Select Page

Mesin Panen Padi atau Mesin Pemotong Padi adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memanen padi atau memotong tangkai padi. Yang mana Mesin Pemotong Padi merupakan sebuah alat terobosan baru yang dapat membantu mengefektifkan dan mengefisienkan proses pemanenan padi. Karena dengan Alat Pemotong Padi, proses pemanenan padi atau pemotongan tangkai padi menjadi lebih mudah, aman, cepat, serta hemat tenaga, waktu, pikiran maupun biaya.

Model Dan Spesifikasi Mesin Pemanen Padi

1. Mesin Panen Padi Miura Mtech – 488

mesin panen padi

Kapasitas Mesin : 41 cc.
Daya ( Power ) : 1.45 KW @7000 RPM.
Kapaitas Tangki Bahan Bakar : 1 L.
Karburator : Float.
Sistem Penghidupan / Permulaan ( Starter ) : Recoil Starter / Sistem Tarik.
Lebar Pemotongan : 415 mm.
Panjang Pisau : 255 mm.
Berat Mesin : 7 Kg.

 

2. Mesin Panen Padi Matsumoto MBC – 431 F

mesin panen padi

Kapasitas Mesin : 31 cc.
Daya : 0.75 KW @7500 RPM.
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 0.75 L.
Sistem Penghidupan / Permulaan ( Starter ) : Recoil Starter / Ssitem Tarik.
Berat Mesin : 6Kg.
Dimensi Mesin : 335 mm x 300 mm x 300 mm.

Cara Kerja Mesin Pemanen Padi

Mesin pemanen padi bekerja dengan cara memotong tangkai padi dengan pisaunya yang diputar oleh mesin yang menjadi sumber daya pemutar pisaunya. Dimana mesin tersebut akan memutar pisau dengan kecepatan rata – rata mencapai 7000 putaran per menit.

Bayangkan saja seberapa cepat pisau akan memotong tangkai padi. Untuk itu proses pemanenan padi akan tergantung operator yang mengoperasikan mesin pemanen padi kami. Semakin cepat operator mengoperasikan Mesin Pemotong Padi, maka semakin cepat juga proses pemanenan padinya.

Sedangkan operator yang kurang cekatan juga akan sebaliknya. Proses pemanenan padi akan semakin lama, namun akan tetap lebih cepat dibandingkan dengan cara tradisional. Sehingga dapat dikatakan bahwasannya, Mesin Pemotong Padi memang dirancang untuk mengefektifkan dan mengefisienkan proses pemanenan padi.

Fungsi Mesin Pemanen Padi

Dari namanya saja anda sudah dapat mengetahui apa fungsi dari Mesin Untuk Memanen Padi. Mesin Untuk Memanen Padi berguna untuk memanen padi atau memotong padi dengan aman, cepat, mudah, serta hemat tenaga, waktu, pikiran, dan biaya. Sehingga lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan cara konvensional atau tradisional, yang prosesnya cukup lama, susah, serta menguras tenaga dan waktu.

Fungsi Mesin Untuk Memanen Padi sendiri cukup banyak bervariasi, mulai dari pemanen padi yang lengkap atau dikombinasikan dengan alat perontok padi. Dan ada juga yang hanya berfungsi sebagai pemotong tangkai padinya saja. Yang mana, pemanen padi yang lebih murah namun tetap tepat guna sangat dibutuhkan oleh para petani kecil.