Select Page

Ubi jalar atau kerap disebut ketela rambat adalah salah satu bahan makanan yang mudah sekali ditemui di Indonesia. Dalam bahasa Inggris nya ubi jalar disebut sweet potato. Akarnya yang berbentuk umbi adalah bagian yang dimanfaatkan dengan kadar gizi yang tinggi. Kali ini kita akan membahas jenis, kandungan, manfaat , serta olahan ubi jalar.

Tanaman yang diyakini berasal dari Benua Amerika Selatan ini dapat dibudidayakan dengan hanya menggunakan batang rambatnya ,maka dari itu menanam ubi jalar sangatlah mudah.

Ipomoea batatas L. adalah istilah nama ilmiah dari ubi jalar. Berdasarkan warnanya, Ubi Jalar dibedakan menjadi Ubi Jalar Putih, Ubi Jalar Oren, Ubi Jalar Kuning dan Ubi Jalar Ungu, dll.

Jenis-Jenis Ubi Jalar

Olahan ubi jalar

Ubi Jalar Ungu

Ubi jalar ungu memiliki daun yang berwarna ungu, memiliki kulit dan warna daging ungu. Biasanya ubi ungu lebih sering digunakan untuk camilan dan olahan ubi jalar. Kandungan pada ubi jalar ungu mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20 persen. Dan juga merupakan sumber sumber kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi.

Ditambah dengan kandungan mineral dan vitamin yang tinggi, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar anatara lain vitamin C, vitamin A, riboflovin, dan thiamin (vitamin B1). Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), kalsium (Ca), fosfor (P)

Ubi Jalar Kuning/Oranye

Warna kuning atau oranye pada umbi disebabkan oleh adanya senyawa betakaroten yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena dapat berfungsi sebagai provitamin A.

Disamping itu, betakaroten juga dilaporkan dapat memberi perlindungan atau pencegahan terhadap kanker, penuaan dini, penurunan kekebalan, penyakit jantung, stroke, katarak, sengatan cahaya matahari, dan gangguan otot

Ubi Jalar Putih

Ubi Jalar ini dapat dikenali dari warna kulitya yang berwarna coklat dan daging nya berwarna putih. Daging dari ubi putih ini memiliki tekstur agak rapuh.

Dan Ubi ini memiliki kandungan beragam nutrisi seperti protein, serat berupa pektin, hemiselulosa, dan selulosa, kaya karbohidrat, antioksidan, betakaroten, kalsium, zat besi, manfaat fosfor, vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, dan kalium.

Ubi Jalar Cilembu

Jenis ini memiliki tekstur kulit gading, berurat, dan panjang, sedangkan getahnya akan meleleh seperti madu ketika dipanggang, Ubi ini sangat manis dan pulen, berbedan dengan ubi yang lainya. Rasa manis dari ubi cilembu akan lebih terasa apabila ubi dibakar di dalam open, terutama apabila ubi mentah telah disimpan lebih dari satu minggu.

Ubi Jalar Kalasan

Ubi yang banyak dibudidayakan didaerah kering dan basah ini memiliki potensi hasil 31,2-42,5 ton/ha atau rata-rata 40 ton/ha. Tekstur ubi jalar kalasan agak berair dan memiliki rasa agak manis. Jenis ini cocok ditanam di daerah kerig sampai basah, dan beradaptasi dilahan marjinal.

Ubi Jalar Sari

Potensi hasil antara 30-35 ton/ha, umur panen 3, 5-4 bulan, warna daging umbi kuning tua, rasa umbi enak dan manis, agak tahan terhadap hama boleng dan tahan hama penggulung daun, tahan terhadap penyakit kudis, bercak daun.umur panen 4-5 bulan

Ubi Jalar Boko

Potensi hasil ubi jalar boko antara 25-30 ton/ha, warna daging umbi krem, rasa umbi enak dan manis, umur panen 4-5 bulan, rasa daging ubi jalar boko enak dan manis, dan juga tahan terhadap hama boleng, serta penggulung daun dan tahan terhadap bercak daun, dan penyakit toleran.

Kandungan Gizi Ubi Jalar

Ada beberapa zat gizi yang dikandung oleh ubi ungu. Beberapa kandungan zat gizi tersebut, di antaranya adalah karbohidrat, protein, serat makanan, vitamin, mineral, antosianin, dan antioksidan.

Vitamin yang dikandung oleh ubi ungu yaitu vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin E, vitamin K, dan vitamin A. Ubi ungu juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, fosfor, sodium, zat besi, dan kalium.

Anda telah mengetahui bahwa ubi ungu mengandung berbagai zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan. Jadi perlu anda ketahui manfaat ubi jalar baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Ubi Jalar

olahan ubi jalar

1. Membantu Kekebalan Tubuh

Selain kaya akan betakaroten, ubi jalar juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin C, B kompleks, besi, dan juga fosfor. “Ini membuat ubi jalar menjadi penguat imun yang hebat,” tutur Emilia Achmadi, MSc.

2. Mengatasi Peradangan

Walaupun tidak termasuk dalam keluarga kentang-kentangan biasa, ubi jalar memiliki efek anti peradangan. Didukung betakaroten, magnesium, dan vitamin C, ubi jalar sangat efektif dan membantu dalam penyembuhan peradangan eksternal maupun internal.

3. Mengatasi Asma Dan Bronkitis

Menurut Emilia ahli nutrisi, kandungan zat besi, vitamin C, serta nutrisi lainnya dalam ubi jalar efektif membantu mengatasi bronkitis. Selain itu, ubi jalar juga yang dipercaya dapat membantu menghangatkan tubuh. Aroma khas yang terdapat pada ubi jalar akan membantu dalam meredakan asma serta membantu mengatasi hidung mampet.

4. Baik bagi Pencernaan

Kandungan serat pada ubi jalar juga terbilang tinggi. Lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kentang. Meskipun kandungan seratnya tinggi, ubi jalar termasuk sumber makanan yang mudah dicerna.

Selain itu, vitamin B kompleks, C, betakaroten, kalium, dan kalsium pada ubi jalar sangat efektif dalam membantu meredakan radang lambung. “Serat yang dikandung ubi jalar juga mampu mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam,” tambah Emilia.

Dengan begitu akan membantu menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Antiperadangan dan kandungan yang menenangkan dari ubi jalar juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan lambung.

5.Bantu Atasi Kanker

Adanya betakaroten, yang merupakan antioksidan dan membuat warna pada ubi jalar, serta vitamin C, menjadi komponen penting dalam membantu mengatasi kanker. Terutama untuk kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan sejumlah kanker lainnya.

 6. Menjaga Keseimbangan Air

Serat yang terdapat dalam ubi jalar akan membantu menahan air. Hal ini akan mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.

7. Sumber Karbohidrat Diabetesi

Diabetesi biasanya memiliki aturan yang ketat dalam mengelola makannya. Memilih makan yang baik dan sedapat mungkin mengurangi makanan yang manis. Sejumlah sumber karbohidrat juga harus dicermati.

8. Menambah Berat Badan

Hal ini sangat mudah dipahami dengan melihat kandungan zat gizi di dalamnya. Ubi jalar juga merupakan sumber energi karena terdapat karbohidrat yang terkandung didalamnya. Ubi jalar dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan ubi jalar untuk menambah berat badan.

9. Keuntungan Lainnya

Ubi jalar nyatanya juga efektif dalam membantu menghentikan ketergantungan pada minuman, rokok, serta berberapa jenis narkotika tertentu. Selain itu, ubi jalar juga sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah arteri dan vena. Konsentrasi betakaroten yang tinggi serta fosfor sangat baik kardionaskular dan bagi kesehatan mata

Jika anda juga ingin mengetahui manfaat dari beras merah anda bisa mengunjungi manfaat beras merah

Resep Olahan Ubi Jalar

 

olahan ubi jalar

Resep Olahan ubi jalar ini sangat mudah dibuat. Sangat direkomendasikan untuk camilan keluarga. Selain mudah dibuat camilan dari Olahan ubi jalar enak dan juga sehat. Berikut adalah resep olahan ubi jalar.

Ice Cream Ubi Jalar

Bahan :

  • / Ubi ungu 400 gram , besihkan, potong-potong
  • Santan kental 150 ml
  • Susu fullcream cair 150 ml
  • Gula pasir 100 gram
  • 250 ml whipping cream
  • 1 batang daun pandan, potong-potong
  • Manisan ceri merah, iris tipis (untuk taburan es krim)

Peralatan :

Baskom, mixer, timbangan, solet, kompor, alat pengukus, alat penyaring, blender, dan panci.

Cara pengolahan :

  1. Pertama-tama kukus ubi sampai matang dan empuk. Kemudian angkat lalu kupas.
  2. Haluskan ubi selagi masih panas. Sisihkan.
  3. Masak santan, susu, gula dan daun pandan hingga mendidih. Angkat. Singkirkan daun pandan.
  4. Kemudian campurkan ubi jalar halus dengan santan sambil diaduk sampai merata.
  5. Sarinlah campuran ubi dan santan menggunakan saringan kawat hingga halus.
  6. Lalu simpan ke dalam lemari es.
  7. Selanjutnya kocok whipping cream sampai kaku.
  8. Campurkan ubi halus dan kocok hingga rata.
  9. Tuang ke dalam wadah lalu simpan dalam freezer hingga mengeras pinggirnya.
  10. Aduk-aduk hingga menyatu dan bekukan kembali selama 4-5 jam
  11. Adonan beku  dimixer selama 10 menit dan dimasukkan kembali ke dalam freezer.
  12. Ulangi cara ini hingga 4-5 kali.
  13. Selanjutnya adonan es krim siap dikemas dalam kemasan es krim dan dibekukan.
  14. Es krim siap disajikan.

Donat Ubi Ungu

Bahan:

  • 300 gram tepung terigu
  • 150 gram ubi ungu
  • 1/2 sendok makan ragi instan
  • 35 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 150 gram cokelat masak putih
  • 150 ml air es
  • 30 gram margarin
  • 15 gram susu bubuk minyak padat untuk menggoreng
  • 1 sendok teh garam

Bahan Taburan:

  • 20 gram kopi bubuk instan

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ubi ungu dengan menggunakan air yang mengalir
  2. Potong-potong ubi dengan menggunakan pisau dengan ukuran yang diinginkan
  3. Masukkan ubi ungu ke dalam kukusan lalu kukus sampai matang
  4. Keluarkan ubi ungu dari kukusan dan haluskan dengan menggunakan ulekan pada saat masih panas
  5. Haluskan sampai benar-benar halus secara merata dan sisihkan sementara
  6. Masukkan coklat ke dalam mangkuk kaca anti panas dan tempatkan mangkuk diatas panci yang diberikan air
  7. Diamkan sementara sampai coklat menjadi lebih leleh secara merata
  8. Angkat dan sisihkan sementara
  9. Masukkan tepung terigu bersama dengan ragi instan, gula pasir dan juga susu bubuk
  10. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai semuanya tercampur merata
  11. Tambahkan dengan menggunakan ubi yang telah dihaluskan sebelumnya
  12. Aduk-aduk dan uleni bahan ini secara merata sampai tercampur
  13. Masukkan telur bersama dengan air es sedikit demi sedikit secara merata sambil terus menguleni adonan sampai kalis
  14. Masukkan margarin bersama dengan garam kedalam adonan
  15. Uleni bahan ini sampai elastis dan kalis
  16. Diamkan sementara selama kurang lebih 15 menit
  17. Kempiskan adonan dengan menggunakan tangan
  18. Timbang masing-masing adonan sebanyak 15 gram
  19. Bulatkan adonan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit
  20. Pipihkan adonan dan lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan sumpit atau cetakan
  21. Masukkan dalam loyang dan diamkan selama kurang lebih 60 menit sampai mengembang
  22. Siapkan wajan dan masukkan minyak ke dalamnya
  23. Tunggu sampai minyak panas lalu masukkan adonan ke dalamnya
  24. Goreng sampai matang hingga berwarna kecoklatan
  25. Angkat dan Sajikan

Bakpao Ubi Jalar

Bahan:

  • 700 gram tepung terigu protein tinggi
  • 200 gram gula halus
  • 1 bungkus ragi instan
  • 300 gram ubi ungu, kukus dan haluskan
  • 200 ml air
  • 200 gram mentega putih

Bahan inti:

  • 300 gram kelapa parut memanjang
  • 100 gram gula merah, iris halus
  • 50 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

Cara membuat:

  1. Unti: Campur semua bahan dalam wajan. Masak api dengan api sedang sambil diaduk sampai kering dan berwarna cokelat
  2. Campur tepung, gula, dan ragi hingga rata
  3. Tambahkan ubi ungu, air, dan mentega
  4. Aduk sampai kalis
  5. Potong dan timbang adonan seberat 40 gram
  6. Isi dengan unti dan bulat-bulatkan
  7. Diamkan selama 15 menit lalu kukus hingga matang
  8. Angkat dan sajikan

Ubi Jalar Goreng

Bahan:

  • 2 buah ubi ungu rebus
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • 150 ml air
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Iris melintang ubi ungu
  2. Campur dalam wadah tepung, gula, garam dan air
  3. Masukan sedikit demi sedikit airnya sampai kental
  4. Panaskan minyak lalu masukan ubi ke dalam adonan tepung
  5. Goreng ubi sampai coklat keemasan
  6. Angkat dan tiriskan
  7. Sajikan hidangan ubi ungu goreng kriuk

Timus Ubi Jalar

Bahan:

  • 100 gram ubi jalar.
  • 2 sendok makan tepung sagu.
  • Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu Kue Timus Ubi :

  • 3 sendok teh garam.
  • ¼ sendok teh garam.
  • ¼ sendok teh vanilli.

Cara Membuat Kue Timus Ubi :

  1. Kupas kulit ubi jalar, potong dengan ukuran sesuai selera, cuci hingga bersih.
  2. kukuslah ubi jalar sampai matang kurang lebih selama 30 menit
  3. Pindahkan ke dalam wadah untuk menghaluskan ubi jalar agar menjadi adonan timus.
  4. Tambahkan bahan dan bumbu yang sudah disiapkan, aduk sampai tercampur rata.
  5. Kemudian bentuklah adonan timus sesuai selera. Lakukan sampai adonan timus habis.
  6. Panaskan minyak sayur hingga siap untuk menggoreng.
  7. Goreng adonan timus yang sudah dibentuk, sambil dibolak-balik sampai timus berwarna kecokelatan, angkat, dan tiriskan.
  8. Susun timus ke dalam wadah, timus ubi jalar siap dihidangkan.

Kue Serabi Ubi Jalar

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 6 gram (1/2 bungkus) ragi instan
  • 250 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 2 gelas susu cair
  • 125 ml minyak goreng
  • 100 gram ubi ungu, rebus dan tumbuk kasar

Bahan hiasan:

  • Kelapa parut secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam ke dalam panci
  2. Tambahkan telur dan susu lalu aduk merata
  3. Masukkan minyak sambil diaduk
  4. Diamkan selama 45 menit
  5. Setelah adonan mengembang, masukkan ubi ungu dan aduk kembali
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan serabi sampai 3/4 cetakan
  7. Tutup cetakan dan masak selama 30 menit dengan api kecil
  8. Setelah masak, angkatlah serabi
  9. Taburi dengan kelapa parut
  10. Sajikan selagi hangat

Klepon Ubi Ungu

Bahan Utama Klepon Ubi Ungu :

  •  300 gram ubi ungu
  • 120 gram tepung ketan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 90 ml air hangat Air untuk merebus secukupnya

Bahan Isi Ubi Ungu :

  • 65 gram gula merah yang sudah disisir halus

Bahan Lapisan Klepon Ubi Ungu :

  • Kelapa parut secukupnya Garam secukupnya

Cara Membuat Adonan Kue Klepon Ubi Ungu :

  1. Langkah pertama kali yang harus dilakukan yaitu, kupas ubi ungu yang sudah anda siapkan.
  2. Lalu cuci ubi ungu tersebut sampai benar-benar bersih.
  3. Siapkan alat pengukusan. Lalu kukus ubi ungu sampai empuk dan matang. Jika sudah seperti itu, angkat dan haluskan ubi ungu tersebut sampai benar-benar halus.
  4. Siapkan wadah, lalu masukan tepung ketan, garam dan ubi ungu yang sudah dihaluskan tadi.
  5. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis dan mudah dibentuk.
  6. Ambil sedikit adonan, lalu bentuk bulat-bulat kecil.

Cara Membuat Klepon Ubi Ungu :

  1. Pipihkan adonan kulit klepon yang sudah dibulatkan tersebut, lalu berikan isi gula merah secukupnya. Bungkus gula merah tersebut menggunakan kulit klepon. Lalu bentuk bulat.
  2. Siapkan panci yang akan digunakan untuk mengukus kue klepon. Tuangkan air secukupnya saja ke dalam panci. Lalu rebus air sampai mendidih.
  3. Jika air sudah mendidih, masukan adonan klepon yang sudah dibentuk tadi. Rebus adonan sampai mengapung di atas air.
  4. Masak sampai klepon benar-benar matang. Jika sudah matang, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  5. Campurkan parutan kelapa yang sudah anda siapkan bersama dengan garam secukupnya. Aduk sampai merata.
  6. Kemudian, kukus kelapa yang sudah dicampurkan dengan garam tersebut kira-kira 5-10 menit. Jika sudah, simpan kelapa parut di atas piring.
  7. Gulingkan klepon yang sudah direbus di atas kelapa parut sampai permukaan klepon tertutupi kelapa. Setelah itu, anda bisa langsung menghidangkan atau menyajikan kue klepon ini.
  8. Kue klepon ubi ungu sudah selesai dibuat, kue klepon ini akan lebih enak dan lezat jika anda menyantapnya dengan secangkir kopi atau teh hangat.