Select Page

Mesin Pengering Cengkeh, merupakan alat yang digunakan untuk mengeringkan bunga cengkeh hasil panen, sampai tingkat kekeringan tertentu.

Kadar air cengkeh ini sangat menentukan kualitas produk turunannya, seperti apakah akan dijadikan bahan baku minyak atsiri, untuk bumbu dapur atau untuk campuran Rokok.

Spesifikasi Mesin Pengering Cengkeh :

mesin pengering cengkeh

Dimensi Mesin : 4300 mm X 1185 mm X 1060 mm.
Penggerak : Motor Bensin.
Daya ( Power ) : 5,5 PK.
Energi Yang Digunakan : Bensin.
Kapasitas : 750 Kg / Batch ( 1 Batch : 50 jam )
Sumber Panas : Tungku Kayu Dengan Satu Kipas Axial.
Bahan Material Lantai Pengering : Ayakan Aluminium.
Sistem : Tidak Langsung Lewat Pipa Pindah.

Mesin pengering cengkeh ini menggunakan sistem pengaliran udara panas melalui pipa-pipa yang dipanaskan dalam tungku, bahan bakar pemanas, bisa menggunakan bahan bakar gas atau biomassa. Udara panas tersebut kemudian dialirkan ke dalam ruangan oven cengkeh, memakai blower. maka ketika udara panas menyebar ke dalam lemari pengeringan cengkeh.

Kemudian cengkeh akan segera menerima transfer panas dan akan kering dengan perbandingan kadar air yang diuapkan dengan waktu pemasanan adalah 2,5 jam ” 5%. Artinya biasanya dalam 2,5 jam, kadar air yang dihilangkan adalah sekitar 5%. Lama pengeringan dalam mesin pengering cengkeh ini, tergantung kepada brapa kadar air yang terkandung dalam cengkeh bahan.

Berdasarkan morfologinya, cengkeh dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis : cengkeh asli maluku (seperti AFO, Tibobo, Tauro, Sibela, Indari, Air Mata, Dokiri, Daun Buntal) , cengkeh liar (seperti Raja, Amahusu, Haria Gunung, Cengkeh Hutan Bogor), dan cengkeh budi daya (seperti Zanzibar, Siputih, Sikotok, Ambon).

Bagian yang memiliki nilai jual tinggi dari pohon cengkeh, yakni kuncup bunga cengkeh yang berukuran 2 cm dan  akan terbentuk setelah 4-6 tahun masa budidaya. Kuncup bunga cengkeh dipanen saat maturasi sebelum berbunga. Kemudian kuncup cengkeh dijemur di bawah sinar matahari hingga berwarna coklat gelap. Selain kuncup bunga, bagian pohon cengkeh  yang memiliki nilai jual tinggi adalah minyak batang cegkeh, minyak daun cengkeh & buah cengkeh.

Sejarah Cengkih

Pada abad yang keempat, pemimpin Dinasti Han dari Tiongkok memerintahkan setiap orang yang mendekatinya untuk sebelumnya menguyah cengkih, agar harumlah napasnya. Cengkih, pala dan merica sangatlah mahal pada zaman Romawi. Cengkih menjadi bahan tukar menukar oleh bangsa Arab pada abad pertengahan.

Pada akhir abad ke-15, orang Portugis mengambil alih jalan tukar menukar di Laut India. Bersama itu diambil alih juga perdagangan cengkih dengan perjanjian Tordesillas dengan Spanyol, selain itu juga dengan perjanjian dengan sultanTernate. Orang Portugis membawa banyak cengkih yang mereka peroleh dari kepulauan Maluku ke Eropa. Pada saat itu harga 1 kg cengkih sama dengan harga 7 gram emas.

Perdagangan cengkih akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17. Dengan susah payah orang Prancis berhasil membudayakan pohon Cengkih di Mauritius pada tahun 1770. Akhirnya cengkih dibudayakan di Guyana, Brasilia dan Zanzibar. Pada abad ke-17 dan ke-18 di Inggris harga cengkih sama dengan harga emas karena tingginya biaya impor.

Sebab cengkih disana dijadikan salah satu bahan makanan yang sangat berkhasiat bagi warga dan sekitarnya yang mengonsumsi tanaman cengkih tersebut. Sampai sekarang cengkih menjadi salah satu bahan yang diekspor ke luar negeri.

Pohon cengkih yang dianggap tertua yang masih hidup terdapat di Kelurahan Tongole, Kecamatan Ternate Tengah, sekitar 6 km dari pusat kota Ternate. Poho yang disebut sebagai Cengkih Afo ini berumur 416 tahun, tinggi 36,60 m, berdiameter 198 m, dan keliling batang 4,26 m. Setiap tahunnya ia mampu menghasilkan sekitar 400 kg bunga cengkih.[10]

Awalnya, cengkeh hanya tumbuh di 5 pulau kecil di kepulauan maluku, yaitu Bacan, Makian, Moti, Ternate dan Tidore. Kemudian, tanaman ini menyebar ke wilayah lainnya di Indonesia.

Manfaat Teh untuk Kesehatan Tubuh

mesin pengering cengkeh

 

Minum teh di pagi hari dapat memberikan semangat untuk memulai aktivitas. Minum teh di sore hari dapat membuat waktu santai lebih menyenangkan. Selain kedua manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat teh untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah berbagai manfaat teh yang perlu Anda ketahui!

1. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat teh yang pertama adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Teh memiliki kandungan kafein dikenal dengan fungsinya untuk merangsang sistem saraf pusat dan melancarkan peradaran darah ke otak. Hal ini lah yang membuat kafein bisa membuat kita lebih ‘melek’. Kandungan kafein teh lebih rendah daripada kopi dan justru membuatnya lebih ideal untuk dikonsumsi.

2. Menjaga fungsi kognitif otak

Manfaat teh untuk otak ternyata bukan hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk jangka panjang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau dapat melindungi otak dan menurunkan risiko penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson yang merupakan penyakit neurodegeneratif.

3. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga merupakan salah satu khasiat teh. Kandungan antioksidan dalam teh juga dapat membunuh bakteri di mulut yang dapat menyababkan berbagai masalah gigi dan mulut. Konsumsi teh secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko karies gigi, meningkatkan kesehatan gigi, dan mengatasi bau mulut.

4. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat teh lainnya adalah dapat menurunkan risiko diabetes. Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh seperti teh hijau dan teh hitam memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah. Teh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga diabetes pun dapat dicegah.

5. Menurunkan tekanan darah

Selain menurunkan kadar gula darah, teh juga mampu untuk membantu menurunkan tekanan darah. Berdasarkan sebuah penelitian, konsumsi teh hitam rutin dapat menurunkan tekanan dara sistolik dan diastolik. Selain konsumsi teh, perubahan pola hidup yang lebih sehat juga wajib diterapkan untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

6. Menurunkan kolesterol

Manfaat teh selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan antioksidan berperan penting lagi kali ini. Setelah mengonsumsi teh, kadar antioksidan dalam darah akan meningkat sehingga kolesterol jahat tidak teroksidasi.

7. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Teh juga mampu untuk mencegah penyakit kardiovaskular mulai dari gagal jantung, serangan jantung, dan stroke. Manfaat teh satu ini tentunya juga dipengaruhi oleh kemampuan teh untuk menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol, karena kedua kondisi tersebut merupakan kondisi yang dapat memicu gangguan kardiovaskular.

8. Mencegah kanker

Manfaat teh untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mencegah kanker. Manfaat satu ini masih dipengaruhi oleh kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh untuk menurunkan berat badan juga sudah cukup populer. Teh yang paling terkenal dapat menurunkan berat badan adalah teh hijau. Jenis teh yang satu ini bahkan banyak terkandung dalam teh diet. Teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu pembakaran lemak, terutama di bagian perut.

10. Menjaga Saluran Pencernaan

Selain membantu menurunkan berat badan. teh juga dapat membantu menjaga saluran pencernaan. Terdapat berbagai macam bakteri yang bekerja dalam sistem pencernaan. Polifenol yang ada dalam teh dapat meningkatkan produksi bakteri baik dan mencegah perkembangan bakteri yang merugikan pencernaan.

11. Mengatasi Pilek dan Flu

Anda juga bisa mencoba teh sebagai salah satu obat untuk mengatasi pilek dan flu. Antioksidan dalam teh dapat membantu mencegah infeksi akibat virus maupun bakteri. Selain itu, secangkit teh hangat yang dicampur dengan perasan lemon juga ampuh untuk mengatasi hidung yang tersumbat.

12. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Manfaat teh untuk kesehatan lainnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan sendi. Kandungan fitokimia yang ada dalam teh yang berperan dalam mafaat yang satu ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kelompok orang yang mengonsumsi teh setiap hari memiliki tulang dan sendi yang lebih kuat daripada yang tidak.

13. Mengatasi Stres

Pernahkan Anda merasa lebih tenang setelah mengosumsi teh? Ya, salah satu manfaat teh adalah dapat mengatasi stres. Teh mengandung asam amino L-theanine yang dapat menurunkan stres. Konsumsi teh secara rutin diketahui menyebabkan penurunkan hormon kortisol yang merupakan hormon yang diproduksi ketika stes.

14. Membantu Panjang Umur

Berbagai khasiat teh untuk kesehatan membuat teh menjadi minuman yang dapat memantu Anda memiliki umur lebih panjang. Perlu diketahui bahwa penyakit seperti kanker, stoke, penyakit jantung merupakan penyakit dengan risiko kematian tinggi. Sehingga jika Anda dapat menjaga kesehatan dengan konsumsi teh secara rutin, maka risiko kematian juga akan menurun.

15. Menjaga Kesehatan Kulit

Teh juga memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan kulit. Anda tentunya sudah tidak asing dengan berbagai produk kecantikan dengan kandungan teh hijau. Terdapat juga berbagai resep memanfaatkan teh basi untuk kulit wajah. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh memang membuat teh ampuh untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan mencegah penuaan.

Konsumsi Teh yang Baik Bagi Tubuh

Konsumsi teh secara rutin dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan, tapi tentunya teh tidak dapat dikonsumsi secara sembarangan. Jika ingin mendapatkan manfaat teh untuk kesehatan, sebaiknya mengonsumsi teh tanpa campuran gula maupun susu. Jika teh mengandung terlalu banyak gula dan susu, ditakutkan risiko yang didapatkan justru lebih tinggi dibandingkan manfaatnya untuk kesehatan.

Selain itu, terdapat juga pendapat bahwa teh tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan. Hal ini ada benarnya karena teh dapat mengganggu penyarapan protein dan zat besi. Lebih baik beri jarak antara sekitar 30-60 menit sebelum atau sesudah makan. Konsumsi teh bersama makanan juga tidak disarankan jika Anda mengonsumsi zat besi dan protein dalam jumlah sedikit.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Pengering Cengkeh.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa ? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

× Whatsapp Kami!