Select Page

Proses pengupasan kacang tanah memakai mesin ini, mengharuskan kacang tanah yang kering, atau kacang tanah hasil pengeringan.

Jika dalam kondisi basah, maka proses pemecahan tidak bisa sempurna, bahkan cenderung banyak pecahnya.Dibawah ini saya akan memjelaskan tentang penting alat pengupas kacang tanah.

Mesin Pengupas Kacang Tanah

Mesin Pengupas Kacang Tanah adalah sebuah alat untuk mengupas atau menghilangkan kulit kacang tanah. Biasanya pengupasan kulit kacang tanah adalah secara manual pakai tangan.Dan dengan adanya mesin ini diharapkan dapat mempercepat proses pengupasan kacang tanah.

Berikut Spesifikasi Mesin Pengupas Kacang Tanah.

Spesifikasi Mesin Pengupas Kacang Tanah :

1. Spesifikasi Mesin Pengupas Kacang Tanah Model MPKT – A 200

Kapasitas : 200 Kg / Jam.
Daya ( Power ) : 350 Watt ( Elektro Motor ) / 5,5 HP ( Motor Bensin ).
Energi Yang Digunakan : Listrik / Bensin.
Penggerak : Elektro Motor / Motor Bensin.
Tegangan Listrik : 220 V ( Elektro Motor ).
Bahan Material : Plattezer.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz ( Elektro Motor ).
Rangka : Besi Siku 40 / 40.
Dimensi Mesin : 800 mm x 500 mm x 1000 mm.

 

2. Spesifikasi Mesin Pengupas Kacang Tanah Model MPKT – M200

Kapasitas : 200 Kg / Jam.
Daya ( Power ) : 5,5 PK ( Motor Diesel ).
Casing : Plat 1,2 mm.
Energi Yang Digunakan : Solar.
Penggerak : Motor Diesel.
Rangka : Besi Siku 4 x 4 Cofer.
Dimensi Mesin : 700 mm x 800 mm x 1200 mm
  • Spesifikasi Kapasitas Mesin tersebut diatas dapat dibesarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

 

Cara Kerja Mesin Pengupas Kacang Tanah

  • Mesin ini beroperasi berdasarkan tekanan antara penghancur kulit kacang.
  • Dan ketika kulit kacang pecah, kacang akan jatuh ke bawah.
  • Selanjutnya kulit kacang akan di blower keluar, sehingga hasilnya tidak tercampur dengan kacang.

Pengertian Kacang Tanah

Kacang tanah adalah tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia. Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm dengan daun-daun kecil tersusun majemuk.

Manfaat Kacang Tanah

Berbagai studi mengungkapkan bahwa ada beragam jenis kacang yang bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat, di antaranya:

  • Kacang tanah mengandung vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan. Kandungan nutrisi ini berperan mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan, risiko sakit jantung pada orang yang mengonsumsi 140 gram kacang-kacangan atau lebih per minggu menurun sebanyak sekitar 35%.
  • Membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kandungan kolesterol jahat.
  • Manfaat kacang tanah termasuk mencegah pengerasan arteri serta membantu melebarkan pembuluh darah.

Diet Sehat dengan Mengonsumsi Kacang Tanah

Secara khusus, manfaat kacang tanah sangat baik untuk mereka yang sedang menjalani diet. Penelitian menemukan, orang yang sering mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang tanah, justru terbantu untuk menurunkan berat badan.

Orang yang sedang diet juga akan cepat merasa kenyang setelah mengonsumsi kacang, karena selain bernutrisi, kacang mengandung lemak sehat dan serat. Rasa kenyang itu memungkinkan orang untuk tidak mengonsumsi makanan lebih banyak.

Berikut Beberapa Tips untuk Memanfaatkan Kacang-kacangan Sebagai Makanan Ringan yang Sehat

  • Kacang mengandung sekitar 160-200 kalori setiap 28 gram, meski jenis kalori ini hampir semua berasal dari kandungan lemak tak jenuh tunggal. Ini adalah jumlah yang disarankan tiap hari. Angka ini kurang lebih setara dengan satu genggaman tangan.
  • Untuk menghindari konsumsi berlebih, ambil kacang seperlunya dengan mangkuk kecil dan habiskan perlahan-lahan, sehingga Anda dapat lebih mengontrol berapa banyak kacang yang telah dihabiskan.
  • Tempatkan kacang dalam wadah-wadah plastik kecil sebagai camilan untuk dibawa seperti dalam perjalanan atau di kantor. Dalam sehari, jangan mengonsumsi lebih dari wadah yang telah disiapkan.
  • Selain kacang dalam bentuk asli, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk selai. Oleskan selai kacang dengan makanan sehat lain, seperti apel atau roti gandum.
  • Kacang dapat juga ditaburkan ke dalam sereal sarapan pagi, yoghurt rendah lemak, salad, ataupun es krim rendah lemak.
  • Kacang rebus adalah pilihan olahan yang sehat. Tetapi, Anda juga dapat memanggang kacang selama 5-10 menit di dalam oven.

Bahayanya Makan Kacang

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui adalah hindari memberikan kacang tanah pada anak berusia di bawah lima tahun atau balita, karena dapat membuatnya tersedak. Jika ingin memberikannya, sebaiknya kacang tanah ini ditumbuk terlebih dahulu sampai halus. Waspadai juga kemungkinan alergi, terutama jika keluarga Anda memiliki riwayat alergi kacang.

Umumnya manfaat kacang tanah sangat baik, termasuk bagi yang sedang menjalani program diet. Kacang tanah dapat dikonsumsi sebagai pengganti makanan ringan dengan jumlah yang terbatas, yaitu sebanyak 28 gram tiap hari dalam seminggu. Untuk memaksimalkan manfaat kacang tanah sebagai teman diet, Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter gizi.

Beberapa Olahan Makanan Berbahan Dasar Kacang Tanah

Kacang tanah adalah salah satu komoditi hasil pertanian yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi olahan makanan.

Mulai dari bumbu dapur, sayur, snak atau makanan ringan, bahkan minyak pangan atau kosmetik. Variasi olahan produk kacang ini sangat melimpah.

Indonesia sebagai negara agraris pun adalah salah satu negara yang banyak menghasilkan kacang tanah.

Potensi Kacang tanah yang sangat besar ini, memberi tantangan pemanfaatan yang lebih besar untuk peningkatan taraf ekonomi petani dan masyarakat.

Untuk membantu bagaimana gambaran betapa besarnya potensi kacang tanah, berikut kami sampaikan beberapa pemanfaatan produk kacang tanah.

Pemanfaatan kacang tanah dibawah ini sudah berhasil dijadikan sebagai bahan makanan yang beredar di masyarakat.

  1. Kacang Goreng.
  2. Kacang Garing.
  3. Ampyang.
  4. Peyek Kacang.
  5. Bumbu Kacang.
  6. Dan Masih Banyak Lagi.

 

Bumbu Kacang

Bumbu kacang atau sambal kacang adalah semacam saus atau bumbu yang berbahan dasar kacang tanah yang telah disangrai dan dihaluskan.

Sambal Kacang banyak digunakan oleh para pengusaha kuliner di Malaysia, Singapura, Vietnam, Filiphina, Dan Indonesia tentunya.

Jenis bumbu satu ini juga banyak digunakan di negara-negara Afrika, Eropa, maupun Amerika, namun dengan nama, rasa, dan bentuk berbeda.

Selain kacang tanah yang disangrai dan dihaluskan, ada bahan campuran atau rempah-rempah untuk membuat bumbu kacang yang lezatm bahan campuran atau rempah-rempah tersebut adalah bawang putih, merica, cabai, gula jawa, daun jeruk dan masih ada yang lain.

Demikianlah artikel yang telah saya buat semoga bermanfaat.

 

 

× Whatsapp Kami!