Select Page

Kali ini kami ingin menyajikan informasi mengenai bagaimana cara tanam semangka. Buah semangka sudah tidak asing lagi bagi kita yang suka buah-buahan. Akan tapi, tahukah anda buah semangka sebenarnya bukan buah asli indonesia melainkan buah dari afrika.

Karena tergolong tanaman yang sangat mudah ditanam banyak para petani pribumi melakukan budidaya semangka. Selain karena mudah ditanam, ternyata buah semangka banyak mengandung vitamin diantaranya vitamin A, B1, B6 dan yang begitu menonjol adalah vitamin C.

Selain itu semangka juga mengandung asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, potasium,kalium, dan juga magnesium. Sebelum kita membahas bagaimana cara tanam semangka ada baiknya anda mengetahui manfaat yang diperoleh setelah mengkonsumsi semangka bagi tubuh.

Manfaat Buah Semangka Melalui Cara Tanam Semangka Ialah:

1. Mencegah Penyakit Asma

Kenapa buah semangka bisa mencegah penyakit asma? Karena di dalam buah semangka terkandung banyak vitamin C, fungsi dari vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa mencegah gangguan pernafasan. Bagi anda penderita penyakit asma sangat kami anjurkan mengkonsumsi buah semangka paling tidak 3-4 kali dalam seminggu.

2. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat berikutnya ialah dapat menurunkan tekanan darah, kenapa bisa buah semangka menurunkan tekanan darah ?? karena buah semangka sangat baik untuk pembuluh darah serta dapat mengatasi tekanan darah yang terlalu tinggi khususnya didaerah jantung. Kami sangat menyarankan bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi supaya mengkonsumsi buah semangka secara rutin.

3. Mencegah Kanker

Ini bukan kantong kering ya, tapi penyakit kanker yang terjadi disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tumbuh secara tidak normal sehingga berubah menjadi sel kanker. Salah satu buah yang dapat mengatasi pertumbuhan sel kanker pada tubuh adalah buah semangka karena buah semangka kaya akan vitamin C dan zat licopen sehingga tubuh tidak dapat diserang oleh radikal bebas.

4. Dapat Mengatasi Sembelit

Manfaat berikutnya adalah dapat mengatasi sembelit. Karena buah semangka kaya akan serat serta dapat membentuk sel alami didaerah usus besar sehingga bisa memperlancar buang air besar. Kami menyarankan bagi anda agar mengkonsumsi buah semangka paling tidak 2-3 dalam seminggu.

Panduan Cara Tanam Semangka dengan Sangat Mudah

Setelah kami menyajikan sedikit manfaat dari buah semangka, kami akan membahas topik utama yaitu cara taanam semangka berikut ini:

1. Menentukan Lahan Tanam Semangka

Cara Tanam Semangka

Cara tanam semangka pertama yaitu menentukan lahan tanam yang baik, karena tanaman semangka memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi baik dari PH tanah, jenis tanah, ketinggian serta suhu daerah. Kali ini kami akan menyajikan syarat-syarat memilih lahan tanam buah semangka yang baik dan benar, sehingga tanaman semangka terhindar dari gagal panen.

Syarat – Syarat Memlih Lahan Tanam Semangka.

a. Jenis Tanah dan PH Tanah ( Media Tanam)
  • pertama adalah tentukan jenis tanah yang cocok untuk tanaman semangka, menurut kami tanah yang cocok untuk buah semangka adalah tanah porous(sarang). Kenapa tanah ini cocok?? Karena jenis tanah ini dapat membuang air yang berlebihan secara mudah, tetapi jika tanah terlalu mudah membuang air akan tidak bagus untuk pertumbuhan tanaman buah semangka.
  • Kemudian adalah menentukan keadaan atau kondisi tanah yang cocok untuk tanaman semangka, anda bisa memelih tanah yang gembur. Yang kaya akan bahan organik atau bisa menggunakan lahan bekas kebun namun yang sudah diolah sebelumnya.
  • Berikutnya tingkatkan keasaman tanah, pilih tanah yang memiliki tinggat keasaman berkisar 6-6,7. Namun apa bila tanah hanya memiliki tingkat keasaman di 5 anda bisa melakukan proses pengapuran
b. Menentukan Ketinggian Lahan Tanam Semangka
  • Pemilihan ketinggian lahan tanam semangka yang ideal, cari tempat budidaya semangka yang mempunyai ketinggian 100-300 m dpl. Pernyataan mengenai ketinggian 100-300 m dpl itu benar karena buah semangka hanya bisa tumbuh didaerah dekat pantai yang memilik ketinggian 100 m dpl serta didaerah perbukitan yang ketinggiannya mencapai 300 m dpl
c. Iklim atau Suhu Daerah
  • Tanaman semangka membutuhkan suhu kurang lebih 25 derajat C agar dapat tumbuh dan berbuah secara maksimal. Selain itu tanaman semangka juga bisa tumbuh pada daerah yang mempunyai kelembaban udara rendah, serta curah hujan yang cukup baik untuk tanaman semangka berkisar antara 40-50 mm/bulan.

Baiklah setelah mengetahui syarat-syarat lahan tanam semangka yang ideal, kami akan melanjutkan cara tanam semangka ke fase selanjutnya.

2. Pemilihan Bibit Semangka Berkualitas

Cara tanam semangka selanjutnya adalah memilih bibit/benih semangka berkualitas. Tentu anda ingin merasa hasil panen semangka yang melimpah serta maksimal bukan ?? oleh karena itu jangan pernah membeli bibit/benih semangka secara sembarang pastikan dulu bibit yang anda beli tersebut memang berkualitas.

Langkah pertama yang akan anda lakukan mencari bibit yang sangat berkualitas, anda bisa menanyakan dengan petani yang sudah berpengalaman atau pun bertanya langsung dengan penjual bibit semangka di toko dekat rumah anda. Selanjutnya tentu jelas jenis semangka apa yang ingin anda tanam.

Ada beberapa jenis semangka tapi kali ini kami akan menyajikan 2 jenis yaitu semangka tidak berbiji (tripolid) serta semangka berbiji (haploid). Setelah anda selesai menentukan jenis semangka yang akan ditanam langsung beli bibit tersebut di toko sekitar rumah anda masing-masing.

3. Penyemaian Bibit / Benih Semangka

Fase selanjutnya ialah penyemaian bibit/benih, kenapa penyemaian bibit ini peting ?? karena dengan melakukan proses penyemaian bibit dapat tumbuh secara maksimal serta dalam proses kontrol akan lebih mudah karena diletakkan pada satu tempat secara rapi. Baiklah langsung saja anda perhatikan berbagai cara penyemaian bibit/benih semangka yang benar dibawah ini.

Cara penyemaian bibit atau benih semangka :

Berikut ini cara menyemai bibit semangka yang benar.

  • Langkah pertama, anda siapkan dulu media tanam berupa tanah dan juga pupuk kadang dalam jumlah tertentu(sesuai kebutuhan
  • Setelah itu bersihkan tanah dari sampah atau pun dari beberapa hama pengganggu yang dapat merusak kualitas tanah
  • Setelah tanah bersih dari kotoran, campurkan semua bahan yang sudah disiapkan tadi dengan rata. Anda bisa menggunakan tangan langsung atau dengan peralatan tanam lainnya
  • Cari tempat yang sekiranya dapat memudahkan anda dalam proses mengontrol keadaan benih
  • Lalukan penyiram menggunakan air bersih tidak perlu banyak-banyak, karena tujuan dari penyiraman hanya membuat tanah tidak kering saja
  • Setelah semua selesai, anda hanya bisa menunggu benih atau bibit semangka tumbuh.

4. Pengolahan Lahan Tanam Semangka

Cara tanam semangka selanjutnya yaitu proses pengolahan lahan, karena pada tahap pertama kami hanya menyajikan menentukan lahan tanam saja. Kali ini kami akan memberitahu cara pengolahan lahan yang benar, tujuan agar tanaman semangka dapat dikontrol secara maksimal serta pada saat peraawatan tidak mengalami kesulitan karena tanaman semangka ditanam tidak beraturan. Baiklah langsung saja, cara mengolah lahan tanam semangka dengan mudah.

Cara pengolahan lahan tanam semangka :

  • Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menggembur, meskipun lahan yang anda pilih bekas kebun ataupun bekas sawah yang kering kegiatan menggembur tanah teteap penting dilakukan
  • Pada saat penggemburan tanah anda juga dapat menambahkan pupuk agar tercampur lebih rata
  • Berikutnya membuat benda lebar dan panjang sesuaikan dengan jumlah tanaman semangka anda masing-masing. Selain itu buat parit disekitar bedengan supaya air dapat mengalir lancar
  • Langkah terakhir yaitu membuat lubang untuk menanam semangka dari tempat penyemaian.

5. Proses Cara Tanam Bibit Semangka

Tahap kali ini anda akan memindahkan tanaman semangka dari tempat penyemaian ke lahan tanam (bedengan) yang sudah diolah pada fase sebelumnya. Tanaman semangka yang sudah berumur 5 minggu sudah siap melakukan pemindahan ke lahan tanam.

Anda hanya perlu mengambil tanaman semangka saja kemudian pindahkan ke lubang lahan yang sudah dipersiapkan pada fase sebelumnya. Perlu diingat anda harus berhati-hati saat mengambil tanaman semangka dari tempat penyemaian hindari akar patah. Setelah masuk kedalam lubang bedengan tutup menggunakan tanah dengan tidak terlalu tebal (tipis).

6. Perawatan Tanaman Semangka

Panduan Cara tanam semangka yang tidak kalah penting adalah tahap perawatan, karena dalam proses perawatan ini tanaman semangka akan mendapat asupan air dan nutrisi yang cukup sehingga bisa tumbuh secara maksimal. Baiklah kami akan menyajikan cara perawatan tanaman semangka supaya tumbuh dan berbuah secara maksimal.

Cara Merawat Tanaman Semangka

Berikut ini cara perawatan buah semangka supaya berbuah maksimal:

a. Penyiangan

Perawatan yang pertama ini bertujuan untuk memotong ranting tanaman semangka yang tidak berguna karena semangka hanya berbuah 2 dalam satu tanaman.

b. Pembubunan

Kali ini adalah perawatan dengan cara pembubunan yang dilakukan supaya tanaman semangka dapat menyerap asupan makanan secara maksimal.

c. Perempalan

Perawatan ini dilakukan dengan membuang tunas muda yang sudah tidak berguna pada tanaman semangka.

d. Pemupukan

Walaupun pada tahap sebelumnya semangka sudah melalui fase pemupukan. Akan tetapi tidak ada salahnya juga untuk melakukan kegiatan pemupukan susulan agar tanaman semangka lebih maksimal untuk mendapat asupan nutrisi.

7. Tahap Panen semangka 

Cara tanam semangka terakhir adalah tahap panen, tahap yang tunggu-tunggu oleh semua petani. Tapi tahukah anda terdapat beberapa hal penting yang harus anda diketahui pasca sebelum panen semangka. Buah semangka harus berumur yang cukup karena jika umur buah semangka tidak cukup, daging buah berwarna pucat serta rasanya tidak manis.

Masa panen semangka pasti berbeda jika ketinggian suatu daerah berbeda juga selain itu ukuran buah akan berbeda juga disetiap daerah. Jika anda masih merasa kebingungan mana buah semangka yang benar-benar sudah matang dan mana buah yang belum matang. Kami menyarankan supaya melakukan pengambilan sampel dengan mengecek kadar gula pada buah semangka.

Setelah kami menyajikan informasi tentang cara tanam semangka lalu bagaimana dengan anda kapan ingin memulai menanam semangka dengan cara kami? Mulailah menanam semangka dalam skala kecil terlebih dulu. Setelah berhasil langsung tanam semangka dalam skala besar. Itulah yang bisa kami sampaikan semoga dapat membantu anda semua dalam memulai bercocok tanam semangka, terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

× Whatsapp Kami!