Select Page

Kue dari Tepung Ketan merupakan hasil dari olahan tepung ketan yang dijadikan menjadi banyak jenis makanan. Banyak sekali makanan yang bisa diolah mengunakan bahan dari tepung ketan. Banyak Sekali jenis dari Kue dari tepung ketan serta macamnya juga. kita akan bahass yukk.

Tepung ketan sendiri merupakan hasil dari olahan beras ketan yang di buat menjadi tepung. Kue dari tepung ketan atau juga beras ketan begitu banyaknya orang yang menyebut-nyebutkan.

Jenis kue dari tepung ketan sangat banyak seperti onde-onde, klepon, mochi, dan Juga banyak lainnya Selain enak dan bisa dibuat sendiri kue dari tepung ketang tersebut memiliki banyak. Karena tepung ketan sendiri memiliki manfaat yang sangat banyak.

Untuk labih lanjut lagi kita akan membuat daftar yang berisi kue dari tepung ketan. Tapi sebelum itu mungkin kamu juga akan menyukasi berbagai macam kue dari tepung terigu , langsung saja yuk kita simak.

1. Kue dari Tepung Ketan Bolu Ketan Hitam

               Kue dari ketan hitam kita yang pertama adalah Bolu ketan hitam. Pada umumnya tepung ketan juga dapat digunakan untuk membuat kue dan juga jajanan pasar lainnya seperti klepon, onde-onde dan juga kue bugis. Sebenarnya juga tepung ketan hitam itu sangat bagus dan baik untuk kesehatan badan kita agar terhindar dari kelebihan berat badan atau obesitas. Jadi sebanyak apapun juga kita memakan-makanan Bolu Ketan Hitam ini enak ini justru tidak menambah kegemukkan.

Bahan-bahan

Kue dari Tepung Ketan yang diperlukan dalam membuat Resep Bolu Ketan Hitam Kukus.

  • 250 gram tepung ketan hitam
  • 200 gram margarin (lelehkan)
  • 250 gram gula pasir halus
  • 2 sdm susu kental manis putih
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt emulsifier
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 6 butir telur ayam

Peralatan yang diperlukan dalam Resep Bolu Kukus Ketan Hitam kukus.

  • Loyang ukuran 24x24x6cm, oleskan dengan margarin dan alasi dengan kertas roti.

Cara membuat

Bolu Ketan Hitam Kukus, kue dari tepung ketan.

  • Pertama aduk telur, emulsifier,lalu gula pasir halus, dan garam hingga menjadi mengembang.
  • Jangan lupa tambahkan tepung ketan hitam, vanili bubuk, dan juga baking powder sambil di ayak-ayak dan aduk rata kembali.
  • Tuangkan susu kental manis putih sedikit demi sedikit beserta dengan margarin yang sudah dilelehkan sambil di aduk rata.
  • Lalu setelah itu selesai, tuangkanlah adonan ke dalam loyang yang sudah kita dipersiapkan.
  • Kemudian kukus selama 25 menit hingga matang juga dengan api yang sedang.
  • Setelah matang, angkat dan dinginkan sejenak Resep Bolu Kukus Ketan Hitam Lembut dan Mekar
  • Potong-potong dan hiasi dengan buah strawberry segar, Selamat Mencoba.

Catatan :
Ketika mengaduk adonan dengan mixer, diusahakan jangan terlalu lama mengaduk karena akan berefek adonan menjadi keras.

Kandungan Dan Manfaat

Ketan Hitam Untuk Kesehatan, kue dari tepung ketan hitam merupakan sajian yang kaya akan banyak manfaat. Ketan hitam sendiri biasanya banyak kita jumpai pada es campur keliling atau jajanan bubur manis yang ada di pinggir jalan. Penampilannya yang hitam pekat ini memberikan ciri khas aroma dan rasa yang unik.

Hayo, apa ada yang suka ketan hitam disini? Kalian sangat beruntung karena pernah memakan ketan hitam. Karena ketan hitam sangat membantu tubuh kita dalam pertumbuhan pembentukkan sel darah merah dan juga meningkatkan akan daya tahan dari tubuh kita.

Kue dari tepung ketan atau Ketan hitam yang mengandung zat besi hingga 15,52 ppm ini mempunyai manfaat yang masih lebih banyak lagi selain meningkatkan daya tahan akan tubuh. Kandungan didalamnya juga mencegah gangguan-gangguan seperti gangguan fungsi ginjal, mencegah dari penyakit anemia, mencegah kanker dan juga tumor, memperbaiki dari kerusakan sel hati seperti hepatitis dan juga chirosis (pengerasan hati).

2. Jajajan Pasar Onde-onde Wijen

kue dari tepung ketan

Salah satu dari jenis kue dari tepung ketan yaitu jajan pasar atau lebih simpelnya disebut “japar”. Japar yang satu ini sangat lumrah dan banyak ditemui di jalan-jalan atau di pasar di Indonesia. Saking banyak nya banyak nya banyak skandal atau kecurangan yang sering dilakukan oleh para pedagang japar ataupun onde-onde wijen ini.

Jadi alangkah baiknya kita untuk membuat sendiri kue dari tepung ketan ini ataupun bila ingin membeli sebaiknya di tempat atau di penjual yang sudah terpercaya, Baiklah ini kue dari tepung ketan yaitu kue Onde-onde Wijen

Bahan

  • 500 gram tepung beras ketan
  • 250 gram gula pasir
  • 75 gram tepung beras
  • 150 ml air hangat
  • Garam (secukupnya, kira-kira 1 sdt)
  • Vanili bubuk (secukupnya, kira-kira 1 sdt)
  • 200 gram wijen
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bahan Untuk Isian

  • 250 gram kacang hijau kupas
  • 100 gram gula pasir
  • Garam (secukupnya, kira-kira 1/2 sdt)
  • Vanili bubuk (secukupnya, kira-kira 1/2 sdt)

Cara Membuat Isian

  1. Pertama rendam kacang hijau juga yang telah dikupas selama 4 sampai 5 jam setelah itu cuci bersih dan juga bilas.
  2. Kukuslah kacang hijau sampai teksturnya empuk lalu tumbuklah atau haluskan juga hingga halus.
  3. Campur kacang hijau halus bersama gula, garam dan vanili sampai semua bahan menyatu. Uleni dan bulatkan kecil-kecil untuk dijadikan isi onde-onde.

Cara Membuat Onde-Onde

  1. Campurkan tepung beras ketan, tepung beras, garam, lalu gula dan vanili jadi satu lalu kemudian uleni hingga adonan menjadi kalis.
  2. Ambil adonan secukupnya lalu pipihkan dan buat cekungan untuk tempat isian.
  3. Bulatkan adonan dan pastikan onde-onde terbentuk sempurna.
  4. Setelah onde-onde jadi selesai, celupkan onde-onde ke dalam air yang dingin lalu kemudian guling-gulingkan onde-onde ke atas wijen yang telah diletakkan di piring sampai dengan rata.
  5. Panaskan minyak dan segera goreng onde-onde hingga warnanya menjadi kuning kecokelatan dan kulit bagian luar kering.
  6. Angkat onde-onde setelah matang lalu sajikan pada keluarga tercinta selagi masih hangat

3. Kue Klepon Ketan Gula Merah

kue dari tepung ketan

Kue dari tepung ketan sangat banyak salah satunya yaitu Klepon ketan dengan gula merah. Olahan klepon ketan gula merah sangat enak dengan rasa manis dan kejutan yang pecah ketika dimanan satu bulatan langsung. Ini dia Resepnya

Bahan-bahan

  1. Tepung Beras dengan kualitas bagus sebanyak 50 gram. Sebaiknya gunakanlah merek favorit yang sudah cukup terkenal sehingga sudah banyak digunakan, supaya hasilnya enak.
  2. Pasta Hijau Pandan sebanyak kurang lebih 2 sendok kecil atau sendok teh.
  3. Tepung ketan halus sebanyak 250 gram. Lebih baik di ayak dahulu supaya hasilnya nanti lembut.
  4. Gula Merah Jawa (+-) sebanyak 190 gram sampai dengan 220 gram. Iris tipis tipis supaya nanti mudah dimasukkan ke dalam adoanan kue klepon nya nanti.
  5. Siapkan Garam Dapur halus yang beryodium sebanyak 1/4 sendok kecil atau sendok teh.
  6. Air bersih matang sebanyak 280 ml. gram. Bisa ditambahkan atau dikurangi sampai adonan pas.
  7. Daun pandan segar sebanyak 1 lembar. Cuci bersih dahulu sebelum di gunakan.
  8. Kemudian Kapur sirih sebanyak 1/4 sendok kecil dan air sebanyak 50 ml untuk membuat air dari kapur.
  9. Setengah Buah Kelapa (jangan terlalu tua) dan parut.

Cara Membuat

  1. Langkah pertama membuat air kapurnya. Campur dan endapkan seprempat sendok kapur sirih dan air nya. Ambil Air Kapurnya sebanyak 2 sendok kecil.
  2. Ambil satu wadah untuk adonan. Lalu masukkan 250 gram Tepung ketan dan juga Tepung beras sebanyak 50 gram. Aduk rata kedua bahan tersebut sampai tercampur rata.
  3. Masukkanlah 2 sendok pasta rasa pandan dan air kapur nya juga. Lalu aduk sebentar.
  4. Masukkan air bersih matangnya sedikit demi sedikit sambil diaduk ke dalam adonan tepung di atas. Tambahkan apabila di arasa adonan masih terlalu kental dan susah di bentuk.
  5. Ambil adonan diatas dan bentuk seperti bola lalu pipihkan. Jumlah adonan juga silahkan disesuaikan sama dengan besarnya kue yang nanti kita akan di buat.
  6. Ambil sedikit irisan gula merah. taruh di atas adoanan pipih di atas dan kemudia bentuk bulatan seperti bola. lakukan proses ini sampai adonan rsep Klepon dan gila merah jawanya habis.
  7. Panaskanlah air juga untuk merebus adonannya dengan api sedang kecil. Setelah api mendidih, masukkan satu persatu adonan bentuk bila diatas ke dalamnya.
  8. Tunggu sampai adonan melayang di dalam air rebusan nya. Tiriskan sebentar lalu siapkan kukusan.
  9. Lalu ambil satu wadah yang berukuran sedang dan, lalu masukkan parutan kelapa, seperempat sendok kecil garam dan daun pandannya. Aduk dan campur sampai rata dan kukus sebentar.
  10. Kemudian ambil kue klepon diatas dan lalu masukkan kedalam wadah parutan kelapa di yang sudah dibuat. Cukup gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Ulangi proses ini untuk semua kue yang akan di buat.
  11. Pastikan semua bagian kulit luar klepon tertutupi kelapa dan hidangkan.

4. Kue Gemblong

Kue gemblong itu merupakan salah kue dari tepung ketan juga merupakan satu jajanan khas Nusantara yang berbahan dasar tepung ketan dengan diberikan lapisan gula merah. Sayangnya, saat ini juga keberadaan kue gemblong sudah semakin juga jarang ditemui. Eksistensi kue gemblong ini menjadi kehilangan pamornya sejak banyaknya bermunculan-munculan makanan siap saji dan juga makanan ringan dengan metode branding ‘kebarat-baratan’ yang dikemas dengan begitu sangat menarik, membuat keberadaan makanan-makanan lokal yang hanya dikemas dengan bahan seadanya menjadi tersisihkan.

Sehingga tak heran juga ketika anda sudah menawari kue gemblong pada anak-anak anda, mereka akan dibuat penasaran dengan apa kue yang anda akan tawarkan. Sungguh miris nasib dari warisan kuliner nusantara saat ini, perlahan kejayaannya surut ditelah jaman.

Padahal dilihat dari komposisi gizi, kita tidak mengetahui sejauh mana dampak negatif yang akan didapatkan dari mengkonsumsi makanan siap saji. Sedangkan juga pada makanan tradisional khas nusantara, kandungan gizi dan vitaminnya sudah jelas sebab-sebab makanan tradisional tidak pernah menggunakan zat-zat kimia yang berbahaya seperti halnya juga pengawet.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Gemblong

  • 200 gram tepung ketan putih
  • 100 gram kelapa diparut kasar
  • 125 ml santan hangat
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Pelapis :

  • 100 gram gula merah sisir
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, disimpulkan
  • 150 ml air

Cara Membuat Kue Gemblong

  1. Langkah pertama, campurkan tepung ketan putih dengan kelapa parut kasar kemudian diaduk-aduk secara perlahan sambil dituangkan sedikit demi sedikit santan dan uleni hingga kalis.
  2. Setelah adonan kalis, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bentuk oval pipih. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  3. Panaskan minyak goreng dan goreng adonan hingga matang kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Selanjutnya, siapkan bahan pelapisnya dengan cara, larutkan gula pasir, gula merah dalam air dan masukkan pandan sambil terus diaduk hingga kental dan berbusa.
  5. Masukkan kue gemblong dan aduk hingga kue gemblong teraduk dengan rata dan terbaluti lapisan gula merah.
  6. Angkat kemudian dinginkan hingga lapisan gula merah menjadi kering setelah itu baru sajikan.

5. Kue Jadah

Jadah merupakan salah satu kue tradisional yang banyak digemari semua orang. Rasanya yang gurih dan kenyal selalu membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan. Dibuat dengan bahan utamanya adalah ketan yang dikukus dan dicampur dengan aneka bahan lainnya.

Bahan-bahan:

  • 250 Gram tepung ketan
  • 200 Ml santan
  • 70 Gram kelapa parut
  • 1 Sdt garam
  • 2 Sdm gula pasir
  • Serundeng untuk taburan.

Cara membuat:

  • Campur semua bahan, uleni sampai rata.
  • Oles wadah tahan panas dengan minyak, lalu tuang adonan.
  • Kukus adonan 30 menit, bungkus tutup dengan serbet bersih.
  • Angkat, dinginkan dan potong-potong lalu gulingkan ke serundeng.
  • Bisa juga dinikmati dengan cara digoreng lebih dulu.

6. Kue Mochi

Mochi adalah kue asalnya dari Jepang yang saat ini bisa dengan mudah dijumpai di berbagai negara seperti mochi yang di buat di Jawa Barat bahkan sudah biasa dijadikan sebagai oleh-oleh. Mochi tersebut terbuat dari tepung ketan dengan tekstur yang kenyal dan memiliki banyak varian rasa yang menggugah selera.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan

Bahan-bahan yang harus ada karena dibutuhkan dalam proses pembuatan mochi dibagi menjadi 2 yaitu:

Bahan untuk bagian luar meliputi:

  • Tepung beras ketan 400 gr
  • Gula pasir 200 gr
  • Tepung beras 40 gr
  • Tepung Meizena 70 gr
  • Air 500 ml
  • Garam 1 sendok teh
  • Mentega 4 sendok makan
  • Pewarna makanan sesuai selera

Bahan untuk isian 

  • Kacang tanah 160 gr
  • Gula pasir 60 gr
  • Air matang 6 sendok makan

Proses pembuatan bagian luar mochi

Proses pembuatan bagian luar mochi yaitu:

  1. Siapkan wadah, campurkan tepung ketan 400 gr, tepung beras 20 gr, 4 sendok makan mentega lalu aduk hingga rata
  2. Masukkan larutan yang terbuat dari 200 gr gula pasir, 1 sendok teh garam dan 500 ml air dalam wadah yang berisi tepung ketan dan tepung beras. Jika ingin mochi berwarna silahkan tambahkan pewarna makanan.
  3. Aduk semua bahan tersebut hingga rata
  4. Setelah semua bahan-bahan tercampur dengan rata, masukkanlah adonan tadi ke dalam pengukus. Kukuslah adonan selama 30 menit
  5. Jika adonan telah matang keluarkanlah adonan, masukkan ke dalam sebuah wadah dan tunggu juga hingga suhunya turun

Proses pembuatan isian mochi

Proses pembuatan isian mochi cukup mudah yaitu:

  1. Pertama sangrai 160 gr kacang tanah,lalu setelah disangrai tumbuk hingga sampai halus.
  2. Masukkan kacang tanah yang telah halus ke dalam wadah
  3. Masukkan larutan dari 60 gr gula pasir dan 6 sendok air matang ke dalam wadah yang telah berisi kacang tanah
  4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
  5. Isian pun siap digunakan

Memasukkan isian ke dalam bagian luar mochi

Setelah suhu bagian luar dari mochi sudah turun pengisian bisa mulai dilakukan dengan caranya yaitu:

  1. Ambil bagian luar mochi sebanyak 3 sendok makan lalu pipihkan
  2. Setelah bagian luar mochi telah pipih masukkan isian kacang di dalamnya sebanyak 1 sendok makan
  3. Bungkus isian kacang dengan bagian luar hingga isian tidak terlihat
  4. Setelah itu bentuk membulat

Mochi yang telah selesai dibulatkan kemudian diguling-gulingkan di atas tepung meizena yang sebelumnya telah disangrai. Untuk penyajian mochi bisa juga dilakukan dengan cara menata mochi dalam piring-piring kemudian tambahkan hiasan seperti saus cokelat dibagian atasnya agar terlihat lebih menarik lagi.

Perbedaan Tepung

Setelah mengetahui beberapa resep dan cara dari kue dari tepung ketan, Sekarang kita bahas apa saja perbedaan antara tepung yang terkenal di indonesia.

Tepung Beras

Tepung ini dibuat dari beras yang digiling/dihaluskan. Warna tepungnya putih, bila diraba dengan jari, tepung beras akan terasa lembut-lembut dan halus dibandingkan juga dengan tepung ketan. Biasa digunakan untuk penganan tradisional.

Tepung Ketan

Tepung ini tepung yang terbuat dari beras-beras ketan hitam atau putih, dengan cara digiling / ditumbuk / dihaluskan. Lalu tepung ketan putih teksturnya mirip tepung beras, tetapi bila diraba tepung ketan akan terasa lebih berat melekat. Untuk bisa membedakan dengan tepung beras,Cobalah larutkan tepung dengan sedikit air. Hasilnya larutan tepung beras akan lebih-lebih encer sedangkan larutan tepung ketan hasilnya akan lebih kental. Hal ini juga disebabkan tepung ketan lebih banyak mengandung pati yang berperekat dari pada tepung lainnya.

Tepung Trigu

Dibuat dari biji gandum-wheat yang dikupas dan dihaluskan. Dibedakan atas kandungan protein (gluten)nya. Gluten ini mempengaruhi hasil dari olahan, karena itu  juga diperlukan jenis ini tepung terigu yang sesuai utk makanan tertentu.

Tepung Tapioka

Biasa juga disebut dengan aci atau tepung kanji. Dibuat dari sari pati ketela pohon (singkong). Biasanya dipakai utk membuat penganan tradisional seperti kue pepe, selain itu juga sering digunakan untuk pengental makanan.warnanya bening, kental dan bersifat agak lengket bila dipanaskan.