Select Page

Hamparan luas yang hijau serta subur membuat petani penuh harapan dikemudian hari dapat meraih mimpi-mimpi untuk memetik ladang hasil kerja kerasnya selama ini, agar mendapat hasil yang terbaik maka ini dia cara menanam jagung manis.

Perlu adanya sistem penanaman yang benar-benar disiapkan dengan baik dan juga aturan jarak tanam, sistem pemupukan, jenis pupuk yang berimbang  dan pemberantasan jenis hama penyakitnya secara berkala, akan meningkatkan hasil panen jagung, baik dari jenis jagung hibrida maupun jenis jagung lokal.

Tanaman jagung hibrida pada masa tanam musim hujan saat ini sangatlah baik dan tidak banyak diserang penyakit atau roboh karena angin, sehingga harapan para petani hasilnya akan melimpah dibanding pada masa tanam yang sebelumnya. Karna membuat petani kebingungan dalam menangani hal ini

Dan cara tambahan dalam pengertian untuk menanam jagung agar menjadi mudah dan bisa menjadi acuan menanam dimusim-musim tanam yang akan datang, sehingga para petani di Desa tidak salah dalam menanam jagung manis, sehingga bisa mendapatkan hasil yang terbaik

 

Langkh-Langkah Menanam Jagung Manis

  • Memilih benih jagung
  • Pengolahan jagung manis
  • membuat bendengan
  • Proses menanam jagung manis
  • Pengairan lahan
  • Teknik penyulamam lahan
  • Teknik penyiangan lahan
  • Proses penanaman bibit jagung
  • Masa panen

Rincian Dari Proses Menanam Jagung Manis

Berikut  ini adalah pembahasan secara rinci dalam proses cara menanam jagung manis dari pemilihan bibit jagung, pengolahan tanah, pengairan dan proses pemupukan hingga masa panen. Maka lakukanlah langkah-langkh ini agar tanaman anda menjadi subur :

1. Memilih Benih Jagung Manis

cara menanam jagung

Bibit jagung yang akan digunakan sebaiknya adalah yang berasal dari benih jagung yang tergolong sehat, tidak terkena penyakit ketika ditanam sebelumnya, serta memiliki jagung yang berkualitas. Berikut ini adalah cara menanam jagung dalam tahap pemilihan biji:

  • Sebaiknya, selalu gunakan benih jagung yang masih segar dan didapatkan dari jagung yang berkualitas pula. Sebaiknya, tingkat kecambah yang diperlukan untuk melakukan penanaman adalah sekitar 85%.
  • Selain itu, gunakanlah jenis jagung yang sebelumnya telah mengalami evolusi dan telah dipercaya oleh Pemerintah, pembelian benih bisa dilakukan dengan cara membelinya melalui perusahaan benih.
  • Hindarilah benih yang memiliki kecambah yang terlihat jelek, terkena serangan dari serangga parasit serta hama seperti burung, tak lupa jangan gunakan benih yang sebelumnya telah terkena penyakit.

 

2. Cara Pengolahan Lahan Jagung Manis

Dan cara ini dapat mengeluarkan racun dan calon penyakit yang mengendap di dalam tanah. Setelah dilakukannya penggemburan tanah, maka, tanah yang digunakan sebaiknuya dilakukan pendiaman dalam waktu kurang lebih sekitar 5 – 7 hari agar terkena matahari dan angin.

Apabila terdapat gulma yang berada di sekitar area lahan, sebaiknya dilakukan pembersihan agar gulma tersebut tidak semakin banyak yang nantinya akan menghambat pertembuhan jagung itu sendiri.

Pengapuran dapat dilakukan dengan menaburkan kapur dolmit pada lahan yang akan digunakan ketika belum digunakan untuk melakukan penanaman. Dosis yang dipakai untuk melakukan pengapuran sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan lahan yang akan digunakan juga untuk menanam jagung.

Apabila area lahan penanaman yang akan Anda gunakan sebelumnya adalah lahan yang digunakan untuk sawah, maka kita dapat langsung melakukan penanaman terhadap benih jagung, selain itu kita juga harus memastikan bahwa kita telah mempersiapkan drainase(saluran air) dengan benar

3.  Membuat Bendengan Jagung Manis

Untuk pembuatan bedengan sendiri dapat dilakukan dengan lebar kurang lebih sekitar satu meter, serta memliki ketinggian bendengan sekitar 20–30 cm dengan panjang yang disesuaikan dengan banyaknya lahan yang akan digunakan untuk melakukan penanaman terhadap jagung.

Setelah dibuatnya bendengan, buatlah lubang tanam dengan kedalaman masing-masing sekitar 5 cm, kemudian, susunlah jarak antar lubang tanam yang satu dengan yang lainnya. Sebaiknya, jarak yang sangat cocok untuk melakukan penanaman benih jagung adalah sekitar 50–70 cm pada setiap lubang.

Supaya tanaman yang kemudian akan tumbuh dapat tumbuh dengan baik karena apabila jarak antar tanaman terlalu rapat maka akan menggangu pertumbuhan dari jagung karena akan saling merebut makanan didalam tanah.

 

4. Proses Menanam Jagung Manis

Sebaiknya penanaman dimulai ketika awal dari musim penghujan agar benih jagung yang ditanam memiliki pengairan yang cukup untuk melakukan pertumbuhan. Kita juga dapat melakukan penanaman pada musim kemarau.

Tetapi hal yang harus diperhatikan adalah pengairan yang baik agar benih-benih jagung yang ditanam dapat tumbuh dengan optimal. Cara yang perlu dilakukan untuk menanam jagung adalah dengan cara menaruh beberapa butir benih jagung pada setiap lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

Setelah itu, tutuplah lubang tanam yang telah diberikan benih dan timbunlah dengan menggunakan pupuk kompos, berikanlah pengairan yang cukup terhadap biji jagung agar jaung-jagung tersebut dapat tumbuh.

 

5. Pengairan Pada Lahan Jagung Manis

Ketika telah melakukan penanaman terhadap bibit jagung  yang akan dibudidayakan. Hal selanjutnya yang harus sangat diperhatikan adalah bagaimana cara memberikan air terhadap tanaman jagung manis yang sedang ditanam tersebut. Untuk melakukan pengairan, kita dapat dengan hanya melakukan penggenangan.

Yang dimaksud adalah bagian yang terkena air hanyalah pada bagian dari parit untuk drainase saja, bukan semua lahan yang digunakan untuk menanam. Jadi, untuk melakukan penyiraman air terhadap tanaman jagung tersebut hanya dengan mengalirkan air menuju ke dalam saluran dari drainase yang sebelumnya telah dibuat.

Kemudian, air yang telah dialirkan tersebut didiamkan dan dibiarkan agar meresap ke dalam tanah bendengan. Apabila tanah pada sekitar tempat jagung mulai basah, maka sebaiknya air yang telah dimasukkan di keluarkan kembali dari saluran drainase.

 

6. Teknik Penyulaman Tanaman Jagung Manis

Penyulaman adalah teknik dalam melakukan pemeliharaan serta perawatan pada jagung. Penyulaman adalah kegiatan untuk melakukan pengecekan terhadap bibit jagung yang telah ditanam dalam kurun waktu kurang lebih sekitar satu minggu.

Dalam rangka untuk memastikan bahwa bibit jagung yang sebelumnya ditanam tumbuh dengan keadaan yang normal. Setelah itu, apabila ditemukan bahwa bibit jagung yang ditanam sebelumnya memiliki cacat pada proses pertumbuhannya.

Maka perlu dilakukan pembibitan ulang sesegera mungkin untuk tempat penanaman tersebut dan kemudian digantikan dengan menggunakan bibit jagung yang baru. Tujuannya adalah agar tumbuhan tetap terlihat rapih dan memaksimalkan lahan yang sedang digunakan.

 

7. Penyiangan Pada Lahan Jagung Manis

Cara menanam jagung manis yang selanjutnya adalah proses penyiangan. Hal yang kemudian perlu diperhatikan dalam setiap menanam tanaman adalah penyiangan. Penyiangan adalah proses melakukan pembersihan tanaman terhadap gulma, hama, serta parasite yang baik tumbuh disekitar area lahan maupun berada pada tanaman kita. Proses melakukan penyiangan ini

Dapat dilakukan ketika tanaman jagung yang ditanam telah memasuki usia mencapai dua minggu pertamanya. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan mencabut bagian akar dari tanaman gulma maupun rumput liar yang tumbuh dan hidup pada sekitar area lahan yang digunakan untuk budidaya jagung.

Apabila jagung yang ingin dihasilkan dari tempat Anda menanam adalah jagung yang organic, sebaiknya berusahalah untuk menghindari penggunaan bahan kimia. Ketika melakukan proses penyiangan juga kita dapat diselingi dengan memberikan proses pembubuhan tanah

Pada bagian batang bagian bawah dari tanaman jagung tersebut agar batang dari tanaman-tanaman jagung ini lebih kuat dan kokoh agar tanaman yang ditanam tidak mudah untuk roboh. Tetapi, untuk melakukan hal ini hanya diperlukan ketika usia dari tanaman jagung yang telah kita tanam sebelumnya telah memasuki usia satu bulan.

 

8. Proses Pemupukan Jagung Manis

Lakukanlah pemupukan terhadap tanah yang akan digunakan untuk melakukan pembudidayaan. Untuk lebih baiknya, berikanlah pupuk kandang dengan jenis Bokashi. Karena dengan melakukan pemupukan kita akan meningkatkan kesuburan terhadap tanah itu sendiri.

Nantinya dan selain itu akan meningkatkan zat hara yang terdapat didalam tanahSeperti Kalium dan Fosfat yang cukup untuk meningkatkan kualitas dari jagung yang akan ditanam.

Karena unsur dari hara sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk dengan baik dan maksimal, maka pemupukan adalah salah satu tahapan terpenting dalam pertumbuhan dari tanaman jagung. Meskipun pada dasarnya jagung  telah tumbuh, tetapi agar menghasilkan jagung yang berkualitas tinggi.

Maka diperlukan pemberian pupuk agar meyakinkan bahwa tanaman yang kita tanam ini telah mendapatkan cukup banyak zat hara yang diperlukan seperti nitrogen, kalium, dan fosfat. Sebagai contoh jenis pupuk organic yang dapat diberikan adalh pupuk bokashi. Apabila kita ingin melakukan pemupukan.

 

9. Proses Masa Panen

Setelah melakukan proses cara menanam jagung manis dan proses perawatan dengan baik, maka ketika telah memasuki hari ke 65 – 75 jagung ini sudah mulai dapat dipanen.

 

Proses pemanenan terhadap tanaman jagung manis ini pun cukup mudah, hanya dengan cara memutar bagian dari tongkol jagung untuk melakukan pemisahan pada bagian tangkai dari tanaman jagung. Ciri-ciri dari jagung yang sudah manis adalah sebagai berikut:

  • Sudah cukup tua dan kulit sudah menguning
  • Tekan ibu jari pada biji, apabila tidak membekas tanda jagung manis siap panen.
  • Hindari pemanenan saat masih prematur karena akan menghasilkan butiran yang keriput dan memperbesar kemungkinan butiran jagung manis akan rusak saat melalui proses pemipilan.
  • Hindari juga pemanenan saat sudah melewati masa panen, karena pada masa ini akan banyak butiran jagung manis yang rusak.

Waktu terbaik untuk panen jagung manis ini adalah pada saat tidak turun hujan, jadi jagung manis dapat segera masuk ke dalam proses pengeringan dengan cara dihamparkan pada terik matahari selama 3-4 hari.

Selain itu bisa juga dengan menggunakan mesin grain dryer, lalu jagung manis dipipil supaya dapat kembali dijemur sehingga kadar air bisa turun hingga 12%. Waktu yang diperlukan untuk proses ini adalah sekitar 60 jam terkena sinar matahari

 

Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan

Manfaat jagung manis untuk kesehatan dapat ditelaah dari kandungan nutrisinya. Jagung mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan pada tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat jagung yang baik bagi tubuh manusia:

  • Mengatasi konstipasi (penyakit dalam pencernaan)

Untuk mengatasi sembelit atau konstipasi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu perbanyak aktivitas fisik (olahraga), minum air putih, dan perbaiki pola makan. Makanan yang harus masuk ke sistem pencernaan kita saat mengalami konstipasi, diutamakan yang mengandung banyak serat.

Makanan jenis ini merupakan obat penlancar alami yang baik untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan tersebut. Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah jagung.Olahan jagung yang juga dianggap efektif mengatasi konstipasi adalah popcorn atau berondong jagung.

Hanya saja, baiknya tidak dicampur dengan tambahan lain, seperti garam dan mentega, agar kebaikannya dapat dirasakan tubuh secara maksimal. Jagung dan popcorn termasuk kelompok padi-padian utuh. Menambahkan porsi padi-padian utuh dalam diet adalah solusi efektif dalam mengobati sembelit.

  • Menurunkan risiko diabetes dan mengontrol kadar gula darah

Jagung termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga baik bagi anda yang mengalami prediabetes, suatu keadaan yang menunjukkan Anda berisiko mengalami diabetes tipe 2. Penderita diabetes sebaiknya memilih sumber karbohidrat dengan bijak, karena karbohidrat dapat menaikkan kadar gula darah.

Sumber karbohidrat yang didapatkan dari sayuran yang mengandung pati dapat menjadi salah satu pilihan yang baik karena karbohidrat jenis ini adalah karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan. Jadi, penderita diabetes bisa memanfaatkan jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat yang sehat.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat jantung yang kaya nutrisi juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan jantung. Berbagai penelitian mengatakan bahwa pola makan tinggi serat dan protein serta menghindari lemak jahat, merupakan salah satu faktor penting dalam pencegahan penyakit jantung.

Salah satu jenis makanan ini adalah jagung. Mereka yang rutin mengonsumsi jagung dan kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih, terlihat memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

  • Mengatasi depresi

Selain menjadi kunci untuk mendapatkan kondisi fisik yang sehat, makanan yang kaya nutrisi juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Meski nutrisi atau pola makan tertentu yang bisa menyembuhkan depresi belum ada, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi yang baik mempunyai kaitan dengan kesehatan mental seseorang.

Salah satu sumber makanan yang memiliki fungsi tersebut adalah padi-padian utuh. Jagung sendiri termasuk salah satu jenis makanan kelompok padi-padian utuh. Dari padi-padian utuh, kita bisa mendapatkan karbohidrat kompleks, vitamin B, dan asam lemak omega-3 sebagai nutrisi esensial yang dibutuhkan otak.

Namun sekali lagi, jagung tidak bisa melakukannya sendirian. Aneka nutrisi yang berasal dari jenis-jenis makanan lain juga tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan otak.

  • Baik untuk kesehatan mata

Katarak dan degenerasi makula merupakan salah satu penyebab kebutaan yang paling umum. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini, yaitu proses penuaan dan nutrisi. Asupan nutrisi yang mengandung antioksidan berupa karotenoid, seperti zeaxanthin dan lutein.

Diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin berperan dalam menangkal efek kerusakan sel mata sehingga diduga dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Dan tahukah Anda? Zeaxanthin dan lutein dapat ditemukan pada jagung atau olahan jagung. Untuk mendapatkan manfaat jagung secara maksimal.

Disarankan untuk mengonsumsi jagung segar dan bukan dalam bentuk jagung yang sudah diolah, seperti sirup jagung. Beberapa manfaat jagung di atas mungkin masih memerlukan penelitian lanjutan. Meski demikian, jangan memandang remeh jagung yang sering dianggap makanan kampung ini, karena jagung kaya akan nutrisi.

 

Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum danpadi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia.

Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

Jagung banyak dipilih sebagai sumber pakan ternak dibandingkan dengan komoditas lain karena mempunyai 70% karbohidrat, 10% protein, dan 5% lemak. Kandungan pati lebih dari 60-80% akan mudah dicerna karena kandungan serat kasar relatif rendah.

× Whatsapp Kami!