Select Page

Slime adalah produk mainan yang diproduksi oleh Mattel, dijual di tempat sampah plastik dan diperkenalkan pada Februari 1976. Cara membuat slime dengan tepung mudah. Slime ini terdiri dari bahan non-toksik yang kental, licin, dan hijau oozy atau bahan warna lain yang dibuat terutama dari gum guar. (Wikipedia Terjemahan)

Cara membuat slime dengan tepung ini sangat mudah mudah untuk dibuat sendiri dirumah bersama teman-teman ataupun membuat nya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah untuk ditemukan disekitar kita.

Cara Membuat Slime dengan Tepung

Untuk Cara Membuat Slime dengan Tepung dengan mudah bisa digunakan menggunakan 3 jenis tepung yang berbeda-beda, Bahkan slime bisa dimakan selama tidak menggunakan bahan yang berbahaya jika dimakan. Penasarankan bagai cara membuat slime dengan tepung dengan mudah, yuk kita simak disini.

Ada 3 jenis tepung yang bisa digunakan untuk cara membuat slime dengan tepung, yaitu tepung terigu (tepung dari gandum), tepung tapioka (tepung dari singkong), dan tepung maizena (tepung dari jagung). Ketiga tepung tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, cara membuat slime dengan tepung-tepung tersebut juga berbeda-beda.

1. Membuat Slime dengan Tepung Terigu

Yang pertama tepung terigu. Tepung terigu atau tepung gandum relatif lebih mudah didapat dan biasanya pasti ada di dapur kita. untuk bisa kita membuat slime dari bahan ini, kita butuh beberapa alat dan juga bahan pendukung lain, di antaranya: sabun sunlight atau mama lemon, pewarna makanan, wadah plastik, dan pengaduk.

Setelah semua bahan tersebut siap, selanjutnya kita bisa langsung mempraktikan cara membuat slime dengan tepung terigu sebagaimana berikut:

  1. Pertama takar sabun pencuci piring sebanyak 3 sendok dan tuangkan ke dalam wadah.
  2. Lalu, tuangkanlah beberapa tetes pewarna untuk makanan ke dalam sabun sebagai warna-warna dasar dari slime yang nanti diinginkan. Untuk jumlah pewarna yang dimasukan jenis pewarna makanan ini tidak ada aturannya, sesuaikanlah saja dengan selera Anda.
  3. Setelah itu, tuang sedikit demi sedikit tepung terigu ke dalam wadah sambil terus diaduk. Untuk jumlah dari tepung yang harus ditambahkan untuk takaran ini adalah sekitar 3 sendok makan juga. Jadi sekitar 1 : 1 dengan jumlah sabun sunlightnya.
  4. Aduk adonan terus menerus hingga rata dan mulai menggumpal.
  5. Slime pun terbentuk dan siap dimainkan. Untuk catatan, slime yang dibuat dari tepung terigu biasanya memiliki tingkat kekenyalan yang lebih baik. Teksturnya bahkan hampir sama dengan tekstur plastisin.

2. Membuat Slime dengan Tepung Tapioka

Jika tepung terigu tidak ada, Anda juga bisa membuat slime dari bahan tepung tapioka. Kendati juga begitu, cara membuat slime dengan tepung dengan tepung tapioka sendiri cenderung lebih rumit, terlebih jika kita ingin slimenya nanti kenyal dan juga tidak lengket.

Bahan untuk membuatnya antara lain 5 sendok tepung tapioka, 3 sendok sabun sunlight, minyak goreng, pewarna makanan, dan air.

Sementara untuk cara pembuatannya tapioka harus terlebih dulu dibuat menjadi lem dengan cara merebusnya dengan air. Setelah itu menjadi lem, barulah kemudian dicampurkan juga dengan sabun sunlight dan juga minyak goreng agar tidak menjadikan lengket.

Bila ingin slimenya berwarna, pewarna makanan bisa ditambahkan ke dalam sabun sebelum ia dicampurkan ke dalam lem tepung tapioka. Jika masih terasa lengket, Anda juga bisa menambahkan minyak goreng dengan cara sedikit demi sedikit.

3. Membuat Slime dengan Tepung Maizena

Ya, membuat slime juga dapat dilakukan menggunakan tepung maizena. Berbeda dengan 2 resep sebelumnya, resep ini dikhususkan untuk Anda yang ingin membuat slime yang bisa untuk dimakan.

Bahan yang dibutuhkan dalam resep ini antara lain susu cair, tepung maizena, vanili bubuk, dan pewarna makanan. Sementara untuk cara membuat slime dengan tepung maizena ini dimulai dengan memasak dari susu cair dalam panci hingga menjadi sedikit panas.

Setelah itu, tambahkan bubuk vanili dan tepung maizena ke dalam susu. Aduk hingga rata, setelah mendidih dinginkan adonan dan slime pun siap dimainkan ataupun juga dimakan.

Cara Membuat Slime dengan Tepung dan Lainnya

cara membuat slime dengan mudah

Sebenarnya Slime sudah sejak lama ada, namun akhir-akhir ini saja baru populer. Mainan yang kenyal ini memiliki banyak macam dan warna. Saat lagi trend, banyak orang-orang ikut-ikutan membelinya. Baik itu dengan alasan untuk menyalurkan emosi dan bosan, ada pula yang cuma karena ingin ikut-ikutan.

Karena populenya slime ini lalu membuat orang juga mulai berpikir lebih baik membuatnya sendiri daripada membeli. Banyak orang yang mulai mencari cara buat slime act, jelly slime, slime clear, hingga cara membuat slime dari shampo.

Setelah tahu bagaimana cara membuat slime dengan tepung ada banyak cara untuk membuat jenis-jenis yang bisa dibuat, karena slime mempunyai banyak jenis.

Cara Mudah dan Aman Membuat Slime

Banyak orang yang membuat slime dengan menggunakan borax dan lem, tapi kali ini kita akan mencoba cara mudah buat slime tanpa lem dan borax. Borax adalah mineral yang biasa dijual sebagai produk pembersih. Sebenarnya borax hanya akan menyebabkan iritasi ringan tapi ada faktor lainnya yang membuat borax bisa membahayakan kesehatan.

Saat tangan kita menyentuh borax untuk waktu yang lama, kulit kita akan ter-iritasi dengan parah. Terutama jika kadar borax-nya tinggi.

1. Cara Membuat Slime Clear

Kali ini kita akan membahas cara membuat slime clear. Slime clear ini merupakan jenis slime yang tidak berwarna alias jernih. Ini cara membuat slime clear.

Bahan :

  1. Air hangat
  2. Garam
  3. Slime Activator
  4. Lem bening (jangan menggunakan UHU)
  5. Gom

Cara membuat :

  1. Masukkan lem ke dalam wadah (baskom), tambahkan garam, lalu tambahkan air hangat baru kemudian di aduk hingga garam larut.
  2. Tambahkan gom ke dalam 2-3 tetes, aduk hingga rata dan sedikit menggumpal. Jika belum menggumpal tambahkan gom.
  3. Tambahkan 1-2 tetes slime activator atau hingga slime tidak menempel pada wadah.

2. Cara Membuat Slime Activator

Pada cara membuat slime clear, Anda menemui slime activator. Apa itu slime activator? Slime activator adalah bahan tambahan dalam pembuatan slime. Namun tidak semua slime membutuhkan slime activator. Berikut kami sajikan cara membuat slime activator.

Bahan :

  1. GOM
  2. Air

Cara membuat :

  1. Masukkan GOM dalam wadah (botol kaca kecil)
  2. Tambahkan air. Tutup wadah lalu kocok hingga tercampur rata.

3. Cara Buat Slime dengan Lem Fox

Bahan :

  1. Babi oli sdt
  2. Sabun cair sdt
  3. Air 3 sdt
  4. Obat tetes mata 8 tetes
  5. Lem fox 3 sdm
  6. Baking powder 1 sdt
  7. Pewarna makanan 1 sdt

Cara membuat :

  1. Masukkan lem fox ke dalam wadah (baskom) dan air bersih sambil diaduk rata.
  2. Tambahkan baking powder ke dalam adonan. Aduk hingga rata.
  3. Tambahkan obat tetes mata, sabun cair, dan pewarna makan sambil diaduk. Aduk hingga rata.
  4. Tambahkan baby oil sambil diaduk. Aduk hingga rata.

4. Cara Buat Slime Dari Lem Povinal atau Lem Fox

Kali ini Anda bisa mengetahui bagaimana cara lain membuat slime dengan menggunakan lem. Lem povinal adalah lem biasa yang tersedia di rumah untuk kebutuhan sehari-hari. Apakah Anda mempunyai lem povinal sisa di rumah? Jika ada Anda bisa membuat slime dari lem tersebut, caranya? Yuk kita Simak di bawah ini.

Bahan :

  1. Pewarna makanan 2 sdt
  2. Lem povinal 5 botol
  3. Baking powder secukupnya
  4. Air gelas

Cara membuat :

  1. Masukkan lem povinal ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air secara perlahan sambil diaduk.
  2. Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan sambil tetap diaduk.
  3. Pindahkan slime ke dalam wadah tertutup. Diamkan selama 30 menit. Slime siap dimainkan.
  4. Selain lem povinal, Anda juga dapat menggunakan lem fox untuk membuat slime.

5. Cara Mudah Buat Slime Tanpa Lem dan Borax

Karena penggunaan borax dalam pembuatan slime, bisa membahayakan kesehatan tubuh, maka kali ini kita akan membuat slime tanpa menggunakan borax dan lem.

Bahan :

  1. Minyak goreng 150 g
  2. Tepung kanji 2 gelas
  3. Pewarna makanan 2 sdt (Warna sesuai yang diinginkan)
  4. Air bersih 400 ml

Cara membuat slime :

  1. Masukkan tepung kanji ke dalam wadah (baskom) lalu tambahkan air perlahan-lahan sambil diaduk (tangan atau sendok) agar tidak menggumpal.
  2. Tambahkan minyak goreng, sampai dirasa kenyalnya pas.
  3. Tambahkan pewarna ke dalam adonan.

6. Membuat Slime dari Styrofoam dan Minyak Kayu Putih

Komposisi

  • Styrofoam
  • Minyak kayu putih

Cara pembuatan slime:

  1. Cuil styrofoam menjadi bagian-bagian kecil atau dapat di potong hingga menjadi bagian kecil
  2. Campur dengan minyak kayu putih sedikit demi sedikit.
  3. Aduk hingga tekstur berubah menjadi liat, jika masih kurang liat tambah kembali minyak kayu putih hinnga mendapatkan tekstur yang di inginkan.
  4. Slime dapat langsung di mainkan.

7. Cara Membuat Slime Glow In The Dark

Slime yang terakhir ini adalah salah satu slime unik selaian slime galaxi, karena dapat bercaya di kegelapan. Slime ini menggunakan campuran cat glow in the dark, untuk membuatnya bercahaya. langsung saja kita cari tahu cara membuatnya di bawah ini.

Komposisi :

  • 1  Gelas air hangat
  • Satu botol lem cair (120ml) bisa povinal ataupun fox
  • Obat Tetes mata ( Insto & rotho)
  • 3 sendok makan chat glow in the dark

Cara pembuatan slime :

  1. Masukkan semua bahan dalam mangkuk kecuali obat tetes mata, aduk hingga rata.
  2. Tambahkan 2-3 tetes obat mata aduk kembali hingga slime mulai kental. jika kurang kental silahkan tambah lagi pertetes.
  3. Slime glow in the dark telah siap di mainkan.

8. Cara Membuat Slime Galaxy

Komposisi :

  • Pewarna Makanan ( Hitam, biru tua, ungu dan pink)
  • Bubuk Glitter (warna silver)
  • Obat Tetes mata ( Insto & rotho)
  • Lem cair
  • Air bersih

Cara pembuatan slime :

  1. Sediakan 3 mangkuk sebagai wadah dan masukkan lem cair di masing-masing wadah sebesar 120 ml (1 botol).
  2. Kedua masukkan air dan pewarna di masing-masing mangkuk. setiap mangkup memiliki warna berbeda yaitu mangkuk pertama warna biru tua dan sedikit pewarna hitam (sedikit saja), mangkuk kedua masukkan warna ungu dan mangkuk terakhir untuk warna pink. aduk hingga warna tersebar rata.
  3. Masukkan glitter pada setiap mangkuk secukupnya dan aduk hingga rata.
  4. Masukkan 3-4 tetes cairan obat mata pada setiap tempat dan aduk hingga slime kenyal, jika masih kurang elastis atau kenyal silahkan tambah lagi beberapa tetes.
  5. Biarkan selama 10 menit.
  6. Campur ketiga slime tersebut menjadi satu dan galazy slime akan terlihat.
  7. Slime siap di mainkan.

9.  Membuat Slime Dari Susu Cair

Nah untuk slime yang terbuat dari bahan susu cair adalah slime yang paling aman, karena bahannya sendiri memang untuk di makan, maka slime ini juga bisa di makan setelah di mainkan. ( Asal tangannya bersih)

Komposisi :

  1. 2 Gelas susu cair ( bisa dari susu bubuk ataupun susu kental manis yang telah di beri air)
  2. 2 Sendok tepung maizena
  3. Setengah sendok teh vanili
  4. Pewarna makanan

Cara pembuatan slime:

  1. Masak susu beserta vanili dan jangan lupa di aduk terus
  2. Ketika susu hampir mendidih, tuangkan maizena dan pewarna
  3. Matikan kompor ketika susu telah mendidih dan biarkan susu dingin
  4. Simpan pada tempat tertutup selama beberapa jam

10. Membuat Slime Dari Bedak Bayi

Komposisi :

  • Bedak bayi ukuran sedang setengah botol
  • Air putih 2 gelas ukuran sedang
  • 3 Sendok makan baby oil
  • Pewarna makanan

Cara pembuatan slime:

  1. Campur bedak bayi dan air pada satu tempat yang sama, aduk hingga rata.
  2. Tambahkan 2-3 sendok makan baby oil dan aduk kembali. jika tekstur belum terlalu liat, maka tambahkan kembali hingga mendapatkan kekentalan yang di inginkan.
  3. Tambahkan pewarna yang di inginklan dan biarkan beberapa jam di tempat yang tertutup.
  4. Slime dari bedak bayi siap digunakan

Kegunaan Slime

Setelah mengetahui cara membuat slime dengan tepung terigu dan juga cara membuat slime dengan bahan lainnya juga. Pastinya setiap barang yang diciptakan itukan mempunyai fungsi nah jadi kita tak sia sia saja mempelajari cara membuat slime dengan tepung dan bahan lainnya. Yap ini dia kegunaannya.

Ada beragam kegunaan dari benda yang kenyal ini. Slime menjadi dikenal orang karena berbagai manfaat yang ada pada benda berwarna-warni tersebut:

1. Penghilang Stress

Bukan cuma anak-anak, remaja maupun  orang dewasa bisa memainkan slime ini sebagai penghilang stress atau pun pengusir rasa bosan atas sesuatu.

2. Alat Pembersih

Slime memiliki tekstur yang lengket yang dapat menarik debu dan membersihkan benda-benda kepunyaan kamu. Membersihkan sela-sela tuts keyboard yang rentan berdebu dapat dilakukan dengan menggunakan slime. Selain itu, bisa juga digunakan untuk membersihkan sela-sela kipas angin, lubang speaker, dan lain-lain.

3. Untuk Dekorasi Ruangan

Slime yang dibentuk dengan apik juga bisa menjadi dekorasi ruangan. Coba buat slime dengan bentuk yang menarik dan warna yang selaras dengan ruangan yang akan ditempatinya.

Kemudian kamu bisa memberikan tempat untuk slime yang terbuat dari kaca transparan. Wah, slime buatan kamu akan menjadi penghias ruangan. Kamu bisa meletakkannya di ruang tamu atau pun di kamar kamu.

Kegunaan Slime Untuk Anak-anak

Setelah tadi membahas kegunaan slime untuk orang dewasa, mungkin akan ada pertanyaan: apa sih manfaatnya slime jika dimainkan oleh anak-anak? Tentu ada manfaatnya ketika slime menjadi teman bermain anak-anak. Berikut ini diantaranya:

1. Sebagai Permaianan

Seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa slime adalah sebuah alat permaianan. Bagi anak-anak tentu akan seru ketika mendapatkan mainan yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam rupa. Aneka warna dari slime juga akan menarik minat anak-anak untuk memainkannya. Slime yang bertektur kenyal dapat dipegang dan dipencet-pencet sesuka hati.

2. Anak Akan Merasa Lebih Bahagia

Pada dasarnya masa anak-anak memang masanya bermain. Kehadiran slime sebagai permainan yang terbilang baru pastinya sudah ditunggu oleh anak-anak untuk bisa memainkannya. Ketika akhirnya mereka bisa bermain slime tentu akan merasa bahagia. Dengan bermain slime, membantu tubuh menghasilkan hormon endorfin yang membuat seseorang merasa lebih bahagia. Jika anak tumbuh dengan ceria dan bahagia, itu akan bagus untuk tumbuh kembangnya.

3. Sebagai Sarana Penyaluran Emosi Anak

Slime yang bertekstur kenyal dan mudah diubah menjadi apa saja merupakan simbol kebebasan. Bermain slime akan menjadikan lebih percaya diri untuk melakukan kehendak hatinya, mencoba membentuk slime menjadi sesuatu yang ia inginkan akan memunculkan harapan. Slime membantu anak untuk mengenali dan menyalurkan emosinya dengan cara yang positif.

4. Meningkatkan Konsentrasi Anak

Selain membuat mood menjadi lebih bahagia, ternyata permainan slime juga bisa meningkatkan konsentrasi dan daya imajinasi anak. Bermain slime akan membantu anak berpikir  bentuk apa yang sesuai untuk slime miliknya.

5. Sebagai Sarana Untuk Mengekspresikan Diri

Lewat permainan slime yang menyenangkan anak akan lebih bisa mengekspresikan perasaannya di saat bermain slime. Mungkin ada saat anak meminta untuk memainkan slime lagi di lain waktu karena menyukai permainan ini.

6. Untuk Menghilangkan Kejenuhan Anak

Bukan hanya orang dewasa yang bisa bosan, anak-anak juga bisa merasakan jenuh. Ketika bermain slime yang merupakan hal baru untuknya, anak akan merasa lebih antusias menyambut permainan tersebut.