Select Page

Jagung merupakan biji-bijian yang mengandung karbohidrat. Tanaman ini berasal dari Amerika dan menyebar ke Afrika dan Asia. Di indonesia jagung merupakan sumber karbohirat setelah beras. Bahkan di daerah Madura jagung merupakan makanan pokok. Artikel ini akan membahas jarak tanam jagung dan ulasanya.

Apa itu Jarak Tanam?

Untuk memaksimalkan produktivitas produksi dan lahan, maka langkah yang harus di optimalkan adalah jarak tanam. Jarak Tanam merupakan besarnya jarak atau ruang antara tumbuhan dan barisan tanaman. Jarak tanam berlaku untuk penanaman secara lanagsung atau penanaman memakai polybag atau wadah.

Fungsi Jarak Tanam Jagung

Fungsi jarak tanam bagi tanaman adalah untuk menurunkan tingkat kompetisi suatu tanaman dengan tanaman yang lain untuk mendapatkan sinar matahari yang optimal sehingga fotosintesi suatu tanaman tersebut tidak terhambat oleh tanaman yang lainnya.

Dan juga untuk mencegah terjadinya kompetisi suatu tanaman dengan tanaman yang lainnya, untuk mendapatkan unsur hara dari dalam tanah. Dan untuk meningkatkan zona pertumbuhan dan juga zona perakaran suatu tanaman dan sebagainya sehingga tanaman tersebut dapat menghasilkan produksi yang maksimal.

Jarak taman penting bagi para petani untuk membantu mengelola lahan tanah , agar tidak terjadi kerugian yang cukup besar.

  • Produktivitas lahan.
  • Tidak ada kompetisi antar tanaman untuk 3 hal terpenting, yaitu cahaya matahari, unsur hara dan air.
  • Jarak tanam akan memudahkan pemeliharaan serta pengendalian hama dan penyakit tanaman.
  • Pertanaman yang rapat menyebabkan tingginya kelembaban di sekitar tanaman sehingga rentan terhadap serangan jamur penyebab berbagai penyakit tanaman.
  • Sinar matahari sebagai sumber energi terbagi merata ke seluruh tanaman.
  •  Jarak Tanam dapat menentukan jumlah bibit dan benih yang dibutuhkan per satuan luas lahan.

Faktor-Faktor Penentu Jarak Tanam

  1. Varietas tanaman. Apabila tanaman yang sama tetapi memiliki varietas yang berbeda, juga akan menjadi faktor jarak tanam. Karena tanaman yang berbeda varietas akan memiliki bentuk perawakan yang berbeda.
  2. Lebar tajuk dan Jangkauan percabangan pada tanaman.
  3. Jangkauan akar
    Biasanya lebar tajuk sama dengan jangkauan akar.
  4. Anakan. Jika tanaman menghasilkan anakan maka jarak tanam akan lebih lebar, begitu juga sebaliknya.
  5. Kesuburan lahan
    Apabila lahan subur maka jarak tanam semakin luas, karena tanaman akan tumbuh dengan lebat dan subur.
  6. Ketinggian tempat.

Cara Menghitung Jarak Tanam

jarak tanam jagung

Cara menghitung jarak tanam bisa menggunakan rumus seperti dibawah ini.

JUMLAH TANAMAN = “LUAS LAHAN” dibagi “JARAK TANAM”

“Jumlah Tanaman” = “Luas Lahan” dibagi “jarak tanam”atau“Luas Lahan” dibagi “jarak tanam” = “Jumlah Tanaman”Misalnya :“luas lahan 1 ha” dibagi “jarak tanam 3×3(9)” = “jumlah tanaman adalah 1.111”

Hama Penyakit yang Menyerang Tanaman Jagung

Hama Ulat Tongkol (Heliothis armigera)

Tanaman jagung manis yang terserang hama ulat tongkol ini dicirikan dengan adanya bekas gigitan pada biji, dan pada bagian tongkol juga terdapat lubang bekas gigitan. Ulat ini masuk kedalam tongkol melalui klobot dengan cara melubanginya, kemudian memakan biji dan bagian yang dilaluinya.

Hama Penggerek Batang (Ostrina fumacalis)

Hama penggerek batang menyerang tanaman jagung manis pada semua fase pertumbuhan, baik fase vegetatif maupun fase generatif.

 Penyakit Hawar Daun (Helminthosporium turcicum)

Penyakit hawar daun ditandai dengan munculnya bercak kecil berbentuk oval dengan warna hijau tua dan hijau kelabu.

Kemudian semakin lama bercak akan memanjang dengan warna coklat. Panjang bercak tersebut dapat mencapai 5-10 cm dan dengan lebar 1-2 cm.

Busuk batang

Penyakit busuk batang disebabkan oleh bakteri Colletotricum graminearum, Cephalosporium maydi, Cephalosporium acremonium, diplodia maydis, gibberella zeae, Fussarium moniliformi, dan  Macrophomina phaseolina.

Tanaman Jagung

Jagung merupakan sumber pangan dan suber karbohidrat selain beras dan gandum. Selain untuk sumber karbohidrat, jagung juga ditanam untuk pakan ternak. Tanaman jangung berguna di semua bagian tanamanya. Seperti daun da batang nya dapt digunakan sebagai pakan ternak.

Jagung merupakan tanaman semusim.  Tanaman jagung hanya hidup sekitar 80-150 hari. Tinggi tanaman jagung berkisar antara 1m sampai 3m. Pohon jagung juga  merupakan tanaman berkeping satu ( monokotil ). Akar pada tumbuhan jagung termasuk akar serabut, sampai kedalaman 8m. Tapi sebagian besar akarnya berada di kedalaman 2m.

Macam-Macam Tanaman Jagung

1. Jagung Tepung Flour Corn

Jenis Jagung dikembang kan di Amerika Selatan  bagian Peru, Bolivia dan Colombia serta Colombia serta di Afrika. tDi dalam endosperma jagung tepung memiliki pati Lunak, kecuali yang terdapat pada kulit tipisnya. Berikut ini adalah ciri-ciri dari jagung tepung:
  •  Seluruh bijinya berisi pati lunak, kecuali pada bagian kulit tipisnya.
  • Mudah pecah bila terkena sinar matahari. Panjang tongkol sekitar 25-30 cm, sedangkan barisan nya berkisar 8-12 baris.
  • Jagung tepung biasanya digunakan untuk tepung maizena.

2. Jagung Berlilin

Jagung berlilin (Z.m Ceratina) biasanya disebut juga jagung pulen karena kadar amilopektinnya tinggi. dan cirinya lengket apabila dimasak bijinya kecil berwarna jernih dan mengkilap seperti lilin dan dan zat patinya seperti tepung tapioka dan memiliki ekonomis tinggi sebab dapat mengganti tepung tapioka dan bahan pengganti sagu.
Selain untuk pengganti bahan pangan jagung berlilin dapat sebagai bahan pangan ternak. Asalmula jagung ini adalh dari Asia. Endosperma pada tipe jagung waxy seluruhnya terdiri dari amylopectine, sedangkan jagung biasa mengandung ± 70% amylopectine dan 30% amylose.
Jagung waxy juga digunakan bahan perekat, selain untuk bahan makanan. Selain bahan makanan jagung ini biasanya digunakan untuk bahan perekat.

3. Jagung Pod

Jenis jagung yang ketiga ini adalah Jeni jagung pod. Jenis jagung ini  adalah bentuk yang pertama kali dijumpai di Amerika Selatan, terutama di Paraguay dan Uruguay. Di wilayah Indonesia jagung ini di anggap kurang menguntungkan ciri khas nya biji dan tongkolnya banyak diselubungi oleh kelobot bijinya seolah-olah tidak kelihatan.

4. Jagung Berondong

 Jenis jagung yang biasanya dibuat untuk snack, Jagung Berondong (Z.M everta) diusahakan secara besar-besaran di Amerika terutama Iowa, Nebrazka dan Meksiko.
Ciri-ciri Jagung Berondong:
  •  Bijinya berukuran kecil, hampir seluruh bentuk atau endosperm merupakan bagian pati keras.
  • Jika dipanaskan  dapat mengembang 10-30 kali dri volume semula.
  • Biji jagung berondong ini berwarnaa putih atau kekuning-kuningan dengan bentuk yang agak meruncing dan tongkolnya berukuran kecil .
  • Apabila ditimbang jagung yang berisi 100 biji, maka beratnya akan mencapai 130 gr. Jenis jagung berondong ada dua macam, yaitu pear pop corn berbiji bulat dan kompak, dan rice pop corn bijinya pipih dan meruncing.
  • Jagung ini cocok untuk snack.

5. Jagung Manis

Jagung manis ( Z .m. saccharata )  diusahakan secara besar besaran di AmerikaSerikat dan Meksiko. Produksi jagung manis ini biasanya digunakan untuk pembuatan sirup, ini karena jagung manis memiliki kandungan gula yang tinggi. Di Indonesia jagung manis diproduksi dari tahun 2000-an dan beberapa akhir tahun ini jagung manis menjadi incaran pasar dunia.
Ciri-ciri jagung Manis:
  • Biji-biji yang masih muda bercahaya dan berwarna jernih, biji yang telah masak dan kering berkeriput ( mengerut. untuk membedakan dapat dilihat dari rambut tongkol berwarna putih .
  • Jika rambutnya berwarna merah berarti jaung biasa.
  • Apabila ada yang berminat menanam jagung manis ini terlebih kita melihat umur tanam yang berkisar antara 60-70 hari, namun didataran tinggi mencapai 80 hari.
  • Bentuk biji jagung manis pada waktu masak keriput dan transparan.
  • Biji jagung manis yang belum masak mengandung kadar gula lebih tinggi dari pada pati.

6. Jagung Mutiara

Biji jagung mutiara memiliki bentuk bulat, mengkilap, licin dan memiliki tekstur ang keras karena bagian pati keras terdapat di bagian lapisan luar. Pada saat matang, pada bagian luar biji akan mengkerut, sehingga menyebabkan permukaan biji menjadi bulat dan licin.
Biasanya di Indonesia tergolong jagung mutiara. Sekitar 75% dari areal pertanaman jagung di Pulau Jawa bertipe biji mutiara. Jenis jagung ini tahan terhadap hama gudang, maka dari ituTipe biji ini disukai oleh petani karena tahan hama gudang.
Jagung ini banyak terdapat di dunia terutama di Amerika Serikat Argentina.
Sebagian digunakan untuk keperluan pakan ternak. Kalau di Indonsia dimanfaatkan untuk konsumsi manusia dan ternak. Tanaman jagung mutiara dapat beradaptasi dengan baik di daerah subtropis dan tropis. Biji jagung mutiara memiliki bentuk bulat, mengkilap, licin dan memiliki tekstur ang keras karena bagian pati keras terdapat di bagian lapisan luar.
Pada saat matang, pada bagian luar biji akan mengkerut, sehingga menyebabkan permukaan biji menjadi bulat dan licin. Biasanya di Indonesia tergolong jagung mutiara.

7. Jagung Gigi Kuda

Jagung ini Banyak terdapat di Amerika Serikat dan Meksiko Utara, kemudian di Eropa. sebagian besar  dijadikan makanan ternak. Di Indonesia  jenis jagung ini jarang ditanam karena tidak tahan tarhadap hama bubuk dan cocok untuk dibuat tepung jagung
Ciri-ciri Jagung Gigi Kuda
 
  • Adanya lekukan dibagian tengah atau atau bagian atas biji, batangnya tingi dan panjang  tumbuhnya tegap dan umurnya lama .
  • Setiap batang tumbuhnya 1-2 tongkol. Biji tanaman jagung kuda tergolong berukuran besar dan terbagi dalam beberapa baris dengan warna berbeda, bisa berwarna kuning, putih atau warna yang lain. Beras 100- biji dapat mencapai sekitar 300-500 gr.

 

Pengaruh Jarak Tanam Jagung

Populasi tanaman (jarak tanam) merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil tanaman. Biasanya jarak tanam pada jagung yaitu 75 x 25 cm. Jarak tanam ini sangat penting bagi pertumbuhan jagung. Dengan jarak yang ideal yaitu berkisaran 75 x 25 cm tanaman jagung tidak akan bersaing.

Selain itu, tanaman akan mendapatkan unsur hara untuk pertumbuhan tanaman itu sendiri. Selain itu akan menghasilkan hasil yang maksimal pada biji jagung. Jarak tanam pada jagung biasanya ditentukan pada sasaran pemanenan.

Untuk lubang tanam yang hendak di pakai memiliki antara 3-5 cm dan tiap lubang tanam ada yang menggunakan 1 biji dan 2 biji itu tergantung anda. Jika anda menginginkan tanaman jagung berumur panjang maka jarak tanam akan semakin lebar, begitu pula sebaliknya. Kita sapat menyesuaikan terlebih dahulu.

 Seperti contohnya jika jagung berumur 100 hari dihitung sejak penanaman, maka jarak tanam yang kita gunakan 40×100 cm 2 biji / lubang tanam. Sedangkan yang berumur 80-100 hari jarak tanam yang biasanya digunakan adalah 25 x 75 cm 1 biji / lubang tanam.

Jarak Tanam Jagung

Pada kondisi tanah yang becek, lebih baik tanah di buat bedengan agar benih tidak membusuk karena genangan air, dan akan cepat tubuh secara maksimal.

Lebar bedengan adalah 100 cm  dan jarak antar bedengan adalah 50 cm. Sedangkan jarak didalam barisnya adalah 20-25 cm, sehingga jarak tanam jagung, baik menggunakan bedengan ataupun yang tidak mengunakan bedengan adalah 75cm x 25cm atau 75cm x 20cm.

Kemudian buatlah  lubang tanam sedalam 5-10 cm. Lalu masukan benih jagung secara teratur dan tutup dengan bokashi. Selanjutnya semprot bekas lubang tanam menggunakan POC GDM. Hal ini berfungsi untuk melindungi tanaman dari serangan hama penyakit dan mempercepat petumbuhan tanaman.

Fungsi Jarak Tanam bagi Tanaman

Fungsi jarak tanam bagi tanaman adalah untuk menurunkan tingkat kompetisi suatu tanaman dengan tanaman yang lain untuk mendapatkan sinar matahari yang optimal sehingga fotosintesis pada tanaman tersebut tidak terhambat oleh tanaman lainnya.

Untuk menurunkan tingkat kompetisi suatu tanaman dengan tanaman lain untuk mendapatkan unsur hara dari dalam tanah, dan juga untuk meningkatkan zona perakaran suatu tanaman, zona pertumbuhan suatu tanaman, dan sebagainnya.

Sehingga, tanaman tersebut dapat menghasilkan produksi yang maksimal. Jarak tanam juga sangat penting unuk mengolah lahannya sehingga tidak terjadi kerugian yang cukup besar

Cara Menanam Jagung

Memilih Bibit Jagung

Hal pertama yang harus anda lakukan memilih jenis jagung yang akan ditanam seperti jagung manis, hibrida kedua jenis jagung ini sangat populer dikalangan para petani. Kalau anda adalah kategori amatir ada baiknya mencari informasi kepada para petani jagung yang sudah profesional karena dengan begitu anda bisa tau dimana tempat jual bibit atau benih jagung yang berkualitas

 Pengolahan lahan yang benar

Cara menanam jagung berikutnya adalah pengolahan dengan benar, dalam proses ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan harus dilakukan secara benar dan tepat.

  • Menentukan lahan
  • Membuka lahan
  • Pembentukan bedengan
  • Pengapuran

 Proses penanaman jagung kelahan tanam

Cara menanam jagung selanjutnya adalah proses penanaman benih jagung ke lahan tanam, dalam proses kali ini anda beberapa hal salah satunya adalah jarak tanaman yang baik 75 x 50 lalu setiap lubang di isi 2 buah benih jagung setelah itu tutup lubang menggunakan tanah disekitar area lubang. Tanaman jagung tidak dapat tumbuh jika di area tanam digenangi air terlalu banyak dan di area mengalami kekurangan air.

Berikan pupuk ke tanaman jagung

Cara menanam jagung yang berikutnya adalah pemupukan, jarakan antara pupuk dengan tanaman tidak boleh sembarangan kali ini kami akan membantu anda mengenai cara pemupukan yang benar.

Yang perlu anda ingat adalah pemupukan dasar karena banyak para petani yang mengabaikan proses pemupukan yang satu ini. Benih tanaman jagung seperti bayi yang baru lahir dan pemupukan dasar seperti ASI, dengan kata lain pemupukan dasar berfungsi menyiapkan nutrisi awal bagi benih jagung agar tumbuh dengan sehat. Setelah selesai tutup pupuk menggunakan tanah yang berguna agar nutrisi atau pupuk tidak hilang terkena air hujan dan aliran air.

Pemeliharaan jagung

Berikutnya adalah tahap pemeliharaan jagung, setelah lama menunggu benih jagung tumbuh menjadi tanaman akhir pada tahap ini tanaman anda sudah tumbuh dengan subur namun kerja anda belum selesai kali ini anda harus memelihara seperti penyulaman, penjarangan, pembumbunan, pemupukan, pengairan dan mencegah hama dan penyakit semua itu akan kami jelaskan dibawah ini cara dan fungsi pemeliharaan masing masing.

Baiklah Cara menanam jagung kali ini sedikit panjang karena anda harus bisa merawat dan memelihara tanaman jagung seperti haknya merawat/memelihara anak sendiri agar tanaman jagung dapat berbuah secara maksimal, langsung saja kami akan menjelas beberapa proses pemeliharaan diatas tadi.

  • Penyulaman
  • Penjarangan
  • Pembumbunan
  • Pemupukan 

Baca juga bagaimana cara budidaya kacang panjang? Simak di budidaya kacang panjang