Select Page

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah nanas

 

Manfaat Buah Nanas buah ini identik dengan bentuk mata yang banyak dan memiliki warna kuning keemasaan. tanaman nanas dapat tumbuh subur pada daerah beriklim tropis seperti Indonesia dengan masa panen relatif singkat, yakni antara 2 sampai 3 kali setahun.

Manfaat Buah Nanas banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Buah nanas mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Bromelain bermanfaat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan serat pada buah nanas dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.
Nanas juga mengandung phitochemical yang baik untuk kesehatan. Phitochemical adalah zat, gizi yang terdapat pada tumbuhan yang memilki aktifitas biologi yang bisa menguntungkan tubuh, sebagai antioksidan. Buah ini mengandung enzim bromelain yang dapat mengubah protein pada susu daging dan gelatin sehingga membuat bahan makanan menjadi basah. Nanas dapat melunakkan daging dengan cara meletakkan potongan nanas pada daging, namun jangan terlalu lama supaya tidak mengalami kelembekkan.
Meskipun rasa asam buah nanas tidak berbahaya bagi penderita maag. kandungan phitochemicalnya bisa menurunkan PH tinggi hingga dapat mengontrol asam lambung. Untuk menambah manfaat buah nanas konsumsi secara utuh. sebagai campuran selada buah dan es buah. namun nanas yang telah diolah menjadi dodol nanas, krippik nanas atau olahan nanas lainnya, zat gizi atau enzimnya sudah tidak utuh.

Kegunaan dari buah Nanas :

1. mencegah derpesi dan penyakit kecemasan

tidak hanya dapat meringankan gejala arthritis, buah nanas bisa mencegah depresi maupun gangguan kecemasan. Buah nanas merupakan sumber asam amino triptofan, yang merupakan senyawa yang digunakan tubuh untuk menghasilkan hormon serotonin, hormon bahagia yang utama.

Rajin mengonsumsi buah nanas, dapat meningkatkan kondisi modmu, sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya depresi, maupun gangguan kecemasan.

2. Mengurangi Peradangan

Nanas yang memiliki kandungan bromelain sangat tinggi juga bisa mengurangi peradangan. Saat radang, cobalah minum jus nanas atau memakannya langsung. Hindari mengonsumsinya saat perut kosong karena bisa membuat lambung “kaget”.

3. Mencegah Asma

Beberapa penelitian menyebut kandungan beta-karoten dalam nanas dapat mengurangi risiko asma yang disebabkan oleh olahraga berlebih.Salah satu manfaat terbesar dari buah nanas adalah dapat mencegah penyakit asma. Kandungan beta-karoten pada buah nanas, mampu untuk menurunkan resiko asma. asma terjadi karena polusi udara, efek obat antibiotik, kurang gizi, asma dapat dicegah dengan cara mengonsumsi buah nanas, yang memiliki kemampuan untuk mendektosifikasi racun yang masuk ke dalam tubuh.

4. Melawan berbagai penyakit

Buah nanas mengandung beragam nutrisi. Salah satunya adalah bertindak sebagai molekul antioksidan. Seperti yang mungkin sering Anda dengar, molekul antioksidan dapat melawan radikal bebas, atom tak stabil yang bisa menyebabkan kondisi tekanan oksidatif di tubuh.

Tekanan oksidatif bisa menyebabkan peradangan kronis, pelemahan daya tahan tubuh, serta beragam penyakit. Beberapa penyakit tersebut, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu.

Zat gizi yang memiliki sifat antioksidan dalam buah nanas, yakni flavonoid dan asam fenolik.

5. mencegah penyakit kangker

Dikutip dari healthline.com, studi menunjukkan bahwa kandungan bromelain pada nanas memiliki potensi untuk bertindak sebagai agen melawan kanker yang efektif. Secara khusus, bromelain dapat bekerja bersamaan dengan kemoterapi untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

buah nanas mencegah radikal bebas masuk. Radikal bebas ini bisa berupa asap rokok yang mengandung racun atau partikel berbahaya lainnya. Partikel tersebut dapat memicu terjadinya abnormalitas pada sel sehingga kanker terbentuk.

Jika Anda merokok, coba kurangi aktivitas berisiko tersebut. Perbanyak makan nanas sebagai pengganti camilan atau untuk pengganti makanan penutup siang.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Nanas pun juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Hal itu berkat kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam nanas.mengonsumsi nanas secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Kandungan dari nanas baik untuk kesehatan jantung. Pertama adalah potasium. Zat ini baik untuk menyeimbangkan kandungan air di dalam tubuh. Kandungan air dalam tubuh biasanya kacau akibat sodium atau garam yang dikonsumsi. Penyeimbangan air ini akan menurunkan risiko hipertensi.

Kandungan kedua yang baik untuk jantung adalah vitamin C. Zat ini mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah seperti penebalan atau penyumbatan akibat kolesterol jahat.

7. Meningkatkan Kesuburan

Jus nanas mengandung beberapa vitamin dan mineral bermanfaat, termasuk vitamin C, beta-karoten, zinc, dan folat. Kandungan-kandungan zat tersebut dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Namun, hindari mengonsumsi nanas muda untuk ibu hamil karena dapat berisiko mengalami keguguran.

Kandungan dalam nanas dapat meningkatkan kesuburan laki-laki dan perempuan. Antioksidan ini dipercaya dapat membantu menyingkirkan radikal bebas di dalam tubuh dengan cepat.

8. Meningkatkan Penglihatan

Nanas memiliki kandungan beta-karoten yang banyak. Dalam proses pencernaan, beta-karoten dapat diolah oleh tubuh  menjadi vitamin A yang sangat baik untuk mata.

Vitamin C yang banyak manfaatnya,selain itu nanas juga mengandung vitamin A. Kalian mengalami masalah pada penglihatan ketika tua, konsumsilah nanas secara rutin dalam bentuk jus atau dimakan secara langsung.

Konsumsi tanpa menggunakan gula agar khasiat dari buah ini semakin efektif jangan makan nanas.Hal tersebut bisa memicu asam lambung naik. Minumlah jus nanas setelah makan sebagai pencuci mulut.

9. Meringankan gangguan pencernaan

Buah nanas mengandung bromelain, grup enzim yang sangat baik untuk pencernaan. Enzim ini bekerja dengan memecah molekul protein, menjadi bagian-bagian seperti asam amino dan peptida kecil.

Protein yang sudah terpecah, lebih mudah diserap oleh usus. Kondisi ini yang membantu orang yang memiliki insufiensi pankreas, yang membuat kalenjar pankreas tidak dapat memproduksi enzim pencernaan dengan cukup.

10.Membuat tulang lebih sehat

Mengonsumsi nanas dalam jumlah yang seimbang akan membuat tulang menjadi lebih sehat. Nanas mengandung senyawa  yang baik untuk tulang dan juga tendon dari otot yang mengelilinginya.

  • Melancarkan pencernaan protein :Manfaat ini dapat kita peroleh karena buah tersebut memiliki enzim bromelain dalam jumlah besar. Enzim ini berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan dan sebagai pelega tenggorokan. Enzim bromelain berfungsi sebagai protein yang terdapat dalam makanan hingga dapat diserap oleh tubuh.
  • Mempercepat proses penyembuhan luka : Fungsi Enzim Bromelain adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka serta mengurangi peradangan dan pembengkakan dalam tubuh. Untuk pasien yang akan atau telah menjalani operasi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah nanas.
  • Berfungsi sebagai pembersih : nanas ini berfungsi untuk pembersih ini diperoleh dari enzim bromelain yang dapat membantu kadar asam dalam darah menjadi seimbang. Disamping itu Nanas dapat mengurangi kadar air yang berlebihan dari dalam tubuh sehingga membantu menyembuhkan penyakit Edema. Selain asam aspartic yang terkandung dalam nanas juga dapat membuang asam amonia yang merupakan racun berbahaya dari dalam tubuh.
  • Dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan.
  • Membantu pencernaan makanan di lambung.
  • Antiradang.
  • Peluruh kencing (diuretik).
  • Membersihkan jaringan kulit yang mati.
  • Mengganggu pertumbuhan sel kanker.
  • Menghambat penggumpalan trombosit.

Efek Samping dari Buah Nanas:

  • Nanas muda berpotensi abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.
  • Nanas dapat memicu rematik, di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol.hal Ini bisa memicu kekambuhan rematik gout. Penderita penyakit rematik dan radang sendi sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.
  • Meningkatkan kadar gula darah. Buah nanas yang sudah masak atau matang mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Jadi, untuk penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.
  • Terkadang sehabis makan buah nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal-gatal. Untuk menghindari hal tersebut, sebelum dimakan buah nanas, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam.

Nah, itulah ulasan tujuh manfaat ajaib dari buah nanas, yang ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh, maupun untuk perawatan kecantikan. Semoga bermanfaat!

× Whatsapp Kami!