Mesin Pertanian https://mesinpertanian.id Jual Mesin Pertanian - Alat Pertanian Terbaru 2019 Fri, 09 Oct 2020 04:26:45 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.1 Budidaya Bawang Putih Berkualitas dan Sederet Manfaatnya https://mesinpertanian.id/budidaya-bawang-putih/ Tue, 22 Sep 2020 08:09:08 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=4126 Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara budidaya bawang putih yang berkualitas. Bawang putih atau Allium Sativum sendiri merupakan salah satu bahan bumbu makanan yang paling sering digunakan di makanan terutama sop. Tentu anda semua pasti sudah sangat mengerti bagaimana cara membuat sayur sop dengan tambahan bawang putih ataupun tidak menggunakan bawang […]

The post Budidaya Bawang Putih Berkualitas dan Sederet Manfaatnya appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara budidaya bawang putih yang berkualitas. Bawang putih atau Allium Sativum sendiri merupakan salah satu bahan bumbu makanan yang paling sering digunakan di makanan terutama sop.

Tentu anda semua pasti sudah sangat mengerti bagaimana cara membuat sayur sop dengan tambahan bawang putih ataupun tidak menggunakan bawang putih. Selain digunakan sebagai bahan bumbu makanan, bawang putih juga memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jika anda berpikiran untuk membuka usaha warung makan, tentu bawang putih menjadi salah satu bahan bumbu yang paling utama. Kalau anda hanya mengurus warung makan anda sendiri, pastinya anda akan sangat kewalahan, salah satunya saat memotong bawang atau merajang bawang.

Tapi anda tidak perlu memusingkan hal tersebut lagi, karena sudah ada yang namanya mesin perajang bawang supaya anda tidak kewalahan dan dapat bekerja lebih efisien serta hemat waktu. Mesin perajang sendiri saat ini sudah tersedia yang menggunakan mesin/listrik atau memutar manual dengan tangan.

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal tadi, langsung saja kita bahas bagaimana cara budidaya bawang putih serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Kandungan di Dalam Bawang Putih

Bukan hanya sebagai bahan yang penting dalam memasak makanan, tentu bawang putih juga memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh. Bawang putih yang biasa kita sandingkan dengan bawang merah ini merupakan asli budidaya Asia Tengah.

Di Indonesia, budidaya bawang putih sendiri sudah tidak asing lagi. Akan tetapi selain tumbuh subur di Indonesia, bawang putih juga bisa tumbuh subur di Italia dan daerah selatan Perancis.

Kira-kira terdapat 1-10 siung bawang putih dalam satu bonggol. Pada setiap siungnya memiliki berat kira-kira 6-8 gram. Oleh karena itu, dalam 100 gram bawang putih diperkirakan mengandung antara lain:

  • 1 gram karbohidrat.
  • 0,2 gram protein.
  • 4 gram kalori.
  • 0,1 gram serat.
  • 0,1 miligram mangan (setara 3% kebutuhan tubuh sehari).
  • 5,4 miligram kalsium (setara 1% kebutuhan tubuh sehari).
  • 0,9 miligram vitamin C (setara 2% kebutuhan tubuh sehari).
  • 0,4 mikrogram selenium (setara 1% kebutuhan tubuh sehari).
  • Serta beragam antioksidan seperti oligosakarida, flavonoid, dan asam amino.

Selain itu, terdapat senyawa sulfur aktif seperti allin, allyl propyl disulfide, dialil trisulfida, dan dialil disulfida. 

Cara Budidaya Bawang Putih

Sebelumnya sudah dijelaskan terkait informasi tentang kandungan-kandungan yang terdapat di dalam bawang putih. Jika anda berniat untuk melakukan budidaya bawang putih rumahan atau ingin anda jadikan bisnis, berikut ini beberapa cara untuk budidaya bawang putih yang berkualitas.

Mulai dari tahap paling awal hingga ke tahap anda dapat panen sukses.

1. Menyiapkan Lahan Penanaman

budidaya bawang putih

Pertama-tama, untuk melakukan budidaya bawang putih tentu anda harus menyiapkan lahan dan segala peralatan yang dibutuhkan. Untuk masalah iklim, Indonesia merupakan salah satu negara yang terbaik untuk melakukan budidaya bawang putih.

Dikarenakan Indonesia sendiri memiliki iklim yang stabil untuk menanam berbagai macam tanaman termasuk salah satunya bawang putih. Untuk media tanamnya, anda bisa menggunakan polybag, pot, atau langsung ditanam saja di pekarangan rumah anda.

Dalam menanam bawang putih, tidak memerlukan lahan yang sangat luas. Bahkan, kamu bisa melakukan budidaya bawang putih pada lahan yang kecil sekalipun. Bawang putih membutuhkan tanah yang memiliki tekstur lempung berpasir serta struktur tanah yang gembur dengan pH 5,5-7.

Mulai tanam bawang putih anda dengan jarak sekitar 4 inci serta kedalaman lubang sekitar 2 inci. Masukkan bawang putih ke dalam lubang tadi dengan bagian akar menghadap ke bawah dan bagian runcingnya menghadap ke atas. Lalu, tutup dengan tanah, padatkan secara perlahan dan beri pupuk.

2. Menyiapkan Bibit Budidaya Bawang Putih

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk budidaya bawang putih adalah menyiapkan bibit bawang putih. Anda dapat menggunakan satu bonggol bawang putih untuk bibit yang biasa anda beli di pasar.

Tapi, anda juga harus tahu mana jenis bawang putih yang cocok untuk anda jadikan bibit budidaya bawang putih. Akan lebih baik jika anda membeli bibitnya di toko tanaman yang menyediakan berbagai jenis varietas dari bawang putih. Disarankan anda membeli di toko tanaman saja.

Jika anda membeli bibit budidaya bawang putih dari pasar, bisa saja bawang putih tersebut bukan berasal dari Indonesia. Bibit bawang putih yang anda beli di pasar juga cenderung susah untuk ditanam. Karena, para pedagang biasanya menambahkan bahan kimia agar bawang putih dapat bertahan lebih lama.

3. Perhatikan Waktu Penanaman Budidaya Bawang Putih

Selanjutnya adalah memperhatikan waktu anda menanam bawang putih. Waktu untuk mulai menanam yang tepat adalah pada saat musim gugur. Jika anda menanam pada musim itu, maka bawang anda berkemungkinan memiliki ukuran yang lebih besar serta rasa yang kuat.

Akan tetapi, dikarenakan Indonesia hanya memiliki dua musim dan berada di iklim tropis, maka waktu yang tepat untuk menanam adalah pada awal musim semi. Disarankan anda memulai penanaman saat bulan Februari atau Maret.

4. Cara Merawat Bawang Putih

Ketika anda melakukan budidaya bawang putih, anda harus selalu memperhatikan dan merawat tanaman bawang putih anda. Hal ini bertujuan agar anda mendapatkan hasil budidaya bawang putih yang berkualitas.

Selalu cukupi kebutuhan air tanaman anda. Siramlah tanaman bawang putih anda setiap 3-4 hari tergantung pada cuaca. Jika tanaman bawang putih anda sudah muncul akar, anda bisa memotongnya. Ini dilakukan supaya umbi bawang anda dapat tumbuh lebih besar.

5. Menambahkan Pupuk

Anda dapat menambahkan pupuk organik atau non-organik pada tanaman bawang putih anda. Jika anda menggunakan pupuk organik, anda bisa menggunakan pupuk kandang seperti kotoran ayam atau kambing. Tambahkanlah dengan dosis masing-masing 10-20 ton/ha dan 30 ton/ha.

Selain pupuk kandang, anda juga bisa menggunakan pupuk nitrogen yang biasa digunakan 3 kali selama pertumbuhan bawang putih. Yaitu pada saat tanam, pertumbuhan tunas, dan pertumbuhan umbi.

Setelah itu, untuk dosis dari pupuk non-organik tersebut adalah 200 Kg N, 180 Kg P2O5, 60 Kg K2O, dan 142 Kg S per hektar. Kemudian, pemberian pupuk kimia cair (unsur mikro) seperti Sitozim 0,25% juga penting dalam menghasilkan bawang yang berkualitas.

Jangan lupa untuk melakukan pembasmian gulma. Karena ini merupakan salah satu langkah yang penting untuk pertumbuhan pesat bawang. Gulma sendiri dapat menghambat proses pertumbuhan, pembesaran, dan pembentukan umbi dari bawang.

6. Memanen Bawang Putih

Saat membudidayakan bawang putih, anda tentunya juga harus memahami mana tanaman bawang yang sudah siap panen. Rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam budidaya bawang putih dari tahap awal hingga siap panen adalah 90-120 hari.

Tanda dari bawang yang sudah siap panen memiliki daun yang mulai menguning dan mati. Anda juga tidak boleh lambat dalam memanen, dikarenakan hasil umbi bawang akan mengerut dan menghasilkan rasa yang tidak enak.

Selanjutnya untuk cara memanen bawang putih yang sudah siap panen yaitu, anda bisa langsung mencabutnya menggunakan tangan. Setelah selesai dipanen, ikatlah hasil panen dengan banyak sekitar 20-30 rumpun perikat.

Lalu, jemurlah hingga batang bawang kering dan waktu yang diperlukan adalah sekitar 15 hari.

7. Pengawetan Bawang Putih

Setelah anda memanen semua bawang anda, hal selanjutnya yang perlu dilakukan selama budidaya bawang putih adalah pengawetan selama kurang lebih 2 minggu. Lakukan pengawetan ini sampai bawang tersebut kering dengan cara didiamkan.

Setelah semua kering, kulit bawang akan mengering dan umbinya semakin keras. Lalu, simpanlah di tempat yang dingin dan kering. Kemudian anda bisa menggunakan bawang putih tersebut sebagai bahan masakan, obat, atau dijual.

Bawang putih memiliki harga yang relatif tetap. Hal inilah yang membuat budidaya bawang putih menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Di Indonesia sendiri, para petani bawang putih sampai sekarang bisa dibilang terbatas. Maka dari itu, mungkin anda bisa memulai bisnis budidaya bawang putih rumahan.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

budidaya bawang putih

Selain berguna sebagai bahan utama dalam memasak, ternyata bawang putih sendiri memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh! Berikut ini apa saja manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh:

1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Di duga bawang putih mampu dalam menurunkan kolesterol bahkan tekanan darah. Terungkap dari beberapa penelitian kalau bawang putih mampu melebarkan pembuluh darah dan dapat mengendurkan otot halus.

Akan tetapi, tidak berati bawang putih bisa menjadi obat kolesterol dan hipertensi yang efektif, dikarenakan masih membutuhkan penelitian yang lebih luas lagi.

2. Bisa Mengatasi dan Mencegah Pilek

Jika anda ingin meningkatkan dan memperkuat kekebalan tubuh melawan virus, tidak ada salahnya untuk sering mengonsumsi bawang putih. Karena, suatu penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi bawang putih jarang diserang flu dan pilek.

Kalaupun terserang pilek, orang tersebuh juga akan lebih cepat sembuh dari orang yang jarang mengonsumsi bawang ptuih.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain meningkatkan kekebalan tubuh dari virus, bawang putih juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Dari sebuah penelitian yang menemukan jika pemberian suplemen yang terdapat kandungan bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan bagi jantung anda.

Terlihat efek tersebut dari kemampuan bawang putih yang dapat dan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

4. Sangat Baik Bagi Kesehatan Saluran Pencernaan

Tidak hanya baik bagi jantung, ternyata bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan.

Zat allicin yang terkandung di dalamnya mampu berguna untuk antibiotik dan antijamur. Dalam suatu penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat bawang putih dapat digunakan untuk melawan bakteri H.pylori pada lambung.

5. Sebagai Pencegah Kanker

Penelitian tentang manfaat bawang putih yang sering dilakukan adalah sebagai pencegah kanker. Di dalam penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mampu menekan aktivitas sel kanker. Bawang putih memiliki dan berpotensi sebagi sumber antikanker.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kandungan antibakteri yang terdapat pada bawang putih mampu mengatasi bakteri plak yang menjadi salah satu penyebab kerusakan gigi. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi bawang putih mentah juga bermanfaat untuk mengatasi infeksi mulut.

Jika anda memanfaatkan bawang putih sebagai penjaga kesehatan mulut, anda juga bisa menggunakannya bersamaan dengan antibiotik.

Manfaat Lain Bawang Putih

  • Berguna untuk mengendalikan tekanan darah anda.
  • Dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.
  • Sebagai pencegah jerawat.
  • Memperkuat tulang menghindari osteoporosis.
  • Pencegah rambut rontok.

Tips Dalam Mengonsumsi Bawang Putih

Disaat anda mengonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah, masalah yang muncul biasanya adalah bau dari bawang putih yang menyengat. Sesudah anda memakannya, bawang putih dapat menimbulkan bau mulut dalam waktu yang sangat lama.

Hal ini pasti sangat menggangu bagi anda, apalagi jika anda adalah orang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan anda berhadapan dan berbicara dengan orang setiap harinya. Ini tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi anda maupun bagi orang yang berhadapan dengan anda atau disekitar anda.

Kalau anda ingin mengonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah tapi tidak ingin merasakan nafas yang bau, berikut ini beberapa tips yang dapat anda terapkan, yaitu:

1. Makan Makanan Segar

Sesudah anda mengonsumsi bawang putih, cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan segar seperti pir, apel, dan yang lainnya. Mengonsumsi buah-buahan segar ini dapat menghilangkan bau mulut.

Selain dimakan langsung, anda juga bisa mengolah buah-buahan itu menjadi jus sebagai alternatif penghilang bau mulut agar mudah dicerna. Lalu, coba untuk makan makanan yang manis seperti permen mint, puding, kue

2. Segera Sikat Gigi Setelah Mengonsumsi Bawang Putih

Plak gigi biasanya menjadi salah satu bakteri yang menyebabkan bau pada mulut. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat langsung sikat gigi setelah mengonsumsi bawang putih, selain dari pada itu dapat juga ditunjang untuk menghilangkan sisa makanan yang menyebabkan bau pada mulut.

Anda disarankan menggunakan sikat gigi elektrik untuk membantu menyikat di bawah garis gusi serta menghindari plak.

3. Menggunakan Obat Kumur

Sudah banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa obat kumur yang memiliki kandungan klorin dioksida dapat membantu menghilangkan bakteri pada lidah, dan plak sisa makanan. Disarankan lagi untuk lebih baik anda menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi secara flossing.

Ingat untuk memperhatikan dosis dan petunjuk dalam penggunaan obat kumur. Hal ini bertujuan untuk menhindari iritasi pada mulut dan penggunaan yang berlebihan.

4. Menggunakan Minyak Esensial

Obat umur yang mengandung alkohol biasanya juga bisa dicampur dengan minya esensial. Karena minyak esensial sendiri memiliki manfaat yang berguna untuk menyegarkan nafas serta berguna sebagai antibakteri.

Cobalah untuk membuat obat kumur sendiri dengan menggunakan bahan minyak zaitun yang dicampur dengan minyak esensial. Selain dari itu, bau mulut yang diakibatkan oleh pengonsumsian bawang putih mentah dapat juga dihilangkan dengan cara mengonsumsi pappermint.

Itu dia tadi bagaimana cara budidaya bawang putih rumahan ataupun untuk bisnis serta sederet manfaat dari bawang putih untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat atau khasiat dari bawang putih sendiri juga dapat dimaksimalkan jika anda mengonsumsinya dalam keadaan yang masih mentah.

Jika anda memasak bawang putih terlalu matang, itu dapat menghilangkan manfaat dan khasiat dari bawang putih itu sendiri. Selain mengonsumsi bawang putih, anda juga dapat mengonsumsi berbagai suplemen lain. Pilihlah suplemen yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Sekian informasi tentang budidaya bawang putih dan manfaatnya untuk yang sudah saya sampaikan hari ini, semoga informasi ini dapat bermafaat bagi kita semua. Saya doakan anda yang ingin memulai bisnis budidaya bawang putih agar mendapatkan hasil yang berkualitas dan mendapatkan omset yang besar.

Terima kasih sudah menyempatkan diri anda untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa dilain kesempatan!

The post Budidaya Bawang Putih Berkualitas dan Sederet Manfaatnya appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Kunyit di Polybag dan Pot Beserta Manfaat Kunyit https://mesinpertanian.id/cara-menanam-kunyit/ Mon, 21 Sep 2020 07:34:10 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=4114 Apakah anda pernah berpikir bagaimana cara menanam kunyit di polybag atau pot tapi mendapatkan hasil kunyit yang besar? Pasti anda bertanya-tanya bagaimana caranya untuk mendapatkan hasil kunyit yang besar, walaupun hanya dengan media polybag atau pot. Biasanya anda menggunakan kunyit untuk campuran bahan sop ayam dan lainnya. Cara membuat sayur sop dengan kunyit dan dipadukan […]

The post Cara Menanam Kunyit di Polybag dan Pot Beserta Manfaat Kunyit appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Apakah anda pernah berpikir bagaimana cara menanam kunyit di polybag atau pot tapi mendapatkan hasil kunyit yang besar? Pasti anda bertanya-tanya bagaimana caranya untuk mendapatkan hasil kunyit yang besar, walaupun hanya dengan media polybag atau pot.

Biasanya anda menggunakan kunyit untuk campuran bahan sop ayam dan lainnya. Cara membuat sayur sop dengan kunyit dan dipadukan dengan lada juga pasti anda sudah biasa melakukannya. Bahkan sekarang jika anda ingin membudidayakan lada juga, sekarang sudah ada mesin perontok lada yang pasti bertujuan untuk memudahkan anda.

Walaupun anda hanya mempunyai lahan yang kecil, anda tetap bisa untuk menanam kunyit dengan produktifitas yang tinggi. Selain untuk bahan makanan, kunyit juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberitahu anda bagaimana cara menanam kunyit dan mendapatkan hasil yang besar walau hanya dengan media pot atau polybag. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Menanam Kunyit 1:

Mempersiapkan Tempat Atau Media Menanam Kunyit

Media tanam merupakan hal utama dan penentu keberhasilan anda dalam menanam kunyit. Maka dari itu, anda harus benar-benar memperhatikan media tanam yang akan anda gunakan.

Dalam menanam kunyit, diperlukan tanah yang subur dan gembur. Cara untuk mengetahui tanah yang subur yaitu ditandai dengan banyaknya cacing di dalam tanah.

Langkah-langkah pertama dalam mempersiapkan media tanam sebagai berikut:

  1. Siram terlebih dahulu tanah yang sudah anda siapkan hingga basah dan lembab.
  2. Siapkan air di dalam alat semprot.
  3. Masukkan pupuk cair pilihan anda sekitar 250ml kedalam air yang berada di dalam alat semprot tersebut.
  4. Aduk-aduk hingga larut.
  5. Semprotkan air campuran pupuk tadi ke tanah yang sudah disiapkan sebelum nantinya dimasukkan ke dalam pot atau polybag.
  6. Tambahkan pupuk kompos ke dalam media tanah tersebut.
  7. Aduk terus hingga tercampur merata.
  8. Masukkan tanah yang sudah di persiapkan tadi ke dalam pot atau polybag yang sudah disiapkan.

Cara Menanam Kunyit 2:

Beberapa Panduan Cara Menanam Kunyit Di Polybag Atau Pot

cara menanam kunyit

Selain mudah untuk ditanam, sebenarnya kunyit ini memiliki banyak sekali manfaat yang tidak kita ketahui untuk tubuh. Oleh karena itu, tiap tahunnya konsumen kunyit semakin meningkat.

Meskipun terbilang mudah, bukan berarti anda tidak harus merawatnya. Karena perawatan selama proses pertumbuhan kunyit itu harus sangat diperhatikan agar kunyit dapat tumbuh dengan baik dan segar.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menanam kunyit di pot atau polybag yang baik dan benar:

A. Pilihlah Bibit Yang Baik

Tahap awal cara menanam kunyit ini merupakan penentu penting untuk hasil kunyit yang bagus. Untuk mengetahui bibit yang bagus, anda dapat memperhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan bibit kunyit yang anda pilih berasal dari indukan yang bagus atau varietas unggul, berdaun hijau, sehat, subur, dan berbatang kokoh.
  2. Pastikan bebas dari hama dan penyakit.
  3. Pilihlah bibit kunyit yang memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang seragam.
  4. Lebih baik lagi bibit kunyit berasal dari indukan yang berusia kurang lebih 7-12 bulan.
  5. Selalu pastikan bibit sudah disimpan dulu sebelum anda mulai menanamnya.
  6. Terhindar dari kotoran seperti biji dari tanaman lain, batu atau kerikil, dan lain-lain.

B. Semai Bibit Terlebih Dahulu

Hal ini dilakukan bertujuan agar bibit yang anda gunakan dapat tumbuh dengan baik dan maksimal serta mempermudah anda dalam melakukan pengontrolan.

Selain dari pada itu, hal tersebut juga memiliki tujuan utama yaitu supaya bibit dapat lebih mudah dalam beradaptasi di pot atau polybag.

Supaya anda melakukan penyemaian dengan benar dan baik, berikut cara menanam kunyit saat proses penyemaian:

  1. Bibit yang sudah anda pilih harus dipotong lagi menjadi 2-3 bagian. Masing-masing potongan harus memiliki mata tunas yang baik, paling tidak 1-3 mata tunas. Memiliki berat kira-kira 20-30 gr dan memiliki panjang 3-7 cm.
  2. Masukkan dan rendam bibit tadi ke dalam larutan pupuk cair organik dengan takaran 1 liter pupuk cair dilarutkan kedalam 50 liter air (1:50). Biarkan selama 12 jam.
  3. Keluarkan bibit yang sudah direndam dan tiriskan.
  4. Letakkanlah bibit tadi pada tempat lembab yang bersuhu kisaran 25-28 derajat celcius. Simpan selama kurang lebih 1-1,5 bulan supaya tunas dapat tumbuh lebih cepat.
  5. Pastikan anda menyiramnya 2 kali sehari disaat pagi dan sore hari.
  6. Lalu, biarkan saja tunasnya tumbuh sendiri dan setelah itu bibit siap untuk ditanam.

C. Pindahkan Bibit

Lalu, setelah bibit tadi sudah siap, lakukanlah pemindahan bibit, Setelah tunasnya tumbuh setinggi 2-3 cm, maka bibit tadi sudah siap untuk ditanam di pot atau polybag.

Berikut ini cara untuk memindahkan bibitnya:

  1. Pindahkanlah bibit dengan hati-hati. Ini bertujuan agar tunas yang sudah tumbuh tadi tidak rusak.
  2. Pastikan bibit tetap lembah dengan menyemprotnya menggunakan air.
  3. Simpan bibit pada suatu wadah tertentu guna mempermudah pemindahan atau pengangkutan.

Kemudian, setelah anda memindahkan bibit tadi, saatnya untuk andamelakukan penanaman kunyit. Berikut ini cara menanam kunyit dengan baik agar perkembangannya bagus.

Cara Menanam Kunyit 3:

Cara Menanam Kunyit Di Pot Atau Polybag

Setelah anda memindahkan bibit kunyit tadi, maka ini saatnya untuk anda menanam kunyit tersebut. Berikut cara menanam kunyit di polybag atau pot:

  1. Sesuaikan banyak pot atau polybag dengan bibit yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  2. Galilah lubang dengan kedalaman kurang lebih 5 cm.
  3. Lalu, masukkan bibit kunyit tadi kedalam lubang yang sudah anda gali dengan tunas menghadap ke atas.
  4. Tutup kembali bibit tadi dengan tanah hingga bagian rimpang tertutup. Jangan tutup bagian tunasnya dan biarkan tetap di permukaan.
  5. Anda sangat disarankan untuk menanamnya pada saat musim penghujan.
  6. Sesuaikan jarak tanam kunyit dengan kondisi ukuran dan tempat dari pot atau polybag anda. Jangan tanam kunyit terlalu rapat atau dekat supaya kunyit dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal dan baik.

Itu dia tadi bagaimana cara menanam kunyit pada media polybag atau pot yang baik dan benar agar mendapatkan hasil yang optimal. Kemudian, setelah anda sudah melakukan penanaman kunyit, maka anda perlu tahu bagaimana cara untuk merawat kunyit yang sudah anda tanam sebelumnya.

Berikut ini penjelasan tentang bagaimana cara merawat kunyit.

Cara Menanam Kunyit 3:

Cara Merawat Tanaman Kunyit

Setelah anda mengikuti langkah-langkah cara menanam kunyit tadi, maka supaya kunyit dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka langkah-langkah berikut ini perlu anda perhatikan dan ikuti dengan baik:

A. Proses Penyulaman

Ketika bibit yang tadi anda tanam tidak tumbuh dengan baik atau bahkan mati setelah anda pindahkan, maka anda harus segera mengganti bibit yang sudah mati tadi dengan bibit yang lain. Lakukan dengan segera penyulaman ketika anda melihat ada bibit yang sudah mati.

B. Proses Penyiraman

Lakukanlah penyiraman secara rutin dan teratur. Saya sangat menyarankan anda untuk selalu menyiram kunyit anda sebanyak 2 kali sehari. Selain itu, anda juga bisa menyiramnya dengan cara menyemprot saat pagi dan sore hari.

Cara Menanam Kunyit 4:

Pemberian Pupuk Pada Tanaman Kunyit

Kemudian cara menanam kunyit sudah anda pahami, maka langkah pemberian pupuk ini merupakan langkah yang sangat penting untuk dilakukan agar kunyit yang anda tanam mendapatkan nutrisi dengan baik, sehingga anda mendapatkan hasil panen yang berkualitas.

Gunakanlah pupuk cair organik yang menurut anda terbaik atau anda bisa menanyakan pada penjual pupuk atau petani.

Jika anda menggunakan pupuk cair organik yang bagus itu akan membantu proses pertumbuhan dan perkembangan kunyit anda.

Penggunaan pupuk juga berguna untuk memberi nutrisi tambahan yang tidak tersedia pada tanah. Selain itu, dengan pemberian pupuk yang bagus, anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan hasil panen tanaman kunyit yang besar.

Gunakan kombinasi antara pupuk cair dan pupuk kompos agar pertumbuhan tanaman kunyit anda semakin optimal. Pupuk cair digunakan dalam campuran air untuk penyiraman, sementara pupuk kompos bisa anda tambahkan ke media tanah yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Oleh karena itu, pemupukan ini juga merupakan langkah yang jangan dilewatkan demi mendapatkan hasil sesuai harapan anda. Berikut ini bagaimana cara memberi pupuk pada kunyit dengan pupuk organik atau pupuk kompos:

A. Pemberian Pupuk Pada Kunyit Yang Berumur 1-3 Bulan

  1. Siapkan alat semprot yang sudah anda isi penuh dengan air.
  2. Masukkan pupuk cair yang sudah anda beli kedalam alat semprot tersebut sebanyak 500 ml.
  3. Aduk-aduk sampai tercampur dengan baik.
  4. Setelah itu, mulai aplikasikan pada tanaman kunyit anda terutama pada bagian bawah dari tanaman serta daunnya.
  5. Lakukan langkah-langkah ini setiap minggu.

B. Pemberian Pupuk Pada Kunyit Yang Berumur 3 Bulan

Setelah tanaman kunyit anda sudah berumur kurang lebih 3 bulan, tambahkanlah nutrisi tambahan dalam skala besar.

Karena, pada saat tanaman kunyit berusia 3 bulan inilah rimpang dari kunyit tersebut mulai tumbuh dan berkembang.

Maka dari itu, penambahan pupuk dengan takaran berikut pada saat kunyit berusia 3 bulan sangat disarankan:

  1. Tambahkan dan taburkan secara merata pupuk kompos atau pupuk apapun yang sudah anda siapkan di sekitar tanaman kunyit.
  2. Lakukanlah dengan dosis kira-kira 100kg/ha atau jumlah tanaman anda sama dengan 1 ha lahan.
  3. Ulangi terus langkah-langkah tersebut setiap 4 bulan sekali.
  4. Siapkan satu alat penyemprot yang sudah berisi air penuh.
  5. Masukkan pupuk cair pilihan anda dengan takaran 250 ml kedalam tangki yang sudah terisi penuh dengan air.
  6. Lalu, aduklah sampai tercampur dengan rata.
  7. Lakukan pengaplikasian pada pangkal tanaman atau sekitar akar. Terus ulangi pengaplikasian tersebut sampai memenuhi dosis kira-kira 5kg/ha setiap 3 bulan.

Itu dia tadi bagaimana cara memupuk kunyit guna memenuhi kebutuhan kunyit anda akan nutrisi. Setelah itu, anda juga perlu tahu kalau anda sangat perlu melakukan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman kunyit anda.

Anda sangat disarankan untuk mencegah hama penyakit menggunakan produk pembasmi hama yang menurut anda cocok dan bagus bagi tanaman kunyit anda. Akan lebih baik jika anda mengaplikasikan pembasmi hama penyakit tersebut disaat anda mempersiapkan media tanam.

Karena, pengaplikasian produk pembasmi hama itu dapat mencegah adanya hama dan pertumbuhan penyakit pada tanaman kunyit anda.

Cara Menanam Kunyit 5:

Langkah-Langkah Pemanenan

cara menanam kunyit

Setelah semua langkah-langkah mulai dari cara menanam kunyit sebelumnya berhasil anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah memanen hasil tanaman anda. Pertama-tama mulai dari penyortiran serta pencucian kunyit agar bersih dari tanah.

Lalu, lakukanlah pengeringan dengan cara dijemur selama 3 hari atau 4 jam dalam sehari. Anda pasti sudah menunggu-nunggu proses pemanenan ini, karena apa yang sudah susah payah anda lakukan akhirnya mendapatkan hasil yang baik juga.

Untuk tanaman kunyit yang sudah siap panen memiliki ciri-ciri yang mirip dengan tanaman kencur. Ciri-cirinya dimulai dari berubahnya warna daun yang sebelumnya masih berwarna hijau menjadi layu atau berwarna kuning.

Gunakanlah cangkul atau garpu untuk membuka tanah kunyit yang sudah siap panen. Disarankan untuk terlebih dahulu membuang daunnya dan batangnya. Ini bertujuan untuk mengurangi tanah masuk kedalam wadah penyimpanan anda.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Penelitian Internasional

Selain sebagai bahan makanan, kunyit juga punya banyak manfaat yang jarang kita ketahui. Berikut ini apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh:

1. Dapat Menghalangi Sel Kanker

Dikutip dari ucapan seorang dokter di UCLA, kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit ditemukan sebagai bahan utama yang aktif pada kunyit. Kurkumini disini berguna untuk mencegah atau memblokir enzim yang mendorong pertumbuhan kanker pada leher dan kepala.

Di Penelitiannya, terdapat sebanyak 21 orang yang memiliki kanker di kepala dan leher. Kemudian dokter UCLA meminta mereka untuk mengonsumsi dua buah tablet yang mengandung 1.000 mg kurkumin.

Hasil laboratorium independen di Maryland mengatakan, enzim yang menimbulkan kanker pada mulut pasien berhasil dihambat oleh kurkumin.

Dengan demikian, penyebaran sel-sel kanker ganas dapat dicegah oleh kurkumin yang ada didalam kunyit.

2. Sebagai Antioksidan Yang Kuat

Dikatakan juga oleh Pusat Medis Universitas Maryland, didalam kurkumin terdapat sifat antioksidan yang sangat kuat guna menangkal dan memerangi radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Bahkan selain dari itu ada juga penelitian awal, kurkumin juga menunjukkan bahwa kandungan ini dapat membantu pencegahan dari beberapa jenis kanker termasuk prostat, usus besar, dan kulit.

3. Bisa Menurunkan Resiko Penyakit Alzheimer

Pada sesuatu riset didalam suatu harian American Journal of Geriatric Psychiatry berkata bila kurkumin dinyatakan dapat tingkatkan ingatan serta melaksanakan pergantian pada atmosfer hati orang yang mengidap permasalahan kehabisan ingatan ringan.

Sebanyak 40 orang dewasa yang berusia 50-90 tahun dilibatkan dalam penelitian ini. Orang-orang yang berpartisipasi ini diminta untuk meminum pil dari kurkumin atau plasebo semala 18 bulan.

Penelitian ini membuahkan hasil yang menunjukkan perhatian serta memori partisipan yang sudah mengonsumsi pil kurkumin meningkat sebanyak 20 persen. Namun alasan jelas bahwa kunyit dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang belum diketahui.

Akan tetapi, para dokter percaya kalau hal tersebut dapat terjadi dikarenakan rempah-rempah umumnya memiliki sifat anti-inflamasi.

“Ini kemungkinan karena kemampuan dari kunyit untuk mengurangi peradangan pada otak, itulah yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer serta depresi berat,” ucap Gary Small dari UCLA kepada NDTV.

4. Berguna Sebagai Anti-Inflamasi (Anti-Peradangan)

Randy J Horwitz, selaku direktur medis dari Pusat Pengobatan Integratif Arizona, memberikan informasi mengenai manfaat bagi kesehatan dari kunyit didalam sebuah makalah di American Academy of Pain Management.

Horwitz di sebuah surat kabar mengatakan “kunyit merupakan salah satu obat anti-inflamasi(anti-peradangan) alami yang paling manjur.”

Para peneliti melakukan sebuah eksperimen pada tempat penelitian di Universitas Arizona. Mereka melakukan eksperimen dengan menyuntikan kunyit pada tikus yang terkena rheumatoid arthritis.

Supaya anda tahu, rheumatoid arthritis merupakan peradangan sendi yang diakibatkan sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri.

Perawatan dengan kunyit ternyata benar-benar dapat menghambat munculnya gejala rheumatoid arthritis pada tikus dan terjadi pengurangan gejala yang signifikan.

Selain dapat menghambat rheumatoid arthritis, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kurkumin dapat meringankan gejala dari uveitis atau biasa disebut peradangan jangka panjang pada lapisan tengah mata.

Mengkonsumsi kunyit setiap hari selama beberapa bulan juga dapat meningkatkan fungsi dari ginjal bagi orang yang menderita radang ginjal.

5. Meredakan Nyeri Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan inflamasi ringan yang menyebabkan sendi terasa nyeri. Hal ini terjadi karena gesekan pada ujung-ujung dari tulang yang menyusun sendi.

Sesuai penelitian, bahwa jika kita mengambil ekstrak kunyit maka itu dapat meringankan rasa sakit penderita osteoarthritis. Kunyit bisa bekerja bagaikan ibuprofen guna melenyapkan rasa sakit pengidap osteoarthtritis sebagaimana yang dilaporkan WebMD dalam satu riset.

6. Dapat Menjadi Pereda Gangguan Pencernaan

Kandungan kurkimin yang ada pada kunyit dapat bekerja dengan empedu, merangsang empedu tersebut untuk bekerja secara optimal, dan membantu pencernaan

7. Mampu Menekan Penyakit Jantung Dan Diabetes

Dalam suatu penelitian membuktikan bahwa kurkumin dapat membantu untuk mencegah penumpukan plak. Penumpukan plak sendiri umumnya menyebabkan serangan jantung dan stroke karena plak yang menumpuk dan menyumbat arteri.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini tentang cara menanam kunyit serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Semoga tanaman kunyit anda dapat tumbuh besar dan dapat berguna. Selalu gunakan pupuk organik ya, jangan gunakan pupuk kimia agar pertumbuhan kunyit anda optimal dan tetap jaga kesuburan dari tanah anda.

Sekian untuk pembahasan kali ini, semoga anda semua mendapatkan manfaat dan pelajaran setelah membaca cara menanam kunyit ini. Terima Kasih!

 

The post Cara Menanam Kunyit di Polybag dan Pot Beserta Manfaat Kunyit appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Daun Bawang di Rumah dengan Media Sederhana https://mesinpertanian.id/cara-menanam-daun-bawang/ Fri, 18 Sep 2020 08:33:20 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=4077 Apakah anda tahu bagaimana cara menanam daun bawang sendiri dirumah? Daun bawang merupakan tanaman yang serba guna. Tanaman daun bawang dapat tumbuh pada iklim apapun. Anda memiliki halaman yang luas, teras rumah yang kecil, ataupun hanya jendela yang mengarah ke sinar matahari yang cerah? Dengan ini anda dapat menanam daun bawang sendiri dirumah dengan tempat […]

The post Cara Menanam Daun Bawang di Rumah dengan Media Sederhana appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Apakah anda tahu bagaimana cara menanam daun bawang sendiri dirumah? Daun bawang merupakan tanaman yang serba guna.

Tanaman daun bawang dapat tumbuh pada iklim apapun. Anda memiliki halaman yang luas, teras rumah yang kecil, ataupun hanya jendela yang mengarah ke sinar matahari yang cerah? Dengan ini anda dapat menanam daun bawang sendiri dirumah dengan tempat yang tidak terlalu luas.

Kalian dapat menikmati daun bawang yang sudah anda beli atau anda tanam sendiri sebagai campuran dalam olahan salad, sup, dan lainnya. Di zaman yang serba canggih ini, anda tidak perlu repot-repot lagi untuk memotong daun bawang dengan pisau. Karena zaman sekarang sudah banyak mesin pengiris bawang.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan langkah-langkah cara menanam daun bawang sendiri di rumah. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih lagi untuk membeli daun bawang di pasar. Berikut ulasannya untuk anda.

Langkah 1: Cara Menanam Daun Bawang dari Benih atau Bibit

Yang pertama cara menanam daun bawang adalah dengan cara menanam daun bawang mulai dari benihnya atau bibit.

A. Cara Menanam Daun Bawang dimulai dari Memilih Jenis Bawang

Sebelum kita masuk lebih jauh tentang cara menanam daun bawang, daun bawang merupakan tunas hijau yang sudah tumbuh sebelum umbi dari bawang mulai terbentuk. Pada dasarnya mereka adalah bawang yang masih hijau. Carilah bibit daun bawang, seperti spesies A.

Bawang perai jepang (Welsh onions), bawang merah, putih, atau bombay bisa di pilih sesuai favorit anda untuk ditanam.

  1. Jika anda jika anda tidak ingin menanam daun bawang dari benih, selanjutnya pilihlah bawang merah, putih atau siung bawang untuk ditanam. Biasanya terlihat seperti umbi-umbi kecil yang berakar dan diikat dengan karet gelang atau tali.
  2. Anda dapat memilih mana yang anda ingin untuk menjadi daun bawang saja atau umbi bawangnya untuk tumbuh.

B. Siapkanlah Area untuk Anda Menanam Daun Bawang

Cara menanam daun bawang selanjutnya terserah anda ingin menanam daun bawang di halaman rumah atau sekedar menanam di pot, yang penting tempatnya memiliki sinar matahari dan air yang cukup.

  1. Coba untuk gali tanah hingga 30 cm dan gunakan kompos, tepung darah, atau bahan organik lainnya untuk memperkaya tanah dengan nutrisi. Bertujuan untuk memastikan daun bawang tumbuh kuat serta sehat, dan terus memproduksi tunas selama musim tanam.
  2. Pastikan batu-batu, ranting-ranting dan rumput-rumput liar dibersihkan sebelum anda menggali dan mengerjakan tanahnya.
  3. Anda dapat menggali tanah menggunakan sapu taman jika Anda bekerja pada bidang kecil. Untuk area lebih besar, beli atau sewa kultivator untuk mempermudah pekerjaan.
  4. Kalau anda hanya ingin untuk menanam beberapa daun bawang, anda dapat mempersiapkan sebuah pot dengan tanah kaya kompos daripada menanamnya di tanah.

C. Mulai Menanam Bibit atau Siung Daun Bawang

Segera setelah tanahnya dapat digunakan. Cara menanam daun bawang selanjutnya adalah kita harus menunggu sekitar empat minggu sebelum musim semi berakhir. Setelah itu, saatnya kita untuk menanam bibit atau siung yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian, jika sudah disiapkan bibitnya, taburkan dengan banyak sedalam sekitar 1,5 cm dalam baris yang diberi jarak terpisah 0,3 m.

Dan jika anda hanya memiliki siung, tanam dengan sisi akar ke bawah, 5 cm terpisah sedalam 3 cm, dalam baris yang diberi jarak terpisah 0.3 m. Siram area tamannya secara menyeluruh.

  1. Bibit dari bawang akan mulai bertunas ketika tanahnya bersuhu diantara 65-86 derajat Fahrenheit (18,33 – 30 derajat Celsius). Hal ini akan perlu diperhatikan hingga sekitar satu bulan bagi bibit bawang untuk bertunas.
  2. Jika lingkungan anda beriklim dingin dengan musim semi yang terlambat, anda dapat mulai menanam bibit di dalam ruangan sekitar delapan minggu sebelum musim semi berakhir.
  3. Setelah itu, tanam bibit dalam biji yang sudah disiapkan di gambut sebagai pot permulaan dan jaga agar tetap tersiram.
  4. Lalu letakkan bibit yang sudah anda tanam pada ruangan hangat dan terkena cahaya selama periode bertunas. Jika tanah yang ada diluar cukup hangat untuk digunakan, pindahkan bibit ke taman atau pot lebih besar.

D. Selalu Rapikan Sekitar Tanaman Daun Bawang Jika Diperlukan

  1. Saat daun bawang anda sudah muncul tunas hijau, tentukan apakah akan membuangnya untuk memberikan lebih banyak ruang. Daun bawang tumbuh dengan baik dalam tandan, tapi untuk hasil paling baik tanaman yang sudah dewasa harus diberi jarak 6-9 cm terpisah.
  2. Lihat area tanam anda dan buang bibit yang jelek jika diperlukan.

E. Taburkan Sisa Tanaman Daun Bawang di Antara Bibit-bibit

  1. Tutupi tanah di sekitar bibit dengan potongan rumput, jerami pinus atau potongan halus kulit pohon. Ini bertujuan untuk menghalangi rumput liar yang tumbuh dan menjaga kelembapan tanah yang merata.
  2. Anda dapat melewati langkah ini jika anda menanam daun bawang dalam pot, karena rumput liar tidak akan menjadi masalah dan anda dapat lebih mudah mengontrol tingkat kelembapan.

F. Siram Tanaman Daun Bawang dengan Teratur

  1. Hal yang paling dibutuhkan daun bawang adalah kelembaban tanah yang merata selama musim tanam. Selalu, siram tanaman bawang anda dengan 3 cm air per minggu. Untuk pertumbuhan optimal, tanah tidak perlu basah, tapi perlu lembap.
  2. Sirami area tanam setiap beberapa hari atau ketika mulai terlihat kering dan berdebu.
  3. Salah satu cara untuk menentukan apakah bawang anda perlu disiram adalah dengan menguji kondisi tanah. Coba untuk memasukkan jari anda, hingga ruas jari kedua, pada bagian tanah yang dekat dengan tanamannya.
  4. Jika Anda merasa bahwa tanahnya kering, sirami. Kalau tanahnya terasa sudah cukup basah, tidak perlu khawatir untuk menyirami, dan ulangi lagi pengujian dalam beberapa hari. Ketika daerah anda sudah terkena hujan akhir-akhir ini, anda mungkin tidak perlu menyirami.

G. Mulai Panen Daun Bawang Anda Jika Sudah Cukup Besar

  1. Jika sudah mencapai tiga sampai empat minggu, tunas hijau akan sepanjang 15-20 cm dan sudah siap dimakan. Panen dengan menarik seluruh tanaman dari tanah. Tanamannya masih belum memiliki umbi yang terbentuk. Kedua bagian putih serta hijau daun bawang akan memiliki aroma dan rasa yang harum.
  2. Jika anda memilih beberapa tanaman untuk tumbuh menjadi bawang, biarkan saja mereka di tanah. Biasanya bagian bawah dari tanaman akan mulai membentuk umbi, yang akan siap dipanen.
  3. Dan kalau anda hanya ingin menggunakan daun bawangnya saja tapi tidak membutuhkan bagian putih yang dekat dengan akar, gunakan saja gunting untuk memotong bagian atas. Cukup sisakan 3-6 cm dan anda dapat memanennya terus ketika sudah mencapai 15-20 cm.
  4. Daun bawang akan memiliki rasa yang semakin kuat dengan semakin dewasanya tanaman.

Langkah 2: Cara Menanam Daun Bawang di Pot atau Polybag dalam Ruangan

cara menanam daun bawang di pot atau polybag

Cara menanam daun bawang yang kedua adalah dengan cara menggunakan media pot atau polybag.

Bahan-bahan yang Anda Perlu Siapkan Untuk Menanam Daun Bawang:

  • Siung atau bibit bawang
  • Tanah subur
  • Pot (preferensi masing-masing)
  • Pupuk kompos
  • Air bersih

A. Pilih Siung Daun Bawang yang Ingin Anda Tanam

Sebelum kita masuk ke cara menanam daun bawang di pot atau polybag, pilih siung bawang merah atau putih untuk ditanam. Cari saja di pasar atau tempat pembibitan yang ada di dekat rumah anda.

Biasanya terlihat seperti akar umbi yang diikat dengan tali atau karet gelang. Dengan jenis siung bawang apapun akan menghasilkan daun bawang bermutu, dan mereka semua tumbuh dengan baik di pot dalam ruangan.

B. Siapkan Pot yang Sudah Terisi Tanah Kompos

Daun bawang akan tumbuh dengan baik dalam tanah yang kaya akan kompos. Jadi, pilihlah tanah yang subur atau anda bisa menambahkan pupuk tambahan sebagai nutrisi tambahan. Sisakan beberapa cm antara tanah dan bibir pot.

Siram tanah terlebih dulu sebelum menanam. Pastikan pot yang anda gunakan memiliki saluran air yang bagus agar tanah tidak terlalu basah.

C. Mulai Tanam Siung Daun Bawang

  1. Tanam siung bawang pada kedalaman tanah kurang lebih 3 cm, arahkan sisi akar bawang ke bawah. Tekan secara lembut bagian atas tanahnya. Jangan lupa beri jarak antara bawang lainnya sekitar 5-6 cm agar ada sedikit ruang untuk akarnya tumbuh tanpa terganggu yang lain.
  2. Selalu siram bawang anda dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup.
  3. Daun bawang anda tanam di dalam ruangan kapan pun selama anda dapat menjaga kondisinya dengan benar.
  4. Bawang membutuhkan sinar matahari yang penuh, dan harus diletakkan pada jendela atau dimanapun tempat yang menerima sinar sepanjang hari.
  5. Selalu pastikan bahwa suhunya tidak turun di bawah titik beku.

D. Daun Bawang Siap Panen Ketika Sudah Berukuran 15-20 Cm

Sekitar beberapa minggu, bagian hijau yang anda inginkan akan muncul dan tumbuh. Baik anda mencabut langsung dari tanah atau gunting bagian hijaunya saja yang berada dibagian atas agar umbinya bisa tetap tumbuh. Jika anda memilih untuk meninggalkan umbinya di pot, setidaknya anda akan mendapatkan kesempatan panen satu kali lagi sebelum berhenti memproduksi.

Langkah 3: Cara Menanam Daun Bawang dalam Botol Kaca

cara menanam daun bawang

selanjutnya, cara menanam daun bawang adalah dengan cara menggunakan media botol kaca.

A. Simpan Umbi dari Daun Bawang

Biasanya anda akan membuang bagian putih dari daun bawang dan hanya menggunakan bagian hijaunya saja. Lain kali, simpanlah bagian putih dan akarnya dari daun bawang. Anda dapat menanam sendiri bagian putih yang ada akarnya daripada harus membuangnya dengan sia-sia. Setelah itu, anda dapat memproduksi daun bawang anda sendiri.

  1. Umbi dari daun bawang apapun itu sudah pasti dapat digunakan. Tapi, anda mungkin memiliki peluang dan hasil jika anda menggunakan daun bawang yang tumbuh di daerah anda. Dengan itu, anda pasti tahu bahwa mereka akan tumbuh baik pada iklim anda.
  2. Mulailah dengan daun bawang yang anda beli di pasar atau di petani.

B. Letakkan Umbi Daun Bawang dengan Akar Menghadap Bawah Botol Kaca

  1. Anda dapat menggunakan jenis botol kaca apapun. Pastikan selalu botol kaca yang anda gunakan bersih, dan tidak terkena cat. Ini bertujuan agar sinar matahari dapat masuk dengan mudah untuk menyinari bawang didalamanya.
  2. Masukkan sebanyak mungkin akar dari daun bawang yang anda ingingkan. Pastikan lagi akar dari bawang yang anda masukkan menghadap ke bagian bawah botol kaca. Hal tersebut bertujuan agar bagian hijaunya dapat tumbuh dan mencapai luar botol.

C. Tambahkan Air dan Sinar Matahari Pada Tanaman Daun Bawang

  1. Tambahkan air secukupnya hinggan menutupi bagian akar dari umbi bawang.
  2. Simpan botol yang sudah ada air dan bawangnya di tempat yang terkena sinar matahari. Dalam beberapa hari anda akan melihat akar dari bawang tadi mulai memanjang. Lalu, tunas hijau kecil akan muncul dan mulai tumbuh ke atas. Pastikan anda menjaga botol agar terisi air yang cukup untuk menutupi bagian putih dan akar bawang.

D. Mulai Panen Bagian Hijau Daun Bawang

Kalau cara menanam daun bawang anda sudah benar, maka daun bawang akan tumbuh mencapai 10-15 cm. Setelah itu daun bawang anda siap untuk dipanen. Keluarkan daun bawang dari dalam botol dan potong atau guntinglah sebanyak yang anda mau. Anda juga bisa menggunakan keseluruhannya jika anda mau.

Jika anda hanya membutuhkan beberapa potongan daun bawang, maka anda dapat memasukkan kembali akar dan umbi bawang ke dalam botol. Dan jika anda memasukkan kembali umbi dan akar bawang, umbi tersebut dapat melanjutkan pertumbuhannya untuk anda panen lagi selanjutnya.

Seharusnya anda dapat memanen bawang yang sama sebanyak 2-3 kali sebelum bawang yang anda tanam tersebut berhenti untuk tumbuh.

  1. Kalau anda memilih untuk menggunakan atau memasukkan kembali umbi bawangnya, jangan lupa untuk selalu mengganti airnya setiap minggu atau lebih. Ini bertujuan untuk menjaga daun bawang tersebut tetap tumbuh dengan baik dan segar.

Tips Cara Menanam Daun Bawang

Tips-tips Pertama:

  • Cara menanam daun bawang yang pertama yaitu mulailah untuk menanam bibit di dalam ruangan selama enam sampai delapan minggu sebelum musim tanam dimulai. Kemudian anda bisa memindahkannya ke tanah di luar.
  • Dan jika anda tidak tertarik untuk menanam daun bawang dari bibit, anda dapat membeli tanaman daun bawang yang sudah ditanam dari tempat penjual bunga atau tanaman.
  • Jika anda menanam bawang di dalam pot atau wadah apapun, jangan lupa untuk selalu menyiramnya dengan teratur. Karena tanah yang ada di dalam wadah atau pot biasanya akan lebih cepat kering.
  • Jikalau tidak disiram secara teratur maka akan ada kemungkinan daun bawang anda tidak tumbuh dengan baik atau bahkan mati.
  • Kalau anda menanam menggunakan umbi bawang, selalu sisakan 3 cm dari ujung akar ke atas guna ditanam kembali. Menanam kembali akan membuat anda selalu mempunyai pasokan daun bawang sendiri sampai akhirnya daun bawang tersebut berhenti tumbuh.

Tips-tips Kedua:

  • Bawang harus ditanam di tempat yang terkena sinar matahari penuh. Jika anda ingin merawat ekstra, selalu jaga keseimbangan pH tanah dikisaran 6,0 sampai 7,5. Hal ini akan membuat tanaman daun bawang anda akan tumbuh dengan optimal dan bagus.
  • Pastikan lagi wadah atau pot mempunyai lubang aliran air untuk keluar.
  • Jika wadah atau pot tidak ada lubang untuk aliran air, maka air akan menggenang di dalam pot. Ini dapat menyebabkan akar dari bawang yang anda tanam membusuk. Maka bawang yang anda tanam akan mati dan harus mengulang semuanya kembali.
  • Kalau anda menanam bawang tersebut di dalam botol, maka anda harus sering-sering untuk mengganti airnya. Gantilah airnya dalam waktu setiap minggu atau lebih agar bawang yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan segar.
  • Selalu pastikan untuk rutin membersihkan tanaman lain yang tumbuh di sekitar tanaman bawang jika anda tidak menanamnya di pot. Itu bertujuan agar bawang anda dapat tumbuh dengan baik dan mendapatkan nutrisi yang cukup.

Bagaimana menurut anda langkah-langkah cara menanam daun bawang yang sudah di jelaskan tadi? Mudah bukan? Semoga setelah ini anda dapat memproduksi daun bawang sendiri di rumah.

Mungkin setelah ini anda dapat mengurangi pengeluaran untuk bahan-bahan makanan karena sudah bisa menanam daun bawang sendiri. Perhatikan setiap langkahnya dengan baik dan benar ya, supaya tanaman daun bawang anda tumbuh dengan baik serta segar.

Itulah langkah-langkah dari cara menanam daun bawang sendiri di rumah yang bisa kita bagikan. Diharapkan anda mendapatkan ilmu yang bermanfaat setelah membaca artikel ini. Selamat mencoba!

The post Cara Menanam Daun Bawang di Rumah dengan Media Sederhana appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Bunga Matahari Mulai Dari Penyemaian https://mesinpertanian.id/cara-menanam-bunga-matahari/ Thu, 17 Sep 2020 08:22:20 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=4062 Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam bunga matahari. Bunga matahari atau dengan nama lain Helianthus Annuus L. Selain sebagai tanaman hias, seperti yang kita ketahui biji dari bunga matahari atau biasa kita sebut kuaci juga biasa dikonsumsi. Bunga matahari yang merupakan bunga nasional negara Ukraina dan bunga resmi negara bagian Kansas, […]

The post Cara Menanam Bunga Matahari Mulai Dari Penyemaian appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam bunga matahari. Bunga matahari atau dengan nama lain Helianthus Annuus L. Selain sebagai tanaman hias, seperti yang kita ketahui biji dari bunga matahari atau biasa kita sebut kuaci juga biasa dikonsumsi.

Bunga matahari yang merupakan bunga nasional negara Ukraina dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat ini juga punya manfaat lain. Bunga matahari juga bisa diolah menjadi sop bunga matahari. Cara membuat sayur sop bunga matahari juga tidak terlalu susah kok.

Selain untuk dikonsumsi, biasanya para pembudidaya mengolah bunga matahari menjadi minyak, pakan ternak dan masih banyak lagi. Apakah anda tertarik untuk membudidayakan bunga matahari anda sendiri? Apalagi di zaman yang serba modern ini kita juga dimudahkan untuk mengeringkan biji-bijian dengan mesin pengering biji-bijian dan kita bisa mengolah kuaci kita sendiri tanpa perlu membeli lagi diluar.

Berikut cara menanam bunga matahari yang sudah kami rangkum untuk anda.

Syarat Dalam Menanam Bunga Matahari

Syarat tumbuh yang tepat menjadi hal yang cukup penting untuk pertumbuhan tanaman bunga matahari.

Maka dari itu anda perlu mengetahui beberapa hal yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman bunga matahari, salah satunya berikut:

Jenis Tanah dan Kandungan pH Tanah

Umumnya jenis tanah yang digunakan untuk menanam bunga matahari adalah memiliki kualitas bagus dan subur. Maka dari itu untuk mendapatkan jenis tanah yang sesuai pastikan pH yang dibutuhkan berkisar 6,0 sampai 7,5

Kondisi Dari Lingkungan

Untuk masa pertumbuhannya sendiri, tanaman bunga matahari sebaiknya ditanam pada tempat yang teduh. Sehingga tidak langsung berkontak dengan angin, yang bisa menyebabkan roboh.

Intensitas Cahaya

Untuk kebutuhan cahaya matahari, jika anda menanamnya di lahan pastikan paparan sinar matahari tersebut cukup, agar dapat memaksimal pertumbuhan bunga matahari secara tepat.]

Kebutuhan Air

Untuk kebutuhan air untuk tanaman bunga matahari, maka hal yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang bagus salah satunya kebutuhan air yang cukup dengan sistem drainase yang diatur sesuai.

Waktu Yang Tepat Untuk Menanam Bunga Matahari

Pengaruh musim saat menanam bunga matahari tentu menjadi salah satu alasan. Harus anda penuhi untuk awal pertumbuhan bunga matahari yang akan ditanam.

Khususnya di Indonesia, yang dikenal dengan iklim tropis sangat bagus untuk pertumbuhan bunga matahari.

Hal ini juga mempengaruhi kondisi lingkungan yang tentunya harus sesuai. Namun pada dasarnya bunga matahari dapat tumbuh di dataran rendah atau tinggi sehingga perawatannya tidak terlalu rumit.

Waktu yang tepat untuk menanam bunga matahari adalah saat musim kemarau dimana curah hujan tidak terlalu tinggi. Seperti yang kita ketahui bersama pada musim kemarau tentu memiliki intensitas cahaya matahari cukup baik. Untuk perkembangan bunga matahari yang baik.

Jenis Bunga Matahari yang Ditanam

Untuk memulai budidaya bunga matahari dalam jumlah besar, selain mempertimbangkan syarat tumbuh dan musim tanam yang sesuai. anda juga perlu mengetahui jenis Bungan yang sesuai dan mudah ditanam

Beberapa rekomendasi yang tepat dan sesuai untuk anda nantinya, ada jenis bunga matahari yang memang cocok untuk budidaya skala besar untuk diambil kwaci atau minyaknya.

Untuk jenis tertentu sangat cocok untuk tanaman hias, bagi anda yang ingin menjualnya untuk tanaman hias.

Berikut Jenis Bunga Matahari yang Banyak Ditanam di Indonesia Antara Lain:

  • Mamoth merupakan bunga matahari yang memliki diameter bunga saat mekar bisa mencapai 30 Cm.
  • Autum beauty merupakan bunga matahari yang memiliki kombinasi warna bunga coklat, orange dan merah, serta diameter bunga matahari ini saat mekar bisa mencapai mencapai 15 Cm, tinggi mencapai 2 Meter.
  • Fiesta del sol merupakan bunga matahari yang memiliki ciri khas berwarna mencolok merah, orange, tinggi tanaman bisa mencapai 1 Meter.
  • Big smile merupakan bunga matahari yang hanya memiliki tinggi tanaman hanya 30 cm, bunga matahari ini cocok pada lahan yang sempit.
  • Sunbeam merupakan bunga matahari yang memiliki tinggi tanaman 1 meter dengan diameter bunga saat mekar bisa mencapai 10 cm.

Cara Menanam Bunga Matahari dan Cara Membudidayakannya

Tahapan menanam bunga matahari agar tumbuh subur, ada beberapa hal yang pastinya anda penuhi. Hal tersebut meliputi beberapa hal salah satunya dalam pemilihan bibit atau biji bunga matahari, perlakuan penyemaian bibit bunga matahari. Berikut tahapan yang bisa anda terapan:

A. Pemilihan Bibit Unggul Bunga Matahari

Sebelum anda menanam bunga matahari, anda harus menentukan dan mengetahui mana bibit bunga matahari yang berkualitas.

Memilih bibit yang bekualitas berkualitas akan berpengaruh terhadap bunga yang dihasilkan.

Berikut Ini adalah Ciri-Ciri Indukan Bunga Matahari yang Berkualitas:

  • Tinggi batang sekitar 1-3 meter.
  • Batang yang berkualitas berbentuk basah.
  • Daun bunga matahari tunggal dan berbentuk hati.
  • Bunga yang di hasilkan besar.

 

Berikut Ciri Benih dari Beberapa Varietas :

  • Mammoth grey memiliki ciri-ciri benih berwarna putih, berukuran besar, dan memiliki corak garis hitam-coklat.
  • Evening sun memiliki ciri-ciri benih  yang memiliki variasi warna mulai dari putih sampai hitam.
  • Velvet queen memiliki ciri-ciri benih yang berukuran lebih kecil.

B. Penyemaian Bibit Bunga Matahari Secara Tepat

Setelah memilih biji atau benih bunga matahari yang tepat dan sesuai, maka tahapan selanjutnya anda bisa melakukan penyemaian bibit atau biji bunga matahari yang sudah dipiliha dan siap semai.

Tujuan dari penyemaian bibit atau biji bunga matahari ini untuk mendapatkan pertumbuhan bibit bunga matahari yang seragam saat siap ditanam nantinya.

Anda Bisa Menerapkan Tahapan Penyemaian Seperti Berikut:

  1. Sebelumnya periksa suhu lingkungan sekitar tempat anda ingin menanam bunga matahari, bunga matahari biasanya agar dapat tumbuh besar dan menghasilkan biji baru memerlukan 80-120 hari tergantung varietas.
  2. Suhu yang tepat agar bunga matahari tumbuh bagus berada dikisaran 64-91°F atau 18-33°C.
  3. Untuk benih atau biji bunga matahari yang dipilih sebelum disemai pastikan untuk direndam terlebih dahulu dengan Pupuk Organik Cair  dengan takaran dosis 1 gelas aqua untuk 10 liter air selama 6 jam.
  4. Setelah perendaman dengan Pupuk Organik Cair, maka biji bunga matahari dikeringkan lalu taruh pada tissue.
  5. Dengan cara melipat benih dalam tissue. Ini bertujuan untuk merangsang benih agar menjadi lebih bagus saat di tanam karena tunas telah muncul. Basahi tissuenya sedikit saja dan jangan sampai terlalu basah.
  6. Lalu letakkanlah biji bunga matahari yang sudah anda siapkan di tengah tissue kemudian lipat. Waktu yang dibutuhkan untuk benih muncul ke permukaan tanah setelah ditanam sekitar 11 hari, bila di letakkan pada tissue biarkan saja selama 1-2 minggu kemudian di tanam.
  7. Kemudian anda bisa memotong tepi kulit biji (jika perlu), jika dalam 2 – 3 hari tidak tumbuh maka potong tepi bijinya hati-hati jangan merusak benih bagian dalam kemudian di tetesi air agar lembab.

Persiapan Media Tanam Bunga Matahari

cara menanam bunga matahari

Tahapan selanjutnya yang bisa anda lakukan setelah proses penyemaian, yaitu memulai persiapan media tanam. Jika anda menanam bunga matahari dengan lahan yang cukup luas, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menunjang pertumbuhan tanaman bunga matahari.

Selain itu bisa juga anda menanam bunga matahari pada pot atau polybag, berikut tahapan yang perlu anda terapkan:

A. Cara Pengolahan Lahan Tanam Secara Tepat

  1. Media tanam untuk bunga matahari dari kombinasi tanah dan kompos yang di campur dengan perbandingan 3:1.
  2. Gunakanlah pupuk kompos agar nutrisi pada kompos menyatu dengan tanah karena mengandung unsur hara makro dan mikro yang membuat tanah menjadi subur. Selain pemberian pupuk kompos pemberian pupuk dengan takaran dosis 150 kg/ha dengan cara ditebar secara merata ke sekitar lahan.
  3. Kombinasi selanjutnya anda bisa menggunakan pupuk cair sebagai salah satu stimulant atau booster tanah yang akan memaksimalkan kualitas tanah. Dengan takaran dosis 5 kg/ha dengan 1 gelas air, untuk pengaplikasiannya dengan menyemprot pada tanah dalam kondisi tanah basah atau lembab.

B. Persiapan Media Tanam Dalam Pot atau Polybag

Selain menanam pada lahan atau kebun yang luas, anda juga bisa membudidayakan Bunga matahari dalam skala besar hanya dengan media pot.

Dalam cara menanam bunga matahari, bunga matahari tidak membutuhkan persyaratan yang khusus tetapi tetap di sarankan untuk menyiapkan tanah yang gembur untuk memudahkan proses penyerapan air.

Berikut Tahapan Menanam Bunga Matahari Dalam Pot:

  1. Penanaman benih ke media di jalani dengan metode menancapkan bagian yang runcing kuaci ke media tanam jangan di benamkan seluruhnya serta sisakan bagian atas untuk tetap timbul permukaan.
  2. Pembibitan bunga matahari bisa di semaikan pada polybag ataupun pot. Kombinasi pada polybag menggunakan tanah, kompos serta arang sekam dengan perbandingan 1: 1: 1.
  3. Untuk mengoptimalkan perkembangan, anda dapat menambahkan pupuk organik dengan metode disebar secara menyeluruh kedalam pot.
  4. Setelah itu anda dapat mengkombinasikannya dengan pupuk cair dengan takaran dosis 25 ml/pot dengan metode menyemprot secara menyeluruh kedalam tanah.
  5. Sehabis itu di siram dengan air seperlunya serta tempatkan pada ruang yang tidak terpapar cahaya matahari langsung. Penyiraman di jalani teratur supaya tumbuhan lembab.

Menanam Bunga Matahari Secara Efektif

A. Lahan dan Jarak Tanam Bibit Bunga Matahari

Berikut Ini adalah Tahapan Pemindahan Bibit Bunga Matahari Kedalam Lahan:

  1. Jika anda ingin menanam bunga matahari, lebih baik pada lahan terbuka karena bunga matahari akan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dibutuhkan 6-8 jam/hari untuk menyinari bunga matahari.
  2. Tanamlah bunga matahari dengan kedalaman tanah 2,5-5 cm dengan jarak tanam 15 cm setiap tanaman agar tidak mengganggu tanaman lain. Jika menanam sekumpulan besar bunga matahari berikan jarak 76 cm setiap lubang.
  3. Lalu pindahkan bibit bunga matahari yang sudah semai secara perlahan kedalam lahan tanam, dengan membuka bibit bunga matahari secara perlahan dari media semai. Pastikan pada saat memindahkannya, bibit bunga matahari ikut tercabut semua akarnya.
  4. Kemudian setelah itu, bibit yang sudah ditanam dengan perlahan masukkan ke lubang tanam hingga akar tanam tidak nampak lagi ke permukaan. Tekan secara perlahan agar tanamana masuk dengan baik kedalam lubang.

B. Menanam Bibit Bunga Matahari Kedalam Pot

Proses Penanaman Bibit Bunga Matahari yang Sudah di Semai Kedalam Pot Secara Tepat, Berikut Tahapannya:

  1. Pertama, anda bisa memindahkan bibit yang sudah semai kedalam pot dengan cara mencabut secara perlahan bibit yang sudah semai dari media semainya.
  2. Kemudian anda bisa memindahkan secara perlahan bibit bunga matahari kedalam media pot yang sudah anda siapkan tadi, gunakan alat centong tanah untuk memasukkan bibit bunga matahari secara perlahan kedalam media pot.
  3. Pastikan akarnya ikut terangkat dengan baik dan pastikan tidak ada yang rusak, setelah itu masukkan kedalam media pot dengan tepat secara perlahan agar bibit bunga matahari tidak rusak pada satt penanaman.

Cara Memelihara Bunga Matahari Secara Benar

Pemeliharaaan menjadi salah satu bentuk perawatan yang tentu dapat menunjang hasil pertumbuhan bunga matahari. Maka dari itu, bunga matahari yang bisa menghasilkan kualitas bagus tentu harus sesuai juga Teknik perawatannya.

A. Teknik Perawatan Tanaman Bunga Matahari

  1. Jaga kelembapan tanah hingga tunas muncul. Lakukan penyiraman dengan air dengan jarak 7,5-10 cm jauh dari tanaman karena tunas masih kecil dan mudah rapuh hanyut terbawa air jika terlalu dekat dengan tunas bunga matahari.
  2. Disaat tanaman sudah memiliki batang, siramlah bunga matahari dalam kurun waktu seminggu sekali. Selalu pastikan tanaman tercukupi oleh sinar matahari.
  3. Jika di rasa mengganggu pertumbuhan bunga yang lain maka potonglah tanaman bunga agar berkembang dengan maksimal dan rapi serta tidak saling merebut nutrisi dan menularkan penyakit ke tanaman bunga matahari yang masih sehat.

B. Teknik Pemupukan Tanaman Bunga Matahari

Berikut Tahapan Pemupukan Bunga Matahari yang Bisa Anda Terapkan Untuk Bunga Matahari:

  1. Pemupukan pada bunga matahari usia 10 sampai 21 HST maka anda harus memilih pupuk yang tepat, salah satunya untuk menunjang pertumbuhan bunga matahari secara maksimal.
  2. Untuk pemberian pupuk di tujukan pada saat pemiliharaan. Jika di gunakan hanya untuk tanaman hias cukup dengan pemberian Pupuk Organik Cair di sekitar tanaman.
  3. Dengan dosis 8 liter/ha yaitu takaran 500 ml atau setara 2 gelas air yang disemprot secara merata disekitar tanaman bunga matahari didalam lahan terbuka.
  4. Untuk pengaplikasian pada tanaman bunga matahari yang ada di pot, maka anda bisa memberikan Pupuk Organik Cair dengan takaran dosis 5 ml/pot.
  5. Setelah umur 30 HST, anda harus memberikan pupuk cair tambahan dengan dosis 5 kg/ha dengan takaran penggunaan 1 gelas air mineral per tangki dengan cara disemprot secara merata ke sekitar tanaman bunga matahari.
  6. Untuk penggunaan pada tanaman Bungan matahari di pot, maka dosis yang digunakan untuk pupuk cair 25 ml/pot. Kemudian semprot pada sekitaran tanaman didalam pot.

C. Teknik Pengendalian Hama atau Penyakit

Bunga matahari biasanya memiliki musuh alami atau hama yang sering menyerah bunga matahari yaitu burung, siput ataupun serangga lainnya.

Untuk mencegah segala hama yang menyerang tumbuhan bunga matahari yaitu dengan memberi umpan terutama untuk siput agar tidak merusak tanaman. Ketika tanaman bunga matahari sudah tumbuh mencapai tinggi 1 meter lebih baik untuk segera memasang pagar di sekitar tanaman.

Namun anda tidak perlu bingung, serangan hama dan penyakit bisa diminimalisir dengan penggunaan pupuk yang tepat.

Fungsi penggunaan pupuk organik tidak hanya menutrisi pertumbuhan tanaman bunga matahari saja tapi juga memperbaiki kualitas tanah atau lahan yang ditanami.

Cara Panen Bunga Matahari

cara menanam bunga matahari

Waktu Panen adalah Waktu yang Dinantikan Oeh Anda, Berikut Tahapan Memanen Bunga Matahari dan Ciri-ciri Bunga Matahari Siap Panen:

  • Dalam waktu 30-45 hari, bunga matahari akan bertahan dan memiliki ciribagian belakang kepala bunga matahari berubah warna dari hijau menjadi coklat
  • Jika ingin di keringkan tutupi bunga dengan kantung kertas untuk melindungi dari burung. Potong bunga dengan sedikit miring
  • Kemudian gantung kelopak bunga selama berminggu-minggu dan bijinya sudah dapat di ambil cukup di sodok dengan kayu atau dengan jari biji akan rontok dengan mudah

Sekian cara menanam bunga matahari atau membudidayakannya. Dengan menggunakan pupuk yang bagus, itu akan meningkatkan kualitas dari tanaman bunga matahari anda. Jika anda sudah mengikuti setiap langkah-langkah cara menanam bunga matahari yang sudah diberikan. Maka saya yakin anda dapat memanfaatkan tanaman bunga matahari anda dengan menjualnya dan menjadikannya sebagai peluang bisnis.

The post Cara Menanam Bunga Matahari Mulai Dari Penyemaian appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Bawang Merah Beserta Manfaatnya https://mesinpertanian.id/cara-menanam-bawang-merah/ Wed, 16 Sep 2020 11:37:40 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=4049 Pernahkah Anda berpikir bagaimana cara menanam bawang merah sendiri? Bawang merah yang umumnya diketahui sebagai bahan bumbu masakkan yang paling utama atau paling sering digunakan didunia. Bawang merah berasal dari negara Pakistan, Iran, dan tumbuh di pegunungan-pegunungan yang ada disebelah utara negara tersebut. Setelah berjalannya waktu, bawang merah pun tersebar ke seluruh penjuru dunia, baik […]

The post Cara Menanam Bawang Merah Beserta Manfaatnya appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Pernahkah Anda berpikir bagaimana cara menanam bawang merah sendiri? Bawang merah yang umumnya diketahui sebagai bahan bumbu masakkan yang paling utama atau paling sering digunakan didunia. Bawang merah berasal dari negara Pakistan, Iran, dan tumbuh di pegunungan-pegunungan yang ada disebelah utara negara tersebut.

Setelah berjalannya waktu, bawang merah pun tersebar ke seluruh penjuru dunia, baik itu sub-tropis ataupun tropis.

Bawang merah selain digunakan sebagai bahan masakan yang sangat wajib. Setelah dikupas menggunakan mesin pengupas bawang, bawang merah juga bisa diolah. Biasanya bawang merah diolah menjadi bawang goreng, campuran sambal, dan lainnya.

Selain digunakan sebagai bahan bumbu makanan, bawang merah juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Karena didalam bawang merah terdapat kandungan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik dan Benar

cara menanam bawang merah

Cara Menanam Bawang Merah : Bagian 1 Menyiapkan Penanaman

1. Pilih Jenis Bawang Merah Yang Ingin Anda Tanam

Seperti kebanyakan buah-buahan dan sayuran, ada berbagai macam variasi bawang merah yang menarik dengan alasan yang berbeda-beda. Bawang merah hadir dalam tiga warna umum – putih, kuning, dan merah/ungu. Masing-masing memiliki rasa yang berbeda. Selain itu, bawang merah dikelompokkan menjadi dua jenis waktu tumbuh: siang hari yang panjang dan siang hari yang pendek.

Bawang merah termasuk ke dalam bagian kategori siang hari yang panjang karena mereka dapat mulai tumbuh ketika siang hari. Panjang waktunya antara 14 sampai 16 jam (akhir musim semi/musim panas). Sedangkan bawang yang masuk dalam kategori siang hari yang pendek mulai tumbuh ketika siang hari panjangnya antara 10-12 jam (musim dingin/awal musim semi).

Bawang merah di siang hari yang panjang sangat cocok untuk tumbuh di wilayah utara AS. Sedangkan bawang merah di siang hari yang pendek sangat cocok untuk tumbuh di wilayah selatan AS.

Bawang kuning adalah bawang merah yang berwarna keemasan dan memiliki rasa yang sedikit manis, bawang merah yang berwarna putih memiliki rasa dan aroma yang sedikit lebih tajam daripada bawang kuning, dan bawang merah adalah bawang yang berwarna ungu dan sering dimakan segar daripada dimasak.

2. Tentukan Bagaimana Anda Menanam Bawang Tersebut

Secara garis besar, terdapat dua cara yang sangat umum untuk menanam bawang. Yaitu, menanam bawang merah menggunakan umbi bawang ataupun dengan menggunakan biji bawang.

Umumnya para petani lebih suka menanam dengan menggunakan umbi. Karena, dengan cara ini bawang merah dapat sedikit lebih kuat dan lebih tahan terhadap cuaca buruk daripada menanam bawang merah biji bawang. Namun, jika Anda mampu dan ingin menanam bawang dari biji di dalam ruangan dan memindahkannya ke luar rumah, Anda pasti bisa membesarkan bawang Anda yang berasal dari biji.

Anda bisa memilih untuk menanam bawang dari cangkok/stek, tetapi ini tidak selalu berhasil dan jauh lebih sulit dilakukan daripada menggunakan umbi atau biji.

Kunjungi penjual bibit di kota Anda untuk mendapatkan rekomendasi tentang umbi dan biji bawang yang bisa tumbuh dengan baik di daerah Anda.

3. Ketahui Kapan Waktunya Untuk Menanam

Bawang bisa sulit tumbuh jika mereka tidak ditanam di waktu yang tepat. Jika ditanam di cuaca yang dingin, mereka bisa mati atau membuang energinya dalam bentuk bunga bukan dalam bentuk umbi di musim semi.

Dan jika Anda lebih memilih untuk menanam biji, mulailah menanamnya di dalam ruangan setidaknya 6 minggu sebelum ditanam di luar ruangan. Bawang bisa ditanam di luar ruangan di akhir Maret atau awal April, atau ketika suhunya tidak turun di bawah -7 °C.

4. Pilih Lokasi Yang Ideal

Bawang tidak terlalu memilih tempat ketika tiba saatnya musim tanam, tetapi mereka memiliki beberapa kesukaan. Pilih tempat dengan ruang yang lapang dan sinar matahari penuh.

Bawang akan tumbuh cukup besar jika mereka diberi ruang yang cukup, jadi ingatlah bahwa semakin besar ruang tanam yang Anda berikan kepada mereka untuk tumbuh, semakin besar bawang yang akan Anda dapatkan. Jangan pernah menanam bawang pada lokasi yang telah ternaungi oleh tanaman lain atau pohon-pohon besar.

Bawang tumbuh dengan baik di bedeng, jadi jika Anda tidak memiliki ruang kebun yang cukup besar, Anda bisa membuat bedeng yang terpisah untuk tanaman bawang Anda.

5. Siapkan Tanahnya

Walaupun dibutuhkan lebih dari satu rancangan pemikiran atau beberapa, maka akan lebih baik jika Anda bisa menyiapkan tanah untuk media tanam beberapa bulan sebelum Anda menanam bawang merah, dan Anda akan memperoleh tanaman bawang yang sudah anda tanam menjadi lebih baik nantinya.

Jika sangat memungkinkan, mulailah mengolah tanah dan menambahkan pupuk di musim gugur. Setelah itu, jika tanah Anda banyak mengandung batu, pasir, atau banyak mengandung tanah liat, campurkan beberapa tanah pot (campuran dari lempung, gambut, pasir dan pupuk) untuk membantu memperbaiki media tanamnya.

Selain dari pada itu, cobalah untuk menguji kadar pH tanah yang sudah anda siapkan sebelumnya serta coba untuk tambahkan senyawa yang diperlukan agar kadar pH dalam tanah Anda berada di kisaran 6 sampai 7,5 pH.

Waktu terbaik untuk menguji dan mengubah pH tanah adalah setidaknya satu bulan sebelum penanaman, sehingga tambahan bahan apa pun memiliki waktu yang cukup untuk menimbulkan efek pada tanah dan menyiapkan fondasi bagi bawang untuk tumbuh.

Cara Menanam Bawang Merah : Bagian 2 Menanam Bawang

1. Siapkan Tanahnnya

Ketika Anda sudah siap untuk menanam bawang merah, galilah tanah Anda dengan kedalaman sekitar 15,2 cm. Setelah itu, tambahkan satu lapisan pupuk fosfor (sekitar 1 cangkir per 6 meter). Gunakanlah campuran seperti 10-20-10 atau 0-20-0 maka campuran tersebut akan memberi dorongan tambahan lebih untuk perkembangan bawang merah Anda.

Pada titik ini, pastikan untuk menyingkirkan semua gulma yang muncul di petak tanah yang Anda gunakan untuk menanam bawang Anda.

2. Gali Lubangnya

Setelah anda melakukan langkah sebelumnya, maka tanam umbi bawang atau biji bawang yang sudah Anda siapkan sebelumnya dengan kedalaman tidak lebih dan tidak kurang dari dari 2,5 cm dari permukaan tanah yang sudah anda gali sebelumnya; jika terlalu banyak umbi yang ditanam, pertumbuhan bawang akan berkurang dan menyempit.

Cobalah untuk menanam umbi bawang Anda dengan jarak 10,2-15,2 cm, dan biji bawang dengan jarak 2,5-5,1 cm. Ketika bawang mulai tumbuh, Anda dapat memindahkan mereka dan memberi jarak tanam yang lebih jauh untuk meningkatkan ukuran pertumbuhan mereka.

3. Tanam Bawangnya

Setelah Anda sudah menggali tanah sesuai dengan ketentuan sebelum ini, Masukkanlah biji bawang merah pada lubang yang telah Anda gali sebelumnya, lalu setelah itu tutup dengan 1,25 sampai 2,5 cm tanah. Gunakanlah tangan Anda atau sepatu Anda guna memadatkan tanah di atas bawang merah tersebut; bawang akan tumbuh dengan lebih baik pada tanah yang padat, bukan pada tanah yang gembur.

Selesaikan penanaman dengan menambahkan sedikit air pada tanah yang sudah anda tanami bawang merah, dan Anda sudah siap untuk melihat tanaman Anda tumbuh!

Bawang dari hasil cangkok membutuhkan lebih banyak air daripada tanaman bawang dari umbi atau biji, sehingga Anda harus memberi kelembaban tambahan jika Anda menanam bawang jenis ini.

4. Jagalah Media Tanam Bawang Anda

Bawang adalah tanaman yang relatif lemah, karena memiliki sistem akar yang rapuh dan mudah dirusak atau dimanfaatkan oleh gulma dan karena mendapat tarikan.

Selalu gunakan alat cangkul untuk memangkas atau memotong bagian atas dari setiap gulma yang muncul pada permukaan tanah, bukan dengan cara mencabutnya menggunakan tangan Anda; jika Anda menarik gulma itu dapat membuat akar tanaman bawang Anda ikut tertarik, dan akan membuatnya sulit tumbuh.

Coba untu selalu menyiram bawang Anda dengan kuantitas sekitar 2,5 cm air dalam tiap minggu dan seterusnya. Tambahkanlah tanaman bawang merah Anda dengan pupuk nitrogen sekali dalam sebulan untuk memberi nutrisi tambahan. Satu bulan setelah penanaman, tambahkan lapisan mulsa di antara tiap-tiap tanaman untuk mempertahankan kelembaban dan menghindari tumbuhnya gulma.

Jika Anda ingin bawang Anda terasa sedikit manis, berilah mereka lebih banyak air daripada biasanya.

Jika tanaman bawang Anda ada yang berbunga, cabutlah tanamannya. Karena, bawang tersebut telah ‘terkunci’ serta tidak akan bisa tumbuh lagi dengan ukuran atau rasa yang normal.

5. Panen Bawang Anda

Jika Anda sudah melakukan semua langkah yang sudah diberikan sebelumnya, maka bawang merah yang Anda tanam sudah siap untuk dipanen dan jika pucuk tanamannya tampak kuning keemasan; pada titik ini, tekuk pucuk tersebut sampai terhampar rata di atas permukaan tanah. Melakukan tindakan seperti ini akan memindahkan lebih banyak nutrisi  untuk memperbesar umbi bawang Anda, bukan untuk menumbuhkan tunas.

Dalam waktu 24 jam, pucuk dari bawang merah yang anda tanam akan terlihat berwarna coklat dan bawang tersebut siap untuk dicabut. Cabutlah bawang Anda dari tanah serta pangkas tunasnya sekitar 2,5 cm di atas umbi dan akar.

Cobalah untun membiarkan bawangnya kering dalam waktu kurang lebih selama satu sampai dua hari di bawah sinar matahari, kemudian pindahkan bawang Anda ke tempat yang kering yang sudah Anda siapkan di dalam ruangan selama 2-4 minggu untuk melanjutkan proses pengeringan.

  1. Siapkan tempat menyimpan bawang Anda di dalam karung yang berongga atau di atas kawat kasa yang berguna untuk memberi aliran udara yang baik ketika bawang dikeringkan. Proses ini akan membantu agar bawang Anda menjadi lebih tahan lama dan mempertahankan rasanya.
  2. Bawang yang manis akan lebih cepat membusuk karena kadar airnya tinggi, jadi konsumsi terlebih dahulu bawang jenis ini untuk mencegah pembusukan.
  3. Buang, atau potong dan gunakan, setiap bawang yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan agar mereka tidak menyebarkan penyakit ke bawang lain yang ada di dalam penyimpanan.

Cara Menanam Bawang Merah di Pot

cara menanam bawang merah

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:

  • Pot
  • Tanah subur
  • Bibit bawang merah

Kamu bisa mendapatkan bibit dari bawang merah di rumah.

Cara Menanam Bawang Merah di Pot

  1. Sediakan tanah subur dan pot sebagai media tanam dari bawang merah yang ingin Anda tanam lalu tambahkan sedikit pupuk ke dalam tanah subur yang sudah Anda sediakan tersebut.
  2. Pilihlah bawang yang bagus sebagai bibit. Jangan gunakan bawang merah yang sudah ada bercak hitam pada bawang merah tersebut, karena itu bisa mengakibatkan penyakit.
  3. Potong bagian ujung bawang merah sedikit saja. Jika sudah tumbuh daun pada bawangnya, maka tidak usah dipotong.
  4. Taruhlah beberapa siung bawang merah yang sudah tua tadi ke dalam pot yang sudah anda siapkan. Cara Anda mengetahui bawang merah tersebut sudah tua atau belum yaitu, bawang merah yang sudah tua memiliki ciri fisik sedikit kering dan terkadang sudah memiliki sedikit daun yang muncul.
  5. Tanam bawang merah Anda pada tanah yang sudah Anda siapkan sebelumnya di kedalaman kurang lebih 5 hingga 7 cm ke dalam tanah, setelah itu timbun kembali dengan tanah. Bawangnya jangan ditekan ya.
  6. Jangan lupa untuk menyiram calon bawang merah setiap pagi dan sore. Hindarkan air menggenang dalam pot.
  7. Bawang merah biasanya bisa dipanen setelah 60 – 90 hari. Bawang merah yang sudah bisa dipanen memiliki tanda-tanda. Yaitu, sudah memiliki daun yang layu dan sedikit kering. Jika Anda menanamnya di pot, biasanya terdapat tunas bawang yang menjulang ke atas.
  8. Bawang merah yang sudah dipanen sebaiknya kamu jemur 1 – 2 minggu, agar kandungan airnya berkurang. Sehingga bawang merah menjadi lebih awet saat disimpan.

Manfaat Bawang Merah

Tak hanya sedap untuk dijadikan bumbu di berbagai olahan masakan. Namun ternyata bawang merah juga mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, loh. Dilansir dari Klik Dokter, Jurnal Phytotheraphy Research menyebutkan bahwa bawang merah merupakan salah satu sumber antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Masih ada banyak manfaat lain dari bawang merah bagi kesehatan tubuhmu. Berikut ini beberapa manfaat dari bawang merah untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kalau kamu sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu bisa coba mengonsumsi bawang merah. Kandungan probiotik dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stress, loh. Selain itu, bakteri baik pada bawang merah dipercaya mampu merangsang kinerja otak juga.

2. Baik Untuk Kesehatan Mata

Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah rupanya baik untuk kesehatan mata, loh. Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione yang berperan sebagai antiosidan. Selain itu, vitamin E yang terkandung pada bawang merah juga sangat baik untuk mata.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa bawang merah mampu mencegah osteoporosis. Tak hanya itu, bawang merah juga dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dengan menjaga massa tulang.

4. Mencegah Peradangan

Terdapat salah satu kandungan yaitu kandungan quercetin pada bawang merah dipercaya oleh orang banyak dapat meredakan radang. Jadi buat kamu yang sedang mengalami radang tenggorokan khususnya, bisa coba mengonsumsi bawang merah. Selain itu, bawang merah juga dapat membantu mengurangi nyeri kepala karena sinus dan hidung tersumbat.

Hal ini karena kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah, yang mampu menghancurkan mukus.

5. Melancarkan Pencernaan

Saat kamu mengalami gangguan pencernaan, mulailah coba mengonsumsi bawang merah. Kandungan serat yang terdapat pada bawang merah ini baik bagi pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Selain itu, bawang merah juga dapat mencegah diare dan sembelit.

Bawang Merah Untuk Kesehatan

1. Memperlancar Sistem Pernapasan

Bawang merah merupakan salah satu obat yang dipercaya sebagai obat antiradang, bawang merah juga dipercaya dapat memperlancar sistem pernapasan. Oleh sebab itu, penderita asma dan alergi disarankan untuk mengonsumsi bawang merah.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kalau kamu memiliki riwayat sakit jantung atau masalah pada jantung, cobalah konsumsi bawang merah. Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam bawang merah dapat membantu kerja jantung. Selain itu, kandungan organosulfur pada bawang merah dapat mencegah resiko munculnya penyakit kardiovaskuler.

Ada lagi kandungan lain yang terdapat pada bawang merah yaitu, kandungan tiosulfinat yang mampu menurunkan resiko dari penyakit stroke.

3. Mencegah Kanker

Kandungan quercetin dan antosianin pada bawang merah dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Nah, tak heran kalau bawang merah ini terkenal menjadi salah satu obat mujarab untuk menghancurkan kanker sel kolon dan payudara.

4. Kadar Gula Darah Menurun

Kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang merah dipercaya mampu menurunkan gula darah, loh. Kalau kamu memiliki masalah dengan gula darah, kamu bisa coba selalu menambahkan bawang merah ke dalam menu makanan, ya.

5. Memperkuat Sistem Imun

Kandungan selenium pada bawang merah dipercaya mampu meningkatkan sistem imun. Memakan bawang merah mentah atau matang, maka sistem imun akan bekerja dan kamu akan terhindar dari infeksi penyakit.

Sekian pembahasan hari ini tentang bagaimana cara menanam bawang merah beserta sederet manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Terima kasih.

The post Cara Menanam Bawang Merah Beserta Manfaatnya appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Bawang Bombay Dan Manfaatnya https://mesinpertanian.id/cara-menanam-bawang-bombay/ Wed, 25 Mar 2020 12:27:33 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3954 Cara Menanam Bawang Bombay-Hampir setiap orang pasti mengenali bawang bombay ini. Tanaman ini disebut dengan bawang bombay dikarenakan bawang ini berasal dari daerah Bombay, negara India. Bawang bombay ini masih sejenis dengan bawang merah dan juga bawang putih. Bawang ini mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan bawang merah dan juga bawang putih yaitu kira-kira […]

The post Cara Menanam Bawang Bombay Dan Manfaatnya appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Bawang Bombay-Hampir setiap orang pasti mengenali bawang bombay ini. Tanaman ini disebut dengan bawang bombay dikarenakan bawang ini berasal dari daerah Bombay, negara India.

Bawang bombay ini masih sejenis dengan bawang merah dan juga bawang putih. Bawang ini mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan bawang merah dan juga bawang putih yaitu kira-kira satu kepalan tangan milik orang dewasa. Lapisan daging bawang bombay juga sangat tebal.

Bawang bombay ini sering sekali dipakai sebagai campuran dari berbagai macam makanan dikarenakan dianggap lebih efisien daripada bawang merah. Ini dikarenakan bawang bombay bisa menambah kelezat dari suatu masakan. Bawang bombay ini mempunyai karakter rasa yang sedikit manis dan juga beraroma cukup kuat.

Selain dikarenakan rasanya yang sangat enak, mengkonsumsi bawang bombay ini juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ini dikarenakan bawang bombay memiliki banyak vitamin, mineral dan juga antioksidan. Beberapa kandungan yang ada di dalam bawang bombay ini diantaranya yaitu : karbohidrat, protein, vitamin B6, vitamin C, mangan, magnesium, fosfor, folat, zat besi, kalium, sulfur, kalsium dan juga antioksidan kuersetin.

Kandungan yang ada di dalam bawang bombay tersebut bisa memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh seperti :

  • Membantu menyamarkan bekas luka.
  • Menurunkan kadar gula darah.
  • Anti kanker.
  • Anti aging alami.
  • Meredakan radang teggorokan.
  • Antioksidan tubuh.
  • Mengobati batuk, flu dan bronkhitis.

Bawang bombay merupakan komoditas pertanian dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Bawang bombay ini mulai di budidaya kan secara banyak untuk dijual dipasaran. Bagi teman-teman yang tertarik dan juga ingin mengetahui bagaimana cara menanam bawang bombay supaya bisa ikut membudidayakannya, berikut akan saya paparkan langkah-langkah menanam bawang bombay yang benar untuk teman-teman sekalian.

Cara Menanam Bawang Bombay

cara menanam bawang bombay

1. Persiapan Lahan

Persiapan lahan merupakan langkah awal dari cara menanam bawang bombay ini. Tanamman bawang bombay bisa tumbuh dengan baik pada area yang memiliki suhu sekitar 18° sampai 20°C. Daerah dipegunungan merupakan lokasi terbaik untuk tumbuhan bawang bombay ini. Teman-teman yang berada di dataran rendah sebenarnya juga bisa untuk menanam bawang bombay ini tetapi pertumbuhan dan juga perkembangannya tidak akan bisa maksimal jadi hasil panen teman-teman juga tidak akan terlalu optimal. Persiapan dari lahan untuk bisa menanam bawang bombay ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  • Minimal 200m diatas permukaan laut.
  • Terpapar sinar matahari langsung minimal 10 jam sehari.
  • Memiliki tingkat keasaman tanah (pH) sekitar 5,5-7,5.
  • Dekat dengan sumber air.
  • Tanah gembur.
  • Memiliki cukup kandungan unsur hara.

Jika sudah ditemukan lahan tanam yang pas maka lakukan saja penyiangan dari tanaman-tanaman yang menutupi sinar matahari.

2. Penggemburan Tanah

Penggemburan pada tanah ini bertujuan supaya meratakan kandungan unsur hara yang ada didalam tanah. Selain daripada itu tanah yang gembur juga bisa memudahkan perakaran pada tanaman. Untuk menggemburkan tanah, teman-teman bisa menggunakan cangkul ataupun menggunakan mesin bajak yang modern.

3. Pemberian Pupuk Dasar

Untuk pemberian pupuk dasar ini bertujuan supaya bisa menjaga suplai unsur hara didalam tanah selalu tercukupi selama masa pertumbuhan dari bawang bombay hingga masa panen. Pupuk dasar yang digunakan alangkah baiknya menggunakan pupuk organik seperti contohnya pupuk kompos, pupuk kandang ataupun pupuk organik butiran yang banyak dijual di toko-toko pertanian.

Usahakan jangan menambahkan atau menggunakan pupuk anorganik seperti NPK, ZA, UREA dll. Ini dikarenakan pupuk kimia bisa mengurangi rasa enak dari umbi pada bawang bombay. Hal ini dikarenakan residu pupuk kimia yang terserap di umbi masih cukup tinggi.

Cara pemberian pupuk dasarnya adalah sebagai berikut :

  • Gali tanah sedalam 20 cm dan memanjang membentuk alur alur tanam.
  • Taburkan pupuk organik disepanjang alur lubang.
  • Campurkan saja secara merata menggunakan cara mencacahnya menggunakan tanah supaya tercampur rata dengan tanah.
  • Tutup lubang dan tinggikan tanah diatasnya membentuk bedengan.

Bedengan tanaman bawang bombay ini tidak usah dilapisi menggunakan plastik mulsa supaya suhu tanah pada bedengan tetap dingin serta segar. Buatlah bedengan dengan lebar kira-kira 80 cm dan juga tinggi sekitar 15-20 cm. Jika sudah selesai menutup pupuk, kemudian lanjut pada tahap pembibitan.

4. Pembibitan Bawang Bombay

Pembibitan bawang bombay dilakukan melalui cara generatif umbi. Caranya melalui beberapa tahapan sebagai berikut :

Pemilihan Bibit Unggul

Langkah-langkahnya :

  • Carilah bawang bombay yang berukuran cukup besar serta sempurna tidak cacat atau bahkan busuk.
  • Usahakan didapat dari tanaman unggul dan sehat.
  • Kumpulkan sebanyak mungkin sesuai ukuran lahan. Tiap 1 hektar bisa sekitar 90.000 bibit.
  • Cuci hingga bersih kemudian simpan pada tempat lembab dan juga teduh selama kurleb 2-3 minggu sampai terlihat muncul tunas.
Penyemaian Bibit

cara menanam bawang bombayLangkah-langkahnya penyemaian bibit bawang bombay:

  • Siapkan tanah humus yang gembur kemudian diayak
  • Tanah yang telah diayak bisa ditampung pada polybag kotak yang cukup besar dan juga bersekat-sekat. Teman-teman juga bisa menyiapkan sedikit lahan tanah gembur jika tidak ingin menggunakan polybag.
  • Umbi pada bawang bombay yang telah tumbuh tunas bisa ditanam pada polybag dengan kedalaman kira-kira 2-3 cm. Pastikan tunasnya diatas
  • Sirami tanah dalam polybag
  • Tunggu hingga tunasnya tumbuh sekitar 5-10 cm

Jika tunas pada bawang bombay telah tumbuh tinggi kemudian bibit bawang bombay sudah siap untuk dipindahkan pada bedengan.

5. Penanaman Bibit ke Bedengan

Untuk bibit bawang bombay yang telah cukup umur bisa segera dipindahkan pada bedengan. Caranya ialah sebagai berikut :

  • Buat saja lubang tanam pada bedengan menggunakan jarak sekitar kurleb 20 x 20 cm.
  • Tanam bibit bawang bombay pada masing-masing lubang.
  • Usahakan untuk dilakukan pada sore hari supaya tanaman tidak mengalami layu pada siang hari.
  • Siram segera bibit yang baru ditanam

Lakukan penyulaman pada 1 minggu pertama. Penyulaman ini bertujuan supaya meratakan start pertumbuhan pada tumbuhan bawang bombay tersebut.

6. Perawatan Tanaman Bawang Bombay

Perawatan untuk tanaman bawang bombay ini sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu

  • Penyiraman

Penyiraman bertujuan untuk menjaga suplai air bagi tanaman. Tanaman bawang bombay yang sering kekurangan air bisa mempunyai ukuran umbi yang cukup kecil. Penyiraman yang dilakukan dengan secukupnya yaitu dengan memantau kebasahan tanah pada bedengan. Untuk mempercepat proses penyiraman anda bisa menyiramnya dengan bantuan mesin pompa air. Saat musim kemarau anda juga bisa menggunakan gembor untuk menyiram daun bawang tersebut

  • Penyiangan

Dikarenakan tidak perlu diberi mulsa, maka teman-teman harus melakukan penyiangan dengan rutin supaya nutrisi didalam tanah bedengan tidak diambil oleh tanaman liar disekitarnya.

7. Penanggulangan Hama

Hama yang sangat sering menyerang pada tanaman bawang bombay ini ialah hama jamur patogen, bakteri patogen dan juga serangga seperti ulat dan juga orong-orong. Penanganan pastinya harus menggunakan pestisida yang sudah disesuaikan dengan jenis hamanya. Hama jamur umumnya menyerang pada akar tanaman dan juga bisa diatasi dengan disirami fungisida.

Hama bekteri juga bisa menyerang umbi bawang jadi bawang bisa menjadi busuk. Cara mengatasi hama bakteri adalah dengan mengocorkan bakterisida. Untuk hama serangga seperti orong-orong dan juga uret bisa diatasi dengan menggunakan perlakuan insektisida tabur.

8. Panen Bawang Bombay

Bawang bombay bisa mulai dipanen setelah berumur sekitar 4-5 bulan setelah masa tanam. Berikut ialah cara memanen bawang bombay yang baik dan benar :

  • Gali sedikit saja tanah pada sekitar umbi bawang, lalu cabut dengan seksama supaya umbi bawang bisa tercabut secara utuh.
  • Bersihkan tanah yang menempel pada umbi bawang.
  • Simpan bawang ditempat kering sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.
  • Sebaiknya bawang disimpan mengunakan cara digantung supaya umbi bawang tidak bisa tumbuh.

Bawang bombay masih tergolong tanaman yang tahan lama untuk disimpan seperti bawang merah dan juga bawang putih. Oleh karena itu teman-teman masih bisa menyimpannya sementara sambil menunggu harga bawang bombay naik.

9. Perawatan Pasca Panen

Tanaman bawang bombay merupakan golongan tipe bawang satu kali panen. Selesai panen kemudian hal yang perlu dilakukan ialah perawatan lahannya jika mau segera ditanami bawang bombay lagi. Dengan cara melakukan beberapa tindakan sebagai berikut ini :

  • Membersihkan sisa-sisa tanaman bawang bombay
  • Mencacah kembali bedengan dan dibuat rata dengan sekitarnya
  • Biarkan selama kurang lebih satu minggu terpapar sinar matahari (kecuali pada musim hujan). Hal ini bertujuan untuk mematikan virus bakteri dan jamur patogen.
  • Jika ingin ditanami bawang lagi maka usahakan agar dibuat bedengan yang baru tidak ditempat semula. Ini agar meratakan pupuk diseluruh lahan tanam.

Tips Cara Menanam Bawang Bombay

  • Selain dari cara menanam bawang bombay yang sudah disebutkan diatas, saya juga mempunyai beberapa tips sukses untuk menanam bawang bombay ini untuk teman-teman supaya hasil panen nantinya bisa jadi semakin melimpah dan juga otomatis akan semakin menguntungkan.
  • Tentukan saja tanggal tanam bawang bombay ini supaya pada saat panen bisa tepat pada bulan ramadhan dimana harga bahan pokok biasanya sedang meningkat. Hal ini membuat harga jual bawang bombay juga bisa semakin tinggi jadi keuntungan yang teman-teman peroleh juga akan semakin besar.
  • Gunakanlah pupuk organik cair untuk menyiram tanaman bawang bombay. Penggunaan dari pupuk organik cair tidak akan terlalu mempengaruhi rasa pada bawang bombay. Dosis penggunaan pupuk pada organik cair bisa disesuaikan menggunakan keterangan label pada kemasannya.
  • Gunakan saja ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) Gibrelic Acid pada saat 1-2 bulan sebelum masa panen. Ini bisa memperbesar ukuran dari umbi bawang bombay tersebut tanpa harus mempengaruhi rasanya. Alhasil hasil panen anda akan semakin meningkat. Dosisnya dapat dilihat pada ketarangan di label kemasan.
  • Alangkah baiknya menghindari panen pada saat musim hujan dikarena akan ada potensi serangan jamur yang lebih besar lagi.

Menanam bawang bombay memang sangat menjajikan keuntungan. Tentu saja hal ini harus didasari menggunakan pengetahuan yang cukup baik mengenai bagaimana cara menanam bawang bombay.

Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan

cara menanam bawang bombay

Manfaat dari bawang bombay bagi kesehatan ternyata ada sangat banyak dan juga tidak pernah disangka-sangka. Di antaranya ialah bisa untuk mengatasi sakit tenggorokan sampai mencegah penyakit kanker.

Kandungan Bawang Bombay

Sebelum teman-teman mengetahui manfaat dari bawang bombay, wajib diketahui jika bawang bombay merupakan makanan yang sangat rendah kalori dan juga kaya akan kandungan antioksidan, mineral serta vitamin.

Sekitar kurleb 10% dari kebutuhan harian kandungan vitamin C, vitamin B6, dan juga mangan bisa diperoleh dengan mengkonsumsi bawang bombay ini. Selain daripada itu, bahan ini juga banyak mengandung magnesium, folat, fosfor, kalium, sulfur, zat besi, antioksidan kuersetin, dan juga kalsium.

Zat-zat yang terkandung didalam bawang bombay ini menjadikan bahan makanan ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Beberapa manfaat dari bawang bombay yang sangat sering dijadikan bahan bagi berbagai macam upaya pengobatan antara lain ialah : bisa mengatasi masalah pencernaan, menangani gangguan jantung dan juga pembuluh darah, sampai menangani sakit tenggorokan dan juga mulut.

1. Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat

Kandungan dari antioksidan kuersetin pada bawang bombay ini ternyata juga bisa untuk membuat sistem kekebalan pada tubuh teman-teman menjadi lebih kuat untuk melawan radikal bebas. Teman-teman juga bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun telah tercampur didalam sajian sup.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang bombay juga mempunyai manfaat yang cukup baik bagi kesehatan pada jantung dan juga pembuluh darah loh. Selain daripada itu, Khasiat dari bawang bombay ini juga sangat dipercaya untuk menjaga tekanan pada darah, sampai menurunkan risiko terjadinya penyakit serangan jantung.

Ini dikarenakan oleh adanya kandungan kalium yang terkandung didalam bawang bombay yang mempunyai efek penurun tekanan pada darah. Kuersetin, merupakan salah satu jenis dari flavonoid didalam bawang bombay juga bisa untuk membantu kalium tetap menjaga tekanan darah dan juga bisa meningkatkan kesehatan pada jantung secara keseluruhan.

Kuersetin yang ada didalam bawang bombay ini juga bisa untuk membantu mencegah penumpukan untuk plak pada arteri, yang bisa mengurangi risiko terkena stroke. Tetapi, dikarenakan sebagian besar dari studi didalam hal ini sudah difokuskan kepada hewan, dan masih diperlukan lebih banyak lagi penelitian guna memahami manfaat dari bawang bombay kepada manusia.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Sebuah penelitian juga telah menunjukkan, jika mengoleskan jus bawang bombay kepada kepala selama kira-kira 2 bulan bisa untuk meningkatkan proses pertumbuhan pada rambut bagi pengidap rambut rontok. Walaupun begitu, temuan yang terkait hal ini masih bisa dibutuhkan untuk penelitian lebih lanjut.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Untuk orang yang mengidap diabetes yang ingin menurunkan kadar gula darah, alangkah baiknya teman-teman mencoba untuk mengkonsumsi bawang bombay tiga kali sehari untuk setiap makanan teman-teman selama kurleb 2 bulan. Walaupun demikian, temuan terkait hal ini belum didukung dengan bukti ilmiah yang cukup.

5. Mengatasi Terjadinya Kanker

Dengan adanya kandungan vitamin C yang sangat melimpah ini, bawang bombay sangat dipercaya bisa untuk membantu mengatasi serangan radikal bebas penyebab kanker. Sebuah penelitian telah mengungkapkan jika, bawang bombay bisa membantu untuk mengurangi terjadinya resistensi insulin dan juga hiperglikemia kepada pasien kanker payudara yang sedang menjalani proses kemoterapi.

6. Menjaga Tekanan Darah

Untuk teman-teman yang mengidap tekanan darah yang tinggi, mengkonsumsi produk yang mengandung bawang bombay serta  bahan lain seperti vitamin E dan juga C setidaknya selama 1 minggu bisa untuk  membantu menurunkan tekanan darah atas (sistolik), tetapi bukan untuk tekanan darah diastolik (bawah).

7. Mengatasi Masalah Tenggorokan

Beberapa orang telah mengklaim jika bawang bombay mempunyai kemampuan untuk mengatasi sakit perut, bronkitis, pembengkakan pada mulut dan juga tenggorokan. Selain daripada itu, mengkonsumsi bawang bombay juga diklaim bisa untuk menurunkan risiko kepada beberapa jenis kanker loh.

Kandungan dari kuersetin yang ada pada bawang bombay juga dipercaya bisa mengendurkan otot pada saluran pernapasan jadi bisa membantu untuk mengurangi gejala asma.

8. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Serat yang terkandung di dalam bawang bombay juga bisa membuat kerja pada sistem pencernaan bisa berfungsi dengan cukup baik. Bawang bombay mengandung beberapa jenis serat khusus, yaitu serat larut yang disebut dengan oligofructose.

Serat ini bisa mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus. Oligofructose ini juga sangat dibutuhkan untuk membantu mencegah dan juga mengobati penyakit diare. Fitokimia di dalam bawang bombay juga bisa untuk mengurangi risiko teman-teman untuk mengembangkan tukak pada lambung.

9. Memperbaiki Mood

Manfaat lain dari bawang bombay juga diyakini bisa membantu untuk mengembalikan mood positif. Ini dikarenakan kandungan pada bawang bombay bisa mencegah kelebihan homosistein yang bisa mengganggu produksi hormon pencipta rasa nyaman, yaitu serotonin, norepinefrin, dan juga dopamin.

Ketiga jenis hormon tersebut sangat baik untuk membantu kecukupan pada saat istirahat. Selain dari pada itu, kandungan folat yang telah ditemukan didalam bawang bombay juga sangat dipercaya untuk membantu mengurangi depresi loh.

10. Menjaga Kesehatan Kulit Dan Rambut

Vitamin C yang terkandung di dalam bawang bombay juga sangat dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit dan juga rambut. Sedangkan kandungan folatnya kemungkinan juga bisa membantu untuk meringankan depresi dengan cara mencegah kelebihan homosistein yang terbentuk di dalam tubuh. Homosistein ini bisa menghambat aliran pada darah dan juga nutrisi pada otak.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Sebuah studi telah menemukan jika mengkonsumsi bawang bombay setiap hari bisa untuk meningkatkan kepadatan tulang kepada wanita yang sedang mengalami ataupun telah menyelesaikan masa menopause.

Itu lah beberapa pelajaran dari Cara Menanam Bawang Bombay yang bisa kita ketahui. Semoga teman-teman bisa juga bisa mendapat manfaat dari semua ilmu yang telah saya bagikan pada artikel kali ini, serta jangan lupa untuk share kepada teman-teman yang lainnya supaya juga mengetahui apa saja yang telah kita peroleh disini, Selamat Mencoba!

The post Cara Menanam Bawang Bombay Dan Manfaatnya appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan https://mesinpertanian.id/manfaat-wortel-untuk-kesehatan/ Tue, 24 Mar 2020 15:41:31 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3942 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan – Sudah banyak orang yang telah mempercayai jika sayuran yang sering pakai di dalam makanan seperti sup ini mempunyai kandungan vitamin yang cukup menyehatkan. Manfaat wortel untuk kesehatan yang cukup tinggi juga bisa membuat para guru di sekolah sangat sering menyebutkan sayur wortel ini sebagai salah satu sayuran yang wajib untuk […]

The post Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Manfaat Wortel Untuk Kesehatan – Sudah banyak orang yang telah mempercayai jika sayuran yang sering pakai di dalam makanan seperti sup ini mempunyai kandungan vitamin yang cukup menyehatkan. Manfaat wortel untuk kesehatan yang cukup tinggi juga bisa membuat para guru di sekolah sangat sering menyebutkan sayur wortel ini sebagai salah satu sayuran yang wajib untuk sering dikonsumsi oleh para muridnya.

Tetapi, selain itu, tahukah kalian jika manfaat wortel untuk kesehatan yang sesungguhnya? Berikut ini terdapat 15 manfaat wortel untuk kesehatan yang akan menjadikan kalian semakin suka dengan sayuran yang satu ini.

15 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

manfaat wortel untuk kesehatan

1. Kaya Akan Vitamin & Mineral

Manfaat wortel bagi kesehatan sudah banyak dipercayai. Sayuran ini sangat dikenal sebagai sumber vitamin A yang cukup tinggi. Kandungan vitamin A dalam wortel sebesar 12000 Sl.

Wortel juga mempunyai banyak sekali kandungan zat yang lain di dalamnya, diantaranya seperti kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vit B1 dan juga vit C. Zat penting yang terkandung didalam sayur wortel ini, pastinya akan membuat kalian semakin yakin jika sayur wortel ini mempunyai manfaat untuk kesehatan.

2. Mencegah Rabun Dan Memperbaiki Penglihatan

Salah satu manfaat wortel untuk kesehatan yang sudah pasti diketahui oleh banyak orang. Sayur wortel juga disebut-sebut sebagai sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan dari karoten dan juga vitamin A bisa membantu untuk mencegah terjadinya rabun senja dan juga memperbaiki penglihatan mata yang lemah.

Jadi, jika seseorang mengalami penurunan pada daya penglihatannya, lebih baik untuk mengkonsumsi sayur wortel lebih sering lagi. Jika saja kalian memang kurang suka untuk menyantap sayur wortel ini dalam keadaan masih utuh, kalian masih bisa memarutnya serta mengonsumsi air dari hasil perasaannya, ataupun bisa juga untuk mengkonsumsi sayur wortel dalam bentuk jus.

3. Membuat Kulit Bercahaya

Manfaat wortel untuk kesehatan sepertinya bukan hanya untuk bagian mata saja loh. Penelitian pada bidang kesehatan sudah kembali mengungkap jika khasiat wortel lainnya. Siapa yang menyangka bahwa wortel pun bisa membuat seseorang tampil lebih menarik dan tampak sehat, seperti yang dikutip dari Times of India.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita dan pria yang kulitnya memiliki cahaya kuning dianggap lebih menarik dan sehat. Cahaya kuning ini timbul dari pigmen kuning yang biasa juga disebut dengan karotenoid.

Karotenoid memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit serta memberikan rona pada wajah. Karotenoid ini bisa ditemukan didalam sayur dan juga buah-buahan seperti sayur wortel dan juga plum.

4. Mempertajam Memori

Anda sering mengalami kesulitan untuk mengingat sesuatu yang penting? Jika memang benar, berarti sudah saatnya untuk kalian mengkonsumsi wortel. Manfaat dari sayur wortel ini bisa untuk membantu mempertajam ingatan loh, dikarenakan sayuran wortel ini sangat kaya akan kandungan vitamin B. Jika kalian mengkonsumsi sayur wortel ini secara rutin, memori kalian akan semakin cemerlang lagi dan pastinya hal ini akan membuat kalian semakin mudah untuk mengerjakan ataupun dalam mempelajari banyak hal.

5. Wortel Kaya Antioksidan

Hidup pada masa kini bisa membuat banyak orang harus terkena polusi pada setiap harinya. Belum lagi dengan mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu sehat bisa untuk membuat seseorang semakin sulit untuk bisa terhindar dari serangan radikal bebas ini.

Supaya radikal bebas ini bisa ditangkal jadi tidak akan memberikan efek yang begitu merugikan didalam tubuh kita, tentu sangatlah penting untuk menyantap makanan sangat yang kaya kandungan antioksidan seperti wortel. Manfaat dari sayur wortel bagi kesehatan yang ke-5 ini dalam jangka panjang bisa untuk membuat tubuh selalu tetap sehat dan juga terhindar dari berbagi penyakit yang berbahaya seperti contohnya kanker.

6. Menguatkan Janin

Khasiat dari sayur wortel ini tidak hanyalah baik untuk organ mata saja, ternyata vitamin A yang terkandung didalam sayur wortel ini juga bisa untuk membantu dalam memperkuat janin. Oleh karena itu, ibu hamil sangatlah disarankan untuk sering-sering mengkonsumsi wortel secara rutin supaya kondisi kandungannya selalu tetap kuat.

7. Memperbaiki Daya Tahan Tubuh Setelah Sakit

Khasiat wortel selanjutnya dapat memperbaiki daya tahan tubuh. Kandungan dari vitamin C yang cukup tinggi didalam sayur wortel ini bisa untuk memperbaiki daya tahan tubuh setelah mengalami sakit. Jadi, jika kalian baru saja mengalami penyakit seperti flu atau infeksi, jangan lupa untuk mengonsumsi wortel agar penyembuhan semakin cepat dan Anda bisa kembali beraktivitas seperti sediakala.

8. Memperkuat Tulang Dan Gigi

Manfaat sayur wortel bagi kesehatan berikutnya ialah untuk memperkuat tulang dan juga gigi. Sayur wortel ini banyak mempunyai kandungan vitamin K yang sangat tinggi jadi sayuran yang satu ini sangatlah bisa untuk membantu menguatkan tulang serta gigi. Sayur wortel juga cukup baik untuk rutin dikonsumsi oleh manula supaya terhindar dari penyakit osteoporosis.

9. Membuat Kualitas Sperma Semakin Bagus

Khasiat dari sayur wortel bagi kesehatan ternyata juga cukup berpengaruh besar kepada fungsi reproduksi loh. Kadar vitamin A yang cukup tinggi didalam sayur wortel ternyata juga bisa untuk membuat kualitas dari sperma semakin bagus lagi, jadi sayur wortel ini mempunyai manfaat besar untuk kalian yang sedang mendambakan untuk mempunyai keturunan yang sehat.

10. Mencegah Penyakit Jantung

Anda menginginkan jantung yang sehat dan kuat? Konsumsilah wortel secara rutin setiap hari. Zat antioksidan yang terkandung didalam sayur wortel ini tidak hanya penting sebagai penangkal radikal bebas saja loh, tetapi juga bisa memberikan manfaat positif sebagai kesehatan untuk jantung kita.

Mengkonsumsi sayur wortel selama dua bulan saja sudah bisa untuk memberikan hasil yang cukup signifikan. Hal ini tentu sangat bisa untuk mendorong orang yang tidak terlalu gemar untuk memakan sayuran wortel menjadi lebih ingin untuk mengkonsumsinya. Adanya hasil dari penelitian ini, tentu sudah tidak ada alasan lagi bagi kalian untuk tidak mau memasukan sayur wortel ke dalam menu makanan sehari-hari kalian.

11. Kualitas Penyembuhan

Khasiat wortel memiliki kualitas penyembuhan yang hebat. Wortel yang mentah ataupun yang sudah diparut bisa diterapkan kepada luka dan juga peradangan, penyembuhan nya cukup cepat. Sifat dari anti-inflamasi pada sayur wortel bisa untuk membantu merevitalisasi dan juga menyamarkan kulit.

12. Perawatan Rambut Rontok

Manfaat dari sayur wortel tentu sangatlah bagus untuk melawan kerontokan pada rambut dikarenakan mereka bisa menyediakan vitamin vital untuk rambut kalian, ini tentu bisa membuatnya lebih kuat lagi, lebih tebal dan juga lebih bersinar loh. Meminum jus wortel ini bisa membuat rambut kalian jadi lebih sehat. Ini merupakan manfaat terbaik dari sayur wortel untuk rambut kalian.

13. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat dari mengkonsumsi 3 sampai 4 ons jus wortel untuk setiap harinya bisa untuk menstimulasi pertumbuhan pada rambut dan juga untuk menebalkan rambut kalian. Vitamin C dan juga Vitamin E yang terkandung didalam sayur wortel mampu untuk meningkatkan sirkulasi yang ada di kulit kepala, jadi bisa meningkatkan pertumbuhan dari rambut dan juga mencegah penuaan dini yang terjadi pada rambut.

14. Mencegah Stroke

Sebuah penelitian yang sudah dilakukan pada Harvard University, orang yang sudah mengkonsumsi lebih dari enam wortel dalam seminggu lebih cenderung tidak akan menderita stroke dibandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi satu buah wortel selama sebulan, atau bahkan kurang dari itu.

15. Kesehatan Pencernaan

Wortel adalah sumber serat yang baik yang membantu dalam mengatur gerakan usus dan membantu pencernaan. Khasiat dari sayur wortel ini juga cukup baik untuk mengatasi sembelit dan juga refluks asam. Selain dari pada itu, serat ini juga bisa untuk membantu menurunkan berat badan dan juga menghindari kenaikan gula didalam darah.

10 Manfaat Wortel Untuk Kecantikan

manfaat wortel untuk kesehatan

1. Mencegah Penuaan Dini

Garis halus dan juga kerutan merupakan tanda-tanda dari penuaan yang biasanya cukup diwaspadai oleh para wanita. Manfaat dari sayur wortel untuk wajah yang berikut ini mungkin bisa membantu kalian untuk mencegah tanda-tanda dari penuaan dini, loh. Buat saja masker alami anti-aging sendiri dari sayuran wortel ini.

Yang kalian perlukan ialah setengah batang wortel yang telah dihaluskan, 1 sendok makan saja madu murni, 2 kapsul Vitamin C yang telah dihaluskan dan juga tambahkan sedikit air. Campur saja semua bahan ini sampai benar-benar menjadi pasta yang cukup kental, kemudian gunakan saja pasta ini untuk masker wajah dan juga leher kalian.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Masalah dari jerawat memanglah seolah tidak pernah ada ujungnya. Telah mencoba berbagai macam merk dari produk dari perawatan kulit wajah yang berjerawat, tetapi hasilnya tetap saja sama yaitu jerawat pasti kembali lagi. Masker yang terbuat alami dari sayur wortel ternyata juga bisa mengatasi masalah jerawat sekaligus bisa mencegahnya datang kembali loh.

Tidak perlu untuk mencampur bahan apa pun itu, cukup gunakan saja sayur wortel segar yang telah dihaluskan. Masker dari sayur wortel ini wajib dipakai selama kurleb 30 menit. Kemudian, bersihkan saja sisa masker wortel dari wajah kalian dengan cara membilasnya menggunakan air hangat.

3. Melembabkan Kulit Wajah Yang Kering

Punya kulit wajah yang kering? Kulit wajah yang selalu kering akan membuat kulit kalian terasa seperti ditarik ketika di gerakan. Selain itu, kulit wajah yang sangat kering juga bisa menyebabkan kulit mengelupas loh. Manfaatkan sayur wortel saja sebagai pelembab alami bagi kulit wajah kering kalian.

Campurkan saja 1 sendok makan sayur wortel yang telah dihaluskan menggunakan 10 tetes minyak almond dan juga 1 sendok makan mentimun yang telah diparut. Aplikasikan saja masker alami buatan kalian ini pada seluruh bagian wajah kemudian diamkan saja selama kurleb 15 menitan. Gunakan saja masker sayur wortel ini sebagai pelembab alami minimal 2-3x dalam waktu seminggu.

4. Menyerap Minyak Berlebih Pada Wajah

Tidak hanya sebagai pelembab untuk wajah saja, tetapi ada juga manfaat lainnya dari sayur wortel untuk wajah yang berminyak. Masker dari sayur wortel ini ternyata juga bisa menyerap minyak yang berlebih pada wajah loh. Tentu saja kalian wajib untuk menambahkan beberapa bahan yang lainnya untuk membuat masker sayur wortel khusus wajah berminyak ini.

Bahan yang diperlukan ialah 1 sendok makan sayur wortel yang telah dihaluskan, 1 sendok makan jus buncis, dan juga 1 sendok makan air perasan lemon. Kemudian semua bahan dicampur sampai rata, aplikasikan saja masker ini pada wajah dan juga leher. Kemudian diamkan masker ini selama kurleb 30 menit, lalu bilas saja menggunakan air yang bersih.

5. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Luka di wajah bisa disebabkan karena jerawat atau goresan. Supaya luka bisa segera sembuh secara alami dan juga tidak meninggalkan sedikitpun bekas, mulailah dengan cara merawat wajah kalian menggunakan masker dari sayur wortel ini. Sayur wortel ini mempunyai sifat anti-inflamasi dan juga Vitamin E yang bisa mempercepat proses dari penyembuhan pada luka pada kulit.

Penanganan untuk bekas pada luka yang menggunakan sayur wortel ini bisa untuk mencegah timbulnya keloid ataupun jaringan parut yang bisa ditinggalkan oleh luka pada kulit. Jadi, kalian tidak perlu menggunakan krim supaya memudarkan bekas luka, rawat saja kulit wajah kalian menggunakan masker wortel setiap 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

6. Mencerahkan Kulit Wajah

Jumlah dari konsumen produk pencerah wajah semakin bertambah untuk setiap harinya. Tetapi, tahukah kalian jika terdapat cara yang lebih aman untuk mencerahkan kulit wajah kalian? Tentu saja ada, dengan menggunakan masker dari sayur wortel kalian bisa mempunyai wajah yang lebih cerah dan juga segar tanpa harus menggunakan produk apa pun loh.

Buat saja masker pencerah wajah dari campuran 3 sendok makan sayur wortel yang telah dihaluskan, 2 sendok makan susu bubuk, dan juga tambahkan air secukupnya. Ketika telah menjadi pasta yang kental, gunakan masker ini di wajah dan juga leher kemudian diamkan saja selama kurleb 30 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih.

7. Menenangkan Kulit Wajah

Kegiatan sehari-hari, debu, kotoran, keringat, dan juga polusi bisa membuat kulit wajah kalian stres dan juga kehilangan cerah alaminya. Kembalikan kesegaran alami pada wajah kalian dengan cara menggunakan masker sayur wortel ini untuk menenangkan kulit wajah kalian yang stres. Siapkan saja satu batang sayur wortel, kemudian haluskan menggunakan blender setelah selesai dikupas.

Campurkan wortel yang sudah dihaluskan dengan air mawar. Lalu, gunakan sebagai masker pada wajah dan juga leher kalian. Perawatan ini bisa untuk dilakukan setiap seminggu sekali supaya kulit wajah kalian lebih rileks dan juga segar.

8. Meregenerasi Sel-Sel Kulit Mati

Kalian pasti sudah tahu jika bahwa sayur wortel banyak mengandung Vitamin A yang cukup tinggi jadi sangat bagus untuk kesehatan mata. Manfaat wortel bagi wajah yang satu ini juga bisa disebabkan oleh kandungan dari Vitamin A yang sangat tinggi di dalam sayur wortel. Benar, Vitamin A ini mampu untuk membantu proses dari regenerasi dari sel-sel kulit yang sudah mati.

Proses dari regenerasi sel kulit ini tentu saja tidak hanya bisa membuat kulit menjdai lebih sehat, tetapi juga menjadi lebih kenyal dan juga halus. Supaya bisa memanfaatkan sayur wortel sebagai bahan alami untuk meregenerasi sel-sel kulit mati, kalian hanya perlu untuk menghaluskan sayur wortel dan juga melumuri wajah kalian menggunakan wortel ini minimal 2X dalam seminggu.

9. Mengencangkan Kulit Wajah

Setiap wanita pastinya menginginkan kulit wajah yang selalu terlihat kencang supaya terlihat lebih awet muda. Berbagai macam produk kecantikan wajah mungkin sudah kalian coba, tapi hasilnya pasti belum tentu seperti yang kalian inginkan.

Cobalah untuk mengencangkan kulit dengan menggunakan masker dari sayur wortel ini. Dikarenakan, masker dari sayur wortel ini banyak mengandung Vitamin C yang cukup tinggi untuk meningkatkan produksi dari kolagen yang bisa memelihara kekencangan dan juga kekenyalan pada kulit. Selain itu, masker dari wortel ini juga tidak akan menimbulkan efek samping.

10. Menghilangkan Flek Hitam Di Kulit Wajah

Sepertinya sayur wortel ini memang bisa memberikan perawatan yang cukup lengkap bagi kulit wajah. Karena, sayur wortel juga bisa menghilangkan noda hitam pada kulit wajah kita. Bukan hanya sekedar menyamarkan noda hitam seperti make up, wortel juga akan menghilangkan flek hitam yang ada di wajah kalian secara permanen loh. Selain bisa menghilangkan flek hitam pada kulit wajah, wortel bisa meratakan warna kulit yang selama ini dirasa belang.

Itu lah beberapa pelajaran dari Manfaat Wortel Untuk Kesehatan yang bisa kita ketahui. Semoga teman-teman bisa juga bisa mendapat manfaat dari semua ilmu yang telah saya bagikan pada artikel kali ini, serta jangan lupa untuk share kepada teman-teman yang lainnya supaya juga mengetahui apa saja yang telah kita peroleh disini, Selamat Mencoba!

The post Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Dan Kecantikan appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Selada Praktis Dan Mudah! https://mesinpertanian.id/cara-menanam-selada/ Fri, 20 Mar 2020 13:57:28 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3932 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Selada dan sudah pasti teman-teman juga akan menemukan tips and trick cara menanam selada, juga manfaat selada bagi tubuh dan kecantikan. Yuk, langsung saja simak baik-baik caranya dibawah ini. Cara Menanam Selada Ada dua buah kelompok besar untuk budidaya selada (Lactuca Sativa) yang sudah berkembang […]

The post Cara Menanam Selada Praktis Dan Mudah! appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Selada dan sudah pasti teman-teman juga akan menemukan tips and trick cara menanam selada, juga manfaat selada bagi tubuh dan kecantikan. Yuk, langsung saja simak baik-baik caranya dibawah ini.

Cara Menanam Selada

cara menanam selada

Ada dua buah kelompok besar untuk budidaya selada (Lactuca Sativa) yang sudah berkembang di tanah Indonesia. Yang pertaman yaitu, selada daun bentuk korp-nya bulat lepas, daunnya hijau dan mengembang. Kedua yaitu, selada korp (heading lettuce) yang berbentuk korp-nya bulat atau pun lonjong dan korp-nya berisi padat.

Cara menanam selada keriting ini toleran ditanam pada daerah tropis dan juga panas sekalipun. Jenis sayur selada keriting ini bahkan bisa tumbuh dengan suburnya pada dataran rendah dan juga panas sekalipun seperti Jakarta.

Umumnya suhu optimal untuk cara menanam selada kriting berkisar antara 15-25°C dengan ketinggian 900 meter hingga 1.200 meter dari permukaan laut. Jenis-jenis tanah yang sangat disukai oleh selada kriting ialah lempung berdebu, lempung berpasir, dan juga tanah yang masih mengandung banyak humus. Walaupun demikian, selada keriting masih saja toleran kepada tanah yang miskin hara asalkan selalu diberi pengairan dan juga pupuk organik yang cukup memadai.

1. Pemilihan Benih Dan Penyemaian Dari Cara Menanam Selada

Selada diperbanyak diri dengan biji. Biji ataupun benih sayur selada bisa didapatkan dengan cara menumbuhkan tanaman selada sampai berbunga dan juga berbuah. Jika sudah tua barulah diambil bijinya.

Jika saja benih dari sayur selada dibeli dari toko-toko, varietas yang populer pada saat ini ialah penn great lakes, imperial serta new york. Keperluan benih sayur selada setiap satu hektar lahan ialah sekitar 250 gram. Supaya bisa mendapatkan hasil yang optimal, benih sayur selada keriting alangkah baiknya disemai terlebih dahulu sebelum ditanam pada hamparan lahan yang luas.

Terdapat berbagai jenis media penyemaian untuk budidaya sayur selada, diantaranya ialah dalam polybag, daun pisang, sistem tray, tanah tercetak dan juga di atas bedengan. Untuk kesempatan kali ini yang akan kami bagikan ialah media tanam di atas bedengan.

Siapkan saja bedengan dengan lebar satu meter dan juga tinggi sekitar kurleb 15 cm, panjang bedengan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Posisi untuk bedengannya wajib ditempat terbuka dan juga jauh dari gangguan binatang. Campurkan saja pupuk kandang, tanah dan juga arang sekam menggunakan perbandingan 1:1:1.

Pupuk kandang yang digunakan harus sudah betul-betul matang untuk menghindari tumbuhnya mikroorganisme yangn tidak diharapkan. Kegunaan dari pupuk kandang ialah untuk memperkaya unsur hara dan juga nutrisi. Arang sekam juga sangat diperlukan untuk menggemburkan tanah supaya pencabutan bibit tidak sampai merusak akar pada selada. Jika tanah terlalu asam, tinggal berikan saja kapur pertanian ataupun dolomit secukupnya saja. Derajat untuk keasaman yang ideal sebagai budidaya selada ialah pH 5 sampai dengan 6,8.

Siramlah media penyemaian menggunakan air supaya memberikan kelembaban yang cukup pada benih yang akan ditabur. Usahakan janganlah sampai basah menggenang dikarenakan bisa membuat busukan selada. Tebarkan saja benih selada dengan merata diatas bedengan tersebut.

Kepadat untuk penebaran benih ialah 100 gram setiap 10 meter persegi bedeng semai. Jika penyemaian dilakukan di musim kemarau, sebaiknya berikan juga mulsa berupa rumput, jerami ataupun daun kering diatasnya. Ini berguna supaya mengurangi penguapan karena terik matahari.

2. Pengolahan Tanah Dan Penanaman Bibit

Pengolahan lahan untuk budidaya selada keriting juga tergantung kepada jenis, struktur dan juga tekstur pada tanahnya. Jika tanah yang akan dipakai sangatlah keras, lakukan saja penggarpuan terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan penggemburan menggunakan cara dicangkul. lalu bentuk saja bedengan dengan ukuran lebar kira-kira 1 meter, tinggi 15 cm serta panjang kurang lebih 10 meter atau tergantung kondisi dari lahannya.

Biar bedengan tetap kering, terutama kepada lahan yang basah seperti bekas persawahan, tanah sebagai bedengan sebaiknya ditinggikan sekitar kurleb 20 cm, dikiri juga kanan bedengan dibuat saluran irigasi sebagai saluran drainase. Lebar dari bedengan juga tidak diperkenankan terlalu lebar supaya memudahkan pemeliharaan selada.

Budidaya sayur selada keriting memang memerlukan lingkungan dengan tingkat keasaman yang netral dengan pH yang ideal 5-6,8. Jika kondisi tanah asam alangkah baiknya dilakukan proses penetralan terlebih dahulu menggunakan kapur. Dan jika tanahnya terlalu basa netralkan menggunakan belerang ataupun gipsum.

Misalnya, supaya menetralkan tanah yang mempunyai pH 5,5 diperlukan kapur sebanyak kira-kira 0,1 kg setiap meter persegi jadi derajat keasaman naik menjadi pH 6,5. Sebaliknya supaya menurunkan pH tanah bisa dengan diberikan belerang ataupun gipsum sebanyak kira-kira 0,6 kg setiap meter persegi.

Untuk memperkaya humus sebaiknya tanah dicampur menggunakan pupuk kandang yang sudah matang ataupun pupuk kompos. Jumlah dari pupuk kandang yang disarankan untuk kotoran ayam ialah 20 ton setiap hektar. Jika kita menggunakan pupuk kompos, jumlah pupuk kompos yang disarankan ialah sebanyak kira-kira 2 kg setiap meter persegi.

Untuk pemberian pupuk organik ini bertujuan supaya menggemburkan lahan dan juga mempertinggi aktifitas mikroorganisme yang ada didalam tanah. Kemudian tanah harus dicampur menggunakan pupuk kandang ataupun kompos, dan diamkan selama kurleb 2 hari, lalu haluskan lagi tanah menggunakan cangkul.

Setelah lahan sudah siap pindahkan saja bibit sayur selada keriting dari tempat penyemaian. Saat memindahkan tanaman, alangkah baiknya angkat menggunakan tanah yang menyangga zona perakarannya. Penanaman ini dilakukan menggunakan cara ditugal ataupun dilubangi menggunakan tangan saja. Besar dan juga dalam lubang dari tanam disesuaikan saja dengan perakaran bibit selada keriting yang akan dipindahkan. Atur jarak tanam sebesar 10 x 15 cm.

3. Perawatan Budidaya Selada

Perawatan yang wajib untuk dilakukan didalam budidaya sayur selada kriting antara lain ialah penyiraman, pemupukan serta penyiangan rumput liar. Penyiraman dilakukan sesuai dengan cuaca yang ada. Jika tidak ada hujan turun lakukanlah 2 kali penyiraman didalam satu hari setiap pagi dan juga sore. Penyiraman juga bisa untuk dilakukan pada waktu siang hari tetapi menggunakan intensitas air yang cukup banyak supaya bisa menghindari layu mendadak pada sayur selada.

Setelah bibit yang ditanam berumur 2 minggu, apabila tanaman kurang subur yang ditandai dengan warna hijau yang pudar, berikan tambahan pupuk kandang sebanyak 2 ton per hektar. Pupuk kandang yang digunakan hendaknya yang mengandung unsur nitrogen tinggi seperti kotoran ayam. Pada saat umur tanaman sudah sampai 20 hari sejak di semprotkan pupuk cair organik menggunakan dosis 3 liter setiap hektarnya.

Walaupun siklus panennya lumayan cepat, penyiangan harus tetap diperlukan dikarenakan tanaman selada keriting ini mempunyai akar yang dangkal jadi daya saingnya cukup rendah dibanding dengan tanaman pengganggu. Oleh karena itu sangat perlu akan ada penyiangan yang teratur menggunakan cara mencabut tanaman yang dianggap pengganggu. Didalam budidaya sayur selada keriting umumnya diperlukan minimal satu kali penyiangan gulma selama masih masa budidaya.

Cara penyiangan gulma memanglah sedikit berbeda saat musim kemarau dan juga penghujan. Ketika musim kemarau gulma bisa dicabut ataupun dipotong, lalu dibiarkan saja di permukaan tanahnya. Karena sebagai tambahan pupuk hijau dan juga membentuk mulsa guna mengurangi penguapan pada tanah. Sehingga air untuk penyiraman bisa dihemat. Ketika musim hujan, gulma harus dicabut serta bedengan wajib bersih dari hijauan. Hal ini supaya bisa menghindari tumbuhnya jamuir dan juga penyakit di sekitaran tanaman selada karena kelembaban yang cukup tinggi.

4. Pengendalian Hama Dan Penyakit

Contoh Hama dan juga penyakit yang umumnya menyerang pada budidaya sayur selada keriting ialah sebagai berikut :

  • Jangel (Bradybaena similaris ferussac), berbentuk seperti siput yang berukuran sekitar 2 cm. Hama ini bisa menyerang tanaman di segala umur. Biasa bersembunyi pada pangkal daun bagian dalam. Serangan hama ini membuat daun berlubang.
  • Tangek (Parmalion pupilaris humb), berbentuk mirip dengan jangel tetapi tidak mempunyai siput. Akibat serangannya sama membuat lubang pada daun. Hama ini lebih sering menyerang pada musim kemarau dibanding pada saat musim hujan.
  • Busuk lunak (soft rot), penyebabnya bakteri Erwinia Carotovora. Penyakit ini menyerang bagian daun. Serangan bisa dimulai dari tepi daunnya, warna daunnya menjadi kecoklatan lalu layu. Selain bisa untuk menyerang tanaman yang masih ditanam, penyakit ini juga bisa menyerang sayur selada yang sudah siap diangkut ke pasar loh.
  • Busuk pangkal daun, penyebabnya Felicularia Filamentosa. Penyakit ini bisa menyerang pada pangkal daun, serangan biasanya terjadi pada saat menjelang masa panen.

Pada saat budidaya sayur selada keriting organik, tidak diperbolehkan untuk menyemprot hama dan juga penyakit memakai pestisida sintetis saja. Pengendalian untuk hama dan juga penyakit harus dilakukan dengan cara memperhatikan pemupukan, kebersihan dari kebun, rotasi tanaman serta jika terpaksa wajib dilakukan penyemprotan menggunakan pestisida nabati ya.

Penyiraman teratur dan juga pemupukan yang tepat sangat terbukti efektif untuk mengendalikan hama. Tetapi, pengendalian hama yang sangat efektif ialah dengan cara melakukan budidaya tanaman yang sehat, mengatur kebersihan lingkungan seperti menjaga irigasi dan juga drainase serta menjamin kecukupan nustrisi untuk tanaman terutama sebagai kekebalan tubuh tanaman itu sendiri layaknya unsur kalium. Unsur kalium bisa didapatkan dengan cara menambahkan bahan-bahan daun bambu ketika pembuatan pupuk kompos.

5. Panen Budidaya Selada

Untuk budidaya sayur selada keriting sendiri bisa dipanen dalam 20 sampai 30 hari setelah bibit ditanam. Jadi, jika dihitung-hitung mulai dari penyemaian sampai dengan panen, kira-kira dibutuhkan sekitar 40 sampai 60 hari. Produktiivitas untuk tanaman sayur selada keriting bisa sampai mencapai 15 sampai 20 ton setiap hektar.

Panen dilakukan dengan mencabut tanaman sampai keakar-akarnya. Setelah sudah dipanen, bagian dari akar selada kriting ini dicuci dan daun-daun yang rusak dibuang. Kelompokkan daun selada keriting berdasarkan ukuran. Pengerjaan diasaat panen wajib untuk dilakukan secara cepat dan juga segera dikarenakan tanaman sayur selada keriting tidak bisa tahan dengan panas dan juga penguapan. Jika pada saat pengangkutan ke pasar pada jeda waktu yang sangat lama, simpan saja sayuran ini pada tempat yang cukup lembab menggunakan air ataupun secara rutin bisa untuk diciprati air.

Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan

cara menanam selada

1. Menyehatkan Jantung

Tingginya kandungan asam folat didalam sayur selada ini sangat bisa untuk mengurangi risiko dari penyakit stroke, penyakit pada jantung koroner atau bahkan penyakit emboli pada paru-paru loh. Vitamin A serta vit C yang terkandung didalam selada juga sangat bisa untuk bertindak sebagai antioksidan yang bisa mencegah timbulnya penyakit pada organ jantung.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dan juga C yang terkandung bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, halus dan juga kencang. Selain itu, sayur selada yang kaya akan kandungan air yang sangat bermanfaat untuk membangkitkan kelembapan alami dari kulit.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin dalam selada dapat memperkuat sel-sel kekebalan tubuh, sehingga berbagai virus dan patogen dapat lebih terkontrol. Sebagai contoh, vitamin A dapat mengatasi peradangan, infeksi dan kerusakan sel dalam tubuh.

4. Menyehatkan Mata

Diketahui bahwa vitamin A dalam daun selada dapat membantu kesehatan mata. Dengan mengkonsumi selada secara teratur, dapat mencegah perkembangan penyakit seperti glaukoma, katarak dan pandangan kabur pada orang tua.

5. Mencegah Pengeroposan Tulang

Kandungan vitamin K dan kalsium yang tinggi dalam selada dapat menyebabkan pencegahan penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteopenia.

6. Baik untuk Wanita Hamil

Kandungan asam folat dapat mengurangi risiko melahirkan bayi cacat. Selain dari pada itu, kandungan dari vitamin K bisa untuk mencegah perdarahan setelah ibu melahirkan. Dikarena alasan ini lah, wanita hamil sangat dianjurkan supaya mengkonsumsi sayur daun selada.

7. Menurunkan Berat Badan

Daun selada mengandung serat dan selulosa. Manfaat selada bisa memperlancar pencernaan. Bisa memperbaiki pencernaan mungkin kedengaran nya memang tidak bagus untuk bisa menurunkan berat badan kalian, tetapi sebenarnya sangat penting untuk mengontrol berat badan pada tubuh untuk jangka panjang.

Serat makanan juga membantu menghilangkan garam empedu dari tubuh. Ketika tubuh menggantikan garam-garam ini, itu memecah kolesterol untuk melakukannya. Itu sebabnya selada baik untuk hati.

8. Mengatasi Insomnia

Cairan putih yang keluar dari selada saat dipotong disebut Lactucarium. Cairan ini mempunyai sifat yang bisa membuat kita rileks, mirip dengan opium, tetapi tidak ada efek samping yang begitu kuat. Makan beberapa helai daun selada atau minum jus selada bisa mengatasi insomnia.

9. Menyingkirkan Racun

Mineral yang terkandung dalam selada membantu menyingkirkan racun dan menjaga keseimbangan asam atau basa. Setelah seimbang pada level ini, ada sejumlah manfaat, termasuk lebih banyak energi, pemikiran yang lebih jernih, tidur nyenyak dan peremajaan kulit.

10. Mengontrol Gula Darah

Sayur daun selada ini mempunyai banyak indeks glikemik yang rata-ratanya sekitar 15, tetapi dikarenakan juga mengandung sangat sedikit kalori, beban dari glikemik jadi dianggap nol. Makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah sangatlah bagus supaya mengatasi gula darah ataupun mengatur berat badan tubuh. Pastinya, sayur selada tidak mengandung gula putih ataupun gula halus.

11. Mengurangi Resiko Kerusakan DNA

Sebuah penelitian dari University of Ulser, mengkonsumsi selada air setiap hari bisa membantu mengurangi kerusakan pada DNA di dalam sel darah, yang secara signifikan bisa memerangi kerusakan pada DNA yang bisa disebabkan oleh radikal bebas.

12. Anti Kanker

Hasil dari sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan yang telah mengungkapkan adanya senyawa dari phenylethylisothiocyanate (PEITC) didalam selada air yang juga memiliki sifat antikanker yang cukup signifikan.

Hasil dari percobaan yang telah melibatkan 60 pria dan juga wanita sehat yang selalu mengkonsumsi sekitar 1 ½ cangkir selada air segar setiap sehari selama kurleb delapan minggu telah menunjukkan hasil yang positif, yaitu rata-rata 10% penurunan kadar trigliserida darah dan juga peningkatan yang signifikan kira (33% sampai 100%) didalam konten lutein dan juga beta-karoten di dalam tubuhnya.

Manfaat Vitamin A dan C dalam selada air juga dapat melindungi kulit dari kerusakan berbahaya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, yang diyakini sebagai penyebab kanker kulit.

13. Pencegahan Tumor

Sebuah studi yang dilakukan di University of Southampton telah menunjukkan bahwa PEITC dalam selada air juga dapat mengurangi risiko tumor. Ketika sel tumor sudah mulai berkembang di dalam tubuh manusia, senyawa ini bisa dengan cepat untuk mengatasi pasokan sel darah yang telah ada, bisa menghasilkan aktivitas normal pada jaringan tubuh manusia dan juga bisa jadi pemasok pembuluh darah baru ke pada tumor untuk bisa mengambil keuntungan dari oksigen dan juga nutrisi yang lainnya.

14. Mengatasi Penyakit Alzheimer

kandungan vitamin K di dalam selada air bisa untuk mengurangi risiko kerusakan pada saraf di otak, jadi sayur selada air ini sangat berperan penting dalam pengobatan pasien yang menderita penyakit Alzheimer.

15. Menjaga Fungsi Metabolisme Tubuh

Manfaat dari sayur selada air ini juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks seperti contohnya riboflavin, niasin, vitamin B-6 (piridoksin), tiamin dan juga asam pantotenat, yang sangat penting untuk memastikan fungsi metabolisme tetap bekerja dengan optimal.

16. Mengontrol Fungsi jantung

Selada air juga merupakan varietas sayuran yang kaya akan mineral seperti tembaga, kalsium, kalium, magnesium, mangan, dan fosfor. Kalium adalah komponen penting sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

17. Menurunkan Tekanan Darah

Berdasarkan dari penelitian yang sudah diterbitkan didalam buku British Journal of Clinical Pharmacology pada tahun 2013, sudah ditunjukkan jika makanan diet yang mengandung selada air ini mempunyai beberapa manfaat vaskular. Ini termasuk menurunkan tekanan darah, menghambat agregasi trombosit dan mempertahankan atau meningkatkan disfungsi endotel.

18. Menjaga Fungsi Saluran Pencernaan

Selada air mengandung klorofil dalam jumlah besar. Klorofil adalah sumber daya yang luar biasa dari berbagai enzim yang mendukung dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Enzim ini membantu tubuh menyerap berbagai nutrisi dan memberikan pencernaan yang baik.

19. Mengobati Diabetes

Sayur selada air ini juga mengandung asam alfa-lipoat antioksidan, yang sudah terbukti untuk menurunkan kadar glukosa pada tubuh, meningkatkan sensitivitas dari insulin, dan juga mencegah stres oksidatif yang bisa disebabkan karena perubahan pada penderita penyakit diabetes. Sebuah penelitian menggunakan asam alfa-lipoat telah menunjukkan jika penurunan neuropati perifer ataupun neuropati otonom kepada penderita diabetes.

Itu lah beberapa pelajaran dari Cara Menanam Selada yang bisa kita ketahui. Semoga teman-teman bisa mendapat manfaat dari semua ilmu yang sudah saya share di artikel kali ini, dan jangan lupa untuk share pada teman-teman yang lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita peroleh disini, dan juga sering-sering untuk berkunjung di website kami ya…Dan Selamat Mencoba!

The post Cara Menanam Selada Praktis Dan Mudah! appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Manfaat Daun Seledri Bagi Tubuh Dan Kecantikan https://mesinpertanian.id/manfaat-daun-seledri/ Thu, 19 Mar 2020 12:37:21 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3916 Manfaat Daun Seledri-tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu sayuran sehat yang bisa kita konsumsi. Seledri diyakini oleh banyak orang dapat mengurangi kalori. Artinya mampu membakar lebih banyak kalori. Tidak seperti sayuran pada umunya, seledri bisa dikonsumsi pada seluruh bagiannya. Setiap bagian daripada tanaman ini bisa dipakai dan juga dikonsumsi loh. Sayuran yang bermanfaat ini […]

The post Manfaat Daun Seledri Bagi Tubuh Dan Kecantikan appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Manfaat Daun Seledri-tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu sayuran sehat yang bisa kita konsumsi. Seledri diyakini oleh banyak orang dapat mengurangi kalori. Artinya mampu membakar lebih banyak kalori. Tidak seperti sayuran pada umunya, seledri bisa dikonsumsi pada seluruh bagiannya. Setiap bagian daripada tanaman ini bisa dipakai dan juga dikonsumsi loh.

Sayuran yang bermanfaat ini juga bisa digunakan dengan berbagai jenis cara untuk meningkatkan makanan dikarenakan rasanya yang sedikit asin. Terlepas dari rasa dan juga perannya di dalam dapur, seledri sebenarnya ialah sumber daya yang sangat kaya akan vitamin dan juga mineral penting lainnya. Seledri tinggi akan kandungan asam folat dan juga kalium yang bisa digunakan tubuh untuk bekerja pada tingkat optimal.

Jumlah vitamin C yang luar biasa dalam kandungannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Ini adalah salah satu makanan super yang harus Anda sertakan dalam menu untuk meningkatkan kondisi dan menjalani hidup sehat. Berikut ada beberapa 15 alasan yang paling penting kenapa kalian harus mengkonsumsi daun seledri secara teratur tiap hari :

Manfaat Daun Seledri

manfaat daun seledri

1. Mengobati Infeksi Kandung Kemih

Manfaat Daun Seledri juga sangatlah membantu untuk bisa menyingkirkan batu-batu empedu didalam tubuh serta mengobati infeksi pada kandung kemih, sebagaimana akibat dari sifat anti inflamasi serta anti diuretik yang sangat kuat.

2. Meningkatkan Kesehatan

Penelitian juga sudah menemukan bahwa sayur seledri ini sangat bisa membantu untuk menyembuhkan berbagai penyakit peradangan seperti asam urat, radang sendi serta penyakit rematik, ini dikarenakan oleh sifat anti-inflamasi yang sangat ampuh, yang berhubungan dengan pembengkakan serta nyeri untuk bagian persendian. Untuk mengobati penyakit, perawatan harus disertai segelas jus seledri setiap harinya.

3. Mengurangi Peradangan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, sayuran ini banyak mengandung beberapa sifat anti inflamasi yang bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena peradangan. Luteolin yang terkandung didalamnya bisa mengurangi peradangan di hippocamps, bagian otak yang berhubungan dengan bagian memori.

4. Mengatur Tekanan Darah

Seledri kaya potasium yang membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat daun seledri mengandung phthalides yang sangat bisa untuk membantu mengendurkan otot-otot yang ada di sekitar arteri. Hal ini sangat membantu pembuluh darah untuk melebar, dan kemudian akan menurunkan tekanan darah.

5. Mengurangi Kolesterol

Phthlides juga sangat bisa untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh manusia. Mereka bisa memicu produksi asam empedu yang bisa berfungsi untuk mengurangi kolesterol LDL yang ada dalam darah. Untuk menikmati manfaatnya, Anda perlu mengonsumsi dua batang seledri setiap hari.

6. Mencegah Kanker

Senyawa campuran sayur seledri ini banyak mengandung senyawa yang bisa melawan beberapa jenis kanker pada tubuh loh. Luteolin flavonoid bisa berfungsi untuk menghalangi pertumbuhan pada sel kanker. Phthlides dan juga polyacetylenes di dalam sayur seledri mendetoksifikasi sel kanker di dalam tubuh serta membantu mencegah sel kanker, khususnya kanker untuk ovarium.

7. Menurunkan Berat Badan

Sayur Seledri ialah pilihan yang sangat tepat yang wajib menjadi bagian rutin untuk diet kalian, terutama jika kalian mau menurunkan berat badan. Tangkai seledri hanya memiliki 15 kalori di dalamnya. kalian juga bisa mengunyah seluruh seledri tanpa mengkhawatirkan tentang kalori dan juga serat yang ada di dalamnya akan membuat kalian kenyang lebih lama lagi.

8. Diuretik Alami

kandungan kalium dan juga natrium yang sudah ditemukan secara alami di dalam sayur seledri membuatnya menjadi diuretik yang sangat kuat. Ini sangat membantu dalam menyingkirkan racun berbahaya dari tubuh serta mengatur cairan.

9. Mengurangi Gejala Menstruasi

Ada sekitar 50 senyawa lain yang ada dalam seledri yang masih berhubungan dengan gejala-gejala menstruasi seperti kembung, sakit kepala, dan juga sakit perut. Anethole fitokimia yang terkandung di dalam seledri bisa membantu untuk mengatasi gejala yang bisa terjadi selama kalian menstruasi.

10. Meredakan Stres

kalian juga bisa mengatasi stres dengan cara alami yang menggunakan seledri. Ini juga mengandung magnesium yang bisa bekerja untuk bisa menenangkan sistem saraf pada tubuh. Selanjutnya, kalian juga bisa memperbaiki tidur kalian dengan cara makan beberapa seledri pada saat makan malam.

11. Kesehatan Mulut

Kebersihan mulut yang sangat buruk, bakteri, makanan yang terjebak di gusi dan gigi, menyebabkan bau mulut. Mengunyah sebatang seledri berfungsi untuk mengeluarkan makanan dan menyegarkan napas Anda pada saat yang bersamaan.

12. Baik Untuk Pencernaan

Sayur seledri mempunyai salah satu presentasi air yang tertinggi di dalamnya loh. Oleh karena itu, ini memainkan peran besar dalam menjaga Anda tetap teratur dan menangani sembelit.

13. Kesehatan Mata

Sangat banyak nutrisi yang bisa ditemukan didalam sayur seledri yang bisa membantu melindungi mata kalian dari degenerasi makula. Seledri juga masih banyak mengandung setidaknya 10% dari dosis harian untuk vitamin A, yang cukup sempurna bagi kesehatan mata kalian.

14. Anti Penuaan

Sayuran ini mengandung antioksidan kuat serta vitamin A, C, E dan nutrisi penting lainnya. Vitamin E yang terkandung di dalamnya yang bisa membantu untuk menjaga kulit tetap lembab dan juga antioksidan di dalam seledri yang bisa membantu melindungi kulit dari zat berbahaya yang bisa menyebabkan penuaan pada kulit.

15. Meningkatkan Libido

Seledri juga sangat bisa membantu untuk memberikan dorongan seks yang cukup sehat ini dikarenakan sayur seledri banyak mengandung androstenol serta androstenone yang bisa ditemukan untuk membantu kalian meningkatkan dorongan seks pada manusia.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan

manfaat daun seledri

Perawatan wajah tidak harus mahal, karena dapat kamu lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di dapur. Salah satunya dengan menggunakan seledri. Mempunyai banyak kandungan vitamin, ini 5 manfaat daun seledri yang bisa membuat kulit wajah jadi tampak lebih bersih.

1. Seledri Mampu Mengatasi Masalah Minyak Berlebih Pada Kulit Wajah

Memiliki wajah berminyak dapat menyebabkan berbagai masalah yang mengganggu, misalnya jerawat, hasil make up kurang maksimal, hingga wajah yang terlihat kusam. Coba saja untuk mengatasinya dengan menggunakan sayur seledri yang dijamin bisa membantu mengatasi wajah berminyak teman-teman tanpa membuat kulit menjadi lebih kering lagi.

Sayur Seledri memiliki kandungan vitamin A yang bisa mengontrol produksi minyak pada wajah. juga ada kandungan asam lemak omega 6 yang bisa untuk membantu menjaga kulit wajah supaya kekenyalan nya terjaga.

Caranya, sediakan potongan seledri yang masih segar, lalu masukkan ke dalam cangkir berisi air yang mendidih lalu tutup rapat. Setelah agak dingin, kemudian masukkan ke dalam lemari es. Pakai saja air rendaman daun seledri tersebut untuk membasuh wajah saat menjelang kalian tidur.

2. Seledri Mampu Meremajakan Kulit Serta Mencegah Penuaan Dini

Kamu masih merasa muda dan tidak peduli perawatan wajah? Hati-hati lho, penuaan dini itu bisa terjadi pada rentang usia tak terbatas, artinya umur berapapun bisa muncul tanda-tandanya karena pengaruh dari radikal bebas. Nah, seledri bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mencegah kerutan akibat penuaan dini karena seledri memiliki senyawa anti-oksidan yang ampuh menangkal radikal bebas.

Selain daripada itu, mineral dan juga kandungan asam lemak pada omega 6 bisa menjaga keremajaan kulit jadi kulit wajah bisa tetap kenyal dan juga terlihat bersinar. Caranya dengan, blender saja potongan daun seledri dan juga sedikit air sampai halus. Lalu, gunakan campuran tersebut pada wajah kamu sampai merata, diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air.

3. Daun Seledri Mampu Mencerahkan Wajah

Banyak produk pencerah wajah dijual dari harga murah hingga sangat mahal. Dengan menggunakan daun seledri secara teratur, kalian juga bisa mendapatkan wajah yang cerah alami dengan sangat mudah.

Daun Seledri memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamin A yang bisa untuk membantu mengangkat sel kulit yang mati jadi regenerasi pada kulit bisa berjalan dengan cukup baik. Ini bisa membuat kulit wajah kalian yang kusam menjadi lebih cerah lagi.

Manfaat yang lainnya kulit wajah kalian bisa menjadi lebih lembut dan juga halus. Caranya sangat mudah, cukup oleskan saja masker seledri pada wajah kalian setiap hari supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Seledri Mampu Mengatasi Masalah Jerawat Pada Wajah

Apakah kamu punya masalah dengan jerawat yang membandel di wajah? Daun seledri bisa memberikan perawatan kepada wajah yang berjerawat sampai pada lapisan dalam kulit wajah. Hal ini dikarenakan daun seledri mempunyai kandungan anti-iritasi dan anti-inflamasi yang ampuh mengurangi jerawat.

Caranya, campurkan masker seledri dengan produk tea tree oil kesukaan kamu. Setelah itu, gunakan gunakan cotton bud yang dicelupkan pada campuran tersebut. Lalu, aplikasikan pada area wajah berjerawat. Tunggu hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Daun Seledri Bisa Menutrisi Kulit Wajah

Walau wajah kamu tergolong normal dan sehat, penting lho melakukan perawatan wajah agar terhindar dari berbagai masalah. Daun seledri bisa menjadi pilihan kalian karena seledri ialah bahan perawatan yang bisa menutrisi kulit dan juga mampu untuk mengeluarkan racun yang bisa membahayakan bagi kesehatan kulit kalian.

Gunakan saja sebagai masker wajah dengan penggunaan rutin. Caranya ialah dengan mencampurkan daun seledri yang sudah diblender menggunakan satu sendok makan minyak almond, satu sendok makan yoghurt, dan juga satu sendok makan oatmeal. Gunakan masker seledri ke seluruh bagian wajah selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Cara Menanam Seledri

manfaat daun seledri

Daun seledri dikonsumsi sebagai lalapan dan penghias hidangan. Bijinya bisa dijadikan sebagai bahan penyedap dan juga ekstrak minyak seledri yang dimanfaatkan juga sebagai obat.

Usaha pertanian budidaya seledri memang sangatlah cocok untuk dilakukan di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar kurleb 1000-1200 meter dari permukaan laut. Tetapi tanaman ini juga masih sangat toleran untuk ditumbuhkan di dataran rendah juga. Tanaman ini kurang tahan terhadap curah hujan tinggi.

Jenis tanah yang digunakan didalam budidaya sayur seledri ini ialah jenis tanah yang cukup gembur dan juga banyak mengandung bahan organik didalmnya. Tanaman ini bisa tumbuh baik di tingkat keasaman tanah pH 5,5 sampai 6,5. Jika tanah terlalu asam sebaiknya tambahkan kapur atau dolomit.

1. Cara Menanam Seledri

Ada dua cara untuk menanam sayuran seledri yaitu dengan cara memperbanyak generatif (dari biji) dan juga memperbanyak vegetatif (dari anakan) juga. Perbanyakan generatif umumnya diterapkan sebagai budidaya sayur seledri untuk skala luas ataupun komersial. Untuk budidaya seledri pada skala pekarangan seperti didalam pot ataupun polybag, perbanyakan dengan cara vegetatif lebih mudah untuk dilakukan.

Perbanyakan generatif dmulai dengan menyemaikan biji terlebih dahulu. Setelah biji sudah tumbuh menjadi bibit, baru bisa dipindahkan ke dalam pot ataupun polybag. Berikut ialah langkah-langkahnya :

Sebelum bijinya disemai, sebaiknya rendam terlebih dahulu ke dalam air sehangat kuku (50 sampai 60 derajat celcius) selama kira-kira 1 jam-an. Siapkan tempat persemaian berupa bedengan atau baki semai. Untuk media semai sendiri terdiri dari campuran antara tanah dan juga kompos yang sudah diayak menggunakan perbandingan 2:1.

Berikan naungan menggunakan plastik bening pada bedengan semai guna melindungi tanaman dari kucuran air hujan langsung dan juga terik sinar matahari. Buatlah alur garitan di atas bedengan sedalam kurleb 0,5 cm dan jarak antar alur sekitar 10-20 cm. Sebarkan saja benih didalam alur tersebut dan kemudian tutup tipis menggunakan tanah kemudian siram supaya mempertahankan tingkat kelembabannya.

Siram menggunakan air secukupnya saja setiap pagi ataupun sore supaya mempertahankan kelembaban pada media persemaian seledri. Media juga janganlah terlalu basah serta jangan pula sampai kekeringan juga. Bibit sudah siap dipindahkan kedalam pot ataupun polybag setelah sekitar 1 bulan ataupun setelah tumbuh 3 sampai 4 helai daun seledri.

Perbanyakan vegetatif umumnya dilakukan jika kita sudah memiliki tanaman sayur seledri sebelumnya. Cara untuk memperbanyak, cukup ambil saja anakan yang sudah terdapat didalam rumpun tanaman seledri yang sudah ada. Kemudian pindahkan ke pot atau polybag baru. Lalu tanaman bisa diperbanyak dari rumpun seledri yang sudah tumbuh.

jika bibit seledri siap dipindahkan, tinggal siapkan saja pot ataupun polybag dengan ukuran yang sedang. Isi saja menggunakan media tanam yang terdiri antara campuran tanah, kompos dan juga arang sekam menggunakan perbandingan 1:1:1. Ayak terlabih dahulu bahan-bahan tersebut. Penggunaan dari arang sekam bertujuan supaya media tanam mempunyai porositas yang baik dan juga bobot dari media menjadi lebih ringan jadi pot ataupun polybag lebih mudah untuk dipindahkan.

Jika tidak ada arang sekam bisa diganti dengan sekam padi, jerami padi atau serbuk gergaji. Hati-hati pada saat membuat media tanamnya, gunakan saja bahan-bahan yang sudah bebas dari hama dan juga penyakit.

2. Perawatan Budidaya Seledri

Lakukanlah penyiraman saat setiap pagi dan juga sore sampai tanaman berumur kira-kira satu minggu. Kemudian frekuensi pada penyiraman cukup dilakukan hanya 2-3 kali saja dalam satu minggu. Tergantung dengan kondisi cuaca, jadi usahakan media tidak terlalu becek atau bahkan terlalu kering.

Untuk budidaya sayur seledri organik pemberian pupuk organik cair sangatlah efektif untuk diberikan sebagai pupuk susulannya. Pupuk organik cair sangat banyak dijual pada toko-toko pertanian didalam berbagai merek, ataupun bisa juga dengan cara dibuat sendiri. Selain pupuk cair bisa juga digunakan pupuk kompos, pupuk kandang atau pupuk hayati.

Encerkan pupuk organik cair sebelum disiramkan pada tanaman. Umumnya 10 ml pupuk cair bisa diencerkan menggunakan 1 liter air sebelum digunakan pada media. Untuk lebih spesifiknya ikuti saja petunjuk yang ada pada kemasan pupuk tersebut. Siramkan saja pupuk yang sudah diencerkan tadi menggunakan dosis 100 ml setiap polybag. Frekuensi untuk pemupukan sendiri dilakukan untuk setiap 1-2 minggu sekali saja.

Budidaya seledri di dalam pot ataupun polybag sebenarnya memang relatif jarang untuk terkena hama ataupun penyakit. Tetapi pada budidaya sayur seledri pada skala luas serangan memang cukup banyak dijumpai. Jadi tidak ada salahnya kita untuk mengetahui jenis-jenis hama dan juga penyakit pada seledri tersebut.

Ada beberapa hama yang sangat sering dijumpai didalam budidaya sayur seledri ini. Diantaranya ialah ulat tanah, keong, kutu dan juga tunggau. Hama-hama ini bisa diberantas dengan cara dipungut langsung menggunakan tangan. Terutama untuk penanaman didalam polybag.

Sedangkan untuk jenis-jenis penyakit budidaya sayuran seledri ialah cercospora, bercak septoria dan juga virus aster yellow. Cara menghindari serangan penyakit-penyakit ini, cukup lakukan saja pencegahan sejak dini. Pencegahan bisa dilakukan sejak pemilihan benih seledri, menjaga sanitasi kebun dan juga pemupukan yang sangat baik. Jika serangan dari penyakit tetap menghebat, bisa dilakukan dengan cara penyemprotan menggunakan pestisida organik.

3. Panen Budidaya Seledri

Panen budidaya seledri bisa dilakukan berkali-kali. Panen pertama umumnya terjadi jika tanaman sudah berumur sekitar 1-3 bulan setelah masa tanam, tergantung dengan varietasnya. Pertumbuhan pada sayur seledri dikatakan sudah maksimum jika daunnya sudah rimbun dan juga anakannya sudah banyak.

Sayur seledri dipanen menggunakan cara memotong pangkal batang secara periodik. Frekuensi pemanenan bisa dilakukan 1-2 minggu sekali. Masa panen telah berakhir jika pertumbuhan anakannya sudah tidak terlalu produktif lagi. Panen juga bisa dilakukan menggunakan cara dicabut.

Itu lah beberapa pelajaran dari Manfaat Daun Seledri yang bisa kita ketahui. Semoga bisa mendapat manfaat dari semua ilmu yang sudah saya share pada artikel ini, serta jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita peroleh disini, dan juga sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

The post Manfaat Daun Seledri Bagi Tubuh Dan Kecantikan appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Bayam Beserta Manfaatnya https://mesinpertanian.id/cara-menanam-bayam/ Tue, 17 Mar 2020 11:24:07 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3902 Bayam sudah menjadi salah satu sayuran yang paling sering dikonsumsi sebagian banyak orang. Selain bernilai gizi yang cukup tinggi, ternyata olahan sayur bayam saat ini pun sudah beraneka ragam. Ada yang mengolahnya dengan cara ditumis, salad ataupun kreasi sayur bayam yang lainnya. Dan sini akan saya bagi Cara Menanam Bayam pada teman-teman sekalian. Manfaat bayam […]

The post Cara Menanam Bayam Beserta Manfaatnya appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Bayam sudah menjadi salah satu sayuran yang paling sering dikonsumsi sebagian banyak orang. Selain bernilai gizi yang cukup tinggi, ternyata olahan sayur bayam saat ini pun sudah beraneka ragam. Ada yang mengolahnya dengan cara ditumis, salad ataupun kreasi sayur bayam yang lainnya. Dan sini akan saya bagi Cara Menanam Bayam pada teman-teman sekalian.

Manfaat bayam untuk kesehatan pun banyak. Bayam memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Dilansir dari Doktersehat, kandungan vitamin yang dimiliki bayam di antaranya yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan Vitamin A.

Tidak hanya itu saja, mineral-mineral utama yang terkandung dalam bayam yaitu magnesium, asam folat, zat besi, potasium, kalsium serta sodium. Melihat banyaknya kandungan gizi dalam sayur bayam, tentu manfaat dari cara menanam bayam untuk kesehatan begitu banyak.

Cara Menanam Bayam

cara menanam bayam

Penyiapan Benih Bayam

Benih sebagai budidaya bayam harus disiapkan melalui proses perbanyakan biji dari cara menanam bayam. Benih diambil dari tanaman bayam yang sudah dipelihara sampai tua berumur sekitar kurang lebih 3 bulanan. Jika sayur bayam masih muda sudah diambil bijinya, daya simpan untuk benihnya tidak akan bertahan terlalu lama dan juga tingkat perkecambahan nya pun akan rendah. Untuk benih bayam yang baik tentu bisa disimpan sampai dengan umur satu tahunan atau lebih.

Benih bayam yang tidak memerlukan masa dorman. Benih yang baru saja dipanen sebenarnya telah sangat siap untuk langsung ditanam pada media. Kebutuhan benih untuk cara menanam bayam yaitu sekitar 5-10 kg per hektar, jadi sangat tergantung pada keterampilan pada saat menebar benih.

Pengolahan Lahan Cara Menanam Bayam Organik

Pertama haluskan tanah serta buatlah bedengan. Lebar bedangan itu satu meter serta memiliki tinggi sekitar 20-30 cm sedangkan panjangnya mengikuti kondisi pada lahan. Jarak antar bedengan 30 cm saja. Sebaiknya bedengan ini membujur dari arah timur-barat untuk bisa mendapatkan pencahayaan yang sangat maksimal.

Budidaya bayam sangat sensitif dengan tingkat keasaman pada tanah. Jika derajat keasaman pada tanah rendah pH kurang dari enam atau sebaiknya netralkan menggunakan kapur ataupun dolomit sebanyak 2-3 ton per hektar. Jika pH lebih dari 7 netralkan menggunakan belerang. Tebarkan saja pupuk kandang, paling baik menggunakan kotoran ayam, sebanyak 10 ton saja per hektar lalu diamkan selama kurang lebih 2-3 hari. Kotoran ayam adalah pupuk kandang yang sangatlah kaya dengan kandungan nitrogen yang dibutuhkan pada tanaman bayam serta jenis sayuran berdaun lainnya.

Penebaran Benih Bayam

Benih bayam memang sangat kecil, didalam budidaya bayam biasanya benih bisa ditebar dengan cara menggunakan tangan atau bahkan menggunakan saringan sekalipun. Usahakan benih bayam menyebar dengan baik dan merata. Kepadatan ketika menebar benih ialah sekitar kurleb 0,5-1 gram untuk satu meter persegi.

Perawatan Budidaya Bayam

Perawatan yang sangat wajib untuk budidaya sayur bayam ialah pada pengaturan air, terutama ketika awal benih ditebarkan. Lakukanlah penyiraman setidaknya dua kali sehari pada saat musim kemarau. Jaga selalu kelembaban tanah hingga bayam berkecambah.

Setelah benih bayam sudah berkecambah, siangi(cabuti) gulma atau rumput yang tumbuh dengan kecambah bayam. Gulma bisa berebut nutrisi dari tanaman bayam. Terdapat beberapa hama serta penyakit yang sering menyerang budidaya sayur bayam, yaitu ulat daun, kutu daun, tungau, busuk basah serta karat putih. Penanganan nya yaitu dengan sangat menjaga kesehatan tanaman dengan cara penyiraman yang teratur.

Pemupukan tambahan sangat bisa dilakukan dengan kompos atau bahkan kotoran ayam yang sudah matang. Atur pemupukan sehemat mungkin sebagai menjaga budidaya bayam tetap sangat ekonomis.

Panen Dan Pasca Panen

Budidaya bayam bisa dipanen mulai dari 20 hari setelah tanam atau jika tinggi tanaman sudah sekitar 20 cm. Dengan cara pencabutan rata-rata panen sayur  bayam yang dihasilkan didalam satu hektar ialah sekitar 20 ton. Dan untuk budidaya sayur bayam potong umumnya bisa dipanen pada saat umur kurleb 1-1,5 bulan dan menggunakan interval pemerikan kira-kira seminggu sekali.

Setelah dipanen cuci dan sortir sayur bayam. Sebelum melakukan pengiriman, alangkah naiknya sayur bayam diikat terlebih dahulu menggunakan bilah bambu, untuk setiap 50 ikatan digambungkan ke dalam satu gabungan. Simpanlah hasil dari panen budidaya bayam ditempat teduh karena sayur bayam termasuk dalam tanaman yang mudah layu.

Manfaat Bayam Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

cara menanam bayam

Mencegah Anemia

Manfaat dari sayur bayam untuk kesehatan yang sangat dikenal dari dulu ialah bisa untuk mencegah penyakit anemia. Ini disebabkan karena sayur bayam ialah salah satu asupan zat besi yang sangat baik.

Sayur bayam juga banyak mengandung oksalat yang bisa menghambat penyerapan pada zat besi jika dikonsumsi. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyiasatinya yaitu dengan mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Sayur bayam memiliki manfaat besar untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan bayam mengandung folat yang sangat dibutuhkan oleh janin. Folat yang terkandung dalam bayam dapat mengembangkan sistem saraf mereka sehingga cacat pada mulut seperti celah bibir (sumbing) dapat terhindarkan.

Cacat seperti spinda bifilda (terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan saraf tulang belakang) atau bibir sumbing terjadi karena kekurangan folat. Oleh sebab itu, konsumsi bayam pada ibu hamil dan menyusui sangat dianjurkan.

Menjaga Tekanan Darah

Hal ini dikarenakan bayam mempunyai kandungan potasium yang bisa menurunkan tekanan pada darah. Resiko untuk terkena penyakit hipertensi pun berkurang dikarenakan folat yang bisa menenangkan pembuluh darah. Dengan tekanan darah yang selalu terjaga, maka stres pada sistem kardiovaskuler juga akan mulai berkurang. Tubuh pun akan mendapat oksigen dengan baik.

Menjaga Kesehatan Mata

Bayam yang sangat kaya untuk kandungan dari beta-karoten, xanthene dan juga lutein tentu sangatlah baik bagi kesehatan mata teman-teman. Dengan cara mengkonsumsi sayur bayam ini dengan rutin, kebutuhan vitamin A akan selalu tercukupi kebutuhannya.

Dilansir dari Hellosehat, mengonsumsi bayam juga dapat mengatasi beberapa masalah pada mata seperti mengurangi rasa gatal di mata, membantu mengobati ulkus mata dan masalah lainnya. Selain itu, kandungan lutein dan xanthene dalam bayam bertugas sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak pada mata.

Baik Untuk Penderita Diabetes

Dilansir dari Doktersehat, bayam memiliki manfaat yang sangat bagi untuk penderita diabetes. Bayam mengandung alpha-lipoic yang terbukti dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin serta mencegah perubahan oksidatif yang dipicu stres pada pasien diabetes.

Selain dari manfaat diatas, bayam ternyata juga bisa untuk menurunkan risiko neuropati perifer serta otonom bagi penderita diabetes.

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Bayam kaya akan serat dan mineral. Serat dan juga mineral tersebut bisa menurunkan tekanan darah serta mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah.

Tidak hanya itu saja, sayur bayam juga mempunyai kandungan kalium yang tinggi yang bermanfaat untuk tubuh. Jadi, penderita hipertensi sangat disarankan untuk mengkonsumsi bayam secara rutin.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K yang terkandung dalam bayam bisa untuk membantu menyerap kalsium oleh tulang jadi tulang bisa lebih kuat. Rendahnya untuk asupan vitamin K bisa berakibat risiko akan patah tulang menjadi lebih tinggi.

Oleh karena itu, mengkonsumsi bayam sangat penting karena untuk pengubah protein matriks pada tulang, meningkatkan penyerapan kalsium serta bisa mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh melalui urine.

Selain itu, mengonsumsi sayur bayam pun baik untuk seseorang yang telah lanjut usia. Hal ini karena sayur bayam juga memiliki manfaat mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Kartenoid, lutein serta zeaxanthin yang terkandung pada bayam bisa menghilangkan radikal bebas dari tubuh loh. Sering untuk mengkonsumsi sayur bayam bisa untuk meminimalkan risiko munculnya berbagai jenis kanker pada tubuh.

Sayuran hijau seperti sayur bayam ini banyak mengandung klorofil yang sangat efektif untuk menghalangi efek karsinogenik. Oleh karena itu, mengkonsumsi sayur bayam tentu sangatlah baik bagi kesehatan.

Mengurangi Radang

Khasiat pada daun sayur bayam bisa untuk membantu tubuh melawan radikal bebas yang sangat bisa menyebabkan peradangan. Untuk penyakit seperti rheumatoid arthritis ataupun rematik, peradangan ialah penyebab munculnya nyeri pada persendian.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Dikarenakan kandungan vitamin C, A, folat serta magnesiumnya juga yang sangat tinggi, bayam sudah dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan untuk tubuh.

Mencegah Asma

Penelitian telah menemukan jika, anak-anak yang sangat sering mengkonsumsi sayur bayam bisa menunjukkan risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan asma dibandingkan mereka yang jarang makan sayur bayam. Manfaat dari sayur bayam mampu menurunkan risiko asma dikarenakan kandungan dari beta-karotennya yang cukup tinggi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan dari antioksidan nya yang cukup tinggi pada sayur bayam ternyata juga mampu untuk memberikan perlindungan untuk kulit kita dari sejumlah radikal bebas yang terdapat pada lingkungan sekitar.

Memberikan Manfaat Neurologis

Beberapa komponen dari sayur bayam seperti potasium, folat, dan juga berbagai antioksidan telah diketahui bisa memberikan manfaat neurologis bagi orang yang secara teratur mengkonsumsi sayur bayam.

Folat sangat mampu untuk mengurangi terjadinya penyakit Alzheimer, jadi mengkonsumsi sayur bayam telah menjadi ide yang sangatlah berlian bagi orang-orang yang sangat berisiko tinggi untuk mengalami penurunan terhadap gangguan saraf atau bahkan kognitif. Kalium ialah bagian integral dari kesehatan otak juga, serta sudah dikaitkan dengan peningkatan aliran darah pada otak dan juga peningkatan kesadaran, konsentrasi, serta aktivitas saraf.

Menguatkan Otot

Berkat kandungan C0-Q10, yang berperan penting untuk memperkuat otot, terutama pada otot jantung yang terus-menerus memompa darah ke seluruh bagian pada tubuh. C0-Q10 bisa digunakan sebagai pencegah serta mengobati banyak penyakit kardiovaskular seperti hiperlipidemia, gagal jantung, hipertensi, serta penyakit jantung koroner.

Meningkatkan Metabolisme

Terdapat alasan kenapa dokter sangat menyarankan untuk menambahkan bayam dengan cara yang signifikan pada menu makanan teman-teman. Jumlah protein yang cukup tinggi sudah ditemukan dalam sayur bayam, merupakan takaran yang sangat luar biasa bahkan untuk sayuran jenis apa pun, serta protein ini juga sangatlah mudah untuk dipecah oleh enzim menjadi asam amino yang cukup penting bagi manusia.

Protein mamalia yang telah dibentuk kembali juga sangatlah membantu untuk perkembangan serta pertumbuhan pada masa otot. Manfaat dari sayur bayam yang lainnya juga sangatlah bisa untuk membantu meningkatkan kemampuan tubuh kita disaat sedang menyembuhkan luka juga memberikan dorongan kepada seluruh sistem metabolisme yang ada pada tubuh, mendorong semua organ supaya berfungsi dengan tingkat optimal mereka.

Mencegah Aterosklerosis

Aterosklerosis disebabkan karena pengerasan arteri. Pigmen yang disebut-sebut sebagai lutein ini bisa ditemukan didalam sayur bayam ini, dan juga sudah terbukti jelas bisa untuk mengurangi terjadinya penyakit aterosklerosis, serangan jantung, dan juga stroke. Protein yang terkandung pada sayur bayam ini, mempunyai manfaat yang bisa untuk mengurangi kolesterol dan juga timbunan lemak lainnya yang ada pada pembuluh darah.

Minim Akan Kalori

Sayuran hijau seperti bayam mengandung kalori yang rendah. Menurut Departemen Pertanian di negara Amerika Serikat, satu cup atau bahkan setara dengan 250 gram bayam mentah hanya mempunyai sekitar tujuh kalori saja, jadi sangatlah bagus bagi kalian yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang penting bagi kesehatan otak. Kandungan mineral seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan antioksidan yang dimilikinya dapat membantu mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak.

Manfaat Sayur Bayam Untuk Kecantikan

cara menanam bayam

Mencegah Jerawat

Sayur bayam memanglah sangat banyak mengandung vitamin A dan juga vit C yang sangat membantu supaya membuat kulit kita lebih bersih dan juga bercahaya. Sifat antioksidan yang banyak terkandung didalam sayur bayam sangat berguna untuk melawan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Selain sebagai makanan, sayur bayam juga sangat bisa untuk dijadikan sebagai masker, seperti perawatan sebagai pencegah pada jerawat. Campurkan saja daun bayam menggunakan air kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan sampai mengering.

Sebagai Tabir Surya

Kandungan vitamin B yang tinggi bisa membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya untuk kulit. Hal ini juga sangat bisa untuk membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini loh.

Menunda Penuaan Dini

Antioksidan yang terkandung dalam bayam bisa membantu menghancurkan radikal bebas penyebab kerutan serta pembentukan garis halus pada kulit. Radikal bebas bisa merusak kulit, jadi bayam sangat membantu dalam memperlambat proses penuaan serta membuat kulit tampak lebih muda loh.

Melindungi Dari Masalah Kulit

Kandungan folat serta vitamin K pada bayam bisa membantu untuk mendapatkan kulit yang bersih serta bebas dari jerawat,lingkaran hitam, peradangan pada kulit, kulit kering juga gatal-gatal.

Memperbaiki Kulit Rusak

Vitamin A dan juga vit C yang cukup tinggi pada sayur bayam juga mempunyai peran yang sangat penting. Vitamin A memiliki peranan utama sebagai peningkatan dan juga memperbaiki kesehatan pada kulit kita. Dan kandungan vitamin C juga sangat berperan sebagai perbaikan dan juga pertumbuhan untuk sel kulit baru.

Mengurangi Kantung Mata

Lingkaran hitam yang posisinya berada tepat di bawah mata yang bisa disebabkan dikarenakan kurang tidur, gen, alkohol, dan juga penuaan juga bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi sayur bayam ini.

Sayuran ini mempunyai kandungan vitamin K yang sangat diperlukan untuk pembekuan pada darah, serta memperkuat dinding pada pembuluh darah. Hal ini secara tidak langsung bisa mengurangi lingkaran hitam pada area sekitaran mata.

Mencerahkan Kulit

Bayam mampu mencerahkan kulit melalui kandungan sumber zat besi yang merupakan bagian yang paling penting dari hemoglobin. Protein ini berfungsi sebagai pengedar oksigen ke seluruh tubuh termasuk pada kulit juga, sehingga kulit bisa tampak lebih segar dan juga cerah.

Selain itu, bayam juga sangat kaya akan kandungan air yang sangat baik bagi hidrasi kulit. Satu mangkuk sayur bayam ternyata memiliki kandungan sekitar 164 gram air.

Itu lah beberapa pelajaran dari Cara Menanam Bayam yang bisa kita ketahui. Semoga bisa mendapat manfaat dari semua ilmu yang sudah saya share pada artikel ini, serta jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita peroleh disini, dan juga sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

 

The post Cara Menanam Bayam Beserta Manfaatnya appeared first on Mesin Pertanian.

]]>