Select Page

Resep cendol tepung beras atau cendel yang terbuat dari tepung beras. Cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe (tepung dari kacang hijau), namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Selain untuk dibuat dari Resep cendol Tepung beras Juga bisa dibuat berbagai macam kue

Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah ‘cendol’ mungkin sekali berasal dari kata ‘tjendol’, yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia.

Rupanya hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol. Tak hanya cendol Tepung juga bisa untuk membuat slime.

Resep Cendol Tepung Beras

Es cendol berasal dari Sunda yaitu Bandung, sedangkan es dawet berasal dari Tanah Jawa yaitu Banjarnegara. Perbedaan yang lainnya adalah pada bahan dasar es cendol dulunya terbuat dari tepung hunkwe, Sedangkan bahan dasar es dawet dulunya terbuat dari tepung beras ataupun tepung beras ketan. Dawet Jepara menggunakan tepung sagu aren. Sedangkan Dawet asal daerah selain Jepara menggunakan tepung beras atau beras ketan. Cara membuat cendol minuman khas Jawa Barat itu terbuat dari tepung hunkwe.

Resep Cendol Tepung beras yang mudah

Bahan Resep Cendol Tepung Beras:

  • 100 gram tepung hunkwe
  • 50 gram tepung beras
  • 100 ml air perasan daun pandan dan suji
  • 700 ml air putih
  • 1 sdt garam.

Cara Membuat Resep Cendol Tepung Beras:

  1. Campur semua bahan menjadi satu.
  2. Masak sambil terus diaduk hingga adonan matang dan kental. Angkat, sisihkan.
  3. Kemudian siapkan air dingin atau air es di dalam wadah.
  4. Letakan cetakan cendol di atas wadah berisi air dingin ata air es.
  5. Tuang adonan cendol ke dalam cetakan.
  6. Tekan-tekan sampai adonan cendol keluar menjadi butiran cendol dan masuk ke dalam air.
  7. Lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.

Setelah cendol selesai, saatnya untuk menyajikan berbagai es yang enak dan menyegarkan. Berikut cara membuat cendol yang enak dan kenyal.

Penyajian Resep Cendol Tepung Beras Meriah

Bahan-bahan Resep Cendol Tepung Beras Meriah:

  • Cendol hijau
  • 5 buah daging buah nangka (potong-potong)
  • 2 buah alpukat (potong-potong)
  • 100 gram tape singkong
  • Es batu secukupnya
  • Bahan Sirup Gula Merah :
  • 500 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 3 lembar daun pandan

Campur dan didihkan semua bahan hingga larut kemudian saring.

Bahan Saus santan:

  • 1,5 L santan kelapa
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan

Campur semua bahan dan didihkan tapi jangan sampai santan pecah.

Saran Penyajian Es Cendol Meriah:

  1. Siapkan gelas saji
  2. Susun es batu, cendol, nangka, alpukat dan tape singkong.
  3. Selanjutnya tuang sirup gula merah dan santan di atasnya.
  4. Es dari Resep cendol tepung beras meriah siap dinikmati.

Resep Cendol Tepung Beras juga Bisa Dikreasikan Menjadi Apapun

Cara membuat cendol yang dikenal dengan sebutan biji dawet ini memiliki bentuk bulat lonjong kecil. Butiran cara membuat cendol ini merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat minuman segar. Seperti es cendol banjarnegara (es dawet ayu) dan es cendol meriah ala Bandung. Keunikan cara membuat cendol ternyata tak melulu diolah menjadi minuman segar saja, karena kini cendol dapat dikreasikan menjadi sebuah puding yang enak dan lezat.

Untuk minuman es cendol yang biasanya sering kita jumpai di pinggiran jalan atau dijajakan keliling adalah es cendol dawet ayu. Es dawet ayu ini merupakan kreasi olahan cendol terpopuler yang berasal dari kota Banjarnegara Jawa Tengah. Di sana ada banyak kreasi cendol dengan warna yang menggoda. Seperti cara membuat cendol hijau (dawet hijau) yang dibuat dari pewarna alami daun suji atau daun pandan.

Resep Cendol Tepung Beras Lainnya

Kemudian cara membuat cendol hitam Khas Purworejo yang dibuat dari bubuk arang padi (abu merang), serta es cendol merah (red dawet) yang dibuat dari warna buat bit atau pewarna makanan yang sehat, halal dan tentu saja berkualitas. Butiran cara membuat cendol ini terbuat dari tepung beras yang biasanya disajikan bersama sirup gula merah dan santan kental. Tampilan es cendol seperti ini merupakan kreasi olahan es dawet ayu Banjarnegara.

Selain itu ada lagi kreasi dari es cendol sederhana yang ditambahkan dengan irisan buah alpukat, nangka dan durian. Es cendol komplet spesial dengan tambahan buah di dalamnya di sebut es cendol meriah yang merupakan salah satu minuman segar ala Bandung. Tekstur cara membuat cendol yang kenyal dan lembut dipadukan dengan sirup gula, santan dan butiran es batu ini paling enak dinikmati ketika cuaca panas dan terik.

Resep Cendol Tepung Beras Merah Putih

Es Cendol Merah Putih menggunakan tepung beras dan tepung kanji sebagai bahan cendolnya. Warnanya cantik dan rasanya manis-gurih berkat perpaduan sirop dan santan. Wajib coba!
Tingkat kesulitan: mudah
Waktu memasak: 60 menit 
Untuk: 8 porsi

Bahan

Cendol Merah
  • 50 g tepung beras
  • 20 g tepung kanji
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt air kapur sirih
  • 600 ml air
  • ¼ sdt pewarna merah
Cendol Putih
  • 100 g tepung beras
  • ½ sdt garam
  • 250 ml air mendidih
  • 25 g tepung kanji
Sirop: masak hingga menjadi sirop yang kental
250 g gula pasir
4 lembar daun pandan, potong-potong
10 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
200 ml air
Kuah santan: rebus jadi satu
600 ml santan, dari ½ butir kelapa
½ sdt garam
2 lembar daun pandan, potong-potong/simpulkan

Cara Membuat:

  1. Cendol merah: Campur tepung beras, tepung kanji, dan garam. Tuangi air kapur sirih dan 100 ml air, aduk hingga menjadi adonan yang halus dan licin. Tambahkan pewarna merah, aduk rata. Jerang sisa air (500 ml) dalam panci hingga panas (tidak perlu mendidih) tuangi larutan tepung beras, masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih dan meletup-letup (± 10 menit), angkat dari atas api. Biarkan hingga hangat.
  2. Taruh saringan cendol di atas mangkuk berisi air es. Tuangi sedikit adonan cendol merah, tekan-tekan dengan sendok nasi atau spatula lebar hingga adonan keluar. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Tiriskan cendol merah dari air perendamnya.
  3. Cendol putih: Taruh tepung besar dan garam dalam mangkuk. Tuangi air mendidih dalam 3 tahapan sambil aduk menjadi adonan yang licin dan halus. Tambahkan tepung kanji, aduk rata.
  4. Jerang air yang banyak dalam panci di atas api sedang hingga mendidih. Taruh saringan cendol di atas panci, tuang sedikit adonan cendol putih, tekan-tekan dengan sendok nasi atau spatula lebar hingga adonan cendol keluar dan jatuh ke dalam air mendidih. Masak hingga adonan mengapung sambil sesekali diaduk. Angkat dan tiriskan, masukkan ke dalam air dingin.
  5. Penyajian: Tuang sirop ke dalam gelas saji. Tambahkan cendol merah dan cendol putih ke dalam gelas. Tuangi kuah santan, tambahkan es batu/es serut, hidangkan.

Tips Bisnis Makanan

Bisnis kuliner merupakan sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan dan menguntungkan meskipun harus memulainya dengan modal kecil namun memiliki ide serta strategi yang tepat.

Banyak orang merasa kesulitan untuk memulai bisnis ataupun usaha hanya dengan alasan keterbatasan modal.
Akan tetapi sesungguhnya peran uang sebagai modal usaha hanya berperan sekitar 10% untuk menjamin keberhasilan dari bisnis yang akan dijalankan.
Selebihnya adalah modal yang bukan berupa uang namun harus dimiliki oleh semua orang yang akan memulai usaha yaitu:

Pengalaman

Pengalaman adalah modal yang paling penting dari semua modal yang diperlukan dalam memulai usaha. Ini bisa digunakan sebagai titik sentral didalam menentukan jenis usaha yang akan dijalani.

Pengetahuan

Dengan semakin banyaknya pengalaman maka pengetahuan juga akan menyeimbanginya. Dengan pengetahuan diharapkan kita bisa menguasai pasar dengan baik.

Skill (Keahlian)

Bila mempunyai skill tertentu (dalam hal ini memasak) tentunya akan jauh lebih baik lagi untuk mendukung sebuah bisnis kuliner. Usaha yang dilandaskan oleh skill akan cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan usaha yang tidak dlandasi dengan keahlian.

Keberanian

Maksud dari keberanian disini adalah berani mengatasi rasa takut menanggung resiko yang akan datang.

Kreativitas dan Inovasi

Buat masakan-masakan yang beda dari rumah makan lainnya. Gunakan kreativitas untuk membuat resep-resep baru yang dapat menjadi ciri khas dari usaha makanan yang kita jalankan.

Semangat

Dukungan semangat dari rekan-rekan juga merupakan modal yang tidak kalah bernilainya dari sekadar modal uang.

Faktor yang Penting dan Strategi Memulai Usaha Bisnis Kuliner

Modal dana serta kemampuan personal sudah dimiliki, selanjutnya adalah langkah penting yang perlu diterapkan untuk suksesnya sebuah bisnis kuliner dengan mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini.

#1 Menentukan Lokasi Tempat Usaha yang Strategis

Ini poin yang teramat penting dan mendukung lebih dari 50% akan keberhasilan sebuah bisnis kuliner yang dipilih.

Menemukan tempat lokasi usaha yang strategis tidak begitu sulit dengan cara kita peka terhadap situasi serta perkembangan lingkungan sekitar.

Usaha makanan sebaiknya harus memilih tempat dimana lingkungannya adalah orang sibuk serta memiliki daya beli yang tinggi.

Contoh lokasi bisnis makanan yang paling ideal dan realistis adalah seperti dalam area kampus, perkantoran, terminal, dan juga area wisata.

#2 Membuat Tempat Usaha yang Menarik dan Nyaman

Lokasi strategis telah dimiliki selanjutnya adalah memikirkan tentang ketertarikan konsumen ketika melihat gerai, kedai, resto, ataupun warung makan yang sudah anda bangun.

Ciptakan nuansa yang unik sehingga mereka bisa tertaik ketika pertama kali melihatnya. Jangan sampai pernah mengabaikan kenyamanan pengunjung karena ini akan memberikan dampak sensasi tersendiri sehingga mereka merasa ingin terus kembali mengunjungi tempat anda.

Membuat kondisi lingkungan usaha kuliner nyaman dan menarik meliputi beberapa hal diantaranya adalah:
Kebersihan adalah poin paling utama

  • Tidak terlalu sempit untuk duduk dan menikmati makanan
  • Sirkulasi udara yang bebas
  • Berikan sedikit hiburan, TV, Musik, WiFii dll.

#3 Utamakan Cita Rasa Olahan yang Disajikan

Rasa makanan adalah hal paling segalanya bagi para konsumen sehingga mereka yang akan menilai kualitas dari sajian kuliner makanan yang akan anda hidangkan.

Demi kelangsungan bisnis kuliner tetap berkembang maka beranilah untuk merekrut orang yang benar benar ahli dalam di bidang ini juga khususnya dalam memasak.

Konsumen yang penggila kuliner akan berani membayar lebih mahal dengan kualitas citarasa yang tinggi.
Mereka tidak akan pernah kecewa yang kemudian akan kembali dengan membawa konsumen lain untuk ikut merasakan hasil olahan di tempat anda.

Makanan enak tidak harus dibuat dengan bahan yang mahal, mempertimbangkan modal usaha yang kecil, maka membuat jenis masakan sederhana tetap dapat menjadi pilihan yang menjanjikan.

#4 Pemilihan Nama Tempat Usaha Kuliner yang Unik

Menamai warung, resto ataupun kafe dengan kata dan istilah istilah yang unik akan membuat kesan pertama yang bisa membuat konsumen ingin mencobanya.

Meskipun sajian makanan yang ini disediakan adalah bukan makanan khas alias sudah umum, namun tidak ada salahnya juga jika di tambahkan juga dengan seruan yang lebih menggoda konsumen.

Strategi Pemasaran Paling Jitu Untuk Usaha Kuliner

Setelah semua itu sudah tertata rapi dalam suatu konsep yang matang, langkah berikutnya yang kita lakukan adalah memasarkan usaha kuliner yang telah kita rintis.

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam memasarkan suatu usaha kepada konsumen, misalnya melaui iklan, brosur, dan spanduk atau dengan memasang papan nama dengan ukuran yang besar agar mudah dibaca dan harus tampak dengan jelas.

Contoh Bentuk Bisnis Makanan yang Menjanjikan Dengan Anggaran Modal Kecil

Beberapa contoh bentuk usaha kuliner berikut ini adalah yang bisa dimulai dengan dukungan modal yang kecil namun tetap berpeluang memberikan penghasilan dan keuntungan.

#1 Usaha Minuman atau Jajanan di Jalan

Resep cendol tepung beras bisa menjadi bahan untuk berjualan minuman atau Jajanan di jalan mungkin akan akan sangat menguntungkan karena orang-orang akan bisa menemukan dengan mudah dan mereka akan menyukai nya.

#2 Usaha Katering Kecil Kecilan

Bisnis katering dengan keterbatasan modal bukan sesuatu yang sulit untuk dipilih dan juga bisa pula dijadikan salah satu dalam bentuk usaha rumahan yang seperti berpeluang mendatangkan penghasilan.

Untuk memulainya bisa dengan menawarkan pelayanan konsumsi untuk karyawan kantor dengan kapasitas kecil, atau ketika ada event dan acara acara terentu di lingkungan sekitar anda saja.

Seperti pada acara resepsi pernikahan, ulang tahun ataupun jamuan makan lainnya yang termasuk dalam skala kecil artinya maksimum untuk konsumsi antara 200 hingga 500 orang.

#3 Warung Mie Ayam dan Bakso

Membidik peluang usaha dengan modal kecil berikutnya adalah membuka usaha dalam kuliner yang sederhana seperti jenis warung mie ayam atau bakso.

Menjual mie ayam memang sepintas tampak terlalu biasa namun jika anda mengetahui perhitungannya maka jangan heran kalau keuntungan jualan mie ayam bisa 2 kali lipat dari modal.

#4 Warung Kopi Sederhana

Bisnis kuliner yang satu ini juga tidak bisa di anggap remah karena sudah banyak para pelaku usaha makanan yang sukses berawal dari membuka warung kopi sederhana.

Warung kopi memang identik dengan tempat nongkrong, jadi buatlah suasana kedai kopi yang nyaman dan membuat konsumen betah.

Sediakan menu menu ringan lainnya selain hanya jenis minuman termasuk hidangan jajanan dan tidak menutup kemungkinan bisa juga dikembangkan menyediakan makanan berat lainnya.

Resep Cendol tepung beras ini akan sangat bermanfaat bila kita memanfaatkannya untuk keuntungan kita bisa dalam memulai usaha ataupun dalam hal lainnya. Resep cendol tepung beras sangat mudah untuk dibuat dan juga di gunakan dalam dunia usaha. Tepung beras berasal dari tanaman padi yuk cari tahu cara tanam padi dan keunikan tanaman padi di jepang.