Select Page

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang Alat Pemeras Tebu beserta jenis-jenis tebu dan manfaat tebu. Yuk! Simak penjelasannya dibawah ini.

Alat Pemeras Tebu

Mesin Pemeras Tebu, Mesin Giling Tebu, Alat Pemeras Tebu adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memeras tebu. Hasil Pemerasan tersebut berupa cairan sangat manis yang disebut Sari Tebu. Sari Tebu itulah yang selanjutnya akan diproses menjadi gula pasir. Alat ini sering disebut juga dengan nama lain Sugar Cane Extractor.

Mesin Giling Tebu biasanya telah dilengkapi dengan saringan khusus. Sehingga sari tebu yang dihasilkan Alat Pemeras Tebu akan lebih maksimal hasilnya dan higienis tentunya.

Terdapat 2 Jenis Mesin Pemeras Tebu, yakini Mesin Pemeras Tebu Manual dan Mesin Pemeras Tebu Otomatis. Alat Pemeras Tebu Manual tidak menggunakan penggerak sehingga lebih hemat energi.

Sedangkan Alat Pemeras Tebu Otomatis menggunakan penggerak sehingga proses akan lebih cepat dan tidak mengeluarkan banyak tenaga manusia.

Model Dan Spesifikasi Alat Pemeras Tebu

Spesifikasi Alat Pemeras Tebu:

Mesin Pemeras Tebu SCP – 160 Manual

alat pemeras tebu

Energi Yang Digunakan : Manual ( Tenaga Manusia ).
Berat Mesin :  37 Kg.
Dimensi Mesin :  435 mm x 365mm x 350 mm.

Mesin Pemeras Tebu SCP – 160 B Otomatis

mesin pemeras tebu

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik :  220 Volt.
Frekuensi Listrik :  50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) :  750 Watt.
Kapasitas Produksi :  300-350 Kg.
Berat Mesin :  64 Kg.
Dimensi Mesin :  420 mm x 340 mm x 850 mm.

Mesin Pemeras Tebu SCP – L 100 A Otomatis

Energi Yang Digunakan : Listrik
Tegangan Listrik : 220 Volt.
Frekuensi Listrik :  50/60 Hz.
Daya ( Power ) : 750 Watt.
Kapasitas Produksi : 300-400 Kg.
Berat Mesin : 68 Kg.
Dimensi Mesin : 560 mm x 360 mm x 590 mm.

Mesin Pemeras Tebu SCP – L 100 B Otomatis

Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 220 Volt.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) : 750 Watt.
Kapasitas Produksi : 300-400 Kg.
Berat Mesin : 72Kg.
Dimensi Mesin : 560 mm x 360 mm x 590 mm.

Kegunaan Alat Pemeras Tebu

Alat Pemeras Tebu telah banyak digunakan oleh para pengusaha gula rumahan, pengusaha minuman, dan para pengusaha kuliner lainnya.

Dengan menggunakan Alat Pemeras Tebu, mereka akan mendapatkan sari tebu yang sangat jernih, higienis, manis. Dan tentunya lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan dengan alat pemeras tradisional.

Alat Pemeras Tebu juga dapat digunakan untuk keperluan pribadi, seperti membuat es sari tebu ataupun jahe sari tebu hangat. Penggunaan Alat Giling Tebu juga sangat mudah, tidak perlu dengan cara-cara yang ribet.

Cara Menggunakan Alat Pemeras Tebu SCP – 160 Manual

  1. Persiapkan Alat Giling Tebu dan batang tebu yang akan diekstrak.
  2. Putar tuas pengencang Alat Giling Tebu.
  3. Masukkan batang tebu ke dalam Alat Giling Tebu.
  4. Putar tuas pemeras yang berbentuk roda dan tekan batang tebu ke dalam Alat Es Tebu.
  5. Sari tebu atau air tebu akan tertampung di wadah penampung Alat Es Tebu.
  6. Putar kran pada Alat Pemeras Tebu untuk mengeluarkan air tebu dari wadah penampungan.
  7. Sari tebu super manis dan murni siap dikonsumsi.

Jenis-jenis Budidaya Tebu

Budidaya tebu di Indonesia biasanya hanya ada 3 jenis tebu yang ditanam:

1. Tebu Kuning

mesin-peras-tebu

Jenis tebu yang biasa ditanam yang pertama adalah jenis tebu kuning atau dikenal juga dengan nama tebu morris, dan ada juga yang menyebutnya dengan tebu hijau, walaupun pada intinya sama saja jenisnya.

Sesuai namanya tebu ini didominasi oleh warna kuning pada bagian ruas batangnya.

Tebu ini banyak tumbuh di Indonesia dibandingkan dengan jenis tebu lainnya, karena memang tanaman tebu ini asalnya dari Asia Tenggara.

Dan juga tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, sehingga banyak petani yang berbudidaya tebu kuning ini untuk memasok para industri gula atau industri pangan dan minuman untuk menambah cita rasa produk mereka.

Biasanya tebu kuning di ekspor ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunai Darussalaam, tak heran jika tebu dijadikan salah satu tanaman industri negeri.

2. Tebu Hitam

Jenis tebu yang biasa ditanam selanjutnya adalah tebu hitam, atau biasa juga dikenal dengan nama tebu ireng (bahasa Jawanya hitam).

Nama tebu ireng (hitam) itu sendiri didapat dari warna batangnya, sama seperti tebu kuning, warna batangnya didominasi oleh warna ungu gelap atau dongker dan ada juga yang berwarna merah tua, intinya warna batangnya gelap.

Selain warnanya yang berbeda dengan jenis tebu lainnya, warna air yang terdapat pada batangnya juga berbeda. Tebu hitam memiliki air berwarna kecoklatan dan gelap tidak seperti air tebu lainnya yang berwarna putih kekuning kuningan.

Dari sisi diameter batangnya juga berbeda, untuk tebu hitam memiliki diameter lebih kecil dibandingkan dengan tebu lainnya.

3. Tebu Telur

Jenis tebu yang terakhir adalah tebu telur, walaupun sebenarnya ini bukanlah jenis tebu karena tidak memiliki batang yang manis dan panjang sebagaimana tebu pada umumnya.

Dan juga tebu telur ini masuk kedalam kelompok sayur sayuran berbeda dari tebu sebelumnya, tapi masyarakat sudah banyak yang menyebutnya dengan nama “tebu”, sehingga kami golongkan kedalam tanaman tebu.

Tebu telur biasa digunakan untuk dimasak isinya, sehingga menghasilkan masakan yang nikmat dan enak.

Di daerah pedesaan atau wilayah yang masih menggunakan kayu bakar sebagai sarana untuk memasak, biasanya bagian daun tanaman tebu digunakan untuk bahan pembakaran.

Air Dari Alat Pemeras Tebu

mesin-peras-tebu

Air Tebu merupakan cairan yang berasal dari pemerasan atau pengekstrakan tebu. Sari Tebu sering dijadikan minuman es maupun hangat.

Banyak yang pengusaha yang memanfaatkan Sari Tebu untuk dijadikan minuman seperti es tebu, jahe sari tebu hangat, dan minuman lainnya.

Air tebu dikenal sebagai penyedia energi dan glukosa pada tubuh agar tetap segar. Namun, tahukah Anda? Air tebu memiliki segudang manfaat untuk kecantikan dan kesehatan lebih dari sekedar minuman pelepas dahaga.

Tebu atau diluar negeri disebut sebagai sugarcane bisa dikunyah menggunakan menggunakan gigi dan bisa pula dibuat jus. Air tebu tidak hanya sekedar jus manis seperti kebanyakan tetapi juga mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Air tebu mengandung sekitar 15% gula alami, karbohidrat yang melimpah, protein, mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, zinc, kalium, vitamin A, B-kompleks, dan vitamin C.

Manfaat Air Alat Pemeras Tebu Untuk Kecantikan

1. Mengobati Jerawat

Meminum air tebu secara teratur diketahui efektif dalam menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat. Air tebu mengandung alpha hydroxy acids (AHAs) seperti asam glikolat yang mampu meningkatkan pergantian sel. Jadi, jika Anda rentan terhadap jerawat, cobalah jus tebu sebagai masker wajah untuk hasil yang efektif.

2. Anti Penuaan Dini

Anda pasti mulai khawatir dengan keriput yang mulai muncul seiring bertambahnya usia. Bahkan keriput di wajah bisa membuat Anda kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya. Jangan khawatir! Anda dapat menunda tanda-tanda penuaan dengan bantuan air tebu. Kehadiran antioksidan, flavonoid, dan senyawa fenolik membuat air tebu menjadi pilihan yang baik untuk mencapai kulit yang bercahaya, lembut, dan lembab.

3. Menjaga Kesehatan Rambut

Kekurangan gizi dapat menjadi alasan kerontokan rambut. Rambut akan menjadi kusam dan seolah tak bernyawa jika tubuh kekurangan mineral tertentu. Air tebu merupakan sumber mineral yang sangat baik yang mampu mendukung pertumbuhan rambut.

Manfaat Air Dari Alat Pemeras Tebu Untuk Kesehatan

Anda mungkin berpikir minuman yang kaya gula ini tidak memiliki manfaat bagi kesehatan. Faktanya, air tebu tidak hanya untuk kecantikan tapi juga baik untuk kesehatan.

Berikut kami uraikan beberapa manfaat tebu untuk kesehatan tubuh:

1. Melawan Kanker

Manfaat air tebu melawan kanker mungkin terdengar berlebihan, tapi air tebu telah terbukti mampu melawan kanker terutama kanker prostat dan payudara. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa kehadiran flavonoid dalam tebu menghambat perbanyakan sel-sel kanker, sehingga mengurangi risiko kanker payudara.

2. Diabetes

Apakah air tebu bisa diminum penderita diabetes? Jika Anda berpikir air tebu adalah pilihan yang buruk hanya karena Anda menderita diabetes, maka Anda salah. Pada kenyataannya, air tebu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, tapi dimoderasi. Tebu mengandung sukrosa yang memiliki indeks glikemik rendah. Hal ini membantu untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.

3. Mencegah Bau Mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah kerusakan pada gigi. Tebu mengandung sejumlah mineral, seperti kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga kesehatan gigi. Anda bisa meminum jus air tebu untuk menghilangkan bau pada mulut.

4. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada air tebu mampu memperkuat tulang dan gigi.

5. Meredakan Gangguan Demam

Air tebu juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan demam yang biasa dialami pada anak-anak. Demam menyebabkan suhu tubuh meningkat dan hilangnya protein. Dengan memberikan jus tebu pada anak dipercaya mampu mengisi kembali protein dalam tubuh.

6. Melindungi Fungsi Hati

Air tebu adalah pengobatan terbaik untuk penyakit hati seperti penyakit kuning (jaundice). Air tebu membantu dalam mempertahankan tingkat glukosa dalam tubuh dan memastikan pemulihan dengan cepat. Hal ini juga akan membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan melindungi kesehatan hati.

7. Melancarkan Pencernaan

Jika Anda termasuk orang yang mengalami masalah pada pencernaan, maka Anda sebaiknya mempertimbangkan air tebu dalam diet Anda. Kalium hadir dalam jus tebu dan membantu menyeimbangkan kadar pH dalm perut Anda dan memfasilitasi sekresi cairan pencernaan.

8. Membangkitkan Energi

Jika Anda mengalami dehidrasi, air tebu merupakan salah satu penawar terbaiknya. Air tebu mampu meningkatkan semangat dan suasana hati ketika meminumnya. Tebu mengandung gula sederhana (sukrosa) yang mudah diserap oleh tubuh. Kandungan gula tersebut digunakan untuk mengisi kadar gula yang hilang dalam tubuh.

9. Menguatkan Otot

Meminum air tebu dua kali sehari dipercaya mampu meningkatkan kekuatan otot Anda dengan menyediakan glukosa yang sangat dibutuhkan untuk tubuh.

10. Meredakan Sakit Tenggorokan

Jika Anda merasa gatal-gatal atau iritasi pada tenggorokan, minumlah segelas jus tebu dengan sedikit campuran jeruk nipis dan garam untuk meredakannya. Vitamin C ditemukan banyak dalam jus tebu dan merupakan alasan utama yang membuatnya menjadi obat yang baik untuk sakit tenggorokan. air tebu juga merupakan sumber yang kaya antioksidan yang menangkal setiap infeksi virus atau bakteri.

11. Mengobati Luka

Selain meningkatkan kekebalan tubuh Anda, air tebu juga membantu dalam mempercepat pemulihan luka. Air tebu mengandung sukrosa yang secara alami mampu menyembuhkan luka dengan cepat. Anda juga dapat mengoleskan air tebu langsung pada luka untuk hasil yang lebih baik.

12. Memperkuat Organ Tubuh

Konsumsi secara teratur membantu air tebu dalam menguatkan organ-organ penting sehingga dapat bekerja dengan baik dan sinkron dengan organ lainnya. Air tebu mengandung gula penting yang membantu dalam memperkuat organ tubuh kita seperti organ sensorik, organ reproduksi, dan otak.

13. Mencegah Kerusakan DNA

Air tebu dapat melindungi Anda dari kerusakan DNA akibat radiasi yang dapat mempengaruhi otak Anda. Air tebu kaya akan antioksidan yang mencegah degradasi oksidatif dari lemak seluler dan lipid serta kerusakan pada DNA.

14. Menurunkan Berat Badan

Tebu mengandung serat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.
Air tebu dikenal mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh kita, yang merupakan salah satu alasan utama dalam kenaikan berat badan. Air tebu juga tinggi serat larut yang membantu mengelola berat badan.

15. Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Meminum air tebu secara teratur membantu membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan unsur-unsur asing lainnya. Hal tersebut juga meningkatkan metabolisme. Proses detoksifikasi ini secara bertahap menyebabkan penurunan berat badan.

16. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Air tebu membantu menjaga kesehatan ginjal dan mencegah masalah yang terkait dengan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Siapkan segelas jus tebu dicampur dengan lemon dan air kelapa. Minumlah dua kali sehari. Air tebu dikenal untuk meningkatkan tingkat protein dalam tubuh. Hal ini mampu mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan ginjal seperti batu ginjal, ISK, PMS, dan prostatitis.

17. Menjaga Kesehatan Kuku

Bagi Anda yang mempunyai kuku kurang sehat dan rapuh, cobalah mengatasinya dengan meminum jus tebu. Kurangnya nutrisi membuat kuku kita rapuh dan terlihat kasar. Air tebu mengandung banyak nutisi yang mampu memelihara dan membuatnya nampak sehat.

18. Baik Untuk Kehamilan

Jus tebu juga baik untuk ibu hamil. Meminum segelas jus tebu dapat mengobati gejala morning sikness.
Air tebu mengandung sejumlah asam folat atau vitamin B9 yang diketahui baik untuk ibu hamil dan melindungi dari kelahiran cacat bawaan. Minum segelas jus tebu dengan sedikit jahe dapat membantu mengurangi morning sickness, keluhan umum di kalangan wanita hamil.

19. Menjaga Keseimbangan pH Tubuh

Air tebu mengandung alkali yang dapat menjaga keasaman di perut dan usus kita. Hal ini juga membantu menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh kita.

20. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Air tebu kaya akan antioksidan penting yang membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Hal tersebut mampu melawan sejumlah penyakit, termasuk sistem hati dan pencernaan. Antioksidan ini juga menetralkan kadar bilirubin dalam tubuh.

Demikian artikel ini tentang Alat Pemeras Tebu yang dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.

× Whatsapp Kami!