Select Page

Beras merah merupakan beras yang hanya mengalami pengelupasan pada kulit ari dan tidak mengalami proses penggilingan. Perlu anda ketahui Beras merah mempunyai zat-zat atau mempunyai kandungan nutrisi luar biasa. Jenis beras ini bisa berwarna merah dan bisa juga berwarna cenderung kecoklatan.

Penyebab bedanya warna merah dan putih pada beras adalah karena adanya kandungan zat antosianin yang ada di dalamnya.Kandungan zat warna alaminya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.Beras merah ini dianggap lebih unggul kualitasnya dibanding beras putih.

Sedangkan beras merah dan beras hitam sama-sama memiliki kandungan lemak yang rendah. Maka dari itu salah satu manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh yang sudah banyak diketahui adalah manfaatnya untuk program diet. Beras merah juga termasuk  dalam jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat di dalamnya.

Selain itu khasiat dari beras merah juga  berguna bagi kecantikan wajah.

Proses Pembuatan Beras Merah

Beras merah diproses dari padi yang dipanen dan kemudian dikeringkan untuk menghilangkan kadar airnya sampai mencapai minimal 14 % dan diproses pecah kulit saja atau masih tersisa kulit arinya. Beras merah memiliki rasa yang unik dan bergizi tinggi.

Di lapangan beras merah kadang diartikan seperti gulma karena tumbuh berbeda  diantara  di pertanaman padi biasa pada umumnya. Beras Merah unggul mempunyai rasa yang komplek dan tekstur yang lembut serta warna merah yang indah. Beras merah juga tidak mengandung gluten dan membuatnya menjadi pengganti yang sangat baik untuk beras putih.

Padi merah ini mempunyai harga yang lebih tinggi di pasaran dikarenakan kualitas kandungan nutrisi dan pengolahan pasca panennya yang lebih berat dari proses menghasilkan beras putih. Di berbagai toko modern, beras merah banyak dikemas secara eksklusif untuk konsumennya.

Dengan semakin banyakya masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan, penjualan beras merah diperkirakan akan terus meningkat sepanjang waktu.

Nasi Merah Lebih Sehat Dibanding Nasi Putih

Nasi putih dibuat dengan pemurnian yang menghilangkan bagian kulit padi dan bubuk atau dedak dibandingkan dengan komposisi yang terkandung beras merah. Pada proses ini, sebagian besar serat-seratnya telah hilang.

Nasi merah memiliki banyak mineral dan vitamin penting, nasi merah mengadung 2 kali lebih banyak mangan dan 4 kali lebih banyak magnesium daripada nasi putih. Beras putih lebih banyak mengandung indeks glikemik daripada nasi merah.

Jadi, pola makan yang banyak makanan GI tinggi dapat menimbulkan malapetaka terhadap kadar gula darah dan energi. Selain itu, bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan, diabetes tipe 2, dan kondisi kesehatan lainnya.

Kandungan Gizi Beras Merah

Beras merah adalah beras yang palin abernutrisi dibandingkan beras yang lainnya. Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih.Beras merah juga  merupakan sumber thiamine, niacin, dan vitamin B6 yang baik.

Beberapa beras putih yang dijual di pasaran kini menambahkan vitamin B yang umumnya hilang pada masa pengolahan.Sedangkan, vitamin B ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Beras merah juga juga merupakan jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat. Selain itu manfaat beras merah juga  berguna bagi kecantikan wajah.

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan Tubuh

manfaat beras merah

1. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang sudah merasakan khasiat dari beras merah untuk menurunkan badan. Tingkat rendahnya kadungan kalori pada beras merah, maka akan mencegah perut buncit.

2. Mencegah Masalah Pencernaan

masalah pencernaan dapat dicegah dengan mengonsumsi beras merah. Krena beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Jadi mulai saat ini konsumsilah makanan alami untuk menjaga kesehatan jangka panjang.

3. Mengontrol Gula untuk Penderita Diabetes

Bagi anda yang menderita diabetes, ada baiknya beralih ke beras merah karena kandungan seratnya sangat tinggi serta kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.

4. Menambah Asupan Energi

Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya membuat beras merah menimbulkan asupan energi. Sehingga anda bisa melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dengan baik yang membutuhkan tenaga fisik. Tenaga yang anda dapatkan saat beraktivitas penuh itu berasal dari mangan yang membantu proses pengubahan protein dan karbohidrat menjadi energi.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Ada beragam jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam beras merah. Itulah sebabnya mengonsumsi beras merah akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Karena kebutuhan mikronutrisi bagi tubuh akan terpenuhi dengan baik jika kamu menjadikan beras merah sebagai bahan makanan pokokmu.

6. Menangkal Senyawa Radikal Bebas

Senyawa radikal bebas di dalam tubuh berasal dari hasil proses metabolisme tubuh dari berbagai jenis makanan. Cobalah untuk mengkonsumsi beras merah agar kandungan zinc yang ada di dalamnya akan mampu menangkal senyawa radikal bebas tersebut.

Manfaat beras berwarna merah bagi tubuh ini akan menghindarkan anda dari penyakit kanker yang berbahaya.

7. Meningkatkan Kadar HDL (Kolestrol Baik) dan Menurunkan LDL(Kolestrol Jahat)

Jika anda mengalami masalah dengan kolesterol, seperti halnya diabetes, anda wajib mengkonsumsi beras merah di bandingkan tetap mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok anda.

8. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Makanan yang tinggi akan serat maka sangat berhubungan dengan batu empedu. Serat sangat mudah dicerna sehingga membantu dalam menlarutkan sisa makanan untuk membantu membentuk empedu yang sehat.

9. Membantu dalam Memproduksi Sel-Sel DNA

Selain diperkaya dengan mineral penting untuk kesehatan, beras merah juga kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan produksi hormon serotonin , sel darah merah, dan membantu produksi sel-sel DNA.

10. Mempercepat Pengobatan Luka

Beras merah memiliki kandungan mineral zinc yang bisa membantu sistem pengobatan luka lebih cepat. Diluar itu zinc bisa membantu meningkatkan ketahanan tubuh hingga kita jadi lebih kuat untuk melawan beragam bibit penyakit. Beras merah bisa membantu membuat perlindungan sel tubuh dari beragam rusaknya.

Manfaat Beras Merah untuk Kecantikan

masker beras merah

1. Membantu Melembabkan Kulit

Khasiat beras merah untuk kecantikan wajah yang pertama adalah mampu membantu menjaga kelembapan kulit dan mengontrol minyak berlebih. Perawatan wajah menggunakan beras merah memang cenderung direkomendasikan untuk jenis kulit normal dan kombinasi yang cenderung berminyak.

Kemudian kandungan dalam beras merah akan membantu membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Pada kulit normal, beras merah akan mampu menjaga dan mempertahankan kelembapan pada kulit. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang normal, jangan takut kulit menjadi kering dengan menggunakan masker beras merah ini.

2. Membersihkan Wajah Secara Maksimal

Khasiat beras merah selanjutnya adalah sebagai eksfoliator alami untuk wajah.Dengan membuat Scrub beras merah dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan juga kotoran pada wajah. Hasilnya wajah akan menjadi lebih cerah dan juga terhindar dari kulit kusam.

Selain itu, scrub beras merah juga akan membantu untuk mengangkat komedo yang ada di wajah.

3. Meremajakan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Penggunaan masker beras merah secara rutin dapat  membantu menjaga kulit lebih kencang dan juga kenyal. Wajah cantik Anda pun bisa terlihat menjadi lebih muda dan juga terhindar dari penuaan dini.

Kandungan selenium dalam beras merah sangat bagus sebagai antiinflamsi dan juga dapat mempertahankan elastisitas kulit. Beras merah juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap kencang.

4. Dapat Digunakan untuk Masker Wajah

Manfaatkanlah jenis beras ini untuk merawat kulit wajah dengan masker alami, sehingga anda tidak harus menggunakan produk perawatan wajah yang dijual di pasaran. Kandungan oryzanol yang ada pada beras merah dapat memperbaharui pigmen melamin sehingga kulit anda terlindung dari sinar matahari.

5. Mencerahkan Warna Bibir

Jika anda ingin memiliki warna bibir yang merah dan cerah serta tidak kusam, gunakan air tajin yang dipakai saat mencuci beras ataupun saat memasaknya, lalu oleskan pada bibir lalu diamkan sampai kering. Lakukan ini secara rutin agar warna bibir menjadi lebih cerah.

6. Sebagai Bahan Lulur Tubuh

Air tajin beras merah juga dapat digunakan untuk bahan lulur badan, anda bisa mencampurkan bahan air tajin tersebut dengan pasta almond. Kandungan di dalam air tajin akan membulit kulit lebih cerah dan bersih.

7. Melembutkan Kulit Tangan

Kulit tangan sering kali tampak kasar dan kering, apalagi kalau anda sering mengerjakan pekerjaan rumah. Untuk membuat kulit tangan lebih lembut cobalah manfaatkan beras merah untuk merawat kulit tangan anda menjadi lebih lembut.

8. Melancarkan Peredaran Darah Pada Wajah

Ada banyak sekali penyebab mengapa peredaran darah pada wajah menjadi tidak lancar. Namun yang pasti, beras merah memiliki kandungan untuk menjadikan peredaran darah lebih lancar berkat adanya vitamin B di dalamnya.

9. Antioksidan Alami

Beras merah mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk melindungi kulit dan mencegah kerusakan sel-sel pada kulit.kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin yang menjadikan darah bisa mengalir lebih lancar ke wajah.

10. Menjaga Kecerahan Kulit

Khasiat beras merah untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah dapat menjaga kecerahan kulit. Kandungan zat bernama gamma-oryzanol mampu untuk mengontrol melanin di kulit. Zat gamma-oryzanol juga terkandung dalam produk tabir surya.

Selain menjaga kecerahan kulit, beras merah juga dapat memantu Anda untuk mendapatkan warna kulit yang lebih merata.

Tips Memasak Beras Merah

nasi merah

1. Simpan Beras Merah Di dalam Kulkas

Beras merah akan menghasilkan rasa terbaiknya setelah disimpan selama beberapa bulan di dalam kulkas. Jika jumlah beras yang disimpan cukup banyak, maka pindahkan dari karung beras ke dalam wadah tertutup yang kedap udara.

2. Jangan Menggunakan Beras Merah yang Disimpan Terlalu Lama

Penyimpanan beras merah yang terlalu lama akan mengeluarkan kandungan minyak di dalamnya dan membuat nasi terasa pahit. Usahakan untuk menyimpan beras merah tidak lebih dari setahun.

3. Rendam Beras Di dalam Air

Sebelum memasaknya, rendam beras terlebih dahulu di dalam air selama kurang lebih 30 menit. Hal ini akan membuat tekstur dari beras merah menjadi lebih empuk. Jumlah air yang dimasukkan juga harus memiliki perhitungan yang tepat, dengan perbandingan 4 gelas air pada setiap 1 gelas beras.

4. Panggang Beras

Memanggang beras merah sebelum memasaknya tidak akan mengubah teksturnya, namun justru memperkuat sentuhan rasa kacang dari beras merah. Tumis beras dengan sedikit minyak zaitun, lalu tambahkan air, aduk hingga harum.

5. Jangan Langsung Menyajikan Nasi

Setelah selesai memasak beras merah, biarkan panci atau rice cooker tetap tertutup selama kurang lebih 10 menit agar uap air terserap oleh nasi dan membuat teksturnya ringan dan mengembang. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah nasi menjadi lengket dan bergetah.

Efek Samping Beras Merah

beras merah

Beras merah juga memiliki efek samping, jika mengonsumsi dengan cara yang salah. Faktor kebiasaan dan gaya tertentu dapat menyebabkan manfaat beras merah menjadi hilang. Berikut adalah efek samping pada beras merah

1. Gangguan Pencernaan Lambung

Beras merah mengandung asam fiktat dan senyawa lektin yang jika dikonsumsi secara berlebihan, Setiap hari dan jangka panjang maka akan muncul efek samping beras merah berupa gangguan penyerapan zat zat mineral dalam tubuh.

Asam fiktat dan lektin dapat mempersulit protein untuk dicerna oleh tubuh sehingga mengganggu kinerja sistem pencernaan termasuk gangguan pencernaan lambung pada manusia yang diawali dengan adanya luka dan peradangan.

2. Gangguan Mental

Beras merah juga mengandung zat Leaky gut syndrome yang dapat membuat jaringan usus rusak dan mengganggu kelancaran aliran darah  sehingga memudahkan bakteri atau mikroba lain untuk mengurai dan meningkatkan resiko munculnya gangguan pada  saraf , Pembuluh darah serta jaringan otak yang mengacu pada kelainan mental.

Oleh karena itu, mengkonsumsi beras merah secara bijak dan tidak setiap hari merupakan solusi tepat agar terhindar dari efek samping beras merah yang dapat mengganggu kesehatan jaringan pencernaan.

3. Reaksi Alergi

Beras merah yang tidak dicuci bersih dapat menimbulkan efek samping beras merah dalam bentuk reaksi alergi. Kondisi mudah terjadi pada siapa saja  karena beras merah bisa saja telah terkontiminasi oleh kotoran dan urine dari beberapa hewan misalnya tikus, Cecurut, Kecoa, Lipan dan sebagainya.

Dimana kotorannya mengandung bakteri atau virus yang beresiko mengganggu jaringan dalam bentuk reaksi alergi.  Salah satu ciri ciri alergi yang perlu di waspadai adalah Misalnya ruam kemerahan yang gatal.

4. Badan Kurus

Beras merah rendah kalori, Rendah lemak  dan memiliki karbohidrat yang huruk tetapi mampu menekan rasa lapar lebih lama sehingga menyebabkan seseorang kehilangan selera untuk makan makanan jenis lain yang lebih bergizi.

Jika dikonsumsi terus menerus tanpa di imbangi gizi yang seimbang maka dapat menyebabkan tubuh kekurangan gizi dan menyebabkan munculnya efek samping beras merah berupa berat badan yang terus menurun.

Dari pada beras putih ternyata Komposisi didalam beras merah dapat cepat rusak dan tidak mampu bertahan dengan kualitas terbaiknya terhadap serangan iklim yang berubah ubah . Kondisi tersebut dapat mengurangi kadar gizi yang menurun dan akan membuat tubuh mudah lemas dan kurus.

5. Mengandung Timbal, Arsenik, dan Kadmium

Beras merah dapat mengandung zat zat berbahaya seperti  Timbal, Arsenik atau kadmium saat penyimpananya berhubungan langsung dengan kondisi kurang baik, tempat yang kotor, Dibiarkan di lantai terlalu lama,  Berada pada tingkat udara yang penuh dengan radikal bebas dan kelembaban ruangan yang berubah ubah.

Dampak keracunan timbal pada kesehatan tubuh manusia sama dengan zat arsenik atau kadmium yang ada pada kepulan asap rokok dan asap hitam kendaraan.Beras merah juga mengandung asam fiktat dan lektin yang mampu mengikat vitamin dan minerah seperti seng, tembaga, magnesium, niasin, serta kalsium sehingga lebih susah untuk dicerna oleh tubuh.

Selain itu, beras merah juga dapat menghambat enzim pepsin yang berfungsi memecah protein menjadi pepson sehingga dapat menggangu jaringan pencernaan.