Select Page

Tape singkong adalah makanan yang umum dikonsumsi di Indonesia. Makanan tradisional ini berasal dari jawa, tetapi sudah sangat familiar di berbagai daerah. Kali ini kita akan membahas tentang tape singkong yaitu kandungan gizi, manfaat, bahaya, dan cara membuat tape singkong.

Tape merupakan makanan yang berbahan dasar singkong yang difermentasikan. Karena melalui proses fermentasi tape mengandung alkohol. Tetapi tape memiliki rasa yang manis, tekstur yang lembek dan lengket. Kandungan karbohidrat pada tape akan memberikan efek mengenyangkan.

Terdapat beberapa jenis tape di Indonesia seperti tape ketan, tape singkong, tape pisang ,dan lain-lain. Dan kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat tape singkong.

Kandungan Nutrisi Pada Tape Singkong

Tape Singkong adalah makanan fermentasi dari singkong yang memiliki rasa yang manis. Makanan ini mengandung energi sebanyak karbohidrat 42,5 gram, protein 0,5 gram, 173 kilokalori,kalsium 30 smiligram, lemak 0,1 gram, zat besi 0 miligram, dan fosfor 30 miligram

Selain itu tape singkong juga mengandung vitamin C 0 miligram, vitamin A sebanyak 0 I,  dan vitamin B1 0,07 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Tape Singkong, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Manfaat Tape Singkong

Tape Membantu Tubuh Lebih Berenergi

Tape adalah makanan yang terbuat dari singkong atau ketan. Bahan ini adalah sumber karbohidrat yang sangat tinggi. Mengkonsumsi tape juga akan mengenyangkan seperti mengkonsumsi nasi.

Karbohidrat akan menjadi sumber energi yang sangat potensial untuk tubuh dan membantu pemecahan protein sehingga tubuh menjadi lebih bugar.

Obat Jerawat

Tape juga bisa menjadi salah satu obat yang sangat ampuh untuk jerawat. Kandungan pada tape bisa membantu tubuh dalam menetralisir racun yang menumpuk pada permukaan pori-pori kulit. Kulit yang mengandung banyak kotoran akan dapat menimbulkan jerawat

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik maka Anda bisa menggantikan beberapa olahan tape singkong atau camilan yang digoreng dengan tape.

Sumber Karbohidrat yang Baik

Manfaat tape singkong yang kedua adalah sebagai sumber karbohidrat. Jika dibandingkan dengan nasi, singkong memang merupakan karbohidrat yang lebih baik karena memiliki kadar GI (glycemic index) yang lebih rendah. Sebagai sumber karbohidrat, tape singkong dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.

Mengontrol Tekanan Darah

Khasiat tape singkong yang lain adalah untuk mengontrol tekanan darah. Tape singkong mengandung kalsium yang merupakan mineral yang baik untuk menjaga tekanan darah normal. Kalsium memiliki peran dalam pelebaran pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Manfaat tape singkong yang satu ini juga menjadikan tape singkong sebagai makanan yang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung.

Selain itu, karbohidrat kompleks pada tape singkong juga membuatnya menjadi lebih lama dicerna oleh sistem pencernaan sehingga membuat kenyang lebih lama. Hal ini membuat tape singkong bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Baik untuk Pencernaan

Manfaat tape singkong yang pertama adalah untuk memelihara saluran pencernaan. Keberadaan probiotik atau bakteri baik dalam sistem pencernaan merupakan salah satu faktor yang penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan. Salah satu sumber probiotik adalah makanan fermentasi.

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa tape singkong yang merupakan makanan hasil fermentasi memiliki kandungan bakteri baik yang cukup tinggi. Bakteri baik ini berasal dari berbagai mikroorganisme yang ada dalam ragi tape. Bakteri baik ini memiliki fungsi untuk menjaga fungsi usus hingga mencegah kanker usus.

Memelihara Otot dan Saraf

Manfaat tape singkong selanjutnya adalah dapat melihara otot dan saraf dalam tubuh. Karena terdapat kandungan vitamin B1 atau tiamin di dalam tape singkong, maka tape singkong dapat membantu memelihara otot dan saraf di dalam tubuh. Selain memelihara otot dan saraf, vitamin B1 juga memiliki manfaat penting lainnya bagi.

Tubuh seperti memelihara fungsi kognitif otak, mencegah stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi penyakit.

Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Manfaat tape singkong yang ketujuh adalah dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Tape singkong dipercaya dapat mengikat dan mengeluarkan toksin atau racun yang biasanya berasal dari fungi atau disebut juga sebagai aflatoksin.

Keberadaan aflatoksin dalam tubuh ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan hasil fermentasi lain yang mungkin mengandung aflatoksin.

Mencegah Anemia

Khasiat tape singkong yang keempat adalah mencegah anemia. Rendahnya produksi sel darah merah yang disebabkan oleh berbagai faktor dapat menyebabkan anemia. Mikroorganisme yang dalam ragi tape dipercaya dapat membantu produksi vitamin B12 bagi tubuh.

Kandungan vitamin B12 dan kalsium dalam tape singkong dipercaya memiliki peran dalam proses produksi sel darah merah sehingga anemia pun dapat dicegah.

Bagus untuk Diet

Walaupun karbohidrat pada tape singkong sangat tinggi, tapi kandungan lemaknya sangat rendah. Apalagi tape juga mengandung serat larut dalam air yang dapat membantu proses pencernaan, sehingga tape merupakan makanan yang cocok untuk orang yang sedang menjalankan program diet.

Meredakan Sakit Maag

Baisaanya orang yang sedang sakit maag akan menghindari makanan asam. Tapi, pengecualian untuk tape singkong, karena manfaat tape singkong yang selanjutnya akan meredakan sakit maag.

Caranya, konsumsilah tape singkong pada pagi hari sebelum sarapan atau makan sesuatu yang lain, Secara berangsur-angsur maka sakit perut dan rasa mual akan berkurang.

Ada juga manfaat lainnya di manfaat beras merah

Cara Membuat Tape Singkong

Berikut ini adalah resep cara membuat taep singkong. Jika anda ingin membuat tape singkong sendiri dirumah silahkan bisa dicoba.

Bahan:

  • 2 kg singkong fresh
  • 6 biji ragi yang sudah dijemur sebelumnya
  • 1 sdm gula pasir
  • daun pisang

Cara membuat tape singkong:

  1. Kupas singkong dan kerik bagian luarnya.
  2. Cuci singkong hingga bersih dan tidak ada lagi bekas tanah yang menempel
  3. Kukus singkong selama kurang lebih 25 menit sampai matang.
  4. Dinginkan singkong selama kurang lebih 10 jam lamanya.
  5. Campur ragi dengan singkong hingga seluruh permukaan singkong terlapisi dengan merata
  6. Masukkan singkong ke dalam wadah yang sudah dilapisi daun pisang.
  7. Tambahkan 1 sdm gula pasir.
  8. Simpan dalam kontainer/wadah penyimpanan hingga 3 hari
  9. Tutup rapat singkong dan simpan di suhu ruang.
  10. Tapai pun siap disajikan.

Macam-Macam Olahan dari Tape Singkong

cara membuat tape singkong

Selain cara membuat tape singkong ada beberapa resep olahan dari tape singkong. Berikut adalah resep-resep olahan tape singkong.

Resep Tape Singkong Goreng

Bahan:

  • 500 gram tape singkong
  • 200 gram tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 100 ml susu cair
  • ½ sdt vanili
  • keju cheddar diparut atau gula halus untuk topping
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Haluskan tape singkong menggunakan tangan, pakai sarung tangan plastik biar lebih higienis.
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan garam, aduk rata kemudian tuang susu cair serta masukkan tape singkong, uleni adonan hingga kalis dan bisa dibentuk.
  3. Panaskan minyak, gunakan api kecil agar nanti hasilnya tidak gosong dan matang merata.
  4. Siapkan 2 buah sendok makan, ambil adonan sebanyak 1 sendok makan penuh, lalu bulat-bulatkan dengan bantuan 1 buah sendok makan lainnya secara bergantian (kalau mau bulat sempurna, bulatkan menggunakan tangan saja). Goreng dalam minyak yang sudah panas hingga matang kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  5. Hidangkan dalam piring saji, taburi dengan parutan keju di atasnya atau guling-gulingkan pada gula halus.

 

Kue Cubit Tape Ketan

Bahan:

  • 4 butir telur
  • ½ sendok the vanili bubuk
  • 200 gram tape singkong di haluskan
  • 120 ml air
  • 120 gram gula pasir
  • 6 sendok  makan mentega cair
  • 120 gram terigu
  • 1 sendok the baking powder
  • Keju Secukupnya

Cara Membuat adonan kue cubit:

  1. Pertama campurkan gula pasir dan telur pada wadah. Lalu kocok kedua bahan ini sampai mengembang dan gula larut.
  2. Kemudian, masukan tape singkong halus ke dalam adonan, aduk perlahan.
  3. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Kocok hingga merata, pastikan tidak ada adonan yang menggumpal
  4. Tambahkan mentega cair dan baking powder, aduk hingga merata
  5. Campurkan vanili bubuk dengan air , lalu diamkan adonan kurang lebih 15 menitTungkan adonan kedalam teko atau sejenisnya agar mydah dituangkan di cetakan

Cara Membuat kue cubit:

  1. Nyalakan kompor dengan api kecil.  Lalu panaskan cetakan kue cubit. Oleskan mentega secukupnya pada cetakan.
  2. Diamkan beberapa saat sampai ke dalam cetakan. Isi cetakan satu persatu dengan adonan. Jika sudah, anda bisa menutupnya.
  3. Panggang adonan sampai setengah matang. Jika kue cubit sudah setengah matang, tambahkan keju potong di atas kue cubit. Tutup kembali cetakan dan panggang kue cubit sampai benar-benar matang.
  4. Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya. Kue cubit siap disajikan.

 

Bola-Bola Tape Singkong

Bahan-bahan:

  • 250 gram tape singkong
  • 3 sdm tepung terigu serbaguna
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm fiber creme
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis:

  • 3 sdm tepung terigu serbaguna
  • 1 sdm tepung beras
  • 30 ml air

Cara membuat: 

  1. Haluskan tape singkong dengan menggunakan garpu.
  2. Tambahkan gula pasir, garam, fiber creme, dan tepung terigu, aduk rata.
  3. Ambil adonan 1 sdm atau sesuai selera lalu bentuk bulat-bulat. Sisihkan.  
  4. Campur semua bahan pelapis, aduk rata. Kemudian lapisi bola-bola tape ke dalam adonan pelapis hingga tertutup rata.
  5. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil sampai kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  6. Bola-bola Tape Goreng siap disajikan.

Donat Tape Singkong

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 300 gram tape singkong
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sachet ragi instan
  • 2 butir kuning telur
  • 50 gram margarin
  • air matang dan air hangat secukupnya

Cara Membuat:

  1. Lumatkan tape singkong dan sisihkan.
  2. Campur ragi dengan air hangat dan diamkan sampai berbusa.
  3. Campurkan tepung terigu dan gula pasir tambahkan kuning telur dan ragi.
  4. Aduk sampai rata dan masukkan tape singkong yang sudah dihaluskan.
  5. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan aduk rata.
  6. Diamkan donat hingga mengembang.
  7. Bentuk donat dan diamkan lagi sampai mengembang.
  8. Panaskan minyak dan goreng sampai matang.
  9. Angkat, tiriskan, dan beri topping sesuai selera.

Es Tape Singkong

Bahan :

  • tape singkong 150 gr ( haluskan )
  • santan kelapa 400 ml
  • susu kental manis putih secukupnya
  • kelapa muda secukupnya ( kerok memanjang )
  • garam dapur 1/4 sendok teh
  • vanili bubuk 1/2 sendok teh gula pasir 65 gr
  • es batu secukupnya

Cara Membuat Es Tape Singkong :

  1. Rebus santan bersama gula pasir, vanili bubuk dan garam diatas api sedang
  2. Tunggu sampai santan mendidih dan gula larut sambil diaduk-aduk
  3. Matikan api lalu diamkan selama 1 jam sampai dingin
  4. Masukkan tape singkong kedalam wadah lalu tambahkan kelapa muda yang sudah dikerok
  5. Tambahkan santan kedalamnya lalu kucuri dengan susu kental manis secukupnya, aduk rata
  6. Tuang minuman tape yang sudah jadi kedalam gelas saji yang sudah berisi es batu, kemudian aduk.

Bolu Jadul Tape Singkong

Bahan

  • 6 butir telur ayam
  • 6 butir kuning telur ayam
  • 180 gram gula pasir
  • 200 gram tepung terigu
  • 100 gram tape singkong
  • 200 gram margarin
  • 25 gram susu bubuk
  • coklat bubuk secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahannya, pisahkan putih telur dengan kuningnya, panaskan oven terlebih dahulu, oles loyang dengan margarin & taburi tepung
  2. Kocok putih telur dan gula menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga kaku, sekitar 10 menit
  3. Setelah itu masukan tepung terigu bergantian dengan kuning telur satu persatu menyusul tape singkong yang sudah dihaluskan.
  4. Kemudian matikan mixer masukan margarin cair sambil diaduk menggunakan spatula setelah rata ambil sedikit adonan campur dengan bubuk coklat sisihkan
  5. Tuang adonan kedalam loyang lalu beri adonan yang telah diberi coklat bubuk tadi diatasnya
  6. Panggang dalam oven dengan panas 180 selama 45menit hingga matang
  7. Tes tusuk jika adonan sudah tidak ada yg menempel berarti bolu sudah siap diangkat
  8. Bolu siap disajikan buat teman teh atau ngopi, bisa buat sarapan atau cemilan sore

Bahaya Mengonsumsi Tape Singkong

Sakit Perut

Jika anda mengkonsumsi tape singkong tidak berlebihan, maka tidak akan menimbulkan sakit perut. Namun ketika Anda mengonsumsi berlebihan, efek alkoholnya bisa saja membuat saluran pencernaan terganggu dan menyebabkan sakit perut.

Mual

Pada umumnya, makanan fermentasi akan memicu rasa tak nyaman pada perut karena ada gas yang ditimbulkan dari proses fermentasi tersebut. Usai makan tape singkong, ada kemungkinan rasa mual bisa terjadi di mana hal ini berisiko tinggi terjadi pada orang-orang yang memiliki gangguan pencernaan.

Seperti asam lambung yang mudah naik yang bahkan terkadang juga menyebabkan rasa ingin muntah.

Ulu Hati Terganggu

Pada penderita penyakit lambung, mengonsumsi tape singkong baik itu sedikit ataupun banyak bisa cukup berpengaruh sehingga rasanya ulu hati terasa tak enak, tak nyaman dan bahkan mampu menjadi perih. Karena gas dapat ditimbulkan oleh tape singkong, sebaiknya Anda menghindari atau membatasinya jika lambung tak cukup kuat menerimanya.

Kelainan pada Saraf Bicara

Bahaya tape pada ibu hamil yang kebiasaan mengkonsumsi makanan tape di usia kehamilan 5 sampai 8 bulan, dapat menyebabkan kelainan pada saraf bicara bayi ketika dilahirkan kelak. Bayi akan kesulitan bicara dengan lancar walaupun nyatanya tidak bisu.

Kerusakan saraf pada area otak tersebut sebenarnya akibat efek panas dari alkohol yang ada pada ragi yang telah mencemari dan merusak saraf saraf bicara anak secara bertahap ketika masih dalam kandungan.

Menyebabkan Keguguran

Bahaya tape pada ibu hamil yang gemar makan tape selama masa kehamilannya maka cepat atau lambat akan menderita keguguran. Efek panas pada alkohol ini dapat melubangi dinding plasenta dan merusak jaringan otot janin seperti terbakar sehingga kehancuran janin tidak dapat dihindari(keguguran).

Bayi Lahir Cacat/Foetal Alkohol Spektrum Disorder

Banyak ibu hamil yang merasa kehamilannya biasa biasa saja ketika menyantap makanan yang mengandung alkohol hasil dari fermentasi ragi tetapi ketika masa persalinan tiba. Maka ino akan dapat melahirkan seorang bayi yang tidak sehat dan memiliki kecacatan. Misalnya kaki kecil sebelah, kepala mengecil, tidak ada respon mata terhadap gerakan dan sebagainya.

Perut Mulas

Bahaya Ragi pada wanita yang sedang hamil muda maka hindarilah makanan yang mengandung ragi, Karena jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan maka akan mempercepat hancurnya sel sel telur matang yang telah dibuahi dan baru saja terbentuk didalam rahim menjadi sebuah janin.

Kadar alkohol dan gas yang ada pada ragi mampu mengiritasi organ pencernaan.

 

Mau resep lainnya? ada di resep makanan dari tepung mocaf