Select Page

Kerajinan boneka dari kulit jagung sebetulnya sudah ada sejak lama, khususnya di wilayah-wilayah Amerika Latin. Hanya saja, di Indonesia, kerajinan ini belum begitu familiar. Padahal potensi ekonomi yang dimilikinya cukup besar dan bisa dikembangkan dalam industri kerajinan jangka panjang. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba, berikut ini kami telah tuliskan tutorialnya. Simak secara lengkap bagaimana cara membuat boneka dari kulit jagung berikut ini.

Kerajinan kulit jagung adalah karya seseorang yang berbahan dasar sederhana dan tidak bernilai menjadi kerajinan kulit jagung yang bernilai tinggi. Di indonesia masih sedikit yang memanfaatkan kerajinan dari kulit jagung ini dan bisa sebagai peluang usaha anda di rumah. Hanya dari bahan sampah yang sederhana menjadi karya luar biasa. Siapa sangka kulit jagung yang tidak berguna menjadi bunga hias dan dijual omsetnya mencapai jutaan. Sangat menggiurkan bukan.

Cara Membuat Boneka dari Kulit Jagung

Dalam prakteknya, membuat boneka dari kulit jagung bisa dilakukan dengan mudah. Hanya saja, bila ingin hasil yang maksimal dan agar dapat digunakan sebagai hiasan, kerajinan ini perlu mendapat sentuhan kreativitas sehingga penampakan hasilnya menjadi menarik dan unik seperti boneka pada gambar di bawah ini.

Boneka Kulit Jagung

1. Alat dan Bahan

Untuk membuat boneka seperti pada gambar di atas, tahap pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan beberapa peralatan dan bahan. Peralatannya yaitu botol semprot, gunting, dan aksesoris berupa renda, atau manik manik. Sedangkan bahannya antara lain, kulit jagung, rambut jagung, benang, dan pewarna bila diperlukan.

2. Cara Membuat Boneka dari Kulit Jagung

Setelah semua alat dan bahan tersebut siap, berikutnya kamu bisa langsung mempraktekan langkah-langkah yang akan dijelaskan dibawah ini

  • Pertama, siapkan 4 helai kulit jagung dan potong bagian bonggolnya agar lurus. Semprot dengan air agar tekstur kulit jagung tidak kaku dan mudah dibentuk.
  • Kedua, ikat ujung kulit jagung menggunakan benang. Balik 2 kulit jagung ke belakang sehingga ikatan tidak terlihat.
  • Ketiga, ikat kembali kulit jagung pada bagian ujungnya. Sisakan panjangnya kira-kira 3-4 cm. Sisa kulit jagung yang tidak terikat digunakan sebagai tempat melekatnya kepala.
  • Keempat, letakan 1 helai kulit jagung pada bagian tengah helaian yang sudah diikat. Helaian ini digunakan sebagai tempat menempelnya tangan.
  • Kelima, ikat kembali bagian bawah dari kulit jagung yang diselipkan sehingga bagian tangan tidak bergeser-geser.
  • Keenam, untuk bagian bawah, bisa diikat menjadi 2 bagian bila ingin membuat boneka laki-laki dan dibiarkan saja bila ingin membuat boneka perempuan.
  • Ketujuh, kerangka boneka telah jadi dan siap ditempeli dengan kulit jagung lainnya.
  • Kedelapan, dalam menambahkan aksesoris, dibutuhkan imajinasi dan kreativitas sehingga Anda perlu berlatih agar bisa membuat boneka kulit jagung yang cantik.

Cara membuat boneka dari kulit jagung dengan Gambar

Berikut adalah material yang perlu disiapkan dan langkah-langkah yang bisa diikuti untuk membuat boneka dari kulit jagung.

Material yang dibutuhkan

  • Tali benang atau tali rapia
  • Gunting
  • Air hangat (kurang lebih semangkuk)
  • 10-12 lembar kulit jagung hijau
  • Sekam kering jagung kotak
  • Benang wol aneka warna
  • Handuk kertas
  • manik-manik
  • Gunting
  • Lem

Kulit jagung yang digunakan untuk membuat boneka ini diusahakan yang masih berwarna hijau dan tidak kering. Untuk mendapatkannya, sobat bisa mencari atau mungkin membelinya di toko-toko yang menjual sayuran atau di manapun, terserah.

Sobat juga bisa menggunakan kulit jagung yang masih fresh yang baru dicopot dari tongkol jagunnya.

Jika terpaksa menggunakan kulit jagung kering, maka sebelumnya harus dilakukan perendaman terlebih dahulu dalam air hangat yang telah disiapkan. Tujuannya agar kulit jagung menjadi lebih lentur dan gampang dibentuk.

Langkah demi langkah – cara membuat boneka dari kulit jagung

Silakan ikuti cara pembuatannya dengan mengikuti tutorial di bawah ini:

  • Mulailah dengan merendam kulit jagung dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit. Dan setelahnya, jika tersisa air belebih bilaslah menggunakan handuk atau kain. Lalu ambil dan susunlah sekitar 4 kulit jagung dalam satu genggaman. Lihat gambar.

Tutorial membuat boneka dari kulit jagung

  • Kemudian ikatlah bagian atas/lehernya menggunakan tali secara ketat. Jarak leher ikatan sekitar satu inchi dari atas. Lihat gambar di bawah ini.Tutorial membuat boneka dari kulit jagung
  • Balik dan tarik ujung-ujung panjang kulit ke bawah.

Tutorial membuat boneka dari kulit jagung

  • Dengan menggunakan benang tipis, kemudian ikat kembali bagian atas / leher seikat kulit jagung yang telah dibalik tadi. Ikat sehingga membentuk kepala. Dan jarak yang bisa dipakai adalah sekitar 1 inchi. Lebih jelasnya, perhtaikan gambar di bawah.

Tutorial membuat boneka dari kulit jagung

  • Selanjutnya ambillah satu lembar kulit jagung. Lalu gulunglah secara horizontal/memanjang. Dan buatlah ikatan tali di ke dua ujungnya. Sehingga membentuk gulungan kulit jagung seperti di bawah ini. Gulungan ini nantinya akan jadi bagian tangan dari boneka.

Tutorial membuat boneka dari kulit jagung

  • Posisikan bagian lengan tepat di bawah ikatan leher tadi. Selipkan tepat di antara bagian kulit jagung.

Tutorial membuat boneka dari kulit jagung dengan mudah

  • Kemudian ikatlah pada bagian pinggang dengan benang atau tali yang agak tebal. Untuk membentuk boneka perempuan, silakan bentuklah bagian bawahnya sedemikian rupa. Yang penting rapih dan enak dilihat. Lebih detailnya bisa dilihat seperti gambar berikut.

Cara membuat boneka dari kulit jagung

  • Untuk membentuk boneka laki-laki, bagilah bagian bawah menjadi 2 bagian sama. Tujuannya untuk membentuk kaki. Setelahnya, ikat lutut dan pergelangan kaki menggunakan tali. Dan guntinglah/rapikan hingga merata.

Cara membuat boneka dari kulit jagung

  • Nah, boneka pun sudah jadi. Tapi tentu masih sangat mentah. Artinya untuk membentuk boneka yang bagus, perlu dilakukan penambahan dekorasi. Seperti halnya rambut, pakaian, penambahan ornamen topi, mata, hidung, dll. Untuk itu, marilah kita masuk pada bagian dekorasi bonkea kulit jagung.

Dekorasi Cara Membuat Boneka dari Kulit Jagung

  1. Memakaikan rok pada boneka. Caranya sangatlah mudah, cukup dengan melingkarkan sehelai kain kecil di bagian pinggang boneka, kemudian ikatlah dengan tali. Sebelumnya, sobat juga bisa menghias roknya terlebih dahulu menggunakan spidol atau krayon.
  2. Memberikan efek wajah pada boneka. Bisa dengan melengkungkan benang warna di bagian bibir dan merekatkannya. Sehingga menciptakan efek senyuman. Selebihnya sobat bisa bereksplorasi, misal menambahkan efek telinga ataupun mata dan hidung. Baik itu dengan benang warna maupun material lainnya.
  3. Mewarnai boneka kulit jagung dengan merendamnya di cairan pewarna makanan. Tentunya bagiannya disesuaikan dengan kebutuhan. Misal hanya bagian roknya saja atau kakinya saja.
  4. Membuat efek sepatu pada boneka kulit jagung. Sobat bisa menggunakan sepatu mainan berbahan plastik yang memang diperuntukkan buat boneka. Atau kalau tidak, bisa juga dengan mencelupkan sedikit bagian kaki dalam cairan pewarna. Diamkan beberapa saat hingga warna melekat. Dengan begitu, efek sepatu akan terlihat.
  5. Berikutnya yang juga lumayan vital adalah kenakanlah pakaian pada boneka kulit jagung sobat. Dalam artian pakaian kecil yang memang untuk dipakai boneka.
  6. Bisa juga menambahkan manik-manik, kancing atau sejenis mute yang berkilau untuk menghias boneka kulit jagung.  Gunakan sesuai peruntukannya masing-masing secara proporsional. Misal untuk mata, penghiasa pakaian boneka, dan lain-lain. Silakan dikreasikan sendiri.
  7. Menambahkan rambut untuk boneka kulit jagung anda. Caranya yakni bisa dengan membuat rumbay-rumbay dari bahan kulit jagung itu sendiri. Atau dari tali rapia dan benang-benang berwarna cerah. Kemudian rekatkan pada bagian kepala menggunakan lem.
  8. Tambahkan cat air untuk mewarnai boneka kulit jagung sobat. Tambahkan secara bijak dan jangan terlalu berlebihan. Penggunakan cat air bisa lebih membuat kesan warna boneka menjadi lebih tegas dan lebih colorfull
  9. Membuat topi boneka kulit jagung. Sobat bisa memanfaatkan bekas tutup botol minuman untuk keperluan topi boneka ini.

 

Cara Membuat Boneka dari Kulit Jagung dan Kerajinan Lainnya

Membuat Bunga dan Kulit Jagung

Kulit jagung adalah limbah atau sampah yang sering kita temukan di dapur rumah kita jagungnya sendiri dapat kita olah menjadi Tepung Maizena. Dan, kalau kita pergi ke pasar tradisional di mana terdapat penjual jagung segar, maka kulit jagung sering kita lihat menumpuk begitu saja di sekitar lapak mereka, atau dimasukkan ke dalam karung untuk selanjutnya dibuang begitu saja. Ternyata, dengan sedikit ketelatenan dan kreativitas, limbah sampah kulit jagung (klobot) bisa dibuat prakarya yang menarik. Contohnya kerajinan yang berbentuk bunga cempaka ini.

Alat dan Bahan

Untuk membuat prakarya berbentuk bunga cempaka dari kulit jagung ini kita memerlukan alat-alat dan bahan berikut. Silakan dipersiapkan agar bisa langsung praktek.

  • Kulit jagung yang telah direbus dan dikeringkan (bisa juga memakai kulit jagung rebus). Perebusan paling tidak memerlukan waktu satu jam. Anda boleh menambahkan pewarna tekstil untuk mendapatkan variasi bahan kerajinan tangan kulit jagung. Saya sendiri pada tutorial ini hanya menggunakan sisa sampah dapur bekas kulit jagung rebus. Jadi warnanya natural.
  • Gunting untuk membentuk bagian-bagian bunga cempaka yang akan dibuat.
  • Kawat halus (saya ambil dari bagian dalam kabel bekas, ukurannya sedikit lebih besar dari rambut)
  • Kawat ukuran sedang untuk tangkai bunga
  • Lem kertas yang kuat daya rekatnya (saya gunakan lem putih)
  • Tang, untuk memotong kawat tangkai bunga dan melengkungkannya.

Cara Membuat

Perhatikan gambar-gambar dan penjelasan berikut untuk membuat bunga cempaka dari limbah sampah kulit (klobot) jagung.

  • Ambil beberapa kulit jagung yang telah direbus dan dikeringkan.
  • Gunting dengan panjang sekitar 6 cm, dan lebar 2 cm. Buat sebanyak 5 helai. Kemudian gunting lagi sehelai kulit jagung ukuran panjang 8 cm dan lebar sekitar 3 cm.
  • Bentuk kelima helaian kulit jagung yang berukuran 6 cm x 2 cm menjadi kelopak bunga cempaka dengan mengguntingnya.
  • Siapkan kawat halus yang diambil dari potongan kabel bekas yang telah dikupas.
  • Potong kawat ukuran sedang sepanjang lebih kurang 25 cm. Buat lengkungan pada salah satu ujungnya. Gunakan tang untuk mempermudah pekerjaan ini.
  • Selanjutnya, lipat helaian kulit jagung ukuran 8 cm x 3 cm menjadi 3 bagian berdasarkan arah panjangnya, lalu gulung ke kawat tangkai (kawat ukuran sedang). Pilin lengkungan kawat sehingga tertutup kulit jagung. Bagian ini akan berfungsi sebagai putik bunga cempaka nantinya, sekaligus sebagai basis tempat melekatkan kelopak-kelopak bunga yang berjumlah lima itu.
  • Jika sudah dipilin rapi pada ujung kawat dan menutupi lengkungan, eratkan dengan ikatan kawat halus. Perhatikan gambar untuk lebih jelasnya.Kunci ikatan kawat halus dengan membuat simpul atau melilitkannya ke tangkai kawat.

Merangkai Kelopak

  • Sekarang kita akan mulai merangkai kelopak. Mulailah dengan menempelkan kelopak pertama dan mengikatnya dengan kawat halus.Perhatikan gambar. Lilitkan sisa kawat yang terlalu pendek ke kawat tangkai.
  • Tambahkan kelopak yang kedua. Atur posisinya sekiranya nanti terdapat 5 kelopak, maka jaraknya terbagi sama rata dan seimbang. Perhatikan juga panjangnya kelopak yang menjulur dari ikatan kawat agar simbang (sama).
  • Lanjutkan proses ini sampai kelima kelopak diikat kuat dengan kawat halus pada putik. Jika ada kelopak yang lebih panjang dan lebih lebar dari yang lainnya, anda dapat mengguntingnya untuk menyempurnakan bentuk bunga cempaka dari kulit jagung ini.
  • Sampai disini bentuk bunga cempaka sudah menjadi, tinggal finishing dan sentuhan akhir.
  • Sekarang, guntinglah kulit jagung lain dan buatlah beberapa helaian daun. Bentuknya dapat seperti saat kita membuat kelopak bunga ramping (lebar 2 cm) dan panjang (6 cm). Atau buat dengan variasi ukuran. Pada contoh ini saya membuat 3 helai daun. dengan ukuran dan bentuk sedikit bervariasi.

Tahap Akhir

  • Daun-daun ini kemudian diikat pada tangkai kawat. Daun yang lebih kecil dan ramping saya letakkan di atas, dan yang lebih besar dan lebar diletakkan di bagian bawah. Atur posisinya pada tangkai kawat agar terlihat natural. Ikat dengan kawat halus kuat-kuat agar tidak mudah lepas. Buat simpul ikatan atau lilitkan sisa kawat halus pada kawat tangkai.
  • Berikutnya, pilihlah beberapa helaian kulit jagung yang tipis dan lentur. Kulit jagung yang tipis dan lentur ada pada bagian sebelah dalam kulit jagung. Belah kulit tipis ini dengan lebar lebih kurang 2 cm. Lalu lilitkan pada tangkai mulai bagian bawah bunga sampai pangkal tangkai bunga sehingga semua kawat tertutup. Jika ingin lebih mudah anda boleh menggunakan floral tape (selotip) dengan warna senada.
  • Nah selesai sudah setangkai bunga cempaka yang cantik dari sampah limbah kulit jagung.
  • Buatlah beberapa tangkai, lalu rangkailah menjadi bunga cempaka kulit jagung hasil prakarya anda. Tempatkan dalam vas yang sesuai.

 

bunga dari kulit jagung