Select Page

Halo teman teman semua, kali ini saya akan memberitahu teman semua bagaimana Cara Menanam Sayur Kangkung, Kangkung bahasa latinnya adalah (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Sayur kangkung banyak terdapat di daerah Asia dan tumbuhan ini juga dapat dijumpai di daerah berair.

Masakan kangkung yang paling populer adalah cah kangkung dengan bumbu tauco atau terasi, juga di warungan terdapat pelecing kangkung lombok

Ada 2 bentuk kangkung yang dijual di pasar indonesia. Yang pertama ialah kangkung yang memiliki daun licin dan berbentuk mata panah panjangnya sekitar 10–15 cm. Tumbuhan kangkung ini memiliki batang berongga yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada bagian pangkal daun. Sayur kangkung memiliki daun berwarna hijau pucat dan menghasilkan bunga bewarna putih, yang menghasilkan kantung yang mengandung empat biji benih. Jenis kangkung yang kedua adalah dengan daun sempit yang memanjang, biasanya tersusun menyirip tiga.

Cara Menanam Sayur Kangkung

 

Sebelum lanjut ke proses penanam, apakah teman-teman semua mengetahui macam dari sayur Kangkung, Sayur kangkung terbagi 2 macam yaitu kangkung darat dan kangkung air.

 

A.Kangkung Darat

 

Dinamakan kangkung darat karena memang hidupnya di darat atau tanah mungkin bisa ditanam di air, akan tetapi biasanya menggunakan metode hidroponik.

Contoh sayur Kangkung darat

1.Pemilihan Bibit

Jika teman-teman ingin membuat bibit sendiri, hal yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • jika calon bibit dibeli dalam bentuk kemasan pastikan harus tersertifikasi oleh instansi yang terkait.
  • pastikan calon bibit bertekstur segar, kuat, dan tidak bolong atau ada bekas gigitan serangga.
  • dan apabila calon bibit direndam maka calon bibit tersebut akan tenggelam.

Jika teman-teman ingin membeli bibit kangkung di toko atau di tempat penjual bibit ini  hal yang perlu teman-teman perhatikan adalah:

  • Memastikan pertumbuhan pohon bibit sama dengan pohon bibit lainnya.
  • dan pastikan bibit Mempunyai akar yang banyak.
  • Bibit kangkung tersebut tahan terhadap iklim di sekitar dan juga tahan terhadap hama dan penyakit.
  • Batang dan daunnya harus kokoh.

2. Tahapan Penanaman

Kangkung yang tumbuh darat mempunyai ciri-ciri:

  • Tumbuh di ditempat yang kering.
  • Daun runcing, panjang-panjang, lebih tipis, dan lunak.
  • Batang lebih kecil di banding kangkung air.
  • Warna bunga putih.

3. Persiapan Lahan Tanah

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan lahan dengan cara mencangkul hingga tanah menjadi gembur dan  membuang sisa-sisa akar tanaman yang sebelumnya ditanam.

4. Pemberian Pupuk

Setelah selesai melakukan pembuatan lahan, tahap yang selanjutnya dilakukan yaitu pemupukan yang dapat dilakukan sebelum penanaman bibit berikan pupuk (organik) seperti kotoran sapi, kambing atau yang lainnya. Kemudian pupuk tersebut disebarkan ke seluruh bagian tanah dan tunggu hingga 3-5 hari agar pupuk bercampur rata dengan tanah.

5. Penanaman Bibit

Waktu yang tepat untuk penanaman bibit yaitu pada saat musim hujan,  jika teman-teman melakukan penanaman pada musim kemarau maka harus melakukan penyiraman setiap hari untuk menghindari kekeringan dan berujung tanaman mati.

Jarak antara tanaman 15cm sampai dengan 20cm dalam satu lubang tanam berisi maksimal 5 bibit agar tanaman bisa lebih berkualitas.

6. Penyulaman

Mengganti tanaman kangkung yang mati dan terlihat kurang sempurna pertumbuhannya dengan bibit-bibit yang baru.

7. Perawatan

Setelah melakkan semua cara di atas tahap yang selanjutnya dilakukan yaitu perawatan dengan memberi pupuk, pupuk bisa  dilakukan setelah tanaman berusia 10 hari dan membersihkan rumput yang tumbuh di sekitar tanaman kangkung

8. Panen

Untuk panen tidak membutuhkan waktu yang lama kangkung hanya membutuhkan waktu 30 hari atau lebih kurang satu bulan sejak mulai penanaman kangkung sudah bisa dipanen. Cara pemanenannya ada yang dicabut hingga akar-akarnya dan ada juga yang hanya diambil diri pangkal batang.

B.Kangkung Air

Kenapa dinamakan kangkung air karena memang hidupnya di air dan tidak bisa hidup di daratan. Di Indonesia kangkung merupakan sayuran yang sangat populer, bahkan di beberapa restauran kangkung adalah menu wajib dikenal dengan nama Cah kangkung. berikut adalah Cara Menanam Sayur Kangkung yang tumbuh di air.

Ciri-ciri Kangkung Air:
  • Kangkung air biasanya tumbuh di daerah yang basah seperti sawah, rawa, dan tempat yang berair lainya
  • Kangkung air juga memiliki batang yang lebih besar dari batang kangkung kering
  • Memiliki daun agak lebar berwarna hijau pekat dan ada juga yang berwarna merah kecoklat-coklatan.
  • Bunganya berwarna ungu dan putih di  bagian atas.

Penanaman kangkung air ini lebih mudah di bandingkan menanam kangkung darat hal itu dibuktikan dengan cara perawatannya yang bisa dibilang simple dan mudah. menanam nya pun bisa di daerah dataran tinggi maupun rendah asalkan memiliki air yang banyak, selain itu kangkung air juga tidak mempunyai musim atau bisa ditanam kapanpun.

1. Pembibitan

Ketika membeli bibit pilihlah bibit yang berkualitas dengan ukuran 20-30 cm yang ada di toko-toko atau langsung beli dari petani, biasanya petani kangkung menggunakan metode stek untuk mendapatkan bibit kangkung tersebut.

2. Menyiapkan Lahan

Yang harus dilakukan pertama kali yaitu membajak tanah supaya tanah yang akan ditanam menjadi gembur, membuat guludan dengan lebar 2-3m dan panjang sesuai ukuran lahan masing-masing, lalu buatlah pintu masuk dan dan pintu keluar nya air, kemudian digenangi lahan tersebut dengan air hingga 6 cm sebelum melakukan penanaman biarkan lahan kurang lebih 1 minggu, setelah itu baru lakukan pemupukan dan lahan telah siap untuk di tanami.

3. Penanaman

Penanaman yang baik dilakukan adalah pada saat sore hari tepatnya setelah ashar, cara menanamnya tinggal menancapkan batang bibitnya dengan jarak antar bibit sekitar 1,5 x 1,5 cm.

4. Perawatan

Untuk merawat kangkung air cukup dengan membersihkan rumput-rumput liar yang ada di sekitarnya hal ini sangat penting untuk membantu pertumbuhan dari kangkung tersebut dan pastikan juga air nya tidak kurang.

5. Panen

Proses terakhir adalah proses yang ditunggu-tunggu, yaitu pemanenan. Jika kangkung darat dipanen dengan cara dicabut maka kangkung air dipanen dengan cara dipotong. Kangkung yang memiliki kualitas bagus berwarna hijau segar dan tidak menguning akibat kekurangan ataupun kelebihan air.

Seperti yang sudah kami katakan di atas, proses pemanenan bisa dilakukan 3-5 minggu setelah ditanam. Untuk anda yang mau memanen 2 kali, sisakan batang pohon 2-3 cm agar kangkung bisa tumbuh kembali dan bisa dipanen lagi.

Untuk panen kangkung air lebih cepat dibandingkan dengan kangkung darat cukup menunggu waktu 11 hari sejak penanaman, Kangkung ini sudah bisa di panen.

Setelah panen lakukan pembersihan dengan mencuci sayur kangkung dengan air supaya kotoran atau pupuk yang tinggal bisa bersih dan kangkung bisa dipasarkan.Cara Menanam Sayur Kangkung

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

  • Kangkung bisa mengurangi Kolesterol. Kangkung adalah pilihan yang sangat baik bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami.
  • dan bisa juga mengobati Penyakit Kuning dan Masalah bagian Hati.
  • Berguna untuk mengobati penderita Anemia. Didalam Kangkung terdapat zat besi yang dapat merangsang produksi dari  sel darah merah dalam tubuh.
  • Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit.
  • Mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan sayur kangkung menghasilkan zat-zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh kita. Jadi teman-teman mungkin tidak terlalu khawatir jika memakannya dengan nasi. Tidak hanya itu  manfaat kangkung yang dapat mencegah dalam menyerap gula dalam tubuh ini, anda juga dapat menikmati manfaat nasi tanpa perlu khawatir.
  • Bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dari otak manusia. Karena kangkung memiliki kandungan vitamin B kompleks dan omega 3 yang membantu supaya kinerja otak lebih baik. Sehingga sayur kangkung ini sangat baik untuk dihidangkan pada anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan, hal ini dikaraenakan kangkung mampu meningkatkan kecerdasan otak.
  • Selain manfaat dari kangkung di atas, sayur kangkung juga bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh kita.

Kegunaan

Hampir keseluruhan tanaman kangkung muda dapat dimakan. Karena kangkung tua memiliki serat yang kasar, pucuk kangkung yang muda lebih digemari. Kangkung tersebut dapat dimakan mentah atau bisa juga dimasak seperti sayur bayam. Kangkung sering juga digoreng sebagai cah kangkung.

Bagaimana? Apakah teman-teman sudah tidak sabar untuk segera menanam kangkung di rumah sendiri? Menanam kangkung juga bisa menjadi hobi yang asik dan bisa juga menghemat pengeluaran untuk pembelian sayur dan juga dapat menambah penghasilan rumahan.

 

 

× Whatsapp Kami!