Mesin Pertanian https://mesinpertanian.id Jual Mesin Pertanian - Alat Pertanian Terbaru 2019 Mon, 20 Jan 2020 07:21:44 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.5 Manfaat Jus Wortel https://mesinpertanian.id/manfaat-jus-wortel/ Mon, 20 Jan 2020 07:21:44 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3313 Manfaat jus wortel atau buah wortel untuk kesehatan sangat banyak. Sehingga jika mengonsumsi setiap hari maka akan sangat baik bagi tubuh. Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi. Oleh karena itu wortel dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kandungan dan manfaat wortel Vitamin dan Mineral Wortel mengandung banyak vitamin A […]

The post Manfaat Jus Wortel appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Manfaat jus wortel atau buah wortel untuk kesehatan sangat banyak. Sehingga jika mengonsumsi setiap hari maka akan sangat baik bagi tubuh. Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi. Oleh karena itu wortel dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kandungan dan manfaat wortel

manfaat jus wortel

Vitamin dan Mineral

Wortel mengandung banyak vitamin A yang menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, buah atau sayur wortel juga mengandung biotin atau salah satu vitamin B yang ikut berperan dalam metabolisme lemak dan protein. lalu, didalam wortel juga terdapat vitamin K1 yang penting untuk pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan. Kalium merupakan salah satu mineral yang terdapat pada wortel yang berperan untuk mengendalikan tekanan darah dan vitamin B6 yang berperan dalam mengubah makanan menjadi energi. Dengan kandungan vitamin dan mineral ini manfaat wortel cukup krusial untuk kesehatan manusia.

Karbohidrat

Karbohidrat yang ada didalam wortel memiliki indeks glikemik yang rendah, supaya tidak langsung meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, wortel sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Serat

Wortel memiliki serat pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat-serat ini bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati. Selain itu, juga memberi makan bakteri baik pada usus sehingga meningkatkan kesehatan usus dan mencegah terjadinya sembelit pada usus.

Senyawa Lainnya

Adapaun senyawa yang terdapat didalam wortel sangat banyak, beberapa darinya yaitu senyawa karotenoid, lutein, likopen, dan anthocyanin sebagai antioksidan, alpa karoten dan beta karoten yang mengolah vitamin A, serta poliasetilenes sebagai senyawa bioaktif yang melindungi tubuh dari sel kanker. Oleh sebab itu manfaat wortel cukup banyak buat manusia.

Apa Saja Manfaat Jus Wortel?

manfaat jus wortel

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Jus wortel yang pertama, wortel mengandung banyak beta karoten yang baik. Beta karoten yang masuk kedalam tubuh akan diolah menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. dan mampu melindungi mata dari berbagai macam gangguan mata, seperti katarak, degenerasi makula, glaukoma, dan xerophthalmia. Tidak hanya itu , tetapi jus wortel juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan alami yang dapat melindungi retina dan lensa mata.

2. Membuat Kulit Lebih Lembut dan Bersih

Manfaat jus wortel untuk kulit wajah. Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, adapun manfaat dari jus wortel lainnya adalah untuk kecantikan wajah. Berkat isi kandungan vitaminnya, wortel bisa membantu proses perawatan wajah. Berikut ini manfaat wortel untuk wajah.

Mengatasi kulit berminyak                                                                                                                                                                                        Kamu bisa menggunakan wortel sebagai perawatan rutin di rumah sendiri. Wortel dapat membuat kulit lebih lembut dan bersih. Kulit yang berminyak biasanya bermasalah dengan pori-pori kulit, sehingga wortel dapat membersihkannya secara mendalam. dan juga dapat mengontrol kadar minyak pada kulit sehingga mengurangi timbulnya jerawat.

3. Melancarkan Pencernaan

Wortel dapat membantu mengatur gerakan usus supaya bisa melancarkan pencernaan. Dengan rajin mengonsumsi wortel dapat mengatasi sembelit hingga membantu bagi anda yang ingin diet.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Wortel juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan oleh kandungan vitamin A, kalsium, fosfor, dan beta karoten yang ada didalam wortel.

5. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat lainnya adalah untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Vitamin B yang ada didalam wortel dapat memecah glukosa, lemak, dan protein untuk digunakan secara efisien oleh tubuh.

6. Membantu Mempertajam Memori

wortel tidak hanya meningkatkan metabolisme dalam tubuh, vitamin B yang ada didalam wortel juga dapat membantu mempertajam ingatan atau memori. Jika kamu rajin memakan wortel, kamu akan dapat mengerjakan atau mempelajari banyak hal dengan mudah.

7. Membantu Mencegah Kanker

Nutrisi yang ada didalam wortel dipercaya dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Wortel juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya radikal bebas.

Tubuh mengalami perubahan sifat menjadi ganas dan berkembang biak tidak terkendali ketika sel-sel kanker berkembang. Kandungan antioksidan yang ada dalam wortel inilah yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari ancaman kanker, seperi kanker payudara dan kanker prostat.

8. Menjaga Kehamilan Lebih Sehat

Wortel juga bisa memperkuat tulang bayi yang ada didalam kandungan, karena kandungan kalsium, folat, potasium, magnesium, dan vitamin A yang ada dialam wortel.

Dengan mengonsumsi wortel saat hamil dapat megurangi terjadinya cacat pada saat lahir. Karena kandungan antioksidannya juga dapat melindungi ibu dan janin dari radikal bebas, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk dapat menurunkan risiko infeksi.

9. Membantu Memperlambat Penuaan

Wortel memiliki kandungan beta karotin yang dapat membantu membersihan sel kulit mati sehingga dapat memperlambat terjadinya pennuaan

10. Menjaga Kesehatan Mulut

Wortel memiliki Kandungan mineral yang memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah timbulnya kerusakan pada gigi. Kandungan riboflavin di dalam wortel juga dapat membantu menghilangkan plak pada gigi.

11. Mengurangi Bekas Luka atau Kemerahan Pada Wajah

Campurkan jus wortel dengan oatmeal dan madu hingga teksturnya menjadi padat, kemudian olahan tersebut dijadikan masker pada wajah.Wortel dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka atau kemerahan pada wajah.

12. Menurunkan Kolesterol

Kandungan serat yang ada didalamnya dapat menghambat lemak sehingga dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Dengan rajin mengonsumsi wortel dapat membantu menurunkan kolesterol.

13. Anti Radang

Wortel memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat berguna sebagai anti peradangan. Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, manfaat wortel untuk kesehatan lainnya adalah sebagai antiradang. Ekstrak wortel mencegah tubuh dari terjadinya peradangan. Bahkan efeknya hampir sama jika dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

14. Menjaga Kualitas Sperma Semakin Bagus

Dengan mengonsumsi wortel maka pria bisa meninngkatkan kualitas sperma nya karena vitamin yang ada didalam wortel.

15. Memberikan Kesehatan Rambut

Wortel dapat menebalkan rambut dan mencegah terjadinya kerontokan pada rambut dan membuat rambut lebih lembut dan sehat.

16. Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Kalium yang ada pada wortel memiliki fungsi untuk mengatur tekanan darah. Di setiap 100 gram wortel, setidaknya terdapat 300 gram kalium. dan kalium dari wortel mampu menyeimbangkan kadar garam (natrium) dan cairan tubuh, sehingga dapat mengontrol tekanan darah. Jus wortel baik untuk dikonsumsi, terlebih jika Anda sering mengonsumsi makanan yang asin. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi jus wortel secara rutin juga dipercaya bisa mengontrol kadar kolesterol.

Berikut Beberapa Olahan Wortel

1. Tumis Wortel Campur-Campur

Bahan-bahan

  1. Bahan utama :
  • 1/4 kg kacang panjang
  • 6 buah Brokoli
  • 1 buah wortel
  • 1/4 kotak tempe iris Bumbu
  • 3 siung bawah putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 ruas laos
  • 6 buah cabe rawit (sesuai selera)
       2. Penyedap :
  • Secukupnya lada
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya penyedap instant/masako (sesuai selera)
  • Garam
  • Secukupnya air
Langkah :
  1. Potong-potong semua bahan utama dengan ukuran sesuai selera dan cuci bersih
  2. Iris bumbu yang sudah disiapkan (khusus bumbu iris)
  3. Tumis bumbu iris sampai aromanya keluar. Kemudian tambahkan air secukupnya
  4. Masukkan bahan-bahan utama yg sudah dipotong. Aduk-aduk sambil ditambahkan penyedap (gula, garam, lada, masako).
  5. Terus diaduk sampai bahan utama mulai layu dan air mulai sedikit meresap.
  6. Hidangkan.

Nugget Ayam + Wortel

  1. Bahan-bahan :
  • 300 gr daging ayam tanpa tulang
  • 1 buah wortel uk sedang
  • 2 butir telur ayam
  • 1 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 3 sdm tepung tapioka
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Kaldu jamur

      2. Bahan celupan :

  • 2 sdm tepung terigu
  • secukupnya Air
  • Bahan pelengkap :
  • Tepung panir/tepung roti
  • secukupnya Minyak goreng

Langkah

  1. Haluskan bawang merah dan putih.
  2. Ayam potong dadu, potong potong wortel, campurkan wortel dan ayam, dua buah telur, blender sampai tekstur halus.
  3. Pindahkan ke baskom, campurkan dengan duo bawang yg sudah dihaluskan, tambahkan garam dan kaldu bubuk, tepung tapioka, aduk dengan spatula sampai rata,
  4. Siapkan kukusan,. Olesi cetakan dengan minyak, lalu tuang adonan nugget tdi kecetakan, kukus hingga matang, kurang lebih 30 menit, angkat dan diamkan sampai dingin.
  5. Campur bahan celupan, tektur kental cenderung encer,. Potong potong nugget masukkan satu persatu kecelupan, gulingkan ke tepung panir, tata di wadah kedap udara, simpan dikulkas terlebih dahulu agar tpung panir lengket sempurna,
  6. Nugget siap di goreng dan dinikmati bersama keluarga

Sayur Bening Brokoli Wortel

  1. Bahan-bahan
  • 1 Buah Brokoli ukuran sedang
  • 1 Buah Wortel ukuran sedang
  • 4 Cabai merah
  • 3 Bawang Merah
  • 2 Siung Bawang Putih
  • 1 Bungkus Bihun Jagung

Langkah

  1. Cuci bersih brokoli, wortel, cabai, bawang putih, dan bawang merah
  2. Potong-potong brokoli dan wortel
  3. Iris cabai, bawang merah, dan bawang putih
  4. Setelah itu tumis cabai, bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak goreng sampai harum
  5. Masukan air kedalam kuali sampai mendidih
  6. Setelah itu, masukan brokoli dan wortel selama 2 menit
  7. Masukan bihun tambahkan garam dan penyedap rasa
  8. Aduk hingga rata lalu siap di hidangkan 🙂

 

Jus Wortel

Jika ingin membuat jus wortel gunakan wortel yang matang, mulus, dan segar. Cara membuatnya cukup mudah untuk dilakukan di rumah. cukup dengan mencuci dan mengupas wortel, potong wortel kecil-kecil, dan taruh ke dalam blender. Lalu, tambahkan sedikit air minum dan haluskan wortel hingga menjadi jus.

Anda juga bisa menambahkan  sayur-sayuran atau buah-buahan lain sesuai selera. Untuk menambah asupan serat dan nutrisi lainnya, Agar lebih sehat, sebaiknya jangan memasukkan gula ke dalam jus wortel atau jus sayur tersebut.

Tetapi jika ingin membeli jus dalam betuk kemasan. Pilihlah produk yang baru dibuat. Karena, jika jus wortel kemasan terlalu lama disimpan di lemari pendingin bisa membuatnya menjadi terkontaminasi bakteri. dan dapat menyebabkan karotenemia, yaitu tingginya kadar karoten di dalam darah. Karotenemia ditandai dengan warna kulit yang menguning. apabila terjadi hal seperti itu segeralah menghubungi dokter terdekat.

The post Manfaat Jus Wortel appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Membudidayakan Wortel https://mesinpertanian.id/cara-membudidayakan-wortel/ Sat, 18 Jan 2020 03:52:27 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3272 Cara membudidayakan wortel supaya wortel lebih cepat dipanen dan produksi wortel yang dihasilkan lebih memuaskan, kami akan membahas bagaimana cara membudidayakan wortel secara lengkap. Langkah pertama yang harus dialakukan dalam membudidayakan wortel dimulai dari bibit wortel, cara pengolahan lahan, cara budidaya wortel hingga cara pemanenan yang benar. Wortel atau biasa disebut sebagai Daucus carrota merupakan […]

The post Cara Membudidayakan Wortel appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara membudidayakan wortel supaya wortel lebih cepat dipanen dan produksi wortel yang dihasilkan lebih memuaskan, kami akan membahas bagaimana cara membudidayakan wortel secara lengkap. Langkah pertama yang harus dialakukan dalam membudidayakan wortel dimulai dari bibit wortel, cara pengolahan lahan, cara budidaya wortel hingga cara pemanenan yang benar.

Wortel atau biasa disebut sebagai Daucus carrota merupakan salah satu dari jenis sayuran yang mengandung vitamin A yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Tanaman wortel berasal dari dataran daerah Asia Timur, hingga daerah Asia Tengah.

Saat ini di Indonesia banyak daerah yang telah memulai budidayakan wortel dan telah tersebar di wilayah Jawa, Bengkulu, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Nusa Tenggara Timur, Lampung, Makasar, Bali, Ambon, Kaltim, Sulawesi Tengah hingga Papua.

Cara menanam wortel sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi ada beberapa hal yang harus dipahami agar hasil panennya bisa melimpah. Berikut cara menanam wortel agar memiliki buah lebat dan tumbug lebih cepat :

1. Syarat Tumbuh Tanaman Wortel

Wortel

Syarat tanam merupakan faktor utama untuk bisa menghasilkan wortel dengan hasil maksimal. Wortel biasanya banyak ditanam di daerah yang memiliki iklim sedang (temperate) pada musim dingin. Bila wortel ditanam di dataran rendah, wortel hanya akan tumbuh tinggi saja dan tidak terbentuk umbi.

Berikut syarat-syarat agar hasil wortel lebih maksimal

A. Tanah

Dalam membudidayakan wortel tanah adalah syarat yang terpenting. Tanah yang cocok untuk menanam wortel adalah tanah andosol, yang merupakan tanah yang dibutuhkan dalam membudidayakan wortel, alluvial, regosol dan latosol yang kebanyakan jenis tanah ini terdapat di dataran tinggi. Keasaman tanah yang sesuai untuk budidaya wortel yaitu 5,5 – 6,5 pH.

B. Suhu

Syarat kedua dalam membudidayakan wortel adalah suhu. Suhu sangat berpengaruh terhadap proses metabolisme tanaman wortel. Suhu optimal diperlukan agar budidaya wortel menjadi lebih maksimal yaitu 15,6 – 21,1 C.

C. Curah Hujan

Syarat ketiga dalam membudidayakan wortel adalah curah hujan yang sangat berkaitan dengan ketersediaan air pada tanah. Kekurangan air pada budidaya wortel akan menghambat pertumbuhan dari wortel, dan apabila kelebihan air akan membuat tanaman wortel mudah terserang penyakit. Daerah yang sesuai untuk budidaya wortel yaitu daerah yang beriklim basah yaitu 1,5 – 3 bulan kering dalam 1 tahun, serta iklim agak basah 3 – 4,5 bulan kering dalam 1 tahun.

D. Kelembaban Udara

Syarat keempat dalam membudidayakan wortel adalah kelembaban udara, kelembaban udara yang sesuai dalam budidaya wortel yaitu 80 – 90%. Jika kelembahan udara terlalu tinggi, maka akan merangsang pertumbuhan cendawan yang dapat menyebabkan penyakit pada wortel.

E. Cahaya Matahari

Syarat kelima dalam membudidayakan wortel adalah cahaya matahari, cahaya matahari merupakan sumber energi dalam proses fotosintesis tanaman wortel. Semakin besar intensitas cahaya matahari yang diterima tanaman wortel, maka semakin cepat pula proses pembentukan umbi wortel. Dalam masa fotosintesis, tanaman wortel membutuhkan cahaya matahari selama 9 – 10 jam per hari.

Itu adalah 5 syarat utama untuk membudidayakan tanaman wortel.

2. Cara Membudidayakan Wortel Dimulai Dari Bibit Wortel Yang Berkualitas

Hal pertama yaitu dimulai dari pemilihan bibit wortel yang berkualitas. yang dapat membuat hasil panen anda menjadi maksimal. Ada 2 cara yang bisa anda lakukan dalam memperoleh bibit wortel yang berkualitas, yaitu dengan cara membeli di toko pertanian terdekat atau bisa juga membuatnya sendiri.

Kali ini, kami akan memberikan cara membuat bibit wortel yang berkualitas. Langkah awal untuk membuat bibit wortel yang berkualitas yaitu dengan memilih tanaman wortel yang akan dijadikan benih.

Ciri-ciri Tanaman Wortel Yang Baik Untuk Dijadikan Benih :

  • Memiliki daya adaptasi yang baik dengan daerah penanaman.
  • Produksi yang tinggi.
  • Tahan terhadap penyakit dan hama.
  • Mempunyai umbi yang berwarna cerah, lurus tidak bercabang dan berukuran besar.
  • Benih yang baik adalah benih yang berasal dari tanaman yang telah berumur lebih dari 2 bulan.

Setelah mengetahui ciri-ciri tanaman wortel yang baik untuk dijadikan benih, langkah selanjutnya adalah bagaimana proses pembuatan bibit wortel unggul.

Cara Membuat Bibit Wortel Unggul

  • Pilih umbi wortel yang sesuai dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas.
  • Ujung dari umbi dipotong kira-kira 1/3 dari panjang umbinya.
  • Daun wortel dipangkas pada bagian pangkal umbi dan sisakan 10 cm.
  • Siapkan Bedengan.
  • Taburi bagian permukaan wortel dengan pupuk Trichoderma, air dan ZPT organik 2 minggu sekali.
  • Lakukan penyiraman pada sore hari (setiap hari).
  • Wortel akan berbunga dalam waktu 1 bulan, kemudian setelah 2 minggu bunga akan mekar.
  • Bunga wortel yang memiliki warna kecokelatan siap untuk dipanen.

Itulah cara membuat bibit wortel unggul, anda juga bisa langsung membeli bibit wortel unggul di toko pertanian terdekat. Bibit wortel harus dari bibit yang sejenis, berasal dari indukan wortel yang berumur pendek, serta bersertifikat bibit unggul.

3. Teknik Pembenihan Wortel

Bibit Wortel

Cara membudidayakan wortel selanjutnya adalah pembenihan. Setelah anda memiliki bibit wortel unggul, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pembenihan wortel. Lakukan perendaman bibit wortel dengan pupuk organik cair GDM spesialis tanaman pangan selama 30 menit kemudian bibit siap untuk ditanam.

Tujuan dari merendam benih wortel adalah agar bibit wortel cepat tumbuh, tidak mudah terserang penyakit dan membuat pertumbuhan wortel lebih seragam. Hal ini dikarenakan Pupuk organik cair GDM spesialis tanaman pangan mengandung 7 bakteri menguntungkan yang dapat menghasilkan antibiotik alami.

Antibiotik alami ini berfungsi untuk melawan penyakit yang menempel pada bibit wortel dan hormon yang dihasilkan akan mempercepat pertumbuhan tanaman wortel.

4. Menyiapkan Lahan Untuk Menanam Wortel

Cara membudidayakan wortel selanjutnya adalah menyiapkan lahan. Wortel adalah tanaman yang dipanen umbinya, oleh sebab itu media tanah harus dibuat gembur dengan melakukan proses pembajakan sedalam ± 40cm. Setelah membajak tanah lalu taburkan pupuk kandang/kompos sebanyak 10-20 ton per ha tergantung tingkat kusuburan tanah setempat.

Jika keasaman tanah dulur-dulur dibawah 5,5 pH ,  maka taburkan dolomite / kapur pertanian untuk meningkatkan pH tanah, dan diamkan selama 1-2 Minggu. Setelah pH tanah 5,5 – 6,5 , maka langkah selanjutnya yaitu lakukan proses pembuatan bedengan dengan lebar 100cm dan tinggi 20-30cm dengan jarak antar bedeng sekitar 40-50 cm.

Gunanya untuk menjaga tanah tetap gembur dan terjaga kesuburannya, gunakan GDM Black Bos sebanyak 5 kg per ha dengan cara disiram atau disemprot pada tanah dalam kondisi lembab/basah. GDM Black Bos memiliki bakteri yang secara cepat bisa meremediasi residu kimia (sisa-sisa pupuk dan pestisida) yang tertinggal dalam tanah.

Sehingga tanah yang awalnya keras dan rusak akan menjadi lebih gembur dan subur. Bakteri GDM Black Bos juga memiliki antibiotik alami yang bisa melawan penyakit yang mengendap di dalam tanah.

5. Proses Menanam Wortel

Cara membudidayakan wortel selanjutnya adalah menyiapkan tanah selanjutnya yaitu menanam wortel. Menanam wortel lebih murah dibandingkan dengan menanam tanaman lain. Bibit wortel ditanam di area bedeng yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian tutup dengan bokashi / pupuk kompos setinggi 0,5 – 1cm. Agar tidak tergenang ketika hujan, maka pada larikan dapat ditutup dengan daun pisang atau daun tanaman lainnya yang mudah dicari dilokasi dulur-dulur.

Usahakan selalu menjaga kelembaban tanah, apabila tanah mulai kering maka lakukan penyiraman.

6. Cara Pemeliharaan Dan Pemupukan Tanaman Wortel

Cara membudidayakan wortel selanjutnya adalah melakukan penanaman, hal yang harus dilakukan selanjutnya yaitu merawat tanaman wortel. Tanaman wortel yang terawat akan menghasilkan buah yang lebih maksimal jika dibandingkan dengan tanaman wortel yang tidak terawat. Pada umumnya, perawatan pada tanaman wortel ini dibagi menjadi 3 hal yaitu penjarangan dan penyiangan, pengairan, dan yang terakhir yaitu pemupukan.

 

A. Penjarangan dan Penyiangan

Cara melakukan perawatan pertama yaitu penjarangan dan penyiagan. Penjarangan adalah proses pengurangan tanaman dengan tujuan memberikan ruang yang lebih besar pada tanaman, sehingga wortel bisa tumbuh lebih maksimal.

Proses penyiangan yaitu proses pembersihan tanaman, membersihkan dari tumbuhan liar ataupun hewan. Proses penyiangan gulma bisa dilakukan dengan cara mencabut gulma atau bisa juga dengan menggunakan garpu untuk membersihkan rumput dan tanaman liar pengganggu yang tumbuh di sekitar tanaman. Selain menyerap nutrisi dalam tanah gulma juga merupakan sumber bagi tanaman inang berbagai hama dan penyakit.

B. Perairan Tanaman Wortel

Tanaman wortel pada awal pertumbuhan membutuhkan air yang cukup. Maka penyiraman dilakukan setiap hari pada tanaman wortel yang baru ditanam.

Setelah tanaman wortel tumbuh besar, penyiraman bisa dikurangi.

C. Pemupukan Tanaman Wortel

Pemupukan susulan diberikan ketika tanaman sudah berumur 30 hari setelah ditanam dengan memberikan pupuk urea dan kcl dengan perbandingan 2:1. Pupuk susulan diberikan dengan cara membuat larikan pada samping tanaman dengan jarak 5 cm. Taburkan pupuk susulan tersebut dan tutup kembali dengan tanah. Pada proses pemeliharaan lakukan juga penyemprotan dengan pupuk organik cair GDM spesialis tanaman pangan pada tanaman wortel setiap 1 minggu sekali.

pemupukan ini harus dilakukan agar kebutuhan nutrisi khususnya unsur mikro pada tanaman selalu tercukupi, karena pada pupuk organik cair GDM mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap. Tidak hanya mengandung unsur hara makro dan mikro, pupuk organik cair GDM juga mengandung 7 bakteri yang mampu menghasilkan hormon dan antibiotik pada tanaman.

Sehingga tanaman tidak mudah terserang penyakit karena daya tahan tanaman meningkat, serta hormon yang dihasilkan bakteri GDM mampu membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat. Dengan melakukan pemupukan maka wortel akan tumbuh dengan sehat dan umbi wortel yang dihasilkan meiliki ukuran lebih besar.

7. Hama dan Penyakit Tanaman Wortel

Hama dan penyakit merupakan kendala yang dihadapi oleh para petani. Serangan hama dan penyakit dapat membuat tanaman tidak berproduksi secara maksimal, bahkan akan membuat gagal panen.

Anda harus segera membasmi dan mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman wortel. Agar tanaman wortel dapat panen secara maksimal. Berikut cara penanganan hama dan penyakit yang menyerang tanaman wortel.

A. Hama Tanaman Wortel

Tanaman wortel sangat rentan terserang hama ulat tanah dan kutu daun. Untuk ulat tanah dapat dibasmi dengan mencari sarangnya pada setiap pagi hari kemudian diambil dan dimusnahkan. Jika serangan berlebihan, anda dapat menaburkan tanaman wortel dengan insektisida berbahan aktif karbofuran.

Sedangkan hama kutu daun ini sering menyerang pucuk tanaman wortel dengan cara menghisap cairan yang ada pada daun. Sehingga lama kelamaan akan menyebabkan daun menjadi keriting dan pertumbuhan tidak optimal. oleh karena itu jagalah kebersihan dari lahan terutama dari gulma, jika ada tanaman yang tumbuh segera dicabut atau dibersihkan.

B. Penyakit Tanaman Wortel

Penyakit yang biasanya menyerang wortel ialah bintil akar dan bercak daun. Gejala adanya penyakit bintil akar ditandai dengan benjolan pada umbi wortel yang disebabkan oleh nematoda. Pencegahannya adalah dengan melakukan pergiliran tanaman jenis lain yang berbeda keluarga.

Biasanya yang menyebabkan bercak daun adalah jamur cercospora yang berupa bercak-bercak coklat dan warna hitam di pinggiran daun. Daun tua merupakan tujuan utama dari penyakit ini.

Cara mengatasinya adalah dengan cara menggunakan GDM Black Bos pada saat olah tanah dan saat tanaman wortel berumur 30 HST. Cara menggunakanya yaitu dengan cara disemprotkan langsung ke tanah. Kemudian saat tanaman wortel berumur 7 hari setelah ditanam, gunakan pupuk cair GDM spesialis yang merupakan pupuk organik tanaman pangan dengan cara disemprot rutin setiap sekali seminggu.

8. Cara Panen Wortel

Pemanenan tanaman wortel. Sebaiknya anda memanen wortel pada usia 3 bulan setelah ditanam. Jika dilakukan pemanenan lebih lambat, maka akan membuat umbi wortel menjadi keras dan kualitasnya akan menurun.

Pemanenan wortel cukup dengan mencabut batang nya. Pencabutan harus dilakukan dengan hati-hati supaya umbinya tidak patah atau lecet karena bisa menyebabkan umbi menjadi busuk dan tidak laku di pasaran. Setelah dipanen lalu bersihkan umbi dari kotoran atau tanah yang menempel pada wortel tersebut.

The post Cara Membudidayakan Wortel appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Manfaat Buah Timun https://mesinpertanian.id/manfaat-buah-timun/ Fri, 17 Jan 2020 07:53:11 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3261 Manfaat Buah Timun untuk Kesehatan Tubuh Manfaat buah timun untuk Kesehatan, Bisa mengambat pertumbuhan sel kanker manfaat buah timun bagi masyarakat Indonesia, mentimun atau banyak orang menyebutnya dengan timun adalah buah yang umumnya tersedia sebagai pelengkap di dalam lalapan, acar atau salad. Meski dianggap sebagai pelengkap, buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Apa […]

The post Manfaat Buah Timun appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Manfaat Buah Timun untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah timun untuk Kesehatan, Bisa mengambat pertumbuhan sel kanker manfaat buah timun bagi masyarakat Indonesia, mentimun atau banyak orang menyebutnya dengan timun adalah buah yang umumnya tersedia sebagai pelengkap di dalam lalapan, acar atau salad. Meski dianggap sebagai pelengkap, buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat mentimun yang berguna bagi kesehatan?

manfaat buah timun

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Tubuh

Mentimun sering dijadikan sebagai pelengkap hidangan makanan, seperti menjadi lalap dan acar. Mentimun atau timun ini jarang menjadi hidangan utama. Padahal, timun memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Mentimun mengandung 95% kadar air sehingga bisa membantu mengatasi dehidrasi. Timun juga kaya akan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya vitamin C. Manfaatnya tak hanya saat dimakan, tapi juga bisa untuk pemakaian luar di daerah kulit.

Mentimun mengandung 0,65 persen protein, 0.1 persen lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 persen. buah Timun mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Biji mentimun mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

Biji buah timun mampu meredakan radang tenggorokan. mencampurkan biji timun dengan sedikit garam dan dikumur selama beberapa kali sehari.

1. Mengatasi bengkak di sekitar mata

Manfaat mentimun yang diketahui masyarakat dapat mengatasi mata bengkak. Mata bengkak karena tidur larut malam atau mata lelah akibat bekerja teralu lama di depan komputer. dengan iris tipis mentimun dan taruh di kedua mata, lakukan sambil berbaring selama 15 menit.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Cara mendapatkan manfaat mentimun cukup mudah, yakni dengan mengonsumsi air perasan buah mentimun segar. Lakukan cara tersebut secara rutin setiap hari, hingga lambung terbiasa menerima cairan buah mentimun.

3. Membantu tubuh tetap terhidrasi

Manfaat mentimun lainnya adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Mentimun mengandung 95,2 persen air, 5 ons porsi mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. sekitar 26 persen asupan air harian Anda terpenuhi oleh buah timun.

Jika Anda bosan minum air putih, Anda bisa memasukan potongan mentimun ke dalam botol minum Anda seperti membuat infused water. rasa tambahan dari buah mentimun membuat Anda untuk meminum air putih lebih banyak.

4. Melindungi tulang

Mentimun merupakan sumber vitamin K yang baik. Satu cangkir mentimun mengandung 22 persen asupan harian yang disarankan untuk vitamin K. Vitamin sangat penting untuk kesehatan tulang, karena asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium di tulang.

5. Mencegah sembelit

Buah timun mempunyai kandungan air dan kulit serta serat yang tidak larut. air dan serat dalam buah mentimun dapat membantu makanan dicerna lebih cepat dan lebih mudah, serta membantu mencegah terjadinya sembelit.

6. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Buah timun memiliki pinoresinol, lariciresinol dan secoisolariciresinol, yang membantu mengurangi risiko penyakit kanker, seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim.

Memiliki kandungan lignan dan cucurbitacun, manfaat mentimun berguna untuk kesehatan melindungi tubuh dari kanker. sebuah penelitian mengungkapkan, kandugan mentimun mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah flavonoid fisetin.

7. Menurunkan tekanan darah atau hipertensi

Karena kandungannya, mentimun dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kalium terdapat pada mentimun dapat mengatur jumlah garam pada ginjal. Bagi penderita hipertensi, biasanya dalam tubuh terdapat kadar sodium yang tinggi.

Tingginya kadar sodium membuat kadar air pada tubuh menjadi tidak seimbang yang memicu meningkatnya tekanan darah. , tubuh membutuhkan kalium yang cukup. Namun banyak orang yang tidak mendapatkan asupan kalium yang cukup setiap harinya.

Oleh karena itu, untuk membantu menyeimbangkan kadar sodium pada ginjal, kalian harus rutin mengonsumsi air mentimun. Dengan mengonsumsi air mentimun, Anda akan menjaga kestabilan tekanan darah. Bahkan, air timun mampu menjaga darah menggumpal.

8. Membantu menurunkan berat badan

Bagi kalian yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, salah satu asupan yang bisa dicoba adalah mentimun. Air mentimun membantu untuk mengurangi kalori didalam tubuh.

Mentimun termasuk makanan yang rendah akan kalori sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan yang berlebihan atau setidaknya tidak membuat berat badan terus bertambah. Mentimun membantu Anda mencapai berat badan ideal.

9. Baik bagi ibu hamil

Kandungan dari buah mentimun yaitu vitamin C, B1, B3, B2, zat besi, seng dan asam folat dalam mentimun dapat membantu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. kandungan kolagen pada mentimun akan membantu mengurangi selulit pada perut sebagai salah satu dampak dari kehamilan.

10. Merawat kulit

Jika kalian mempunyai kulit yang berjerawat, sepertinya kalian bisa menggunakan masker mentimun. Manfaat mentimun dapat berguna bagi kulit karena mengandung vitamin B5 yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Mentimun baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Misalnya, digunakan untuk membantu mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari.

11. Membantu mengeluarkan racun dari tubuh

Mentimun memiliki sifat yang diuretik dapat memicu produksi air seni. Dengan begitu, hal ini akan semakin sering mendorong bakteri,  racun-racun dan zat hasil metabolism untuk keluar dari tubuh melalui urine. Cara ini dikenal juga sebagai detoksifikasi. Tubuh akan jadi lebih segar karena bersih dari berbagai zat berbahaya dan racunn.

Selain itu, mentimun juga mampu melawan radikal bebas.  Radikal bebas sendiri dapat mengundang sejumlah penyakit seperti Alzheimer, jantung, menurunnya daya penglihatan  serta diabetes.

12. Mengontrol kadar gula darah

Salah satu manfaat yang baik dari mentimun adalah membantu pasien yang diabetes dan mengontrol kadar gula darah. Minum jus mentimun juga dapat meningkatkan hormon khususnya sel-sel pankreas dalam memroduksi insulin.

13.Mencegah Dehidrasi
Agar semua fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi 8 gelas sehari. jika Anda bosan minum air putih, Anda bisa mencampurkan timun pada botol minum untuk membuat infused water. Tambahan rasa ini akan mendorong Anda untuk mengonsumsi air lebih banyak.

Pilihan Makan yang Dianjurkan Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu hati-hati dalam memenuhi asupan makanan. Selain dengan pengobatan, penanganan penderita diabetes juga bisa dilakukan dengan melakukan terapi nutrisi medis.

makanan yang baik untuk penderita diabetes:

  • Makanan yang terbuat dari karbohidrat kompleks atau biji-bijian utuh, seperti nasi merah, oatmeal ubi panggang, dan roti.
  • Sayur yang diproses dengan cara direbus,  dipanggang, dikukus atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes di antaranya adalah bayam dan brokoli.
  • Kacang-kacangan, yang termasuk kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup, atau ditumis.
  • Produk olahan susu rendah lemak, seperti telur dan yoghurt. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi yoghurt rendah lemak tanpa pemanis tambahan dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2.
  • Berbagai jenis ikan, seperti ikan sarden, tuna, salmon, dan makarel. Namun, hindari konsumsi ikan tongkol karena memiliki kadar merkuri yang tinggi.
  • Daging tanpa lemak atau ayam tanpa kulit.
  • Buah-buahan segar. Jika Anda ingin menjadikannya jus, sebaiknya jangan menambahkan gula.

Jangan Hanya Mengandalkan Timun untuk Diabetes

Meskipun penelitian pada hewan menunjukkan ekstrak mentimun memiliki sifat menurunkan gula darah, hingga kini belum ada bukti kuat bahwa mentimun utuh atau bahkan jus mentimun memberikan manfaat yang sama.

Singkatnya, mentimun untuk diabetes jangan dijadikan sebagai obat. Konsultasikan dengan dokter mengenai pengobatan alami yang Anda lakukan dengan dokter.

Menurut ahli diet, menjaga gula darah tidak hanya dilakukan dengan mengandalkan timun untuk diabetes saja, tetapi dengan mengembangkan rencana pola makan khusus dan kebutuhan nutrisi medis tertentu. Obat diabetes tidak boleh dihentikan atau diubah tanpa persetujuan dokter.

Untuk mendapatkan mentimun dengan harga terjangkau, anda bisa segera berkunjung. Beragam produk yang dijual berasal langsung dari petani sehingga masih dalam kondisi yang segar.  menjual mentimun dengan harga terjangkau. Anda bisa melakukan pembelian di situs ini secara online tanpa harus keluar rumah.

Selain mentimun, mentimun juga menyediakan beragam sayuran yang bisa anda pilih sendiri sesuai selera. Anda tinggal pilih sendiri beragam keperluan anda melalui nomor pemesanan yang telah disediakan. Selanjutnya tunggu pesanan yang akan diantar sampai ke alamat yang dituju.

Nah, itulah ulasan tujuh manfaat ajaib dari buah mentimun, yang ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, maupun untuk perawatan kecantikan. Semoga bermanfaat!

 

 

The post Manfaat Buah Timun appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Budidaya Buah Mentimun https://mesinpertanian.id/budidaya-buah-mentimun/ Fri, 17 Jan 2020 07:07:06 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3233 Budidaya Buah Mentimun atau disebut juga sebagai Cucumis sativus merupakan tanaman yang bisa beradaptasi di berbagai jenis iklim. Tetapi, budidaya buah mentimun lebih maksimal jika kondisi iklim kering dengan penyinaran penuh saat berada pada suhu 21-27oC. Dan ketinggian yang ideal untuk membudidayakan buah mentimun beadara pada ketinggian 1000-1200mdpl. Tidak hanya bisa ditanam di daerah tinggi, […]

The post Budidaya Buah Mentimun appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Budidaya Buah Mentimun atau disebut juga sebagai Cucumis sativus merupakan tanaman yang bisa beradaptasi di berbagai jenis iklim. Tetapi, budidaya buah mentimun lebih maksimal jika kondisi iklim kering dengan penyinaran penuh saat berada pada suhu 21-27oC. Dan ketinggian yang ideal untuk membudidayakan buah mentimun beadara pada ketinggian 1000-1200mdpl. Tidak hanya bisa ditanam di daerah tinggi, buah mentimun juga bisa ditanam di dataran rendah.

Budidaya buah mentimun memiliki 2 jenis yaitu organik dan anorganik sekarang kita akan membahas mentimun organik. Mentimun oraganik membutuhkan perawatan yang lebih ekstra, karena buah mentimun organik ini rentan terhadap hama dan cuaca. Mentimun organik akan lebih bagus jika ditanam pada tanah yang mengandung hara organik yang cukup banyak. dan tekstur tanah yang baik bagi tumbuh kembang tanaman ini berkadar liat rendah dengan pH 6-7.

Budidaya Buah Mentimun

Cara Membudidayakan Mentimun

1. Penyiapan Benih Mentimun

Cara budidaya sayur mentimun biasanya dengan cara memperbanyak tanaman melalui biji. dan cara untuk mendapatkan benih yang baik adalah dengan menyeleksi buah mentimun yang pangkalnya kecil tetapi buahnya panjang dan besar. Tunggu hingga buah mentimun tersebut masak dipohonnya. Setelah terlihat mulai membusuk petik buah mentimun tersebut lalu didiamkan selama satu malam. Setelah didiamkan selama satu malam buah mentimun dibelah dan dikerok bijinya. Dan masukkan kedalam wadah yang bersih setelah itu biarkan kembali selama satu malam.

Setelah didiamkan selama satu malam, langkah selanjutnya yaitu mengayak biji mentimun dengan air yang mengalir sampai selaput yang menyelubung biji tersebut hilang. Cara untuk mempermudah proses pengelupasan selaput biji, campurkan abu halus pada benih tersebut. Pada saat pengayakan lakukanlah sortasi biji. Pilihlah biji yang tenggelam, bukan biji yang hanyut terbawa aliran air. Lalu jemurlah biji mentimun yang sudah dipilih selama 2 hari. Apabila telah dijemur sebaiknya biji dikemas dalam botol kaca yang bersih. Dan simpan biji tersebut selama 1-2 bulan sebelum digunakan untuk menghilangkan masa dormannya. Dengan menyimpan benih secara baik maka benih bisa bertahan hingga satu tahun.

Satu hari sebelum membudidayakan dilakukan, maka siapkan benih dengan direndam dalam air hangat selama 3-5 jam kemudian letakkan di kain basah dan lembab. biasanya Setelah 15-24 jam akan tumbuh tunas dari biji timun tersebut, dan benih siap untuk ditanamkan.

2. Pengolahan Lahan Secara Organik

Bolak balik tanah sedalam 20-30 cm. Dengan tanah yang berkondisi pH-nya kurang dari 6 maka berikan kapur dolomit sebanyak 1-2 ton per hektar, tergantung atas keasaman tanah. Campurkan dolomit dengan tanah dan biarkan selama 1-2 minggu.

Buatlah bedengan dengan lebar 1m dan tinggi 20-30 cm dan panjang disesuaikan dengan kebutuhan. Jarak antar bedengan 30 cm saja sudah cukup. Tutup bedengan menggunakan plastik mulsa. Gunanya untuk mempertahankan kelembaban tanah, karena mentimun lebih baik jika ditanam saat musim kemarau dengan penyinaran penuh. Tetapi, zona perakaran untuk mentimun harus selalu dijaga tingkat kelembabannya.

Lubang tanam yang dibutuhkan pada mulsa berdiameter 10 cm, setiap bedengan memiliki dua baris lubang tanam. Jarak setiap lubang tanam dalam satu baris adalah 40 cm dan jarak antar baris adalah 50-60 cm.

Berilah pupuk kandang, lebih baik gunakan pupuk campuran antara kotoran ayam dengan kotoran kambing atau sapi 1:1 pemberian pupuk bisa dengan cara ditebar dalam bedengan setelah itu diaduk dengan tanah, atau bisa diletakan pada lubang tanam. Berilah pupuk sebanyak 0,5-1 kg disetiap lubang tanam. Jumlah pupuk yang dibutuhkan untuk satu hektar ialah 20-30 ton. Setelah pupuk diberikan lalu biarkan lahan selama 1-2 minggu.

3. Penanaman Benih Mentimun

Penanaman biji harus dilakukan pada biji yang telah bertunas, yang sebelumnya telah disiapkan. Setelah itu masukkan masing-masing satu biji kedalam lubang tempat penanaman, kemudian tutuplah biji dengan tanah. Siram biji tersebut setiap pagi dan sore hari. Biasanya benih tumbuh dalam waktu 2 hari dan mulai tumbuh tinggi dan bertunas.

4. Perawatan Budidaya Buah Mentimun

Lakukan pengontrolan tanaman pada umur 3-4 hari setelah tanam , segera ganti apabila ada yang mati atau gagal tumbuh dengan benih baru. Bersihkan gulma di sekitar area penanaman. Ketika tanaman sudah berumur 2 minggu setelah tanam, biasanya daun akan mulai tumbuh atau muncul. Anda bisa memberikan pupuk tambahan berupa pupuk cair.

Cara membuat pupuk cair yaitu dengan menggunakan kotoran kambing yang telah matang dengan air. Aturan mencampurkan kotoran kambing dengan air adalah dengan menggunakan 1 kg kotoran kambing dengan 1 liter air. Setelah dicampurkan maka diamkan campuran tersebut selama satu minggu. Cara memberikan pupuk cair cukup dengan menyiramkannya pada setiap lubang tanam. Pupuk cair yang diberikan adalah 1 liter per meter2.

Untuk menghasilkan buah yang baik, pasanglah lenjer atau turus yang terbuat dari bambu. Pasanglah satu lenjer disetiap lubang tanam lalu ikatkan dengan setiap empat lenjer bambu pada ujung atasnya. Gunanya untuk membantu tanaman untuk melilit atau memanjat pada bambu tersebut.

5. Pengendalian Hama dan Penyakit

Berbagai penyakit dan hama yang menyerang mentimun diantaranya dikenal dengan istilah cacantal atau oteng-oteng. Hama ini menyerang bagian daun yang bisa menyebabkan kematian pada tanaman. Selain itu, hama yang sering menyerang mentimun adalah ulat tanah. Hama ini biasanya menyerang bagian yang menjadi pangkal keluarnya daun atau buah. Hama ini bisa kita dikendalikan dengan cara memberikan biopestisida yang terbuat dari ekstrak kipait dan gadung yang dicampurkan dengan air kencing kelinci.

Penyakit yang biasanya menyerang mentimun adalah busuk daun, tepung putih, antraknosa, bercak daun dan busuk buah. Penyakit ini bisa ditangani secara kultur teknis dengan rotasi tanaman dan membuang bagian tanaman yang terkena penyakit.

6. Panen Budidaya Mentimun

Mentimun mulai berbunga saat berusia 20 hari setelah ditanam dan berbuah setelah berusia 40 hari. Biasanya petani mentimun melakukan panen pertama setelah mentimun berusia 75 hari. Pemanenan ini dilakukan dengan cara bertahap selama 1-1,5 bulan. Panen bisa dilakukan setiap hari, biasanya bisa dipetik 1-2 buah per tanaman.

Panen buah mentimun yang baik biasanya bisa mencapai 30 ton per hektar. Mentimun yang telah dipanen harus diletakkan di tempat yang sejuk karena buah mentimun akan cepat kehilangan kandungan air. Setelah dipanen, biasanya mentimun di pack menggunakan tempat yang mempunyai sirkulasi udara atau dimasukkan kedalam karung untuk dijual ke pasar.

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

1. Detoksifikasi

Dengan meminum jus mentimun anda bisa menghilangkan racun didalam tubuh karena kandungan air dari buah mentimun yang tinggi. Meminum jus mentimun bisa melawan batu ginjal. Mengkonsumsi jus mentimun yang teratur dapat membantu melepaskan racun dan membuat tubuh Anda menjadi sehat.

2. Mencegah Osteoporosis

Deangan memiliki kandungan mineral seperti tembaga, magnesium, dan kalium menjadikan mentimun bahan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang. Meminum jus mentimun secara teratur bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang, sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit osteoporosis dan gangguan pada tulang lainnya yang berkaitan dengan usia.

3. Kelola Kadar Hormon

Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang jus mentimun juga bisa membantu menyeimbangkan kadar hormon didalam tubuh. Mentimun juga dapat membantu mencegah kerusakan kelenjar pituitari dan tiroid.

4. Meningkatkan Sistem Saraf

Jus mentimun memiliki kandungan kalsium yang berfungsi sebagai elektrolit dan memperkuat sistem pada saraf dan komunikasi antara otot-otot.

5. Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian cucurbitacins yaitu senyawa bioaktif yang ada dalam mentimun memiliki potensi antikanker. Bahan aktif dan lignan dalam mentimun dapat membantu mencegah timbulnya kanker.

6. Meningkatkan Penglihatan

Vitamin A hadir bersama dengan antioksidan lainnya yang dapat membantu melindungi penglihatan. International Research Journal of Farmasi dan Farmakologi mengatakan bawha dengan mengkonsumsi jus mentimun secara teratur dapat membantu menunda katarakogenesis atau katarak.

7. Membantu Turunkan Berat Badan

Mentimun tidak memiliki lemak dan karbohidrat, oleh karena itu jus mentimun dapat membantu mengurangi berat badan. meminum jus mentimun merupakan cara yang baik untuk menurunkan berat badan sambil memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

Apa Saja Olahan Dari Mentimun

1. Timun Sayur Bening

Gunakan 5 buah mentimun (tergantung keperluan), bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, cabe keriting hijau, tomat, merica, garam.

2. Sayur Bayam dan Timun

Sayur bayam, Mentimun segar, bawang merah dan putih, tempe, garam, air, gula pasir, dan kaldu bubuk jika suka.

3. Sayur Santan Mentimun dan Tempe

Mentimun segar, tempe yang dipotong kecil, santan kelapa, bawang merah dan putih, tomat, cabe, garam.

4. Sayur Asem Mentimun

Mentimun yang telah dibuang bijinya, kangkung, asam jawa 3 buah, belimbing wuluh, capar dele, bawang putih, garam, buncis, bawang merah.

5. Jus Mentimun

Mentimun segar dan air, gula pasir, susu putih.

6. Acar

Mentimun, cabe rawit utuh, bawang merah, wortel, air, gula pasir, cuka masak, garam.

sekian info yang dapat kami berikan. Terimakasih 😀

The post Budidaya Buah Mentimun appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Timun https://mesinpertanian.id/cara-menanam-timun/ Thu, 16 Jan 2020 04:57:19 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3232 Cara Menanam Timun Cara Menanam Timun Mentimun merupakan jenis tanaman hortikultura, yang mempunyai berbagai manfaat. Cara menanam timun banyak dipelajari oleh kebanyakan orang, karena budidaya mentimun memiliki prospek yang cukup tinggi dalam dunia bisnis. Selain dijadikan sebagai bahan konsumsi atau pelengkap salad, mentimun juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sehingga dijadikan sebagai penyegar, atau bahan utama […]

The post Cara Menanam Timun appeared first on Mesin Pertanian.

]]>

Cara Menanam Timun

cara menanam timun

Cara Menanam Timun Mentimun merupakan jenis tanaman hortikultura, yang mempunyai berbagai manfaat. Cara menanam timun banyak dipelajari oleh kebanyakan orang, karena budidaya mentimun memiliki prospek yang cukup tinggi dalam dunia bisnis.

Selain dijadikan sebagai bahan konsumsi atau pelengkap salad, mentimun juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sehingga dijadikan sebagai penyegar, atau bahan utama dalam industri farmasi sekaligus produk kosmetik.

Tidak berhenti disitu, rupanya budidaya mentimun sudah merajai pasar ekspor, mentimun bisa dibuat dalam berbagai bentuk asinan dan berkembang pesat. Negara yang dijadikan sasaran, sebut saja Kamboja, Thailand,Malaysia, Indonesia, bahkan mampu menembus negara Eropa.

Cara Menanam Timun

 

Artikel ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang masih awam dengan budidaya mentimun, karena jika tidak tahu langkah-langkah nya sesuai prosedur.

Maka mentimun yang dihasilkan akan terasa pahit dan tumbuh dengan tidak sempurna. cara menanam timun yang bisa dijadikan untuk referensi dalam memulai bisnis yang menguntungkan :

1. Mempersiapkan Bahan dan Alat Perlengkapan

Langkah pertama dalam budidaya mentimun siapkan benih dan lahan yang nanti akan digarap. Sebagai contoh apabila benih sudah bersertifikasi seberat 600 gram, dengan luas lahan 6000.

Selain jangan lupa siapkan juga pupuk kandang sebanyak 6 ton, dan kapur pertanian seberat 1 ton berlaku untuk luas lahan yang sama. Pupuk urea juga penting dalam pertumbuhan mentimun, cukup siapkan seberat 160 kg, SP – 37 100 kg.KCL  sebanyak 100 kg, dan pupuk ZA 60 kg digunakan untuk luas lahan 6000 , untuk pupuk NPK sebanyak 90 kg.

  Cara Menanam Hidroponik

Selanjutnya benih mentimun, lahan, dan pupuk yang sudah selesai disiapkan, bahan selanjutnya yakni alat pertanian. Seperti cangkul untuk membersihkan tanah dari rumput liar atau meratakan tanah, ember untuk wadah benih mentimun dan pupuk. Sekaligus kored dan gembor, sedangkan alat yang digunakan untuk panen mentimun seperti timbangan, tali rafia, dan pisau.

2. Menyemaikan Benih Mentimun

Proses penyemaian budidaya benih mentimun dilakukan 2 minggu sebelum proses penanaman pada lahan mentimun. Cara persemaiannya sangat mudah dilakukan, namun bukan berarti asal begitu saja. Tahapan ini juga sangat penting untuk menghasilkan benih mentimun yang berkualitas tinggi. Pertama, rendam benih mentimun dalam ember yang sudah di isi dengan air hangat, tunggu selama 6 jam,  bertujuan untuk memecah dormansi benih mentimun.Setelah 6 jam, pisahkan benih mentimun dengan air hangat lalu bungkus menggunakan kain lembab, agar benih mampu bernafas dengan baik. Diamkan dan tunggu selama 12 jam dalam keadaan lingkungan yang hangat dan lembab. Untuk menunggu benih mentimun, bisa lakukan pekerjaan yang lainnya seperti  siapkan media tanah, jenis tanah yang subur dan pupuk kandang.

Gunakan kedua bahan tersebut dengan menerapkan perbandingan 2 banding 1, setelah media tanah siap langkah selanjutnya masukan ke dalam polybag, atau menggunakan gelas plastik dan tray. Tanam benih mentimun, dan masukan dalam media semai. Caranya tancapkan benih mentimun dengan posisi sudut kemiringan 45 derajat, dan ujung yang tajam menghadap ke bawah atau tanah.

3. Penyiraman Benih Mentimun

Setelah persiapan bahan dan alat, penyemaian, sekarang tinggal langkah selanjutnya yaitu penyiraman pada benih mentimun. Siram pada permukaan media semai yang sudah ditanam benih mentimun tadi. Bisa menggunakan hand sprayer untuk langkah penyiraman.

Tutup permukaan media tanaman mentimun menggunakan plastik berwarna hitam tunggu sekitar  dua hari hingga benih mentimun berkecambah. Pindahkan bibitnya jika  sudah tumbuh 2 helai daun atau berumur sekitar 12 hari. Dalam hal tidak semua bibit dapat dipindahkan, cukup pilih yang tumbuh sehat dan normal.

Jikapun ada bibit yang rusak maka segera cabut agar tidak menular pada bibit yang lainnya. Apabila benih mentimun mengalami rebah semai gunakan cara penyemprotan dengan menggunakan Delsene atau Benlate sesuai dosis yang sudah dianjurkan.

4. Siapkan Lahan Budidaya Mentimun

Dalam budidaya mentimun, sebaiknya menggunakan jenis tanah lempung, gembur, berpasir, subur, juga memiliki kandungan organik yang cukup tinggi. Agar tanaman mentimun tumbuh bagus, tanamlah pada ketinggian sekitar 100-900 mdpl. Tentunya bersihkan terlebih dahulu lahan yang akan digunakan dari tanaman liar dan pengganggu.

Cek Ph tanah sesuai standar, jika kurang dari 5,5 bisa gunakan kapur pertanian dengan cara menaburkan ke lahan. Dengan jumlah satu ton untuk luas lahan 6000.  Bajak lahan dengan menggunakan cangkul, langkah ini bertujuan untuk menggemburkan tanah. Setelah membuat sebuah bedengan dengan tinggi sekitar 16 sampai 20 cm, lebar 100 cm, dan untuk ukuran panjangnya di sesuaikan dengan kondisi lahan yang digunakan.

Sebaiknya buatlah saluran perairan diantara bedengan dengan ukuran 50 cm. Taburkan pupuk kandang ke lahan mentimun secukupnya. Jangan lupa campur dengan pupuk urea, pupuk SP sampai 36 dan KCL sesuai takaran yang sudah dianjurkan. Tabur pada setiap sisi bedengan, pastikan tersebar dengan rata.

5. Buat Lubang Untuk Menanam Timun

Setelah pupuk tersebar merata, selanjutnya buat lubang untuk tanaman mentimun, bisa menggunakan batang kayu yang berdiameter sekitar 5 sampai 10 cm. Beri jarak setiap tanamannya sekitar 50 sampai 70 cm, jarak ini digunakan untuk 15.000 hingga 17.000 bibit mentimun. Jadi setiap jarak yang digunakan itu berbeda, tergantung pada jumlah bibit yang akan ditanam.

Bedengan  atau selokan yang telah dibuat tadi pastikan tergenang oleh air, agar tanah lembab dan proses penanaman dilakukan dengan mudah. Jika pada musim penghujan, agar lahan tidak tergenang air begitu banyak, bisa menggunakan drainase agar aliran air lancar. Selain itu  pastikan juga irigasi terkontrol dengan baik untuk mengairi lahan  disaat musim kemarau tiba.

6. Penanaman dan Pemeliharaan Mentimun

Cara menanam mentimun selanjutnya lakukan pemindahan bibit mentimun ke dalam lahan alangkah baiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Karena di waktu inilah tanaman terkena langsung cahaya matahari. Lakukan pengamatan pada tumbuhan bibit mentimun saat berusia 7 HST. Apabila ada bibit yang cacat atau rusak segera lakukan penyulaman. Kemudian pasang air pada saat tanaman mentimun sudah berusia 3 sampai 7 HST.

Langkah ini bertujuan agar mentimun dapat tumbuh merambat, jangan sampai merambat hingga ke tanah.Jika terjadi tanaman mentimun akan sangat mudah terkena hama, dan buah yang dihasilkan akan belang. Untuk mencegah hal tersebut bisa menggunakan air yang berukuran sekitar 2,25  sampai  2,5 m.

Tancapkan dua air dalam keadaan posisi miring ke dalam hingga membentuk huruf X. Pada posisi persilangan, dapat juga ditambah bambu membujur ukuran panjang sesuai dengan bedengan. Ikat menggunakan tali rafia pada titik persilangan air agar air mampu berdiri kokoh

7. Cari Waktu Tanam Mentimun

Untuk menanam ketimun, waktu merupakan salah satu hal terpenting yang harus anda perhatikan. Sebelumnya perhatikan kondisi tanah saat itu jangan sampai kondisi tanah lembab ataupun dingi, tanah yang baik untuk menanam ketimun yaitu tanah pada suhu yang hangat dan usahakan ketika anda menanam mentimun jangan sampai pada waktu musim penghujan tiba. Agar lebih mudah, berikut ulasannya :

  • Anda bisa menanam mentimun pada bulan april atau mei dimana musim penghujan sudah mulai reda atau anda bisa menyesuaikan musim dan cuaca saat ini. Karenna seperti yang kita ketahui, saat ini musim dan cuaca sangat susah untuk diprediksi.
  • Jika anda masih ragu, anda dapat mengukur suhu tanah saat itu. Ukuran suhu tanah yang baik yaitu berkisar antara 19 hingga 22 drajat celcius, dan perhatikan juga suhu udaranya karena suhu tanah biasanya lebih dingin dari suhu udara.

8. Pengendalian hama dan penyakit

Beberapa penyakit dan hama yang menyerang mentimu diantaranya dikenal dengan istilah cacantal atau oteng-oteng. Hama ini menyerang daun dan bisa menyebabkan kematian pada tanaman. Selain itu, hama yang kerap menyerang mentimun adalah ulat tanah. Hama ini biasanya menyerang batang yang menjadi pangkal keluarnya daun atau buah. Kedua hama ini bisa dikendalikan dengan menggunakan biopestisida yang terbuat dari ekstrak kipait dan gadung yang dicampur dengan air kencing kelinci.

Penyakit yang menyerang budidaya mentimun adalah busuk daun, tepung putih, antraknosa, bercak daun dan busuk buah. Penyakit ini bisa dikendalikan secara kultur teknis berupa rotasi tanaman dan pembuangan bagian tanaman yang terkena penyakit.

Solusi Dalam Menyelesaikan Kendala Bisnis Budidaya Mentimun

Dunia bisnis tidak selamanya dapat berjalan dengan lancar, ada kendala rintangan menghadang, panen gagal, mentimun tidak tumbuh dengan baik. Apalagi di saat musim kemarau, banyak petani mentimun yang gulung tikar dan mengalami kerugian besar.Solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut, sebelum menanam bibit mentimun pastikan lahan mempunyai sumber air yang cukup.

Jika solusi tersebut masih gagal, buatlah saluran irigasi yang mampu mengalirkan air ke lahan mentimun.Untuk kerusakan pada hasil panen, lakukan penyortiran mentimun sesuai dengan kualitas. Kemas dengan baik hasil panennya agar dalam perjalanan mendapatkan sirkulasi udara yang memadai. demikian informasi mengenai cara menanam timun sekaligus solusi dalam setiap kendala yang sering terjadi.

The post Cara Menanam Timun appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Menanam Sayur Kangkung https://mesinpertanian.id/cara-menanam-sayur-kangkung/ Thu, 16 Jan 2020 02:55:46 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2975 Halo teman teman semua, kali ini saya akan memberitahu teman semua bagaimana Cara Menanam Sayur Kangkung, Kangkung bahasa latinnya adalah (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Sayur kangkung banyak terdapat di daerah Asia dan tumbuhan ini juga dapat dijumpai di daerah berair. Masakan kangkung yang paling populer […]

The post Cara Menanam Sayur Kangkung appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Halo teman teman semua, kali ini saya akan memberitahu teman semua bagaimana Cara Menanam Sayur Kangkung, Kangkung bahasa latinnya adalah (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Sayur kangkung banyak terdapat di daerah Asia dan tumbuhan ini juga dapat dijumpai di daerah berair.

Masakan kangkung yang paling populer adalah cah kangkung dengan bumbu tauco atau terasi, juga di warungan terdapat pelecing kangkung lombok

Ada 2 bentuk kangkung yang dijual di pasar indonesia. Yang pertama ialah kangkung yang memiliki daun licin dan berbentuk mata panah panjangnya sekitar 10–15 cm. Tumbuhan kangkung ini memiliki batang berongga yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada bagian pangkal daun. Sayur kangkung memiliki daun berwarna hijau pucat dan menghasilkan bunga bewarna putih, yang menghasilkan kantung yang mengandung empat biji benih. Jenis kangkung yang kedua adalah dengan daun sempit yang memanjang, biasanya tersusun menyirip tiga.

Cara Menanam Sayur Kangkung

 

Sebelum lanjut ke proses penanam, apakah teman-teman semua mengetahui macam dari sayur Kangkung, Sayur kangkung terbagi 2 macam yaitu kangkung darat dan kangkung air.

 

A.Kangkung Darat

 

Dinamakan kangkung darat karena memang hidupnya di darat atau tanah mungkin bisa ditanam di air, akan tetapi biasanya menggunakan metode hidroponik.

Contoh sayur Kangkung darat

1.Pemilihan Bibit

Jika teman-teman ingin membuat bibit sendiri, hal yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • jika calon bibit dibeli dalam bentuk kemasan pastikan harus tersertifikasi oleh instansi yang terkait.
  • pastikan calon bibit bertekstur segar, kuat, dan tidak bolong atau ada bekas gigitan serangga.
  • dan apabila calon bibit direndam maka calon bibit tersebut akan tenggelam.

Jika teman-teman ingin membeli bibit kangkung di toko atau di tempat penjual bibit ini  hal yang perlu teman-teman perhatikan adalah:

  • Memastikan pertumbuhan pohon bibit sama dengan pohon bibit lainnya.
  • dan pastikan bibit Mempunyai akar yang banyak.
  • Bibit kangkung tersebut tahan terhadap iklim di sekitar dan juga tahan terhadap hama dan penyakit.
  • Batang dan daunnya harus kokoh.

2. Tahapan Penanaman

Kangkung yang tumbuh darat mempunyai ciri-ciri:

  • Tumbuh di ditempat yang kering.
  • Daun runcing, panjang-panjang, lebih tipis, dan lunak.
  • Batang lebih kecil di banding kangkung air.
  • Warna bunga putih.

3. Persiapan Lahan Tanah

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan lahan dengan cara mencangkul hingga tanah menjadi gembur dan  membuang sisa-sisa akar tanaman yang sebelumnya ditanam.

4. Pemberian Pupuk

Setelah selesai melakukan pembuatan lahan, tahap yang selanjutnya dilakukan yaitu pemupukan yang dapat dilakukan sebelum penanaman bibit berikan pupuk (organik) seperti kotoran sapi, kambing atau yang lainnya. Kemudian pupuk tersebut disebarkan ke seluruh bagian tanah dan tunggu hingga 3-5 hari agar pupuk bercampur rata dengan tanah.

5. Penanaman Bibit

Waktu yang tepat untuk penanaman bibit yaitu pada saat musim hujan,  jika teman-teman melakukan penanaman pada musim kemarau maka harus melakukan penyiraman setiap hari untuk menghindari kekeringan dan berujung tanaman mati.

Jarak antara tanaman 15cm sampai dengan 20cm dalam satu lubang tanam berisi maksimal 5 bibit agar tanaman bisa lebih berkualitas.

6. Penyulaman

Mengganti tanaman kangkung yang mati dan terlihat kurang sempurna pertumbuhannya dengan bibit-bibit yang baru.

7. Perawatan

Setelah melakkan semua cara di atas tahap yang selanjutnya dilakukan yaitu perawatan dengan memberi pupuk, pupuk bisa  dilakukan setelah tanaman berusia 10 hari dan membersihkan rumput yang tumbuh di sekitar tanaman kangkung

8. Panen

Untuk panen tidak membutuhkan waktu yang lama kangkung hanya membutuhkan waktu 30 hari atau lebih kurang satu bulan sejak mulai penanaman kangkung sudah bisa dipanen. Cara pemanenannya ada yang dicabut hingga akar-akarnya dan ada juga yang hanya diambil diri pangkal batang.

B.Kangkung Air

Kenapa dinamakan kangkung air karena memang hidupnya di air dan tidak bisa hidup di daratan. Di Indonesia kangkung merupakan sayuran yang sangat populer, bahkan di beberapa restauran kangkung adalah menu wajib dikenal dengan nama Cah kangkung. berikut adalah Cara Menanam Sayur Kangkung yang tumbuh di air.

Ciri-ciri Kangkung Air:
  • Kangkung air biasanya tumbuh di daerah yang basah seperti sawah, rawa, dan tempat yang berair lainya
  • Kangkung air juga memiliki batang yang lebih besar dari batang kangkung kering
  • Memiliki daun agak lebar berwarna hijau pekat dan ada juga yang berwarna merah kecoklat-coklatan.
  • Bunganya berwarna ungu dan putih di  bagian atas.

Penanaman kangkung air ini lebih mudah di bandingkan menanam kangkung darat hal itu dibuktikan dengan cara perawatannya yang bisa dibilang simple dan mudah. menanam nya pun bisa di daerah dataran tinggi maupun rendah asalkan memiliki air yang banyak, selain itu kangkung air juga tidak mempunyai musim atau bisa ditanam kapanpun.

1. Pembibitan

Ketika membeli bibit pilihlah bibit yang berkualitas dengan ukuran 20-30 cm yang ada di toko-toko atau langsung beli dari petani, biasanya petani kangkung menggunakan metode stek untuk mendapatkan bibit kangkung tersebut.

2. Menyiapkan Lahan

Yang harus dilakukan pertama kali yaitu membajak tanah supaya tanah yang akan ditanam menjadi gembur, membuat guludan dengan lebar 2-3m dan panjang sesuai ukuran lahan masing-masing, lalu buatlah pintu masuk dan dan pintu keluar nya air, kemudian digenangi lahan tersebut dengan air hingga 6 cm sebelum melakukan penanaman biarkan lahan kurang lebih 1 minggu, setelah itu baru lakukan pemupukan dan lahan telah siap untuk di tanami.

3. Penanaman

Penanaman yang baik dilakukan adalah pada saat sore hari tepatnya setelah ashar, cara menanamnya tinggal menancapkan batang bibitnya dengan jarak antar bibit sekitar 1,5 x 1,5 cm.

4. Perawatan

Untuk merawat kangkung air cukup dengan membersihkan rumput-rumput liar yang ada di sekitarnya hal ini sangat penting untuk membantu pertumbuhan dari kangkung tersebut dan pastikan juga air nya tidak kurang.

5. Panen

Proses terakhir adalah proses yang ditunggu-tunggu, yaitu pemanenan. Jika kangkung darat dipanen dengan cara dicabut maka kangkung air dipanen dengan cara dipotong. Kangkung yang memiliki kualitas bagus berwarna hijau segar dan tidak menguning akibat kekurangan ataupun kelebihan air.

Seperti yang sudah kami katakan di atas, proses pemanenan bisa dilakukan 3-5 minggu setelah ditanam. Untuk anda yang mau memanen 2 kali, sisakan batang pohon 2-3 cm agar kangkung bisa tumbuh kembali dan bisa dipanen lagi.

Untuk panen kangkung air lebih cepat dibandingkan dengan kangkung darat cukup menunggu waktu 11 hari sejak penanaman, Kangkung ini sudah bisa di panen.

Setelah panen lakukan pembersihan dengan mencuci sayur kangkung dengan air supaya kotoran atau pupuk yang tinggal bisa bersih dan kangkung bisa dipasarkan.Cara Menanam Sayur Kangkung

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

  • Kangkung bisa mengurangi Kolesterol. Kangkung adalah pilihan yang sangat baik bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami.
  • dan bisa juga mengobati Penyakit Kuning dan Masalah bagian Hati.
  • Berguna untuk mengobati penderita Anemia. Didalam Kangkung terdapat zat besi yang dapat merangsang produksi dari  sel darah merah dalam tubuh.
  • Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit.
  • Mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan sayur kangkung menghasilkan zat-zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh kita. Jadi teman-teman mungkin tidak terlalu khawatir jika memakannya dengan nasi. Tidak hanya itu  manfaat kangkung yang dapat mencegah dalam menyerap gula dalam tubuh ini, anda juga dapat menikmati manfaat nasi tanpa perlu khawatir.
  • Bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dari otak manusia. Karena kangkung memiliki kandungan vitamin B kompleks dan omega 3 yang membantu supaya kinerja otak lebih baik. Sehingga sayur kangkung ini sangat baik untuk dihidangkan pada anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan, hal ini dikaraenakan kangkung mampu meningkatkan kecerdasan otak.
  • Selain manfaat dari kangkung di atas, sayur kangkung juga bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh kita.

Kegunaan

Hampir keseluruhan tanaman kangkung muda dapat dimakan. Karena kangkung tua memiliki serat yang kasar, pucuk kangkung yang muda lebih digemari. Kangkung tersebut dapat dimakan mentah atau bisa juga dimasak seperti sayur bayam. Kangkung sering juga digoreng sebagai cah kangkung.

Bagaimana? Apakah teman-teman sudah tidak sabar untuk segera menanam kangkung di rumah sendiri? Menanam kangkung juga bisa menjadi hobi yang asik dan bisa juga menghemat pengeluaran untuk pembelian sayur dan juga dapat menambah penghasilan rumahan.

 

 

The post Cara Menanam Sayur Kangkung appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Merawat Tanaman Jagung https://mesinpertanian.id/cara-merawat-tanaman-jagung/ Thu, 16 Jan 2020 02:54:20 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=2888 Pada artikel kali ini kami akan memberitahu cara merawat tanaman jagung. Jagung atau Zea mays adalah salah satu jenis tanaman pangan penghasil karbohidrat. Tanaman jagung memiliki tinggi yang bervariasi mulai dari 2 meter – 2,5 meter bahkan bisa mencapai ketinggian 12 m, tangkai batangnya beruas-ruas dengan ukuran sekitar 20cm/ruas, daun jagung tidak mempunyai batang tetapi […]

The post Cara Merawat Tanaman Jagung appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Pada artikel kali ini kami akan memberitahu cara merawat tanaman jagung. Jagung atau Zea mays adalah salah satu jenis tanaman pangan penghasil karbohidrat. Tanaman jagung memiliki tinggi yang bervariasi mulai dari 2 meter – 2,5 meter bahkan bisa mencapai ketinggian 12 m, tangkai batangnya beruas-ruas dengan ukuran sekitar 20cm/ruas, daun jagung tidak mempunyai batang tetapi mempunyai lebar sekitar 9cm dengan panjang sekitar 120 cm

Jagung hibrida ini adalah salah satu jenis tanaman jagung yang merupakan keturunan langsung (F1) hasil persilangan dari 2 atau lebih varietas jagung yang memiliki sifat unggul dari masing-masing varietas yang disilangkan. Sifat unggul yang ditawarkan biasanya yaitu mampu bertongkol 2, ukuran biji lebih besar, ukuran tongkol lebih besar, masa panen lebih singkat dan lain sebagainya. dan kami akan menunjukan bagaimana cara merawat tanaman jagung

Klasifikasi Jagung

Kerajaan        : Plantae
Sub Divisi      : Angiospermae
Kelas             : Monokotil
Ordo              : Poales
Famili            : Poaceae
Genus           : Zea
Spesies         : Z. mays

Cara Budidaya Jagung Hibrida

 

cara merawat tanaman jagung

Syarat Tumbuh Jagung Hibrida

Tanaman jagung dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi denngan lahan yang terpapar cahaya matahari langsung minimal 8 jam per hari, memiliki kadar keasaman tanah (pH) 5,5-7,5, memiliki cukup kandungan unsur hara, dekat dengan sumber air untuk penyiraman serta memiliki tanah yang gembur (bisa dibajak terlebih dahulu agar gembur)

Persiapan Lahan Tanam Jagung Hibrida

Lahan yang akan dijadikan lahan tanam diolah terlebih dahulu. Tanah yang akan dijadikan lahan digemburkan dahulu dengan cara dicangkul atau dibajak sembari dibuat alur-alur untuk pemberian pupuk dasar. Lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk kandang dan pupuk kimia. Selain itu, dapat pula dilakukan pengapuran dengan menggunakan kapur dolomit.

Setelah anda melakukan pemupukan dasar, buatlah bedengan dengan ukuran tinggi sekitar 5-10 cm dan lebar sekitar 30-40 cm dengan panjang yang menyesuaikan dengan lahan. Lalu buatlah lobang untuk menanam dengan kedalaman sekitar 3-5 cm di sepanjang alur bedengan.

Cara Menanam Jagung Hibrida

Benih jagung hibrida yang akan ditanam pastikan memiliki mutu yang baik. Benih jagung hibdrida dapat dibeli di toko pertanian. Kemudian, tanamkan pada lubang yang sudah dibuat dengan diisi 2 biji/lubang tanam dan kemudian ditutup kembali dengan tanah. Maka, bibit akan tumbuh setelah berumur sekitar 47 hari. Setelah biji jagung tumbuh sekitar 5 cm-10 cm, maka lakukan perawatan secara berkala hingga masa panen tiba.

Jika jagung berumur 1 bulan,maka lakukanlah pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk NPK yang dicampur dengan ZA dengan perbandingan 3:1. Bersamaan dengan pemupukan, lakukan pula penyiangan.

Masa Panen Jagung

 

Pemanenan jagung dapat dilakukan sesuai dengan tujuan. Jika dijadikan jagung rebus, maka jagung dipanen setelah berumur 65 hari. Jika ingin dijual kering maka tunggu hingga menua yaitu sekitar 90 hari.

Jagung merupakan tanaman semusim (annual) yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Karena jagung adalah salah satu sumber karbohidrat selain Padi dan Gandum, jagung juga dapat digunakan sebagai makanan alternatif sumber pangan.

Untuk mendapatkan jagung yang memiliki kualitas baik, tentunya perlu untuk memahami bagaimana cara menanam jagung mulai dari pembibitan sampai jagung siap untuk dipanen. berikut cara merawat tanaman jagung

Cara Merawat Tanaman Jagung yang Baik

 

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan yaitu :

 

1. Pemberian Air Lahan Tanam

Untuk pemberian air lakukan setelah pembibitan yang merupakan hal penting yang harus dilakukan agar tanaman jagung mendapatkan air yang cukup. Ada beberapa cara pemberian air yang dapat digunakan salah satunya menggunakan genangan, alur, bagian dari bawah permukaan, sprinkler, dan tetesan air. Metode pemberian ari yang paling banyak digunakan yaitu pengairan dengan cara menggunakan genangan.

Penggenangan tersebut dapat dilakukan dengan mengalirkan air menuju ke saluran drainase supaya hanya bagian dari parit untuk drainase saja yang terkena air. Setelah digenangkan, Air didiamkan dan dibiarkan hinngga meresap ke dalam tanah. Tetapi, apabila tanah yang dimasukkan air mulai basah, sebaiknya air dikeluarkan kembali dari saluran drainase agar tidak menggenangi tanaman jagung.

2. Penyulaman Tanaman Jagung

Teknik yang biasa digunakan untuk memelihara dan merawat tanaman jagung yaitu penyulaman. Cara merawat tanaman jagung ini dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan secara berkala terhadap bibit jagung yang telah ditanam. Pengecekan dilakukan ±1 minggu setelah bibit ditanam. Hal ini dimaksudkan untuk melihat apakah bibit yang ditanam tumbuh dalam keadaan baik dan normal.

Jika pada saat pengecekan ditemukan bibit jagung yang tidak tumbuh atau mengalami kerusakan maka perlu dilakukan pembibitan dan penanaman ulang. Pembibitan ulang yang dimaksud untuk memaksimalkan lahan yang akan digunakan untuk menanam dengan cara menggantinya menggunakan bibit yang baru.

3. Penyiangan

Hal penting yang harus anda lakukan ketika tanaman jagung sudah mulai tumbuh yaitu melakukan penyiangan/pembersihan. Penyiangan adalah proses pembersihan tanaman dari gangguan gulma, hama, maupun parasit yang dapat mengganggu pertumbuhan jagung yang ditanam. Cara ini dapat anda lakukan ketika jagung berusia ±2 minggu pertama minimal sekali dalam seminggu.

Hama yang paling sering menyerang tanaman jagung yaitu ulat tongkol, belalang, ulat daun, ulat grayak, serta lalat bibit. Kerusakan yang disebabkan oleh serangan hama dapat menyebabkan kerusakan hingga kematian pada tanaman. Untuk menghindari penyerangan hama, maka tanaman dapat diberi insektisida secara rutin.

4. Pemupukan

 

Pemupukan adalah proses penting dimana harus dilakukan ketika melakukan budidaya jagung, Ini dilakukan supaya meningkatkan kesuburan tanah serta meningkatkan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman jagung untuk tumbuh. Hal ini juga dapat dilakukan ketika tanaman jagung sudah memasuki bulan kedua.

Selain pupuk organik, pemupukan juga dapat menggunakan pupuk kimia seperti DS, Ponska, serta ZA sesuai dengan dosis yang dibutuhkan. Pupuk harus diletakkan pada lubang sekitar tanaman jagung sehingga nutrisi untuk tumbuhnya dapat terpenuhi. Meskipun pupuk kimia dapat meningkatkan produktivitas tanaman, namun lebih disarankan untuk menggunakan pupuk organik.

5. Pemanenan Tanaman Jagung

Pemanenan dilakukan ketika jagung memasuki hari ke 65 – 75 setelah penanaman. Jagung yang sudah bisa dipanen memiliki ciri kelobot yang sudah mengering, adanya lapisan hitam pada bagian dasar biji jagung, serta warna daun berwarna kuning dan agak kering. Tetapi, Jika varietas yang digunakan merupakan jagung Bima daun tanaman akan tetap berwarna hijau meskipun sudah tua. Pemanenan dapat dilakukan dengan memutar tongkol jagung. Tidak hanya Cara Merawat Tanaman Jagung, kami juga akan memberitahu anda sedikit tentang manfaat jagung sbb.

Manfaat Tanaman Jagung

 

1. Meningkatkan Kesehatan Penglihatan

Jagung manis yang kaya akan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan penglihatan. Pigmen zeaxanthin jagung manis melindungi mata kita dari penyakit seperti degenerasi makula. Jagung kaya akan beta karoten dan folat yang mencegah penyakit lain yang berkaitan dengan kemampuan penglihatan.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Jika Anda sering melupakan hal-hal penting, bukan tak mungkin daya ingat Anda mulai turun. Jagung manis juga dapat membantu untuk meningkatkan daya ingat kita . Jagung manis kaya akan Thiamine dan vitamin B1. Bukan hanya itu , jagung manis juga bisa meningkatkan kemampuan ingatan dan mencegah dari penyakit yang berkaitan dengan ingatan. jagung manis juga efektif mengurangi masalah pada pasien Alzheimer.

3. Mencegah Masalah Penyakit Jantung

Jagung manis kaya akan vitamin B9. Vitamin ini juga bisa membantu menurunkan asam amino yang ada dalam pembuluh darah tubuh. Meningkatnya asam amino dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah manusia yang kemudian menyebabkan masalah jantung. Mengkonsumsi jagung manis bisa menurunkan risiko terkena masalah jantung dan mencegah kerusakan pada jantung Anda.

4. Mencegah Kanker Paru-Paru

Menurut penelitian terbaru mengungkap bahwa jagung manis bisa mencegah kanker paru-paru. Terdapat zat kimia alami pada jagung manis yang disebut cryptoxanthin dalam jagung manis yang jika diserap oleh tubuh akan berubah menjadi vitamin A. Karena itu, zat ini membantu mencegah perkembangan kanker paru-paru, juga mencegah terbentuknya kanker jenis lain.

5. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Jagung manis juga kaya akan mangan, zat seng, dan tembaga. Ini membantu meningkatkan kekuatan otot dalam tubuh. Tak hanya itu, zat tersebut juga menurunkan rasa sakit akibat arthritis pada wanita. Magnesium pada jagung manis juga membantu mencegah mati rasa pada otot dan tubuh manusia.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jagung manis dipenuhi oleh protein dan vitamin C yang ada di dalamnya akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. tidak hanya itu, vitamin C ini juga membantu mencegah demam, pilek, dan flu. dan Protein yang ada didalam jagung manis pun baik untuk memberikan asupan energi pada tubuh.

7. Mengatasi Anemia

Jagung manis juga sumber zat besi yang baik. Karena itu mengonsumsi jagung manis bisa membantu mengatasi penyakit anemia. penelitian baru mengungkapkan bahwa mengonsumsi jagung manis selama satu bulan akan meningkatkan hemoglobin hingga 50 persen. Asam folat di dalam jagung manis pun bisa membantu mengatasi penyakit anemia.

8. Menurunkan Kolesterol

apakah Anda memiliki masalah dengan tingkat kolesterol tinggi?jika ada jagung manis bisa membantu Anda menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. dan Secara tak langsung jagung manis juga mencegah penyakit jantung.

Sekian informasi mengenai cara merawat tanaman jagung yang benar sehingga bisa menghasilkan jagung dengan kualitas yang baik. Kualitas tanaman jagung yang dihasilkan tentunya akan mempengaruhi penerimaan masyarakat ketika jagung tersebut dipasarkan.

The post Cara Merawat Tanaman Jagung appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Pemupukan Tanaman Strawberry https://mesinpertanian.id/cara-pemupukan-tanaman-strawberry/ Thu, 16 Jan 2020 02:46:01 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3108 Halo teman semua sebelumnya kita telah membahas tentang manfaat strawberry bagi tubuh tidak hanya manfaat kita juga harus mengetahui bagaimana cara pemupukan strawberry. Buah strawberry banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi, suhu dingin sangat cocok dengan buah strawberry untuk tumbuh secara maksimal. Tidak jarang di dataran tinggi orang suka menjadikan sebagai tempat wisata petik buah […]

The post Cara Pemupukan Tanaman Strawberry appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Halo teman semua sebelumnya kita telah membahas tentang manfaat strawberry bagi tubuh tidak hanya manfaat kita juga harus mengetahui bagaimana cara pemupukan strawberry.

Buah strawberry banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi, suhu dingin sangat cocok dengan buah strawberry untuk tumbuh secara maksimal. Tidak jarang di dataran tinggi orang suka menjadikan sebagai tempat wisata petik buah strawberry.

Di negara Amerika banyak remaja yang menggunakan buah strawberry sebagai bahan kencantikan. Buah strawberry tidak hanya digunakan untuk makanan sebagai hidangan pencuci mulut saja, tetapi buah ini bisa juga digunkan sebagai olahan makanan dan bahkan untuk sambal dan di jadikan bahan untuk membuat bumbu nasi goreng.

Manfaat yang ada dalam buah ini sangat banyak sekali dan banyak mengandung vitamin yang sangat baik sekali untuk tubuh kita seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya.

Tempat yang Baik Untuk Menanam Strawberry

Buah yang dihasilkan di daerah dataran tinggi, strawberry mampu hidup subur dan menghasilkan buah yang lebih besar dibandingkan dengan dataran rendah. Tentunya jika anda bertempat tinggal di dataran tinggi sangat berpeluang sakali untuk bertanam strawberry. Ekowisata, kebun petik strawberry adalah peluang besar bisnis anda.

Jika anda bukan di tempat dataran tinggi jangan berkecil hati karena strawberry dapat tumbuh juga di dataran rendah. Sangat mudah sekali untuk anda yang ingin berbudidaya tanaman strawberry di pekarangan rumah dan di tanam di polybag dan berikut ini adalah cara membuatnya.

Penyiapan Media Tanam

Media Tanam Buah Strawberry Menggunakan Polubag

Jika kita menanam di dalam polybag maka strawberry tidak bisa mencari lagi bahan makanan lain, unsur-unsur hara yang ada di dalam polybag sangat di harapkan sekali oleh strawberry untuk pertumbuhannya. Tanah yang subur adalah yang terutama pembuatan bahan media tanam hampir sama dengan yang lain.

Ambil tanah yang subur lalu gemburkan, campurkanlah tanah yang telah gembur dengan pupuk dasar yaitu pupuk kandang atau pupuk kompos yang sudah jadi, dan berikan juga arang sekam padi pastikan semua bahan tercampur rata. Tutup menggunakan terpal atau sejenisnya dan diamkan selama 1 hari.

Membuat Media Tanam

Setelah menyediakan beberapa bahan di atas. Siapkan polybag tempat untuk menanam Strawberry tersebut. lalu masukan tanah yang sudah didiamkan selama 1 hari ke dalam polybag.

Penanaman Strawberry

Apabila polybag sudah disiapkan maka langkah selanjutnya masukan bibit tanaman strawberry ke dalam kantong polybag. Hendaknya bibit didapat dari peranakan strawberry yang merambat.

Jika anda melihat bibit yang merambat cukup besar dan memiliki perakaran yang cukup kuat, maka anda dapat memotongnya. Tetapi jika kecil dan anda ingin menanamnya anda bisa menanam tanpa memotong ranting kecil yang merambat tersebut, cukup tanam pada polybag yang sudah terisi tanah. Gunakanlah piting untuk menancapkanya agar bibit diam pada polybag.

Pemeliharaan Strawberry

Penyiraman

Penyiraman Buah Strawberry

Siramlah tanaman strawberry anda pagi atau sore, jangan disiram pada siang hari karena terik matahari membuat suhu tanaman strawberry tidak stabil. Cek terlebih dahulu kelembaban polybag anda jika di rasa kering maka anda harus menyiramnya.

Penyiangan

Lakukan penyiangan secara rutin dan pastikan yang tumbuh di polybag hanya tanaman strawberry saja tidak ada tanaman lain, cabut rumput atau gulma yang tumbuh di dalam polybag dan bersihkan jika ada daun yang kering atau yang kuning pada tanaman.

OPT

Mencegah hama penyakit sangat diharuskan, anda harus mengatur jarak tanam yang cukup jangan terlalu rapat , jika di tanam terlalu rapat maka kelembaban dari tanaman akan naik dan ada kemungkinan hama dan penyakit akan datang. Jika menanam strawberry di depan rumah hama yang banyak menyerang adalah hama ulat dan gunakanlah pestisida jenis kontak anda bisa membelinya di toko pertanian.

Pengaturan Buah

Apakah anda pernah anda melihat strawberry yang memiliki buah yang besar dan tidak seperti buah strawberry lain. Jika anda bisa ingin mempunyai buah strawberry yang besar, cukup dengan menyisakan tiga bunga saja. Jika bunga dalam satu pohon melebihi tiga maka potonglah bunga tersebut dan sisakan 3 bunga saja.

Perampelan

Perampelan ini dilakukan saat ada batang atau tunas dari tanaman yang tumbuh berlebihan. Cara mengambil bagian vegetatif tanaman yang lebih tersebut adalah dengan memotong 1 – 2 tunas di samping tanaman (yang umumnya merunduk) pada masing-masing pohon. Selanjutnya tunas tersebut bisa ditanam lagi sebagai bibit vegetatif atau dibuang.

Pemberian Fitohormon

Banyak petani holtikultura yang mengetahui teknik memperbanyak hasil buah yakni dengan memberikan hormon pada tanaman. Hormon tersebut biasanya diinjeksikan atau disuntik pada bagian batang tanaman.Hormon yang dipakai adalah hormon gas etilen yang akan mempercepat proses pematangan buah pada pohonnya.

Selain gas etilen, biasanya juga digunakan hormon Indol Asam Aselat dengan giberelin untuk mempertebal ukuran batang tanaman serta menghasilkan buah yang banyak dan lebat.

Fitohormon merupakan sekumpulan senyawa organik yang terbentuk secara alami ataupun dibuat sendiri oleh manusia. Di dalamnya terdapat kadar yang mampu mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhan, perkembangan, dan pergerakan tumbuhan. Fitohormon bisa Anda dapatkan di toko tanaman. Sebelum menggunakannya, Anda bisa konsultasikan pada lembaga dinas pertanian setempat.

 

Makanan Strawberry Didalam Polybag

Makanan yang mendukung mereka untuk tumbuh baik, gunakan pupuk berupa NPK yang dicampur dengan pupuk organik biasanya tanaman strawberry membutuhkan banyak makanan ketika berada dalam fase berbunga dan fase menjelang berbuah. Jika daun menguning secara perlahan itu tandanya tanaman strawberry meminta unsur N, mereka membutuhkan unsur-unsur itu. anda bisa menggunakan pupuk tunggal atau pupuk majemuk untuk pemupukan.

Kebutuhan pupuk ini biasanya di awali pada saat strawberry berusia 2 bulan, selanjutnya setelah pemupukan pertaman di berikan maka lakukan pemupukan rutin setiap 2 bulan sekali.

Pemangkasan

Tanaman strawberry yang sehat memliki daun yang segar, ada kemungkinan buah sehat dan besar akan muncul pada tanaman anda. Seperti yang sudah kita bahas di atas anda harus menyisakan calon bunga dan sisakan 3 buah saja. Hal ini supaya mendorong tanaman strawberry untuk fokus memberikan nutrisinya pada 3 buah yang ditinggalkan tadi.

Saat strawberry tumbuh dewasa biasanya mengeluarkan anakan atau bibit baru melalui ranting kecil. Jika tidak ingin membibitkanya maka bisa segera memotong ranting tersebut, tetapi jika ingin memperoleh bibit lagi maka lakukan tahap yang dibahas di atas, membutuhkan media polybag yang baru lagi untuk perbanyak tanaman anda.

Bagaimana Untuk Membuat Strawberry Menjadi Manis ?

Rasa dari strawberry itu asam, strawberry memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Rasa manis di pengeruhi oleh varietas strawberry. kebanyaka orang lebih suka dengan rasa asamnya, jika ingin mengubah rasa pada buah strawberry ada teknologinya. Bisa gunakan obat khusus untuk strawberry supaya lebih manis dari buah strawberry lainya, cairan obat ini di suntikan pada buah atau ada juga dengan disiramkan pada polybag.

Supaya memiliki rasa manis dan besar yang memang disukai sekali oleh pasaran, namun kita juga harus memperhatikan kualitas yang dikandung di dalam strawberry yang sudah siap untuk dikonsumsi. Kita harus bisa menjaga kandungan vitamin yang ada dalam buah dan memastikan tanaman anda sehat Tunggu apa lagi lakukan sekarang dan dapatkan buah strawberry yang anda inginkan.

Cara Pemupukan Tanaman Strawberry

Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik jika Anda menginginkan tanaman strowberi organik. Taburkan pupuk kandang pada usia tanam sekitar 1 bulan. Namun jika Anda ingin menanam tomat non organik maka pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kimia.
  • Pupuk diberikan pada umur 1,5 – 2 bulan setelah tanam dengan NPK (16-16-16) sebanyak 5 kg yang dilarutkan dalam 200 liter air, kemudian dikocorkan sebanyak 350-500 cc/ tanaman.
  • Pupuk untuk strawberry mesti tinggi N, P, dan K dari sekian banyak unsur hara ,buah strawberry menyerap banyak nutrisi nitrogen (N), fosfor(F), dan kalium(K). Unsur-unsur tersebut bisa dicukupi dengan pupuk majemuk seperti pupuk NPK atau bisa dari pupuk tunggal, seperti pupuk SP-36(P), urea(U), dan KCL(K)
  • kebutuhan rata-rata untuk unsur hara pada pupuk strawberry, yaitu Nsebanyak 90kg/H, dan K sebanyak 60kg. tetapi, kebutuhan tersebut tergantung hasil uji tanah (soil test)

Sekian info dari kami seputar cara pemupukan tanaman strawberry, semoga berhasil

 

 

 

The post Cara Pemupukan Tanaman Strawberry appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan https://mesinpertanian.id/manfaat-buah-semangka-untuk-kesehatan/ Wed, 15 Jan 2020 06:11:59 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3171 Tahukah anda Buah semangka adalah buah yang memiliki banyak manfaat. Buah semangka mengandung 92 persen air, di setiap gigitan semangka mengandung vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan asam amino dalam jumlah yang cukup banyak. Semakin matang buah semangka, maka semakin tinggi pula tingkat likopen dan beta-karoten di dalamnya. Sebuah penelitian Journal of Chromatography, bagian putih […]

The post Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Tahukah anda Buah semangka adalah buah yang memiliki banyak manfaat.

Buah semangka mengandung 92 persen air, di setiap gigitan semangka mengandung vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan asam amino dalam jumlah yang cukup banyak. Semakin matang buah semangka, maka semakin tinggi pula tingkat likopen dan beta-karoten di dalamnya.

Sebuah penelitian Journal of Chromatography, bagian putih yang berada di bagian kulit semangka mengandung lebih banyak citrulline dan asam amino. Asam amino ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke jantung, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

Ada Banyak Manfaat Semangka Bagi Kesehatan Yaitu:

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

1. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Pertama Adalah Untuk Mencegah Kanker

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Setiap semangka mengandung banyak likopen yang dikaitkan dengan pencegahan kanker pada sistem pencernaan manusia. Likopen menurunkan risiko kanker dengan cara mengurangi IGF (insulin-like growth factor), protein yang terlibat disetiap pembelahan sel.

Tingkat IGF yang tinggi dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker.

2. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-2 Adalah Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Semangka memiliki kandungan likopen yang tinggi kandungan ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan likopen juga bisa mengurangi tekanan darah dan kolesterol jahat.

Setelah American Journal of Hypertension melakukan penelitian ternyata semangka bisa membantu mengurangi hipertensi dan dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang menderita penyakit obesitas.

Buah semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh yang dikenal bisa menurunkan tekanan darah.

3. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-3 Adalah Untuk Mencegah Asma

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka merupakan sumber dari vitamin C yang sangat baik, vitamin yang dapat menurunkan risiko asma dan penelitian menunjukan bahwa vitamin C memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Seseorang yang terkena asma biasanya memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dalam tubuh sehingga mereka mengalami gejala asma.

4. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-4 Adalah Untuk Menurunkan Peradangan

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Kandungan vitamin C dan likopen yang sangat tinggi pada buah semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif. Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya likopen dan vitamin C dapat menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh.

5. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-5 Adalah Untuk Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Likopen yang ada didalam semangka juga dapat melindungi mata dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Kandungan likopen yang ada didalam semangka tersebut bekerja sebagai senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula yang terkait dengan usia.

6. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-6 Adalah Untuk Mengurangi Nyeri Otot

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka bisa mengurangi nyeri otot karena didalam semangka memiliki kandungan citrulline yang tinggi. Dengan meminum jus semangka juga bisa mengurangi nyeri otot dan meningkatkan sirkulai pada darah para atlet.

7. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-7 Adalah Untuk Meningkatkan Pencernaan

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka memiliki banyak kandungan serat, yang dapat mendorong sistem pencernaan yang sehat dan menjaga pergerakan usus agar pencernaan teratur.

8. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-8 Adalah Untuk Menghidrasi Tubuh

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Saat mengkonsumsi buah semangka tubuh akan selalu terhidrasi. Hal ini dikarenakan oleh kandungan air dari buah semangka yang tinggi yang memiliki kulit berwarna hijau tersebut. Ketika musim panas atau kemarau, mengonsumsi buah semangka adalah pilihan yang sangat tepat.

9. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-9 Adalah Untuk Meningakatkan Kualitas Kulit dan Rambut

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Didalam semangka terdapat vitamin C dan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C pada semangka diperlukan untuk membuat kolagen, dan protein yang menjaga kulit lebih halus dan menjadikan rambut yang kuat. Vitamin A pad semangka bisa membantu menjaga kesehatan kulit dengan memperbaiki sel-sel kulit.

10. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang ke-10 Adalah Untuk Mengobati Disfungsi Ereksi

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka yang merupakan salah satu sumber citrulline yang baik, yang dapat diubah menjadi asam amino lain yang disebut arginin. Arginin juga dikonversi menjadi oksida nitrat, oksida nitrat ini bisa membantu dalam memperlebar pembuluh darah, dan juga bisa meningkatkan aliran darah.

11. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang ke-10 Adalah Untuk Mencegah Impoten

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Secara alami buah semangka dapat dirasakan untuk pria. Buah semangka bisa digunakan sebagai obat kuat pria yang dapat meningkatkan kesuburan. Dan dengan mengonsumsi semangka, anda bisa mengobati dan mencegah impoten. Impoten adalah dimana kondisi penis tidak mampu untuk ereksi atau tidak bisa menahan ereksi walaupun adanya rangsangan seksual.

12. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang ke-12 Adalah Untuk Mengatasi Lemak yang Menumpuk

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Semangka merah memiliki kandungan asam amino citruline yang dapat mengatasi secara efektif lemak yang menumpuk didalam tubuh. Buah semangka juga mampu melemahkan sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh dan bisa juga untuk melarutkannya dalam saluran pencernaan. Dengan ini, maka buah semangka dapat adna gunakan untuk mengurangi lemak jika sedang menjalani proses diet :D.

13.Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan yang ke-13 Adalah Untuk Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi Harian

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka merah adalah salah satu buah yang memiliki rendah kalori. Banyak kandungan gizi yang dimiliki oleh buah semangka. Kandungan yang ada didalamnya sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukann oleh tubuh.

Selain Memiliki Banyak Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan, Ternyata Semangka Juga Dapat Diolah,Berikut Beberapa Olahan Semangka.

1. Diolah Menjadi Es Krim

Selain dimakan langsung, semangka bisa kamu olah menjadi es krim yang bisa menyegarkan. Hanya menggunakan blender semangka bisa diolah menjadi es krim cukup tambahkan gula pasir dan jus lemon lalu blender hingga halus. Busanya harus dibuang, setelah itu cetak menggunakan cetakan es krim popsicles.

2. Diolah Menjadi Es Batu

Buah semangka juga diolah menjadi es batu semangka. Olah ini nantinya bisa digunakan untuk campuran di berbagai minuman, seperti dicampurkan kedalam es campur, soda, atau sekadar air putih saja.

3. Diolah Menjadi Kue Rasa Semangka

Buah semangka juga bisa kamu buat menjadi kue semangka dengan bahan yang sama dengan kue yang biasa kamu buat cukup tambahkan semangaka saja.  Semangka yang dibutuhkan adalah semangka matang yang memiliki ukuran yang cukup besar.

Atau bisa juga diolah dengan mengukir semangka sedemikian rupa, dengan mengoleskan pinggiran semangka dengan whipping cream dan simpan di dalam lemari es.

4. Salad Semangka dan Mozzarella

Ide kreatif untuk mengolah semangka lainnya adalah dengan mengolah semangka menjadi salad buah yang segar dan menyehatkan. Supaya rasanya lebih enak dan gurih, cukup kamu mencampurkan keju mozzarella yang telah dilelehkan ke dalam salad buah yang segar.

5. Smoothie Semangka dan Kelapa

Dengan menghancurkan semangka, susu, sirup maple, dan menambahkan ekstrak vanila ke dalam adonan lalu blender. Setelah di blender lalu tuang ke dalam gelas, dan tambahkan irisan buah kelapa. Smoothie semangka bisa kamu nikmati.

6. Biji Semangka Panggang

Tidak hanya bagian dari dagingnya saja, biji dari buah semangka juga dapat diolah menjadi cemilan yang enak. Caranya cukup keringkan biji semangka dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. Kamu bisa menggunakan piring loyang. Setelah biji semangkanya kering, pangganglah biji semangka menggunakan kompor dengan api yang tidak terlalu besar (sedang). Aduk sampai biji semangka terpanggang secara merata. Lalu, Kamu bisa menambahkan garam ke dalam segelas air dan aduk sampai larut. Tuang air garam ke dalam wajan biji semangka dan masak dengan api yanng sedang, aduk beberapa kali sampai air nya menguap. Setelah selesai, biarkan biji menjadi dingin dan siap dihidangkan.

7.Semangka Goreng

Tidak hanya pisang yang bisa digoreng, tetapi semangka juga bisa ternyata. Cukup dengan memotong semangka menjadi kotak-kotak, kemudian celupkan ke adonan seperti goreng pisang biasanya yaitu adonan tepung jagung dan putih telur. Setelah itu, lapisi kembali semangka yang telah dipotong kotak-kotak dengan tepung maizena dan goreng secara perlahan-lahan. Lalu goreng sampai potongan semangka berwarna keemasan.

8.Acar Semangka

Ide terakhir yang bisa dilakukan adalah membuat acar semangka, buah semangka juga bisa dibuat menjadi acar yang enak. Tidak cuma timun saja yang bisa dijadiin acar, semangka pun bisa dijadikan acar yang enak.

Dari sekian banyak ide diatas kamu bisa mengolah semangka menjadi banyak olahan dan dengan kreatifitas mu kamu juga bisa menbuat olahan lainya.

The post Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Cara Pemupukan Semangka yang Benar https://mesinpertanian.id/cara-pemupukan-semangka/ Mon, 13 Jan 2020 12:03:41 +0000 https://mesinpertanian.id/?p=3058 Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel tentang cara pemupukan semangka yang benar. Hampir pada setiap penanaman tanaman selalu ada pemberian pupuk. Peranan pupuk sendiri sangatlah penting. Pupuk bisa diibaratkan seperti makanan bagi manusia.  Pada pupuk terkandung berbagai macam unsur hara baik makro maupun mikro yang merupakan asupan nutrisi bagi tanaman sebagai menunjang pertumbuhan […]

The post Cara Pemupukan Semangka yang Benar appeared first on Mesin Pertanian.

]]>
Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel tentang cara pemupukan semangka yang benar. Hampir pada setiap penanaman tanaman selalu ada pemberian pupuk. Peranan pupuk sendiri sangatlah penting. Pupuk bisa diibaratkan seperti makanan bagi manusia.  Pada pupuk terkandung berbagai macam unsur hara baik makro maupun mikro yang merupakan asupan nutrisi bagi tanaman sebagai menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Kita mengenal dua tahap pemupukan pada tanaman yaitu pupuk awal dan pupuk susulan. Pupuk awal biasa diberikan pada saat pertama pengolahan dan persiapan lahan. Sedangkan pupuk susulan diberikan sesudah tanaman ditanam di lahan tersebut yang tujuannya agar senantiasa mensuplai kebutuhan nutrisi selama tanaman tumbuh dan berkembang.

Cara Pemupukan Semangka fase Awal

Cara Pemupukan Semangka

Pemupukan awal dilakukan sebelum bibit semangka ditanam di bedengan atau di lahan tanam. Hal itu dilakukan karena pada awal pertumbuhannya, tanaman semangka membutuhkan unsur hara yang lengkap. Pupuk awal yang diberikan berupa pupuk kandang dari kotoran ternak dan pupuk buatan atau pupuk kimia seperti NPK, atau campuran dari Urea, ZA, SP36, dan KCl.

Pemupukan memakai pupuk kandang sebaiknya dilakukan dua minggu sebelum penanaman / pembibitan. Pupuk yang digunakan dapat berupa seperti kotoran sapi, kerbau, kambing, ataupun kotoran ayam. Perlu diperhatikan bahwa kotoran ternak yang digunakan yaitu yang sudah matang atau sudah jadi pupuk.

Budidaya semangka intensif menggunakan air yang memerlukan pupuk kandang sebanyak 1,5 kg per tanaman. Teknik pemberian pupuk yang ideal untuk penanaman semangka dengan sistem mulsa yaitu dengan menebarkan pupuk di lahan bedengan secara merata, selanjutnya tanah bedengan diaduk menggunakan cangkul sampai pupuk tercampur merata.

Takaran pupuk mengikuti pola dan jarak tanam yang akan digunakan. Bila pola penanaman berjajar dua baris dalam satu bedeng dengan jarak dalam baris sekitar 90 cm, tiap jarak 90 cm ditebarkan 3 kg pupuk kandang. Pupuk kimia yang digunakan untuk pemupukan awal tanaman semangka ialah Urea, ZA, SP36, KCl, dan Borat. Selain itu, bisa juga ditambahkan dengan pestisida seperti Furadan atau Indofuran.

Pemberian pupuk kimia pada budidaya tanaman semangka dengan menggunakan mulsa bisa dilakukan tepat sebelum pemasangan mulsa. Waktunya satu minggu setelah pemberian pupuk kandang atau satu minggu sebelum pembibitan.

Pemberian pupuk kimia dilakukan dengan cara ditaburkan di atas permukaan bedengan dengan takaran 200 gram campuran pupuk per 90 cm panjang bedengan. Sesudah pupuk ditaburkan, bedengan dicangkul sampai pupuk tercampur rata dengan tanah. Selanjutnya bedengan disiram dan dipasangi mulsa plastik.

Cara Pemupukan Semangka fase Susulan

Cara Pemupukan Semangka

Banyak sekali petani pemula yang masih tidak paham mengenai cara memberikan pupuk susulan. Dimana pupuk susulan ini kebanyakan ialah pupuk anorganik seperti ZA, SP, KCL, PHONSKA, MUTIARA, KNO dan lainnya yang mana notabenenya akan berdampak buruk jika diberikan secara berlebihan. Jadi harus pas sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Fase pemberian pupuk susulan dapat terbagi menjadi 3 macam yaitu fase vegetatif atau pertumbuhan awal, generatif atau pembungaan dan pembuahan serta fase pembesaran atau pematangan buah.

1. Pupuk Sususlan pada Fase Vegetatif (Pertumbuhan Awal)

Jadi, pemupukan susulan yang diberikan pertama kali yaitu pada fase pertumbuhan alias vegetatif. Sebelumnya perlu anda ketahui terlebih dahulu bahwasanya pada fase pertumbuahan awal ini sistem imun tanaman tidak terbentuk sempurna. Selain itu kadar fitohormon tanaman seperti auksin masihlah cukup tinggi sehingga laju pertumbuahnnya bisa sangat pesat. Pada fase awal ini sebenarnya unsur yang paling dibutuhkan tanaman yaitu Nitrogen.

Akan tetapi anda harus ingat bahwa sistem imun tanaman yang masih lemah sangat membuatnya rentan terhadap serangan penyakit, padahal Nitrogen ini selain menyuburkan tanaman juga dapat menyuburkan jamur serta bakteri patogen (jahat).

Oleh sebab itu kita wajib memberikan asupan unsur hara yang seimbang dan sesuai porsi. Jadi gunakanlah pupuk NPK seperti Phonska atau Mutiara sesudah 1 minggu tanam. Anda juga dapat mencampur antara ZA + SP-36 + KCL dengan perbandingan 1 : 1 : 1 (sama). Dosis yang dipakai ialah melarutkan 1 gelas (300cc) butiran NPK/campuran dengan 25-30L air. Kocorkan pada tanaman sebanyak 50 cc setiap tanaman. Interval pemberiannya ialah 7 hingga 10 hari sekali dan sebaiknya dilakuakn sesudah pengairan.

Jangan lupa untuk melihat unsur mikro tanaman dengan cara pemberian secara kocor maupun semprot menggunakan pupuk cair yang banyak dijual di toko pertanian. Pemupukan ini dilakukan sampai tanaman memasuki fase generatif (berbunga) nanti. Itulah panduan cara memberkian pupuk susulan pada fese pertumbuhan awal atau vegetatif.

2. Pupuk Sususlan pada Fase Generatif (berbunga)

Biasanya sesudah 1 bulan tanaman akan memasuki fase generatif (tergantung jenis tanaman). Pada waktu berbunga, kebutuhan nutrisi tanaman wajib diatur ulang. Kali ini tidak dibuat merata namun digunakan unggul salah satu unsur yang penting untuk membentuk bunga merupakan unsur Fosfor (Phospat) dan menurunkan Nitrogennya.

Jadi anda tetap dapat menggunakan NPK namun menambahkan SP-36 dengan dosis perbandingannya 1 : 1 (contohnya 1 kg NPK PHONSKA + 1 kg SP-36). Disini unsur N dan K masih tetap ada tetapi unsur P menjadi sangat banyak. Kalau anda ingin mencampur sendiri maka campurkan ZA+SP36+KCL dengan dosis perbandingannya 1 : 3 :1 (unggul Phospat).

Larutannya dibuat sama rata yaitu setiap 1 gelas (300cc) pupuk untuk 25 sampai 30 L air. Dikocorkan ke dalam lubang buatan kurang lebih sekitar 10cm didekat pangkal tanaman. Interval juga sama yaitu 7 hingga 10 hari sekali. Unsur mikro tetap diberikan dengan cara semprot bisa juga dengan kocor.

3. Pupuk Susulan pada Fase Pengisian Buah

Setelah melewati fase generatif atau pembungaan maka tanaman akan memasuki fase pengisian buah atau umbi. Nah pupuk susulan yang akan kita guanakan juga wajib di setel ulang. Ada dua macam setelan disini. Pertama yaitu untuk tanaman yang sekali berbuah contohnya seperti semangka, melon, ubi, jagung dll. Karena hanya dapat membesarkan beberapa buah maka unsur hara yang ditingkatkan adalah Kalium.

Kalium sangat bermanfaat untuk membesarkan buah serta menigkatkan kualitas dan rasa buah itu sendiri. Campurkan NPK dengan KCL dengan perbandingan dosisnya 1 : 2 atau campurkan pupuk ZA+SP+KCl dengan perbandingan dosisnya 1 : 1 : 3 (unggul kalium). Unsur N dan P dikurangi supaya tanaman hanya fokus membesarkan buah dan tidak membentuk tunas bau maupun bunga baru.

Sedangkan yang Kedua ialah untuk tanaman yang ciri khasnya lebih dari satu kali panen dimana antara buah dan bunga saling susul menyusul seperti cabe. Disini baik unsur Fosfor ataupun Kalium tetap wajib sama – sama ditambah. Sedangkan unsur N dapat diturunkan. Campurkanlah NPK dengan SP36 dan KCL dengan perbandingan dosisnya 1 : 2 : 3 jadi akan berimbang antara bunga baru dan bauh yang sudah jadi.

Larutannya juga harus dibuat sama yaitu tiap 1 gelas (300cc) dengan 30 L air lalu kocorkan ke lubang buatan sekitar 10-15 cm dari pangkal tanaman. Interval pemupukan bisa setiap 10 hari sekali. Tapi jangan lupa untuk tetap harus memberikan unsur mikro dengan cara semprot pada daun.

Manfaat Buah Semangka

Cara Pemupukan Semngka- Mencegah Impoten

Manfaat buah semangka secara alami bisa dirasakan oleh pria. Semangka bisa digunakan sebagai obat kuat pria yang dapat menjaga kesuburan. Dengan mengonsumsi semangka secara rutin, maka bisa mengobati dan mencegah impoten. Impoten merupakan kondisi ketika penis tidak mampu ereksi atau mempertahankan ereksi walaupun adanya rangsangan seksual.

Cara Pemupukan Semangka- Mengatasi Lemak yang Menumpuk

Kandungan asam amino citruline yang dimiliki semangka bisa secara efektif mengatasi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Semangka bisa melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh dan melarutkannya dalam saluran pencernaan. Maka semangka bisa anda gunakan jika sedang menjalani diet.

Cara Pemupukan Semngka- Menyehatkan Jantung

Semangka sangat kaya likopen yang bisa melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Hal ini yang membuat semangka mampu membantu anda menjaga kesehatan jantung.

Cara Pemupukan SemangkaMembantu Mencukupi Kebutuhan Gizi Harian

Semangka merah termasuk buah yang rendah akan kalori. Ada banyak kandungan gizi yang dimiliki oleh buah semangka. Kandungan yang dimilikinya sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Cara Pemupukan Semngka- Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat semangka selanjutnya yaitu bisa membantu menurunkan tekanan darah. Buah ini mempunyai efek yang sangat baik untuk mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah. Hal ini yang membuat buah semangka sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit hipertensi.

Dmikianlah artikel tentang cara pemupukan semangka yang benar. Sebenarnya anda dapat berkreasi sendiri jika anda mengetahui dasar – dasar pemupukan. Sekian dan terima kasih.

The post Cara Pemupukan Semangka yang Benar appeared first on Mesin Pertanian.

]]>