Select Page
Mesin Peniris Minyak atau Mesin Spinner Minyak adalah sebuah alat bantu pemusing atau centrifuge untuk meniriskan minyak dari hasil penggorengan.Kualitas akhir penggorengan bisa sangat ditentukan oleh kadar akhir dari minyak yang menempel pada penggorengan.

Tempelan minyak pada penggorengan akan menggangu panampilan pada kemasan. Yang pada akhirnya akan mempengaruhi kepada bau dan aroma yang berakibat cepat tengik dan tidak layak makan.Maka kehadiran mesin spinner ini sangat membantu untuk memperbaiki kualitas akhir penggorengan.

Pengertian Mesin Peniris Minyak

Mesin Spinner adalah suatu alat peniris yang digunakan untuk mengurangi kadar minyak atau kadar air pada suatu jenis makanan tertentu. Dimana alat peniris ini memiliki cara kerja yaitu menggunakan sistem deoling atau sistem putaran yang digerakkan oleh motor penggerang dengan kecepatan tertentu. Minyak pada makanan akan keluar melalui lubang saluran pembuangan yang telah disediakan.

Cara kerja alat spinner peniris ini sebenarnya hampir sama dengan cara kerja mesin cuci ketika melakukan pengeringan pada pakaian. Dengan menggunakan spinner peniris ini memudahkan dalam melakukan pengeringan atau pengurangan kadar air ataupun kadar minyaknya pada makanan yang banyak mengandung minyak goreng, seperti bawang goreng, keripik, kerupuk dan berbagai macam makanan gorengan lainnya.

Spesifikasi Mesin Peniris Minyak

mesin peniris minyak

Spesifikasi Mesin Peniris Minyak SPRM20K :

Tipe :  SPRM20K.
Dimensi Mesin :  900 mm x 600 mm x 800 mm.
Energi Yang Digunkan :  Bensin.
Penggerak :  Motor Bensin.
Daya ( Power ) :  5,5 HP.
Kapasitas :  20 Kg / Proses.
Rangka Mesin :  Besi Siku / Stainless Steel Anti Karat.
Bahan Material Kontak Produk :  Stainless Steel Anti Karat.
Sistem :  Centrifuge.

Manfaat Mesin Peniris Minyak

  1. Waktu lebih efisien, dimana tidak memerlukan waktu lama dalam melakukan pengeringan
  2. Hemat biaya, jika dibandingkan menggunaka kertas peresap dan itu harus menggunakan kertas peresap yang tidak sedikit jumlahnya
  3. Hasil lebih bagus, pengeringannya lebih maksimal (80%) dibandigkan dengan cara tradisional
  4. Meningkatkan kualitas makanan, dengan berkurang kadar minyak (80) menjadikan kualitas makanan lebih sehat dan baik
  5. Makanan lebih tahan lama dan tidak mudah tengik yang diakibatkan kadar minyaknya tinggi
  6. Meningkatkan jumlah produksi secara cepat dan berkualitas
  7. Proses pengeringan lebih cepat dan juga merata
  8. Kualitas produk terjaga dengan baik termasuk cita rasa

Cara Penggunaan Mesin Spinner Minyak

  1. Untuk penggunaan dari mesin spinner peniris minyak ini sangatlah mudah, anda cukup memasukkan makanan yang ingin ditiriskan minyaknya seperti bawang goreng, kerupuk, keripik, abon dan lainnya. Ratakan dahulu agar kualitas penirisan minyaknya dapat maksimal.
  2. Usahakan jangan terlalu banyak memasukan makanannya, sekitar setengah dari ukuran tabung peniris agar tidak terlalu berat motor penggerak dalam melakukan putaran. Selain itu jika terlalu banyak atau hingga penuh mengisinya akan berdampak terhadap kualitas penirisan minyaknya sehingga tidak bisa maksimal hasilnya.
  3. Setelah semua dratakan dan juga sesuai ukuran penirisannya, tinggal tekan tombol ON  pada peniris minyak untuk menyalakannya. Minyak yang dikurangi kadarnya tersebut akan keluar melalui lubang saluran pembuangan, tunggu sekitar 3 menit atau hingga benar benar tidak ada minyak keluar. Tetapi jangan terlalu lama juga, karena akan merusak tekstur dari makanan itu sendiri
  4. Untuk mendapatkan spinner peniris ini bisa melakukan pemesanan di Indah Mesin, karena kualitas spinner peniris ini telah diakui oleh berbagai kalangan pengusaha baik dalam maupun luar negeri. Mulai dari kualitas bahan dan hasil pengolahannya.
  5. Telah banyak digunakan dan tersebar diseluruh Indonesia seperti surabaya, bandung, Jakarta, malang, makassar, palembang, semarang, riau dan kota besar lainnya di Indonesia. Selain itu juga hingga mancanegara seperti amerika serikat, inggris, india, belgia, hongkong, malaysia, singapura, brunei darusallam dan lainnya

Keunggulan Mesin Spinner Minyak

  1. Bahan baku peniris minyak dari Stainless Steel baik bagian dalam maupun luarnya
  2. Model menarik dan ideal sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan
  3. Tidak mudah berkarat dan tahan lama
  4. harga murah dan terjangkau
  5. Terdapat fitur kemanan seperti penutup, sehingga meminimalisir kecelakaan kerja
  6. Terjaga untuk kualitasnya, karena menggunakan bahan baku terbaik dan berkualitas
  7. Dikerjakan oleh para professional dibidangnya
  8. Putaran / deoling lebih konsisten dan tidak mudah rusak
  9. Mudah dalam mengoperasikannya
  10. Bergaransi resmi

Pengertian Minyak

Minyak adalah istilah umum untuk semua cairan organik yang tidak larut/bercampur dalam air (hidrofobik) tetapi larut dalam pelarut organik.Ada sifat tambahan lain yang dikenal awam: terasa licin apabila dipegang.Dalam arti sempit, kata ‘minyak’ biasanya mengacu ke minyak bumi (petroleum) atau produk olahannya.

Namun, kata ini sebenarnya berlaku luas, baik untuk minyak sebagai bagian dari menu makanan (misalnya minyak goreng), sebagai bahan bakar (misalnya minyak tanah), sebagai pelumas (misalnya minyak rem), sebagai medium pemindahan energi, maupun sebagai wangi-wangian (misalnya minyak nilam).

Adalah salah satu kelompok yang termasuk pada golongan lipid, yaitu senyawa organik yang terdapat di alam serta tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik non-polar, misalnya dietil eter (C2H5OC2H5), Kloroform (CHCl3), benzena dan hidrokarbon lainnya yang polaritasnya sama.

Jadi minyak juga merupakan senyawaan ester. Hasil hidrolisis minyak adalah asam karboksilat dan gliserol. Asam karboksilat ini juga disebut asam lemak yang mempunyai rantai hidrokarbon yang panjang dan tidak bercabang.

Selain untuk Memasak, Ini 10 Manfaat Menakjubkan Minyak Sayur Bagi Kecantikan Kulit

1. Perawatan kulit kering

Minyak nabati seperti minyak bunga matahari mengandung asam linoleat. Ini bisa membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit Moms, yang kemudian dapat membantu melembabkan kulit. Manfaat lainnya bisa mencegah asam urat yang dapat merusak sel-sel kulit.

Selain minyak bunga matahari, minyak alpukat juga diketahui efektif menyehatkan kulit karena adanya kandungan protein, lemak, dan antioksidan dalam buah tersebut.

2. Menghidrasi kulit bibir

Minyak zaitun dan minyak kelapa mengandung vitamin E dalam bentuk alfa-tokoferol yang membantu menghidrasi bibir kering dan pecah-pecah. Karena minyak ini dapat digunakan sebagai pelembab bibir, maka bisa Moms pakai untuk aktivitas sehari-hari.

3. Sebagai perawatan rambut

Minyak nabati seperti minyak kelapa mengandung asam lemak, sehingga jika digunakan di rambut bisa meresap jauh ke batang rambut yang berkhasiat sebagai perawatan rambut. Sebaiknya, aplikasikan minyak ini pada suhu kamar ya Moms.

4. Membuat kulit tampak lebih bercahaya

Kulit kusam memang membuat jengkel ya Moms. Tidak jarang, berbagai cara pun dilakukan untuk membuat kulit tampak lebih putih dan bercahaya.

5. Mengatasi ketombe

Ketombe bisa mengganggu penampilan dan terkadang membuat Moms tidak percaya diri. Tetapi jangan khawatir Moms, untuk mengatasinya bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak ini bisa membunuh jamur yang menyebabkan ketombe, karena memiliki sifat antivirus, antimikroba, dan antijamur yang kuat.

6. Membersihkan make up

Salah satu cara alami menghapus riasan di wajah, terutama membersihkan maskara pada bulu mata yaitu dengan minyak sayur. Caranya Moms cukup mencampur minyak zaitun, minyak canola, dan minyak jarak, kemudian bersihkan make up yang menempel di wajah secara perlahan. Alternatif lainnya, Moms juga bisa memakai minyak kelapa.

7. Menghilangkan jerawat

Untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat, Moms bisa menggunakan minyak kelapa karena mengandung asam laurat dalam jumlah tinggi. Selain minyak kelapa, Moms juga bisa memakai minyak tamanu yang memiliki sifat antibakteri kuat. Ini membantu melawan virus, kuman, dan bakteri yang berkaitan dengan jerawat

8. Melawan infeksi kulit

Salah satu minyak nabati yang efektif melawan infeksi kulit adalah minyak camellia. Tidak hanya minyak camellia saja, Moms juga dapat mencegah peradangan yang disebabkan oleh infeksi menggunakan minyak kelapa berkat kandungan asam lemak di dalamnya.

9. Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata

Banyak faktor yang bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata, seperti kurang tidur, tidak minum cukup air dan lainnya. Untuk menghilangkannya, Moms bisa menggunakan minyak jarak.

Minyak jarak dapat meningkatkan sintesis kolagen dan elastin, yang membantu meremajakan kulit dan menghilangkan kantung mata hitam secara alami. Selain itu, minyak jarak juga mengandung asam laktat yang bermanfaat membuat warna kulit lebih putih serta menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati.

10. Memperlambat penuaan

Seiring bertambahnya usia seseorang, tidak bisa dipungkiri akan muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput atau garis halus di wajah. Untuk memperlambat penuaan, Moms dapat mencoba menggunakan minyak nabati rosehip. Minyak ini bisa meningkatkan elastisitas kulit, dan memperlambat proses penuaan dini.

Demikianlah artikel mesin peniris minyak yang telah saya buat semoga bermnafaat dan selamat mencoba untuk mengunakan mesin ini.

× Whatsapp Kami!