Select Page

Tahukah anda Buah semangka adalah buah yang memiliki banyak manfaat.

Buah semangka mengandung 92 persen air, di setiap gigitan semangka mengandung vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan asam amino dalam jumlah yang cukup banyak. Semakin matang buah semangka, maka semakin tinggi pula tingkat likopen dan beta-karoten di dalamnya.

Sebuah penelitian Journal of Chromatography, bagian putih yang berada di bagian kulit semangka mengandung lebih banyak citrulline dan asam amino. Asam amino ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke jantung, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

Ada Banyak Manfaat Semangka Bagi Kesehatan Yaitu:

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

1. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Pertama Adalah Untuk Mencegah Kanker

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Setiap semangka mengandung banyak likopen yang dikaitkan dengan pencegahan kanker pada sistem pencernaan manusia. Likopen menurunkan risiko kanker dengan cara mengurangi IGF (insulin-like growth factor), protein yang terlibat disetiap pembelahan sel.

Tingkat IGF yang tinggi dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker.

2. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-2 Adalah Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Semangka memiliki kandungan likopen yang tinggi kandungan ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan likopen juga bisa mengurangi tekanan darah dan kolesterol jahat.

Setelah American Journal of Hypertension melakukan penelitian ternyata semangka bisa membantu mengurangi hipertensi dan dapat menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang menderita penyakit obesitas.

Buah semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh yang dikenal bisa menurunkan tekanan darah.

3. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-3 Adalah Untuk Mencegah Asma

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka merupakan sumber dari vitamin C yang sangat baik, vitamin yang dapat menurunkan risiko asma dan penelitian menunjukan bahwa vitamin C memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Seseorang yang terkena asma biasanya memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dalam tubuh sehingga mereka mengalami gejala asma.

4. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-4 Adalah Untuk Menurunkan Peradangan

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Kandungan vitamin C dan likopen yang sangat tinggi pada buah semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif. Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya likopen dan vitamin C dapat menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh.

5. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-5 Adalah Untuk Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Likopen yang ada didalam semangka juga dapat melindungi mata dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Kandungan likopen yang ada didalam semangka tersebut bekerja sebagai senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula yang terkait dengan usia.

6. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-6 Adalah Untuk Mengurangi Nyeri Otot

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka bisa mengurangi nyeri otot karena didalam semangka memiliki kandungan citrulline yang tinggi. Dengan meminum jus semangka juga bisa mengurangi nyeri otot dan meningkatkan sirkulai pada darah para atlet.

7. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-7 Adalah Untuk Meningkatkan Pencernaan

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka memiliki banyak kandungan serat, yang dapat mendorong sistem pencernaan yang sehat dan menjaga pergerakan usus agar pencernaan teratur.

8. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-8 Adalah Untuk Menghidrasi Tubuh

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Saat mengkonsumsi buah semangka tubuh akan selalu terhidrasi. Hal ini dikarenakan oleh kandungan air dari buah semangka yang tinggi yang memiliki kulit berwarna hijau tersebut. Ketika musim panas atau kemarau, mengonsumsi buah semangka adalah pilihan yang sangat tepat.

9. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang Ke-9 Adalah Untuk Meningakatkan Kualitas Kulit dan Rambut

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Didalam semangka terdapat vitamin C dan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C pada semangka diperlukan untuk membuat kolagen, dan protein yang menjaga kulit lebih halus dan menjadikan rambut yang kuat. Vitamin A pad semangka bisa membantu menjaga kesehatan kulit dengan memperbaiki sel-sel kulit.

10. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang ke-10 Adalah Untuk Mengobati Disfungsi Ereksi

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka yang merupakan salah satu sumber citrulline yang baik, yang dapat diubah menjadi asam amino lain yang disebut arginin. Arginin juga dikonversi menjadi oksida nitrat, oksida nitrat ini bisa membantu dalam memperlebar pembuluh darah, dan juga bisa meningkatkan aliran darah.

11. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang ke-10 Adalah Untuk Mencegah Impoten

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Secara alami buah semangka dapat dirasakan untuk pria. Buah semangka bisa digunakan sebagai obat kuat pria yang dapat meningkatkan kesuburan. Dan dengan mengonsumsi semangka, anda bisa mengobati dan mencegah impoten. Impoten adalah dimana kondisi penis tidak mampu untuk ereksi atau tidak bisa menahan ereksi walaupun adanya rangsangan seksual.

12. Manfaat Buah Semangka Untuk kesehatan yang ke-12 Adalah Untuk Mengatasi Lemak yang Menumpuk

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Semangka merah memiliki kandungan asam amino citruline yang dapat mengatasi secara efektif lemak yang menumpuk didalam tubuh. Buah semangka juga mampu melemahkan sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh dan bisa juga untuk melarutkannya dalam saluran pencernaan. Dengan ini, maka buah semangka dapat adna gunakan untuk mengurangi lemak jika sedang menjalani proses diet :D.

13.Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan yang ke-13 Adalah Untuk Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi Harian

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka merah adalah salah satu buah yang memiliki rendah kalori. Banyak kandungan gizi yang dimiliki oleh buah semangka. Kandungan yang ada didalamnya sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukann oleh tubuh.

Selain Memiliki Banyak Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan, Ternyata Semangka Juga Dapat Diolah,Berikut Beberapa Olahan Semangka.

1. Diolah Menjadi Es Krim

Selain dimakan langsung, semangka bisa kamu olah menjadi es krim yang bisa menyegarkan. Hanya menggunakan blender semangka bisa diolah menjadi es krim cukup tambahkan gula pasir dan jus lemon lalu blender hingga halus. Busanya harus dibuang, setelah itu cetak menggunakan cetakan es krim popsicles.

2. Diolah Menjadi Es Batu

Buah semangka juga diolah menjadi es batu semangka. Olah ini nantinya bisa digunakan untuk campuran di berbagai minuman, seperti dicampurkan kedalam es campur, soda, atau sekadar air putih saja.

3. Diolah Menjadi Kue Rasa Semangka

Buah semangka juga bisa kamu buat menjadi kue semangka dengan bahan yang sama dengan kue yang biasa kamu buat cukup tambahkan semangaka saja.  Semangka yang dibutuhkan adalah semangka matang yang memiliki ukuran yang cukup besar.

Atau bisa juga diolah dengan mengukir semangka sedemikian rupa, dengan mengoleskan pinggiran semangka dengan whipping cream dan simpan di dalam lemari es.

4. Salad Semangka dan Mozzarella

Ide kreatif untuk mengolah semangka lainnya adalah dengan mengolah semangka menjadi salad buah yang segar dan menyehatkan. Supaya rasanya lebih enak dan gurih, cukup kamu mencampurkan keju mozzarella yang telah dilelehkan ke dalam salad buah yang segar.

5. Smoothie Semangka dan Kelapa

Dengan menghancurkan semangka, susu, sirup maple, dan menambahkan ekstrak vanila ke dalam adonan lalu blender. Setelah di blender lalu tuang ke dalam gelas, dan tambahkan irisan buah kelapa. Smoothie semangka bisa kamu nikmati.

6. Biji Semangka Panggang

Tidak hanya bagian dari dagingnya saja, biji dari buah semangka juga dapat diolah menjadi cemilan yang enak. Caranya cukup keringkan biji semangka dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. Kamu bisa menggunakan piring loyang. Setelah biji semangkanya kering, pangganglah biji semangka menggunakan kompor dengan api yang tidak terlalu besar (sedang). Aduk sampai biji semangka terpanggang secara merata. Lalu, Kamu bisa menambahkan garam ke dalam segelas air dan aduk sampai larut. Tuang air garam ke dalam wajan biji semangka dan masak dengan api yanng sedang, aduk beberapa kali sampai air nya menguap. Setelah selesai, biarkan biji menjadi dingin dan siap dihidangkan.

7.Semangka Goreng

Tidak hanya pisang yang bisa digoreng, tetapi semangka juga bisa ternyata. Cukup dengan memotong semangka menjadi kotak-kotak, kemudian celupkan ke adonan seperti goreng pisang biasanya yaitu adonan tepung jagung dan putih telur. Setelah itu, lapisi kembali semangka yang telah dipotong kotak-kotak dengan tepung maizena dan goreng secara perlahan-lahan. Lalu goreng sampai potongan semangka berwarna keemasan.

8.Acar Semangka

Ide terakhir yang bisa dilakukan adalah membuat acar semangka, buah semangka juga bisa dibuat menjadi acar yang enak. Tidak cuma timun saja yang bisa dijadiin acar, semangka pun bisa dijadikan acar yang enak.

Dari sekian banyak ide diatas kamu bisa mengolah semangka menjadi banyak olahan dan dengan kreatifitas mu kamu juga bisa menbuat olahan lainya.

× Whatsapp Kami!