Mesin Perajang Daun Tembakau

Mesin perajang daun tembakau– Di Indonesia, tembakau dikenal sebagai bahan utama membuat lintingan rokok, termasuk di antaranya rokok kretek (jenis rokok yang dibubuhi cengkih untuk menghasilkan aroma yang lebih wangi). Akan tetapi, tak banyak yang tahu kalau tembakau juga digunakan untuk produk lain. Misalnya untuk sugi—sejenis lidi yang digunakan buat membersihkan gigi setelah Anda menyantap sirih.

Seperti halnya kopi, kualitas tembakau akan memberikan dampak besar terhadap produk yang akan diolah. Jika proses pasca panennya tidak dilakukan dengan baik, maka mutu tembakau pun bakal ikut berkurang. Salah satu tahap yang sangat diperhatikan selepas panen tembakau adalah perajangan atau pemotongannya.

Sebelum ada mesin perajang, tembakau harus dipotong secara manual yang mana hasilnya terkadang tidak presisi satu sama lain. Belum lagi makan waktu lebih lama, sementara pasar sudah bergerak amat cepat dan tidak bisa menanti tahap produksi yang lambat.

Model Dan Spesifikasi Mesin Perajang Daun Tembakau

Gambar Mesin Perajang Daun Tembakau

Spesifikasi Mesin Perajang Daun Tembakau :

 Tipe :  PRT-K300
 Kapasitas :  300 Kg/jam
Dimensi :  700 mm x 700 mm x 800 mm
Penggerak :  EM ½ Hp 220 V
Kapasitas :  200-300 Kg/jam
Pengatur lebar :  rajangan
Pengaman perajang :  pisau
Belt Conveyor :  pengangkut hasil
Fungsi :  merajang daun tembakau

Informasi Pemesanan Mesin Perajang Tembakau

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383
Email : rumahmesin@gmail.com
Fax : 0274 443 9219

CARA KERJA DAN CARA PENGGUNAAN MESIN CACAH DAUN TEMBAKAU
 
Mesin peranjang daun tembakau- Tahap pertama adalah perlakuan bahan baku yaitu daun tembakau  yang telah berusia antara 3-4,5 bulan yang memiliki daun yang lebar, tidak cacat, atau tidak terkena hama. Setelah di kumpulkan daun tembakau berkualitas peram atau di layukan selama beberapa hari 2-7 hari tergantung kebutuhan. Jika sudah bahan baku daun tembakau siap hidupkan mesin perajang tembakau dengan menghidupkan mesin penggeraknya stelah pisau berputar dan conveyor jalan gukung lembaran – lembaran daun  tembakau dan masukan kedalam corong yang terdapat conveyor pendorongnya lihat hasil potongannya apakah kurang lembut atau kurang kasar jika belum sesuai dengan keinginan stel kembali kecepatan conveyor beltnya dengan cukup memutar baut pengatur langkah conveyor. Tangan operator cukup menekan dan mendorong sedikit agar perajangannya rata sesuai dengan yang di harapkan, namun harus hati – hati dalam mengarahkannya. Hasil rajangan akan turun kebawah alangkah baiknya alas di pengeluaran hasil rajanga tembakau di berikan wadah terpal atau wadah lainnya agar mudah di kumpulkan dan di proses selanjutnya.

Keuntungan Menggunakan Mesin Perajang Tembakau

tembakau

  • Menciptakan potongan tembakau dengan panjang yang sama. Hal ini dikarenakan mesin pemotong tembakau dilengkapi pisau tajam berteknologi canggih;
  • Mengimbangi permintaan pasar yang sangat tinggi, tertama bisnis rokok yang terbilang amat sukses di Indonesia. Bantuan mesin akan mempercepat tahap produksi pasca panen;
  • Menghemat anggaran atau bujet produksi karena Anda tidak membutuhkan tenaga manusia terlalu banyak, sehingga Anda bisa mengandalkan staf tersebut di posisi lain.

Kapasitas yang dihasilkan mesin perajang tembakau pun sangat melimpah, yakni sampai 150 kilogram per jam. Pasalnya, alat ini telah dilengkapi dengan penyearah daun, pengatur lebar potongan daun, pengaman perajang, hingga conveyor pengangkut hasil. Material yang digunakan untuk membuat mesin perajang tembakau pun bervariasi. Di sisi lan, hal tersebut membuatnya awet digunakan. Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis yang berkaitan dengan tembakau, tak ada salahnya buat membeli mesin perajang ini sebagai bentuk investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. By Produsen Mesin Teknologi Tepat Guna Andaro.

Apa Itu Tembakau ??

Tembakau adalah hasil bumi yang diproses dari daun tanaman yang juga dinamai sama. Tanaman tembakau terutama adalah Nicotiana tabacum dan Nicotiana rustica, meskipun beberapa anggota Nicotiana lainnya juga dipakai dalam tingkat sangat terbatas.

Tanaman tembakau adalah produk pertanian semusim yang bukan termasuk komoditas pangan, melainkan komoditas perkebunan. Produk ini dikonsumsi bukan untuk makanan tetapi sebagai pengisi waktu luang atau “hiburan”, yaitu sebagai bahan baku rokok dan cerutu. Tembakau juga dapat dikunyah. Kandungan metabolit sekunder yang kaya juga membuatnya bermanfaat sebagai pestisida dan bahan baku obat[1].

Tanaman tembakau telah lama digunakan sebagai entheogen di Amerika. Kedatangan bangsa Eropa ke Amerika Utara memopulerkan perdagangan tembakau terutama sebagai obat penenang. Kepopuleran ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat bagian selatan. Setelah Perang Saudara Amerika Serikat, perubahan dalam permintaan dan tenaga kerja menyebabkan perkembangan industri rokok. Produk baru ini dengan cepat berkembang menjadi perusahaan-perusahaan tembakau hingga terjadi kontroversi ilmiah pada pertengahan abad ke-20.

Dalam Bahasa Indonesia tembakau merupakan serapan dari bahasa asing. Bahasa Spanyol “tabaco” dianggap sebagai asal kata dalam bahasa Arawakan, khususnya, dalam bahasa Taino di Karibia, disebutkan mengacu pada gulungan daun-daun pada tumbuhan ini (menurut Bartolome de Las Casas, 1552) atau bisa juga dari kata “tabago”, sejenis pipa berbentuk y untuk menghirup asap tembakau (menurut Oviedo, daun-daun tembakau dirujuk sebagai Cohiba, tetapi Sp. tabaco (juga It. tobacco) umumnya digunakan untuk mendefinisikan tumbuhan obat-obatan sejak 1410, yang berasal dari Bahasa Arab “tabbaq”, yang dikabarkan ada sejak abad ke-9, sebagai nama dari berbagai jenis tumbuhan. Kata tobacco (bahasa Inggris) bisa jadi berasal dari Eropa, dan pada akhirnya diterapkan untuk tumbuhan sejenis yang berasal dari Amerika.

Berikut adalah beberapa manfaat tembakau selain sebagai produk rokok.

1. Untuk Berkebun

Pada aktivitas berkebun, daun tembakau dapat digunakan sebagai anti hama. Kutu yang menyerang daun, hama pengerek batang, dan laba-laba yang bersarang pada tanaman yang ditanam, dapat diusir menggunakan daun tembakau yang dicampur dengan air. Para petani di beberapa tempat sudah memanfaatkan khasiat daun tembakau ini sejak lama.

2. Obat ruam kulit, eksim dan reumatik

Pada pengobatan ruam kulit, eksim dan reumatik, daun tembakau dipakai sebagai obat dengan cara dikompreskan ke bagian yang mengalami ketiga penyakit itu. Daun tembakau ditumbuk hingga agak halus, kemudian dibalurkan ke bagian tubuh yang luka. Pengobatan ini sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional di daerah India.

3. Sakit Gigi

Pengobatan balur daun tembakau juga bisa digunakan untuk meredakan sakit yang disebabkan oleh sakit gigi. Tembakau yang ditumbuk hingga halus kemudian dibalurkan ke bagian yang bengkak karena sakit gigi.

4. Digigit Serangga dan Ular Berbisa

Beberapa masyarakat di India memercayai bahwa nikotin dalam tembakau dapat membantu menghilangkan rasa sakit serta membantu menarik keluar racun, dan bisa menyembuhkan luka dari gigitan ular berbisa.

Setelah racun tersedot keluar, daun dikunyah kemudian diletakkan pada luka, dan diikat dengan perban. Metode ini juga dapat digunakan ketika bagian tubuh disengat serangga.

5. Flu dan Batuk

Campuran daun tembakau dan leptotaenia multifida digunakan untuk membantu mengobati flu dan batuk. Selain itu, campuran ini ditambah akar balsam india dipercaya juga dapat menyembuhkan penyakit asma dan TBC.

6. Pasta Gigi

Daun tembakau yang dirajang atau ditumbuk sampai halus dapat digunakan ssbagai pasta gigi dengan cara menggosokkannya ke seluruh bagian gigi. Dahulu, orang tua kita biasa menggunakan daun tembakau dalam campuran sirih dan pinang untuk dikonsumsi. Biasanya mereka juga menggosokkan rajangan daun tembakau ke seluruh gigi mereka. Meskipun gigi mereka berwarna kemerahan, namun ini terbukti membersihkan gigi dan terutama membikin gigi menjadi kuat meskipun usia mereka sudah tua.

7. Obat Penyakit Mental

Menurut Journal of American Medical Association, orang-orang yang menderita gangguan mental seperti ADHD/ADD, skizofrenia, dan gangguan lainnya mungkin mengalami efek positif dari merokok. Rupanya, dosis nikotin memiliki efek normalisasi jangka pendek pada aktivitas listrik di otak.

Untuk penyakit Alzheimer juga mendapat keuntungan dari dosis nikotin. Menurut penelitian, kemampuan kognitif pasien sedikit membaik.

8. Menghasilkan Protein Antikanker

Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah melakukan riset dengan cara mereplikasi protein dari tubuh manusia kedalam daun tembakau. Daun tembakau ini dapat digunakan untuk aplikasi stem cell dan kanker mulut rahim

9. Anti radang

Ilmuwan dari beberapa lembaga penelitian Eropa berpartisipasi dalam proyek bertajuk “Pharma-Planta” yang dipimpin Profesor Mario Pezzotti dari Universitas Verona. Mereka membuat tembakau transgenik yang memproduksi interleukin-10 (IL-10), yang merupakan cytokine anti-radang yang mampu memproduksi protein yang merangsang sel-sel kekebalan tubuh agar aktif.

10. Obat HIV/AIDS

Masih berdasar penelitian yang diinisasi Profesor Mario Pezzoti, tembakau juga dapat menghasilkan protein obat human immunodeficiency virus (HIV) penyebab AIDS, yang disebut griffithsin. Bedanya, bukan tembakaunya yang menghasilkan protein, melainkan virus tembakaunya.

11. Obat Rabies

Dilansir dari St George’s University of London menyebutkan, penelitian mengenai tembakau yang dapat mengobati penyakit rabies, ditemukan bahwa tanaman tembakau rekayasa genetika dapat digunakan untuk memproduksi antibodi pelindung yang aman terhadap virus rabies yang mematikan.

Hal ini memungkinkan untuk memberikan obat yang relatif murah untuk rabies yang akan menguntungkan pasien di negara berkembang. Para ilmuwan berhasil menghasilkan antibodi dalam tanaman tembakau transgenik (tanaman yang telah diubah secara genetik) yang terbukti menetralisir virus rabies.

Antibodi monoklonal baru ini bekerja dengan mencegah virus menempel ke ujung saraf di sekitar lokasi gigitan dan membuat virus tidak menyebar ke otak. Antibodi monoklonal adalah protein kompleks, awalnya berasal dari sistem kekebalan tubuh, tetapi dalam hal ini dibuat di dalam tanaman untuk memerangi penyakit. Obat antibodi itu juga terbukti aktif dalam menetralisir berbagai virus rabies.

Itulah sedikit dari banyak manfaat dari tanaman tembakau yang bisa digunakan selain sebagai bahan utama membikin produk rokok. Tentu saja fakta ini masih sedikit diketahui, atau malah bahkan bisa saja sengaja ditutup-tutupi agar kampanye mengerikan terkait bahaya tembakau dan bahaya merokok bisa terus didengungkan oleh mereka yang menyebut dirinya anti-rokok dan anti-tembakau.

Manfaat Tembakau untuk Kesehatan

daun tembakau

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa tembakau memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Namun perlu diketahui, ternyata banyak peneliti yang telah membuktikan bahwa tembakau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ketika digunakan dengan benar.

Penasaran apa saja? Berikut ini beberapa manfaat tembakau untuk kesehatan.

1. Dijadikan sebagai Obat Flu, Asma, dan TBC

Menurut penduduk India, tembakau sangat bermanfaat untuk membersihkan saluran hidung. Hal ini membantu Anda pada saat terkena penyakit flu.

Caranya cukup mudah; campurkan tembakau dengan daun dari tanaman gurun, atau akar India balsam, dan leptotaenia multifida.

Tak hanya mengobati flu, ternyata semua itu dapat membantu penyembuhan asma dan TBC.

Tembakau yang terkenal sebagai bahan dasar rokok ternyata dapat pula dijadikan sebagai pasta gigi. Pasta gigi yang terbuat dari tembakau sangat bermanfaat untuk membersihkan gigi karena kandungan yang ada di dalamnya.

Anda bisa menemukannya dimanapun karena pasta gigi ini sudah dipasarkan di seluruh negeri. Penduduk Indialah yang masih menggunakan metode ini.

2. Mengurangi Rasa Sakit Gigitan Serangga dan Ular Berbisa

Kandungan nikotin dalam tembakau sangat dipercaya dapat membantu menghilangkan rasa sakit, membantu menarik keluar racun, dan bisa menyembuhkan luka dari gigitan ular berbisa.

Caranya, setelah racun tersedot keluar, kunyah daun kemudian letakkan pada luka dan ikat dengan perban. Metode ini juga bisa Anda gunakan ketika tersengat serangga.

3. Menurunkan Risiko Operasi Pergantian Sendi

Manfaat tembakau untuk kesehatan yang satu ini dikutip dari university of Adelaide yang muncul dalam jurnal Atrhritis dan rheumatism.

Disebutkanbahwa pria yang merokok memiliki risiko lebih kecil untuk menjalani operasi sendi total dibandingkan mereka yang tidak pernah merokok.

Hal ini karena kandungan nikotin yang ada dalam tembakau mampu mencegah tulang rawan dan kerusakan sendi.

4. Dijadikan sebagai Obat Sakit Gigi

Tak hanya dapat dijadikan sebagai pasta gigi, tembakau ternyata juga bisa membantu meredakan rasa nyeri pada saat sakit gigi.

Caranya; jadikan tembakau sebagai tapal (obat cair kental) dengan menghancurkan daun dan menempatkannya di tempat yang terkena dampak untuk meringankan masalah medis.

Setelah itu, letakkan tapal di bagian mulut untuk mengurangi rasa sakit pada gigi.

5. Dijadikan sebagai Obat Ruam Kulit, Eksim, dan Rematik

Tembakau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti dapat menenangkan radang kulit dan mengurangi rasa sakit.

Caranya hampir sama dengan meredakan rasa sakit pada gigi, yakni jadikan tembakau dalam bentuk tapal (obat cair kental).

Kemudian Anda bisa mengoleskan pada bagian kulit yang mengalami masalah. Hal ini dipercaya mangobati masalah kulit tersebut.

Itulah beberapa manfaat tembakau untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Ternyata tembakau tidak hanya memberikan efek buruk seperti yang telah beredar di masyarakat. Tembakau juga memiliki banyak efek positif juga bagi kesehatan.

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Perajang Daun Tembakau bagai anda yang membutuhkan sebuah alat untuk merajang daun tembakau dengan mudah, aman, dan cepat.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Perajang Daun Tembakau.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.