Select Page

Apa saja manfaat strawberry bagi tubuh manusia. Strawberry juga dikenal dengan nama arbei, dari bahasa Belanda aardbei yang merupakan sebuah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia. Seperti spesies lain dalam genus Fragaria (stroberi), buah ini berada dalam keluarga Rosaceae. Umumnya Strawberry bukanlah buah asli atau bisa disebut sebagai buah palsu, karena dagingnya tidak berasal dari ovari tanaman (achenium) tetapi dari bagian bawah hypanthium yang berbentuk mangkok tempat ovari tanaman itu berada.

Strawberry ketika sedang berkembang memiliki warna hijau keputihan, dan pada saat matang berwarna merah. Nama strawberry berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige gabungan dari streaw atau “straw” dan berige atau “berry”. Alasan untuk pemberian nama ini masih tidak jelas. Beberapa spesies Lepidoptera mengambil sumber makanannya dari tumbuhan strawberry, yang menjadikan spesies ini hama utama tanaman strawberry.

Secangkir stroberi (144 g) mengandung sekitar 45 kalori (188 kJ) dan merupakan sumber vitamin C dan flavonoid yang baik.

Manfaat Strawberry Bagi Tubuh

strawberry dikenal sebagai buah yang memiliki segudang manfaat karena berbagai kandungan vitamin yang menyehatkan di dalamnya. Beberapa manfaat strawberry bagi tubuh antara lain sebagai berikut.

1. sangat bagus untuk menurunkan berat badan

Siapa sangka buah kecil ini memiliki manfaat untuk bisa menurunkan berat badan. Ya, sedikitnya kalori dan kaya akan serat inilah yang membuat strawberry bisa kamu jadikan untuk menurunkan berat badan secara alami.

Untuk menurunkan berat badan. Strawberry memiliki kalori yang cukup rendah serta tidak mengandung sodium, gula maupun lemak. Bahkan, karbohidrat yang dikandungnya hanya berjumlah setengah dari roti saja. Dengan demikian, anda bisa menjadikan strawberry sebagai menu andalan untuk diet yang sedang berlangsung.

2. baik bagi pencernaan

Untuk kesehatan pencernaan. Buah yang satu ini memiliki kandungan seberat 2 gram serat di setiap takaran. Dengan mengonsumsi strawberry, anda bisa mencegah peradangan serta kontipasi yang terjadi pada usus. Konsumsi strawberry juga baik untuk mencegah diabetes tipe-2 karena dapat memperlambat proses pencernaan serta penyerapan gula dalam darah.

3. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Dengan memakan 2 mangkuk strawberry, anda sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan jenis vitamin C ini.

Vitamin C ini dikenal sebagai vitamin yang bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta melawan beragam penyakit. Uniknya, antioksidan buah strawberry juga mampu bekerja secara cepat dan sudah siap dalam aliran darah.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Tidak hanya enak ternyata strawberry memiliki banyak manfaat seperti penyakit jantung, Sakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang mematikan. Dengan mengonsumsi strawberry, bisa meningkatkan kesehatan jantung sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Buah ini juga bagus untuk mencegah peradangan yang secara tidak langsung melindungi organ vital jantung.

Stroberi memiliki tingkat tinggi antioksidan yang sehat seperti asam ellagic dan flavonoid seperti anthocyanin, catechin, quercetin, dan kaempferol. Senyawa fenolik dalam stroberi menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan menghambat pembentukan kolesterol total dan LDL (buruk). Tingginya kadar anthocyanin dalam buah berry membuat pembuluh darah rileks, membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah masalah kardiovaskular.

5. Menyehatkan mulut

Menjaga kesehatan mulut, anda bisa memanfaatkan kandungan sehat yang ada dalam buah strawberry. Buah ini mampu bertindak sebagai zat yang akan menghilangkan noda yang menempel di permukaan gigi. Untuk hasil yang lebih optimal, anda bisa mengonsumsi strawberry secara rutin supaya gigi terlihat lebih putih, bau mulut hilang, nafaspun menjadi lebih segar.

6. Mencegah penyakit kanker

Strawberry mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya itu, kandungan vitamin A, C dan Enya mampu melumpuhkan sel-sel kanker d

alam tubuh. Buah ini juga dapat mencegah terjadinya leukimia. Leukimia adalah penyakit kanker mematikan yang sebaiknya diwaspadai.

Tak hanya beragam vitamin yang menyehatkan, strawberry juga mengandung antioksidan yang sama tingginya. Kandungan antioksidan dalam strawberry akan tetap tinggi meski telah diolah menjadi jus ataupun selai. Juga memiliki kandungan berupa senyawa jenis asam ellagik dan kuersetin yang dapat menghambat beragam pertumbuhan kanker seperti kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara hingga kanker hati.

7. Obat jerawat

Tidak Hanya Enak Ternyata Strawberry Memiliki Segudang Manfaat seperti jerawat, Memiliki jerawat yang mengganggu dan ingin segera disingkirkan? Anda bisa gunakan strawberry sebagai solusinya. Manfaat dari strawberry yang satu ini tentu sangat membantu terutama untuk meningkatkan percaya diri dengan hilangnya jerawat di wajah.

8. Manfaat strawberry bisa menghaluskan kulit

Tidak hanya ampuh dalam mengatasi jerawat, strawberry juga baik untuk digunakan dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menjadikan buah ini sebagai lulur saat mandi. Untuk mendapatkan manfaat yang lain, anda bisa mencampurkan buah strawberry dengan susu dan minyak zaitun. Dengan campuran bahan ini, kulit yang cerah dan haluspun bisa di dapatkan.

9. Mencegah terjadinya radang serta alergi

Manfaat lainya adalah mencegah terjadinya peradangan dan alergi. Buah yang satu ini memiliki kandungan gula yang cukup rendah sehingga sangat cocok untuk penderita penyakit diabetes. Buah ini juga bagus digunakan dalam mengatasi encok dan peradangan dibagian sendi-sendi.

10. Untuk menjaga kesehatan mata

Nutrisi dan Usia seseorang yang diasupi sehari-hari juga bisa mempengaruhi kesehatan mata seseorang. Dan dengan adanya kandungan sehat dalam strawberry yakni antioksidan, maka kesehatan mata anda bisa lebih terjaga dan menjauhkan anda dari berbagai serangan penyakit.

11. Bagus untuk kesehatan otak

Tidak hanya enak strawberry juga memiliki manfaat strawberry yang ini cocok untuk semua orang dari berbagai macam usia. Dengan memakan strawberry yang mengandung vitamin C, maka radikal bebas penyebab penurunan kondisi fungsi otak bisa dicegah.

12. Menjaga tingkat tekanan darah

Darah Sehat

Buah strawberry mengandung potasium yang baik dalam menjaga tingkatan tekanan darah yang ada di dalam tubuh. Buah ini juga dijadikan sebagai buah yang bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam semangkuk strawberry, anda bisa menemukan 134 miligram potasium yang sangat bagus dalam menjaga tekanan darah.

13. Mencegah penuaan dini

Manfaat strawberry yang paling digemari oleh wanita yaitu untuk mencegah penuaan dini. Buah strawberry ini mampu menjaga kesehatan kulit sehingga menjadikan kulit anda nampak lebih cantik dan menawan. Bagus dalam mencegah kerutan serta menjaga tingkat elastis kulit yang akan membuat anda terlihat lebih awet muda. Strawberry juga mengandung Ellagic Acid yang bisa melindungi kolagen supaya tidak mudah rusak.

14. Mengurangi peradangan pada sendi

Manfaat dari buah strawberry selanjutnya adalah untuk mengurangi peradangan pada sendi yang dapat menyebabkan arthritis serta dapat mengurangi pemicu penyakit jantung. Beberapa penelitian yang telah dilakukan di Harvard School of Public Health mengatakan jika perempuan yang memakan 16 buah strawberry dalam satu minggu memiliki 14 persen kemungkinan lebih kecil mengalami peradangan.

15. Bagus untuk kehamilan

Strawberry yang memiliki banyak manfaat bahkan untuk seorang wanita yang berada dalam masa kehamilan. Buah strawberry ini juga memiliki banyak kandungan folat serta vitamin B yang bisa membantu dalam mencegah cacat pada bayi yang akan dilahirkan  hingga membantu perkembangan otak dan tengkorak bayi. Pada masa-masa kehamilan, wanita yang hamil juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi lain untuk kesehatan janin yang ada di dalam rahimnya.

16. melindungi dari Sinar Matahari

Sinar UV dikenal sebagai salah satu penyebab kulit menjadi bermasalah. Ya, paparan sinar UV bisa mengakibatkan kulit kusam dan warna kulit menjadi tidak rata. Kandungan anti oksidan dari strawberry dapat melindungi bahayanya sinar UV sehingga kulit bisa terjaga kelembapannya.

17. Kesehatan rambut

Berbagai macam antioksidan, asam ellagic, dan vitamin membantu melawan kerontokan rambut, melembabkan rambut, dan mencegah ketombe. menjadikan rambut lebih berkilau, Anda bisa mencampur 5-6 stroberi yang diblender dengan 1 sdm yogurt. usapkan secara merata ke rambut hingga menjadi rambut basah dan bilas setelah 10-15 menit. Setelah itu keramas menggunakan shampoo seperti biasa. Ini berfungsi sebagai kondisioner alami.

18. Kesehatan tulang

Stroberi juga dapat membantu melawan osteoarthritis. Hanya 1/4 cangkir buah strawberry yang dapat menyediakan antioksidan yang dibutuhkan untuk membantu mengelola tingkatan peradangan dan merusak radikal bebas. mangan, vitamin C dan K, dan kalium, dalam stroberi membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Manfaat strawberry di atas bisa lebih optimal jika mengonsumsi buah ini dengan teratur. Tidak hanya dimakan langsung, anda juga bisa mengolah strawberry dengan berbagai cara seperti dibuat jus, smothies ataupun olahan lainnya.

× Whatsapp Kami!