Select Page

Cara Menanam Jagung Manis – Budidaya tanaman atau menanam jagung manis adalah bisnis yang sangat jelas sekali, mengingat tanaman ini merupakan golongan tanaman pokok di beberapa daerah di Indonesia.

Cara menanam jagung manis pun tidak sulit jika kita tanam di kebun. Konsumsi buah jagung manis hampir semua orang pernah merasakannya, olahan buah ini banyak sekali seperti membuat jasuke (jagung susu kedelai) dan jenis olahan lainnya.

Jika anda ingin menanam jagung manis di tempat anda, ada beberapa cara menanam jagung manis agar lebih menghasilkan buah yang banyak.

Untuk menanam jagung manis anda bisa terapkan pada penanaman jagung lainnya atau dapat membaca cara menanam jagung manis yang tepat dan cara memperbesar tongkol jagung  

Mengapa tidak ? Jagung hanya beda varietas atau jenis saja meskipun ada beberapa cara mungkin perbedaanya tidak jauh, misalkan anda akan menanam jagung manis.Berikut cara menanam jagung manis yang tepat agar mempermudah bisnis jagung manis bertongkol besar anda.

Langkah – Langkah Menanam Jagung Manis

1. Memilih Bibit Jagung

Hal yang harus dilakukan pertama kali untuk cara menanam jagung manis adalah memilih bibit.

Di dunia pertanian tidak lepas dalam pemilihan varietas atau yang bagus. Bagusnya anda tidak perlu repot lagi membuat atau memilih  jagung yang diinginkan.

Anda dapat mendapatkan bibit yang bagus di toko-toko pertanian terdekat, mereka menyedikan berbagai  bibit seperti bibit jenis hibrida, jagung manis dan jenis-jenis bibit lainnya.

Anda juga bisa memesan bibit atau benih jagung ke petani lokal atau toko pertanian online. Hitunglah modal kebutuhan bibit yang anda butuhkan.

2. Olah Lahan dan Bersihkan Gulma di Lahan.

Lahan merupakan syarat yang harus di perhatikan dalam budidaya tanaman jagung, hal ini menentukan dalam pertumbuhan dan perkembangan jagung yang akan kita tanam.

Pastikan tanah yang anda akan ditanami jagung harus benar-benar subur agar bertongkol besar dan mengandung unsur hara yang banyakatau tidak tandus.

Jagung tergolong pada tanaman yang mudah ditanam,mereka bisa di tanam di bagian tanah andosol, latosol atau grumosol dan jenis tanah lainnya. pH yang cocok untuk jagung 5,6 – 7,5.

Pastikan beberapa tanah yang ada disekitar kita terpenuhi, dan jika anda baru membuka lahan maka proses pemupukan dan lahan harus kita lakukan terlebih dahulu.

Lihat dulu kesuburan tanah yang anda miliki jika di rasa memang kekurangan unsur hara dan tidak terdapat humus anda dapat menebarkan pupuk.

Sebaiknyaketika anda membuat bedengan tebarkan pupuk organik atau kandangpada lahan sebaran.

3. Menanam Jagung di Lahan

Saya anggap anda sudah mendapatkan bibit jagung yang unggul dan pengolahan lahan sudah dilakukan.

Kondisi yang paling tepat untuk menanam jagung pada kondisi tanah sedang lembab, tidak terlalu becek dan tidak terlalu kering.

Biasanya petani lokal menggunakan jarak tanam bibit satu dengan lainnya antara 100 cm x 40 cm dan berikan 2 biji pada satu lubang tanam. Untuk kedalaman lubang tanamnya anda bisa menggunakan ukuran 3 – 5 cm.

4. Berikan Pupuk ke Tanaman Jagung

Beberapa bagian yang pertama akan kita berikan pada tanaman jagung yaitu pupuk dasar, biasanya pupuk dasar yang diberikan berjenis pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos dan jenis pupuk organik lainnya.

Kemudian tanaman jagung anda akan menyerap beberapa unsur yang dibutuhkan untuk mereka perkembangan tanaman menjadi besar, unsur ini seperti fosfor, nitrogen dan kalium yang banyak dibutuhkan pada fase pertumbuhan dan nanti ketika pada masa pembuahan.

5. Merawat Jagung Hingga Panen

Tahapan selanjutnya dalam cara menanam jagung manis adalah perawatan.Ini memang sedikit membuat anda bangga dan mungkin akan sedikit tersenyum karena jagung anda tumbuh dengan subur.

Dalam proses awal benih jagung sudah dibekali makanan pada kecambah, dan setelah tumbuh dan saat tanaman ini menjelang tumbuh dewasa mereka sangat mengandalkan makanan yang tersedia di lahan.

Bukan itu saja tanaman jagung mungkin bisa terserang hama tanaman.Proses pemeliharaan memang tidak semudah yang saya tulis saat ini, namun anda memiliki gambaran untuk pemeliharaannya.

Dalam pemeliharaannya beberpa tahapan lain seperti penyulaman, penjarangan, pembubuan, pengairan dan pemupukan sususlan sangat penting dilakukan untuk perkembangan si jagung

1.  Penyulaman

Penyulaman dilakukan Jika bibit jagung tidak dalam kondisi pertumbuhan yang baik maka bisa dilakukan proses penyulam atau pergantian bibit baru.

Namun proses penyulam hanya bisa dilakukan pada tanaman yang berusia muda sehingga dapat tumbuh seragam dengan tanaman jagung manis yang lainnya.

Jika melakukan penyulaman,jangan sampai terlambat anda memiliki waktu 1 minggun dan jangan lebih dari 1 minggu.

2. Penjarangan

Lakukan penjarangan dan kontrol terus pertumbuahan dan perkembangan tanaman jagung anda.

Untuk penjarangan biasanya di lakukan pada jagung yang sudah berumur 1 minggu lebih atau 10 hari.

3.  Pembubunan

Pembubunan dilakukan dengan cara menggali parit antar bedengan dan tanah di balik pada bagian perakaran tanaman.

Hal ini di bertujuan agar tanaman jagung tidak mudah rebah dan membuat jagung lebih kokoh untuk menompang batang dan calon buah yang akan tumbuh.

Galian pada parit memungkinkan air untuk masuk dan air itu akan diserap oleh tanaman dengan mudah, jadi saya rasa ini sangat penting dilakukan untuk perkembangan si jagung.

4.  Pemupukan

Taburkan pupuk organik separti pupuk kandang dan berikan nutrisi pada tanaman, saya rasa anda sudah paham dalam hal pemupukan.

5.  Pengairan

Tentu saja air sangat penting untuk tanaman jagung menjelang awal hingga panen tiba.

Pastikan anda memahami hal ini, ada beberapa fase jagung sangat membutuhkan air dan mereka lebih mengutamakan air.

Pada fase bunga akan tumbuh berkisar antara usia tanaman 45 – 55 hari setelah tanam dan anda harus menyediakan banyak  air.

Pada tanaman menjelang pengisian biji mereka berusia 50 – 80 hari dihitung setelah tanam juga membutuhkan air. Dan saya rasa jagung lebih membutuhkan air ketika pada fase pertumbuhan bunga.

6. Saatnya Panen Jagung Anda

Akhirnya jagung bisa dipanen, usia tanaman jagung yang akan kita panen biasanya tergantung pada konsumen.

Cara menanam jagung manis terakhir adalah proses panen, petani jagung sangat menunggu hadirnya kata-kata panen.

Karena mereka dapat menikmati kerja keras selama ini dengan menjualnya dipasar atau hanya dikonsumsi pribadi.

Proses menanam jagung manis di dataran rendah akan lebih cepat memasuki proses panen dibandingkan budidaya jagung manis di daratan tinggi.

tanaman jagung manis umumnya dipanen pada usia kisaran 60 hingga 150 hari sejak awal penanaman.

Tanaman yang mudah dibudidayakan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Sehingga jumlah konsumen jagung manis selalu meningkat oleh karena itu usaha jagung manis bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Biasanya tanaman ini bisa berbiji pada usia berbunga,disaat itu anda harus memiliki target mau dibuat apa jagung anda.

Saya sarankan pemanenan anda jangan terlalu lama, jika hal ini terjadi maka banyak biji jagung akan menjadi rusak.

Hal lain yang anda bisa lakukan adalah dengan mengecek kematangan biji jagung, kupas saja semple yang ada.

Lakukan pengupasan jagung dengan melihat bijinya saja jika memang dirasa pas dan cocok oleh anda, maka anda bisa melakukan pemanenan.

Cara Mencegah Hama dan Mengobati Penyakit Bulai Pada Jagung

Semua petani jagung pasti menginginkan hasil panennya memuaskan dengan cara mengetahui cara menanam jagung manis yang benar.Selain itu upaya pencegahan pennyakit pada jagung harus diperhatikan.Dibawah ini cara mencegah penyakit yang ada pada jagung.

1. Cegah Hama dan Penyakit

Ketika tanaman jagung anda tumbuh pasti ada beberapa faktor penghambat. Namun saya juga tidak bisa mengutarakan semua tentang hama dan penyakit kepada anda.

Beberapa hama yang biasanya menyerang tanaman jagung adalah ulat tanah, hama lundi, ulat daun, lalat bibit, ulat tentara dll. Penyakit yang menyerang adalah bercak ungu, cendawan dan karat.


2. Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Bulai Pada Jagung

Penyakit bulai pada tanaman jagung bisa ditandai dengan adanya daun yang berwarna kuning keputih-putihan.

Tanaman jagung yang terinfeksi penyakit ini akan mengalami gangguan dalam pertumbuhanya dan perkembangannya, tanaman akan kerdil dan tidak mampu berproduksi sama sekali.

PENYEBAB PENYAKIT BULAI JAGUNG (PATOGEN)

Penyebab bulai yang sering terjadi jagung di Indonesia adalah Peronosclerospora maydis di Pulau Jawa dan Pulau Madura dan P.philippinensis di Pulau Sulawesi. P. philippinensis ini juga menyebar di berbagai penjuru dunia.

Protista mirip cendawan tetapi berkerabat lebih dekat atau lebih mirip dengan alga ini bersifat parasit obligat . Alat penyebaran utamanya yaitu spora vegetatif yang dihasilkan oleh badan yang disebut konidia (sehingga sporanya disebut juga konidiospora).

Konidia dapat bertahan selama bertahun-tahun sebelum tumbuh kembali. Proses infeksi ini terjadi jika konidia disebarkan dinihari sekitar pukul 02.00 – 04.00 karena sporalisasi maksimum terjadi pada saat itu.

Infeksi dilakukan oleh konidia melalui stomata. Pada siang hari tidak terjadi infeksi karena pelepasan konidia terhenti, diduga karena konidia tersebut tidak tahan terhadap cahaya matahari.

PENCEGAHAN PENYAKIT BULAI JAGUNG

  1. Perlakuan Benih, sebelum ditanam sebaiknya benih atau bibit jagung dicampur terlebih dahulu dengan fungisida yang berbahan aktif dimetomorf (Renon, akrobat, Sirkus, dll)
  2. Lakukan Penyemprotan ketika tanaman jagung berusia 1 minggu hingga 35 hst dengan fungisida berbahan aktif iprodium dan menggunakan obat carbio dengan dosis 15-25cc setiap 17 liter air, semprotkan dengan jarak 7 hari.
  3. Pemupukan pertama sebaiknya jangan menggunakan pupuk urea, gunakan Phonska + SP, atau bisa juga ditambah ZA dan Organik. Selanjutnya pemupukan tahap kedua sebaiknya menggunakan pupuk ZA+Ponska+organik dan pemupukan terakhir gunakan Urea.
  4. Taburi lahan dengan pupuk organik seperti pupuk kandang, Bhokasi, sebelum lahan ditanami.

Cara Pengendalian yang Efektif

Langkah Pertama
  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu hand preyer dan air biasa
  2. Hand speyer yang sudah berisi air biasa di semprotkan pada tanaman dan lahannya pada jam 04.00 s/d 05.30 pagi, mulai tanaman berumur 7 s/d 21 hari setelah tanam
  3. Dengan melakukan hal itu maka dapat menekan perkembangan spora bulai, sehingga tanaman tidak terseranga oleh penyakit bulai.
Langkah Kedua
  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu hand preyer,air biasa dan fungisida
  2. Hand speyer yang sudah berisi air biasa dan fungisida di semprotkan pada tanaman dan lahannya pada jam 04.00 s/d 05.30 pagi, mulai tanaman berumur 7 s/d 21 hari setelah tanam.
  3. Dengan melakukan hal itu maka dapat menekan perkembangan spora bulai, sehingga tanaman tidak terseranga oleh penyakit bulai.

Syarat Tumbuh Tanaman Jagung Manis

Jagung manis dapat tumbuh pada daerah yang memiliki ketinggian 1800 mdpl serta di daerah pegunungan dengan ketinggian kurang lebih 3000 mdpl.

Selain itu tanah yang kaya akan unsur hara seperti kalium, nitrogen serta fosfat dan tanah yang memiliki kadar keasaman mencapai 5-8 pH sangat cocok untuk menanam tanaman jagung.

Agar anda mendapatkan hasil yang memuaskan anda harus tau bagaimana cara menanam jagung manis yang tepat

Manfaat Jagung Manis

Sebelum kami membahas mengenai cara budidaya jagung ada baiknya anda sebagai konsumen atau produsen mengetahui terlebih dulu apa saja manfaat yang diperoleh tubuh setelah mengkonsumsi jagung manis ini, yaitu :

Mencegah Penyakit Kanker

Tanaman jagung mengandung banyak asam fenolit serta asam ferulik, sehingga baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor didalam tubuh.

Sumber Asam Linolet

Selain baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor, tanaman jagung manis juga kaya akan asam linolet yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, menambah asupan gizi serta sebagai saran tranportasi vitamin D kedalam tubuh.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Serta Mencegah Anemia

Jagung manis banyak mengandung vitamin B12 yang baik untuk mencegah terjadinya penyakit anemia akibat kekurang vitamin B serta kandung vitamanin B12 tinggi dapat meningkatkan kekebelan tubuh.

Sehingga tahan terhadap berbagai serangan penyakit yang diakibatkan oleh virus maupun bakteri berbahaya.

5 Resep Makanan dari Jagung Manis

Setelah anda mengetahui cara menanam jagung manis anda bisa menjadikan jagung manis sebagai resep makanan.

Jagung adalah salah satu jenis bahan makanan yang bisa dibilang mudah untuk didapat, namun kadang-kadang kita bingung bagaimana untuk mengolah jagung tersebut.

Selain itu juga, kadang kita juga malas untuk membuatnya, ingin makanan yang enak tapi malas bikin.

Khusus anda yang malas untuk mengolah jagung, di bawah ini ada 5 olahan dari jagung yang mudah dan simple untuk dibuat di rumah, jadi gak banyak ngebuang waktu deh!

1. Perkedel Jagung

Cara Menanam Jagung Manis

Bahan-Bahan Membuat Prekedel Jagung

  1. 5 Buah Jagung Manis
  2. 250 Gram Tepung Terigu
  3. 1/2 Sendok Teh Garam
  4. 2 Buah Seledri
  5. 3 Siung Bawang Putih
  6. 3 Siung Bawang Merah
  7. 1 Buah Bawang Prei
  8. 1 Buah Telur 

Cara Membuat Prekedel Jagung

1. Kupas kulit jagung, setelah itu iris jagung sampai habis

2. Haluskan bawang putih

3. Iris tipis bawang merah, bawang prei, seledri

4. Masukkan jagung yang sudah diiris dengan semua bahan beserta telur

5. Lalu, campurkan tepung ke dalam adonan menggunakan mixer roti.

6. Setelah itu goreng adonan sampai berwana cokelat keemasan atau matang

7. Finally, perkedel jagung siap dimakan

2. Puding Jagung Manis

Cara Menanam Jagung Manis

Bahan – Bahan Untuk Membuat Puding Jagung

1. 5 buah Jagung manis (dipipil) lalu diblender dan diambil sarinya jadikan 1 liter 
2. 220 ml susu kental manis putih 
3. 100 gr gula pasir 
4. 2 butir kuning telur 
5. 1 pak agar-agar 

Cara Membuat Puding Jagung 

1. Rebus sari jagung manis beserta gula pasir dan agar-agar 
2. Tambahkan susu kental manis 
3. Tuangkan kuning telur yang sudah dikocok rata 
4. Didihkan dan tuang dalam cetakan 

3. Jagung Goreng Pedas

Cara Menanam Jagung Manis

Bahan Bahan Untuk Membuat Jagung Goreng

  1. 3 Buah Cabai Rawit
  2. 1 Buah Cabai Besar
  3. 5 Buah Jagung
  4. 5 Siung Bawang Putih
  5. 3 Siung Bawang Merah
  6. 1/4 Sendok Teh Garam
  7. 1/2 Sendok Teh Gula 

Cara Membuat Jagung Goreng

1. Potong jagung hingga tersisa butiran-butiran jagung saja

2. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan cabai

3. Tumis semua bumbu sampai wangi

4. Lalu, masukkan butiran jagung ke dalam tumisan

5. Aduk terus sampai benar-benar merata dan meresap

6. Terakhir, Jagung Goreng Pedas siap dihidangkan

4. Bubur Jagung Sehat

Cara Menanam Jagung Manis

Bahan – Bahan Untuk Membuat Bubur Jagung

1. 1 Kg jagung manis (sisir lalu dihaluskan) 
2. 4 sdm tepung beras 
3. 1 sdm mentega 
4. 4 sdm gula pasir 
5. 2 sdm keju parut 
6. 1 ons brokoli 
7. 1 ons wortel 
8. 1 ons ayam 
9. ¼ sdm garam 
10. 1 gelas santan 

Cara Membuat Bubur Jagung

1. Masukkan santan, jagung manis, tepung beras, mentega, gula pasir, keju, ayam dan garam terlebih dahulu
2. Setelah semua bahan itu matang baru masukan brokoli dan wortel, aduk sejenak 
3. Angkat dan sajikan 

5. Omellete Jagung

Cara Menanam Jagung Manis

Bahan – Bahan Omellete Jagung

  1. 2 buah jagung
  2. 2 buah telur
  3. 1 buah seledri
  4. 1 buah bawang prei
  5. 1/2 siung bawang merah
  6. 1/4 sdt garam  

Cara Membuat Omellete Jagung

1. Iris jagung hingga tersisa butir-butir jagung

2. Hancurkan kasar butir-butir jagung

3. Iris tipis bawang merah, bawang prei, seledri

4. Siapkan mangkuk, dan campurkan seluruh bahan di dalam mangkuk beserta telur

5. Setelah minyak panas, tuang adonan

6. Tunggu sampai matang

7. Omellette jagung siap disantap

Jadi olahan jagung nomor berapa yang ingin anda ingin coba lebih dulu?

yahh,itu tadi contoh artikel cara menanam jagung manis yang saya berikan. Semoga bermanfaat dapat untuk bisnis anda. Sekian dan selamat mencoba.