Select Page

Makanan Grontol jagung Jagung adalah buah praktis. Cara hidupnya menunjukkan hidup dan berpikir fleksibel. Jagung yang dibakar, menandakan bahwa hidup ini membutuhkan proses.

Pada saat itu, orang yang membakar jagung akan bangga dan bahagia. Saat jagung itu sudah masak, makan jagung juga penuh keasyikan. Deretan biji jagung tertata rapi. Itulah gambaran orang yang berpikir positif, segalanya akan tertata.

 

Asal Makanan Khas Grontol Jagung

Jagung adalah gambaran pemikiran orang hidup, yakni harus selalu dipelihara, disiram, dan di rabuk. Begitu pikiran manusia, harus senantiasa agar tumbuh dan berkembang. Jika pemeliharaan keliru, pikiran akan berubah negatif. Jagung pun demikian. Untuk menanam jagung perlu cangkul dan tanah.

Dari sebiji jagung, dapat melahirkan ratusan biji jika sudah berbuah. Jagung juga memaparkan bagaimana hikmah hidup untuk bersabar menjadi yang lebih baik. Ibu saya dulu di Kampung mengajarkan bagaimana ulur (menanam) jagung, memasukkan ke lubang, biasanya menggunakan ceblok atau (alat pembuat lubang) terus diurug.

Maksudnya, biji jagung yang telah ditanam harus ditutup tanah. Jagung harus menanggung beban tanah yang ditimbunkan. Sejak jagung ditanam untuk keluar dari tumpukan tanah itu tentunya membutuhkan air. Jika mampu keluar, ia akan menjadi jagung yang muda, tetapi untuk tumbuh dan menjadi lebih berharga ia harus diberi pupuk.

Begitulah kita sebagai manusia banyaklah belajar dari filosofi kehidupan tumbuhan, salah satunya jagung. Jagung yang kecil itu seperti manusia yang belum mengerti apa-apa tenang hidup ini. Jagung ditanam serta ditutupi dengan tanah, sama halnya dengan manusia, tumpukan tanah itu bagaikan masalah-masalah yang datang menghampiri hidupnya.

 

Jagung

Filosofi benih jagung itu sama persis dengan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan manusia. Kita tak bisa tumbuh dengan sempurna, baik secara emosi, spirit, dan sosial apalagi secara fisik bila terlalu berkompetisi memperjuangkan kebutuhan dan keinginan hidup. Kata “terlalu” perlu digarisbawahi karena kita akan menjadi egois dan tumbuh kerdil bila terlalu berkompetisi.

walau kita juga tak mungkin hidup sendirian. Hidup yang sempurna perlu tatanan dan tuntunan. Tanah yang menutupi benih jagung sama seperti masalah, kepelikan, beban hidup yang harus dipikul setiap orang. Tanpa beban, tanpa adanya masalah, kita mungkin tidak merasa penting untuk memiliki cita-cita dan impian.

Bahkan, cita-cita dan impian dengan begitu mudah akan terkubur bila tidak ada beban yang dipikul, sama seperti benih jagung yang begitu gampang dimakan ayam apabila diletakkan saja di atas permukaan tanah. Impian hidup dan semangat akan menguap dan mati begitu saja bila manusia tak memikul kesulitan hidup.

seperti benih jagung yang kering terpapar panasnya matahari. Kita membutuhkan sebuah tantangan hidup supaya kita tetap memperoleh inspirasi. Karena inspirasi adalah nyala api yang membakar semangat dan motivasi. Secara filosofis, pohon jagung itu berbuah hanya sekali. Hal ini perlu ditafsir atas dasar berfikir positif. Pohon jagung juga tidak bercabang.

Dengan demikian, berpikir positif juga meningkatkan tingkat kepuasan jiwa dan perasaan bahagia. Orang yang berfikir positif selalu melihat segala sesuatu dari sisi positif sehingga bisa menikmati hidup lebih baik.

Selain itu orang yang berpikir positif selalu bersyukur atas apa yang ada padanya atau pengalamannya sehari-hari. Hal yang tak kalah penting adalah berpikiran positif dan meningkatkan kualitas interaksi dengan orang lain.

 

Kadungan Gizi  Dari Grontol Jagung

 

grontol /jagung

Grontol adalah jajanan tradisional dengan bahan baku berasal dari jagung. Biji jagung yang telah dipipil kemudian dikukus. Setelah matang, ditaburi parutan kelapa. Untuk menambah rasa, bergantung selera, jika menyukai asin dapat ditambahkan sedikit garam, jika menyukai manis dapat ditambahkan sedikit gula kemudian dicampur merata.

Jajanan ini biasanya dibungkus dengan daun pisang atau  plastik. Harga per porsinya sangat terjangkau. Di pasar tradisional di tempat saya, per bungkus dijual dengan harga Rp. 500,00. Harga yang sangat murah untuk mendapatkan banyak manfaat positive dari olahan jagung.

Beberapa manfaat jagung adalah:

1. Serat dalam jagung sangat bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan, sehingga dapat menurunkan resiko kanker usus.

2. Kaya mineral. Kandungan magnesium, tembaga besi, dan fosfor yang ada dalam bulirnya sangat bermanfaat untuk tulang  dan meningkatkan fungsi ginjal.

3. Jagung kaya akan antioksidan yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda.

4. Vitamin B dan asam folat yang dalam bulir jagung dapat meningkatkan sel darah merah yang berkurang karena seseorang terkena penyakit anemia.

5. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

6. Jagung  bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari dari cacat lainnya.

Dengan mengkonsumsi karbohidrat non beras diharapkan kita dapat mengambil manfaat yang lebih variatif dari beragam sumber pangan lokal yang tersedia di daerah untuk meningkatkan kesehatan keluarga dengan biaya yang terjangkau.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Camilan Grontol

Grontol jagung adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Grontol Jagung Harapan mengandung energi sebesar 156 kilokalori, protein 2,7 gram, karbohidrat 33,3 gram, lemak 1,3 gram, kalsium 51 miligram, fosfor 105 miligram, dan zat besi 1,2 miligram.

Selain itu di dalam Grontol Jagung Harapan juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Grontol Jagung Harapan, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %

.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Grontol Jagung :

  • Nama Bahan Makanan : Grontol Jagung
  • Nama Lain / Alternatif : Jagung Grontol
  • Banyaknya Grontol Jagung yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Grontol Jagung  yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi Jagung = 156 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Jagung = 2,7 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Grontol Jagung = 1,3 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Grontol Jagung = 33,3 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Grontol Jagung = 51 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Grontol Jagung = 105 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Grontol Jagung = 1,2 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Grontol Jagung = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Grontol Jagung = 0,08 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Grontol Jagung = 0 mg
  • Khasiat / Manfaat Grontol Jagung : – (Belum Tersedia)
  • Huruf Awal Nama Bahan Makanan : G
  • Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

 

Hasil Penelitian Terkait Lain Terhadap Grontol Jagung :

  • Nama Bahan Makanan : Grontol Jagung Metro
  • Nama Lain / Alternatif : Jagung Grontol Metro
  • Banyaknya Grontol Jagung Metro yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Grontol Jagung Metro yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi Jagung Metro = 135 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Grontol Jagung Metro = 2,2 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Grontol Jagung Metro = 1,1 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Grontol Jagung Metro = 28,9 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Grontol Jagung Metro = 71 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Grontol Jagung Metro = 87 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Grontol Jagung Metro = 1,2 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Grontol Jagung Metro = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Grontol Jagung Metro = 0,03 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Grontol Jagung Metro = 0 mg

 

Keterangan :

Riset/penelitian pada Grontol yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.  Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Grontol Jagung ini.

 

Resep Grontol Jagung

Beberapa bahan dasar yang diperlukan dalam membuat camilan grontol jagung ini namun tetap mudah di pahami dan rasa yang lezat.

 

Bahan-Bahan 

  • 1 kg pipilan jagung kering
  • 1 sdt kapur sirih
  • 3 liter air untuk 2 kali rebusan
  • garam kasar secukupnya
  • 1 buah kelapa, diparut lalu dikukus dengan sejumput garam halus

 

Cara Membuat Grontol Jagung

1. Pipilan jagung yang sudah dicuci bersih, direndam dalam air semalaman.

2. Cuci bersih jagung rendaman. Didihkan 1,5 liter air yang ditambah kapur sirih, masukkan jagung, lalu masak selama 45 menit.

3. Angkat jagung, tiriskan. Cuci 3-4 kali sampai benar-benar bersih.

4. Rebus kembali jagung dengan 1,5 liter air. Tambahkan sejumput garam.

5. Rebus sekitar 1 jam. Bila air tinggal sedikit, tambahkan air lagi. Rebus sampai jagung meletek.

6. Jagung yang sudah meletek ditiriskan. Campurkan dengan kelapa parut.

 

Resep Grontol Jagung Keju

Grontol, jagung rebus yang diberi taburan parutan kelapa ini berasal dari Jawa Tengah. Perpaduan rasa gurih, manis, dan asinnya asyik banget. Grontol jagung saat ini semakin sulit ditemui, apalagi banyaknya olahan yang mirip dengan grontol jagung dijual di pasaran. Anda dapat memasak Grontol Keju menggunakan 6 resep dan 4 langkah. Inilah cara Anda memasak ini.

 

Resep Untuk Membuat Grontol Keju

  1. Persiapkan 2 buah dari Jagung Manis (dipipil).
  2. Kemudian 50 gr dari Keju Parut.
  3. Anda membutuhkan 100 gr dari Kelapa Muda Parut.
  4. Persiapkan 3 sdm dari Gula Pasir.
  5. Persiapkan Sejumput dari Garam.
  6. Kemudian 1 lembar dari Daun Pandan.

Biasanya diolah dengan keju, susu, atau cokelat. Best grontol memes – popular memes on the site ifunny.co. Grontol adalah makanan tradisional yang berasal dari jagung yang direbus dan dihidangkan dengan diberi taburan parutan kelapa. Hampir sebagian besar wilayah Jawa tengah mengenal makanan.

 

Langkah-langkah Pembuatan Grontol Keju

  1. Siapkan Jagung yg sudah dibersihkan dan dipipil.
  2. Kukus jagung dan kelapa parut selama 20menit.
  3. Campur jagung, kelapa parut, gula, dan garam jadi satu, lalu beri parutan keju di atasnya.
  4. Sajikan selagi hangat, Selamat Menikmati.

 

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Nah, kandungan-kandungan inilah yang sangat mampu menunjang manfaat jagung rebus untuk kesehatan. Mampu atasi gangguan pencernaan, sumber energi, jaga saraf, otot, tulang, metabolisme, jantung, kanker, dan masih banyak lagi. Enggak cuma buat anak-anak dan orang dewasa, tetapi juga lansia dan ibu hamil

 

  • Asam Folat

Bagi ibu hamil, manfaat jagung rebus untuk kesehatan patut diandalkan. Terutama untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungannya. Terdapat asam folat yang cukup banyak di dalam jagung rebus ini.

Saat hamil, asam folat merupakan kandungan nutrisi dapat membantu tumbuh kembang janin. Asam folat dibutuhkan oleh janin sebagai pembentukan sistem sel dan sistem saraf serta tulang belakang.

Bahaya jika bayi kekurangan asam folat biasanya akan mengalami gangguan. Maka dari itu penting menjadikan jagung rebus sebagai camilan ibu hamil. Apalagi kandungan asam folatnya bisa membantu cegah anemia juga.

  • Kaya Vitamin B

Selain asam folat atau vitamin B9, manfaat jagung rebus untuk kesehatan juga menyediakan vitamin B kompleks. Jagung mengandung vitamin B3, B5, B6, dan B9. Semua vitamin ini cocok dikonsumsi anak, orang dewasa, hingga ibu hamil.

Vitamin B3 berfungsi menjaga sistem saraf dan kulit sehat. Vitamin B5 membantu memperoleh energi dari makanan. Vitamin B6 dapat membantu mengatasi morning sickness dan menghasilkan sel darah merah.

  • Jantung

Memiliki jantung yang sehat memang impian banyak orang. Pasalnya, penyakit jantung termasuk penyebab kematian tertinggi di dunia. Maka dari itu coba andalkan manfaat jagung rebus untuk kesehatan jantung.

Jagung rebus mengandung vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Kandungan ini sangat baik untuk mengontrol jumlah kolesterol di dalam darah. Hingga membuat masalah kardiovaskuler lebih mudah terkontrol.

Bahkan vitamin C yang dimilikinya dapat pula membantu menurunkan asam amino yang ada dalam pembuluh darah. Meningkatnya asam amino bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah. Begitu juga meningkatkan berbagai masalah terkait jantung manusia.

  • Antioksidan

Jagung rebus pun memiliki kandungan antioksidan. Hal inilah yang membuat manfaat jagung rebus untuk kesehatan patut diandalkan. Jumlah antioksidan dalam jagung memang dikenal cenderung lebih tinggi daripada biji-bijian lain.

Lutein merupakan salah satu jenis antioksidan dalam jagung rebus yang dapat melindungi mata dari kerusakan sel. Ada juga Zeaxanthin yang merupakan karotenoid paling umum ditemukan pada tumbuhan. Kandungan ini diduga dapat meningkatan kesehatan mata.

  • Gangguan Pencernaan

Jagung rebus memiliki manfaat mencegah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan tak hanya dialami anak-anak, tetapi juga orang dewasa dan ibu hamil. Manfaat jagung rebus untuk kesehatan ini berasal dari kandungan serat di dalamnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Arthur Schatzkin, mantan kepala cabang epidemiologi gizi di US National Cancer Institute (NCI) menyimpulkan, total asupan serat tidak berhubungan dengan risiko kanker kolorektal, sedangkan mengonsumsi biji-bijian mengurangi resiko tersebut.

Kandungan serat dalam jagung rebus ini cukup tinggi. Serat dapat membuat makanan bergerak dengan mulus di dalam saluran pencernaan. Hingga membuat pengonsumsinya terhindar dari masalah sembelit atau susah buang air besar.

  • Sumber Energi

Jagung bisa dipakai sebagai sumber energi. Manfaat jagung rebus untuk kesehatan ini berasal dari kandungan karbohidrat di dalamnya. Enggak heran kalau banyak yang mengandalkan jagung rebus sebagai pengganti nasi.

Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting. Utamanya untuk stamina dan metabolisme pengonsumsinya. Ada sekitar 50 persen kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalori ini harus didapat dari makanan berkarbohidrat seperti jagung rebus.

Jagung sering dijadikan makanan pengganti nasi karena kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Oleh karena itu, menjadikannya camilan sehari-hari memang cocok sekali. Tujuannya agar tubuh tetap bertenaga.

________________________________________________________________________________________

Grontol makanan tradisional yang berasal dari jagung yang direbus dan dihidangkan dengan diberi taburan parutan kelapa. Hampir sebagian besar wilayah Jawa tengah mengenal makanan tradisional yang unik ini. dan makanan trasional khas jawa ini masi di gemari oleh banyak orang terutama kalangan orang tua kita sendiri.

Grontol, ya namanya mungkin sedikit lucu didengar. Makanan ini adalah makanan khas dari Yogyakarta. Makanan ini banyak dijajakan di pasar tradisional atau penjual yang berkeliling. Makanan yang berbahan utama jagung ini dalam teknik pembuatannya tidaklah sulit.

Selain itu bahan-bahan pendukungnya pun tidak sulit didapatkan. Proses pembuatannya pun tidak terlalu lama. Sehingga semua orang dapat mencoba membuatnya, dan nyaman di makan pada saat santai bareng keluarga

 

× Whatsapp Kami!