Select Page

Manfaat Daun Seledri-tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu sayuran sehat yang bisa kita konsumsi. Seledri diyakini oleh banyak orang dapat mengurangi kalori. Artinya mampu membakar lebih banyak kalori. Tidak seperti sayuran pada umunya, seledri bisa dikonsumsi pada seluruh bagiannya. Setiap bagian daripada tanaman ini bisa dipakai dan juga dikonsumsi loh.

Sayuran yang bermanfaat ini juga bisa digunakan dengan berbagai jenis cara untuk meningkatkan makanan dikarenakan rasanya yang sedikit asin. Terlepas dari rasa dan juga perannya di dalam dapur, seledri sebenarnya ialah sumber daya yang sangat kaya akan vitamin dan juga mineral penting lainnya. Seledri tinggi akan kandungan asam folat dan juga kalium yang bisa digunakan tubuh untuk bekerja pada tingkat optimal.

Jumlah vitamin C yang luar biasa dalam kandungannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Ini adalah salah satu makanan super yang harus Anda sertakan dalam menu untuk meningkatkan kondisi dan menjalani hidup sehat. Berikut ada beberapa 15 alasan yang paling penting kenapa kalian harus mengkonsumsi daun seledri secara teratur tiap hari :

Manfaat Daun Seledri

manfaat daun seledri

1. Mengobati Infeksi Kandung Kemih

Manfaat Daun Seledri juga sangatlah membantu untuk bisa menyingkirkan batu-batu empedu didalam tubuh serta mengobati infeksi pada kandung kemih, sebagaimana akibat dari sifat anti inflamasi serta anti diuretik yang sangat kuat.

2. Meningkatkan Kesehatan

Penelitian juga sudah menemukan bahwa sayur seledri ini sangat bisa membantu untuk menyembuhkan berbagai penyakit peradangan seperti asam urat, radang sendi serta penyakit rematik, ini dikarenakan oleh sifat anti-inflamasi yang sangat ampuh, yang berhubungan dengan pembengkakan serta nyeri untuk bagian persendian. Untuk mengobati penyakit, perawatan harus disertai segelas jus seledri setiap harinya.

3. Mengurangi Peradangan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, sayuran ini banyak mengandung beberapa sifat anti inflamasi yang bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena peradangan. Luteolin yang terkandung didalamnya bisa mengurangi peradangan di hippocamps, bagian otak yang berhubungan dengan bagian memori.

4. Mengatur Tekanan Darah

Seledri kaya potasium yang membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat daun seledri mengandung phthalides yang sangat bisa untuk membantu mengendurkan otot-otot yang ada di sekitar arteri. Hal ini sangat membantu pembuluh darah untuk melebar, dan kemudian akan menurunkan tekanan darah.

5. Mengurangi Kolesterol

Phthlides juga sangat bisa untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh manusia. Mereka bisa memicu produksi asam empedu yang bisa berfungsi untuk mengurangi kolesterol LDL yang ada dalam darah. Untuk menikmati manfaatnya, Anda perlu mengonsumsi dua batang seledri setiap hari.

6. Mencegah Kanker

Senyawa campuran sayur seledri ini banyak mengandung senyawa yang bisa melawan beberapa jenis kanker pada tubuh loh. Luteolin flavonoid bisa berfungsi untuk menghalangi pertumbuhan pada sel kanker. Phthlides dan juga polyacetylenes di dalam sayur seledri mendetoksifikasi sel kanker di dalam tubuh serta membantu mencegah sel kanker, khususnya kanker untuk ovarium.

7. Menurunkan Berat Badan

Sayur Seledri ialah pilihan yang sangat tepat yang wajib menjadi bagian rutin untuk diet kalian, terutama jika kalian mau menurunkan berat badan. Tangkai seledri hanya memiliki 15 kalori di dalamnya. kalian juga bisa mengunyah seluruh seledri tanpa mengkhawatirkan tentang kalori dan juga serat yang ada di dalamnya akan membuat kalian kenyang lebih lama lagi.

8. Diuretik Alami

kandungan kalium dan juga natrium yang sudah ditemukan secara alami di dalam sayur seledri membuatnya menjadi diuretik yang sangat kuat. Ini sangat membantu dalam menyingkirkan racun berbahaya dari tubuh serta mengatur cairan.

9. Mengurangi Gejala Menstruasi

Ada sekitar 50 senyawa lain yang ada dalam seledri yang masih berhubungan dengan gejala-gejala menstruasi seperti kembung, sakit kepala, dan juga sakit perut. Anethole fitokimia yang terkandung di dalam seledri bisa membantu untuk mengatasi gejala yang bisa terjadi selama kalian menstruasi.

10. Meredakan Stres

kalian juga bisa mengatasi stres dengan cara alami yang menggunakan seledri. Ini juga mengandung magnesium yang bisa bekerja untuk bisa menenangkan sistem saraf pada tubuh. Selanjutnya, kalian juga bisa memperbaiki tidur kalian dengan cara makan beberapa seledri pada saat makan malam.

11. Kesehatan Mulut

Kebersihan mulut yang sangat buruk, bakteri, makanan yang terjebak di gusi dan gigi, menyebabkan bau mulut. Mengunyah sebatang seledri berfungsi untuk mengeluarkan makanan dan menyegarkan napas Anda pada saat yang bersamaan.

12. Baik Untuk Pencernaan

Sayur seledri mempunyai salah satu presentasi air yang tertinggi di dalamnya loh. Oleh karena itu, ini memainkan peran besar dalam menjaga Anda tetap teratur dan menangani sembelit.

13. Kesehatan Mata

Sangat banyak nutrisi yang bisa ditemukan didalam sayur seledri yang bisa membantu melindungi mata kalian dari degenerasi makula. Seledri juga masih banyak mengandung setidaknya 10% dari dosis harian untuk vitamin A, yang cukup sempurna bagi kesehatan mata kalian.

14. Anti Penuaan

Sayuran ini mengandung antioksidan kuat serta vitamin A, C, E dan nutrisi penting lainnya. Vitamin E yang terkandung di dalamnya yang bisa membantu untuk menjaga kulit tetap lembab dan juga antioksidan di dalam seledri yang bisa membantu melindungi kulit dari zat berbahaya yang bisa menyebabkan penuaan pada kulit.

15. Meningkatkan Libido

Seledri juga sangat bisa membantu untuk memberikan dorongan seks yang cukup sehat ini dikarenakan sayur seledri banyak mengandung androstenol serta androstenone yang bisa ditemukan untuk membantu kalian meningkatkan dorongan seks pada manusia.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan

manfaat daun seledri

Perawatan wajah tidak harus mahal, karena dapat kamu lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di dapur. Salah satunya dengan menggunakan seledri. Mempunyai banyak kandungan vitamin, ini 5 manfaat daun seledri yang bisa membuat kulit wajah jadi tampak lebih bersih.

1. Seledri Mampu Mengatasi Masalah Minyak Berlebih Pada Kulit Wajah

Memiliki wajah berminyak dapat menyebabkan berbagai masalah yang mengganggu, misalnya jerawat, hasil make up kurang maksimal, hingga wajah yang terlihat kusam. Coba saja untuk mengatasinya dengan menggunakan sayur seledri yang dijamin bisa membantu mengatasi wajah berminyak teman-teman tanpa membuat kulit menjadi lebih kering lagi.

Sayur Seledri memiliki kandungan vitamin A yang bisa mengontrol produksi minyak pada wajah. juga ada kandungan asam lemak omega 6 yang bisa untuk membantu menjaga kulit wajah supaya kekenyalan nya terjaga.

Caranya, sediakan potongan seledri yang masih segar, lalu masukkan ke dalam cangkir berisi air yang mendidih lalu tutup rapat. Setelah agak dingin, kemudian masukkan ke dalam lemari es. Pakai saja air rendaman daun seledri tersebut untuk membasuh wajah saat menjelang kalian tidur.

2. Seledri Mampu Meremajakan Kulit Serta Mencegah Penuaan Dini

Kamu masih merasa muda dan tidak peduli perawatan wajah? Hati-hati lho, penuaan dini itu bisa terjadi pada rentang usia tak terbatas, artinya umur berapapun bisa muncul tanda-tandanya karena pengaruh dari radikal bebas. Nah, seledri bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mencegah kerutan akibat penuaan dini karena seledri memiliki senyawa anti-oksidan yang ampuh menangkal radikal bebas.

Selain daripada itu, mineral dan juga kandungan asam lemak pada omega 6 bisa menjaga keremajaan kulit jadi kulit wajah bisa tetap kenyal dan juga terlihat bersinar. Caranya dengan, blender saja potongan daun seledri dan juga sedikit air sampai halus. Lalu, gunakan campuran tersebut pada wajah kamu sampai merata, diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air.

3. Daun Seledri Mampu Mencerahkan Wajah

Banyak produk pencerah wajah dijual dari harga murah hingga sangat mahal. Dengan menggunakan daun seledri secara teratur, kalian juga bisa mendapatkan wajah yang cerah alami dengan sangat mudah.

Daun Seledri memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamin A yang bisa untuk membantu mengangkat sel kulit yang mati jadi regenerasi pada kulit bisa berjalan dengan cukup baik. Ini bisa membuat kulit wajah kalian yang kusam menjadi lebih cerah lagi.

Manfaat yang lainnya kulit wajah kalian bisa menjadi lebih lembut dan juga halus. Caranya sangat mudah, cukup oleskan saja masker seledri pada wajah kalian setiap hari supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Seledri Mampu Mengatasi Masalah Jerawat Pada Wajah

Apakah kamu punya masalah dengan jerawat yang membandel di wajah? Daun seledri bisa memberikan perawatan kepada wajah yang berjerawat sampai pada lapisan dalam kulit wajah. Hal ini dikarenakan daun seledri mempunyai kandungan anti-iritasi dan anti-inflamasi yang ampuh mengurangi jerawat.

Caranya, campurkan masker seledri dengan produk tea tree oil kesukaan kamu. Setelah itu, gunakan gunakan cotton bud yang dicelupkan pada campuran tersebut. Lalu, aplikasikan pada area wajah berjerawat. Tunggu hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Daun Seledri Bisa Menutrisi Kulit Wajah

Walau wajah kamu tergolong normal dan sehat, penting lho melakukan perawatan wajah agar terhindar dari berbagai masalah. Daun seledri bisa menjadi pilihan kalian karena seledri ialah bahan perawatan yang bisa menutrisi kulit dan juga mampu untuk mengeluarkan racun yang bisa membahayakan bagi kesehatan kulit kalian.

Gunakan saja sebagai masker wajah dengan penggunaan rutin. Caranya ialah dengan mencampurkan daun seledri yang sudah diblender menggunakan satu sendok makan minyak almond, satu sendok makan yoghurt, dan juga satu sendok makan oatmeal. Gunakan masker seledri ke seluruh bagian wajah selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Cara Menanam Seledri

manfaat daun seledri

Daun seledri dikonsumsi sebagai lalapan dan penghias hidangan. Bijinya bisa dijadikan sebagai bahan penyedap dan juga ekstrak minyak seledri yang dimanfaatkan juga sebagai obat.

Usaha pertanian budidaya seledri memang sangatlah cocok untuk dilakukan di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar kurleb 1000-1200 meter dari permukaan laut. Tetapi tanaman ini juga masih sangat toleran untuk ditumbuhkan di dataran rendah juga. Tanaman ini kurang tahan terhadap curah hujan tinggi.

Jenis tanah yang digunakan didalam budidaya sayur seledri ini ialah jenis tanah yang cukup gembur dan juga banyak mengandung bahan organik didalmnya. Tanaman ini bisa tumbuh baik di tingkat keasaman tanah pH 5,5 sampai 6,5. Jika tanah terlalu asam sebaiknya tambahkan kapur atau dolomit.

1. Cara Menanam Seledri

Ada dua cara untuk menanam sayuran seledri yaitu dengan cara memperbanyak generatif (dari biji) dan juga memperbanyak vegetatif (dari anakan) juga. Perbanyakan generatif umumnya diterapkan sebagai budidaya sayur seledri untuk skala luas ataupun komersial. Untuk budidaya seledri pada skala pekarangan seperti didalam pot ataupun polybag, perbanyakan dengan cara vegetatif lebih mudah untuk dilakukan.

Perbanyakan generatif dmulai dengan menyemaikan biji terlebih dahulu. Setelah biji sudah tumbuh menjadi bibit, baru bisa dipindahkan ke dalam pot ataupun polybag. Berikut ialah langkah-langkahnya :

Sebelum bijinya disemai, sebaiknya rendam terlebih dahulu ke dalam air sehangat kuku (50 sampai 60 derajat celcius) selama kira-kira 1 jam-an. Siapkan tempat persemaian berupa bedengan atau baki semai. Untuk media semai sendiri terdiri dari campuran antara tanah dan juga kompos yang sudah diayak menggunakan perbandingan 2:1.

Berikan naungan menggunakan plastik bening pada bedengan semai guna melindungi tanaman dari kucuran air hujan langsung dan juga terik sinar matahari. Buatlah alur garitan di atas bedengan sedalam kurleb 0,5 cm dan jarak antar alur sekitar 10-20 cm. Sebarkan saja benih didalam alur tersebut dan kemudian tutup tipis menggunakan tanah kemudian siram supaya mempertahankan tingkat kelembabannya.

Siram menggunakan air secukupnya saja setiap pagi ataupun sore supaya mempertahankan kelembaban pada media persemaian seledri. Media juga janganlah terlalu basah serta jangan pula sampai kekeringan juga. Bibit sudah siap dipindahkan kedalam pot ataupun polybag setelah sekitar 1 bulan ataupun setelah tumbuh 3 sampai 4 helai daun seledri.

Perbanyakan vegetatif umumnya dilakukan jika kita sudah memiliki tanaman sayur seledri sebelumnya. Cara untuk memperbanyak, cukup ambil saja anakan yang sudah terdapat didalam rumpun tanaman seledri yang sudah ada. Kemudian pindahkan ke pot atau polybag baru. Lalu tanaman bisa diperbanyak dari rumpun seledri yang sudah tumbuh.

jika bibit seledri siap dipindahkan, tinggal siapkan saja pot ataupun polybag dengan ukuran yang sedang. Isi saja menggunakan media tanam yang terdiri antara campuran tanah, kompos dan juga arang sekam menggunakan perbandingan 1:1:1. Ayak terlabih dahulu bahan-bahan tersebut. Penggunaan dari arang sekam bertujuan supaya media tanam mempunyai porositas yang baik dan juga bobot dari media menjadi lebih ringan jadi pot ataupun polybag lebih mudah untuk dipindahkan.

Jika tidak ada arang sekam bisa diganti dengan sekam padi, jerami padi atau serbuk gergaji. Hati-hati pada saat membuat media tanamnya, gunakan saja bahan-bahan yang sudah bebas dari hama dan juga penyakit.

2. Perawatan Budidaya Seledri

Lakukanlah penyiraman saat setiap pagi dan juga sore sampai tanaman berumur kira-kira satu minggu. Kemudian frekuensi pada penyiraman cukup dilakukan hanya 2-3 kali saja dalam satu minggu. Tergantung dengan kondisi cuaca, jadi usahakan media tidak terlalu becek atau bahkan terlalu kering.

Untuk budidaya sayur seledri organik pemberian pupuk organik cair sangatlah efektif untuk diberikan sebagai pupuk susulannya. Pupuk organik cair sangat banyak dijual pada toko-toko pertanian didalam berbagai merek, ataupun bisa juga dengan cara dibuat sendiri. Selain pupuk cair bisa juga digunakan pupuk kompos, pupuk kandang atau pupuk hayati.

Encerkan pupuk organik cair sebelum disiramkan pada tanaman. Umumnya 10 ml pupuk cair bisa diencerkan menggunakan 1 liter air sebelum digunakan pada media. Untuk lebih spesifiknya ikuti saja petunjuk yang ada pada kemasan pupuk tersebut. Siramkan saja pupuk yang sudah diencerkan tadi menggunakan dosis 100 ml setiap polybag. Frekuensi untuk pemupukan sendiri dilakukan untuk setiap 1-2 minggu sekali saja.

Budidaya seledri di dalam pot ataupun polybag sebenarnya memang relatif jarang untuk terkena hama ataupun penyakit. Tetapi pada budidaya sayur seledri pada skala luas serangan memang cukup banyak dijumpai. Jadi tidak ada salahnya kita untuk mengetahui jenis-jenis hama dan juga penyakit pada seledri tersebut.

Ada beberapa hama yang sangat sering dijumpai didalam budidaya sayur seledri ini. Diantaranya ialah ulat tanah, keong, kutu dan juga tunggau. Hama-hama ini bisa diberantas dengan cara dipungut langsung menggunakan tangan. Terutama untuk penanaman didalam polybag.

Sedangkan untuk jenis-jenis penyakit budidaya sayuran seledri ialah cercospora, bercak septoria dan juga virus aster yellow. Cara menghindari serangan penyakit-penyakit ini, cukup lakukan saja pencegahan sejak dini. Pencegahan bisa dilakukan sejak pemilihan benih seledri, menjaga sanitasi kebun dan juga pemupukan yang sangat baik. Jika serangan dari penyakit tetap menghebat, bisa dilakukan dengan cara penyemprotan menggunakan pestisida organik.

3. Panen Budidaya Seledri

Panen budidaya seledri bisa dilakukan berkali-kali. Panen pertama umumnya terjadi jika tanaman sudah berumur sekitar 1-3 bulan setelah masa tanam, tergantung dengan varietasnya. Pertumbuhan pada sayur seledri dikatakan sudah maksimum jika daunnya sudah rimbun dan juga anakannya sudah banyak.

Sayur seledri dipanen menggunakan cara memotong pangkal batang secara periodik. Frekuensi pemanenan bisa dilakukan 1-2 minggu sekali. Masa panen telah berakhir jika pertumbuhan anakannya sudah tidak terlalu produktif lagi. Panen juga bisa dilakukan menggunakan cara dicabut.

Itu lah beberapa pelajaran dari Manfaat Daun Seledri yang bisa kita ketahui. Semoga bisa mendapat manfaat dari semua ilmu yang sudah saya share pada artikel ini, serta jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita peroleh disini, dan juga sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

× Whatsapp Kami!