Select Page
Pada artikel kali ini kami akan memberitahu tentang cara menanam strawberry agar berbuah manis. Buah Strawberry adalah salah satu buah-buahan yang banyak digemari oleh masyarakat, buah yang memiliki rasa manis keasaman ini menjadikan sensasi segar.
Agar cepat berbuah bukanlah hal yang sulit. Anda butuh ketelatenan dan kesabaran dalam memahami karakter tumbuhnya.  terlebih dahulu tanaman starwberry itu seperti apa sebelum kita memahami cara tanaman tersebut tumbuh.
Dalam Wikipedia Buah strawberry berwarna hijau keputihan ketika sedang berkembang, dan pada kebanyakan spesies berubah menjadi merah ketika masak. tidak hanya memiliki rasa yang segar, buah stroberi juga memiliki manfaat yang banyak lho bagi kesehatan.

Cara Menanam Strawberry Sebagai Berikut:

cara menanam strawberry

Proses Penyiraman

Rutin menyiram adalah pangkal sehat bagi tanaman, karena tanaman strawberry itu sensitif sekali dengan ketersediaan air. Air sangat penting diperlukan untuk tanaman strawberry, yaitu sebagai pelarut, media transport senyawa, media reaksi biokimia, memberikan turgor untuk sel, sebagai bahan baku fotosintesis, dan menjaga suhu tanaman strawberry agar konstan. apabila media tanam kering, tanaman strawberry bisa mudah layu.

Cara Pemupukan

Pupuk merupakan makanan untuk tanaman strawberry agar bisa tumbuh. Pupuk dibutuhkan kontinyu sebab kita pun perlu makan yang terus menerus bukan sekali seumur hidup. Dengan pemupukan yang rutin,dapat menunjang dalam merangsang strawberry agar cepat berbuah.

Pupuk yang baik untuk tanaman strawberry agar cepat berbuah banyak dengan mengandung fosfat, kalium dan kalsium. Unsur yang bisa diperoleh dari bahan alami atau organik, misalkan kompos yang dibuat dari kombinasi pukan ayam atau burung (sumber nitrogen), batu fosfat, cangkang telur (sumber kalsium), dan kapur pertanian atau dolomit (sumber kalsium dan magnesium).

Takaran pupuk NPK tidak boleh kebanyakan, cukup 1-2 gram per pohon atau 5-10 butir. bila kebanyakan tanaman strawberry bisa kebakar. Adapun pupuk kompos yang bisa lebih banyak misalnya 1-2 genggam per pohon.

Memupuk tanaman strawberry bisa dilakukan sejak usia tujuh hari setelah tanam, selanjutnya rutin 10-14 hari sekali tergantung kondisi pertumbuhan tanaman. Dengan pemupukan yang kontinyu, maka hasil buah strawberry dapat maksimal.

Beri Perangsang Buah

Kiat yang paling penting adalah memberikan perangsang buah, cara ini biasanya tidak sampai dua minggu tanaman strawberry mulai memunculkan calon bunga.

Peran dari perangsang buah adalah untuk “mengarahkan” energi tanaman strawberry untuk secara fokus memproduksi bunga atau buah. Rangsangan ini lazim disebut hormon atau zpt. Hormon tanaman ada banyak macamnya

Salah satu yang biasa pakai dalam merangsang tanaman untuk berbuah adalah Pupuk Organik Cair POC BMW. Selain mengandung pupuk mikro yang lengkap, Pupuk Organik Cair POC BMW juga diperkaya dengan zpt atau hormon buah yang brilian dalam merangsang tanaman strawberry berbuah.

Cara pemberian Pupuk Organik Cair POC BMW pada tanaman strawberry antara lain dengan disemprotkan ke daunnya, tetapi sebaiknya disemrotkan juga ke tanah.

Takarannya tidak harus banyak, cukup 1 tutup botol per 10 liter air. Semprotkan atau siramkan secukupnya pada tanaman strawberry, sebaiknya diwaktu pagi atau sore hari. Intervalnya 10-14 hari sekali.

Pangkas Sulur Tanaman Strawberry

Sulur tanaman strawberry atau dikenal juga stolon pada bagian tanaman strawberry yang menjulur panjang untuk memperbanyak tumbuhan strawberry secara vegetatif.

Sulur strawberry panjangnya sekitar 30-50cm. apabila bagian ujung sulur strawberry menempel pada tanah yang lembap, maka akan keluar akar dan menembus tanah yang kemudian menjadi tanaman strawberry.

Membuang Daun Tua dan Rusak

Seiring waktu, tanaman strawberry akan terus memproduksi daun. Daun-daun muda akan menjadi tua dan kemudian rusak dengan sendirinya. Daun-daun baru akan muncul kembali dan siklusnya akan bergulir. Seperti stolon atau sulur, daun-daun tua dan rusak bisa membebani tanaman strawberry pada fase berbuah.

Manfaat yang dari buah strawberry yang paling banyak diketahui:

  1. Menjaga kesehatan jantung, Vitamin C dan Anthocyanidins dalam buah strawberry juga berfungsi untuk menjaga arteri dari kerusakan dan mencegah terjadinya pembekuan darah.
  2. Mencegah penyakit kanker, antioksidan yang terdapat dalam buah strawberry bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.
  3. Menurunkan kadar kolesterol, zat pembentuk warna dan bau pada strawberry bermanfaat untuk mencegah penyakit cardiovascular

Cara Menanam Strawberry

Cara menanam strawberry

1. Menyiapkan Lahan Tanam

Persiapan lahan untuk menanam stroberi dilakukan dengan tujuan agar tanah gembur dan mampu untuk memberikan nutrisi pada tanaman stroberri.

Jika Anda ingin menanam Strawberry pada kebun, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pembajakan menggunakan traktor atau menggunakan bajak sapi.

Setelah dibajak, tanah digemburkan dengan menggunakan cangkul. Pada saat penggemburan ini dilakukan juga pembentukan tegalan. Tegalan ini berfungsi untuk menjaga agar tanaman tomat tidak tergenang air dan juga berfungsi mengatur drainase air.

Ukuran tegalan dapat dibuat dengan lebar sekitar 80 – 100 cm, ketebalan 20 – 25 cm, serta panjang menyesuaikan ukuran lahan Anda. Buatlah tegalan serupa disebelah tegalan pertama dengan jarak 40 cm.
Taburkan pupuk kandang secara merata pada permukaan tegalan.
Jika Anda memiliki modal lebih, Anda dapat melapisi tegalan dengan pelatik mulsa yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan rumput. Jika Anda ingin menanam strawberry pada polybag, maka Anda harus mengisi polybag dengan tanah subur dan gembur terlebih dahulu.
Tanah yang diisikan ke polybag juga bisa dicampur dengan pupuk kandang dan serbuk gergaji. Sampai dengan langkah ini, Anda sudah melakukan persiapan yang baik untuk mendapatkan tanaman tomat yang subur dan dapat berbuah banyak.

2. Menyiapkan Bibit Strawberry dan Melakukan Penyemaian

Menyiapkan Bibit strawberry merupakan salah satu langkah kunci dalam menentukan hasil panen kemudian hari, bibit strawberry sebaiknya berasal dari bibit yang tahan terhadap hama atau penyakit, dan terbukti sudah menghasilkan.

Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas, sebaiknya anda langsung mendatangi petani strawberry. Hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri, disamping anda bias mendapatkan bibit yang berkualitas, anda juga bisa langsung tanya jawab terkait trik-trik menanam strawberry agar sukses.

Selain dari petani, anda juga bisa mendapatkan bibit strawberry dari kios-kios yang menjual bibit dan obat-obatan pertanian.Pilihlah bibit strawberry yang wadahnya masih bagus, tanggal kadaluarsanya masih lama, dan tidak ada lubang-lubang pada wadah yang memungkinkan semut atau kutu dapat masuk dan merusak biji strawberry.

Setelah mendapatkan bibit, langkah selanjutnya adalah melakukan penyemaian bibit-bibit strawberry. Buatlah tempat penyemaian dengan menggemburkan Tanah menggunakan cangkul dan dibuat bedengan atau galengan.Luas lahan persemaian disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan ditanam. Campurkan pupuk kandang pada Tanah yang telah digemburkan, aduk kembali dan bentuk lahan semai sampai permukaannya rata.

Taburkan biji-biji strawberry secara merata, dan tutup dengan menggunakan Tanah yang halus secara merata dan lapisan penutupnya jangan terlalu tebal.Buatlah peneduh dengan menggunakan daun-daun atau menggunakan jaring pertanian. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari.

3. Pemindahan Bibit Strawberry Semaian ke Lahan Tanam

Pemindahan bibit Strawberry ke lahan tanam permanen dilakukan setelah bibit Strawberry sudah memiliki tinggi sekitar 10 – 15cm.
Penanaman Strawberry sebaiknya dilakukan pada sore atau pagi hari, hal ini bertujuan agar bibit tomat tidak layu terkena terik matahari. Jika pada oagi hari usahakan jangan sampai matahari sudah naik tinggi..
Sebelum bibit dicabut dari lahan semaian, sebaiknya siram terlebih dahulu agar bibit segar dan usahakan mencabut dengan tetap mengikutkan tanah semaian….
Penanaman dilakukan dengan jarak 40 cm x 40cm atau bisa lebih rapat dengan jarak tanam 30cm x 30cm. Jika Anda menggunakan mulsa, maka Anda harus membuat lubang terlebih dahulu.
Setelah penanaman dilakukan perlu disiram untuk menjaga agar tanah tetap lembab sehingga bibit Strawberry tidak layu.

4. Melakukan Perawatan Pada Tanaman Buah Strawberry

Cara perawatan tanaman strawberry yang benar akan sangat membantu keberhasilan budidaya strwberry. Perawatan juga bisa menjadikan tanaman tomat Anda menjadi tanaman organik atau non organik itu semua tergantung Anda menggunakan pemupukan jenis apa.

Beberapa perawatan yang biasa dilakukan dalam membudidayakan tomat adalah sebagai berikut:

a. Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik jika Anda menginginkan tanaman strowberi organik. Taburkan pupuk kandang pada usia tanam sekitar 1 bulan. Namun jika Anda ingin menanam tomat non organik maka pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kimia.

Pupuk diberikan pada umur 1,5 – 2 bulan setelah tanam dengan NPK (16-16-16) sebanyak 5 kg yang dilarutkan dalam 200 liter air, kemudian dikocorkan sebanyak 350-500 cc/ tanaman.

b. Penyiangan Rumput Pada Budidaya Strowberi

Penyiangan rumput liar dilakukan jika Anda tidak menggunakan pelatik mulsa, jika Anda menggunakan mulsa pertumbuhan rumput dapat ditekan. Pembersihan bertujuan untuk membasmi gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman Strawberry Anda.

c. Pembasmian Hama Pada Tanaman Strawberry

Beberapa jenis hama dan penyakit yang kerap menyerang budidaya strawberry antara lain kutu daun, kutu putih, lalat buah, tungau, nematoda, dan lain sebagainya Kutu berwarna kuning-kuning kemerahan, kecil (1-2 mm), hidup bergerombol di permukaan bawah daun.
Tanda-tanda tanaman strowberry diserang kutu daun adalah pucuk/daun keriput, keriting, pembentukan bunga/buah terhambat. Untuk Pengendalian dapat dilakukan dengan penyemprotan menggunakan insektisida Fastac 15 EC & Confidor 200 LC.

d. Penyulaman Strawberry

Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit Strawberry yang mati setelah ditanam, atau bibit yang memiliki pertumbuhan yang kurang. Penyulaman dilakukan secepatnya jika sudah ada indikasi tanaman mati, sehingga bibit hasil sulaman dapat mengejar petumbuhan Strawberry awal.

e. Penyiraman

Pemberian air sangat mendukung pertumbuhan tanaman Strawberry Anda, pohon Strawberry memerlukan air yang banyak namun tidak berlebihan. Lakukan penyiraman secukupnya pada pagi dan sore hari, namun saat kondisi musim hujan penyiraman dapat dikesampingkan.

5. Masa Panen Strawberry

Menanam Buah, Cara menanam strawberry, Pupuk yang cocok untuk strawberry, cara budidaya strowberi organik, manfaat strowberry bagi kesehatan, Cara perawatan pada tanaman strawberry, strawberry

Tanaman stroberi mulai berbunga pada umur 2 bulan setelah tanam. Namun pembuahan atau pembungaan pertama sebaiknya dibuang atau dipangkas karena belum bisa berproduksi secara optimum.

Setelah tanaman berumur 4 bulan mulai diarahkan untuk lebih produktif berbunga dan berbuah.Panen dilakukan dengan dipetik atau digunting bagian tangkai buah beserta kelopaknya, dan dilakukan secara periodik dua kali seminggu,,

Itulah 5 langkah cara menanam strawberry agar menghasilkan buah yang banyak, biasanya yang sering dilupakan adalah bagaimana cara melakukan perawatan pada tanaman strowberi yang baik dan benar sehingga tanaman kekurangan nutrisi. Demikian tadi atikel cara menanam strawberry, semoga bermanfaat.

× Whatsapp Kami!