki efek laksatif atau pencahar yang baik untuk pencernaan
  2. Mengurangi gejala demam dan flu.
  3. Memiliki sifat antiemetik yang kuat, yaitu efektif mengurangi rasa mual, muntah dan mengatasi mabuk perjalanan.
  4. Menyembuhkan gejala rematik dan sakit pinggang.
  5. Mengurangi radang pada tenggorokan dan bisa menjadi pelega tenggorokan.
  6. Mulai diteliti manfaat jahe merah untuk mendukung optimalisasi fungsi paru-paru.
  7. Mengatasi hipertensi dan penyakit kardiovaskular.
  8. Mencegah penyakit degeneratif pada saraf dan otak.
  9. Mengatasi pusing yang disertai mual.

Lantas Bagaimana Sebaiknya Mengkonsumsi Jahe Merah Agar Manfaatnya Maksimal?

Mirip dengan jahe biasa, Anda bisa mengkonsumsi jahe merah seperti cara-cara pada umumnya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat akan mengkonsumsi jahe merah

  • Menyimpan jahe merah muda secara langsung.
  • Mengkonsumsi jahe merah segar yang dihaluskan untuk bumbu masakan maupun bahan utama minuman rempah alami.
  • Memilih jahe merah kering atau bubuk yang telah untuk diseduh atau dibuat campuran minuman.
  • Mengkonsumsi minyak jahe merah, dengan takaran dan cara penggunaan yang tepat.
  • Hindari menambahkan banyak gula atau pemanis buatan pada minuman jahe karena bisa mengganggu penyerapan zat  yang ada pada jahe.
  • Konsumsi secukupnya, batasi konsumsi jahe paling banyak 1-2 ruas ibu jari atau ½ -1 sendok makanan bubuk jahe merah dalam satu hari.

Menurunkan Berat Badan

Jahe merah mampu menurunkan berat badan, hal itu dikarenakan jahe merah berfungsi melebarkan pembuluh darah dan menjadikan sebagai panas tubuh sehingga menimbulkan keringat pada tubuh, dari situlah berat badan juga akan berkurang.

Menjaga Kondisi Jantung

Ternyata jahe merah juga mampu menjaga kondisi jantung hal itu dikarenakan tubuh manusia banyak sekali mengandung trigliserida dan kolesterol yang tinggi maka dari itu kandungan yang ada pada jahe merah mampu menurunkan kolesterol dan  menyebabkan penyakit jantung.

Menangkal Mabuk Perjalanan

Nah ini sangat cocok bagi Anda yang sering bepergian tetapi mabuk ketika naik mobil atau naik bus dan kendaraan lainnya. Hal itu dikarenakan manfaat jahe merah mampu menghangatkan tubuh dan menghilangkan rasa mual pada perut.

Mencegah Kanker Usus

Manfaat Jahe merah juga telah terbukti mampu mencegah kanker usus, dalam hal ini memang sudah dipercayai oleh orang zaman dahulu hingga sekarang, bahkan fakta kesehatan pun mengatakan demikian. Caranya, cukup dengan mengkonsumsi nya sebagai minuman segar  yang menyehatkan dan ramuan jahe tersebut juga dapat di tambahkan pada makanan.

Mampu Mengobati Sakit Kepala

Bagi Anda yang sedang bekerja seharian bahkan hanya sedikit istirahat tidak menutup kemungkinan akan mengalami stres. Maka dari itu Anda bisa memanfaatkan jahe merah ini sebagai wedang yang hangat sehingga membuat tubuh menjadi lebih fresh dan nyaman serta lelah juga akan hilang.

Mengatasi Gatal Karena Alergi

Gatal yang disebabkan karena alergi sangatlah mengganggu, maka dari itu jahe merah menjadi solusi yang baik untuk mengobati alergi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jahe merah sangatlah cocok untuk berbagai jenis kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa. mampu melawan virus dan bakteri yang akan menyerang sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

Kegunaan Jahe Untuk Kesehatan  Lainnya

manfaat jahe merah

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lainnya dari jahe merah yang bisa Anda manfaatkan seperti di bawah ini:

  • jahe bisa di jadikan sebagai minuman segar yang menyehatkan dan membuat tubuh menjadi lebih hangat.
  • juga mampu menyembuhkan penyakit rematik.
  • juga mampu mengubah sakit gigi yaitu dengan cara jahe di lakukan dan rebus menggunakan air bersih dan tunggu hingga mendidih, setelah itu tunggu hingga dingin dan Anda bisa menggunakannya untuk berkumur.
  • mampu meningkatkan nafsu makan pada anak-anak.
  • Meredakan rasa nyeri pada tulang.

Cara Meminum Jahe

manfaat jahe merah

  • Rasa hangat dari minuman jahe ini dipercaya mampu mencegah penyakit flu dan penghilang rasa dingin. Tapi, sebaiknya minuman jahe tidak diseduh dengan air panas.
  • Agar mendapatkan manfaat maksimal dari minuman ini, sebaiknya minuman jahe ini tidak diseduh dengan air panas.
  • Menurut pakar herbal dr. Abrijanto, jahe yang diseduh dengan air panas yang suhunya mendekati mendidih (100 derajat celcius) akan kehilangan senyawa aktif di dalamnya.
  • Padahal, senyawa aktif itulah yang bermanfaat dari jahe.
  • Namun, masih banyak orang yang mengolah jahe dengan cara merebusnya, lalu diminum saat masih panas.
  • Menurut Abrijanto, dengan cara tersebut, jahe tidak lagi mengandung senyawa aktif.
  • Senyawa aktif di dalam jahe yaitu flavonoid dan saponin menjadi rusak terkena air dengan suhu yang terlalu panas.
  • Flavonoid dan saponin adalah senyawa yang banyak manfaatnya bagi kesehatan.
  • Mereka berperan sebagai senyawa anti-inflamasi, anti-jamur, anti-kanker, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Apa Saja Manfaat Minum Air Jahe Merah?

Meredakan Nyeri Dan Sakit

Gingerol dan fenol, senyawa kimia yang terkandung dalam jahe, bersifat antinyeri yang bisa meredakan rasa sakit. Keduanya berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga.

Sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa pengidap migrain melaporkan bahwa air jahe bekerja lebih baik meredakan gejala migrain jika digunakan sebagai terapi tambahan, dibanding hanya minum obat pereda nyeri saja.

Menghilangkan Mual

Apakah Anda pernah memanfaatkan jahe untuk mengobati gejala mual dan muntah? Khasiat tanaman yang satu ini memang tidak diragukan lagi dalam mengatasi mual, namun ada baiknya jika kita mengenal sedikit riset yang meneguhkan jahe sebagai obat antimual. Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah.

Di Asia termasuk Indonesia, jahe digunakan untuk mengobati sakit perut, mual, dan diare. Sebuah riset yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society of Clinical Oncology, tahun 2009 silam menemukan bahwa jahe dapat mengurangi efek mual pada pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Riset tersebut dibiayai oleh National Cancer Institute, di mana melibatkan 644 pasien, kebanyakan wanita dengan kanker payudara, yang tengah menjalani kemoterapi di 23 praktik onkologi di Amerika Serikat.

Pamor jahe sebagai penghilang mual dan pencegah mabuk laut sudah tidak perlu diragukan lagi. Minum air jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual-muntah, termasuk yang muncul sebagai efek samping pemulihan setelah operasi, kemoterapi, dan kehamilan (morning sickness)

Melawan Peradangan Rematik Dan Osteoarthritis

Rutin minum air jahe dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik.

Ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

Satu penelitian menemukan bahwa jahe dapat mengurangi gejala peradangan yang diakibatkan oleh reaksi alergi.

Kaya Antidioksida Untuk Terangi Risiko Penyakit Kronis

Jahe kering adalah sumber anti oksida tinggi yang berpotensi melindungi Anda dari efek buruk radikal bebas. Tubuh Anda bisa mendapatkan radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, polusi udara dari asap knalpot, bahan kimia industri, serta makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Radikal bebas ditengarai menjadi faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti tumor, kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga gangguan saraf terkait usia (Alzheimer, Parkinson, dan penyakit Huntington). Satu penelitian menemukan bahwa minum air jahe bisa mencegah atau memperlambat gagal ginjal.

Radikal bebas juga menyebabkan penuaan dini.

Mengendalikan Kadar Gula Darah Diabetes

Sudah banyak penelitian yang melaporkan  jahe mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respon insulin pada penderita diabetes.

Nah, sebuah penelitian dari Iran menambahkan bahwa di Iran menemukan bahwa jahe khususnya menurunkan gula darah puasa dan kadar HbA1c dalam darah. Orang-orang pengidap diabetes tipe 2 yang minum suplemen jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang cukup drastis.

Selain itu, sifat antiradang dalam jahe juga dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti retinopati, penyakit jantung, dan stroke. Peneliti melaporkan bahwa manfaat ini akan terasa lebih menguntungkan ketika air jahe dicampur dengan bubuk kayu manis.huh

Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 pria melaporkan bahwa rutin minum air jahe panas setelah sarapan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama daripada hanya makan pagi saja. Studi lain juga menemukan bahwa jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Sebuah artikel di British Journal of Nutrisi melaporkan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak.

Meski begitu, perlu penelitian lebih mendalam dengan jangkauan yang lebih luas guna memastikan manfaat jahe untuk penurunan berat badan.

Cara Membuat Air Jahe Di Rumah


manfaat jahe merah

                                                                     

Untuk mendapatkan manfaat jahe yang optimal, sebaiknya pilih jahe segar.

Cara umum untuk membuat air jahe di rumah adalah sebagai berikut:

  • Parut 1,5 sendok teh jahe segar
  • Rebus 4 gelas air
  • Tambahkan jahe ke dalam air
  • Biarkan jahe meresap selama sekitar 5-10 menit
  • Saring airnya untuk memisahkan parutan jahe
  • Air jahe dapat diminum baik panas maupun dingin.

Bila rasanya terlalu kuat, Anda boleh tambahkan madu atau perasan air lemon.

Hati-Hati Efek Samping Minum Air Jahe

Minum air jahe umumnya aman. Namun ketika dikonsumsi berlebihan, jahe dapat membuat sakit perut, perut kembung terasa panas, hingga mulas dan diare. Anda tak dianjurkan mengkonsumsi lebih dari 4 gram jahe per hari.

Konsumsi jahe dalam bentuk apa pun juga dikhawatirkan menimbulkan interaksi berbahaya jika Anda sedang minum obat pengencer darah. Maka jika Anda adalah salah satunya, konsultasi dulu dengan dokter sebelum minum air jahe.

Begitu juga untuk ibu hamil. Meski minum air jahe tidak membahayakan apalagi meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, Anda sebaiknya tetap konsultasi-kan dulu dengan dokter kandungan Anda sebelum minum air jahe saat hamil.

Sekian dan terimakasih atas kunjungan artikel tentang kesehatan tubuh, atau manfaat jahe merah bagi kesehatan tubuh.

The post Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Budidaya Jagung Manis https://mesinpertanian.id/budidaya-jagung-manis/ Mon, 30 Sep 2019 04:15:47 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2363 Teknik budidaya jagung manis agar menghasilkan panen yang berlimpah adalah dengan melakukan pengolahan lahan, pemilihan benih yang berkualitas, pemeliharaan tanaman, dan pencegahan dari berbagai hama dan penyakit. Artikel kali ini akan membahas tahap-tahap tersebut satu per satu. Namun sebelumnya kita harus mengetahui tentang jagung manis terlebih dahulu. Jagung manis yang disebut Zea Mays Saccharata dalam bahasa […]

The post Budidaya Jagung Manis appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Teknik budidaya jagung manis agar menghasilkan panen yang berlimpah adalah dengan melakukan pengolahan lahan, pemilihan benih yang berkualitas, pemeliharaan tanaman, dan pencegahan dari berbagai hama dan penyakit.

Artikel kali ini akan membahas tahap-tahap tersebut satu per satu. Namun sebelumnya kita harus mengetahui tentang jagung manis terlebih dahulu. Jagung manis yang disebut Zea Mays Saccharata dalam bahasa Latin merupakan salah satu jenis jagung yang diminati oleh masyarakat.

Karena jenis jagung manis ini lebih mudah untuk dikonsumsi dengan direbus atau dibakar saja anda sudah dapat menikmati jagung manis. terlebih lagi jagung manis ini dapat dijadikan salah satu solusi bagi masyarakat yang memiliki gaya hidup dengan mengkonsumsi gula rendah dan kalori.

budidaya Jagung manis

Jagung manis

Tanaman jagung tentunya sudah tidak asing lagi di tengah-tengah masyarakat. cara menanamnya pun cukup mudah bahkan bisa dibilang lebih mudah dibanding budidaya cabai atau tomat. membudidayakan jagung manis organik memiliki banyak keuntungan karena selain jagung manis ini dapat dijadikan sebagai sumber gula rendah kalori,

Ternyata tanaman ini juga memiliki kadar karbohidrat yang cukup tinggi Sehingga jagung manis ini dapat dijadikan sebagai pengganti beras atau gandum sebagai makanan pokok sehari-hari. oleh karena itu jika permintaan masyarakat akan konsumsi jagung manis cukup tinggi.

Pada artikel terdahulu telah dibahas tentang budidaya jagung manis. namun untuk membudidayakan jagung manis tentu langkah-langkah yang diambil tidak sembarangan. perlu beberapa teknik agar hasil budidaya jagung manis dapat berlimpah. Berikut akan dipaparkan kiat sukses budidaya jagung manis untuk hasil panen yang berlimpah.

Langkah-langkah Budidaya Jagung Manis Organik

Organik bukan merupakan tanaman yang sulit untuk pembudidayaan Jagung manis organik ini memiliki tingkat adaptasi yang cukup tinggi yaitu dapat dibudidayakan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi seperti di daerah pegunungan dengan ketinggian 1800 m dpl.

Bahkan jagung manis juga dapat pembudidayaan di dataran tinggi pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 3000 m dpl. Kondisi tanah yang dibutuhkan secara teori yakni memiliki kadar pH sekitar 5-8. perlu dipastikan juga bahwa tanah jagung manis mengandung unsur hara yang cukup yaitu kandungan unsur Kalium, Nitrogen, dan Fosfat yang cukup tinggi.

Pemilihan Benih Jagung Manis

Pada tahap ini, petani jagung harus jeli memilih benih jagung yang akan ditanam. Pemilihan benih jagung ini sangat berpengaruh terhadap hasil yang diperoleh nantinya. benih jagung yang dipilih harus merupakan benih jagung yang sehat tidak mengandung penyakit dan berkualitas.

Jika anda seorang petani jagung pemula anda dapat mencoba memilih benih jagung manis dari petani jagung yang sudah professional dan sudah berpengalaman dalam hal budidaya jagung. teknik menanam sebaik apapun tidak akan berhasil apabila benih yang digunakan cacat dan tidak berkualitas.

Pengolahan Lahan Jagung Manis Organik

Tahap selanjutnya adalah mempersiapkan lahan atau media untuk penanaman benih jagung manis persiapan yang perlu dilakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Lahan di cangkul terlebih dahulu sebelum digunakan, agar tanah menjadi lebih gembur. Setelah dicangkul, diamkan tanah selama kurang lebih 5-7 hari untuk di anginkan.
  2. Bersihkan gulma yang ikut menempel pada tanah.
  3. Jika lahan Anda memiliki kadar asam yang cukup tinggi, yakni kurang dari pH 5, Anda dapat menambahkan kapur dolomit pada tanah sebelum digunakan. Dosis yang diperlukan misalnya untuk dua hektar lahan, penggunaan kapur dolmit kurang lebih satu ton.
  4. Tambahkan pupuk kandang, misalnya Bokashi, untuk meningkatkan kesuburan tanah dan agar tanah mengandung unsur hara seperti Kalium, Nitrogen, dan Fosfat yang cukup.
  5. Bila yang Anda gunakan adalah lahan bekas sawah maka anda dapat langsung menanami benih jagung manis tersebut, dan pastikan Anda membuat drainase dengan baik agar lahan tidak tergenang air atau bisa juga Anda menggunakan sistem bedengan. untuk membantu sistem drainase pada lahan. Bedeng dapat dibuat dengan lebar kurang lebih satu meter, dan panjang antara 20-30 cm.
  6. Buat lubang tanam tugalan dengan kedalaman kurang lebih 5 cm, dan pastikan untuk mengatur jarak antara satu lubang dengan lubang yang lain. Jarak ideal untuk menanam benih jagung manis kurang lebih antara 50-70 cm antar lubang agar tanaman jagung dapat berkembang lebih baik. Secara teori, idealnya untuk satu hektar lahan dapat menghasilkan 34.000-36.000 tanaman.
budidaya jagung manis

Proses Penanaman

Penanaman benih jagung manis sebaiknya dilakukan di awal musim hujan agar memperoleh pengairan yang cukup. Namun, jika anda ingin menanamnya di musim kemarau, pastikan agar pengaturan pengairan dapat berjalan optimal.

Cara penanaman benih jagung manis dapat dilakukan dengan memasukkan 1-2 benih jagung dalam lubang tanam tugalan yang telah dibuat. Kemudian, tutup lubang menggunakan pupuk kompos, misalnya bokashi, dan beri pengairan yang cukup. Idealnya, untuk satu hektar lahan membutuhkan benih jagung manis sekitar 8 kg.

Tahap Pemeliharaan

Setelah benih jagung manis ditanam maka perlu dilakukan tahap pemeliharaan agar benih jagung manis yang telah ditanam berkembang dengan optimal. Tahap pemeliharaan dapat dilakukan dengan proses berikut:

Penyulaman

Tahap penyulaman tanaman ini dapat anda lakukan dengan mengecek langsung bibit jagung yang telah ditanam selama kurang lebih satu minggu untuk memastikan bahwa bibit jagung mengalami pertumbuhan dengan baik. selain itu, Anda juga perlu mengecek jika ada bibit jagung yang tidak dapat tumbuh dengan baik, anda perlu mencabutnya dan segera mengganti dengan bibit jagung manis yang baru agar pertumbuhan jagung lebih segar.

Penyiangan

Pada tahap ini anda dapat melakukan penyiraman tanaman setelah benih jagung berusia dua minggu. Caranya dengan membersihkan tanaman atau rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman jagung. karena gulma yang tumbuh liar dapat mengganggu pertumbuhan benih jagung manis.

Jika Anda ingin menghasilkan jagung manis organik ada baiknya jika pembersihan gula ini dilakukan secara alami menggunakan tangan dan tidak menggunakan pestisida.

Selain membersihkan tanaman yang tumbuh pada tahap ini anda juga dapat melakukan proses pembubuhan, yaitu proses menambahkan gundukan tanah pada bagian batang dan akar jagung agar batang dan akar jagung lebih kokoh. Tahap ini bertujuan agar tanaman jagung tidak mudah roboh. Tahap pembubuhan ini dapat Anda lakukan saat usia tanaman sudah mencapai satu bulan.

Pemupukan

Pemberian pupuk kandang dilakukan bersamaan dengan pengolahan lahan, paling tidak 1 minggu sebelum tanam. Pupuk kandang yang diberikan dapat berupa kotoran unggas yang memiliki kandungan N cukup tinggi, atau pun rumansia. Selain menyediakan bahan organik, pupuk kandang memiliki kemampuan yang baik didalam memperbaiki struktur tanah.

Jagung merupakan tanaman yang menghendaki penyiraman yang tinggi. Oleh karena itu pada jenis tanah-tanah berat dibutuhkan pupuk N sebanyak 110-120 kg ha-1.pupuk N ini diberikan secara bertahap supaya ketersediaan pupuk sepanjang pertumbuhan tetap terjamin.

Pada pemupukan awal saat tanam 1/3 bagian dan setelah tanaman berumur 4-5 minggu 2/3 bagian. Sementara itu, anjuran pemupukan untuk fospor adalah 45-112kg ha-1 dan kalium 60 kg ha-1.pupuk ini diberikan dalam alur antar barisan dengan kedalaman sekitar 5-10 cm supaya tidak mudah menguap. Selain itu jaraknya sekitar 15 cm dari tanaman.

Penyiraman

Tahap penyiraman juga wajib dilakukan untuk menjaga kelembaban tanah dan menghindarkan tanaman dari kekeringan. Proses penyiraman dapat anda lakukan beberapa hari sekali. terutama jika anda melakukan penanaman benih di musim kemarau, maka proses penyiraman merupakan hal yang vital untuk diperhatikan agar tanaman jagung dapat tumbuh dengan maksimal dan tidak kekurangan air.

Pemukiman

Pemukiman merupakan tahap yang penting juga untuk dilakukan selain tahap-tahap di atas. meskipun di awal masa tanam sudah dilakukan penyebaran namun setelah jagung mengalami pertumbuhan pun anda harus tetap memberi asupan pupuk agar tanaman jagung tidak kekurangan unsur hara seperti Nitrogen Kalium dan Fosfat yang dapat diperoleh melalui pupuk. Pupuk yang dapat digunakan misalnya pupuk kandang bokashi. proses pemukiman ini dilakukan setelah jagung berusia dua bulan.

budidaya jagung manis

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit juga perlu dilakukan untuk menghindarkan tanaman jagung Anda dari hama dan penyakit yang dapat menyebabkan pertumbuhan jagung tidak optimal. jika tanaman jagung anda telah ter kontaminasi oleh hama dan penyakit anda perlu melakukan pembasmian hama dengan benar. berikut ini beberapa jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman jagung.

Hama Ulat Tongkol

Hama yang sering menyerang bagian tongkol jagung. Hama ini dapat dicegah dengan melakukan pengolahan dengan lebih baik agar munculnya hama ulat tongkol ini dapat diminimalisir untuk masa tanam berikutnya.

Kutu Daun

Kutu yang menyerang bagian daun jagung dengan mengeluarkan semacam embun pada daun jagung yang menyebabkan daun jagung berubah warna menjadi hitam. cara pembasmian-nya adalah dengan menggunakan musuh alaminya yaitu Coccinella sp Miscraspis sp dan Lysiphlebus mirzai.

Hama Penggerak Batang

Hama berupa larva yang menyerang bagian batang tanaman jagung dengan cara memakan batang jagung. cara pengendaliannya dapat dilakukan dengan melakukan rotasi tanam. atau bisa juga dengan melakukan pemusnahan secara alami dengan memanfaatkan musuhnya yaitu Trichrogamma spp atau Euborellia annulata.

budidaya jagung manis
Hama penggerak akan menggerogoti batang jagung hingga membusuk. tentu saja hal ini akan mempengaruhi kualitas jagung yang nantinya akan dipanen.

Belalang

penyakit yang sering dijumpai di area penanaman atau padang rumput. cara mencegah dapat dilakukan menggunakan musuh alaminya, yaitu burung atau laba-laba.

Tikus

Hama ini umumnya muncul di ladang jagung bekas persawahan. cara pencegahannya adalah dengan melakukan perburuan tikus di sarangnya agar tikus tidak berkembang biak lebih banyak lagi.

Penyakit Bule

Penyakit ini umumnya menyerang daun jagung dan ditandai dengan munculnya garis-garis maupun perubahan warna jagung menjadi kuning. Bahkan jika sudah parah daun jagung dapat berwarna coklat. penyakit ini umumnya muncul karena melakukan penanaman di luar musim. Cara pencegahan-nya adalah dengan melakukan masa tanam yang tepat melakukan rotasi tanaman, serta memilih benih jagung yang tahan terhadap penyakit.

Penyakit Keratan

Penyakit ini muncul dengan ditandai adanya bisul berwarna jingga atau kecokelatan pada permukaan daun. Penyakit keratan dapat berkembang dalam suhu 16-23°C dan kelembaban yang tinggi. cara pencegahan-nya adalah dengan memilih benih jagung manis yang tahan terhadap penyakit rutin melakukan pembersihan lahan serta melakukan perawatan dengan benar.

Masa Panen Jagung Manis Organik

Setelah jagung melewati masa penanaman dan pemeliharaan yang baik, maka jagung dapat dipanen setelah jagung berusia sekitar 65-75 hari. Cara memanen-nya adalah dengan memutar tongkol jagung manis untuk dipisahkan dari tangkainya. Sisa panen jagung ini sebenarnya dapat anda manfaatkan untuk hal-hal lain. misalnya untuk batang jagung dapat anda gunakan sebagai alternatif pakan ternak atau alternatif pengganti kayu bakar untuk memasak.

budidaya jagung manis
Saat tanaman jagung berusia 65 – 75 hari, maka siap untuk dipanen.

Itulah beberapa tahap yang perlu anda lakukan untuk membudidayakan jagung manis secara organik dengan hasil panen yang melimpah. selain itu ternyata dengan mengkonsumsi jagung manis dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan antara lain:

  • Melawan Kanker

Tanaman jagung manis dipercaya memiliki kandungan asam fenolik dan senyawa ferulik yang merupakan zat antikanker, sehingga dapat mencegah munculnya tumor maupun sel kanker payudara dan kanker hati.

  • Sumber Asam Linoleat

Asam linoleat merupakan asam lemak tak jenuh yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan menambah asupan gizi, serta digunakan sebagai transportasi vitamin D dalam tubuh.

  • Mencegah Anemia dan Menjaga Kekebalan Tubuh

Tanaman jagung manis memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah anemia akibat kurangnya konsumsi vitamin B. Selain itu vitamin B juga dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit.

  • Kalium

salah satu mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh dan mineral tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi jagung manis. Kalium berfungsi untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh menjaga keseimbangan mengatasi infeksi saluran kemih mencegah penyakit batu ginjal dan menurunkan kadar asam urat.

  • serat

Jagung manis dikenal sebagai makanan yang mengandung serta cukup tinggi, sehingga dapat membantu kesehatan pencernaan, mencegah wasir, mencegah sembelit dan mencegah resiko kanker usus besar. selain itu serat pada jagung manis ini dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama sehingga jagung manis ini sangat cocok untuk digunakan sebagai makanan bagi orang diet.

  • protein

Dalam 100 gram jagung umumnya terdapat kandungan 9,2 gram protein. protein pada jagung manis ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja sel dalam tubuh membantu pembentukan jaringan otot baru meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

budidaya jagung manis
Gambar keterangan di atas menunjukkan banyaknya senyawa alami yang dikandung dalam jagung manis. inilah yang membuktikan bahwa jagung manis menyimpan se gudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat yang diperoleh dari konsumsi jagung manis sebenarnya masih banyak lagi. Oleh karena itu Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi jagung manis ini. Karena selain dapat menambah pundi-pundi penghasilan jagung ternyata juga memiliki kandungan berbagai vitamin dan mineral yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Sekian dan terimakasih atas kunjungannya tentang artikel budidaya jagung manis ini jangan lupa kunjungi artikel yang lain dari aku yah.

The post Budidaya Jagung Manis appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Pisang Yang segar https://mesinpertanian.id/cara-menanam-pisang-yang-segar/ Thu, 26 Sep 2019 12:32:22 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2223 Cara Menanam Pisang – Jumpa lagi bersama pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya pisang dari awal penanaman hingga proses panen. Pisang adalah tanaman yang masuk keluarga musaceae berdaun lebar, serta semua bagian dari tanaman pisang ini bisa dimanfaatkan baik itu buah, batang serta daunnya. Buah pisang memiliki rasa yang manis dan nikmat, oleh […]

The post Cara Menanam Pisang Yang segar appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Pisang – Jumpa lagi bersama pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya pisang dari awal penanaman hingga proses panen.

Pisang adalah tanaman yang masuk keluarga musaceae berdaun lebar, serta semua bagian dari tanaman pisang ini bisa dimanfaatkan baik itu buah, batang serta daunnya. Buah pisang memiliki rasa yang manis dan nikmat, oleh karena banyak orang suka pengkonsumsi buah satu ini.

Jadi jika anda berniat melakukan budidaya pisang, namun belum paham cara menanam pisang dengan benar dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tahap-tahap menanam pisang dari proses pemilihan lahan, pemilihan bibit, proses penanam proses perawatan hingga proses panen dibawah ini.

cara menanam pisang

Syarat-Syarat Tumbuh Tanaman Pisang 

Sebelum masuk kedalam cara menanam pisang, kami akan menjelaskan syarat atau faktor pendorong tumbuh tanaman pisang berikut ini:

1. Iklim

Lokasi yang beriklim tropis, basah, lembab dan kering adalah pilihan yang paling tempat sehingga tanaman pisang dapat tumbuh serta berbuah secara maksimal. Namun pisang juga bisa tumbuh pada daerah yang beriklim subtropis tetapi proses berbuahnya akan kurang baik.

Selanjutnya jangan memilih daerah yang memiliki angin kumbang karena dapat merusak batang dan daun pisang. sesudah  curah hujan mencapai kisaran 1.500 – 3.800 mm/tahun, 2 bulan mengalami musim kering selama satu tahun.

2. Tanah Atau Media Tanam

Tanaman pisang dapat tumbuh dengan subur pada tanah yang kaya humus serta berkapur. Ketersediaan air harus diperhatikan sebab tanaman pisang sangat memerlukan air yang banyak.

3. Ketinggian Tempat

Tanaman pisang dapat tumbuh pada daerah dataran rendah maupun didaerah pegunungan ketinggian mencapai 2.000 dpl.

Panduan Cara Menanam Pisang 

Nah diatas tadi adalah syarat-syarat tumbuh tanam pisang, selanjutnya kami akan membahas tahap-tanap penanam pisang dibawah ini.

1. Pemilihan bibit pisang

Tahap pertama dalam cara menanam pisang adalah pemilih bibit, karena jika pemilihan bibit pisang dilakukan dengan benar maka hasil yang diperoleh akan sesuai dengan harapan anda. Kali ini kami akan memberika ciri-ciri bibit pisang yang baik.

Ciri-ciri bibit pisang yang baik

  • Bibit atau tunas pisang yang baik memiliki ketinggian mencapai 100-150 cm
  • Diameter batang pisang mencapai 15-20 cm
  • Daun pada tunas pisang yang baik berhelai sempit
  • Kondisi fisik tunas atau bibit pisang bersih dari kotoran dan bersih dari penyakit atau hama

Nah itu adalah ciri-ciri bibit atau tunas pisang yang baik, berikutnya kami akan menjelaskan cara agar tunas tidak terserang hama dan penyakit.

Cara mencegah persebaran hama dan penyakit 

  • Setelah tunas pisang dipotong, bersih akar dari kotoran dengan air
  • Lalu begitu akar bersih, potong akar dengan hati-hati bertujuan untuk menghentikan persebaran penyakit melalui akar yang cacat dan merangsang pertumbuhan akar baru.
  • Selanjutnya buang daun-daun tunas pisang yang terlalu lebar
  • Langkah berikutnya adalah simpan bibit atau tunas ditempat yang kering selama 1-2 hari agar tunas sembuh total dari luka
  • Setelah didiamkan selama dua hari, rendah tunas pisang menggunakan insektisida selama 10 dan kering kembali

2. Pembuatan lahan taman

Cara menanam pisang berikutnya adalah pengolahan lahan, hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan pengolahan yaitu tentukan jenis tanah yang disukai tanaman pisang, iklim, dan ketinggian tempat. Setelah 3 hal tersebut sudah dipenuhi maka selanjutnya kami akan membahas langkah-langkah menanam pisang dibawah ini:

Langkah-Langkah Pengolahan lahan 

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah penyiap beberapa alat bertani berupa cangkul dan sabit
  • Bersihkan lahan dari hama penggangu bisa menggunakan sabit ataupun cangkul
  • Setelah lahan benar benar bersih, gemburlah tanah menggunakan cangkul dengan kedalam 40 cm, selama proses penggemburan bisa dilakukan penambah pupuk kandang kering dan biarkan selama 1 minggu
  • Lalu buatlah lubang yang akan digunakan untuk menanam bibit atau tunas pisang yang sudah disiapkan sebelumnya
  • cara terakhir buatlah parit atau drainase disekitar area penanam pisang agar saat terjadi hujan tidak banjir.

3. Proses Penanam Pisang

Tahap selanjutnya adalah cara menanam pisang, tahap ini anda akan disuruh menananm tunas pisang kedalam lubang yang sudah disiapkan sebelumnya.

Sebelumnya pastikan pemilihan waktu penanam pisang tepat, saran dari kami untuk menanam pisang pada awal musim penghujan yaiutu bulan september-oktober.

Jika sudah langsung saja ambil tunas pisang yang anda simpan sebelumnya dan tanam kedalam lubang yang anda buat dipengolahan lahan tadi, setelah masuk tutup lubang menggunakan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk berbanding 3:1 agar kebutuhan akan unsur haranya tercukupi.

4. Perawatan Pisang

Cara menanam pisang selanjutnya adalah proses perawatan tanaman, karena dalam proses ini yang akan menentukan hasil panen baik atau tidaknya. Jika anda memilih tidak menggunakan proses perawatan pisang maka tanggung sendiri hasil panen pisang mendatang.

Kegiatan perawatan pisang sebenarnya tidak sulit hanya perlu kesabaran dan keuletan anda, kami akan membahas beberapa perawatan yang harus diperoleh tanaman pisang pada masa pertumbuhannya.

Cara Perawatan Pisang

  • Penyiangan

Proses ini bertujuan untuk membersihkan lahan tanama pisang dari rumput, hama pengganggu ataupun dari daun pisang yang kering.

  • Pemupukan Susulan

Kegiatan pemupukan bukan hanya dilakukan saat proses penanaman pisang saja, melainkan saat proses perawatannya karena tanaman pisang memerlukan banyak unsur hara sebagai bahan pembuatan makan apalagi saat tanaman mulai berbuah akan sangat banyak membutuhkan unsur hara. Kegiatan pemupukan bisa dilakukan saat tanaman berumur 6 bulan.

Cara Agar Panen Pisang Lebih Maksimal

  • Selesai itu tanaman pisang berbuah dan dalam buah itu sudah mencapai 4-5 sisir ada baiknya untuk memotong jantung pisang.
  • Setelah itu bungkus buah pisang menggunakan karung atau plastik
  • Berikan pupuk secara maksimal
  • Langkah terakhir tunggu buah berwarna hijau tua maka pisang sudah siap dipanen

5. Proses Panen

Tahap terakhir dari cara menanam pisang adalah proses panen, proses yang sangat sangat ditunggu para petani karena setelah melakukan panen para petani bisa menjualnya ke pasar atau hanya dikonsumsi sendiri.

Sebelum melakukan panen pasti buah pisang sudah berwarna hijau tua atau kekuning-kuningan, setelah menurut anda pisang siap dipanen lakukanlah proses pemotongan tandan pisang menggunakan pisau ataupun parang yang tajam, setelah itu letakkan pisang dalam posisi terbalik agar getahnya keluar dengan lancarnya.

Nah diatas itu adalah artikel dari kami mengenai cara menanam pisang, sebelumnya kami ingin memberikan saran bagi anda yang ingin melakukan budidaya pisang untuk memenuhi syarat-syarat tumbuh tanaman pisang diatas agar hasil susuai dengan yang diharapkan. Sekian dari kami semoga bisa membatu anda semua dalam memulai bisnis ataupun hanya mencoba-coba menjadi petani pisang. Semoga bermanfaat

Pembibitan Dari Tunas Pisang

cara menanam pisangBiasanya, pada pemilihan bibit pisang ini digunakan dengan menggunakan tunas. Tinggi tunas yang biasanya digunakan untuk menjadi bibit adalah yang memiliki tinggi sekitar 1 – 1.5 m yang memiliki kelebaran umbi sekitar 15 – 20 cm.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya anakan yang digunakan adalah yang diambil dari tanaman pisang yang termasuk dalam kategori yang sehat serta baik. Selain itu, ketinggian dari bibit tanaman ini juga akan berpengaruh terhadap produksi dari tanaman pisang itu sendiri.

Pada bibit anakan tanaman pisang ini sendiri juga dibagi menjadi dua jenis: anakan tua serta muda. Dalam hal ini, anakan dewasa akan memiliki potensi untuk lebih baik dijadikan bibit karena kesiapannya lebih matang, yaitu telah memiliki calon bunga dan persediaan makanan yang tersedia didalam batang.

Selain itu, penggunaan tunas bibit yang masih berbentuk tombak dan daun yang masih seperti pedang juga lebih dibaik daripada daun dari tunas sudah melebar

Selain itu, guna untuk menghindari terkenanya hama serta penyakit pada tanaman pisang. Biasanya sebelum penanaman bibit perlu dilakukan beberapa cara berikut.

  • Setelah memotong tunas tanaman pisang, sebaiknya kita membersihkan tanah yang terdapat pada tunas tanaman pisang.
  • Lakukanlah penyimpanan bibit pada tempat yang teduh selama 1 hingga 2 hari agar potongan yang terdapat pada umbi pisang mengering. Kemudian, buanglah daun-daun lebar yang terdapat pada batang tanaman.
  • Lakukan perendaman terhadap bibit umbi, tetapi hanya sebatas leher dari batang saja dengan menggunakan insektisida 0.5 – 1% kurang lebih 10 menit. Kemudian bibit dikeringkan kembali
  • Apabila tidak memiliki insektisida, sebaiknya kita merendam umbi tanaman pisang dengan menggunakan air bersih yang mengalir selama kurang lebih 48 jam.

Media Tanam

cara menanam pisangUntuk perkembangannya, tanaman pisang dapat tumbuh dengan menggunakan tanah yang memiliki banyak humus, memiliki kandungan kapur maupun tanah yang berat.

Karena pada dasarnya tanaman ini menyerap banyak nutrisi yang terdapat pada tanah maka sebaiknya pembudidayaan tanaman pisang menggunakan media tanam atau tanah berhumus yang telah dilakukan pemupukan.

Setelah itu air juga harus tersedia untuk menumbuhkan tanaman pisang. Meskipun sangat dibutuhkan, tetapi kita tidak boleh membuat tanaman tersebut tergenang oleh air.

Tetapi, penanaman dari tanaman pisang itu sendiri harus diairi secara intensif. Apabila tanaman pisang ditanam pada tanah yang basah, ketinggian air yang dibutuhkan untuk menanam adalah 5 hingga 200 cm.

Apabila di daerah setengah basah adalah sekitar 100 – 200 cm dan apabila di daerah yang tergolong kering yaitu 50 – 150 cm. Apabila media tanam yang digunakan berupa tanah yang sebelumnya telah mengalami erosi, maka hasil panen yang dihasilkan dari tanaman pisang tidak akan maksimal.

Selain itu, tanah yang dibutuhkan untuk menanam pisang adalah tanah yang tergolong mudah untuk menyerap air. Selain, itu tanaman pisang tidak dapat tumbuh apabila tanah yang digunakan mengandung garam sekitar 0.07%.

Pengolahan Media Tanam Pisang

cara menanam pisangCara menanam pohon pisang sangat mudah yaitu dengan penglolahan media tanam yang baik. Ketika membuka lahan yang akan digunakan untuk menanam.

Sebaiknya lahan yang akan digunakan telah dipertimbangkan sematang mungkin, khususnya dibagian iklim, ekonomi, serta letak pasar tempat dimana pisang kemudian akan diolah kembali. Selain itu perlu diperhatikan pula dari keamanan dari tempat menanam tanamannya.

Lahan yang digunakan juga sebaiknya telah bersih dari hama-hama penggangu yang apabila dikemudian hari dikhawatirkan akan menggangu proses pertumbuhan dari tanaman pisang itu sendiri.

Dan perlu dilakukannya penggeburan tanah agar terjadinya proses pertukaran udara serta racun-racun yang terdapat di tanah dan membuat saluran irigasi agar saluran air dapat dikontrol dan tidak membuat tanaman pisang mendapatkan terlalu banyak air dalam proses pertumbuhannya.

Selain itu, tanah sebaiknya dibuat teras apabila posisi tanah berada di kondisi tanah yang miring, sebaiknya dibuat teras agar keadaan tanah dapat digunakan untuk menanam. Tanamlah tanaman seperti lamtoro guna ntuk menjaga tanah agar tidak terjadinya erosi.

Pembuatan saluran air kemudian sebaiknya dibuat dengan kemiringan yang kecil apabila berada di tanah yang datar. Kemudian pada sekitar saluran air ditanami tanaman agar menghindari erosi pada saluran air yang telah dibuat.

Teknik Menanam Pisang

Pada 3 bulan pertama, buatlah jarak antar tanaman yang terbilang cukup lebar. Gunakan pola tanaman tumpeng sari antar tanman.

Kemudian buatlah lubang tanam dengan ukuran lubang 50 x 50 x 50 cm pada tanah yang tergolong berat, 30 x 30 x 30 cm untuk tanah gembur dan kerapatan antar tanaan 3 x 3 untuk tanah yang berukuran sedang dan 3.3 x 3.3 untuk tanah yang berat.

Cara menanam Pohon pisang dilakukan menjelang musim penghujan, sebelumnya lubang harus diberikan pupuk organic sebanyak 15 – 20 kg. Dengan memberikan pupuk organic, maka buah yang dihasilkanpun akan menjadi lebih baik.

Teknik Pemeliharaan Tanaman pisang

Untuk mendapatkan hasil yang tanaman pisang yang baik. Maka sebaiknya dilakukan pemotongan terhadap tanaman pisang hingga terddiri atas 3 – 4 batang pada satu rumpun. Apabila telah memasuki tahun kelima, maka sebaiknya rumpun diganti dengan tanaman yang baru.

Proses penyiangan harus secara regular dilakukan guna untuk membersihkan rumput liar atau hama parasite yang berada pada sekitar tanaman pisang. Seperti proses penyaingan pada umumnya, sebaiknnya dilakukan proses penggemburan tanah dan menimbun kembali dappuran oleh tanah agar tunas dan akan semakin banyak.

Hati-hati ketika sedang melakukan penyiangan karena akar tanaman pisang ini terbilang sangat pendek, yaitu hanya 15 cm dibawah permukaan dari tanah.

Membersihkan daun-daun yang sudah mulai mengering juga perlu dilakukan guna untuk menjaga kebersihan tanaman dan lingkungan, hal ini biasa disebut dengan perempalan.

Lakukanlah penyiraman agar tanaman pisang yang ditanam dapat tumbuh subur dan menghasilkan jumlah produksi pisang yang banyak. Berikanlah air kepada tanaman dengan cara menyiraminya atau dengan memberikan air pada parit-parit yang berada di sekitar tanaman pisang.

Biasanya, hama yang berada pada tanaman pisang ini adalah ulat buah, ulat daun, dan ulat bunga. Cara termudah mengatasinya adalah dengan cara menggunakan insektisida seperti Malathion dan Pestona.

Ketinggian Tempat Menanam Pisang

Sebenarnya, tanaman pisang ini tergolong tanaman yang dapat ditanam dimana saja, yaitu dapat menerima kondisi dataran tinggi serta kekeringan.

Apabila di Indonesia, pada umumnya pisang dapat tumbuh dan berkembang di dataran rendah hingga pegunungan dengan ketinggian yang mencapai 2.000 mdpl. Tetapi, untuk jenis yang lainnya dapat mencapai ketinggian 1.000 mdpl.

Tips Menanam Pisang

cara menanam pisang

Iklim yang diperlukan untuk menumbuhkan tanaman pisang ini adalah tropis basah, lembab, serta panas. Meskipun begitu, sebenarnya tanaman pisang ini masih dapat tumbuh di daerah yang tergolong subtropics.

Apabila tanaman ini tumbuh tanpa air suatu ketika, tanaman ini masih dapat hidup dan tumbuh karena pasokan air yang didapatkan dari batang tanaman pisang itu sendiri karena batang tanamannya memiliki kandungan air.

Tetapi, apabila untuk memproduksi pisang, pada saat kekurangan air dan hanya menggunakan air dari batang pisang. Tanaman ini tidak dapat menumbuhkan buahnya.

  • Angin juga berpotensi untuk menggangu pertumbuhan dari tanaman pisang itu sendiri, sebagai contoh apabila angin dengan kecepatan tinggi seperti angin kumbang yang berpotensi dapat merusak daun.
  • Maka angin akan mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman itu sendiri.
  • Dalam kondisi hujan yang dibutuhkan. Curah hujan yang tergolong optimal untuk pertumbuhan tanaman pisang adalah 1.520 – 3.800 mm/tahun dan 2 bulan kering.
  • Selain itu, perbedaan curah hujan juga harus disesuaikan dengan ketinggian air tanah supaya tanah yang digunakan untuk menanam tanaman pisang tidak tergenang.

Demikianlah teknik cara menanam pisang yang dapat dilakukan oleh anda di rumah atau di kebun sendiri. Semoga artikel tentang cara menanam pisang ini bisa bermanfaat baik untuk kebun kecil atau penanaman skala besar untuk bisnis anda. Selamat bercocok tanam!

 

The post Cara Menanam Pisang Yang segar appeared first on Mesin Pertanian.

]]>