Select Page

Menanam / cara budidaya jagung manis, Tanaman jagung (Zea may ssp. Mays) adalah jenis tanaman pangan penting dunia yang menghasilkan biji-bijian selain gandum dan padi.

Tanaman jagung atau Cara Budidaya Jagung Manis utama di sebagian sebagian dunia dan bahan pangan olahan seperti minyak jagung dan bahan dasar tepung maizena, energi kehidupan, bahan kosmetik, selain itu untuk cara budidaya jagung kebutuhan pangan pertanian, Untuk pakan ternak tanaman jagung, simpanlah jagung sampai habis sebagai sumber gandum.

Tanaman Jagung tumbuh di dataran rendah hingga tinggi hingga 1.200 meter, media lempung berpasir, tanah panas yang subur ban, gembur, seperti bahan organik, dibutuhkan sinar matahari minimal 8 jam per hari, udara 20-33 derajat celsius, curah hujan sedang, tanah 5,5-7 dengan drainase yang baik.

Persiapan Benih Jagung

Benih jagung Hibrida yang di buat dengan menggunakan biji galur murni (FO) dari dua induk yang sudah di seleksi sifat yang pembuatan benih jagung Hibrida dilakukan di laboratorium dengan alat dan tenaga  ahli yang berpengalaman. oleh karena itu tidak semua orang bisa membuat benih jagung Hibrida.

Sebelum dijual,benih jagung Hibrida diberi sertifikat yang menandakan sudah memenuhi semua persyaratan,baik syarat tanam,sifat unggul,maupun keaslian-nya.

Keunggulan tumbuhan jagung yang berasal dari benih jagung Hibrida antara lain tahan serangan hama dan penyakit. lebih cepat panen produksi tinggi serta toleran terhadap berbagai jenis dan ketinggian lahan. Sementara itu kelemahannya cara budidaya jagung adalah biji buah tidak dapat dijadikan benih lagi karena sifat unggul induknya sudah menghilang.

Persiapan Lahan/Tanah

Cara Budidaya Jagung tanah di gemburkan dengan di cangkul atau di bajak sedalam 25-30 cm, kemudian di ratakan / di halus kan dengan garu. Buat be dengan bila tanam musim hujan agar air hujan tidak mengenang. Untuk penanaman Musim kemarau tidak perlu pembeningan.

Lahan tanam yang baik untuk budidaya jagung adalah lahan kering yang berpenerangan cukup,lahan tadah hujan,lahan tera-sering,lahan gambut yang telah diperbaiki,atau lahan basah bekas menanam padi.

Agar tumbuh dan diproduksi dengan baik,tanaman jagung harus di tanam di lahan terbuka yang terkena sinar matahari penuh 8 jam sehari.

Penanaman Cara Budidaya Jagung Manis

Buat lubang sedalam 5 cm dengan jarak 25 cm untuk tanam 2 biji per lubang atau jarak 15 cm untuk 1 biji 1 lubang, lalu masukkan benih jagung ke lubang dan timbun tipis dengan bokashi, lalu gunakan pengairan saat tanam musim kemarau.

Pemupukan Cara Budidaya Jagung Manis

Pemupukan pertama dilakukan tanaman jagung 15 hst, komposisi pupuk: za 280 kilo gram / ha + furadan 12 kilo gram / ha. cara pemupukan dengan di sebar lalu di timbun dengan tanah kemudian di lakukan pengairan.

Penyebaran ke dua dilakukan pada umur 35 tahun, komposisi pupuk: za 350 kilo gram / ha + phonska 200 kilo gram / ha. cara penyebaran seperti pada penyebaran yang pertama.

Penyebaran ke tiga dilakukan pada umur 50 tahun, komposisi pupuk urea 350 kilo gram / ha + phonska 180 kilo gram / ha. cara penyebaran seperti pada penyebaran yang pertama.

cara budidaya jagung manis

Penyakit Cara Budidaya Jagung Manis

Hama yang menyerang tanaman jagung di antaranya: ulat tanah, ulat Gray, ulat penggerak polong, diaktifkan dengan bakterisida buldog, spontan, untuk ulat ulat tanah taburi dengan bupati. penanggulangannya hama lebih jelas lihat di sini

Penyakit yang menyerang tanaman ini anta lain: bulai, bercak daun, tawar daun, busuk pelepah, busuk batang. pengendaliannya semprot dengan fungisida Maybank, metalik, bicara.

Gejala penyakit ini terjadi ketika muncul bercak kerdil berbentuk lonjong kemudian bercak semakin panjang berbentuk elips dan berkembang menjadi Mikrotik dan di sebut tawar.

Pertumbuhan Cara Budidaya Jagung Manis

Tanaman jagung yang dapat di panen mulai 105 hari tergantung dari varietas-nya. cirinya antara lain:

  • Daun sudah kering 80%
  • Kulit jagung sudah kering
  • buah jagung padat keras
  • warna jagung sudah mulai menguning / bening dan mengilat

Ulasan Tentang Cara Menanam Jagung Dengan Hasil Memuaskan

Siapa yang tidak pernah mengenal jagung? Hampir seluruh masyarakat mengetahui apa itu jagung. Jagung adalah salah satu unggulan biji – bijian yang biasanya dijadikan sumber energi.

Oleh karena itu jika kamu menggunakan sarapan menggunakan jagung, kalian pun tidak harus langsung menyediakan energi Anda. Jagung dapat diolah menjadi apa saja yang cukup menguntungkan bagi orang yang ingin di budidaya kan nya.

Sangat jelas jika tanaman jagung tidak terlalu sulit untuk di budidaya kan. Anda harus percaya dengan kemampuan anda. oleh karena itu Anda akan diberikan beberapa saran untuk membudidayakan jagung dengan hasil yang melimpah.

Panduan Menanam Jagung Dengan Hasil Berlimpah

Setelah mengetahui secara umum tentang varietas jagung. Sekarang beralih alih ke cara menanam jagung. Untuk menanam jagung, anda perlu berbagai macam alat pertanian, bibit jagung, dan tanah untuk menanam jagung. Komponen – komponen ini harus ada dan disiapkan oleh Anda. Kebutuhan peralatan pertanian yang paling penting adalah peralatan yang standar.

Memilih Varietas

Sebelumnya kamu mengenal varietas jagung yang dapat kamu tanam, sekarang kamu harus mengetahui cara memilih varietas benih jagung. Untuk memilih bibit jagung yang perlu kamu penuhi sebelum membeli.

Sesuaikan bibit yang anda miliki dengan kondisi lahan yang anda miliki. Percuma saja, asal kamu beli bibit dan penanaman-nya begitu saja. Hal inilah yang berhasil memulihkan semangat hasil tanam-nya tidak terlalu memuaskan.

Lahan harus mengandung unsur hara yang banyak dan pH batas kota yang sesuai untuk menanam jagung adalah 5,6 – 7,7 
Saat membuat bedungan, tanah ditransfer pupuk organik di sekitarnya. Jika Anda memenuhi persyaratan untuk pengolahan lahan, maka anda bisa mendapatkan jagung dengan kualitas yang baik.

Cara Budidaya Jagung Manis Yang Baik

Inilah cara pemeliharaannya yang perlu kalian cermat-i. Penyu-laman, tanaman jagung perlu kamu sulam. Hal ini sangat penting untuk dilakukan harus dilakukan dengan benar. Jangan sampai kamu terlambat. Waktu kamu hanya 1 minggu untuk melakukan penyu laman.

Pengarangan, langkah ini perlu kamu dapat di lakukan karena hal ini adalah pengolahan tanaman dan dapat melakukan pengarangan saat jagung diundang 1 minggu.

Pembubukan, langkah ini pada intinya adalah penggalian parit antar bedungan. Memperbaiki agar tanaman jagung.tidak mudah rebah dan membuat jagung lebih kokoh lagi. Jika kamu dengan telaten melakukan kegiatan ini, kamu bisa mendapatkan tanaman yang cukup besar ukurannya

Pemukiman dan pengairan, proses ini cukup penting karena berguna untuk menambah tanah dan kesuburan.
Pencegahan hama tanaman, kamu dapat melakukan penyiapan untuk tanaman dari rumput penggabungan tanaman gulma.

Jika kamu merawatnya dengan baik maksimal, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal pula. Gunakan waktu anda untuk membeli tanaman jagung sebelum tiba di masa panen jagung. Lakukan secara rutin agar jagung memiliki kualitas terbaik.

Panen Jagung Yang Ke Dua

cara budidaya jagung manis

Panen merupakan hal terindah yang dapat Anda lakukan setelah Anda mengusahakan segala hal untuk tanaman jagung Anda.

Anda bisa memilih tujuan panen Anda tidak perlu repot – repot untuk panen. Namun, untuk yang diterima agar tidak panen yang lama karena hasil yang diperoleh kurang maksimal dan akan meningkat pada panen yang berikutnya.

Setelah panen Anda perlu kegiatan pascapanen seperti mengupas kulit jagung sebelum Anda menjual atau Anda olah. Anda juga bisa menjadikan biji sebagai indikator. Jika biji jagung sudah baik untuk panen. Maka segeralah panen jagung.

Indonesia adalah salah satu negara yang dapat membuat tempat bercocok tanam jagung. Jagung yang memiliki banyak manfaat lebih mudah diolah jadi tidak perlu lagi untuk memulai usaha yang satu ini.

Setelah Anda mengetahui cara menanam jagung, kamu dapat improvisasi dalam menanam jagung. Jika diperlukan, lakukan penelitian agar tanaman jagung yang Anda hasilkan memiliki kualitas yang baik.

Tentang Tanaman Jagung

Cara Budidaya Jagung Manis Tanaman jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang menghasilkan  karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan juga padi.

Selain itu Untuk hal ini di beberapa negara seperti di wilayah Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung menjadi makanan pokok. dan begitu juga beberapa wilayah Afrika dan Indonesia sendiri.

Dan tidak hanya itu, jagung juga menjadi komponen yang penting untuk pakan ternak, selain sebagai sumber makanan pokok, jagung juga diambil minyaknya dan bisa pula diolah menjadi tepung. Beragam produk turunan hasil pengolahan jagung juga menjadi bahan baku dalam sejumlah produk industri pangan.

Asal Usul Tanaman Jagung serta penyebarannya

Yang berdasarkan petunjuk sejarah, dalam hal ini ilmu Arkeologi telah mengarah pada budidaya jagung primitif di bagian selatan Meksiko, Amerika Tengah sejak 7000 tahun lalu.

Hal ini dapat dilihat dari sisa-sisa tongkol jagung kuna yang ditemukan di Gua Gulai Naquitz, Lembah Oaxaca yang berusia sekitar 6250 tahun. Dengan penemuan tongkol jagung utuh itu sekaligus menjadikannya sebagai tongkol jagung tertua yang ditemukan di gua-gua dekat Tehuacan, Puebla, Meksiko yang berusia sekitar 3450 SM.

Untuk sementara itu, suku Olmek dan Maya diduga telah membudidayakan jagung di seantero Amerika Tengah sejak 10.000 tahun yang lalai dan mengenal berbagai teknik pengolahan hasil.

Teknologi ini dibawa ke Ekuador, Amerika Selatan sekitar 7000 tahun yang lalau, dan mencapai daerah pegunungan di selatan Peru pada 4000 tahun yang lalu.

Pada saat itulah berkembang tanaman jagung yang dapat beradaptasi dengan suhu rendah di kawasan Pegunungan Andes, kemudian sejak 2500 SM, tanaman jagung telah dikenal di berbagai penjuru Benua Amerika.

Mengenal Tanaman Jagung

cara budidaya jagung manis

Cara Budidaya Jagung Manis Jagung merupakan tanaman biji-bijian yang berasal dari dataran Amerika dan menyebar ke dataran Asia dan Afrika melalui jalur perdagangan yang dilakukan oleh bangsa Eropa.

Menurut catatan sejarah jagung masuk ke Indonesia sekitar abad ke- 16. Penyebaran jagung ke seluruh pelosok dunia tidak terlepas dari besarnya manfaat yang diberikan kepada manusia dan hewan.Sebagai tanaman cara budidaya jagung manis yang memiliki penyelesaian siklus hidup antara 80 – 150 hari dimana siklus pertama merupakan tahap degeneratif dan paruh kedua merupakan tahap Generated.

Dilihat dari ukuran tinggi pada umumnya jagung memiliki perbedaan ukuran yang berbeda yaitu antara 1 meter – 2 meter dan terkadang terdapat jagung yang memiliki ketinggian mencapai 6 meter. Tanaman jagung dapat diskualifikasi kan kedalam beberapa bagian berikut ini.

  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Liliopsida (berkeping satu / monolitik)
  • Sub Kelas : Communication
  • Ordo : Poales
  • Famili : Poaceae (suku rumput-rumputan)
  • Genus : Zea
  • Spesies : Zea mays L..

Cara budidaya jagung manis ini dapat dibedakan menjadi dua menurut jenis kelamin bunganya yaitu jagung bunga jantan dan jagung bunga betina yang terpisah (diklin) dalam satu tanaman (monoecious). Bunga Jagung jantan tumbuh dibagian puncak tanaman seperti karangan bunga dan untuk bunga betina tersusun dalam tongkol..

Syarat Tumbuh Tumbuhan Jagung

Pada umumnya tumbuhan jagung dapat tumbuh di berbagai kondisi lingkungan. Namun untuk hasil yang maksimum, ada beberapa syarat tumbuh tanaman jagung. Berikut adalah syarat tumbuh tanaman jagung:

Iklim

  • Beriklim subtropis atau tropis dan didaerah terletak antara 0-500 LU hingga 0-400 LS.
  • Curah hujan ideal adalah 85-200 mm/bulan dan harus merata.
  • Suhu optimimum yang baik adalah 21-34 C
  • Intensitas cahaya matahari langsung, minimal 8 jam per hari
  • Tanaman jagung tidak ternaungi, agar pertumbuhan tidak terhambat atau merusak biji bahkan tidak membentuk buah.

 

Media Tanah

  • Memiliki tekstur tanah yang gembur (lakukan proses pembajakan agar tekstur tanah gembur).
  • Mengandung cukup kandungan unsur hara.
  • pH tanah 5,5-7,5 (apabila pH tanah asam atau < 5,5 sebaiknya taburkan dolomit/kapur pertanian).
  • Jenis tanah yang dapat ditoleran ditanami jagung adalah andosol, latosol dengan syarat pH harus memadai untuk ditanami.
  • Memiliki ketersediaan air yang cukup.
  • Kemiringan tanah kurang dari 8%.

Ketinggian

  • Memiliki Ketinggian antara 1000-1800 m dpl dengan ketinggian optimum antara 50-600 m dpl (diatas permukaan laut).

Iklim, media tanah, dan ketinggian merupakan 3 syarat tumbuh tanaman jagung

 

Waktu dan Cara Menanam Jagung Manis Yang Benar

Pada kondisi musim yang normal, waktu yang tepat saat menanam jagung adalah dibulan Mei-Juli. Karena pada saat itu intensitas curah hujan telah berkurang bahkan telah selesai, sehingga pada bulan-bulan tersebut sangat cocok untuk melakukan budidaya jagung.  

Taburi lahan dengan pupuk kandang/kompos/bokashi sebanyak 10-20 ton per hektar. Kemudian semprot dengan GDM Black Bos sebanyak 5 kg per ha. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses remediasi tanah dari residu pupuk kimia, pestisida kimia dan sisa-sisa bahan organik (jerami, daun-daunan, dll) agar tanah menjadi gembur dan subur.

Bakteri (mikroba) yang terkandung dalam Black Bos mampu menghasilkan enzim dan antibiotik yang berfungsi untuk menekan perkembangan penyakit tular tanah (busuk akar, busuk batang, bulai, dll).

Setelah itu lakukan proses olah tanah saat 5 hari sebelum tanam, dengan cara dibajak/traktor dengan kedalaman 20-30 cm, yang bertujuan untuk membalik dan membuat struktur tanah agar menjadi gembur, menambah oksigen dalam tanah, memudahkan perakaran tanaman masuk ke dalam tanah dan menyerap unsur hara serta memperbaiki aerasi tanah.

Jarak Tanam Jagung Manis

Pada kondisi tanah yang berjenis tanah becek, sebaiknya dibuatkan bedungan/gulungan agar benih tidak bergenang air dan tidak busuk. Sehingga benih akan tumbuh cepat dan maksimal.

Lebar bedungan adalah 100 cm  dan jarak antar bedungan adalah 50 cm. Sedangkan jarak didalam barisnya adalah 20-25 cm, sehingga jarak tanam jagung, baik menggunakan bedungan atau pun yang tidak mengunakan bedungan adalah 75cm x 25cm atau 75cm x 20cm.

Setelah itu buatlah lubang tanam dengan cara tugas sedalam 5-10 cm kemudian masukkan benih jagung dan tutup dengan kasihi. Setelah itu, semprot dengan POS GODAM pada bekas lubang tanam. Ini berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan melindungi tanaman dari serangan penyakit.

Terima kasih atas kunjungannya di artikel cara budidaya jagung manis ini, dan kalian jangan lupa untuk mencontoh nya.

× Whatsapp Kami!