Select Page

Mesin Pengupas Kulit Jagung adalah alat dan mesin yang dapat digunakan sebagai perontok jagung dari batangnya. Perontokkan jagung dari batangnya bisa dilakukan dengan cara tanpa dan dengan daun jagung.

Pengertian Mesin Pengupas Kulit Jagung

Mesin pengupas kulit jagung dengan tanpa daun artinya jagung dirontokkan tanpa ada daun yang menempel pada batang atau biasa disebut dengan jagung kering. Sementara perontok jagung dengan daun yang masil menempel adalah untuk jagung yang masih terdapat daun yang menempel pada batangnya. Antara kedua mesin tersebut berbeda alat dan desain. Namun hampir memiliki fungsi yang sama yaitu merontokkan jagung.

Spesifikasi Mesin Pengupas Kulit Jagung Kapasitas  500 Kg – 1000 Kg / Jam :

mesin pegupas kulit jagung

Kapasitas : 500 Kg – 1000 Kg / Jam.
Material Mesin : Plat Mild Steel.
Penggerak : Diesel.
Daya ( Power ) : 12 PK.
Energi Yang Digunakan : Solar.
Rangka : Besi Siku UNP.
Dimensi Mesin : 2000 mm x 900 mm x 1600 mm.

Pengertian Jagung

Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

Diagram Tanaman Jagung

Jagung merupakan tanaman model yang menari khususnya di bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini menjadi objek penelitian genetika yang intensif, dan membantu terbentuknya teknologi kultivar hibrida yang revolusioner. Dari sisi fisiologi, tanaman ini tergolong tanaman C4 sehingga sangat efisien memanfaatkan sinar matahari. Dalam kajian agronomi, tanggapan jagung yang dramatis dan khas terhadap kekurangan atau keracunan unsur-unsur hara penting menjadikan jagung sebagai tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang disukai.

Mungkin kebanyakan orang Indonesia hanya mengenal 3 jenis Jagung yakni jagung manis, biasa, dan putren. Namun bila dikaji lebih dalam, ternyata jagung memiliki beragam jenis yang berasal dari beberapa negara. Berikut adalah ulasannya :

1.    Jagung Gigi Kuda (Dent Corn)

Memiliki ciri khas berupa lekukan di bagian tengah atau bagian atas biji. Bijinya berukuran besar yang terbagi dalam beberapa baris dan berwarna kuning, putih atau kadang-kadang berwarna lain, dan cocok dibuat menjadi tepung jagung. Di Indonesia jenis jagung gigi kuda jarang ditanam karena tidak tahan terhadap hama bubuk. Sedangkan di Amerika, jenis jagung ini sering  dijadikan sebagai makanan ternak.

2.    Jagung Mutiara (Flint Corn)

Jenis jagung ini memiliki bentuk biji yang agak bulat dan ukurannya lebih kecil dari pada biji jagung gigi kuda. Warna biji bervariasi, yakni berwarna putih, kuning, dan ada juga yang merah. Jagung mutiara paling banyak ditanam di dunia. Di Amerika Serikat dan Argentina sebagian besar jagung mutiara digunakan untuk keperluan pakan ternak. Di Indonesia jagung ini dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi manusia dan juga pakan ternak.

3.    Jagung Manis (Sweet Corn)

Jagung manis ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuat sirup atau pemanis buatan. Di Indonesia jagung manis mulai banyak ditanam di berbagai daerah dan beberapa tahun terakhir ini menjadi mata dagang eksport ke pasar dunia. Ciri khas jagung manis adalah biji-biji yang masih muda dan bercahaya berwarna jernih seperti kaca sedangkan biji yang telah masak dan kering akan menjadi berkerut. Jagung manis biasa diolah sebagai masakan seperti campuran Sayur Asem dan Sayur Bayam, Bakwan Jagung hingga Jagung Bakar

4.    Jagung Berondong (Pop Corn)

Ciri jagung berondong adalah bijinya kecil dan hampir seluruh endosperm merupakan bagian yang keras, sehingga jika dipanaskan dapat mengembang 10-30 kali volume asal. Jenis jagung ini dibedakan atas dua tipe yaitu rice popcorn yang bijinya pipih, meruncing, serta pear popcorn yang bijinya bulat. Jagung ini cocok dijadikan aneka makanan kecil.

5.    Jagung Pod (Pod Corn)

Jagung ini pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Ciri khas jagung ini adalah bijinya diselubungi oleh kelobot sehingga biji Pod corn seolah-olah tidak tampak.

6.    Jagung Ketan (Waxy Corn)

Jagung ketan biasanya disebut jagung pulen karena kadar amilo peptinnya tinggi. Bijinya kecil berwarna mengkilap seperti lilin dan zat patinya menyerupai tepung tapioka. Jagung ini berasal dari Asia dan memiliki ekonomis tinggi sebab dapat menggantikan kedudukan tepung tapioka dan bahan pengganti sagu serta cocok untuk bahan pakan ternak.

7.    Jagung Tepung  (Flour Corn)

Jenis jagung ini dikembangkan di Amerika Selatan. Ciri khas jagung tepung adalah hampir seluruh bijinya terdiri atas pati yang menyerupai tepung dan lunak, sehingga apabila terkena panas akan mudah pecah. Jenis jagung ini cocok diolah menjadi tepung maizena.

Sangat jelas jika tanaman jagung tidak terlalu susah untuk dibudidayakan. Anda harus percaya dengan kemampuan anda. oleh karena itu anda akan diberikan beberapa saran untuk membudidayakan jagung dengan hasil yang melimpah. Sebelum mengetahui cara menanam jagung, anda harus mengetahui varietas jagung. Jagung memiliki beberapa varietas yang bisa ditanam oleh anda. contoh varietas tersebut adalah baby corn, jagung warna warni, jagung manis, jagung hibrida, dan lain – lainnya. Anda harus mengetahui varietas yang dimiliki oleh jagung sehingga anda tidak terlalu kesulitan dalam memilih bibi unggul untuk menghasilkan jagung yang berkualitas.

Panduan Menanam Jagung Dengan Hasil Berlimpah

Setelah mengetahui secara umum tentang varietas jagung. Sekarang saatnya beralih ke cara menanam jagung. Untuk menanam jagung, anda memerlukan berbagai macam alat pertanian, bibit jagung, dan lahan untuk menanam jagung. Komponen – komponen tersebut harus ada dan disiapkan oleh anda. Kebutuhan peralatan pertanian yang paling penting adalah peralatan yang standar. Adapun beberapa langkah dapat anda terapkan untuk melakukan budidaya tanaman jagung. Terdapat beberapa langkah yang harus anda jalani dalam bercocok tanam dengan komoditas jagung. Apa saja langkah – langkahnya ? Inilah langkah – langkah yang harus anda lakukan untuk menanam jagung. Simak artikel ini dengan seksama.

Pemilihan Varietas

Sebelumnya anda mengenal varietas jagung yang dapat anda tanam, sekarang anda harus mengetahui cara memilih varietas bibit jagung. Untuk memilih bibit jagung inilah kondisi yang perlu anda penuhi sebelum membelinya.

  • Sesuaikan bibit yang anda miliki dengan kondisi lahan yang anda punyai. Percuma saja jika anda asal membeli bibit dan menanamnya begitu saja. Hal inilah yang terkadang mematahkan semangat para pemula jika hasil tanam nya tidak terlalu memuaskan.
  • Perkirakan jumlah bibit yang anda butuhkan di lahan anda. Usahakan tidak terlalu berlebihan dalam membeli bibit.

Saat ini anda tidak perlu takut untuk mencari bibit yang bagus karena di toko pertanian sudah memiliki banyak varietas bibit jagung yang unggul.

Pengolahan lahan

Anda perlu mengetahui pengolahan lahan saat anda mencari tahu tentang cara menanam jagung. Hal ini diperlukan karena lahan yang digunakan untuk membudidayakan jagung memiliki aturannya sendiri. Terdapat beberapa syarat yang harus anda penuhi agar anda bisa menanam jagung. Anda juga perlu mempersiapkannya terlebih dahulu agar anda tidak kerepotan saat menanam bibit jagung. Syarat yang harus anda penuhi dalam pengolahan lahan tanaman jagung yaitu,

  • Lahan harus mengandung unsur hara yang banyak dan subur
  • pH yang sesuai untuk menanam jagung adalah 5,6 – 7,7
  • Saat membuat bedengan, lahan ditebarkan pupuk organik di sekitarnya.

Jika anda memenuhi syarat untuk pengolahan lahan, maka anda bisa mendapatkan jagung dengan kualitas yang baik. Selain itu jagung dengan kualitas yang baik dapat meningkatkan nilai jual jagung yang anda miliki

Penanaman Bibit Jagung

Proses ini adalah inti dari budidaya tanaman jagung. Proses penanaman akan sangat berpengaruh dengan hasil yang anda inginkan. Oleh karena itu anda harus berhati – hati dalam menanam jagung. Adapun langkah – langkah yang dapat anda lakukan untuk menanam jagung di lahan anda. Simak dengan seksama langkah – langkah berikut ini,

  • Buat bedengan pada lahan anda dan berikan jarak antara 100 cm x 40 cm
  • Kedalaman tanam sedalam 3 – 5 cm
  • Dalam satu lubang berisi 2 biji jagung
  • Tutup kembali lubang yang telah diberi bibit lalu anda siram.

Proses ini memang cukup sederhana, namun jika anda asal – asalan dapat menyebabkan hasil yang kurang baik atau gagal panen. Oleh karena itu anda harus serius dalam melakukan penanaman bibit jagung.

Pemeliharaan Tanaman Jagung

Jika anda sudah menanam jagung, maka anda wajib memelihara tanaman jagung yang anda punyai. Terdapat beberapa cara memelihara tanaman jagung yang dapat direkomendasikan untuk anda. Jika anda berhasil memelihara tanaman ini, niscaya anda dapat menghasilkan tanaman jagung yang berkualitas. Bagaimana cara pemeliharaan tanaman jagung ? Inilah cara pemeliharaannya yang perlu anda cermati.

  • Penyulaman, tanaman jagung perlu anda sulam. Hal ini sangat penting untuk dilakukan sehingga anda harus melakukannya dengan benar. Jangan sampai anda terlambat. Waktu anda hanya 1 minggu untuk melakukan penyulaman
  • Penjarangan, langkah yang satu ini perlu anda lakukan karena hal ini adalah tahap pengontrolan tanaman. Anda dapat melakukan penjarangan saat jagung berumur 1 minggu.
  • Pembubunan, langkah ini pada intinya adalah penggalian parit antar bedengan. Hal ini ditujukan agar tanaman jagung tidak mudah rebah dan membuat jagung lebih kokoh lagi.
  • Pemupukan dan pengairan, proses ini cukup penting karena berguna untuk menambah unsur hara dan kesuburan tanah. Jika anda dengan telaten melakukan kegiatan ini, anda bisa mendapatkan tanaman yang cukup besar ukurannya.
  • Pencegahan hama tanaman, anda dapat melakukan penyiangan untuk membersihkan tanaman dari rumput penggangu atau tanaman gulma.

Jika anda merawatnya dengan maksimal, maka anda akan mendapatkan hasil yang maksimal pula. Gunakan waktu anda untuk memelihara tanaman jagung sebelum tiba masa panen jagung. Lakukan secara rutin agar jagung anda memiliki kualitas yang terbaik.

Panen Jagung

Panen merupakan hal terindah yang dapat anda lakukan setelah anda mengusahakan segala hal untuk tanaman jagung anda. anda bisa memilih tujuan panen anda sehingga anda tidak perlu repot – repot untuk panen. Namun disarankan untuk anda agar tidak panen terlalu lama karena hasil yang didapatkan kurang maksimal dan akan berdampak pada panen yang berikutnya.

Setelah panen anda memerlukan kegiatan pascapanen seperti mengupas kulit jagung sebelum anda jual atau anda olah. Anda juga bisa menjadikan biji sebagai indikator. Jika biji jagung sudah baik untuk di panen. Maka segeralah panen jagung.

Demikianlah artikel yang telah saya buat tentang Mesin Pengupas Kulit Jagung semoga bermanfaat dan janganlupa untuk mencobanya.

× Whatsapp Kami!