Select Page

Cara Menanam Terong terpilih untuk menjadi bahan pembahasan pada artikel kali ini dan saya akan membagikan banyak fakta2, cara, dan manfaat terong yang bisa teman-teman temukan disini. Sayur terong ini, sangat sering untuk dibuat sebagai lalapan, bahkan juga bisa dibuat menjadi minuman jus. Berikut ini ada beberapa cara menanam terong ungu, hijau, bulat serta berbagai jenis terong yang lainnya.

Cara untuk menanam sayur terong ungu ini tergolong sangatlah mudah, sampai dengan saat ini tidak cuma untuk golongan petani saja yang ingin menanam terong, tetapi juga untuk ibu-ibu rumah tangga pun juga sangatlah banyak yang tertarik untuk menanam sayuran terong ini.

Syarat Cara Menanam Terong

cara menanam terong

Umumnya sayur terong ini sangat bisa untuk tumbuh pada berbagai kondisi lingkungan. Tapi untuk hasil yang lebih maksimum, tentu terdapat beberapa syarat tumbuh tanaman sayur terong.

Berikut adalah beberapa syarat tumbuh untuk tanaman terong:

Iklim

  • Beriklim tropis.
  • Curah hujan yang ideal yaitu 85-200 mm/bulan juga wajib merata.
  • Suhu optimimum yang baik adalah 25-30 C.
  • Mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Media Tanah

  • Mempunyai tekstur tanah yang gembur/lunak (lakukan proses pembajakan supaya tekstur tanah menjadi gembur).
  • Air tidak menggenang.
  • Mengandung cukup kandungan unsur hara.
  • pH tanah 5-6,6,5 (apabila pH tanah asam atau <6,5 sebaiknya taburkan dolomit/kapur pertanian).
  • Jenis tanah yang baik adalah latosol, regosol dan andosol yang merupakan jenis tanah lempung ringan dengan daya drainase dan daya ikat air yang baik.

Ketinggian

  • Dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga dataran tinggi sampai 1000 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Cara Menanam Terong Yang Baik Dan Benar

cara menanam terong

1. Benih Terong

Untuk budidaya sayur terong ungu hal utama yang wajib diperhatikan selain dari cara menanam terong ungu yang baik dan benar yaitu saat pemilihan benih terong yang benar-benar harus tepat.

Alangkah baiknya untuk memilih benih dari terong hibrida supaya bisa mendapatkan hasil serta produksi yang tinggi serta tahan penyakit.

2. Cara Menyemai Bibit Terong Ungu

Sebelum teman-teman melakukan persemaian alangkah baiknya lakukan dahulu proses perendaman benih menggunakan Pupuk Terong Organik Cair GDM selama kurleb 2 jam. Tujuan perendaman benih ialah memecah masa dormansi (keadaan tidur) benih jadi benih lebih cepat untuk tumbuh.

Dosis untuk Pupuk Organik Cair GDM pada saat melakukan perendaman benih yaitu sekitar 100 ml yang dilarutkan menggunakan 1 liter air. Kemudian tiriskan benih lalu dipindahkan ke dalam bumbungan daun pisang/pot plastik menggunkan media semai dari tanah serta pupuk kandang/bokashi menggunakan perbandingan 1:1.

Jika benih sudah tumbuh dan telah menjadi bibit terong ungu lalu lakukan saja penyiraman rutin setiap hari serta semprot menggunakan POC GDM setiap 1 minggu sekali menggunakan dosis kurleb 2 gelas air mineral per tangki (14-20 liter). Bibit terong ungu siap untuk ditanam pada lapangan jika sudah berumur sekitar 4-5 minggu atau jika memiliki 4-5 daun.

3. Pengolahan Tanah

Untuk pengolahan tanah bisa teman-teman lakukan menggunakan cara di cangkul kurleb 2-3 kali ataupun dibajak dengan kedalaman kurleb 20-30 cm, kemudian buatlah bedengan dengan lebar kurleb 120-140 cm serta panjangnya disesuaikan saja dengan kondisi lahannya.

Sebarkan saja dolomite atau kapur pertanian sekitar kurleb 2 ton per hektar atau bisa disesuaikan saja dengan kondisi pH yang ada pada tanah terakhir juga berikan pupuk kandang atau bokashi yang telah matang sebanyak kira-kira 0,5-1 kg setiap lubang sebelum tanam ataupun sekitar kira-kira 10-20 ton per hektar dan ditaburkan diatas bedengannya.

Tujuan dilakukannya pemberian BLACK BOS ini yaitu agar bisa mencegah penyakit tular pada tanah seperti layu serta busuk batang atau daun, selain itu BLACK BOS juga sangat berfungsi sebagai pembuka pori-pori tanah jadi tanah yang awalnya keras bisa menjadi gembur serta subur.

4. Penanaman

Jarak untuk barisan kira-kira 60-70 cm serta jarak antar barisan sekitar 80-90 cm, dan untuk tiap-tiap bedengan wajib terdapat dua baris tanaman. Bibit terong ungu yang telah berumur kurleb 1/2 bulan atau daun nya sudah tumbuh 4 helai bisa untuk dipindahkan ke tanah yang telah dipersiapkan sebelumnya.

5. Pemupukan Terong Dan Pemeliharaan Tanaman

Pupuk untuk terong sudah bisa diberikan setelah terong sudah berumur kurleb 1-2 minggu setelah di tanam. Berikan saja pupuk terong menggunakan kandungan Nitrogen sebanyak kurleb 65 kg/ha. Pupuk untuk terong campuran juga bisa saja untuk diberikan menggunakan pupuk yang terdapat kandungan Nitrogen  serta pupuk kandungan Kalium diadalamnya menggunakan perbandingan antar 1:1 sebanyak kira-kira 10 g/tanaman di sekeliling tanaman serta jarak kira-kira 5 cm mulai dari pangkal batang.

Pupuk untuk sayur terong yang dibutuhkan untuk satu hektarnya ialah pupuk yang menggunakan kandungan Nitrogen sekitar 150 kg serta pupuk kalium kurleb 150 kg.

Supaya mempercepat keluarnya bunga pada tanaman, mencegah kerontokan serta memperbanyak jumlah, dan juga bobot pada buah, aplikasikan saja POC GDM untuk setiap 1 minggu sekali pada bagian bawah serta atas daun pada saat pagi hari atau bahkan sore hari, menggunakan dosis kurleb 2 gelas air mineral per tangki sekitar (14-20 liter).

Selain dari pada itu, juga bisa dengan cara dikocor pada daerah perakaran untuk setiap 1 mingu sekali menggunakan dosis sekitar 1 : 50 (1 liter POC GDM yang dilarutkan menggunakan 50 liter air) lalu kocorkan untuk setiap batang tanaman sebanyak kurleb 1 gelas air mineral larutan.

Sebaiknya pangkas saja tunas-tunas liar yang telah tumbuh dimulai dari ketiak daun pertama sampai dengan bunga pertama juga dirempel habis supaya merangsang tunas-tunas baru serta bunga yang lebih produktif lagi, untuk sesegera mungkin untuk tumbuh. Sebagai pemeliharaan tanaman, sebaiknya lakukan penyiangan pada gulma, penyiraman, perompesan, pemberian ajir serta pengendalian pada OPT.

Hama Biasanya Menyerang Terong :
  • kutu daun (Myzus persicae),
  • kutu kebul (Bemisia tabaci),
  • pengorok daun (Liriomyza sp.),
  • dan oteng-oteng (Epitachna sp.).

6. Panen Dan Pascapanen

Untuk masa panen sayur terong ini bisa berkisaran dari 3 sampai 4 bulanan setelah masa tanam, Buah terong yang biasanya sudah siap untuk dipanen pastinya ialah buah yang tidak terlalu muda juga dan pastinya tidak terlalu tua juga.

Budidaya sayuran terong ungu yang baik bisa menghasilkan 10-30 ton sayur terong untuk setiap hektar loh. Buah terong yang layak untuk dikonsumsi ialah buah yang padat serta dengan permukaan kulitnya cukup mengkilat. Buah terong tidak bisa untuk disimpan terlalu lama jadi wajib dipasarkan dengan segera sesudah masa tanam. Untuk proses pengelompokan bisa dilakukan berdasarkan ukuran beserta warnanya.

Cara untuk menanam terong ungu supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal ialah dengan sering-sering melakukan aplikasi perpaduan antara BLACK BOS dengan POC GDM supaya membuat tanah semakin menjadi lebih gembur serta subur, tanaman tumbuh dengan sehat, terong bisa berbuah jadi makin lebat, kualitas terong bisa jadi lebih baik serta hasil untuk panennya juga makin meningkat lagi.

Terong ungu juga sangat bisa untuk diolah menjadi berbagai menu sehat untuk makanan sehari-hari. Serta rasanya yang unik, ternyata juga mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan loh, salah satunya yaitu sangat berpotensi untuk mengurangi risiko penyakit pada jantung. Terong ungu ialah sayuran yang padat serta sangat kaya akan kandungan nutrisi.

Untuk satu porsi sayur terong ungu atau bahkan sekitar kurleb 80 gram, sudah bisa mengandung sekitar kurleb 20 kalori, 3 gram kandungan serat, 1 gram kandungan protein, 5 gram kandunga karbohidrat, 5 persen kandungan folat sebagai rekomendasi konsumsi perhari, 5 persen untuk kandungan kalium untuk rekomendasi konsumsi harian, 10 persen mangan dari rekomendasi konsumsi harian, 4 persen vitamin K dari rekomendasi konsumsi harian serta juga 3 persen kandungan vitamin C dari rekomendasi konsumsi harian juga.

7 Manfaat Terong Bagi Kesehatan

cara menanam terong

1. Membantu Mengurangi Risiko Munculnya Penyakit Jantung

Serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien yang banyak terkandung pada sayur terong ungu ini, sangatlah dipercaya untuk membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Sayuran ini juga sangatlah banyak mengandung zat antocyanin, ini adalah suatu komponen zat yang sangat berguna untuk menurunkan risiko kematian bagi penderita penyakit pada jantung loh.

2. Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Sering-sering untuk memakan sayur terong ungu ini di dalam menu harian teman-teman, ternyata sangat bisa untuk membantu kadar gula yang ada pada darah di dalam tubuh menjadi lebih terkontrol lagi.

Manfaat yang ada pada terong ungu ini bisa didapatkan daripada kandungan serat tinggi yang dimilikinya. Serat sangat bisa membantu menghambat pencernaan serta penyerapan gula pada tubuh. Penyerapan yang semakin lambat ini , bisa membuat kadar gula darah pada tubuh menjadi lebih stabil lagi.

3. Menurunkan Berat Badan

Kalori yang rendah serta serat yang tinggi pada terong, sangat bisa untuk membuat terong ungu makin menjadi makanan yang sangat ideal bagi teman-teman yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badannya. Teman-teman juga bisa untuk menggunakan terong untuk pengganti bahan makanan yang lainnya yang memiliki lebih tinggi kalori.

4. Dipercaya Bisa Membantu Mencegah Kanker

Terong ungu banyak mengandung polifenol yang bisa dipercaya mepunyai efek anti kanker. Sementara itu, komponen lain dalam terong, juga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga bisa mencegah pertumbuhan sel tumor dan penyebaran sel kanker.

5. Baik Untuk Menjaga Kadar Kolesterol

Penelitian yang sudah dilakukan kepada hewan uji, yang mengkonsumsi jus terong sudah sangat terbukti berhasil untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Manfaat untuk sayur terong ungu yang satu ini bisa di peroleh dari asam klorogenik yang terkandung didalamnya. Masih sangat diperlukan penelitian yang lebih lanjut lagi kepada manusia supaya bisa mengkonfirmasi dari manfaat yang satu ini.

6. Menjaga Kesehatan Hati

Terong ungu kaya akan kandungan antioksidan, terutama antocyanin. Kandungan antioksidan yang satu ini, sangat dipercaya bisa melindungi hati dari berbagi jenis racun tertentu yang bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Komponen antioksidan yang berada di dalam terong juga bisa disebut bisa berpotensi untuk melindungi sel-sel pada otak dari berbagai kerusakan karena serangan radikal bebas. Selain itu, komponen ini juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada sel saraf, dan membantu memperlancar aliran darah ke otak.

Cara Menyimpan Dan Mengolah Terong Ungu

Manfaat terong ungu juga bisa didapatkan dengan maksimal lagi jika teman-teman mengolahnya dengan benar. Sebelum memasak sayur terong ini, sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu kemudian potong kedua ujungnya. Supaya menghilangkan rasa pahit yang ada pada sayur terong, taburi saja terong dengan garam kemudian biarkan saja selama kira-kira 30 menitan. Metode ini juga bisa untuk membantu terong supaya tidak menyerap terlalu banyak minyak pada saat digoreng.

Sebelum teman-teman memasak sayur terongnya, jangan sampai lupa untuk dicuci dahulu supaya taburan garamnya bisa hilang serta tidak membuat masakannya terlalu asin lagi. Dibandingkan dengan menggoreng nya, memasak sayur terong dengan cara memanggang nya, mengukus atau bahkan menumisnya menjadi pilihan yang bisa lebih sehat lagi.

Jangan sampai teman-teman memotong terong jika teman-teman belum berencana mengolahnya, karena jika menyimpan sayur terong mentah yang telah dipotong di dalam kulkas, bisa membuat terongnya menjadi lebih cepat busuk lagi. Terong akan jadi lebih awet lagi jika disimpan di dalam keadaan

5 Manfaat Terong Untuk Kecantikan

cara menanam terong

1. Melembapkan Kulit

Menggunakan masker terong ke wajah bisa membuat kulit kamu menjadi lebih sehat serta lebih lembap lagi, lho. Ini dikarena kandungan air yang ada di dalam terong sangat bisa membantu menghidrasi kulit dalam berbagai cuaca yang ada, terutama dia saat cuaca sedang panas serta kering.

Bagi kamu yang mempunyai jenis kulit kering, masker terong ini sangat bisa untuk menolong dalam menghidrasi kulit. Oleskan masker ini pada seluruh permukaan wajah sampai dengan leher pada saat sedang bersantai ataupun sebelum tidur. Dijamin deh, wajah kalian akan terasa lebih lembap, lembut, dan juga kenyal.

2. Membuat Kulit Awet Muda

Terong yang memiliki warna ungu banyak mengandung senyawa nasunin serta flavonoid yang sangat berperan penting untuk melindungi sel tubuh dari berbagai radikal bebas yang bisa masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itulah, mengkonsumsi sayur terong secara rutin bisa membuat kalian terlihat lebih awet muda. Sayur terong juga mengandung banyak anthocyanin serta antioksidan yang bisa bertindak sebagai agen anti-penuaan dini. Menggunakan masker terong secara rutin bisa dipercaya bisa menyehatkan serta mengurangi tanda-tanda penuaan yang ada pada wajah. Penggunaan masker terong ini wajib dengan kulitnya juga ya, dikarena kandungan yang penting ini juga terdapat pada kulit terong juga.

3. Menghilangkan Flek Hitam Dan Noda Bekas Jerawat

Kandungan mineral dan vitamin E pada terong ungu sangat baik bagi kulit. Kedua kandungan ini tidak hanya bisa untuk menjaga kelembapan pada kulit, tapi juga bisa membuat flek hitam serta noda bekas jerawat di wajah kalian cepat hilang.

4. Mencerahkan Kulit

Jika kalian yang memiliki masalah pada kulit kusam, ternyata masker terong juga bisa untuk membuat kulit wajahmu berangsur-angsur bisa menjadi cerah lagi, lho. Ini dikarenakan kandungan antioksidan yang ada didalam terong yang bisa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta menghilangkan noda hitam pada wajah, jadi wajah tampak lebih cerah.

5. Menyembuhkan Actinic Keratosis

Actinic keratosis adalah salah satu masalah kulit di mana muncul bercak-bercak yang bersisik pada kulit akibat terpapar sinar matahari. Ternyata terong bisa membantu mengatasi kondisi tersebut, lho. Terong juga sangat kaya akan fitonutrien yang sangat efektif dalam menenangkan kulit. Kalian hanya perlu untuk mengaplikasikan masker terong saja pada bagian kulit yang dirasa kering itu secara rutin.

Cara Membuat Masker Dari Terong

Langkah-Langkah:

  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, yaitu 1 mangkok terong yang telah dihaluskan dan setengah mangkok yoghurt yang tawar.
  2. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut ke dalam satu wadah, lalu aduk-aduk hingga merata.
  3. Jika masker terong telah jadi, oleskan saja masker ke seluruh permukaan wajah sampai dengan leher, kemudian diamkan saja selama 20—30 menit. Lalu, bilas wajah sampai bersih.
  4. Lakukan perawatan wajah dengan memakai masker terong ini secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips Memilih Terong yang Baik

Terong sangat banyak yang dijual di pasaran dengan harga yang lumayan murah. Tapi, teman-tema wajib untuk memerhatikan tips jika memilih terong yang baik agar manfaatnya jadi lebih optimal lagi. Berikut ada beberapa tips untuk memilih sayur terong:

  • Pilihlah terong yang keras, padat dan berat.
  • Pilih sayur terong yang memiliki kulit halus, mengkilap serta rona ungu pekat.
  • Hindarilah sayur terong yang terlihat layu, memar, atau bahkan berubah warna pucat.
  • Pada saat memotong terong, sebaiknya gunakan pisau dari stainless steel, bukan dari baja karbon, dikarenakan supaya mencegah reaksi fitokimia yang bisa menyebabkan terong bisa menjadi agak hitam.

Itu lah beberapa pelajaran dan manfaat dari Cara Menanam Terong yang bisa kita ketahui. Semoga teman-teman bisa mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dari semua yang sudah saya bagikan pada artikel kali ini, serta jangan lupa untuk share juga kepada teman-teman yang lainnya supaya juga mengetahui juga apa saja yang sudah kita dapatkan disini, dan sering-sering juga untuk berkunjung ke website kami ya… Terimakasih!

× Whatsapp Kami!