Pengolahan Hasil Pertanian – Bidang pertanian menghasilkan produk pertanian yang bermacam – macam mulai dari sayuran, buah, biji – bijian dan sebagainya.

Pengolahan hasil pertanian tersebut dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi keperluan dan kebutuhannya.  Hasil atau produk pertanian mempunyai mutu yang beragam, dari mutu yang rendah, menengah hinga yang tinggi.

Contoh Pengolahan Hasil Pertanian

Pengoptimalan hasil pertanian dapat dilakukan dengan cara pengolahan yang baik sehingga menambah nilai estetika dari produk tersebut. Aplikasi teknik pengolahan hasil pertanian adalah solusi untuk permasalahan tersebut.Berikut ini adalah contoh pengolahan hasil pertanian.

Pengolahan Hasil Pertanian Menjadi Keripik Buah

Remove term: pengolahan hasil pertanian pengolahan hasil pertanian

Pengolahan Hasil Pertanian yang pertama adalah mengolah buah menjadi keripik. Ternyata buah yang nilainya tak seberapa, jika diolah dengan baik bisa menghasilkan keuntungan yang besar jika dijual.

Pengolahan hasil pertanian ini sudah banyak dimanfaatkan di kalangan masyarakat. Berikut cara – pengolahan buah menjadi keripik.

1. Keripik Buah Nangka

Keripik buah Nangka menurut saya adalah salah satu yang paling pavorit diantara lainnya. Rasa buahnya yang manis, nampaknya yang menggugah selera, warnanya yang cerah, membuat siapapun teringin mencicipinya, bahkan saat di toko oleh-oleh serasa ingin memborong sebagai oleh-oleh unggulan.

Kelebihan dari buah ini, boleh dikatakan berbuah sepanjang musim, sehingga stok nangkanya pasti terjaga. Bedanya buah ini agak lama dalam berbuah, jadi perlu sedikit sabar. Dan tentunya karena buahnya premium, maka harga pun sedikit melambung.

Tapi jangan khawatir, dengan keripik buah ini, ada istilah jawa, Ono rego ono Rupa atau ada harga ada barang. Barangnya istimewa, harganya premium, rasanya pun lezat.

2. Keripik Buah Salak

Pernah merasakan kripik buah salak? hmmm… Yeahh. Enak Sekaliii.  Saya pernah membuat dan mencobanya, dan rasanya manis, enak dan gurih. Rasanya hampir mirip dengan buah nangka. Hati – hati keliru, karena rasanya bener – bener mirip.

Buah salak ini sedikit unik, karena tumbuh bagus hanya ditempat tertentu, idealnya di tempat dingin atau kaki gunung. Kurang bagus jika ditanam disembarang tempat. Maka bersyukurlah yang di karuniai tempat yang cocok untuk menaman salak.

Salak juga enak langsung dimakan, bahkan enaknya ingin cepat-cepat menghabikan. Tapi jangan khawatir, ketika ingin makan salak yang versi keripik atau salak yang lebih awet, maka solusi membuat kripik buah salak sangat tepat.

Keripik buah salak ini sangat bmudah meningkat harganya. Sangat cocok untuk dijadikan oleh – oleh yang khas, Yogyakarta, Malang, Bogor dan tempat-tempat dingin lainnya, menjadi tempat pavorit untuk bisnis kripik buah salak, karena selain wisatanya mendukung, oleh-oleh khasnya juga akan berkembang.

3. Keripik Buah Nanas

Rasa buah nanas yang kecut, dapat membuat orang yang memakannya cepat terasa ngilu pada giginya. Dan itu menjadikan kurang nyaman bagi pemakannya. Padahal sebenarnya ingin terus memakannya.

Kekurangan buah nanas yang sangat kecut ini, sekarang bisa tertutupi dengan merubahnya menjadi kripik buah nanas. Dan Rasanya mmmmh.. delicious. Kita seakan – akan dibayangkan masih memakan buah nanas, tetapi mendapatkan sensasi yang berbeda… kriyukkk….

Saya pernah membuat dan mencobanya, dan waaah langsung habis begitu jadi. Pembangkan kripik buah nanas ini berada di daerah Pemalang, Malang, Majalengka, adalah daerah yang cocok dikembangan kripik buah Nanas.

Dengan adanya kripik buah nanas selain bagus untuk oleh-oleh, tentunya dapat menambah umur nanas bukan? pastinya bisa mengangkat  suatu daerah dengan makanan khasnya.

4. Keripik Buah Apel

Membayangkan apel, pastinya sebuah buah yang berkelas bukan? ya seperti itulah.. pasalnya buah ini sangat banyak diimpor dari luar negeri dengan berbagai kemasan dan berbagai warna warni yang cerah.

Tetapi bagi saya, apel lokal terasa lebih enak dan lebih berharga memakannya, sebab cinta produk dalam negeri akan meningkatkan produktivitas petani lokal. Dan keaslian apel dalam negeri jauh lebih penting dari lainnya.

Nah.. masalah umum para petani apel pada saat panen apel adalah melimpahnya produk apel, yang kadang lebih seringnya menurunkan harga jual apel.

Untuk meningkatkan produktifitas harga apel, maka membutuhkan variasi produk apel. Beberapa yang sudah berjalan antara lain selai apel, sirup apel, dan taanpa kecuali adalah kripik buah apel.

Keripik buah apel ini terasa enak dimakan dan gurih, dan bagi yang gemar dengan apel hijau, rasa kecutnya sudah agak hilang.

Bagi saya, meski kripik buah apel sedikit kurang manis dibanding aslinya, langkah membuat kripik buah apel adalah salah satu alternatif pemecahan masalah untuk buah apel itu sendiri. Selainnya juga bisa lebih menyenangkan petani apel bukan?

5. Keripik Buah Pepaya

Selanjutnya keripik buah yang pavorit yaitu keripik buah pepaya. Warnanya yang orange menjadikan pepaya sangat menarik, sensasinya yang makriuk, rasanya manis manis, membuat keripik buah pepaya ini salah satu yang digemari para pecinta keripik buah.

Untuk membuat kripik buah pepaya ini, memerlukan pepaya yang tida terlalu matang, agar hasilnya bisa sempurna, dan renyah hasilnya.

Sentra pepaya ayau tempat-tempat penghasil buah pepaya berada di Lebak di Banten, Sukabumi di Jawabarat, Kebumen dan Boyolali di jawa Tengah, Kulonrpogo dan Sleman di DIY, juga malang di Jawa timur, merupakan tempat yang cocok untuk dijadikan sentra industri kripik buah pepaya.

Hasil Pertanian Menjadi Tanaman Pangan

Remove term: pengolahan hasil pertanian pengolahan hasil pertanian

Makanan dan manusia merupakan dua komponen yang saling berkaitan erat. Manusia memerlukan makanan setiap harinya sebagai sumber energi untuk tumbuh.

Maka tidak heran jika tanaman pangan menjadi kebutuhan pokok untuk keberlangsungan hidup manusia.

Tanaman pangan mempunyai banyak jenis, baik itu sayuran, umbi-umbian, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan lain – lain. Karena keberadaannya yang sangat penting, budidaya terhadap tanaman pangan terus dilakukan.

Teknik budidaya tanaman pangan merupakan teknik yang sudah banyak di kembangkan di lingkungan masyarakat. Berikut beberapa contoh olahan tanaman pangan yang perlu kalian ketahui.

Pengolahan Tanaman Pangan Menjadi Resep Makanan

Jika kalian sudah menanam bahan pangan dengan teknik budidaya tanaman pangan yang benar hasil panen kalian pasti maksimal.Sebagai tambahan,berikut 4 hasil masakan dari bahan pangan yang mudah dan sederhana untuk dibuat dirumah.

1. Puding Jagung Manis

Bahan – bahan Puding Jagung

1. 5 buah Jagung manis (dipipil) lalu diblender dan diambil sarinya jadikan 1 liter
2. 220 ml susu kental manis putih
3. 100 gr gula pasir
4. 2 butir kuning telur
5. 1 pak agar-agar

Cara Membuat Puding Jagung

1. Rebus sari jagung manis beserta gula pasir dan agar-agar
2. Tambahkan susu kental manis
3. Tuangkan kuning telur yang sudah dikocok rata
4. Didihkan dan tuang dalam cetakan

Selain dibuat pudding,jagung juga bisa digunakan untuk bahan dasar es krim.

2. Bola – Bola Kentang

Buat kamu yang ingin menyicipi camilan mengenyangkan bisa membuat bola-bola kentang. Isi di dalamnya terdapat potongan daging ayam, memakai telur untuk perekat adonan, dan beragam sayuran mampu menambah gizimu. Berikut bahan – bahan dan cara membuat bola – bola kentang

Bahan-Bahan Bola-bola Kentang
  1. 300 gr daging ayam, potong kotak-kotak
  2. 2 butir telur, lalu dikocok
  3. pisahkan telur tersebut,putihnya saja untuk perekat adonan
  4. ½ kg kentang, lalu kupas dan cuci terlebih dulu
  5. ½ buah bawang bombay, iris tipis
  6. 2 buah wortel, potong kotak-kotak
  7. 300 gr kelapa yang sudah diparut, kemudian sangrai
  8. 3 bawang putih, haluskan
  9. ½ sdt merica serbuk siap saji
  10. 1 sdt gula pasir putih
  11. garam halus secukupnya
  12. minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Bola-Bola Kentang
  1. Siapkan kentang yang sudah dikupas, kemudian kukuslah sampai kentang benar-benar matang dan haluskan.
  2. Siapkan wajan untuk menumis bawang putih dan bawang bombay, lalu kamu tunggu sampai berbau harum. Masukkan telur yang sudah dikocok dan aduk sampai tercampur menggunakan mixer roti.
  3. Tambahkan bahan-bahan lainnya seperti daging ayam, wortel, gula pasir putih, garam, dan merica. Aduk terus sampai semua  rata dan harum.
  4. Kalau bahan yang ditumis sudah matang, kamu masukan pelan pelan ke dalam adonan kentang yang sudah dihaluskan tadi. Aduk hingga kalis.
  5. Ambil adonan yang sudah tercampur semua dan bentuk bulat-bulat kecil.
  6. Lapisi adonan tersebut manggunakan telur yang sudah dikocok untuk perekat dengan cara dicelupkan ke kocokan putih telur.
  7. Setelah itu goreng adonan tadi dengan api yang sedang dan minyak yang banyak agar gorengan kentangnya matang sempurna.
  8. Bola-bola kentangmu siap dimakan.

3. Keripik Singkong Sedap

Keripik singkong paling enak yang bentuknya tipis. Karena teksturnya yang tebal akan membuat keripik tidak akan matang sempurna. Untuk membuatnya, ikuti langkah berikut:

Bahan-Bahan Keripik Singkong
  1. 1 kg singkong
  2. 1 sdt soda kue
  3. minyak goreng secukupnya
  4. garam secukupnya
  5. penyedap rasa secukupnya
Cara Membuat Keripik Singkong
  1. Kupas dulu kulit singkong dan cuci sampai bersih.
  2. Serut singkong menjadi tipis-tipis agar mudah untuk digoreng.
  3. Rendam singkong yang sudah diserut tipis-tipis menggunakan air hangat dan soda kue kurang lebih selama 30 menit, lalu tiriskan.
  4. Masukkan ke dalam wadah, aduk singkong dan masukan penyedap rasa dan garam seperlunya.
  5. Goreng singkong sampai menguning terlihat matang. Angkat, lalu tiriskan.
  6. Keripik singkong siap dinikmati sambil nonton film.

4. Pizza Keju Lezat

Bagi kamu yang gemar pizza keju dan tidak ingin membuatnya memiliki banyak topping, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Hal ini karena tidak banyak kedai pizza yang hanya menyediakan pizza dengan topping keju saja.

Jenis pizza ini sangat sesuai untuk menemani waktu lenggang kamu ditemani dengan secangkir teh hangat. Berikut adalah cara membuatnya:

Bahan Membuat Pizza Keju
  1. 250 gram tepung terigu
  2. 200 ml susu cair hangat
  3. 1 btr telur ayam
  4. 4 gram ragi instan
  5. 3 sdm mentega
  6. 3 sdm minyak goreng
Bahan Topping Pizza Keju
  • Keju Mozarella yang sudah diparut atau juga bisa menggunakan keju biasa
Cara Membuat Pizza Keju
  1. Pertama, campurkan ragi instan dengan tepung terigu. Kemudian campurkan adonan dengan sedikit minyak dan juga mentega terus aduk hingga merata.
  2. Setelah merata kamu bisa menambahkannya dengan susu dan juga telur kemudian aduk hingga adonan berubah menjadi lembut dan kenyal. Diamkan adonan kurang lebih 15 menit dan tutup rapat adonan dengan menggunakan kain serbet yang bersih.
  3. Kamu bisa menggunakan oven atapun tepflon. Setelah 15 menit masukan adonan ke loyang khusus untuk pizza. Sebelum dimasukkan ke dalam oven taburi adonan dengan keju yang telah kamu parut.
  4. Masukan adonan ke dalam oven dan pangganglah selama 15 -20 menit sampai adona roti benar – benar mengembang.
  5. Jika sudah matang, pizza siap untuk dinikmati.

Pengolahan Menjadi Tepung

Remove term: pengolahan hasil pertanian pengolahan hasil pertanian

Pengolahan hasil pertanian yang terakhir adalam pengolahan menjadi tepung. Tepung sangat berguna untuk bahan masakan atau campuran masakan. Berikut cara – cara membuat tepung dengan benar.

1. Tepung Terigu

Tahapan proses embuatan tepung terigu atau Gandum ternyata harus melalui beberapa proses yang akhirnya bisa membuat nya menjadi tepung terigu yang siap makan.

Oleh karena itulah dalam proses pembuatan tepung terigu tidaklah semudah itu. Meskipun begitu usaha tepung terigu juga dapat mendatangkan banyak keuntungan jika mengingat tidak mudah untuk membuatnya sendiri sehingga kebanyakan orang lebih suka untuk membelinya. Berikut cara pembuatan tepung yang benar agar kalian bisa membuatnya sendiri dirumah.

  1. Tahapan awalnya yaitu proses seleksi gandum, dalam proses ini memang harus dilakukan penyeleksian yang bertujuan untuk memilih gandum yang berkualitas agar hasilnya nanti juga berkualitas. Kalian harus mengklasifikasikan gandum yang sudah dipanen ke dalam varietas nya sendiri-sendiri agar memudahkan proses nya.
  2. Proses pembersihan harus dilakukan setelah gandum sudah di seleksi pasalnya gandum yang baru dipanen tentunya masih kotor dan bercampur dengan benda asing seperti debu, bebatuan dan lain sebagainya. Dalam proses ini, gandum harus diberi cairan agar kulit ari gandum dapat di proses dengan mudah.
  3. Gristing merupakan proses mencampurkan gandum dengan sejumlah gluten atau jenis gandum lain nya. Pada tahapan ini bertujuan agar memperoleh kandungan tepung terigu yang sesuai dengan keinginan. Contohnya saja untuk mendapatkan tepung terigu yang berprotein tinggi harus di tambahkan gluten dengan kadar protein yang tinggi juga.
  4. Tahapan ke empat yaitu proses penggilingan atau bisa disebut dengan milling. Dalam hal ini ada 2 tahapan yang bisa anda ketahui. Yang pertama adalah gandum dimasukkkan ke dalam mesin yang berbentuk seperti gulungan supaya kulit arinya bisa terpisah dengan bagian dalam nya yang berwarna putih, kemudian anda akan mendapatkan bagian inti gandum nya dan selanjutnya giling gandum.
  5. Setelah gandum tadi di giling dan sudah berubah bentuk menjadi tepung, maka tahapan selanjutnya ialah pengemasan sesuai dengan jenis tepung terigu yang ada.

2. Tepung Tapioka

Tepung tapioka atau tepung kanji memang seperti tidak asing di telinga. Banyak manfaat serta kegunaan tepung tapioka atau tepung kanji dimulai dari keperluan masak memasak setiap hari untuk menu harian keluarga sampai untuk keperluan industri makanan.

Tidak heran jika sekarang banyak petani bertanam singkong untuk di jadikan tepung yang dikirim pada pabrik pembuatan tepung. Jika kalian ingin mengetahui cara membuat tepung tapioka, berikut langkah – langkahnya.

  • Pilih singkong yang bagus, maksud bagus disini ialah singkong jangan terlalu muda karena sarinya sedikit dan jangan terlalu tua karena singkong sebagian besar akan berubah menjadi akar. Maka pilih singkong yang sudah tua.
  • Kupaslah singkong dari kulitnya, kulit singkong ada 2, yang pertama kulit luar yang warnanya kecoklatan dan mudah terkelupas terus yang kedua kulit dalam, jadi kupas singkong dari kulitnya luar dalam.
  •  Cucilah singkong dari kotoran, cucilah singkong sebersih mungkin dari kotoran dan lendirnya.
  • Parut singkong, memarut singkong dapat dengan cara manual dan bisa dengan memakai mesin pemarut.
  •  Peraslah parutan singkong, sebelum memeras parutan singkong baiknya diberi air dulu dengan perbandingan 2:1 , artinya kalau 2 liter singkong maka airnya 1 liter.
  • Diamakan air perasan singkong, sesudah diperas singkongnya maka diamkan dulu perasanya biar mengendap sarinya, diamkan kurang lebih 12 jam.
  • Saring air endapan, jika sudah didiamkan selama kurang lebih 12 jam maka air perasan akan mengendap.
  • Jemur endapan singkong, biasanya kalau di jemur dan sudah kering maka akan mengeras, jadi kalau sudah mengering maka tumbuklah sampai halus kemudian ayak. Dan tepung tapioka sudah jadi.

Itulah tadi artikel tentang pengolahan hasil pertanian yang dapat saya berikan mudah – mudahan dapat menjadi manfaat untuk anda sekalian. Sekian dan terimakasih.