Select Page

Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian – Seiring perkembangan zaman bidang Informasi dan Teknologi semakin canggih. Jika olahan hasil pertanian tidak kita olah dengan baik maka akan percuma. Olahan hasil pertanian dapat kita olah menjadi lebih efektif lewat teknologi hasil pertanian

Teknologi pengolahan hasil pertanian ( TPHP ) merupakan prosemakin cangihgram keahlian meliputi kemampuan mengenal komoditas hasil Pertanian.

Hal itu juga meliputi menerapkan dasar pengolahan dan pengawetan bahan hasil pertanian, mengolah bahan hasil pertanian menjadi produk olahan bahan makanan, memahami konsep pengendalian mutu bahan hasil pertanian). Serta pemahaman K3lh, sanitasi dan pengelolaan limbah.

Agar kamu lebih jelas lagi memahami teknologi pengolahan hasil pertanian, alangkah baiknya jika kamu membaca artikel di bawah ini. Berikut artikel tentang pengolahan hasil pertanian.

Olahan Teknologi Hasil Pertanian

Hasil pertanian yang tidak di olah hanya akan menjadi bahan makanan yang sia -sia. Oleh karena itu pengolahan hasil pertanian akan menjadi prospek yang bagus bila diolah dengan cara yang baik dan benar.

Prospek kerja teknologi hasil pertanian yang bagus adalah prospek yang menguntungkan untuk kedepannya.

Pengoptimalan prospek kerja teknologi hasil pertanian dapat dilakukan dengan cara pengolahan yang baik sehingga menambah nilai estetika dari produk tersebut.

Aplikasi teknik pengolahan hasil pertanian adalah solusi untuk permasalahan tersebut.Berikut ini adalah contoh  pengolahan hasil pertanian menjadi resep makanan.

Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Menjadi Resep Makanan

Teknologi pengolahan hasil pertanian yang pertama adalah mengolah menjadi resep makanan. Jika kalian sudah menanam bahan pangan dengan teknik budidaya tanaman pangan yang benar hasil panen kalian pasti maksimal.

Sebagai tambahan,berikut 3 hasil masakan dari bahan pangan yang mudah dan sederhana untuk dibuat dirumah.

1. Pizza Keju Sedap

Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Bagi kamu yang gemar pizza keju dan tidak ingin membuatnya memiliki banyak topping, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Hal ini karena hanya sedikit kedai pizza yang hanya menyediakan pizza dengan topping keju saja.

Jenis pizza ini sangat pas untuk menemani waktu lenggang kamu ditemani dengan secangkir teh hangat. Berikut adalah cara membuatnya:

Bahan Membuat Pizza Keju
  1. 250 gram tepung terigu
  2. 200 ml susu cair hangat
  3. 1 btr telur ayam
  4. 4 gram ragi instan
  5. 3 sdm mentega
  6. 3 sdm minyak goreng
Bahan Topping Pizza Keju
  • Keju Mozarella yang telah diparut atau juga bisa menggunakan keju biasa
  • 2 buah sosis
Cara Membuat Pizza Keju
  1. Pertama, campurkan ragi instan dengan tepung terigu. Setelah itu campurkan adonan dengan sedikit minyak dan juga mentega lalu aduk hingga merata.
  2. Setelah merata kamu dapat menambahkannya dengan susu dan juga telur kemudian aduk hingga adonan berubah menjadi lembut dan kenyal. Diamkan adonan kira – kira15 menit dan tutup rapat adonan dengan menggunakan kain serbet yang bersih.
  3. Kamu bisa menggunakan oven atapun tepflon. Setelah 15 menit masukanlah adonan ke loyang khusus untuk membuat pizza. Sebelum dimasukkan ke dalam oven taburilah adonan dengan keju yang telah kamu parut.
  4. Masukan adonan ke dalam oven dan pangganglah kira – kira 15 -20 menit sampai adona roti benar – benar mengembang.
  5. Jika sudah matang, pizza siap untuk dinikmati.

2. Bubur Jagung Sehat

Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Bahan – Bahan Untuk Membuat Bubur Jagung
  1.  1 Kg jagung manis (sisir lalu dihaluskan)
  2. 4 sdm tepung beras
  3.  1 sdm mentega
  4.  4 sdm gula pasir
  5.  2 sdm keju parut
  6.  1/5 ons brokoli
  7.  1/5 ons wortel
  8.  1 ons ayam
  9.  ¼ sdm garam
  10. 1 gelas santan
Cara Membuat Bubur Jagung

1. Masukkan santan, jagung manis, tepung beras, mentega, gula pasir, keju, ayam dan garam lebih dulu
2. Setelah semua bahan itu matang baru masukan brokoli dan wortel, aduk sebentar
3. Angkat dan sajikan

3. Omellete Jagung

Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Bahan-Bahan Untuk Membuat Omellete Jagung
  1. 2 buah jagung
  2. 2 buah telur
  3. 1 buah seledri
  4. 1 buah bawang prei
  5. 1/2 siung bawang merah
  6. 1/4 sdt garam
Cara Membuat Omellete Jagung

1. Iris jagung hingga tersisa butir-butir jagung

2. Hancurkan kasar butir-butir jagung

3. Iris tipis bawang merah, bawang prei, seledri

4. Siapkan mangkuk, dan campurkan seluruh bahan di dalam mangkuk btidak lupa juga telurnya

5. Setelah minyak panas, tuang adonan

6. Tunggu sampai matang

7. Omellette jagung siap disantap

Pengolahan Hasil Pertanian Menjadi Tepung

Teknologi pengolahan hasil pertanian yang kedua adalah menjadi Tepung. Tepung sangat berguna untuk bahan masakan atau campuran masakan. Berikut cara – cara membuat tepung dengan benar.

1. Tepung Terigu

Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Tahapan proses embuatan tepung terigu atau Gandum ternyata harus melalui beberapa proses yang akhirnya bisa membuat nya menjadi tepung terigu yang siap makan.

Oleh karena itulah dalam proses pembuatan tepung terigu tidaklah semudah itu. Meskipun begitu usaha tepung terigu juga dapat mendatangkan banyak keuntungan jika mengingat tidak mudah untuk membuatnya sendiri sehingga kebanyakan orang lebih suka untuk membelinya.

Berikut cara pembuatan tepung terigu yang benar agar kalian bisa membuatnya sendiri dirumah.

  • Tahapan awalnya yaitu proses seleksi gandum, dalam proses ini memang harus dilakukan penyeleksian yang bertujuan untuk memilih gandum yang berkualitas agar hasilnya nanti juga berkualitas.
  • Kalian harus mengklasifikasikan gandum yang sudah dipanen ke dalam varietas nya sendiri-sendiri agar memudahkan proses nya.
  • Proses pembersihan harus dilakukan setelah gandum sudah di seleksi pasalnya gandum yang baru dipanen tentunya masih kotor dan bercampur dengan benda asing seperti debu, bebatuan dan lain sebagainya. Dalam proses ini, gandum harus diberi cairan agar kulit ari gandum dapat di proses dengan mudah.
  • Gristing merupakan proses mencampurkan gandum dengan sejumlah gluten atau jenis gandum lain nya.  tahapan ini agar memperoleh kandungan tepung terigu yang sesuai dengan keinginan. Contohnya untuk mendapatkan tepung terigu yang berprotein tinggi harus di tambah gluten dengan kadar protein yang tinggi.
  • Tahapan ke empat yaitu proses penggilingan atau bisa disebut dengan milling. Dalam hal ini ada 2 tahapan yang  perlu anda ketahui.
  • Yang pertama adalah gandum dimasukkkan ke dalam mesin yang berbentuk seperti gulungan supaya kulit arinya bisa terpisah dengan bagian dalam nya yang berwarna putih,
  • Kemudian anda akan mendapatkan bagian inti gandum nya dan selanjutnya giling gandum.
  • Setelah gandum tadi di giling dan sudah berubah bentuk menjadi tepung, maka tahapan selanjutnya ialah pengemasan sesuai dengan jenis tepung terigu yang ada.

2. Tepung Tapioka

Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Tepung tapioka atau tepung kanji memang seperti tidak asing di telinga. Banyak manfaat serta kegunaan tepung tapioka atau tepung kanji dimulai dari keperluan masak memasak setiap hari untuk menu harian keluarga sampai untuk keperluan industri makanan.

Tidak heran jika sekarang banyak petani bertanam singkong untuk di jadikan tepung yang dikirim pada pabrik pembuatan tepung. Jika kalian ingin mengetahui cara membuat tepung tapioka, berikut langkah – langkahnya.

  • Pilih singkong yang bagus, maksud bagus disini ialah singkong jangan terlalu muda karena sarinya sedikit dan jangan terlalu tua karena singkong sebagian besar akan berubah menjadi akar. Maka pilih singkong yang sudah tua.
  • Kupaslah singkong dari kulitnya, kulit singkong ada 2, yang pertama kulit luar yang warnanya kecoklatan dan mudah terkelupas terus yang kedua kulit dalam, jadi kupas singkong dari kulitnya luar dalam.
  • Cucilah singkong dari kotoran, cucilah singkong sebersih mungkin dari kotoran dan lendirnya.
  • Parut singkong, memarut singkong dapat dengan cara manual dan bisa dengan memakai mesin pemarut.
  • Peraslah parutan singkong, sebelum memeras parutan singkong baiknya diberi air dulu dengan perbandingan 2:1 , artinya kalau 2 liter singkong maka airnya 1 liter.
  • Diamakan air perasan singkong, sesudah diperas singkongnya maka diamkan dulu perasanya biar mengendap sarinya, diamkan kurang lebih 12 jam.
  • Saring air endapan, jika sudah didiamkan selama kurang lebih 12 jam maka air perasan akan mengendap.
  • Jemur endapan singkong, biasanya kalau di jemur dan sudah kering maka akan mengeras, jadi kalau sudah mengering maka tumbuklah sampai halus kemudian ayak. Dan tepung tapioka sudah jadi.

Jenis – Jenis Bahan Pangan Yang Dapat Diolah Menjadi Olahan Hasil Pertanian

Serelia

Tanaman pangan jenis ini menghasilkan biji yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Misalnya padi, jagung, gandum dan sorgum. Serealia dapat di olah menjadi bahan makanan.

1. Padi

Padi (Oriza Sativa) adalah makanan pokok terbesar masyarakat Indonesia saat ini. Tanaman ini memiliki akar serabut, memiliki batang yang berbulu dan berongga.

Biji tanaman padi  tumbuh dari buku yang paling ujung dari bagian  batangnya . Beberapa macam  jenis budidaya tanaman padi yaitu padi sawah, padi rawa dan padi gogo.

2. Jagung

Jagung (Zea Mays L.) juga menjadi tanaman pangan pasalnya jagung merupakan sumber karbohidrat untuk pemenuhan kebutuhan pangan manusia. Jagung banyak di manfaatkan sebagai bahan kuliner.

Jagung manis adalah jagung yang banyak digunakan sebagai bahan makanan. Jika kalian ingin budidaya jagung manis,harus tahu cara menanam jagung manis yang benar. Batang si jagung ini juga termasuk batang berbuku dan ruas pada setiap bukunya ditumbuhi daun.

Bunga tanaman jagung terdapat dua jenis, yaitu bunga jantan yang bertempat di ujung batang dan bunga betina yang berada di tengah batang. Biasanya jagung ditanam di lahan yang kering atau lahan bekas menanam padi.

3. Gandum

Gandum (Triticum Spp) banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat mie, roti dan sereal pasalnya gandum memiliki karbohidrat di dalamnya.

Meskipun para petani di Indonesia masih jarang menanam gandum, tapi tanaman yang juga menjadi sumber karbohidrat ini sebenarnya memiliki cara tanam yang hampir sama dengan padi bahkan dapat dibilang lebih mudah.

4. Sorgum

Bagi Anda yang masih asing dengan tanaman ini, sorgum merupakan tanaman semacam jagung yang masih jarang ditemui di Indonesia.

Daerah yang banyak budidaya sorgum biasanya daerah kering seperti Nusa Tenggara Timur. Tanaman sorgum ditanam dari bijinya.

Biji-Bijian

Tanaman biji kebanyakan memiliki kandungan protein yang tinggi yang juga dapat memberikan rasa kenyang bagi yang mengonsumsinya.

1. Kacang Tanah

Tanaman kacang dimanfaatkan dan dibudidayakan dari bijinya. Kacang tanah pada umumnya ditanam di lahan kering atau pada lahan bekas menanam padi.

Tanaman kacang tanah dapat anda dipanen setelah 3 bulan ditanam. Batang dan daun tanaman kacang tumbuh ke atas tanah, sedangkan kacangnya tumbuh di dasar tanah.Contoh tanaman kacang ialah kacang kedelai dan kacang hijau.

Kacang Kedelai

Tanaman kacang kedelai ditanam pada lahan yang kering. Kacang kedelai adalah  tanaman yang hidup semusim.

Tanaman kedelai juga ditanam sama dengan kacang biasa yaitu melalui bijinya. Biji kedelai yang telah matang bisa dilihat dari polongnya yang berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Kacang Hijau

Tanaman kacang hijau juga termasuk tanaman yang hidup semusim yang dapat dipanen kira – kira umur 55-65 hari. Kacang hijau dibudidayakan dengan bijinya. Tumbuh tanaman kacang jenis ini di dalam polong yang berbulu halus.

Umbi-Umbian

Umbi juga termasuk dalam tanaman pangan diakibatkan karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan mengenyangkan.

1. Singkong

Tanaman yang dikembangkan dari batangya selain serealia yaitu singkong yang juga dapat dibudidayakan dengan batangnya. Umbi singkong tumbuh di dasar atau alas tanah, berwarna putih dan memiliki rasa tawar sedikit manis.

2. Ubi Jalar

Sesuai dengan namanya, batang ubi jalar tunbuh dengan cara merambat di atas tanah. Ada beraneka ragam macam warna ubi jalar yaitu berwarna ungu, putih atau oranye dan berwarna manis.

Tanaman umbi jalar dikembangbiakkan dengan stek batang atau bisa dengan cara lain yaitu dengan umbinya.

7 Manfaat Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Teknologi pengolahan hasil pertanian tentunya memiliki manfaat yang banyak. Manfaat – manfaat tersebut pasti sangat bisa kalian rasakan untuk bisnis pengolahan hasil pertanian anda. Berikut adalah manfaat – manfaat teknologi pengolahan hasil pertanian.

1. Memperpanjang Waktu dan Jumlah Persediaan 

Bahan mentah yang diawetkan tentu bisa disimpan lama, oleh karena itu dapat menjadi cadangan bahan pangan untuk kedepannya jika terjadi kriris bahan pengan mentah, misalnya ikan asin.

2. Memudahkan Penyimpanan dan Distribusi

Semua bahan pangan yang bisa diolah dengan mudah disimpan dan dikirim ke daerah lain. Manfaatnya, bahan pangan kita tidak akan busuk sebelum sampai di tujuan, misalnya makanan kalengan.

3. Meningkatkan Nilai Tambah Ekonomis dan Nilai Tambah Sosial

Bandingkan, lebih mahal mana ketika kalian membeli sayur di supermarket dengan pasar tradisional? tentu lebih mahal di supermarket, padahal sayurnya sama.

Namun, bisa dilihat bahwa sayur disupermarket rata rata diberi sentuhan plastik warp dan diletakkan di lemari pendingin sehingga sayur akan terlihat segar, selain itu sayur – syur tersebut juga dipisah berdasarkan ukuran maupun warna sehingga mempermudah pembeli.

Banyak di pasar tradisional, hal tersebut tidak berlaku. Padahal, sedikit sentuhan bisa meningkatkan nilai jual yang begitu tinggi. Contohnya pada kemasan  produk, selain itu juga bisa menambah nilai sosial, yaitu ketersediaan lowongan pekerjaan.

4. Mengurangi Tingkat Kerugian

Hal ini jelas terjadi, misalkan saja, tomat yang harganya jatuh dipasaran karena panen besar besaran dapat sangat merugaikan, tapi jika tomat tersebut diolah jadi saus tomat, maka tidak ada kata rugi. Karena hal itu, kita juga harus dibekali ketrampilan mengolah bahan pangan ini.

5. Mendorong Tambahnya Industri Non Pertanian

Dengan melakukan teknologi pengolahan hasil pertanian setelah panen, kita membutuhkan alat yang tentunya banyak sekali alat tersebut bukan dari industri pertanian.

6. Mengurangi Pencemaran Lingkungan dan Pengolahan Limbah

Bahan pangan mentah yang diolah dengan benar, akan menekan porsi mubazir, karena sebab itu tidak banyak sampai yang akan dihasilkan. Ada banyak  contoh limbah yang dapat di olah kembali, salah satunya adalah limbah hasil pertanian dapat dijadikan pupuk kompos.

7. Meningkatkan Nilai Gizi

Gizi sangatlah penting untuk kesehatan tubuh kita, misalnya gizi pada susu. Susu yang diolah menjadi keju dan yogurt sudah berbeda nilai gizinya karena memiliki kandungan gizi yang bertambah. Begitu pula kedelai yang telah diolah menjadi tempe.

Yahh,itulah artikel teknologi pengolahan hasil pertanian yang dapat saya berikan semoga menjadi manfaat untuk anda sekalian. Sekian dan terimakasih.