Select Page

Mesin Perontok Kacang Tanah merupakan satu dari beberapa perangkat yang tergabung dalam Mesin Pengolahan Kacang Tanah, termasuk Mesin Pengupas Kacang Tanah

Pengertian Mesin Perontok Kacang Tanah

Mesin Perontok Kacang Tanah merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi untuk merontokkan kacang tanah dari tanamannya dengan cepat sehingga lebih efektif serta efisien.

Cara Kerja Alat Perontok Kacang Tanah

Cara kerja Alat Perontok Kacang Tanah ini adalah kacang tanah yang masih menempel pada batang dimasukkan ke belt penarik kacang tanah beserta tangkainya akan jalan kesamping Kemudian pemipil atau perontok yang bergerigi akan melepaskan kacang tanah dari tangkainya dan masuk ke corong output. Selain merontokan mesin ini juga membatu membersihkan tanah yang menempel di dompolan polong kacang tanah

Spesifikasi Mesin Perontok Kacang Tanah – Alat Perontok Kacang Tanah

mesin perontok kacang tanah

Bahan Tabung : Mild Steel 1,4 mm.
Energi Yang Digunakan : Bensin.
Penggerak : Motor Bensin.
Daya ( Power ) : 5,5 HP.
Rangka : Besi Siku 40 / 40.
Dimensi Mesin : 2200 mm x 700 mm x 1300 mm.

Pengertian Definisi Kacang Tanah

Kacang tanah adalah tanaman polong-polongan / kacang kacangan dari family fabiodeae yang juga merupakan tanaman penting dari keluarga polong-polongan kedua setelah tanaman kedelai. Merupakan salah satu tanaman tropic yang tumbuh secara perdu yang memiliki tinggi 30 – 50 cm dan tanaman yang mengeluarkan daun yang kecil.

Sistematika Kacang Tanah

  • Klasifikasi: Kacang Tanah
  • KerajaanPlantae
  • DivisiTracheophyta
  • UpadivisiAngiospermae
  • KelasMagnoliophyta
  • OrdoLeguminales
  • FamiliPapilionaceae
  • UpafamiliFaboideae
  • BangsaAeschynomeneae
  • GenusArachis

Spesies: 

  • Arachis hypogeae L.
  • Tuberosa Benth.
  • Guaramitica Chod & Hassl.
  • Idiagoi Hochne.
  • Angustifolia (Chod & Hassl) Killip.
  • Villosa Benth.
  • Prostrata Benth.
  • Helodes Mart.
  • Marganata Garden.
  • Buarae Hochne.
  • Nama binomial Arachis hypogaea L

Kacang Tanah Budidaya DiIndonesia Dibagi Menjadi Dua Macam:

1. Kacang Tanah Tegak

Jenis Kacang ini tumbuh lurus atau sedikit miring keatas, buahnya terdapat pada ruas-ruas dekat rumpun, umumnya pendek genjah dan kemasakan buahnya serempak.

2. Kacang Tanah Menjalar

Jenis ini tumbuh kearah samping, batang utama berukuran panjang, buah terdapat pada ruas-ruas yang berdekatan dengan tanah dan umnya berumur panjang. Tipe menjalar lebih disukai karena memiliki potensi hasil lebih tinggi.

Cara Menanam Kacang Tanah dengan Baik dan Benar

 1. Media Tanam

Media yang baik untuk menanam kacang tanah adalah tanah. Namun, sebelum menggunakannya sebaiknya tanah di gemburkan terlebih dahulu sampai butiran kecil- kecil. Lalu tambahkan dolomid per hektar sebanyak 2 ton dan sebar secara merata pada lahan. Biarkan selama 2 hari. Setelah itu , tambahkan pupuk kandang dan pupuk kompos yang sudah jadi lalu campurkan secara merata. Buat bedengan agar drainase lancar dan air tidak tegenang.

2. Pemilihan Benih

Benih yang baik akan menentukan hasil produksi dari kacang tanah, oleh karena itu pemilihan benih yang baik sangat di sarankan. Pertama, pilih benih kurang lebih berusia 100 hari atau sudah tua berwarna kehitaman. Saat benih di buka tidak ada selaput pada bagian dalam cangkangnya, lalu jemur selama 4-5 hari. Untuk kualitas yang lebih baik, maka lakukan penyimpanan benih selama 3-6 bulan, setelah itu benih siap untuk ditanam.

3. Penanaman

Melubangi tanah dengan cara di tugal dengan jarak tanam 25 x 25 cm. Setiap lubang diisi satu benih biji. Setelah itu padatkan dengan tanah. Untuk lahan satu hektar diperlukan 50 gr benih.

4. Perawatan

Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari ( saat musim kemarau) pada saat benih selesai di tanam. Pada 4 — 7 hari benih secara serempak akan mulai berkecambah. Pada umur 20 hari setelah masa tanam, tanaman akan mulai berbunga.

Hasil dari penyerbukan dan pembuahan biasanya akan tumbuh ginofor yang menuju ke tanah dan menembus ke tanah dan nantinya akan menjadi polong. Pada masa pembuahan berikan pupuk yang banyak mengandung fosfor. Untuk meningkatkan buah bagus, disarankan melakukan penyiangan dan pembubunan tanah pada bagian bawah tanaman.

5. Pemberantasan Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit pada taman sering di jumpai pada berbagai tanaman, tak terkecuali kacang tanah. Hama seperti uret, ulat penggulung daun, dan ulat jengkrak, sering mengganggu tanaman ini. cara menanggulanginya dengan cara pergiliran tanaman , atau bisa dengan melakukan penyiangan secara insentif dan pembersihan gulma dengan rutin.

Sedangkan penyakit pada kacang tanah seperti layu, bercak, gapong, dan sclerotium bisa di atasi dengan cara melakukan sanitasi lingkungan , cabut tanaman yang berpenyakit agar tidak menggangu tanaman lainnya. Dan pilih varietas yang tahan terhadap penyakit.

6. Pemanenan

Kacang tanah siap di panen pada saat berusisa 90 hari, dengan ciri — ciri :

  • Batang daun mengeras.
  • Daun berguguran dan berwarna kuning.
  • Lakukan pengambilan secara langsung dengan cara cek bijinya, jika penuh maka kacang siap di panen.
  • Pemanenan dilakukan dengan cara dicabut
  • Biarkan polong menggantung pada tanaman kacangnya.

Manfaat Mengagumkan Kacang Tanah Buat Kesehatan Tubuh

Kacang tanah merupakan salah satu sumber nutrisi yang tak hanya memiliki rasa gurih dan nikmat saja. Lebih jauh, kacang tanah juga merupakan sumber nutrisi yang kaya manfaat buat kesehatan tubuh. Kandungan protein juga lemak sehat di dalam kacang tanah dipercaya sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Menstabilkan Kolesterol Tubuh

Kacang tangan mengandung mono asam lemak tidak jenuh yang bermanfaat menjaga kestabilan kolesterol. Ini juga bermanfaat mencegah risiko jantung atau penyakit mematikan lainnya.

2. Mengurangi Gula Darah

Bagi kita yang mengalami kenaikan gula darah atau bermasalah dengan gula darah, kacang tanah bisa dimanfaatkan sebagai asupan nutrisi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Peneliti percaya jika kacang tanah bermanfaat menurunkan gula darah karena mengandung mangan yang bisa menyerap kelebihan kalsium maupun glukosa

3. Mencegah Penunaan Dini

Tak ingin terlihat lebih cepat tua, keriput dan kusam? Konsumsi kacang tanah secara rutin setiap hari. Kandungan vitamin E pada kacang tanah dikatakan sangat baik membantu mencegah risiko penuaan dini, keriput pada kulit dan kusam. Vitamin B pada kacang tanah bahkan dipercaya membuat kulit lebih bersinar dan awet muda.

4. Mengatasi Stres atau Depresi

Sebagai salah satu makanan yang mengandung trytophan, kacang tanah dipercaya baik untuk mencegah serta mengatasi stres hingga depresi. Makanan gurih ini juga bermanfaat membuat perasaan lebih bahagia, nyaman dan tenang.

5. Mencegah Kanker

Saat ini, kanker masih menjadi salah satu penyakit paling ditakuti. Untuk mencegah risiko kanker, pola hidup sehat, olahraga dan istirahat cukup sangat penting dilakukan. Ditambah, konsumsi pula kacang tanah karena makanan ini mengandung asam p-coumaric yang baik dalam membantu mencegah risiko kanker dan membunuh sel kanker.

6. Mengurangi Risiko Batu Empedu

Study menyebutkan jika nutrisi yang terkandung di dalam kacang tanah baik dalam menurunkan risiko batu empedu. Makanan ini juga bermanfaat mencegah risiko berbagai infeksi pada kantung empedu, hati maupun organ dalam tubuh lainnya.

Demikianlah artikel yang telah saya buat tentang mesin perontok kacang tanah semoga bermanfaat dan selamat menggunakan mesin tersebut dirumah.

 

× Whatsapp Kami!