Select Page

Ciri Ciri Tanaman Singkong Dan Beragam Klarifikasinya

Ciri Ciri Tanaman Singkong

Sejarah Singkong

Singkong atau(Manihot Utilisima), disebut juga ubi kayu atau disebut dengan ketela, yang berasal dari negara Amerika Selatan, yang salah satu dari ciri ciri tanaman singkong ini adalah mempunyai daun yang menjari.

Ciri ciri tanaman singkong yang lain juga bisa Anda lihat pada batang yang mempunnyai ruas.

Diperkirakan singkong pertama kali diperkenalkan di salah satu kabupaten di Jawa Timur pada tahun1852.

Namun hingga pada tahun 1876, sebagaimana yang telah dicatat H.J van Swieten, kontrolir di daerah Trenggalek.

Dalam De zoete cassave yang terbit pada tahun 1875, singkong kurang terkenal atau bahkan tidak ada sama sekali di beberapa bagian Pulau Jawa tapi disisi lain singkong ini ditanam besar-besaran di bagian lain.

“Bagaimanapun juga, ciri ciri tanaman singkong pada saat ini mempunyai arti yang sangat besar dalam susunan makanan penduduk dibandingkan dengan setengah abad yang sudah berlalu,” tulisnya, sebagaimana dikutip dari Creutzberg dan van Laanen.

Sampai kira-kira pada tahun 1875, untuk konsumsi dari singkong di Jawa masihlah rendah.

Baru pada permulaan pada abad ke-20, konsumsinya sangat meningkat pesat.

Pembudidayaannya juga sudah meluas. Terlebih para rakyat diminta memperluas dari tanaman singkong mereka.

Peningkatan dari penanaman singkong ini sejalan dengan ciri ciri tanaman singkong dan pertumbuhan dari penduduk Pulau Jawa yang sangat pesat.

Ditambah lagi dengan produksi padi yang tertinggal di belakang pertumbuhan penduduk.

Terkait dengan ciri ciri tanaman singkong dan pertumbuhan penduduk yang pesat ini kemudian munculah istilah “anak singkong” yaitu anak yang terlahir karena suburnya sang orangtua, yang membuat anak tanpa partisipasi untuk mengikuti program keluarga berencana.

Nilai singkong sebagai makanan kurang pas jika dibandingkan beras atau jagung, singkong hanya berperan sebagai pengganti dari beras di berbagai bagian Jawa Tengah.

Anjuran dari pemerintah agar para pejabat untuk memakan singkong semoga dapat mengubah dari paradigma makan singkong. Barangkali apabila dimulai oleh para pejabat, singkong pun akan bermartabat.

Ciri Ciri Tanaman Singkong

Ciri ciri tanaman singkong secara umum adalah sebagai berikut :

Akar

Untuk mengetahui ciri ciri tanaman singkong ini anda bisa melihat dari akar singkong  tersebut yang memiliki sistem perakaran yang berserabut terspesialisasi. yaitu akar yang bisa berubah bentuk karena berbeda dengan fungsi asalnya.

Tumbuhan ini memiliki panjang rambut pada akar sekitar 50cm dan panjang akar kurang lebih 30cm, Tergantung dari jenis varietas  dan jenis pohon singkong yang di taman.

Singkong termasuk tumbuhan dikotil yang akarnya mengembung karena terdapat cadangan makanan didalamnya.

Batang

ciri ciri tanaman singkong selanjutnya adalah dari batang singkong ini beruas-ruas dan mempunyai ukuran yang lebar 2 hingga 4cm, dan batang tersebut memiliki warna cokelat pada bagian permukaan batang, dan warna putih ke kuning-kuningan di bagian dalam batangnya.

Daun

Ciri dari daun nya adalah berbentuk lingkaran dengan bagian ujung daun yang lancip, permukaan yang rata dan tulang daun nya yang menjari serta berjenis daun tunggal berwarna hijau.

Di bagian tangkai daun panjang dan memiliki warna merah atau kemerahan.

Bunga

Bunga dari tanaman singkong ini tidak mempunyai alat kelamin baik jantan atau pun betina.

Pada bagian bunganya juga memiliki ukuran yang sangat kecil dan mempunyai warna putih.
Jumlah dari kelopaknya sebanyak kurang lebih lima buah dan mempunyai ukuran lebih besar apabila dibandingkan dengan ukuran bunganya sendiri dan memiliki warna hijau.

Umbi

Ukuran dari umbi singkong ini berdiameter dua hingga lima centimeter dan dengan  panjang dua puluh sampai enam puluh centimeter.

Pada bagian dari daging umbi terdapat getah yang biasanya berwarna putih, daging umbi nya berwarna putih dan agak ke kuning-kuningan serta kulitnya yang mempunyai warna cokelat.

Kandungan Manfaat Dan Nutrisi Singkong

Ciri Ciri Tanaman Singkong

Singkong ini mengandung banyak sekali manfaat yang terkandung didalamnya.

Berbagai nutrisi dan manfaat yang terkandung didalamnya pun juga sangat penting untuk tubuh.

Dalam 100 gram singkong yang sudah di rebus, terdapat 112 kalori yang 98 persennya itu berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein serta lemak.

Dalam takaran atau dosis yang sama, singkong juga mengandung serat serta beberapa vitamin serta mineral.

Mari kita bahas lebih jauh seputar kandungan nutrisi serta manfaat yang terkandung didalam singkong bawah ini.

Karbohidrat

Di setiap 100 gram pada singkong mengandung 38 gram karbohidrat.

Inilah yang menyebabkan mengapa singkong menjadi sumber energi yang cukup baik untuk Anda yang setiap harinya harus menjalani aktivitas fisik yang terbilang cukup berat.

Aktivitas fisik yang berat akan menguras banyak glikogen yang ada di dalam tubuh Anda

Glikogen tersebut merupakan bentuk dari glukosa yang telah disimpan di otot.

Ketika Anda sedang makan singkong, karbohidrat yang terkandung didalam singkong tersebut akan diubah menjadi glukosa, yang kemudian akan diubah lagi menjadi glikogen lalu disimpan di dalam otot.

Jadi, untuk manfaat dari singkong sebagai pemicu atau pendorong dari energi tak bisa disepelekan.

Serat

Singkong termasuk tumbuhan yang mengandung serat pangan dalam jumlah yang terbilang cukup tinggi, sehingga singkong dapat mencegah sembelit.

Serat yang terkandung didalam singkong juga dapat membantu Anda dalam upaya menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Selain dari itu, kandungan dari serat dari singkong ini juga mendatangkan manfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar dalam kolesterol, menurunkan risiko obesitas, serta dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Manfaat dari tubuhan singkong ini juga bisa didapatkan bagi Anda yang sedang memiliki penyakit diabetes.

Makan singkong juga dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar gula darah yang ada pada tubuh anda.

Hal ini karena serat pada singkong dapat memperlambat dari proses penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Mineral

Selain itu tanaman singkong juga mengandung sumber mineral yang cukup banyak seperti kalsium, fosfor, zat besi, serta kalium.

Mineral ini juga diperlukan sebagai pendorong perkembangan, pertumbuhan, dan menjalankan fungsi dari jaringan tubuh.

Kalsium juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Zat besi bisa membantu Anda dalam proses pembentukan protein (hemoglobin dan myoglobin) yang dapat membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda.

Kalium diperlukan untuk sintesis protein dan dapat membantu Anda dalam pemecahan karbohidrat.

Selain itu, singkong ini juga mengandung zat magnesium dan tembaga yang terbilang cukup tinggi.

Magnesium ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko serangan osteoporosis.

Tembaga juga dapat menjaga fungsi sistem saraf agar tetap terjaga dan sehat.

Vitamin

Tanaman singkong ini memberikan banyak sekali manfaat yang apabila manfaat tersebut bisa kita ambil dengan cara mengkonsumsinya dengan rutin.

Kandungan dari singkong tersebut juga dapat memberikan manfaat yang positif yaitu untuk melindungi tubuh dari adanya ancaman penyakit kanker usus besar dan juga mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

Selain itu, vitamin C pada tanaman singkong juga bisa melindungi Anda dari penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker yang lainnya.

Manfaat Daun Singkong

Ciri Ciri Tanaman Singkong

1. Sumber Tenaga

Kandungan dari berbagai macam protein atau asam amino esensial yang terkandung pada daun singkong merupakan sumber tenaga atau energi yang dapat bermanfaat untuk manusia.

Zat asam amino esensial ini dapat membantu mengubah karbohidrat menjadi energi lalu energi tersebut akan digunakan tubuh dalam beraktivitas sehari-hari.

2. Metabolisme Tubuh

Daun singkong ini juga mengandung banyak sekali protein dan kaya akan sumber protein nabatinya.

Protein nabati yang terkandung di dalam daun singkong ini banyak mengandung vitamin B yang dibutuhkan tubuh sebagai pembentuk dari sel-sel tubuh.

Sel-sel tubuh tersebut akan membentuk enzim-enzim yang dapat membantu dalam proses metabolisme dalam tubuh manusia.

3. Sumber Antioksidan

Daun singkong juga menjadi salah satu sumber antioksidan yang terbilang sangat baik didalam mencegah serta membuang zat-zat dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Zat-zat dari radikal bebas ini menjadi salah satu penyebab dari berbagai penyakit-penyakit yang berbahaya seperti penyakit kanker.

4. Diet

Manfaat yang bisa kita ambil di daun singkong yang satu ini pasti disetujui oleh banyak kalangan wanita.

Daun Singkong ini sangatlah baik untuk seseorang yang sedang menjalankan proses penurunan berat badan atau diet.

Selain dari kalori yang terkandung sangatlah rendah, kandungan dari serat dan protein yang tinggi juga sangat ideal apabila digunakan sebagai alat untuk penunjang diet sehat sehari-hari.

5. Regenerasi Sel Tubuh

Asam amino esensial yang terkandung di dalam daun singkong juga merupakan salah satu sumber terpenting dalam menjaga dan meregenerasi sel yang ada di dalam tubuh manusia.

Asam amino ini merupakan protein yang dapat membantu dalam proses menumbuhkan sel yang sudah rusak serta dapat memberikan perbaikan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi dengan normal.

6. Pencernaan

Anda pastinya juga sudah mengetahui bahwa serat dari sayuran sangatlah baik untuk proses pencernaan sehingga dapat membantu Anda dalam upaya menyehatkan usus besar Anda.

Daun singkong ini juga mengandung banyak sekali serat yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Apabila Anda mengonsumsi daun singkong ini, pencernaan di dalam tubuh Anda akan menjadi semakin baik.

Sekarang, Anda sudah tahu kandungan serta manfaat yang terkandung dari daun singkong ini.

Mulai dari sekarang masukkan singkong kedalam menu harian Anda dan keluarga untuk mendapatkan berbagi manfaat pada saat Anda mengonsumsi daun singkong ini.

Peluang Usaha

Tahukah Anda bahwa disetiap hal yang telah dekat dengan kehidupan kita sebenarnya memiliki nilai jual yang cukup untuk Anda jadikan peluang bisnis.

Maka tak heran apabila sumber daya khas yang ada pada daerah-daerah tertentu dapat dijadikan bisnis yang khas pada daerah atau wilayah itu pula.

Sebut saja di daerah yang mempunyai jenis tanah dominan adalah tanah liat, maka pasti industri yang berdiri di dekatnya adalah industri keramik.

Di daerah lain lagi, didaerah pesisir pantai misalnya, industri yang dominan berdiri didaerah pantai yaitu berupa industri garam atau ikan.

Nah, di artikel kali ini kami akan membagikan sedikit pengetahuan kepada Anda peluang yang bisa Anda tekuni dan bisa Anda upayakan dari tanaman yang banyak sekali ditemukan di Indonesia, yakni tanaman singkong.

Semenjak jaman dulu sebenarnya singkong ini sudah menjadi makanan utama bagi masyarakat tertentu.

Namun semenjak beras menjadi sangat populer karena kebijakan dari pemerintah, keberadaan singkong kini mulai tergeserkan.

Seakan-akan makanan ini telah menjadi makanan kelas dua.

Kendati begitu, sebenarnya singkong ini juga bisa menjadi jalan masuk untuk pundi-pundi emas yag dapat mengalir ke dalam dompet anda.

Tentu saja hal tersebut juga perlu ada upaya yang lebih untuk menaikkan nilai jual dari singkong yang terhitung rendah ini.

Bagaimana sebenarnya prospek dari bisnis singkong dan apa saja peluangnya? Mari kita temukan jawaban tersebut secara bersama.

Prospek Bisnis Singkong

prospek bisnis ksingkong

Tak perlu diragukan lagi, prospek dari bisnis singkong di Indonesia kini masih cerah.

Terutama di daerah metropolitan atau perkotaan maupun di sekitar tempat wisata.

Para pengamat dari agribisnis atau bisnis yang berbasis usaha pertanian atau dibidang lain yang mendukungnya melihat singkong ini masih punya prospek bisnis yang bisa terbilang sangat baik.

Dilihat mulai dari pembibitan dari singkong hingga nanti pada proses pengolahannya, bisnis ini akan masih berdiri tegak dengan sangat baik.

Paling tidak masih ada tiga alasan yang membuat prospek dari singkong ini masih cerah.

Pertama, karena kebutuhan daripada konsumen akan singkong ini diprediksi akan terus menerus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Kebutuhan dari singkong ini bahkan dapat dilihat secara nasional.

Tidak terpusat pada Pulau Jawa saja, akan tetapi hal tersebut juga dapat dilihat daerah lain semisal di Sumatera, dan sebagian Pulau di Kalimantan.

Kedua, untuk budidaya singkong ini termasuk usaha yang tahan akan krisis.

Harga dari singkong yang diprediksi akan stabil dan tidak dapat bergantung pada kondisi ekonomi nasional.

Hal tersebut dikarenakan karena tanaman singkong ini bisa tumbuh pada lahan yang kritis.

Belum ditambah lagi dengan usaha pemupukan serta perawatan yang minim.

Itulah alasan mengapa bila di Yogyakarta, tanaman singkong ini bisa tetap tumbuh di tanah-tanah yang terbilang sangat kering seperti di daerah Gunung Kidul.

Ketiga, peta dari persaingan bisnis singkong ini dipercaya masih belum terpantau terlal ketat.

Hingga saat ini jenis singkong yang banyak dikenal orang adalah budidaya singkong Gajah dan singkong Manggu.

Singkong Manggu ini barangkali lebih banyak dikenal pada sebagian kalangan, sedangkan untuk singkong Gajah baru dikenal belakangan ini.

Kebutuhan singkong nasional teruslah meningkat.

Itulah yang membuat tanaman singkong ini selalu terserap dipasaran dan pelaku usaha tak perlu khawatir dengan persaingan yang ketat.

Jenis Singkong Yang Berpotensi Dijadikan Bisnis

Seperti yang sudah sedikit kita disinggung di atas, paling tidak ada dua jenis tanaman singkong.

Dan ciri ciri tanaman singkong yang saat ini sangat populer untuk Anda budidayakan, yakni singkong gajah dan singkong manggu.

Mengapa harus dua jenis singkong ini? Karena kedua singkong ini diyakini sebagai jenis tanaman singkong yang unggul.

Dari sejarah kehadiran dari singkong di Indonesia, ada fakta menarik yang perlu Anda tahu.

Ternyata singkong tanaman ini bukanlah tanaman asli dari negara Indonesia.

Pada awalnya, tanaman singkong ini dikenal di negara Brazil dan Paraguay.

Lalu tanaman singkong ini masuk ke Indonesia yang dibawa oleh orang-orang Portugis pada sekitar abad 16 lalu.

Itu tadi sedikit artikel mengenai ciri ciri tanaman singkong semoga artikel yang dapat kami bagikan ini dapat berguna dan dapat bermanfaat untuk Anda. sekian