Select Page

Resep Jenang Jagung dari jagung merupakan tanam hasil bumi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti dapat melancarkan pencernaan. Kaya akan asam folat yang bagus bagi kesehatan ibu hamil. Untuk mengurangi resiko bayi terlahir cacat, mengandung karotenoid yang dapat mengurangi resiko kerusakan pada mata di usia senja.

Juga menyehatkan jantung, kaya akan vitamin, mineral dan kalori, mencegah anemia dan gula darah berlebih, melawan kanker dan juga baik untuk kulit.

Selain itu juga, jagung mengandung sumber karbohidrat dan sangat seringkali dikonsumsi oleh masyarakat sebagai olahan masakan ataupun bahan dasar dari kue. Salah satunya adalah jenang jagung, olaha kue dari bahan dasar jagung dengan campuran santan. Seperti agar-agar, vanila, gula pasir, garam dan maizena ini adalah salah satu dari banyaknya jenis kue yang ada di Indonesia.

Kue jenang dari bahan jagung juga merupakan kue tradisional asli dari nusantara yang sering disajikan sebagai kue cemilan keluarga, suguhan tamu atau juga suguhan acara formal atau non formal.

Rasa dari kue resep jenang jagung tersebut memiliki ciri khas manis yang juga ditimbulkan dari rasa alami jagung juga dari taburan gula pasir. Namun sayangnya juga keberadaan kue jenang jagung di beberapa daerah di indonesisa sudah mulai jarang ditemui, hal ini karena mulai berkurangnya pembuat dan penjual kue tradisional dari olahan jagung ini.

Resep Jenang Jagung Tradisionalresep jenang jagung

Bahan-bahan

  • Jagung manis 4-5 bh
  • Agar-agar putih 1 bks
  • Santan 800 ml
  • Vanili ½ sdt
  • Gula pasir 250 gr
  • Garam secukupnya
  • Maizena secukupnya

Cara Pembuatan :

  1. Kupas kulit jagung dan bersihkan dari bulu-bulunya. Kemudian pipil dan bleder sampai halus.
  2. Campurkan agar-gar dengan santan
  3. kumpulkan semua bahan dalam satu wadah lalu masak sampai mengental.
  4. Setelah itu, cetak sesuai selera. Dinginkan lalu potong-potong dan kemas dengan menggunakan plastik.

Resep Jenang Jagung Susu

Bahan-bahan :

  • 250 gr Jagung meniran instan
  • 200 cc kremer (disini menggunakan kremer carnations) campur dengan air 100cc
  • 1 Sendok teh garam
  • 3 Sendok makan gula(saya pakai 1 sendok makan saja)
  • 650 cc Air
  • 1 Lembar daun pandan(separuh untuk hiasan,sisanya untuk memasak)
  • 3 Sendok makan tepung maizena

Cara Pembuatan :

  1. Tuang air dalam panci,nyalakan kompornya,masukkan daun pandan disimpul,masukkan gula,garam dan jagung meniran. Aduk terus hingga mendidih,masukkan susu dan aduk terus. Masukkan maizena dan terus diaduk aduk hingga meletup letup dan mengental. Matikan kompornya.
  2. Ambil cup cup,tuangi satu persatu dg jenang jagung tersebut. Lakukan sampai dengan habis. Beri hiasan potongan daun pandan diatasnya. Jenang jagung susu siap di sajikan.

Untuk Penyajian dari Jenang jangung ini bisa disesuaikan sesuai keinginan. Selanjutnya yaitu Resep jenang jagung yang khas di salah satu daerah yang ada di indonesia dan juga lihat perbedaannya antara resep yang diatas juga resep jenang jagung khas malang.

Resep Jenang Jagung Khas Malang

 Jenang Jagung atau Resep jenang jagung Khas Malang itu Sederhana Spesial Asli Enak. Kue dari Resep jenang jagung dari jagung manis adalah makanan tradisional khas Jawa, Indonesia yang terbuat dari jagung muda atau jagung manis dengan mencampur bahan-bahan lainnya, seperti gula merah, garam, dan santan kental, lalu dimasak diatas api dan diaduk sampai rata itulah ciri-ciri khas masakan jenang ini mirip dengan dodol tapi jenang lebih lembut dan empuk dan rasanya sama-sama legit.

Kue jenis dari Jenang jagung yang legit yang paling enak yaitu jenang jagung Malang dan juga jenang jagung Probolinggo, Jawa Timur dimana kota tempat padepokan Dimas Kanjeng Taat Probadi yang katanya bisa menggandakan uang atau mengadakan uang.

Bahan :

  • 10 buah jagung muda manis
  • 200 gram gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1 gelas/250 cc santan kental dari 1/2 butir kelapa

Cara Pembuatan Resep Jenang Jagung :

  1. Jagung muda diparut, kemudian diperas dan diberi sedikit air. Biarkan selama 2 jam, supaya mengendap.
  2. Setelah mengendap, ambil patinya untuk bahan pokok pembuatan jenang itu.
  3. Iris gula merah, campur dengan garam, santan kental, dan jagung.
  4. Masak di atas api, dan aduk hingga kental. Setelah masak dan kental, angkat lalu letakkan pada panci lengser.
  5. Tuangkan di piring, dinginkan. Setelah dingin, potong-potong sesuai kesukaan.
  6. Sajikan.

Sekilas Tentang Jenang Jagung

Jenang Jagung merupakan sebuah makanan yang terbuat dari Jagung. Nama jagung tentu sudah tidak asing bagi telinga kita. Jagung memang pernah menjadi bahan makan pokok.

Yang dari buahnya bisa diolah menjadi nasi. Nasi jagung demikian namanya. Maka tidak heran tumbuhan jagung menjadi populer bagi masyarakat kita. Tidak hanya Ponorogo tapi juga di negari kita.

Jagung selain populer di masyarakat, juga memiliki kandungan yang berkhasiat dan menyehatkan. Diantaranya adalah ; Jagung yang mampu memiliki rasa manis karena gloukosa alami sangat ramah dan tidak berbahaya bagi penderita diabetes, jagung juga sangat baik bagi penderita kolesterol karena karbohidratnya yang tinggi.

Tak kalah penting Jagung juga memiliki vitamin yang lengkap untuk mereka yang memiliki penyakit jantung. Selain itu vitamin A, yang ada pada jagung mampu menjaga kesehatan mata.
Sedangkan bagi ibu hamil baik pula mengonsumsi jagung untuk kesehatan janin. Jagung pun tidak berbahaya bagi wasir bahkan mampu membantu mengobati wasir.

Sebetulnya masih banyak kandungan dan khasiat dari jagung. Maka tepat kita membuat olahan jagung yang tidak merusak kandungan khasiatnya juga tidak mengusir rasa manis yang khas pada hasil olahan berbahan jagung. Mengingat, Ponorogo banyak petani yang menanam jagung.

Penasaran juga dengan jenis karbohidrat yang sering dikonsumsi oleh orang indonesia anda bisa membaca cara menanam singkong yang merupakan sumber karbohidrat atau juga cara menanam padi

Manfaat Jagung

Setelah mengetahui Tentang Resep Jenang Jagung yang merupakan salahsatu olah yang salahsatu bahan utamanya adalah jagung.

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Di bawah ini adalah beberapa manfaat jagung yang bisa didapatkan tubuh:

Mengatasi Konstipasi

Untuk mengatasi sembelit atau konstipasi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu perbanyak aktivitas fisik (olahraga), minum air putih, dan perbaiki pola makan. Makanan yang harus masuk ke sistem pencernaan kita saat mengalami konstipasi, diutamakan yang mengandung banyak serat. Makanan jenis ini merupakan obat pencahar alami yang baik untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan tersebut. Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah jagung.

Olahan dari bahan dasar jagung yang juga dianggap lebih efektif mengatasi konstipasi adalah popcorn atau berondong jagung. Hanya saja, jauhkan tambahan lain, seperti garam dan mentega, agar kebaikannya dapat dirasakan tubuh secara maksimal. Jagung dan popcorn termasuk kelompok padi-padian utuh. Menambahkan porsi padi-padian utuh dalam diet adalah solusi efektif dalam mengobati sembelit.

Menurunkan Risiko Diabetes dan Mengontrol Kadar Gula Darah

Jagung juga masuk kedalam kelompok makanan dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga baik bagi Anda yang mengalami prediabetes, suatu keadaan yang menunjukkan Anda berisiko mengalami diabetes tipe 2.

Penderita diabetes sebaiknya memilih sumber karbohidrat dengan bijak, karena karbohidrat dapat menaikkan kadar gula darah. Sumber karbohidrat yang didapatkan dari sayuran yang mengandung pati dapat menjadi salah satu pilihan yang baik karena karbohidrat jenis ini adalah karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan. Jadi manfaat jagu juga untuk, penderita diabetes juga bisa memanfaatkan jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat yang sehat.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat jagung yang kaya akan nutrisi juga memiliki dampak baik bagi kesehatan jantung. Berbagai penelitian menemukan bahwa pola makan tinggi serat dan protein serta menghindari lemak jahat, merupakan salah satu faktor penting dalam pencegahan penyakit jantung.

Salah satu jenis makanan ini adalah jagung. Orang-orang yang rutin mengonsumsi jagung dan kacang-kacangan sebagai salahsatu alternatif pengganti nasi putih, terlihat memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

Mengatasi Depresi

Selain menjadi kunci untuk mendapatkan kondisi fisik yang sehat, makanan yang kaya nutrisi juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Meski nutrisi atau pola makan tertentu yang bisa menyembuhkan depresi belum ada, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi yang baik mempunyai kaitan dengan kesehatan mental seseorang.

Salah satu sumber makanan yang memiliki fungsi tersebut adalah padi-padian utuh. Jagung sendiri itu merupakan termasuk salah satu jenis kelompok makanan kelompok padi-padian utuh. Dari padi-padian utuh, kita bisa mendapatkan karbohidrat kompleks, vitamin B, dan asam lemak omega-3 sebagai nutrisi esensial yang dibutuhkan otak.

Namun sekali lagi, jagung tidak bisa melakukannya sendirian. Aneka nutrisi yang berasal dari jenis-jenis makanan lain juga tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan otak.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Katarak dan degenerasi makula merupakan salah satu penyebab kebutaan yang paling umum. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini, yaitu proses penuaan dan nutrisi.

Asupan nutrisi yang mengandung antioksidan berupa karotenoid, seperti zeaxanthin dan lutein, diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan  Lutein dan juga zeaxanthin berperan dalam menangkal efek-efek kerusakan sel mata sehingga diduga juga dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan juga katarak.

Dan tahukah Anda? Kandungan Zeaxanthin juga dan lutein dapat ditemukan pada jagung atau olahan-olahan jagung.

Mencegah Penyakit Divertikulosis

Berdasarkan sejumlah penelitian, manfaat jagung disebut dapat mencegah penyakit divertikulosis. Hasil studi yang melibatkan 47.228 pria selama 18 tahun menunjukkan bahwa rajin mengonsumsi popcorn dapat menurunkan risiko terkena penyakit divertikulosis sebanyak 28%. Namun untuk manfaat dari jagung juga sebagai pengobatan dari penyakit ini masih perlu dikaji lebih lanjut lagi.

Untuk mendapatkan manfaat jagung secara maksimal, disarankan untuk mengonsumsi jagung segar dan bukan dalam bentuk jagung yang sudah diolah, seperti sirup jagung. Beberapa manfaat-manfaat jagung di atas itu mungkin masih memerlukan penelitian yang mendalam lanjutan.

Meski demikian, jangan memandang remeh jagung yang sering dianggap makanan kampung ini, karena jagung kaya akan nutrisi.

Tips Usaha Jenang Jagung

Peluang Usaha

Jenang jagung juga sangat bagus dikembangkan. Dimana bisnis jenang jagung memiliki potensi bisnis yang cukup cemerlang. Peruntungan menjalankan usaha jenang jagung pun juga tidak sedikit sehingga sangat menggiurkan. Usaha jenang jagung memang sangat tepat dipilih dan digali lebih dalam.

Bagi Anda yang tertarik menjalankan usaha jenang jagung, silahkan simak detail info lengkap menjalankan usaha jenang jagung dengan lancar berikut ini.

Info Usaha Jenang Jagung

Jenang jagung kini menjadi salah satu makanan yang begitu besar peminatnya. Rasa manis dengan teksturnya yang empuk sehingga banyak diminati. Usaha jenang jagung memang sangat menguntungkan jika dijalankan. Yangmana bisnis jenang jagung memiliki potensi yang bagus dalam jangka kedepan.

Konsumen Usaha Jenang Jagung

Disaat menentukan konsumen bisnis jenang jagung memang tidak sulit. Yang mana konsumen usaha jenang jagung mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Konsumen usaha jenang jagung memang tak terbatas.

Bahan Baku Usaha Jenang Jagung

Pembuatan jenang jagung membutuhkan bahan baku. Beberapa bahan baku yang dibutuhkan dalam mengolah jenang jagung diantaranya Jagung, gula pasir, vanili, agar-agar, santan, maizena dan berbagai bahan yang lain. Untuk mendapatkan bahan baku ini bisa diperoleh dengan mudah baik di pasar traidisional maupun di toko terdekat.

Peralatan Usaha Jenang Jagung

Dalam menjalankan usaha jenang jagung maka perlu menyediakan peralatan untuk memudahkan mengolah jenang jagung. Berbagai peralatan yang diperlukan untuk memproduksi jenang jagung diantaranya wadah, panci, pisau, baskom, loyang, piring, kompor dan tabung gas, pengaduk dan berbahai peralatan yang lain.

Harga Jual Jenang Jagung

Pematokan harga jual jenang jagung begitu penting diperhatikan. Anda bisa mematok harga jual jenang jagung ini dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sebelum mematok harga jual usaha jenang jagung maka Anda perlu menghitung lebih dahulu biaya yang dikeluarkan untuk pembelian bahan baku.

Pehitungan analisa usaha jenang jagung perlu dilakukan dengan teliti agar nantinya tidak merugikan Anda sendiri. Rata-rata patokan harga jenang jagung mulai dari 1.500 per biji.

Lokasi Usaha Untuk Pemasaran Jenang Jagung

Lokasi yang akan digunakan untuk menjual jenang jagung memang sangat penting diperhatikan. Karena lokasi usaha ini juga berpangaruh pada kelancaran usaha jenang jagung yang dijalankan. Untuk membuat usaha jenang jagung berjalan dengan baik maka perlu memilih tempat yang berlokasi di tempat yang strategis.

Beberapa tempat stategis yang bisa digunakan untuk memasarkan usaha jenang jagung yaitu di pinggir jalan, depan toko, dekat sekolah, dll.

Tips Membuat Manajemen Usaha Kecil

Setelah mengetahui Resep Jenang jagung dan bagaimana untuk usaha dari jenang jagung tersebut kami akan memberikan tips bagaimana membuat manajemen usaha skala kecil yang sukses. Simak beberapa Tips ini.

Perencanaan Yang Realistis

Salah satu fungsi manajemen adalah planning atau perencanaan. Maka pada langkah pertama ini, sebelum membuat dan memutuskan model bisnis, ada baiknya Anda membuat perencanaan terlebih dahulu. Buatlah perencanaan yang realistis, tidak perlu muluk-muluk.

Ini karena perencanaan yang realistis maka kesempatan berhasil untuk menerapkan di dunia nyata besar. Caranya, Anda dapat mencari contoh model bisnis yang bagus dan sukses, kemudian pelajari dan pahami model tersebut. selanjutnya Anda dapat melakukan modifikasi.

Mencari Investor untuk Pendanaan

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah masalah pendanaan. Jangan menginvestasikan uang sendiri pada bisnis yang akan Anda buka. Carilah partner atau investor yang dapat membantu memberikan dana. Partner dapat menjadi sekutu, di mana Anda akan bekerja bersama.

Jadi jika ada masalah, akan ada partner yang membantu Anda. Selain itu, buatlah tim dalam bekerja agar memudahkan pekerjaan dan dapat saling berbagi beban.

Bekerja Keras dan Disiplin

Anda harus memiliki sikap pekerja keras dan disiplin akan waktu. Jika Anda tidak bersedia untuk bekerja keras, lembur, tidak disiplin, dan sikap-sikap baik lainnya, maka sebaiknya Anda tidak usah menjadi seorang pengusaha.

Untuk bisa mengelola juga memanajemen sebuah bisnis baru, Anda harus memiliki kemampuan organisasi. Termasuk didalamnya mengorganisasi diri sendiri dengan sikap-sikap tersebut. Putuskanlah, untuk bekerja secara efisien dan efektif.

Jual Kelebihan dan Kualitas

Jika Anda baru memulai usaha, biasanya Anda akan mengalami masalah yang berkaitan dengan marketing atau pasar. Maka dari itu, cobalah untuk menjual kelebihan dan kualitas yang baik, selain itu kemampuan komunikasi yang baik juga akan memberi nilai tambah untuk menjelaskan produk yang dipasarkan.

Kedepannya, penjualan akan meningkat seiring dengan kelebihan dan kualitas yang diberikan kepada pembeli.

Rekrut Karyawan yang Baik

Seiring dengan perkembangannya, bisnis Anda tentu saja akan semakin besar bukan? Oleh karena itu pasti akan merekrut karyawan. Untuk melakukan rekrutmen sebaiknya dilakukan secara hati-hati.

Carilah karyawan atau pegawai yang baik agar dapat bekerja sama sehingga tujuan bisnis akan tercapai mencapai tujuan dari perusahaan. Selain itu, karyawan yang baik akan mudah jika Anda berikan pengarahan sebagai salah satu fungsi manajemen. Kemudian, jangan lupa untuk menganggap bahwa karyawan merupakan aset perusahaan bukan sebagai tenaga.

Gunakan Teknologi

Teknologi merupakan alat yang sangat membantu kehidupan manusia, tidak terkecuali juga di dunia bisnis. Selain dapat mempercepat kerja manusia, teknologi juga dapat digunakan sebagai fungsi manajemen controlling atau pengendalian. Yang kecanggihan teknologi sekarang ini dapat membantu Anda untuk melakukan pengendalian atas operasional perusahaan.

Setelah mengetahui Tips usaha dan cara memulai dengan manajemen usaha yang baik kita bisa aplikasikan Resep jenang jagung agar menjadi produk yang bisa menghasilkan keuntungan yang dapat didapatkan.