Select Page

Tepung merupakan bahan makanan berbentuk serbuk halus. Kegunaan tepung maizena contohnya, dan juga bermacam-macam tergantung dari jenisnya. Walaupun berbeda pada kegunaannya secara umum, akan tetapi beberapa jenis tepung dapat saling menggantikan.

Ternyata kulit jagung juga bisa bernilai loh. Bercamam-macam jenis dan keguaan dari tepung mempengaruhi kegunaan dari berbagai macam tepung juga. Contoh bermacam-macam seperti kegunaan tepung maizena, dengan kegunaan tepung lainnya itu berbeda seperti dengan tepung tapioka, atau dari tepung ketan.

Kegunaan Tepung Maizena

kegunaan tepung maizena

Kegunaan setiap tepung berbeda beda kali ini kita akan membahas tentang kegunaan tepung maizena atau disebut juga cornstarch.

Maizena atau juga disebut tepung maizena (corn starch) adalah sebutan populer untuk tepung pati jagung. Kata asal dari “maizena” sendiri adalah awalnya adalah brand atau merk dari suatu produk tepung jagung yang ada di Meksiko. Tapi, ketika di Indonesia, akhirnya penyebutan tepung maizenalah yang lebih populer dan mudah dikenali juga daripada tepung pati jagung itu sendiri.

Tepung Maizena

Tepung maizena berasal dari biji jagung. Kegunaa Tepung maizena ini banyak digunakan dalam pembuatan kue dan sebagai pengental masakan sup atau saus.

Tepung jenis ini juga biasa dicampurkan dengan tepung terigu dan digunakan sebaga pelapis makanan yang digoreng renyah.

Kegunaan Tepung Maizena Pada Makanan

  • Sebagai bahan pengental. Penggunaan tepung jagung dapat digunakan untuk pembuatan bubur, puding dan saus. Penggunaan tepung jagung sebagai campuran dengan didihkan hingga mengental.
  • Dapat menyerap kelembaban. Tepung jepung yang digunakan untuk menggoreng dapat membuat lebih renyah dan menyerap minyak.
  • Pengganti tepung terigu. Dalam pembuatan kue kering, penggunaan tepung terigu dapat dikurangi dan diganti dengan tepung jagung sebanyak 10-30%.
  • Merenyahkan kue kering dan melembutkan kue basah
  • Kegunaan tepung maizena membuat bubur atau  saus, tepung maizena digunakan sebagai bahan pengental. Biasanya tepung maizena sebelum dicampurkan dalam bubur ataupun saus, dicairkan terlebih dahulu dengan sedikit air. Baru setelah itu dimasukkan ke dalam adonan dan dididihkan hingga mengental;
  • Kegunaan tepung maizena membuat cake dan kue kering, tepung maizena digunakan untuk mengganti tepung terigu kira-kira 10-30% dari takaran tepung terigunya. Misalnya, dalam resep disebutkan 200 gram tepung terigu, maka jika ingin menggunakan tepung maizena, kurangi maksimal 30 gram tepung terigunya dan gantikan dengan 30 gram tepung maizena;
  • Untuk pengunaan kegunaan tepung maizena menghasilkan kentang goreng atau bawang goreng yang renyah dan enak, taburi kentang dengan sedikit tepung maizena setelah kentang direndam dalam bumbu atau air garam. Tepung maizena ini akan menyerap kelembaban yang ada pada kentang sehingga saat digoreng hasilnya jadi lebih renyah;
  • Jika untuk kegunaan tepung maizena untuk membuat vla atau custard yaitu, setelah jadi dan matang sebaiknya segera dimasukkan dalam wadah tertutup. Hal ini perlu dilakukan agar jadinya vla tidak langsung terkena udara dan juga kering.

Kegunaan Tepung Maizena Untuk Kulit Wajah

1. Membantu dalam Menghilangkan dari Bekas Jerawat, Bintik Hitam, dan juga Meningkatkan Cahaya

Masih dari sumber thebeautymadness.com, diketahui juga bahwa tepung jagung mengandung Vitamin A yang juga dapat mengurangi bintik hitam atau noda bekas paparan dari sinar matahari. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampur-campur satu sendok makan tepung maizena, perasan jeruk nipis sebanyak dua (2) sendok makan, satu (1) sendok kunyit bubuk, soda kue dan juga air mawar untuk melarutkan.

Khusus untuk kulit kering, ganti perasan air jeruk nipis dengan madu. Gunakan sebagai masker wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas.

2. Membantu dalam Mencerahkan Kulit, Meratakan Warna Kulit dari Wajah Akibat dari Sinar Matahari

Kegunaa tepung maizena atau manfaatnya untuk kecantikan yang lainnya adalah ia dapat membantu mencerahkan kulit wajah dan meratakan warna kulit akibat paparan sinar matahari. Kandungan dalam tepung maizena Vitamin E dalam tepung jagung menjadi senjata yang bisa diandalkan.

Caranya sangat mudah, buatlah masker yang terdiri atas tepung maizena, tepung beras, madu dan susu. Gunakan masker tersebut secara merata dan tebal. Diamkan hingga mengering dan cuci dengan air dingin. Madu dan susu dalam masker bersifat melembapkan.

3. Memutihkan, Menghaluskan dan Membuat Kulit Bercahaya

Untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda harus menghaluskan pisang matang dan pepaya dan mencampurnya dengan dua sendok makan tepung jagung. Tambahkan juga perasan dari jeruk nipis untuk kulit yang berminyak, dan air mawar untuk kulit yang kering. Simpanlah masker buah dan juga tepung jagung ini di dalam lemari es selama kurang lebih setengah jam.

Setelah itu, keluarkan lalu gunakan, pijit wajah Anda dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 5-6 menit. Kandungan seperti asam alfa hidroksi alami, antioksidan dan juga vitamin dalam masker ini dapat sangat membantu membuat kulit wajah Anda lebih putih, bercahaya dan halus.

Kegunaan Tepung Maizena Untuk Hal Lain

Kegunaan tepung maizena sangat banyak sehingga kegunaan tepung maizena sangat banyak kegunaanya untuk bisa digunakan dalam olahan makanan dan juga pengunaan sehari-hari.

Apa kegunaan tepung maizena ? Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui bahwa tepung maizena digunakan sebagai pengental agar makanan yang teksturnya cair atau berkuah seperti sup dan saus menjadi lebih kental (pengganti tepung maizena sebagai pengental bisa menggunakan tepung beras ataupun tepung terigu).

Padahal masih banyak lagi kegunaan tepung maizena dari tepung ini. Bahkan ketika sejak zaman dahulu kala sekitar sebelum tahun 1850 tepung ini sudah banyak dimanfaatkan dalam proses industri-industri dan untuk mencuci pakaian.

1. Mengatasi Ruam

Ruam kemerahan di daerah lipatan ketiak atau payudara? Bisa diatasi dengan maizena, kok. Tinggal taburkan sejumput maizena di daerah yang bermasalah untuk meringankan rasa gatal dan tidak nyaman yang ditimbulkan.

Menaburkan tepung maizena di lipatan-lipatan kulit yang berpotensi mengalami ruam juga bisa mengurangi bau tak sedap juga karena kuman yang bercampur dengan keringat.

2. Menenangkan Sunburn

Kulit yang iritasi kemerahan dan terasa pedih karena sunburn alias sengatan sinar matahari bisa juga diatasi dengan tepung maizena.
Campurkan maizena dengan sedikit air, kemudian oleskan pada kulit yang terbakar. Biarkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Redakan Gatal

Sama seperti ruam, maizena juga bisa meringankan gatal yang disebabkan karena gigitan nyamuk atau jelatang. Tinggal oleskan saja campuran tepung maizena dan juga air di kulit yang bentol dan terasa gatal. Diamkan sampai setengah kering, lalu bilas dengan air dingin.

4. Campuran Masker

Untuk kegunaan tepung maizena karena bahan masker yang sudah terlalu encer seperti sari buah dan susu, campurkan saja dengan maizena agar teksturnya lebih kental.

5. Eksfoliasi

Kegunaan Tepung Maizena juga bisa digunakan untuk sebagai scrub yang lembut untuk kulit. Untuk mengangkat sel-sel kulit mati, tinggal basahi wajah dan juga tangan dengan air, kemudian gosokkan maizena pada kulit secara perlahan. Setelah itu bilas hingga bersih dan lanjutkan dengan cleanser yang biasa kamu pakai.

Tepung Maizena Dalam Pembahasan

Pengertian

Tepung maizena adalah tepung yang dihasilkan dari pengolahan biji jagung sehingga mengandung pati atau karbohidrat kompleks dari endosperma biji jagung.

Sebenarnya nama maizena sendiri adalah merek produk tepung jagung dari Mexico. Namun orang Indonesia terlanjur menyebut tepung jagung dengan nama tepung maizena walaupun ada merek-merek tepung jagung yang lain.

Merk tepung maizena atau tepung jagung lainnya yaitu : Maizenaku, Wysmand Maizena, Royal Holland Maizena, Haan Maizena dsb. Tepung ini dikenal bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac dan penyakit penyimpanan glikogen.

Tidak ketinggalan tepung maizena ini juga dapat diolah menjadi bioplastik yang lebih ramah lingkungan dan sebagai bahan anti lengket untuk produk-produk kesehatan yang terbuat dari bahan karet alami seperti kondom dan sarung tangan medis.

Kandungan Gizi

Tepung Maizena adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Tepung Maizena mengandung energi sebesar 343 kilokalori, protein 0,3 gram, karbohidrat 85 gram, lemak 0 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 30 miligram, dan zat besi 2 miligram.

Selain itu di dalam Tepung Maizena juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Tepung Maizena, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Informasi Rincian Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Tepung Maizena :

Nama Bahan Makanan yang diteliti : Tepung Maizena
Nama Lain / Alternatif : Tepung Pati Jagung / Tepung Jagung 
Banyaknya Tepung Maizena yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Tepung Maizena yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %

  • Kandungan Energi dalam Tepung Maizena = 343 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein dalam Tepung Maizena = 0,3 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak dalam Tepung Maizena = 0 gr
  • Kandungan Karbohidrat dalam Tepung Maizena = 85 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium dalam Tepung Maizena = 20 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor dalam Tepung Maizena = 30 mg
  • Kandungan Zat Besi dalam Tepung Maizena = 2 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A dalam Tepung Maizena = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 dalam Tepung Maizena = 0 mg
  • Kandungan Vitamin C dalam Tepung Maizena = 0 mg
  • Khasiat / Manfaat dalam Tepung Maizena : – (Belum Tersedia)
  • Huruf Awal Nama Bahan Makanan : T
  • Sumber Informasi Gizi dalam Tepung Maizena : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Keterangan :

Riset/penelitian pada Tepung Maizena yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.  Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Tepung Maizena ini.

Proses Pengolahan Tepung Jagung/Maizena

Setelah kita mengetahui bagaimana banyaknya kegunaan tepung maizena tak salah kita juga bagaimana pengolahan tepung jagung. Berbagai olahan juga dari jagung seperti jenang jagung.

Dalam proses pengolahan tepung jagung yang harus dihindari bagi pekerja agar kualitas jagung tidak turun adalah cara pemrosesan yang kasar, tidak bersih dan higienis serta tercemarnya jagung hasil olahan.

Sedangkan proses pengolahan tepung jagung yang berkualitas tinggi ini harus memiliki syarat-syarat sesuai Standar Nasional Indonesia seperti bau, rasa, warna, cemaran benda asing, kehalusan, kadar air, abu, serat kasar, derajat asam, kandungan logam, mikroba.

Metode Dalam Proses Produksi Tepung Jagung Adalah Sebagai Berikut :

  1. Yang pertama sebelum membuat tepung adalah pemberasan jagung pipilan. Biji jagung telebih dahulu dibersihkan dan dikeringkan selama 1-2 jam pada suhu 50°C. Setelah itu dilalukan penggilingan untuk memisahkan kulit ari, lembaga dan endosperm jagung. Kemudian hasil penggilingan tersebut dikeringkan hingga kadar air menjadi 15%-18%.
  2. Yang kedua adalah dengan cara perendaman air. Pada tahapan ini, beras jagung direndam selama 24 jam dengan air lalu di ditirskan, dijemur, digiling, dan diayak dengan saringan 60 mesh. Setelah semua selesai, tepung yang dihasilkan dari penyaringan di jemur kembali dibawah sinar matahari agar kadar kandungan airnya turun.
  3. Yang ketiga dengan metode larutan kapur. Pada metode larutan kapur ini, biji jagung direndam dengan kadar larutan kapur 5%  yang berguna untuk melepaskan perikarp dalam jumlah besar selama 24 jam, kemudian dikeringkan sampai kadar air 14%. Kemudia biji jagung yang telah kering tersebut di giling dan diayak menjadi tepung. Dalam proses penghancuran pericarp, dapat ditambahkan zat lime yang berfungsi untuk mengurangi jumlah mikroba, memperbaiki tekstur, aroma, warna, dan umur simpan jagung.

Perbedaan Tepung Maizena dengan Tepung Lainnya

1. Tepung Terigu

Tepung terigu termasuk tepung yang banyak sekali digunakan untuk bahan utama kue, mie, cake, dan ainnya. Tahukah Anda jika tepung terigu dibuat dari gandum, adapun jenis terigu dibedakan lagi menjadi tiga, yakni : terigu protein tinggi (lebih elastic dan mudah mengembang, untuk bahan roti, mie), terigu protein sedang (untuk adonan fermentasi, misalnya : donat, bakpau, cake, bapel, onde-onde, dan lainnya) dan terigu protein rendah (untuk membuat kue kering, pastel, gorengan, dan lainnya). Tips dan Cara Memasak Sagu Mutiara Agar Tidak Hancur Dan Matang Sempurna.

2. Tepung beras dan tepung ketan

Tepung ini sesuai dengan namanya, yakni dibuat dari beras atau ketan. Keduanya biasa dimanfaatkan untuk membuat cemilan atau jajanan pasar, misalnya : untuk tepung beras untuk bubuk, nagasari, lapis, pelapis gorengan, dan lainnya. Untuk tepung ketan untuk bahan membuat wingko, getas, dan lainnya.

3. Tepung Sagu

Tepung sagu dibuat dari saripati batang pohon sagu yang sifatnya kenyal sehingga banyak dimanfaatkan untuk bahan bakso, pempek, tahu bakso, bika ambon, dan lainnya.  Cara Menggoreng Kentang Agar Renyah dan Tidak Lembek

4. Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe terbuat dari saripati kacang hijau yang seringkali dimanfaatkan sebagai bahan membuat kue tradisional yang teksturnya lembut dna kenyal, mislanya : cendol, nagasari, kue cantik manis, dan bsia juga dijadikan campuran pelapis gorengan.

5. Tepung Tapioka

Tepung tapioca terbuat dari saripati singkong atau ubi kayu yang memiliki tekstur kenyal. Biasanya dimanfaatkan untuk campuran bakso, dadar jagung, campuran bubur kacang hijau,  dan kue lainnya.

6. Tepung maizena atau tepung jagung

Tepung jagung atau tepung maizena terbuat dari saripati jagung yang banyak dijadikan bahan perpaduan dengan tepung terigu. Adapun fungsinya adalah melembutkan tekstur cake, merenyahkan kue kering dan mengentalkan sup, saus, dan lainnya.

7. Tepung Panir

Tepung panir atau tepung roti merupakan remahan dari roti yang bertekstur kasar sehingga gorengan jadi bertekstur renyah, cepat matang dan tidak menyerap minyak. Jenis makanan yang biasanya menggunakan teopung panir, yakni : nugget, kroket, ayam, udnag, dan lainnya.

Tips Memilih Tepung yang baik

  1. Kenali tepung yang akan Anda gunakan misalnya Anda akan menggunakan tepung beras atau tepung beras ketan maka Anda harus tahu jenis tepung beras sebelum menggunakanya. Karena setiap jenis tepung mempunyai ciri ciri yang berbeda  meskipun sepintas tampak sama.
  2. Pastikan bahwa jenis tepung yang digunakan telah sesuai dengan kebutuhan kue yang akan Anda buat, Jangan sampai Anda memasukan tepung yang salah saat membuat kue.
  3. Setelah mengetahui tepung yang akan Anda pakai, perhatikan warnanya. Tepung yang baik biasanya berwarna putih kekuningan atau putih, tidak menggumpal, tidak berkutu, dan tidak berbau apek.
  4. Perhatikan kemasannya, pastikan masih tersegel rapat, dan jika ada sedikit lubang, pastikan lubang tersebut memang merupakan lubang udara yang memang dibuat oleh pabriknya.
  5. Setelah kemasan dibuka dan tepung akan digunakan, sebaiknya ayak dahulu agar tidak ada kutu atau serangga maupun kotoran lain yang tercampur di tepung. Produk yang berkualitas akan menjamin bahan-bahannya bebas dari hal-hal di atas.