Select Page

Cara Menanam Kentang – Di Indonesia sendiri budidaya kentang pertama kali dilakukan pada saat abad ke-18 di daerah dataran tinggi Cibodas, Lembang, Pangalengan serta Tengger. Dan kemudian mulai meluas ke wilayah Sumatera tepatnya pada dataran tinggi kerinci.

Sekarang sudah mulai banyak tempat di Indonesia yang menjadi sentra budidaya kentang. Prospek usaha budidaya kentang sangat menjanjikan. Tanaman kentang adalah tanaman yang bisa menghasilkan keuntungan yang tinggi dengan cara mengetahui cara menanam kentang yang baik dan benar. Berikut adalah Cara Menanam Kentang yang baik dan benar :

Cara Menanam Kentang Yang Baik Dan Benar!

cara menanam kentang

Pengolahan Tanah

pengolahan tanahCara budidaya kentang yang pertama yaitu lakukan proses pembajakan tanah dengan kedalaman kurang lebih 30 cm. Lalu diamkan saja tanah selama kurleb 2-3 hari, kemudian lahannya digaru sedalam 5 cm, dan semprot saja tanah menggunakan BLACK BOS (tanahnya harus dalam keadaan basah) serta diamkan selama kurleb satu minggu.

Sedangkan untuk kondisi tanah yang gembur, pengolahannya cukup hanya dengan digaru saja, kemudian semprotkan saja BLACK BOS pada saat lahan masih basah serta biarkan selama kurleb satu minggu. Pemberian BLACK BOS serta pembiaran waktu sampai satu minggu ini bertujuan supaya memperbaiki aerasi tanah, dan memberikan waktu pada bakteri apathogen (bakteri menguntungkan) melakukan proses dekomposisasi pada tanahnya.

Jadi sisa-sisa bahan organik (seperti : daun, jerami, batang, bangkai, dll) bisa terfermentasi dengan sempurna menjadi kompos dan penyakit-penyakit tular tanah bisa dicegah oleh bakteri BLACK BOS jadi tanaman tumbuh sehat serta lebih tahan dari serangan penyakit.

BLACK BOS (Bio Organic Stimulant) sangat mampu untuk memperbaiki tanah yang sudah rusak serta terbukti sudah terbukti bisa mendegradasi polutan pada tanah, bekas tambang serta limbah minyak. Kondisi tanah juga sangat wajib diperhatikan tingkat kelembaban tanah serta tingkat kekeringannya. Tanaman kentang adalah tanaman yang sensitif, keadaan tanah tidak boleh terlalu basah dan terlalu kering.

Sangat banyak cara budidaya kentang yang gagal dikarenakan tidak terlalu mementingkan kelembaban pada tanah. Kalau kondisi tanah basah, maka siapkan saja sistem irigasi yang berupa garitan yang sedikit ditinggikan. Tapi jika kondisi tanah terlalu kering, maka harus di lakukan penyiraman dulu pada tanah. Setelah lewat satu minggu tanah harus diratakan serta dibuat garitan. Lebar garitan kira-kira 80 cm dan ketinggiannya 5 cm.

Pemupukan Pada Tanaman Kentang

Tebarkan saja pupuk kandang di atas permukaan garitan, atau buat lubang-lubang untuk menempatkan pupuk agar dapat menghindari pupuk kentang tergerus air. Dosis untuk pupuk kandang budidaya kentang biasanya sekitar 20-50 ton per hektar serta tiap-tiap daerah berbeda tergantung dengan tingkat kesuburan tanah. Kemudian tambahkan NPK sebanyak 350 kg per hektarnya.

Proses Pemilihan Bibit Kentang

Bibit kentang yang sudah siap tanam wajib melalui proses penyimpanan selama kurang lebih tiga bulan lamanya, yang bertujuan supaya mengetahui bibit kentang tersebut bisa bertunas dengan baik atau tidak.

Laksanakan seleksi pemangkasan tunas pada umbi yang sudah bertunas. Tunas yang mempunyai panjang lebih dari 2 cm harus dibuang, ini dikarenakan pada tunas yang terlalu panjang kurang baik untuk ditanam. Berat umbi yang sudah baik untuk bibit kentang berkisar 30-50 gram per buahnya.

Proses Tanam Kentang

Sebelum umbi kentang ditanam harus dilakukan perendaman dahulu antara umbi dengan POC GDM dengan dosis sekitar 1 gelas air mineral dilarutkan dengan 20 liter air selama kurang lebih 2 jam lamanya. Ini bertujuan supaya mencegah penyakit tular bibit kentang dari umbi serta supaya mempercepat pertumbuhan umbi menjadi bibit kentang.

Lalu lakukan penanaman umbi kentang dalam garitan dengan jarak tanam sekitar 20-30 cm. Kemudian umbi ditanam, tutup Menggunakan tanah jadi membentuk gundukan setinggi 10-20 cm. Sedangkan pada bagian kiri dan kanan gundukan akan membentuk parit untuk drainase.

Pemeliharaan Dari Cara Menanam Kentang

cara menanam kentang

Periode budidaya kentang memerlukan tingkat kecermatan yang tinggi. Berikut adalah cara pemeliharaan tanaman kentang :

Penyiraman Tanaman Kentang

Penyiraman untuk tanaman khususnya tanaman kentang harus dilakukan sesuai dengan kondisi tanah serta cuaca. Di daerah yang lembab dan sering turun hujan, maka relatif tidak memerlukan penyiraman. Tapi jika keadaan tanah terlihat kering, maka lakukanlah penyiraman pada tanah. Selain itu juga harus memperhatikan kondisi tanah. jangan sampai terlalu basah apalagi sampai tergenang.

Penyiangan Gulma & Pengguludan

Penyiangan gulma dilakukan bersamaan dengan perbaikan guludan. Biasanya hal ini dilakukan setelah satu bulan penanaman. Gulma bisa dibersihkan menggunakan sabit ataupun koret, setelah gulma dibersihkan maka guludan juga harus diperbaiki lagi. Penyiangan gulma berikutnya dilakukan jika tanaman sudah berumur dua bulan. Kemudian, tidak usah lagi menyiangi, dikarena tajuk tanaman sudah rimbun jadi gulma sudah sulit tumbuh.

Pemupukan Tanaman Kentang

Pada budidaya kentang hal yang wajib diperhatikan yaitu proses pemupukan. Gunakan pupuk yang sangat dibutuhkan untuk tanaman kentang.

Lakukan pemupukan dari atas serta dari bawah tanaman kentang. Dari atas semprot kan tanaman kentang menggunakan POC GDM pada seluruh tanaman kentang setiap 1 minggu sekali menggunakan dosis 2 gelas air mineral per tangki supaya pertumbuhan tanaman makin cepat, tanaman terlindungi dari serangan penyakit, umbi kentang juga lebih cepat keluar, lebih cepat besar serta beratnya maksimal.

Pemupukan dari bawah menggunakan pupuk NPK serta aplikasikan setiap 20 hari sekali dengan cara dibenamkan kedalam tanah serta dengan jarak sekitar 5-10 cm dari pohon kentang.

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Jenis-jenis penyakit yang biasa ditemukan dalam budidaya kentang antara lain : Busuk daun (Phytophthora infestans), Penyakit layu bakteri (Pseudomonas Solanacearum), Bercak lunak (Altenaria Solani), Penyakit layu fusarium (Fusarium Oxysporum), dll.

Sebagai mengantisapasi akan terjadinya resistensi (kekebalan) penyakit yang terjadi pada tanaman kentang, harap selalu hindarkan pengendalian penyakit pada kentang dengan menggunakan bahan kimia untuk serangan yang masih di bawah ambang batas.

Pakai saja agen hayati saja sebagai pengendaliannya menggunakan cara BLACK BOS yang di semprotkan secara merata pada tanah menggunakan dosis 3 tutup botol per tangki setiap seminggu sekali serta semprotkan POC GDM merata pada tanaman yang terserang penyakit menggunakan dosis 2 gelas air mineral setiap 2 kali seminggu.

Pemanenan Pada Budidaya Kentang

Umur tanaman kentang sampai siap panen tergantung kepada jenis varietas, tinggi lahan dan juga musim. Umumnya satu siklus budidaya kentang sampai umbi sudah siap dipanen kurleb 80-120 hari. Pemanenan tanaman kentang juga harus diperhatikan, jangan lah dipanen terlalu dini ataupun terlalu tua. Panen kentang yang terlalu dini, bisa membuat kualitas kentang menjadi rendah dikarena pembentukan karbohidrat di dalam umbi masih belum terlalu optimal.

Sedangkan untuk pemanenan yang terlalu tua bisa meningkatkan resiko umbi kentang mudah terserang penyakit atau rusak. Kentang ialah salah satu jenis sayuran yang masih tergolong tanaman jenis Solanaceae. Tanaman kentang sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Kendati murah, sayuran yang satu ini mengandung banyak nutrisi dan kerap menjadi makanan pengganti nasi. Bahkan, kentang cukup populer dengan diolah menjadi berbagai menu makanan, termasuk camilan. Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat tinggi, sama seperti nasi. Jenis umbi-umbian yang memiliki nama latin Solanum tuberosum ini rasanya lezat.

Selain rasanya lezat, kentang juga kaya nutrisi yang penting bagi kesehatan. Kentang memiliki kandungan vitamin A, B-kompleks, C, hingga asam folat. Jenis sayuran ini juga memiliki senyawa solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamu, dan pestisida.

Namun, sebaiknya kentang dikonsumsi dengan cara direbus atau dipanggang, bukan digoreng. Bahkan, kalau bisa kentang tidak dicampur dengan bumbu gurih yang mengandung MSG, karena tidak baik bagi kesehatan.

Konsumsi kentang rebus atau panggang dua kali sehari tidak akan membuat berat badan bertambah, justru dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengontrol tekanan darah. Sehingga makanan ini sangat cocok bagi seseorang yang sedang menjalani program diet sebagai pengganti nasi.

Manfaat Dari Cara Menanam Kentang Bagi Kesehatan

cara menanam kentang

Membentuk Tubuh Ideal Dan Menghindari Obesitas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kentang dapat menurunkan berat badan seseorang yang sedang menjalani program diet. Tetapi hindari mengolahnya dengan mentega, garam, micin ataupun minyak goreng.

Kentang banyak mengandung vitamin, mineral serta zat-zat baik lainnya sebagai pertahanan tubuh untuk melawan penyakit serta berperan pada kesehatan secara keseluruhan, termasuk mencegah obesitas juga. Sayuran yang dijuluki sebagai Potato ini mempunyai serat pangan yang berfungsi untuk pengganjal, jadi bisa membuat rasa kenyang bertahan lama. Di lain sisi, kentang bisa melancarkan pencernaan juga.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dari semua nutrisi yang telah disebutkan, kentang juga rendah kolesterol, baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam kentang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Sebuah hasil penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), menyebutkan kandungan kalium dalam kentang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Mencegah Kanker

Kentang mengandung folat yang berperan dalam sinesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah berbagai jenis sel kanker. Asupan dari sayuran seperti kentang dipercaya dapan mencegah kenker kolorektal. Vitamin C dan quercetin kentang juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikan bebas.

Mengobati Diabetes Dan Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kebanyakan pasien diabetes disarankan dokter untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Hal itu dikarenakan kentang dapat menurunkan penyakit diabetes atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan pati dalam kentang akan meningkatkan kontrol gula darah. Untuk menurunkan diabetes, simpan kentang rebus di lemari es selama satu malam, dan konsumsi keesokan harinya dalam keadaan dingin. Selain itu, asuan natrium rendah yang terdapat dalam kentang sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Sementara kalium mendorong vasodilatasi atau peleberan pembuluh darah.

Baik Untuk Otot Dan Otak

Kentang mengandung kolin, yaitu nutrisi penting dan serbaguna. Kandungan tersebut dapat membantu gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingat otak. Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin.

Pada dasarnya, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin, dan wanita membutuhkan 425 miligram kolin per hari. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak pada anak.

Manfaat Kentang Bagi Kecantikan

cara menanam kentang

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kentang juga baik untuk kecantikan kulit. Anda bisa menghaluskan kentang rebus ataupun kentang yang masih mentah sebagai masker wajah secara rutin. Khasiat kentang bagi kecantikan di antaranya yaitu :

Mengunci Kelembapan Kulit

Salah satu manfaat dari sayur kentang ini yaitu bisa mengunci kelembapan pada kulit dengan optimal. Kentang sangat banyak mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C itu sendiri adalah salah satu bahan alami yang juga bisa menjaga sel-sel kulit supaya tetap terhidrasi.

Membersihkan Noda Bekas Jerawat

Tidak hanya untuk menjaga kulit agar tetap lembap, menggunakan kentang untuk masker wajah ataupun kulit ternyata juga bisa membantu Anda untuk menghilangkan noda bekas jerawat loh. Ini dikarenakan kentang memiliki kandungan bahan yang bersifat untuk memutihkan. Jadi tidak heran jika saat memakai masker kentang segar bisa membersihkan sel kulit mati serta memudarkan noda hitam yang ada pada wajah.

Mencegah penuaan dini

Munculnya garis-garis halus pada kulit tentu akan mengganggu penampilan Anda. Dengan begitu, tidak perlu khawatir karena hal tersebut bisa diatasi dengan memakai kentang. Kentang mengandung vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan bahan yang mampu menjaga kulit terbebas dari dampak buruk radikal bebas yang juga memicu penuaan dini.

Kentang sendiri sudah sangat sering digunakan untuk bahan alami merawat kulit sejak zaman dahulu kala. Tidak cuma mencerahkan kulit saja, tapi kandungan vitamin serta mineral yang ada di dalamnya juga bisa memberikan sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, tentu saja teman-tema wajib rutin untuk menggunakan kentang supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Mencerahkan Kantung Mata Hitam

Menerapkan irisan kentang di bawah mata dapat membantu mencerahkan lingkaran gelap di bawah mata. Caranya yaitu, kupaslah kentang mentah kemudian iris-iris menjadi potongan besar. Bungkus menggunakan kain bersih lalu letakkan di atas lingkaran mata yang menghitam selama kurleb 20 menitan. Kemudian cuci perlahan mata Anda menggunakan air hangat.

Mengatasi Kulit Keriput

Kentang bekerja efektif dengan baik dalam memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit, terutama untuk kerutan pada wajah. Antioksidan yang terkandung dalam sayuran ini, seperti vitamin C, bisa untuk mengatasi kulit yang sudah mulai keriput. Caranya cukup mudah, kupas serta tumbuk kentang sampai halus lalu oleskan saja pada kulit Anda. Biarkan selama kurleb 20 menit kemudian cuci menggunakan air dingin.

Mengobati Kulit Terbakar Matahari

Caranya hanya dengan menggunakan irisan kentang dingin pada area kulit yang terkena sengatan matahari. Biarkan saja selama kurleb 20 menit. Teman-teman juga bisa mengoleskan jus kentang ini pada kulit. Rutin untuk melakukannya bisa memberi sensasi dingin bahkan mengurangi dan menyamarkan kulit cokelat karena berjemur.

Membantu Mencerahkan Kulit

Ini yang bisa teman-teman lakukan untuk menggunakan kentang dan juga lemon. Caranya yaitu parut kentang mentah emudian oleskan masker pada wajah Anda. Bilas menggunakan air setelah kurleb 30 menit. Menggunakan cara ini dengan teratur bisa membuat wajah Anda terlu=ihat lebih bersih dan cerah.

Teman-teman juga juga menggunakan jus kentang serta lemon untuk mencerahkan kulit dengan alami. Masker lemon kentang bisa berguna sebagai pemutih ringan serta melakukan pekerjaan dengan baik.

Mengatasi Kulit Kering

Jika anda mengalami yang namanya kulit kering, yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan menggunakan bahan yang biasa Anda temukan di dapur, yakni dengan memilih satu kentang dan setengah sendok teh dadih. Caranya parut kentang dan aduk dengan dadih. Oleskan pasta pada wajah Anda dan biarkan selama kurleb 20 menit. Kemudian cuci dengan air biasa. Masker ini melembapkan kulit dan merawat kulit kering.

Mengengkat Sel kulit mati

Cukup dengan menggunakan kentang parut kemudian terapkan pada wajah dan biarkan selama kurlebb 10 menit. Bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur bisa membantu mengangkat sel kulit mati serta meremajakan kulit Anda.

Meningkatkan kesehatan kolagen

Kentang kaya akan vitamin C, yang membangun kolagen. Dengan Menggunakan kentang secara teratur bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan pada kolagen.

Itu lah beberapa pelajaran dan manfaat dari Cara Menanam Kentang yang bisa kita ketahui. Semoga mendapat manfaat dari semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!

× Whatsapp Kami!