Select Page

Cara Memperbesar Tongkol Jagung – Jagung memang bukanlah kebutuhan pokok utama di Indonesia seperti halnya tanaman padi, bawang, cabe dan lain sebagainya.

Meski dahulu kita pernah memanfaatkan bahan jagung sebagai makanan seperti halnya beras namun sekarang ini jarang menggunakan walaupun sebagai masih ada yang menggunakan jagung sebagai makanan namun hanya untuk campuran beras ketika beras sedang mahal.

Budidaya tanaman atau menanam jagung adalah bisnis yang sangat jelas sekali, mengingat tanaman ini merupakan golongan tanaman pokok di beberapa daerah di Indonesia.

Jika anda ingin menanam jagung manis dan bertongkol besar di tempat anda, ada beberapa cara menanam jagung dan cara  memperbesar tongkol jagung agar lebih menghasilkan buah yang banyak dan besar.

Untuk cara menanam jagung manis anda bisa terapkan pada penanaman jagung lainnya atau dapat membaca cara menanam jagung manis yang tepat.

Mengapa tidak ? Jagung hanya beda varietas atau jenis saja meskipun ada beberapa cara mungkin perbedaanya tidak jauh, misalkan anda akan menanam jagung manis.Berikut cara menanam jagung manis yang tepat agar mempermudah bisnis jagung anda.

Tongkol jagung yang besar akan mempengaruhi harga jual panen anda.Berikut Cara memperbesar tongkol jagung.

Cara Memperbesar Tongkol Jagung yang Baik dan Benar

Penamanan jugung agar bertongkol besar memang tergolong gampang-gampang susah, dulu kita pernah mengalami kendala pada penanaman jagung ketika masih adanya musim belalang yang cukup banyak.

Jagung-jagung pada saat ini susah sekali untuk bertongkol besar bahkan dipanen karena ketika jagung mulai tumbuh besar belalang menyerang satu kebun penuh belalang dan tidak bisa di tangani lagi akibatnya daun jagung akan habis total mengakibatkan jagung mati dan panen pun gagal total.

Dalam penanaman jagung yang benar agar berhasil dan mendapatkan hasil yang maksimal dan tentu yang di inginkan supaya jagung bisa berbuah lebat dan bertongkol besar diperlukan.

Usaha khusus dengan terampil dan mumpunih, ilmu ini gampang namun sebagainya petani sering mengabaikannya dan terkadang kegagalan terjadi akibat menyepele kan hal yang sepele. Untuk cara memperbesar tongkol jagung anda bisa membaca dan memahami artikel berikut.

Berikut ini adalah beberapa tahapan Cara Menanam Jagung Agar Bertongkol besar yang perlu di perhatikan agar budidaya jagung bisa sukses.

Pemilihan Benih yang Baik

Cara Memperbesar Tongkol Jagung

Tahap pertama untuk cara memperbesar tongkol jagung adalah pemilihan bibit benih yang baik. Saran saya sebaiknya jangan  menggunakan benih hasil panen karena itu lebih beresiko.

Para petani terdahulu sering menggunakan benih hasil panen sendiri karena jagung terdahulu berbeda dengan jagung pada sekarang ini.

Jagung sekarang ini sudah mengalami berbagai metode yang berkaitan dengan bahan-bahan kimia sehingga hasil regenarasi benih jagung jika di tanam lagi tidak akan sama atau bisa menghasilkan hasil panen yang berkualitas terkadang tinggi tanaman tidak akan beragan membuat hasil panen tidak busa maksimal.

Sebaiknya bila kita ingin menanam jagung gunakan benih hibrida yang bisa didapatkan di toko pertanian terdekat dengan kemasan yang baik.

Sekarang ini sudah banyak pabrik-pabrik yang membuat benih jagung berkualitas yang bisa kita dapatkan, dengan menggunakan benih tersebut minimal  kita sudah meminimalalisir 1 kegagalan dalam penanaman jagung tersebut.

Penanaman jagung tidak perlu penyemaian apabila sudah mendapatkan benih kita bisa menaburkan kelahan saat lahan sudah siap untuk ditanami.

 Persiapan Lahan

Cara Memperbesar Tongkol Jagung

Tahap untuk cara memperbesar tongkol jagung yang kedua adalah persiapan lahan. Lahan yang baik untuk menanam jagung sebaiknya di lakukan pembajakan agar proses pertumbuhan jagung juga baik.

Proses pembajakan sangat penting di lakukan selain bermanfaat untuk mengemburkan tanaman proses pembajakan juga bisa menghilang kan gulma seperti rumput yang tumbuh di lahan.

Ketika proses pembajakan di lakukan rumput akan terbalik tertimbun tanah sehingga rumput akan mati dan tanah yang tadinya sudah mulai mengeras akibat proses menanam sebelumnya akan gembur lagi dan baik untuk di tanami kembali.

Penaburan Pupuk

Cara Memperbesar Tongkol Jagung

Setelah proses pembajakan selesai sebaiknya melakukan langkah selanjutnya untuk persiapan lahan ini di lakukan penaburan pupuk kohe atau kotoran hewan bisa dari kohe kambing, sapi, ayam dan lain sebagainya.

Penaburan kohe dilakukan seminggu sebelum proses penanaman dan satu hari setelah proses pembajakan atau bisa bersamaan setelah proses pembajakan selesai di lakukan.

Penaburan ini penting di lakukan ini karena sebagian lahan akan mengalami penurunan kadar kesuburan akibat penanaman sebelumnya dan juga pemakaian pupuk kimia membuat tanah akan menjadi rusak sehingga dengan melakukan penebaran kohe kembali diharapkan.

Kesuburan tanah akan kembali seperti semula, walaupun tidak baik seperti semula paling tidak bisa menambah sedikit unsur kesuburan tanah dan tanah bisa digunakan untuk menanam agar mendapatkan jagung bertongkol besar.

Penanaman Benih Jagung

Cara Memperbesar Tongkol Jagung

Untuk penaman benih agar jagung bertongkol besar sebaiknya di lakukan pada pagi hari dengan cuaca sedang sedang dan  tidak turun hujan dan tidak terlalu panas artinya pada saat itu tanah masih terlihat lembab dan tidak basah ketika hal itu sampai terjadi lakukan proses penanaman secepat mungkin.

Penanaman benih bisa dilakukan dengan cara pembuatan kubang dengan menggunakan kayu dengan diameter 6 cm berbentuk tongkat atau bambu yang di lancipkan pada bagian bawah berfungsi untuk membuat lubang, dalam bahasa jawa sering di sebut dengan menajuk.

Buat lubang dengan kedalaman lebih kurang 7 cm berjarak antara lubang ke lubang yang lain sekitar 30 cm agar saat jagung tumbuh zat hara dalam tanah tidak saling berebut.

Setelah lubang dibuat masukkan benih jagung tersebut ke dalam lubang kemudian tutuplah kembali benih tersebut dengan menggunakan tanah setelah di masukkan ke lubang tersebut.

Pemeliharaan

Cara Memperbesar Tongkol Jagung

Proses terakhir sebelum panen untuk cara memperbesar tongkol jagung adalah pemeliharaan. Dalam proses pemeliharaan jagung,hal yang sering di lakukan adalah dengan melakukan penebaran pupuk ulang.

Pemupukan bisa di lakukan ketika jagung anda sudah mulai tumbuh agak besar, sekitar tinggi 30 cm, pemupukan pertama bisa di lakukan.

Pemupukan bisa kita lakukan dengan menggunakan pupuk yang mengandung unsur NPK bisa pupuk jadi atau pupuk pupuk campuran, namun biasanya petani lebih sering menggunakan pupuk campuran artinya pupuk masih terpisah antara N , P dan K untuk melakukan pemupukan tersebut harus disatukan terlebih dahulu baru di taburkan ke tanaman jagung.

Setiap jagung berikan sekitar setengah genggam dengan menaburkan pada bagian bawah tanaman jagung secara keseluruhan setiap tanaman.

Proses pemeliharaan yang lain yang harus di lakukan adalah melakukan penyiangan yaitu proses pembersihan rumput pada sekitar jagung, proses penyiangan di lakukan sebaiknya 2-3 minggu setelah proses pemupukan atau 2 minggu sebelum proses pemupukan agar pupuk yang di tabur tidak ikut terbuang dengan percuma.

Penyiangan yang benar di lakukan dengan cara mengoret dalam kata lain membersihkan dengan menggunakan cangkul pada bagian –bagian bawah tanaman sampai rumput benar-benar bersih.

Pemupukan ulang bisa di lakukan 1 kali lagi atau bisa juga tidak lagi di lakukan namun penyiangan sebaiknya di lakukan lagi ketika rumput sudah mulai tumbuh lagi karena rumput merupakan sumber penyakit yang bisa menular ke tanaman jagung jika tidak segera di bersihkan.

Dan ketika hama sudah menyerang pada jagung akan susah untuk di hilangkan, penyiangan merupakan salah satu pencegahan dari penyakit tanaman jagung yang harus di lakukan. Ketika proses ini di lakukan secara benar dan sesuai dengan baik kemungkinan panen kita juga akan menghasilkan hasil buah yang maksimal dan buahnya juga akan bertongkol besar juga berisi.

Proses Panen

Cara Memperbesar Tongkol Jagung

Akhirnya jagung bisa dipanen, usia tanaman jagung yang akan kita panen biasanya tergantung pada konsumen.

Karena mereka dapat menikmati kerja keras selama ini dengan menjualnya dipasar atau hanya dikonsumsi pribadi.

Proses menanam jagung manis di dataran rendah akan lebih cepat memasuki proses panen dibandingkan budidaya jagung manis di daratan tinggi.

tanaman jagung manis umumnya dipanen pada usia kisaran 60 hingga 150 hari sejak awal penanaman.

Tanaman yang mudah dibudidayakan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Sehingga jumlah konsumen jagung manis selalu meningkat oleh karena itu usaha jagung manis bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Biasanya tanaman ini bisa berbiji pada usia berbunga,disaat itu anda harus memiliki target mau dibuat apa jagung anda.

Saya sarankan pemanenan anda jangan terlalu lama, jika hal ini terjadi maka banyak biji jagung akan menjadi rusak.

Hal lain yang anda bisa lakukan adalah dengan mengecek kematangan biji jagung dan tongkol jagung sudah berukuran besar, kupas saja semple yang ada.

Lakukan pengupasan jagung dengan melihat bijinya saja jika memang dirasa pas dan cocok oleh anda, maka anda bisa melakukan pemanenan.

12 Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Untuk tahap – tahap cara memperbesar tongkol jagung sudah selesai. Jagung manis juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Untuk lebih mengetahui apa saja manfaat jagung bisa dilihat di bawah ini.

1. Baik Untuk Pencernaan

Jagung adalah salah satu makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut berfungsi membantu memblokir penyerapan kolesterol.

Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari penyakit sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.

2. Mencegah Anemia

Jagung manis banyak mengandung vitamin B12 yang baik untuk mencegah terjadinya penyakit anemia akibat kekurang vitamin B serta kandung vitamanin B12 tinggi dapat meningkatkan kekebelan tubuh.

Sehingga tahan terhadap berbagai serangan penyakit yang diakibatkan oleh virus maupun bakteri berbahaya.

3. Sumber Energi

Jagung termasuk dalam sayuran bertepung yang mampu memberikan tenaga pada tubuh. Termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks membuat konsumsi makanan ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi pun berlangsung stabil. 

4. Menurunkan Kolesterol LDL 

Jagung kaya Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang menjaga kesehatan jantung dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu jagung juga mampu mengurangi menyerepan kolesterol dalam tubuh.

5. Bantu Menaikkan Berat Badan

Jagung dikenal untuk pilihan karbohidrat bagi orang yang memiliki tubuh kurus. Hal ini disebabkan jagung kaya karbohidrat serta kalori yang bisa menambah berat badan bagi mereka yang kekurangan.

6. Cegah Diabetes dan Hipertensi

Mengonsumsi secara teratur biji jagung dapat membantu dalam pengelolanan insulin pada diabetesi. Selain itu melindungi dari hipertensi karena adanya kandungan phenolic phytochemicals.

Phenolic phytochemicals mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan paku dan tetes untuk pasien diabetes dan memungkinkan mereka dapat mempertahankan gaya hidup yang normal.

7. Tulang Kuat

Jagung mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor yang diperlukan dalam kesehatan tulang. Terpenuhinya nutrisi itu mencegah tulang retak saat tua.

8. Baik Untuk Mata

Zat karotenoid pada jagung dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan pada mata.

9. Sifat Antikanker

Penelitian telah membuktikan antioksidan dalam jagung bisa membasmi kanker. Selain itu, sayuran yang termasuk biji-bijian ini sumbur senyawa fenolik yang efektif melawan tumor pada payudara dan hati.

10. Manfaat Saat Kehamilan

Jagung kaya asam folat yang berguna bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat pada wanita hamil disebabkan oleh bayi lahir dengan berat badan kurang serta cacat saraf.

11. Bermanfaat Untuk Jantung

Jagung yang diolah menjadi minyak jagung memiliki sifat anti-atherogenic sehingga melindungi dari penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh jantung.

12. Cegah Alzheimer

Jagung mengandung thymine yang dapat membantu kerja sel-sel otak atau fungksi kognitif. Senyawa ini juga dibutuhkan dalam sintesis asetilkolin yang penting bagi memori terkait fungsi ingatan seperti Alzheimer.

Syarat Tumbuh Tanaman Jagung

Syarat tumbuh tanaman jagung bertongkol besar dapat tumbuh di daerah beriklim sedang hingga subtropis/tropis basah dengan batas lintang 50°LU-45°LS. 

Untuk dapat tumbuh optimal dan menghasilkan produksi yang baik, penanaman dilakukan pada lokasi dan iklim yang cocok dengan syarat tumbuhnya. Faktor-faktor yang menjadi syarat tumbuh tanaman jagung antara lain;

Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat berpengaruh dalam cara memperbesar tongkol jagung.Dapat dilakukan di dataran rendah atau dataran tinggi, baik di tegalan atau di sawah tadah hujan, maupun sawah irigasi. Tapi untuk dataran tinggi berkisar 1.000-1.800 m dpl.

Jenis Tanah

Dapat hidup hampir disemua jenis tanah, kering berpasir atau tanah liat, dengan beberapa persyaratan.

Dapat tumbuh baik dalam keasaman tanah (pH) berkisar 5.5-7 pH dan yang paling baik adalah 6.8 pH.

Keasaman tanah ada hubungannya dengan ketersediaan unsur hara tanaman, walaupun agak toleran dengan unsur basa.

Penanaman untuk tanah yang memiliki pH kurang dari 5.5 mengakibatkan tanaman tidak optimal karena keracunan alumunium,mempunyai aerasi dan ketersediaan air dalam kondisi baik.

Kemiringan tanah yang seseai adalah 8%, dengan kemungkinan erosi tanah sangat kecil.

Sedangkan kemiringan 5-8%, perlu dilakukan pembuatan teras, sedangkan jika lebih dari 8% kurang sesuai untuk tanaman jagung.

Curah Hujan dan Kebutuhan Air

Curah hujan yang diperlukan untuk tanaman jagung mulai 250-10.000mm. Sedangkan tanaman jagung yang tidak beririgasi memerlukan curah hujan ideal sekitar 85-200 mm/bulan selama proses pertumbuhan.

Tanaman jagung membutuhkan cukup banyak air, terutama pada proses pertumbuhan awal, berbunga, dan pengisian biji.

Kekurangan air akan menyebabkan hasil yang kurang baik. Kebutuhan setiap bibit sangat beragam, rata-rata kebutuhan air untuk tiap tanaman berkisar 2 lt saat kondisi panas dan berangin. Kekurangan air mengakibatkan menurunnya produksi sampai 30%.

Cahaya Matahari dan Suhu Optimal

Cahaya matahari sangat diperlukan untuk pertumbuhan, dengan demikian diusahakan mendapat sinar matahari langsung.

Tanaman yang ternaungi atau terhalang dari sinar matahari mengakibatkan terhambat pertumbuhannya, biji menjadi kurang baik bahkan tidak dapat terbentuk buah.

Suhu yang dibutuhkan untuk pertumbuhan terbaik 27-32° C. Perkecambahan benih optimal terjadi pada suhu 21-27° C. Setelah berkecambah, pertumbuhan bibit dan tanaman bisa berlangsung pada suhu 10-40° C.

Sedangkan saat pemasakan biji dipengaruhi oleh kondisi suhu lingkungan. Pada musim kemarau, waktu pemasakan akan lebih cepat dan hasilnya lebih menguntungkan.

Alangkah baiknya proses panen jagung direncanakan saat musim kemarau, juga karena faktor mempermudah pengeringan.

Itulah artikel cara memperbesar tongkol jagung yang baik dan benar. Pastikan hasil yang anda terima akan memuaskan setelah mencoba menanamnya. Cukup sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi usaha pertanian anda. Sekian dan selamat mencoba.