Select Page

Manfaat jus wortel atau buah wortel untuk kesehatan sangat banyak. Sehingga jika mengonsumsi setiap hari maka akan sangat baik bagi tubuh. Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi. Oleh karena itu wortel dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kandungan dan manfaat wortel

manfaat jus wortel

Vitamin dan Mineral

Wortel mengandung banyak vitamin A yang menjaga kesehatan mata, pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, buah atau sayur wortel juga mengandung biotin atau salah satu vitamin B yang ikut berperan dalam metabolisme lemak dan protein. lalu, didalam wortel juga terdapat vitamin K1 yang penting untuk pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan. Kalium merupakan salah satu mineral yang terdapat pada wortel yang berperan untuk mengendalikan tekanan darah dan vitamin B6 yang berperan dalam mengubah makanan menjadi energi. Dengan kandungan vitamin dan mineral ini manfaat wortel cukup krusial untuk kesehatan manusia.

Karbohidrat

Karbohidrat yang ada didalam wortel memiliki indeks glikemik yang rendah, supaya tidak langsung meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, wortel sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Serat

Wortel memiliki serat pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serat-serat ini bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati. Selain itu, juga memberi makan bakteri baik pada usus sehingga meningkatkan kesehatan usus dan mencegah terjadinya sembelit pada usus.

Senyawa Lainnya

Adapaun senyawa yang terdapat didalam wortel sangat banyak, beberapa darinya yaitu senyawa karotenoid, lutein, likopen, dan anthocyanin sebagai antioksidan, alpa karoten dan beta karoten yang mengolah vitamin A, serta poliasetilenes sebagai senyawa bioaktif yang melindungi tubuh dari sel kanker. Oleh sebab itu manfaat wortel cukup banyak buat manusia.

Apa Saja Manfaat Jus Wortel?

manfaat jus wortel

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Jus wortel yang pertama, wortel mengandung banyak beta karoten yang baik. Beta karoten yang masuk kedalam tubuh akan diolah menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. dan mampu melindungi mata dari berbagai macam gangguan mata, seperti katarak, degenerasi makula, glaukoma, dan xerophthalmia. Tidak hanya itu , tetapi jus wortel juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan alami yang dapat melindungi retina dan lensa mata.

2. Membuat Kulit Lebih Lembut dan Bersih

Manfaat jus wortel untuk kulit wajah. Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, adapun manfaat dari jus wortel lainnya adalah untuk kecantikan wajah. Berkat isi kandungan vitaminnya, wortel bisa membantu proses perawatan wajah. Berikut ini manfaat wortel untuk wajah.

Mengatasi kulit berminyak                                                                                                                                                                                        Kamu bisa menggunakan wortel sebagai perawatan rutin di rumah sendiri. Wortel dapat membuat kulit lebih lembut dan bersih. Kulit yang berminyak biasanya bermasalah dengan pori-pori kulit, sehingga wortel dapat membersihkannya secara mendalam. dan juga dapat mengontrol kadar minyak pada kulit sehingga mengurangi timbulnya jerawat.

3. Melancarkan Pencernaan

Wortel dapat membantu mengatur gerakan usus supaya bisa melancarkan pencernaan. Dengan rajin mengonsumsi wortel dapat mengatasi sembelit hingga membantu bagi anda yang ingin diet.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Wortel juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan oleh kandungan vitamin A, kalsium, fosfor, dan beta karoten yang ada didalam wortel.

5. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat lainnya adalah untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Vitamin B yang ada didalam wortel dapat memecah glukosa, lemak, dan protein untuk digunakan secara efisien oleh tubuh.

6. Membantu Mempertajam Memori

wortel tidak hanya meningkatkan metabolisme dalam tubuh, vitamin B yang ada didalam wortel juga dapat membantu mempertajam ingatan atau memori. Jika kamu rajin memakan wortel, kamu akan dapat mengerjakan atau mempelajari banyak hal dengan mudah.

7. Membantu Mencegah Kanker

Nutrisi yang ada didalam wortel dipercaya dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Wortel juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya radikal bebas.

Tubuh mengalami perubahan sifat menjadi ganas dan berkembang biak tidak terkendali ketika sel-sel kanker berkembang. Kandungan antioksidan yang ada dalam wortel inilah yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari ancaman kanker, seperi kanker payudara dan kanker prostat.

8. Menjaga Kehamilan Lebih Sehat

Wortel juga bisa memperkuat tulang bayi yang ada didalam kandungan, karena kandungan kalsium, folat, potasium, magnesium, dan vitamin A yang ada dialam wortel.

Dengan mengonsumsi wortel saat hamil dapat megurangi terjadinya cacat pada saat lahir. Karena kandungan antioksidannya juga dapat melindungi ibu dan janin dari radikal bebas, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk dapat menurunkan risiko infeksi.

9. Membantu Memperlambat Penuaan

Wortel memiliki kandungan beta karotin yang dapat membantu membersihan sel kulit mati sehingga dapat memperlambat terjadinya pennuaan

10. Menjaga Kesehatan Mulut

Wortel memiliki Kandungan mineral yang memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah timbulnya kerusakan pada gigi. Kandungan riboflavin di dalam wortel juga dapat membantu menghilangkan plak pada gigi.

11. Mengurangi Bekas Luka atau Kemerahan Pada Wajah

Campurkan jus wortel dengan oatmeal dan madu hingga teksturnya menjadi padat, kemudian olahan tersebut dijadikan masker pada wajah.Wortel dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka atau kemerahan pada wajah.

12. Menurunkan Kolesterol

Kandungan serat yang ada didalamnya dapat menghambat lemak sehingga dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Dengan rajin mengonsumsi wortel dapat membantu menurunkan kolesterol.

13. Anti Radang

Wortel memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat berguna sebagai anti peradangan. Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, manfaat wortel untuk kesehatan lainnya adalah sebagai antiradang. Ekstrak wortel mencegah tubuh dari terjadinya peradangan. Bahkan efeknya hampir sama jika dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, dan celecoxib.

14. Menjaga Kualitas Sperma Semakin Bagus

Dengan mengonsumsi wortel maka pria bisa meninngkatkan kualitas sperma nya karena vitamin yang ada didalam wortel.

15. Memberikan Kesehatan Rambut

Wortel dapat menebalkan rambut dan mencegah terjadinya kerontokan pada rambut dan membuat rambut lebih lembut dan sehat.

16. Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Kalium yang ada pada wortel memiliki fungsi untuk mengatur tekanan darah. Di setiap 100 gram wortel, setidaknya terdapat 300 gram kalium. dan kalium dari wortel mampu menyeimbangkan kadar garam (natrium) dan cairan tubuh, sehingga dapat mengontrol tekanan darah. Jus wortel baik untuk dikonsumsi, terlebih jika Anda sering mengonsumsi makanan yang asin. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi jus wortel secara rutin juga dipercaya bisa mengontrol kadar kolesterol.

Berikut Beberapa Olahan Wortel

1. Tumis Wortel Campur-Campur

Bahan-bahan

  1. Bahan utama :
  • 1/4 kg kacang panjang
  • 6 buah Brokoli
  • 1 buah wortel
  • 1/4 kotak tempe iris Bumbu
  • 3 siung bawah putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 ruas laos
  • 6 buah cabe rawit (sesuai selera)
       2. Penyedap :
  • Secukupnya lada
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya penyedap instant/masako (sesuai selera)
  • Garam
  • Secukupnya air
Langkah :
  1. Potong-potong semua bahan utama dengan ukuran sesuai selera dan cuci bersih
  2. Iris bumbu yang sudah disiapkan (khusus bumbu iris)
  3. Tumis bumbu iris sampai aromanya keluar. Kemudian tambahkan air secukupnya
  4. Masukkan bahan-bahan utama yg sudah dipotong. Aduk-aduk sambil ditambahkan penyedap (gula, garam, lada, masako).
  5. Terus diaduk sampai bahan utama mulai layu dan air mulai sedikit meresap.
  6. Hidangkan.

Nugget Ayam + Wortel

  1. Bahan-bahan :
  • 300 gr daging ayam tanpa tulang
  • 1 buah wortel uk sedang
  • 2 butir telur ayam
  • 1 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 3 sdm tepung tapioka
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Kaldu jamur

      2. Bahan celupan :

  • 2 sdm tepung terigu
  • secukupnya Air
  • Bahan pelengkap :
  • Tepung panir/tepung roti
  • secukupnya Minyak goreng

Langkah

  1. Haluskan bawang merah dan putih.
  2. Ayam potong dadu, potong potong wortel, campurkan wortel dan ayam, dua buah telur, blender sampai tekstur halus.
  3. Pindahkan ke baskom, campurkan dengan duo bawang yg sudah dihaluskan, tambahkan garam dan kaldu bubuk, tepung tapioka, aduk dengan spatula sampai rata,
  4. Siapkan kukusan,. Olesi cetakan dengan minyak, lalu tuang adonan nugget tdi kecetakan, kukus hingga matang, kurang lebih 30 menit, angkat dan diamkan sampai dingin.
  5. Campur bahan celupan, tektur kental cenderung encer,. Potong potong nugget masukkan satu persatu kecelupan, gulingkan ke tepung panir, tata di wadah kedap udara, simpan dikulkas terlebih dahulu agar tpung panir lengket sempurna,
  6. Nugget siap di goreng dan dinikmati bersama keluarga

Sayur Bening Brokoli Wortel

  1. Bahan-bahan
  • 1 Buah Brokoli ukuran sedang
  • 1 Buah Wortel ukuran sedang
  • 4 Cabai merah
  • 3 Bawang Merah
  • 2 Siung Bawang Putih
  • 1 Bungkus Bihun Jagung

Langkah

  1. Cuci bersih brokoli, wortel, cabai, bawang putih, dan bawang merah
  2. Potong-potong brokoli dan wortel
  3. Iris cabai, bawang merah, dan bawang putih
  4. Setelah itu tumis cabai, bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak goreng sampai harum
  5. Masukan air kedalam kuali sampai mendidih
  6. Setelah itu, masukan brokoli dan wortel selama 2 menit
  7. Masukan bihun tambahkan garam dan penyedap rasa
  8. Aduk hingga rata lalu siap di hidangkan 🙂

 

Jus Wortel

Jika ingin membuat jus wortel gunakan wortel yang matang, mulus, dan segar. Cara membuatnya cukup mudah untuk dilakukan di rumah. cukup dengan mencuci dan mengupas wortel, potong wortel kecil-kecil, dan taruh ke dalam blender. Lalu, tambahkan sedikit air minum dan haluskan wortel hingga menjadi jus.

Anda juga bisa menambahkan  sayur-sayuran atau buah-buahan lain sesuai selera. Untuk menambah asupan serat dan nutrisi lainnya, Agar lebih sehat, sebaiknya jangan memasukkan gula ke dalam jus wortel atau jus sayur tersebut.

Tetapi jika ingin membeli jus dalam betuk kemasan. Pilihlah produk yang baru dibuat. Karena, jika jus wortel kemasan terlalu lama disimpan di lemari pendingin bisa membuatnya menjadi terkontaminasi bakteri. dan dapat menyebabkan karotenemia, yaitu tingginya kadar karoten di dalam darah. Karotenemia ditandai dengan warna kulit yang menguning. apabila terjadi hal seperti itu segeralah menghubungi dokter terdekat.

× Whatsapp Kami!