Select Page

Pada artikel kali ini kami akan memberitahu cara budidaya melon. Melon merupakan tanaman atau buah yang masuk dalam keluarga labu-labuan atau Cucurbitaceae. Yang bisa dinikmati langsung maupun diolah menjadi campuran es. Banyak orang di indonesia atau dunia yang sangat menyukai rasa buah melon yang manis dan segar ini. Oleh sebab itu jika anda berniat untuk melakukan budidaya melon sebagai ladang bisnis ataupun hanya sebagai bahan konsumsi pribadi kami sangat mendukung.

Dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tahap tahap menanam melon mulai dari proses pemilihan lahan, pemilihan bibit, proses semai, dan proses panen dibawah ini.

Syarat – Syarat Tumbuh Tanaman Melon

Sebelum masuk kedalam cara budidaya melon kami akan membahas sedikit syarat atau faktor pendorong tumbuh tanaman melon berikut ini:

Cara Budidaya Melon- Iklim

Pilih lokasi yang mempunyai udara sejuk serta kering (25-30 derajat C ). Karena tanaman melon tidak bisa tumbuh dengan baik bila lokasi bersuhu dibawah 18 derajat C. Lalu pilih lokasi yang mempunyai udara sedang karena jika lokasi yang anda pilih anginnya keras bisa merusak tanaman melon. Selanjutnya pilih lokasi yang mempunyai kelembaban udara sedang. Karena jika lokasi yang akan dipilih memiliki kelembaban udara tinggi akan membuat tanaman melon lebih mudah terserang penyakit.

Cara Budidaya Melon- Tanah atau Media Tanam

Cara Budidaya Melon

Pilih tanah yang liat serta berpasir karena jenis tanah tersebut banyak mengandung zat hara. Sehingga pertumbuhan akar melon berlangsung cepat dan tanaman melon tidak suka tanah yang basah. kemudian pilih tanah yang ber PH 5,8 – 7,2, lalu sediakan air. Karena tanaman melon sangat memerlukan banyak air dalam proses pelarutan zat makan dari tanah.

Cara Budidaya Melon- Lokasi Penanaman atau Ketinggian Lokasi

Tanaman dapat tumbuh dengan baik atau optimal pada daerah yang memiliki ketinggian sekitar 300-900 dpl. Jika lokasi yang anda pilih kurang atau lebih dari kisaran itu maka tanaman melon tidak bisa tumbuh dan berbuah secara optimal.

Panduan Cara Budidaya Melon Step by Step

Baiklah diatas tadi merupakan syarat-syarat tumbuhnya tanaman melon. setelah anda memahaminya kami akan melanjutkan ke fase – fase budidaya melon yang akan dijelaskan dibawah ini:

Cara Budidaya Melon- Pemilihan Bibit Melon

Pada fase pertama dalam cara budidaya melon adalah pemilihan bibit. karena dengan menanam bibit melon unggulan hasil yang akan dihasilkan tentu saja melon unggulan juga. Tetapi tahukah anda ada cara memilih bibit melon baik dengan bibit melon yang tidak baik, kami akan jelaskan dibawah berikut.

Cara Memilih Bibit Melon
  • Pilihlah bibit yang akan anda tanaman sesuai selera
  • Sebelum melakukan penanaman rendah terlebih dulu bibit melon dicampur dengan air atonik untuk memastikan baik atau tidaknya
  • Setelah itu tunggu sampai 2 jam, lalu anda perhatikan jika ada bibit yang mengapung makan bibit itu tidak baik tapi jika tenggelam semua maka bibit tersebut sangat baik
  • Setelah itu pilih bibit melon yang tenggelam dan keringkan supaya tidak berjamur

Cara Budidaya Melon- Proses Penyemaian Bibit

Cara Budidaya Melon

Cara budidaya melon selanjutnya yaitu proses penyemaian. Tujuan dari penyemaian adalah supaya tanaman lebih mudah beradaptasi, tumbuh tanaman bisa lebih maksimal, dan perawatan para calon tanaman lebih mudah. Jika anda masih binggung cara penyamaian bibit melon ini. kali ini kami akan menjelaskan langkah-langkah penyemain bibit melon yang baik.

Langkah – Langkah Penyemaian Bibit Melon
  1. Pilih tempat semai, dapat menggunakan polybag atau pot
  2. Setelah itu siapkan media tanaman berupa tanah humus dan pupuk kandang yang kering
  3. Lalu campur rata dengan tanah dan pupuk kandang kering dengan perbandingan 3:1 menggunakan cangkul
  4. Langkah berikutnya yaitu masukan media tanaman kedalam tempat semain pastikan jangan terlalu penuh
  5. Kemudian taburkan bibit melon dan tutup menggunakan tanah dengan tipis
  6. Lalu siram dengan air setiap proses pertumbuhan supaya kecambahnya lebih cepat
  7. Biasanya bibit melon yang sangat baik dan proses penyemaian dilakukan dengan benar, bibit akan tumbuh kira – kira 2 minggu sejak awak penanaman.

Pengolahan Lahan Tanam

Pengolahan lahan merupakan tahap ketiga dari cara menanam melon, sebelum melakukan pengolahan lahan hal yang perlu anda perhatikan yaitu iklim, tanah dan ketinggian lokasi karena ketiga hal tersebut yang bakal mempengaruhi tumbuh tanaman melon. Jika 3 hal penting itu terpenuhi, langsung saja kami akan membahasa cara pengolahan lahan tanaman melon sebagai berikut ini.

Cara Pengolahan Lahan Tanam
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan alat dan bahan berupa cangkul, sabit dan pupuk kandang kering
  • Kemudian bersihkan lahan tanam dari hama pengganggu baik rumput, sisa tanaman yang tidak berguna mengunakan cangkul dan sabit
  • Jika lahan sudah bersih, mulailah proses pembajakan atau penggemburan tanah memakai cangkul dengan kedalam sekitar 40 cm. Pada langkah ini anda dapat menambahkan pupuk kandang kering supaya lebih tercampur rata dengan perbandingan 3:1.
  • Jika lahan mempunyai ph tanah dibawah 5 atau diatas 7, anda dapat melakukan pengapuran terlebih dulu dan setelah kapur ditaburkan biarkan selama 1 sampai 2 minggu
  • Langkah selanjutnya yaitu buat bedengan dengan lebar sekitar 130 cm, tinggi bedangan sekitar 50 dan panjang sesuaikan dengan kondisi lahan. Seteleh itu buat drainase disekitar bedengan dengan jarak kira – kira 40 cm lalu buat juga lubang penanam melon di bedengan dengan jarak antar lubang 30 sampai 40 cm.
  • Setelah itu anda dapat menutup bedengan menggunakan plastik dan biarkan selama 1 sampai 2 minggu atau bisa sambil menunggu bibit siap ditanam dari tempat semai.

Proses Penanam Melon

Cara budidaya melon selanjutnya yaitu proses pemindahan tanaman melon dari tempat semai ketempat lahan tanam. Namun sebelum itu pastikan tanaman sudah berumur 2 minggu lebih, sudah mempunyai daun 2 sampai 3 helai, apabila semua sudah terpenuhi anda bisa langsung melakukan proses penanam melon (dilakukan pada waktu pagi hari).

Cara budidaya melon, ambil tanaman melon dari tempat semai bersama tempat semainya baik itu pot maupun polybag. Jika anda menggunakan polybag dapat langsung memasukkan tanaman melon kedalam lubang yang sudah disiapkan sebelumnya.

Namun polybag harus dilepas supaya akar tanaman melon berkembang dengan baik. Jika anda menggunakan pot maka keluarkan dulu tanaman dengan media tanam semai dilkaukan dengan hati hati supaya calon tanaman tidak rusak. Setelah selesai tutup kembali lubang dengan tanah dan bisa ditambah dengan pupuk kandang kering. Kemudian siram menggunakan air secukupnya.

Proses Panen

Cara budidaya melon yang ditunggu – tunggu ialah proses panen, setiap petani pasti sudah menanti yang namanya panen sebab mereka bisa menikmati buah melon yang sudah ditanam selama kurang lebih 3 bulan lamanya.

Buah melon yang sudah siap panen biasanya kurang lebih sudah berumur 3 bulan sejak awal penanaman, berikutnya serat jala dipermukaan kasar, kulit sudah berwarna hijau kekuning-kuningan dan juga sudah mengeluarkan aroma wangi.

Proses pemetikan buah melon dapat menggunakan gunting atau pisau, yang perlu anda ingat yaitu potong tangkai yang mengarah pada daun bukan tangkai yang mengarah pada buah.

Manfaat Buah Melon

Mencegah Rambut Rontok

Melon adalah sumber yang baik untuk betakaroten yang terdapat dalam vitamin A. Jadi, vitamin ini memberikan banyak manfaat melon bagi kesehatan khususnya untuk pertumbuhan rambut.

Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa study menyebutkan bahwa melon adalah buah yang kaya akan vitamin A. Karena vitamin A yang terdapat di dalam buah melon inilah, peneliti percaya jika manfaat melon bisa mencegah penyakit katarak, degenerasi makula, menjauhkan mata dari sinar radiasi dan menjaga kesehatan mata yang lainnya.

Mencegah Penuaan Kulit

Melon juga mengandung kolagen yang baik untuk struktur dan mempertahankan kekencangan kulit. Kolagen inilah yang dapat membantu menghaluskan dan menghidrasi kulit.

Mencegah Kanker

Penelitian menyebutkan bahwa manfaat melon mengandung berbagai nutrisi dan senyawa organik yang sangat baik untuk mencegah kanker usus, kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker mulut. Nutrisi dan senyawa pada buah melon dikatakan dapat menangkap radikal bebas penyebab kanker dengan sangat baik.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Pada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam buah melon sangat efisien mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Nutrisi tersebut juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan risiko hipertensi.

Itulah artikel tantang cara budidaya melon. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semia. Selamat mencoba dan selamat berkebun. Sekian dan terima kasih

× Whatsapp Kami!